Selasa, 14 Februari 2017

PREDIKSI PENILAIAN TENGAH SEMESTER KELAS X 2016-2017

PEMERINTAH PROPINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA
DINAS PENDIDIKAN
SMA NEGERI 57 JAKARTA
Jalan Kedoya Raya Kebon Jeruk Jakarta Barat
Telepon / Fax. 5801665
Website :www.sma 57. sich.id – E-mail : sma57.jkt@cbn.net.id.


PREDIKSI PENILAIAN TENGAH SEMESTER GENAP
TAHUN PELAJARAN 2016-2017

Mata Pelajaran                                    :  Bahasa  Indonesia
Satuan Pendidikan                              :  SMA Negeri 57 Jakarta
Kelas/Program                                     :  X MIA dan IPS
Hari/Tanggal                                        :  3 Maret 2017
Waktu                                                    :  4 X 45 menit

EVALUASI TEKS NEGOSIASI

1.    Berikut yang tidak termasuk ke dalam ciri kebahasaan teks negosiasi adalah….
A. persuasif
B. interogatif
C. deklaratif
D. kesantunan
E. ekslamatif

2.    Negosiasi yang muncul akibat tawar-menawar dalam jual beli memiliki struktur berikut, kecuali….
A. orientasi
B. permintaan
C. penawaran
D. pembuka
E. persetujuan

3.    Saya sepakat dengan pendapat Anda, asalkan ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi…
Bentuk kalimat di atas termasuk ke dalam ciri kebahasaan teks negosiasi, yaitu….
A. Kalimat deklaratif yang tidak bertele-tele
B. Kalimat argumentasi yang tidak bertele-tele
C. Kalimat imperatif yang disertai orientasi
D. Kalimat argumentasi yang disertai kesantunan
E. Kalimat eksplanasi yang disertai alasan logis

4.    Ciri umum dari teks negosiasi adalah.…
A. argumentatif
B. interogatif
C. persuasif
D. deklaratif
E. imperative

5.    Harganya kemahalan, Pak. Turunin ya, Pak! Kalau tidak bisa, terima kasih, Pak. Saya coba cari di tempat lain saja.
Bentuk di atas termasuk ke dalam ciri kebahasaan.…
A. persuasif
B. deklaratif
C. argumentatif
D. interogatif
E. eksplanatif

6.    Ciri kebahasaan yang berupa penyampaian informasi kepada pihak lain disebut.…
A. eksposisi
B. eksklamasi
C. argumentasi
D. eksemplum
E. deklarasi

7.    Harga ini tidak kemahalan, Mas. Justru murah karena framenya sudah full suspension. Remnya juga hidrolik.
Ciri kebahasaan yang muncul pada teks di atas adalah….
A. persuasif
B. argumentatif
C. deklaratif
D. interogatif
E. eksklamatif

8.    Perhatikan penggalan teks negosiasi berikut!

Pembeli       : Mahal ya, Pak. Masih bisa turun? (1)
Penjual
       : Masih. Mas maunya berapa? (2)
Pembeli
      : 3, 8 bisa Pak? (3)
Penjual
       : Gak bisa Mas kalau segitu. Ini framenya fulsus. Belum bisa di bawah 4. (4)
Pembeli
      : Ya udah, 4 juta ya Pak! Nanti saya sekalian beli aksesorisnya nih..sekalian mau
                      beli helm sama jerseynya. Boleh ya? (5)
Penjual
       : Hmmmm…ya sudah deh boleh tapi jangan lupa belanja banyak sama kasih tau
                      temen yang lain beli di sini saja harga nyaman. (6)

Pernyataan yang tepat berdasarkan penggalan teks negosiasi di atas adalah….
A. Terdiri atas dua jenis kalimat, persuasif (No. 1, 3, dan 4, ) dan argumentatif (No. 1 dan                     2)
B. Terdiri atas tiga jenis kalimat: Interogatif (No. 1, 2, dan 3), argumentatif (No. 4), dan                        persuasif (No. 5 dan 6)
            C. Terdiri atas dua jenis kalimat: interogatif (No. 1, 2, dan 3) dan argumentatif (No. 4, 5,                  dan 6)
            D. Terdiri atas tiga jenis kalimat: Interogatif (No. 1, 2, dan 3), deklaratif (No. 4), dan 
                 argumentatif (No. 5 dan 6)
            E. Terdiri atas tiga jenis kalimat: interogatif (No. 1, 2, dan 3), eksklamatif (No. 4), dan 
                 persuasif (No. 5 dan 6).

9.    Perhatikan penggalan teks negosiasi di bawah ini!
Pembeli
      : Pak, ada sepeda gunung adrenaline agent TR 2? (1)
Penjual
       : Ada, Mas. Stok masih ada tiga.(2)
Pembeli
      : Berapa harganya, Pak?(3)
Penjual
       : ini harganya 4 juta tiga ratus.(4)

Pernyataan yang tepat berdasarkan penggalan teks di atas adalah.…
A. Teks di atas terdiri atas orientasipermintaanpemenuhanpenawaran
B. Teks di atas terdiri atas penawaranpersetujuan
C. Teks di atas terdiri atas permintaanpemenuhan
D. Teks di atas terdiri atas permintaanpemenuhanpenawaran
E. Teks di atas terdiri atas pemenuhanpenawaranpersetujuan

10.    Berikut adalah cara membentuk kesantunan dalam berbahasa, kecuali….
A. Memerhatikan penggunaan pronomina persona.
B. Menggunakan kalimat pengandaian yang ditunjukkan oleh penggunaan konjungsi pengandaian.
C. Menggunakan pilihan kata yang bernada positif (ameliorasi).
D. Menggunakan kalimat yang singkat dan padat.
E. Mengapresiasi pernyataan pihak lain sebelum melakukan kalimat penyanggahan.

MENYUNTING ISI SESUAI DENGAN STRUKTUR TEKS NEGOSIASI


11.    Perhatikan contoh penggalan teks di bawah ini:
1) Perkenalkan, saya editor naskah di Penerbit Buku Indonesia. Saya datang ke sini bermaksud mengajak Saudara untuk menulis buku tentang Kebudayaan Indonesia. Saya menyukai gaya penulisan Anda. Karena itu, saya berani bayar tinggi untuk naskah tema ini. Saya yakin, akan banyak pembaca yang berminat membeli buku Anda nanti.

2) Saya sangat bangga menjadi bagian dari warga desa ini. Meskipun lokasinya sangat terpencil dan sulit dijangkau, tetapi desa ini memiliki banyak potensi alam. Misalnya, daun lontar, pelepah pisang, daun eceng gondok, dan lainnya. Dari sumber alam tersebut, hampir semua warga memanfaatkannya menjadi kerajinan rumah tangga yang bernilai jual tinggi. .
3)   Cecep   : “Apalagi dengan bapak saya, lebih hebat dari pada bapak kalian, tiap hari
                      bapakku dikerumunin para wanita”.
Yandi : “Wow keren. Memangnya bapakmu kerja di mana?”
Cecep : “Jualan sayur di Tanah Abang.”
                Sartono dan kawan-kawannya tertawa keheranan mendengar penjelasan Cecep
                sambil berjalan menuju ke ruang kelas. Teks di atas yang termasuk teks
                negosiasi adalah ....
A. Teks 1
B. Teks 2
C. Teks 3
D. Teks 1 dan 2
E. Tidak 2 dan 3

12.    Pada teks negosiasi berikut ini, kalimat yang merupakan isi adalah....
A. Kalau begitu, bisa saya lihat sepeda Anda yang mau dijual itu sekarang?
B. Baiklah. Saya menginginkan sepeda ini dan kondisinya masih bagus. Jadi deal harganya
     Rp2.000.000.
C. Untuk masalah harga, setelah saya cari informasi dari berbagai sumber mengenai harga
     sepeda ini, saya mematok harga Rp2.500.000.
D. Sepakat. Saya deal dengan harga tersebut. Semoga sepeda ini bermanfaat.
E. Semua jawaban benar.

13.    Pada teks negosiasi berikut, teks yang berstruktur lengkap mengandung pembuka, isi, dan  penutup adalah....
A. Anto      : Hai Di, saya sedang butuh uang nih. Saya mau jual smartphone second,  
                     harganya Rp2 juta, kondisinya masih bagus. Mau nggak Di? // Andi : Hai To,
                     Kebetulan nih saya lagi perlu handphone yang pakai Android. Tapi harganya
                     jangan segitu lah. Gimana kalau Rp1,5 juta? //
B. Anto      : Okelah, karena saya lagi butuh, bolehlah harganya Rp1,5 juta.
C. Penjual   : Rp300.000 ribu, Neng. // Pembeli : Mahal amat Bu! Apa boleh kurang
                     harganya?
D.Dery       : Okelah, karena saya lagi butuh, bolehlah harga laptop itu Rp3 juta.// Dondi :
                     Baiklah, nanti uangnya saya bayarkan saat pulang kantor. Saya ambil dulu uang
                     di ATM.
E. Pembeli : Pak saya mau membeli televisi flat itu, berapa harganya?// Penjual : Rp3 juta,
                     Mas.

14.    Perhatikan contoh penggalan teks di bawah ini:
1) Salam, nama saya Indra. Saya pemilik warnet Medio. Kebetulan, saya lagi perlu tenaga untuk menunggu warnet yang mengerti komputer dan teknologi informasi. Jadi saya bermaksud menganjak Anda bekerja di tempat saya. Saya berani bayar tinggi untuk Anda, agar bekerja di sini.
2) Cara membuat kentang balado sangat mudah. Bahan-bahannya pun mudah didapat.
     Pertama, kupas kentang dan cuci hingga bersih. Lalu rendam di air kapur sirih selama 30 menit. Kemudian, kentang dipotong-potong berbentuk bulat baru kemudian digoreng di minyak panas. Setelah tiris, bumbui kentang dengan bumbu balado.
3) Asep : Ibu saya mah keren, setiap hari selalu berbunga-bunga dan suka menyerahkan bunga ke orang-orang.
     Bayu : Wah hebat. Memangnya ibumu kerja apa?
     Asep : Jualan bunga.

Teks di atas yang bukan termasuk teks negosiasi adalah ....
A. Teks 1
B. Teks 2
C. Teks 3
D. Teks 1 dan 3
E. Teks 2 dan 3

15.    Berdasarkan kaidah teks negosiasi, kalimat berikut yang memenuhi kaidah tersebut adalah....
A.      Alex berniat menjual sepeda kepada Komang. Ia menawarkan harga tinggi, tetapi Komang menawar harga hingga setengahnya. Karena kebutuhan mendesak, Alex akhirnya menyetujui harga yang ditawar Komang
B.       Suatu hari ada pembeli yang menawar harga dagangan Bu Parti. Karena sudah mematok harga keuntungan, akhirnya Bu Parti bersedia memenuhi permintaan harga si pembeli. Meski ditawar, ia tetap mendapat keuntungan. Akhirnya kesepakatan pun terjadi. Pembeli senang, pedagang untung.
C.       Seorang ibu sedang berdiskusi bersama kedua anaknya yang remaja tentang rencana kejutan untuk ayah. Kedua anaknya mengusulkan membuat foto karikatur, tetapi ibu tidak setuju. Ia lebih suka mengajak makan di restoran. Akhirnya, mereka sepakat kedua rencana tersebut dilakukan bersamaan, yaitu memberi hadiah berupa foto karikatur dan makan malam special bersama keluarga.
D.      Dua orang sahabat sedang berdiskusi tentang rencana reuni sekolah. Satu orang mengusulkan agar acara diadakan di sekolah atau almamater. Lainnya mengusulkan di rumahnya. Mereka berdebat saling mengemukakan pendapat. Beruntung datang seorang teman mengusulkan tempat yang representatif. Mereka akhirnya sepakat reuni diadakan di sebuah restoran.
E.   Semua jawaban benar

16.    Perhatikan teks negosiasi berikut ini. Isi teks negosiasi yang merupakan pemenuhan adalah....
A.  Boleh saya lihat kondisi barangnya?
B.  Baiklah. Karena saya perlu barang ini serta kondisinya masih bagus. Jadi berani bila harganya Rp800.000.
C.  Untuk masalah harga, mabil ini saya jual Rp40.000.000.
D.  Saya sepakat dengan harga tersebut.
E.   Semua jawaban benar.
17.    Perhatikan teks negosiasi berikut ini. Isi teks negosiasi yang merupakan permintaan adalah....
A. Kalau begitu, coba saya lihat kondisi barangnya seperti apa.
B. Baiklah, saya setuju harganya Rp4.000.000.
C. Di pasaran harga sepeda ini sekitar Rp2.500.000.
D. Sepakat. Saya deal dengan harga tersebut.
E. Semua jawaban benar.

18.    Perhatikan teks negosiasi berikut ini. Isi teks negosiasi yang merupakan penawaran adalah....
A.  Coba, bisa saya lihat laptop Anda yang mau dijual itu?
B.  Saya cocok dengan kereta dorong anak-anak ini dan kondisinya masih bagus. Jadi deal harganya Rp900.000.
C.  Setelah saya cari informasi dari berbagai sumber mengenai harga sepeda ini, saya memasang harga Rp500.000.
D.  Oke sepakat. Saya setuju dengan harga itu.
E.   Harganya sangat mahal sekali. Bagaimana kalau saya menawar Rp1.800.000?

19.    Perhatikan teks negosiasi berikut ini. Isi teks negosiasi yang merupakan persetujuan adalah....
A.  Coba Pak, ambilkan lampu belajar yang warna ungu itu! Saya mau lihat dulu kondisinya.
B.  Baiklah. Jadi harganya kita sepakati Rp2.000.000.
C.   Harga lampu dekorasi ruang keluarga ini dipatok dengan harga Rp500.000.
D.  Sepakat. Setuju saya dengan harga tersebut.
E.   Harganya terlalu mahal. Bagaimana kalau saya menawar Rp800.000?

20.    Cara yang paling tepat untuk bisa meyakinkan pihak lain saat bernegosiasi adalah ....
A.  Menggunakan ancaman
B.  Menghina pendapat orang lain
C.  Tidak peduli dengan pendapat orang lain
D.  Mengedepankan emosi
E.   Menyampaikan pendapat dengan bijak

Makna kata, istilah, ungkapan dalam teks negosiasi


21.    Percakapan terjadi di toko buku.
Ghea                       : Mbak apa ada ensiklopedia remaja yang membahas tentang pubertas?
Pegawai toko
         : Ada Mbak, ini.
Ghea
                      : Terima kasih. Saya ambil satu ya.
Pegawai toko
         : Wah sayang kalau cuma ambil satu Mbak. Mumpung lagi promo harga
                                 satuannya Rp25.000. Tapi, kalau beli satu paket cuma Rp100.000 isi 6.
Ghea
                      : Iya juga sih. Tapi, uang saya tidak cukup Mbak.
Pegawai toko
         : Toko kami menerima pembelian dengan kartu kredit atau debit juga kok     
                                 Mbak.
Ghea                       : Baiklah kalau begitu. Saya ambil satu paket ya Mbak.

Ungkapan yang nampak pada teks negosiasi di atas ialah ....
A. Terima kasih. Saya ambil satu ya.
B. ensiklopedia remaja
C. Wah sayang kalau cuma ambil satu Mbak. Mumpung lagi promo harga satuannya Rp25.000. Tapi, kalau beli satu paket cuma Rp100.000 isi 6.
D. Baiklah kalau begitu. Saya ambil satu paket ya Mbak.
E. Toko kami menerima pembelian dengan kartu kredit atau debit juga kok Mbak.

22.    Percakapan terjadi di dalam mobil ketika akan berangkat ke sekolah pada hari Kamis.
Anak
          : Yah, nanti sore aku tidak usah dijemput ya! Aku mau mengerjakan tugas di
                          rumah Kaka.
Ayah           : Lho, kenapa tidak mengerjakan hari Sabtu atau Minggu saja?
Anak           : Hari Sabtu dan Minggu kan ada PERSAMI di sekolah.
Ayah           : Bagaimana kalau besok saja mengerjakannya karena nanti sore Aya
h tidak bisa
                          jemput.
Anak           : Kalau begitu biar aku minta tolong Kaka nanti mengantar ke rumah, Yah.
Ayah           : Baiklah kalau begitu. Langsung pulang ya jangan mampir kemana-mana!
Anak           : Beres, Yah. Berangkat dulu ya, Yah.
Anak turu
n dari mobil sambil mencium tangan ayahnya.

Kalimat perbandingan yang menandakan ciri bahasa negosiasi ialah ....
A. Lho, kenapa tidak mengerjakan hari Sabtu atau Minggu saja?
B. Bagaimana kalau besok saja mengerjakannya karena nanti sore Ayah tidak bisa jemput.
C. Kalau begitu biar aku minta tolong Kaka nanti mengantar ke rumah Yah.
D. Baiklah kalau begitu. Langsung pulang ya jangan mampir kemana-mana!
E. Yah, nanti sore aku tidak usah dijemput ya! Aku mau mengerjakan tugas di rumah Kaka.... Hari Sabtu dan Minggu kan ada PERSAMI di sekolah.

23.    Percakapan terjadi di dalam kelas X IPS 1
Ramdhan
   : Mir kamu bawa flashdisk tidak? Boleh aku pinjam sebentar untuk
                          mengumpulkan tugas Desain Grafis?
Amira         : Bukannya tidak boleh sih ,Dhan. Tapi kan kamu tahu sendiri komputer di
                          sekolah kita banyak virusnya. Flashdisk-ku ini masih baru nanti kalau kena virus
                          bagaimana?
Ramdhan
   : Ok aku beli aja sekalian deh. Susahnya punya teman pelit begini.
Amira
        : Bagus la itu nih silakan dinikmati flashdisk-nya (hihihi Amira tertawa senang)
                          lain kali kalau butuh hubungi aku lagi ya! Terima kasih Ramdhan.
Ramdhan
   : Iya deh sama-sama.

Istilah yang nampak pada teks negosisai di atas ialah ....
A. flashdisk
B. tugas desain grafis
C. virus
D. terima kasih
E. computer

24.    Ibu guru      : “Pagi anak-anak! besok jangan lupa membawa tugas menggambarnya ya! ingat
yang tidak membawa nilainya dikurangi 10.”
Rita
            : Bu, berarti yang membawa hari ini diberi tambahan nilai ya, Bu?

Ibu guru
     : Coba berapa anak yang hari ini membawa tugas menggambar?
                      (Sepuluh orang anak mengangkat tangan)
Ibu guru
     : Baiklah kalau begitu yang mengumpulkan tugas hari ini Ibu beri tambahan nilai
                     5.
Rita
            : Setuju Bu. Terima kasih Bu.
Anak-anak yang lain bertepuk tangan tanda senang dan mengucapkan terima kasih bersamaan.

Berdasarkan ilustrasi di atas kesepakatan terjadi ketika ....
A. Ibu guru mengingatkan untuk membawa tugas besok.
B. Beberapa anak membawa tugas menggambar hari ini.
C. Siswa yang tidak membawa tugas menggambar nilai dikurangi 10.
D. Ibu guru menyetujui memberi tambahan nilai bagi yang mengumpulkan tugas hari ini.
E. Sepuluh anak mengangkat tangan ketika ditanya oleh Ibu guru.
25.    Percakapan terjadi di pasar tradisional
Bu Nia : Beli tepung 2 kilo, berapa harganya?
Penjual : Rp10.000, Bu.
Bu Nia : Boleh kurang tidak harganya?
Penjual : Boleh, Ibu mau tawar berapa?
Bu Nia : Kalau begitu Rp8.000 saja.
Penjual : Gini deh Bu saya kasih Rp9.000 ya pas sudah tidak bisa ditawar.
Bu Nia : Baiklah, saya ambil dua kilo deh.

Istilah yang dibandingkan pada dialog di atas adalah ....
A. tepung 1 kg dengan tepung 2 kg.
B. tepung Rp10.000 dengan Rp8.000
C. tepung Rp10.000 dengan Rp9.000
D. tepung Rp8.000 dengan Rp9.000
E. tepung harga pas dan harga penawaran

26.    Dialog terjadi di toko baju
Ibu
             : Dil, baju ini bagus ya? Kamu mau?
Dilla
           : Jangan yang itu Bu, model dan gambarnya terlalu kekanak-kanakan.
Ibu
             : Tapi dapat diskon, Dil.
Dilla
           : Kita cari saja model yang lebih remaja Bu dan dapat diskon gimana?
Ibu
             : Benar juga. Ayo kita cari.
Merekapun segera menuju lorong baju remaja.

Berdasarkan ilustrasi di atas ungkapan negosiasi diucapkan pada bagian ....
A. Dil baju ini bagus ya? Kamu mau?
B. Jangan yang itu Bu, model dan gambarnya terlalu kekanak-kanakan.
C. Tapi dapat diskon Dil.
D. Kita cari saja model yang lebih remaja Bu dan dapat diskon gimana?
E. Benar juga. Ayo kita cari.

27.    Dua orang siswa tengah berbincang-bincang di kantin sekolah.
Sheila
         : Cha tahun ini kamu mengambil ekstrakurikuler apa?
Icha
           : Aku ambil pembinaan olimpiade matematika, Shel. Kalau kamu?
Sheila
         : Aku ikut jurnalistik.
Icha
           : Kamu kan pintar matematika kenapa gak ikut olimpiade saja bareng aku.
Sheila
         : Seharian sudah belajar Cha masak ekstra belajar lagi.
Icha
           : Betul juga alasannya. Kalau begitu aku ikut jurnalistik juga ah. Terima kasih ya,
                          Shel.

Berdasarkan kutipan teks di atas, kata apa yang dijadikan istilah oleh kedua siswa ....
A. jurnalistik
B. pembinaan olimpiade matematika
C. matematika
D. ekstrakurikuler
E. pintar matematika

28.    Dialog terjadi di toko kelontong.
Bang Jali
    : Silakan, mau beli apa?
Bu Ina
       : Ada plastik 1 kg Pak?
Bang Jali
    : Ada. Yang tebal Rp 8.000, yang tipis Rp 6.000 selisih Rp 2.000 mending yang
                          tebal, Bu.
Bu Ina        : Kasih potongan yang tebal Rp 7.000 ya, Bang?
Bang jali     : Iya deh, Bu, silakan ambil.
Bu Ina        : Makasih ya, Bang.

Ungkapan ,“Makasih ya, Bang” muncul ketika terjadi negosiasi pada peristiwa ....
A. Bu Ina menanyakan apakah ada plastik 1 kg kepada Bang Jali.
B. Bang Jali menawarkan plastik 1 kg yang tebal dan yang tipis.
C. Bu Ina menawar harga plastik tebal Rp7.000 dan Bang Jali menyetujui.
D. Bu Ina senang karena diberi potongan harga oleh Bang Jali.
E. Bang Jali memberi harga plastik tebal Rp8.000 sedangkan yang tipis Rp6.000.

29.    Percakapan antara seorang Ibu dengan anak gadisnya.
Ibu
             : Far, kok belajarnya sambil dengerin musik? Apa bisa masuk pelajarannya?
Farah
         : Bisa Bu, justru kalau saya tidak mendengarkan musik serasa sepi tidak ada
                          penyemangat.
Ibu              : Ya tapi ibu tidak yakin ucapanmu benar.
Farah          : Nih buktinya Bu, ulangan Farah bagus-bagus kan Bu tidak ada yang remidi.
                     Ibu mengamati ulangan Farah dengan teliti.
Farah          : Musik juga terbukti meningkatkan konsentrasi belajar, Bu. Sekarang Ibu percaya
                          kan?
Ibu : .....

Ungkapan yang tepat untuk melengkapi teks negosiasi di atas yang tepat ialah ....
A.  “Iya deh percaya.”
B. “Ibu minta bukti hasil ulangan yang lain dong?”
C. “Yaa Ibu pikirkan dulu.”
D. ”Ini pasti kebetulan.”
E. “Mau gimana lagi semua sudah terjadi .”

30.    Anto           : Haduuh panas sekali ... enaknya minum es hmmm.
Bisma
        : Enaknya sesaat setelah itu merana.
Anto
          : Ya merana kalau aku belikan kamu tetapi kalau aku dibelikan pasti lebih nikmat.
Bisma
        : Jangan bercanda terus! Ingat minggu depan kita UTS jaga kesehatan.
Anto
          : Benar juga katamu. Ya sudah deh minum air putih saja.
Bisma
        : Nah itu lebih sehat dan hemat hehehe.

Bila kita amati kutipan dialog di atas istilah yang dipakai ialah ....
A. UTS
B. minum es
C. minum air putih
D. sehat
E. merana

Analisis bahasa teks negosiasi


31.    Baca dengan cermat teks berikut!
Ida              : Wit, ayoo, ikut aku!
Wita            : ....
Ida              : Nengok Wati, ke rumah sakit
Wati            : Tapi, pekerjaanku belum selesai.
Ida              : Ayolah.
Wati            : Pekerjaanku bagaimana?
Ida              : Ditinggal dulu. Nanti kita kembali ke kantor.
Wati            : Oke. Kamu yang tanggung jawab kalau aku dipanggil bos, nanti.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut adalah....
A. Ke mana?
B. Di mana?
C. Dari mana?
D. Kenapa?
E. Kesana?

32.    Kalimat yang menggunakan gaya imperatif persuasif adalah....
A. Peganglah gelas ini erat-erat!
B. Pukullah kuat- kuat bedug itu !
C. Ambilkan buku dalam tas itu!
D. Tolong antarkan kue ini kepada nenek!
E. Hanya kamu yang bisa membantuku, tolonglah!

33.    Kata nonbaku terdapat pada....
A. Silakan masuk
B. Acara akan segera dimulai
C. Kenapa kamu tidak ikut rapat?
D. Siapakah yang menggantikan tugas saya
E. Mereka akan segera menuju ke tempat perkemahan.

34.    Pernyataan yang memuat penolakan adalah....
A. Peraturan itu harus disosialisasikan terlebih dulu.
B. Tidak banyak orang yang memahami masalah tersebut.
C. Silakan berunding sebaik- baiknya , saya tunggu diluar.
D. Kapanpun, di mana pun ingatlah pesanku itu.
E. Pengobatan herbal memang banyak yang tidak sesuai medis tetapi banyak orang sehat                      berkat terapi herbal.

35.    Cermati teks berikut!
    Titi               : Ingat apa yang aku katakan kemarin, Na. Jangan sekali-kali kamu melapor                                             para guru jika kamu ingin kita tetap berteman.
     Dina           : Ya. Tapi jangan kamu ulangi lagi. Saya tidak akan diam saja. Lihat saja.

Strategi negosiasi yang dilakukan Titi dalam dialog tersebut adalah....
A. merayu
B. mengancam
C. mengingatkan
D. melaporkan
E. menginterogasi

36.    Kalimat yang menggunakan gaya persuasif adalah....
A. Silakan, diminum kopinya.
B. Percayalah, kamu pasti bisa.
C. Ayo, bangun. Mumpung masih pagi.
D. Tunggulah sebentar lagi, dia pasti datang.
E. Jangan senang- senang dulu. Tunggu kabar berikutnya.

37.    Cermati teks berikut!
    (1)Guru : Mengapa nilai ulanganmu akhir-akhir ini jeblok, Nak?
    (2)Murid : Maaf,Bu. Saya tidak bisa konsentrasi belajar.
    (3)Guru : Ada masalah di rumah? Apa yang terjadi?
    (4)Murid : Kedua orangtuaku akan berpisah.
    (5)Guru : Maafkan, Ibu.
   
    Kata nonbaku terdapat dalam kalimat....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

38.    Perhatikan kalimat-kalimat berikut ini.
(1) Isu tentang komoditi mahal sudah lama terdengar.
(2)Ijazah itu harus segera dilegalisasi untuk mendaftar di perguruan tinggi.
(3) Pendidikan merupakan salah satu hak asasi manusia yang harus dipenuhi.
(4) Lakukan hipotesis yang tepat untuk mengatasi masalah itu.
(5) Adiknya mengidap penyakit rematik sejak kecil.

Penulisan kata serapan tak baku terdapat dalam kalimat....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

39.    Para pecinta lingkungan selalu berusaha mengajak para pengunjung pantai untuk menjaga kebersihan pantai dengan cara menyediakan tempat sampah di berbagai tempat. Memasang petunjuk arah ke tempat–tempat lain. Di berbagai tempat strategis juga terdapat papan himbauan untuk mencintai lingkungan.

Kata yang tepat untuk menggambarkan tindakan para pecinta lingkungan itu adalah....
A. persepsi
B. persuasi
C. proaksi
D. prediksi
E. provokasi

40.    Pemanfaatan tehnologi lanjut harus meningkatkan efektifitas dan efisiensi sumber energi.

Perbaikan yang benar atas kata serapan tersebut adalah....
A. teknologi, efektivitas, efisiensi
B. teknologi, efektif , efisien
C. tehnologi, efektivitas, efisien
D. teknologi, efektivitas, efisien
E. teknologi, efektive , efisiensi

Analisis isi negosiasi


41.    Kalimat yang menyatakan tujuan adalah....
A. Nanti malam aku akan kerumahmu, mengambil bukuku.
B. Silakan duduk. Dokter sedang dalam perjalanan dari bangsal.
C. Iya, makanan apa yang kau sukai akan kami sediakan.
D. Kamu pilih tempe, tahu, ayam goreng, atau kerupuk saja?
E. Jangan kamu dengar omongan anak itu, dia pandai membual.

42.    Cermati kutipan berikut!
Dimas
        :  Kita jadi mengadakan pertemuan dengan pengurus OSIS dan Bapak Ibu guru
                           minggu ini?
Doni
          :  Jadi, kan sudah ada dalam program kerja mingguan.
Dimas
        : Tapi ,besok siang Bapak Ibu guru ternyata ada rapat . Acara pertemuan dengan
                          OSIS terlalu siang.
Doni
          : Lalu bagaimana baiknya?
Dimas
        : Pertemuan OSIS kita undur ke hari Kamis saja.

Permasalahan yang ada dalam kutipan tersebut adalah....
A. Rencana pertemuan OSIS yang gagal.
B. Rapat Bapak Ibu Guru yang diadakan mendadak.
C. Kesepakatan pengunduran pertemuan OSIS.
D. Pelaksanaan program kerja mingguan OSIS
E. Waktu yang bersamaan antara pertemuan OSIS dan rapat guru.

43.    Kalimat yang menyatakan sanggahan adalah....
A. Persiapkan ulangan umum minggu depan ini sebaik-baiknya.
B. Gagasanmu itu bagus tetapi sulit untuk dilaksanakannya.
C. Buatlah ide yang sederhana sehingga mudah dilaksanakan .
D. Aku sendiri yang harus membersihkan motor sebanyak ini?
E. Kami akan bersepeda saja, biar sehat dan bebas polusi.

44.    Pernyataan yang menyatakan alasan adalah ….
A. Pekerjaan ini harus saya bawa pulang, Bu.
B. Ibu berpesan, pulang kerja besok kamu harus segera ke rumahnya.
C. Besok Ayah yang menjemput Nita sebab aku ada rapat.
D. Bawalah bekal ini di perjalanan untuk sarapanmu dan teman-temanmu.
E. Sebaiknya lembur di kantor saja, banyak teman yang bisa membantu.

45.    Sudah lama saya tahu bahwa kamu sering mencuri uang Ibu. Meskipun Ibu memaafkan, sebaiknya jangan kamu ulangi lagi. Sekali lagi kamu mencuri, apa pun alasanmu, aku akan segera lapor polisi.

Pernyataan bermaksud menghentikan pencurian di atas menggunakan cara….
A. memaksa
B. mengancam
C. menakut-nakuti
D. mengingatkan
E. melaporkan ke polisi

46.    “Oke, aku setuju dengan permintaanmu. Namun, bulan depan ganti kamu yang mentraktirku. Di tempat yang sama.”

Pernyataan tersebut berisi....
A. kesepakatan – dengan syarat
B. kesepakatan – tanpa syarat
C. penawaran – dengan syarat
D. penawaran – tanpa syarat
E. alasan -- tanpa syarat

47.    Cermati kutipan berikut!
(1)Guru
      : Ini, jam pelajaran apa , kok kalian di perpustakaan?
(2)Murrid
   : Bahasa asing, Bu. Disuruh mencari artikel di majalah .
(3)Guru
      : Mengapa tidak di kelas saja?
(4)Murid
    : Majalahnya di perpustakaan dan tidak boleh dibaca di luar perpustakaan.
(5)Guru
      :O, begitu.

Kalimat yang berisi tujuan adalah kalimat….
A.  (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

48.    Kalimat yang berisi ketidakpercayaan adalah….
A. Apa alasanmu terlambat pagi ini, Nak?
B. Tadi ,mengantar adik ke SD , Bu. Pagi ini ibuku sakit maka tidak dapat mengantar adik.
C. Benar begitu? Jangan- jangan kamu malas bangun pagi, Nak. Lalu cari alasan yang manis.
D. Tidak masuk sekolah, boleh. Asal kamu benar-benar punya alasan dan bukti yang bisa
     kamu pertanggungjawabkan.
E. Izinmu sudah terlalu banyak. Jadi, tidak ada lagi kesempatan kamu untuk meninggalkan
    kelas, Nak.

49.    Apa hubungan masuknya orang asing sebagai turis dengan musibah tanah longsor? Tidak masuk akal.

Kalimat tersebut menyatakan....
A. ancaman
B. peringatan
C. pertanyaan
D. pemberitahuan
E. penyangkalan

50.    Hidup ini pilihan maka pilihlah yang baik dan bermanfaat bagi orang lain. Bukan yang merugikan orang lain. Seperti sekuntum bunga, indah untuk dirinya sendiri dan indah serta menyenangkan bagi orang lain yang memandanginya

Pernyataan makna dalam kalimat tersebut disampaikan dengan cara....
A. mengajak
B. mengharapkan
C. menghimbau
D. membandingkan
E. menegaskan

Kalimat Kritik atau Dukungan yang Santun dalam Diskusi / Seminar


51.    Kalimat kritik yang tepat adalah….
A. Saya tidak setuju dengan pendapat Anda.
B. Kamu tidak seharusnya menggunakan alat ini.
C. Saya setuju dengan pendapat Anda. Acara ini memang sangat bermanfaat.
D. Saya kurang sependapat dengan Anda. Cara seperti itu hanya akan membuat masyarakat panik.
E. Menurut saya, kebijakan pemerintah itu akan membuat masyarakat semakin terhimpit.

52.    Kalimat yang merupakan kalimat dukungan yang tepat, adalah….
A. Saya sangat setuju dengan pendapat Anda.
B. Saya setuju dengan pendapat Saudara. Selain bisa membuka lapangan kerja, usaha ini juga dapat mengurangi limbah plastik.
C. Saya setuju dengan Anda apapun keputusannya.
D. Saya kurang setuju. Menurut saya semua itu sulit untuk dilakukan.
E. Mengapa hanya hal itu yang Anda bahas?

53.    Pernyataan : Program untuk mengisi masa liburan semester ini, sekolah akan mengadakan program pesantren kilat selama 5 hari.

Kalimat dukungan yang sesuai dengan pernyataan di atas adalah.…
A. Saya sangat setuju dengan acara tersebut.
B. Saya setuju jika program ini dilakukan selama satu minggu penuh.
C. Saya setuju asalkan kegiatan ini tidak membosankan.
D. Saya setuju dengan program ini, tapi apakah orang tua juga akan setuju?
E. Saya setuju dengan kegiatan tersebut. Kegiatan ini sangat bernilai positif untuk para                        siswa.

54.    Pernyataan : Siswa yang kesiangan akan diberi hukuman memungut sampah di halaman depan sekolah.

Kalimat dukungan yang sesuai dengan pernyataan tersebut yaitu….
A. Saya setuju. Selain bisa memberikan efek jera, siswa juga akan belajar tentang                                  kebersihan.
B. Saya tidak setuju karena tidak ada kaitannya antara kedisiplinan dengan kebersihan.
C. Saya tidak setuju karena hal tersebut kurang memberikan efek jera.
D. Saya setuju. Dengan hukuman itu, halaman akan menjadi bersih.
E. Saya kurang setuju. Siswa seharusnya tidak diperlakukan seperti itu.

55.    Pernyataan : Pihak dari Klinik Sehat Waluya akan mengadakan sosialisasi tentang perlunya kebersihan dan kesehatan di sekolah kita.

Kalimat dukungan berdasarkan pernyataan di atas yang tepat adalah….
A. Saya setuju dengan Anda.
B. Saya sependapat dengan pendapat Anda.
C. Saya setuju dengan Anda terkait kegiatan tersebut. Kegiatan ini akan membuat siswa                      menjaga kebersihan serta kesehatan di manapun.
D. Mengapa klinik tersebut ingin mensosialisasikannya di sekolah kita?
E. Apa pentingnya sosialisasi itu?

56.    Rika : Rina, aku diminta sekolah untuk mengikuti olimpiade matematika.
Rina : Wah, bagus itu… kamu ikut?
Rika : Maunya begitu. Tapi…
Rina : …

Kalimat dukungan yang sesuai untuk mengisi bagian kosong di atas adalah….
A. Kamu tidak usah ikut saja. Toh belum tentu menang.
B. Tapi kenapa? Sudah ikut saja. Kamu kan punya bakat dan kemampuan di bidang
     matematika. Sayang kalau dilewatkan.
C. Ya sudah, kalau kamu tidak mau ikut, ya tidah usah ikut.
D. Kamu ragu? Jangan ragu begitu, Ka.
E. Kamu tidak mau ikut?

57.    Ketua RW             : Program Siskamling di RW kita ini harus kembali diaktifkan.
Pak Rino                 : Saya sependapat. Sekarang banyak maling berkeliaran. 
       Pak Yanto              : Untuk apa ada Siskamling? Paling yang ronda orang yang itu-itu saja.
                                  Kalau begitu, apa bedanya dengan tidak ada Siskamling?

Pernyataan Pak Yanto termasuk….
A. komentar
B. sanggahan
C. kritikan
D. persetujuan
E. dukungan

58.    Pernyataan : Harga BBM akan disesuaikan dengan naik turunnya harga minyak dunia.

Kalimat kritikan untuk pernyataan di atas adalah….
A. Saya kurang setuju. Jika harga BBM naik turun, lalu bagaimana dengan harga kebutuhan pokok? Selama ini, setiap kali harga BBM naik harga kebutuhan pokok juga naik.
B. Saya setuju. Dengan begitu masyarakat tidak akan mendapatkan harga BBM yang naik terus.
C. Saya kurang setuju. Itu hanya akal-akalan pemerintah saja.
D. Saya tidak setuju. Rakyat pasti akan dirugikan.
E. Saya setuju saja.

59.    Kalimat kritikan yang tidak sesuai adalah….
A. Saya kurang setuju dengan pendapat Anda karena bagaimana pun siswa merupakan
     tanggung jawab guru.
B. Saya tidak setuju jika jalan tersebut ditutup karena dengan penutupan jalan itu, beberapa
     kampung akan terisolasi.
C. Saya tidak setuju dengan kebijakan pemerintah. Sebaiknya pemerintah memberikan                        solusi yang jelas.
D. Saya tidak setuju. Tapi mau bagaimana lagi? Saya ikut saja.
E. Saya sangat tidak setuju dengan pendapat Saudara. Hukuman tersebut terlalu keras.

60.    Kalimat dukungan yang paling tepat adalah….
A. Saya setuju saja dengan Anda.
B. Saya setuju dengan keputusan Anda.
C. Saya rasa hal tersebut memang baik untuk kita semua.
D. Saya setuju dengan Saudara. Permasalahan ini harus segera dicari jalan keluarnya.
E. Kami sependapat dengan pemikiran Anda.

Memberi Komentar Disertai Alasan dalam Diskusi / Seminar / Debat


61.    Komentar yang dilengkapi dengan penjelasan terdapat pada ....
A. Saya tidak menolak pendapat yang disampaikan pemakalah.
B. Saya kurang sependapat dengan aturan-aturan baku yang Saudara sampaikan.
C. Gagasan Saudara cukup realistis, maksudnya gagasan itu bisa dilaksanakan.
D. Gagasan Saudara untuk mengembangkan kreativitas remaja bisa digunakan acuan.
E. Sebagaimana gagasan pembicara sebelumnya gagasan ini bisa dikatakan sejalan.

62.     Saya sependapat dengan Anda. Siswa yang melanggar hukum memang harus diberikan sanksi yang tegas.
       
        Alasan yang tepat untuk ditambahkan pada komentar di atas adalah
        A. Pemberian sanksi yang tegas dapat membuat anak jera dan diharapkan membuat anak tidak 
             melanggar hukum lagi.
      B. Pemberian sanksi yang tegas dapat membuat anak paham kesalahannya.
      C. Agar anak menjadi kapok dan tidak mengulanginya lagi.
      D. Sanksi yang tegas menunjukkan sekolah memiliki sikap yang tegas.
      E. Agar bisa bertindak lebih tegas.

63.         Maaf, saya tidak setuju dengan pendapat Saudara. Menurut hemat saya, cara seperti itu hanya akan membuat anak menjadi seorang penakut.
         
          Komentar di atas termasuk….
           A. sanggahan
           B. persetujuan
           C. penolakan
           D. kritikan
           E. pertanyaan

64.         Komentar yang disampaikan dengan alasan yang logis terdapat pada ....
A. Ke depan kebutuhan orang akan air yang sehat dikonsumsi semakin mendesak memang benar. Tanpaknya dari tahun ke tahun tingkat pencemaran air di perkotaan selalu bertambah.
B. Ke depan kebutuhan orang akan air yang sehat dikonsumsi semakin mendesak memang benar. Bumi di daerah kita ini masih cukup air untuk memenuhi kebutuhan manusia.
C. Ke depan kebutuhan orang akan air yang sehat dikonsumsi semakin mendesak memang benar. Hal itu telah dibahas pada pada acara temu karya beberapa bulan lalu.
D. Kita tidak perlu khawatir akan ketersediaan air bersih di masa mendatang. Apakah kandungan air bersih di bum ini mengalami penurunan?
E. Tidak berlebihan jika masyarakat mengkhawatirkan ketersediaan air bersih di masa mendatang. Bukankah air merupakan kebutuhan hidup yang bersifat primer?

65.         Komentar : Salah satu penyebab terjadinya unjuk rasa adalah adanya ketidakpercayaan terhadap pelaksanaan berbagai aturan.
         
         Berikut ini bentuk penjelasan yang tepat untuk ditambahkan pada komentar tersebut, kecuali ….
         A. kapan terjadinya unjuk rasa
         B. alasan melakukan unjuk rasa
         C. pelaku yang berunjuk rasa
         D. di mana dilakukan unjuk rasa
         E. apa yang dilakukan dalam unjuk rasa

66.         Komentar yang sesuai dengan ketentuan atau cara menyampaikan komentar yang baik adalah….
A. Menurut saya, tenaga kerja di Indonesia belum bisa bersaing secara global karena kualitas tenaga kerjanya sendiri masih ada di bawah tenaga kerja negara lain.
B. Saya sependapat dengan Saudara. Kita sebaiknya memang mundur dari tender ini.
C. Mana bisa begitu? Itu namanya menginjak-injak harga diri kita.
D. Apa yang diutarakan Saudara pembicara memang ada benarnya. Saya setuju.
E. Saya kurang setuju dengan usulan Saudara Arif.

67.         Menurut saya, kesehatan ragawi harus seimbang dengan kesehatan rohani.
         Komentar persetujuan berdasarkan pernyataan di atas yang tepat adalah.…
          A. Saya setuju.
          B. Saya setuju dengan pendapat Anda.
C. Saya menyetujui pendapat Saudara. Kesehatan ragawi dan rohani memang harus seimbang agar hidup bisa berjalan dengan baik.
D. Saya setuju. Akan tetapi kesehatan rohani jauh lebih penting dibanding kesehatan ragawi.
E. Saya tidak setuju.

68.         Komentar penolakan untuk menunjukkan ketidaksetujuan terhadap pernyataan pemateri dalam sebuah diskusi yang sesuai yaitu….
         A. Saya tidak setuju dengan pendapat Anda.
B. Agar masalah ini tidak berlarut-larut sebaiknya kedua belah pihak bicara dengan kepala dingin.
C. Saya kurang sependapat dengan Anda. Porseni merupakan kegiatan yang positif dan bermanfaat untuk mengisi jam sekolah yang kosong setelah selesai ujian. Mengapa harus dihapuskan?
D. Saya kurang sependapat dengan Anda. Menurut saya, masalah ini hanya kesalahpahaman saja.
E. Saya menolak pendapat Anda.

69.         Bahaya narkoba sudah merajalela dan mengancam kehidupan generasi muda. Apa yang harus dilakukan para pemuda untuk terhindar dari narkoba?
      
      Komentar yang sesuai dengan pernyataan di atas adalah….
      A. Menurut saya, pemuda harus selalu berhati-hati terhadap jeratan narkoba.
      B. Pemuda harus selalu sigap menolak ajakan untuk menggunakan narkoba.
 C. Menurut saya, untuk menjauhkan diri dari narkoba, para pemuda harus meningkatkan      ketakwaannya, lebih dekat dengan keluarga, dan menggunakan waktu luang untuk kegiatan  positif.
D. Menurut saya, para pemuda harus berani menolak ajakan untuk menggunakan narkoba.
E.  Para pemuda harus tahu bahaya narkoba sehingga mereka tidaka kan terjerumus ke dalam jeratan narkoba.

70.         Menurut saya, kegiatan bakti sosial ini sangat bermafaat untuk menumbuhkan rasa sosial di kalangan siswa. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa kami mengajukan proposal kegiatan tersebut.

       Komentar yang menunjukkan persetujuan dan sesuai dengan kutipan di atas yaitu.…
       A. Saya setuju dengan pernyataan Saudara. Kegiatan ini bisa dijadikan pengisi waktu luang.
B. Saya sangat setuju dengan pernyataan Saudara. Kegiatan Bakti Sosial juga bisa membuat siswa bersyukur atas karunia yang diberikan Tuhan.
C. Saya setuju. Bagaimana jika kegiatan ini menjadi kegiatan rutin?
D. Saya setuju jika kegiatan bakti Sosial ini dilakukan secara berkala.
E. Saya setuju, asalkan kegiatan ini tidak banyak mengeluarkan dana.

Merangkum Isi Pembicaraan dalam Suatu Diskusi atau Seminar 


71.    Hal yang harus dilakukan seseorang ketika akan merangkum isi diskusi atau seminar antara lain, kecuali….
A. Mendengarkan isi pembicaraan diskusi/seminar.
B. Mencatat isi pokok pembicaraan dalam diskusi.
C. Mencermati poin penting dalam diskusi.
D. Merangkai kalimat berdasarkan poin penting isi pembicaraan dalam diskusi.
E. Memberikan tanggapan dalam diskusi tersebut.

72.    Tujuan formal dari penulisan rangkuman isi pembicaraan dalam diskusi/seminar adalah….
A. untuk mencatat kegiatan diskusi
B. untuk keperluan laporan kegiatan diskusi
C. untuk mengetahui jalannya diskusi
D. agar dapat menyimpulkan hasil diskusi
E. agar lebih memahami.

73.     Poin isi pembicaraan dalam diskusi :
 a. Siswa harus menaati peraturan sekolah
 b. Peraturan sekolah dibuat untuk membuat siswa disiplin.

Kalimat yang sesuai berdasarkan poin-poin isi pembicaraan diskusi di atas yaitu….
A. Semua siswa harus menaati peraturan sekolah.
B. Peraturan sekolah dibuat untuk ditaati siswa.
C. Tujuan pembuatan peraturan sekolah adalah agar siswa bisa disiplin. Oleh karena itu, seluruh siswa harus menaati setiap peraturan sekolah.
D. Tujuan pembuatan peraturan sekolah agar ditaati oleh siswa.
E. Siswa harus menaati peraturan sekolah agar disiplin.

74.    Poin isi Pembicaraan dalam diskusi:
a.  Olahraga untuk menjaga kesehatan.
b.  Kesehatan sangat diperlukan untuk melakukan akivitas sehari-hari.
c.  Nutrisi yang seimbang dibutuhkan untuk kesehatan.

Kalimat rangkuman isi pembicaraan dalam diskusi berdasarkan poin-poin di atas yang   
 sesuai yaitu….
A.Olahraga serta nutrisi yang seimbang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan. Dengan kesehatan yang senantiasa terjaga, aktivitas sehari-hari dapat dilakukan tanpa hambatan.
B. Olahraga harus dilakukan untuk menjaga kesehatan. Nutrisi yang seimbang pun diperlukan untuk kesehatan. Dengan badan sehat, aktivitas bisa dilakukan.
C. Olahraga sangat diperlukan agar aktivitas sehari-hari bisa dilakukan.
D. Olahraga dan nutrisi sangat penting untuk kesehatan.
E. Nutrisi yang seimbang dan olahraga yang rutin bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan.

75.    Hal-hal berikut harus ada dalam sebuah rangkuman isi pembicaraan dalam diskusi, kecuali….
A. tanggapan pemateri dan peserta
B. pertanyaan peserta
C. gagasan pokok
D. simpulan
E. jadwal kegiatan diskusi

76.    Nurhadi : “menurut saya, tema dalam drama tersebut lebih pada kemanusiaan, bukan budaya.”
Poin isi pembicaraan di atas termasuk….

A. tanggapan
B. kritikan
C. sanggahan
D. persetujuan
E. penolakan

77.    Cermati isi pembicaraan berikut!
Seno(pemakalah) : Dilihat dari segi nilai ekonomis maupun praktis, minyak bumi masih
merupakan sumber energi utama di samping gas bumi maupun batu bara. Sampai sekarang, minyak bumi masih tetap merupakan energi yang utama.
Tulus                   : Secara realita, memang demikian kenyataannya. Mobil-mobil
bertenaga listrik yang telah diproduksi di Eropa belum banyak diminati konsumen. Mereka merasa ribet tidak praktis dalam mengisi ulang sumber energi yang diperlukan. Lagi pula tenaga dan kecepatan maksimal dari mobil-mobil itu belum sebanding dengan mobil-mobil bertenaga bensin atau solar.
  Legowo             : Saudara moderator, pernyataan yang disampaikan Saudara Seno
dan Tulus memang tidak bisa kita pungkiri. Namun perlu diingat, apabila semua oarang tetap memilih energi minyak bumi untuk kendaraannya dalam waktu tidak lama lagi minyak bumi yang ada di bumi Indonesia ini akan habis. Saran saya usulkan, bagaimana pun pemerintah harus segera dapat mencari jalan keluar mengatasi keterbatasan sumber energi ini. Sekian.

Rangkuman yang sesuai dengan isi ketiga pembicaraan tersebut adalah ….
A. Dari segi ekonomis maupun praktis minyak bumi tetap menjadi energi utama. Mobil listrik yang diharapkan dapat menggantikan energi minyak bumi dipandang tidak praktis oleh konsumen. Ketersediaan minyak bumi semakin terbatas. Karena itu, pemerintah segera mencari solusinya .
B. Mobil listrik yang diharapkan dapat menggantikan energi minyak bumi dipandang tidak praktis oleh konsumen.Dari segi ekonomis maupun praktis minyak bumi tetap menjadi energi utama. Minyak bumi tidak begitu melimpah. Karena itu, pemerintah segera mencari solusinya menambah minyak bumi.
C. Dari segi ekonomis maupun praktis minyak bumi tetap menjadi energi utama, tenaga dan kecepatan mobil-mobil listrik belum sebanding dengan mobil-mobil bertenaga bensin atau solar. Ketersediaan minyak bumi semakin terbatas. Karena itu, pemerintah segera mencari solusinya menambah minyak bumi.
D. Secara ekonomis minyak bumi memang lebih praktis dibandingkan energi lain. Mobil listrik yang diharapkan dapat menggantikan energi minyak bumi dipandang tidak praktis oleh konsumen.Ketersediaan minyak bumi semakin terbatas. Karena itu, pemerintah segera mencari solusinya.
E. Minyak bumi memang lebih ekonomis dan praktis. Karena itu, pemerintah segera mencari solusinya. Mobil listrik diharapkan dapat menggantikan energi minyak bumi yang semakin terbatas.

78.    Pokok-pokok isi pembicaraan :
1) Kesehatan menjadi kebutuhan hidup yang utama di samping pangan, sandang, dan papan.
2) Perilaku hidup sehat perlu diupayakan.

Rangkuman dari dua pokok pembicaraan tersebut adalah ….
A. Kebutuhan hidup manusia yang utama di samping pangan, sandang, dan papan adalah kesehatan. Perilaku hidup sehat perlu diupayakan.
B. Kesehatan menjadi kebutuhan hidup yang utama di samping pangan, sandang, dan papan. Oleh karena itu, perilaku hidup sehat perlu diupayakan.
C. Sehat adalah kebutuhan hidup manusia yang setara dengan kebutuhan pangan, sandang, dan papan. Dan perilaku itu harus diupayakan.
D. Mengupayakan perilaku hidup sehat setara dengan kebutuhan pangan, sandang, dan papan.
E. Bila mana kebutuhan pangan, sandang , dan papan tercukupi, kebutuhan sehat pun akan tercapai. Dan perilaku hidup sehat perlu diupayakan.

79.    Catatan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan kegiatan diskusi atau seminar yang dibuat oleh seorang notulis adalah….
A. rangkuman
B. kesimpulan
C. notulen
D. notula
E. laporan

80.    Poin isi pembicaraan :
a. Novel berjudul Di Bawah Lindungan Ka’bah karya Hamka sangat menarik.
b. Novel Di Bawah Lindungan Ka’bah dibuat film.
c. Banyak orang yang tertarik untuk menonton film tersebut.

Kalimat rangkuman yang sesuai dengan poin-poin isi diskusi di atas yaitu….
A. Novel Di Bawah Lindungan Ka’bah karya Hamka sangat menarik.
B. Cerita Novel Di Bawah Lindungan Ka’bah dibuat film sehingga menjadi sangat menarik.
C. Cerita novel Di Bawah Lindungan Ka’bah sangat menarik sehingga menggugah salah seorang sutradara untuk membuat filmnya. Film itupun banyak menarik minta pengunjung untuk menontonnya.
D. Novel Di Bawah Lindungan Ka’bah”adalah karya Hamka yang paling menarik. Ceritanya dibuat film.
E. Film Di Bawah Lindungan Ka’bah dibuat berdasarkan novel dengan judul yang sama karya Hamka.

Pokok-Pokok Pembicaraan dalam Diskusi / Seminar / Debat


81.   Cermati pembicaraan berikut !
Sekar : Sebagaimana telah disampaikan pembicara pertama, setiap manusia pada dasarnya mendambakan hidup sehat. Tetapi, mengapa masih banyak orang yang berperilaku tidak mendukung keinginannya itu? Sekian mohon penjelasan. Terima kasih.

Pokok pembicaraan yang disampaikan dalam pertanyataan Sekar adalah ....
A. Setiap manusia pada dasarnya mendambakan hidup sehat.
B. Manusia pada dasarnya mendambakan hidup sehat.
C. Mengapa manusia mendambakan hidup sehat.
D. Banyak orang yang berperilaku tidak mendukung hidup sehat.
E. Keinginan orang untuk hidup sehat masih dipertanyakan.

82.   Cermati pembicaraan berikut !

Bapak, Ibu, Saudara yang saya hormati, 

Bagi Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya, padi menempati urutan paling atas dalam kelompok tanaman pangan. Karena itu, tidaklah mengherankan kalau sebagian besar dana dan daya yang ada dikerahkan untuk pengembangannya, baik melalui program intensifikasi maupun perluasan areal. Di bidang intensifikasi pertanian selain dilakukan penerapan teknologi pertanian modern, juga dikembangkan secara terus menerus berbagai jenis bibit unggul.
Hal yang menjadi pokok pembicaraan pada kutipan tersebut adalah ....
A. Sebagian besar dana yang ada dikerahkan untuk pengembangan pertanian.
B. Pengembangan pertanian adalah program intensifikasi dan perluasan areal.notulis
C. Intensifikasi pertanian dilakukan dengan penerapan teknologi pertanian modern.
D. Kelompok tanaman pangan menjadi urutan paling atas di Indonesia dan Asia.
E. Padi menempati urutan paling atas dalam kelompok tanaman pangan.

83.    Langkah-langkah yang bisa dilakukan dalam mencatat pokok-pokok pembicaraan dalam diskusi antara lain… kecuali.…
A. Menyimak penjelasan dari pemateri.
B. Mencatat isi diskusi.
C. Menggunakan bahasa yang baik, jelas dan benar.
D. Memberikan tanggapan.
E. Membuat simpulan.

84.   Judul diskusi : Peran Keluarga Terhadap Prestasi Siswa
Kalimat yang termasuk pokok pembicaraan dalam sebuah diskusi yang sesuai dengan judul diskusi di atas yaitu….
A. Anak yang berprestasi selalu diberi nutrisi yang cukup oleh orang tuanya.
B. Prestasi akademik siswa sangat ditentukan oleh peran orang tua.
C. Siswa yang berasal dari keluarga harmonis akan memiliki prestasi akademis yang bagus.
D. Prestasi siswa tidak ada hubungannya dengan keharmonisan keluarga.
E. Orang tua harus memberikan perhatian yang lebih untuk anak-anaknya.

85.   Cermati pembicaraan berikut !
Masalah kelautan yang dihadapi dewasa ini adalah tidak adanya dana untuk melindungi ketam kenari, kima, atau tiram mutiara sebagaimana halnya perlidungan terhadap panda dan harimau dari kelompok penghuni darat. Jenis makhluk laut tertentu tiba-tiba punah sebelum manusia sempat melindunginya. Tiram raksasa di kawasan Indonesia bagian barat kebanyakan sudah punah. Sangat sukar menemukan tiram hidup dewasa ini. Padahal, rumah tiram yang sudah mati mudah ditemukan. Demikian juga dengan kepiting kelapa dan kepiiting bagal. Dari mana dana dapat diperoleh untuk melindungi semua itu?
Mari kita simak pembicaran dua nara sumber yang telah ada di hadapan Saudara kali ini.

Pokok pembicaraan yang disampaikan pemandu kegiatan seminar tersebut adalah ….
A. Masalah kelautan didasarkan pada tidak adanya dana untuk pemeliharaan.
B. Pemeliharaan laut dan hewannya membutuhkan dana yang cukup besar.
C. Hewan-hewan laut banyak yang punah sebelum manusia melindunginya.
D. Beberapa hewan laut perlu dilindungi dengan menyediakan dana yang besar.
E. Tidak adanya dana untuk melindungi hewan laut menjadi masalah kelautan.

86.   Cermati pembicaraan berikut !
Panji :    Orang tua membiayai anaknya sekolah sampai tingkat tinggi, bahkan kalau
mampu, hingga S2 atau S3. Tujuannya agar dapat bekerja dan mencari nafkah. Anehnya masih ada saja sarjana yang tidak bekerja alias menganggur. Ini kan menjadi pertanyaan. Terus terang saya kurang sependapat dengan tanggapan Saudara Ani bahwa setiap perguruan tinggi negeri mampu mencetak tenaga siap kerja.

Pokok-pokok sanggahan yang disampaikan Panji adalah ....
A. Masih ada sarjana yang tidak bekerja.
B. Banyak gelar sarjana yang menganggur.
C. Tujuan sekolah agar dapat bekeja dan mencari nafkah.
D. Cita-cita orang tua menyekolahkan anak sampai perguruan tinggi.
E. Setiap perguruan tinggi negeri mampu mencetak tenaga siap kerja.

87.   Gaya mengajar seorang guru tentu harus disesuaikan dengan gaya belajar siswanya. Jika gaya belajar siswa adalah visual, tentu guru tersebut harus sering-sering membuat catatan dengan menggunakan spidol-spidol berwarna. Hal ini akan lebih efektif ketimbang dengan menjelaskan materi.

Pokok pembicaraan dari bagian isi sebuah diskusi di atas yaitu….
A. Gaya mengajar guru harus sesuai dengan gaya belajar murid.
B. Gaya belajar murid harus sesuai gaya mengajar guru.
C. Cara belajar murid harus disesuaikan cara mengajar guru.
D. Cara mengajar murid selalu visual.
E. Guru harus menggunakan spidol berwarna saat mengajar.

88.   Cermati pembicaraan berikut !
Rida : Memang benar, dalam perkembangan selanjutnya baik dan buruknya
seorang anak bergantung pada bagaimana cara orang tua mendidiknya dan bagaimana pengaruh orang-orang terdekat. Saya pikir ada hal lain yang ikut menentukan dan perlu dipertimbangkan lagi yaitu faktor lingkungan.

Pokok-pokok pembicaraan Rida yang mendukung pendapat pembicara sebelum adalah ....
A. Baik dan buruknya seorang anak bergantung pada bagaimana cara orang tua mendidiknya.
B. Faktor lingkungan ikut menentukan perkembangan anak menjadi baik atau buruk.
C. Baik dan buruknya seorang anak bergantung bagaimana pengaruh orang-orang terdekat.
D. Kehidupan anak selau terpengaruh oleh tiga hal yang tidak dapat dipisahkan.
E. Tiga faktor utama yang mempengaruhi perkembangan seorang anak menjadi dewasa.

89.   Judul diskusi : Nutrisi untuk Kesehatan Anak
Pokok pembicaraan yang sesuai dengan judul diskusi di atas adalah, kecuali.…
A. Anak membutuhkan nutrisi yang lengkap dan cukup.
B. Nutrisi dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan anak.
C. Orang tua harus memperhatikan asupan nutrisi anak.
D. Nutrisi berkaitan dengan karakter anak.
E. Vitamin dan mineral termasuk nutrisi anak.

90.   Cermati pembicaraan berikut !
Muhanam : Saudara-saudara, kebutuhan hidup sehari-hari bagi setiap keluarga
dalam masyarakat tidaklah sama. Hal ini sangat bergantung pada besar kecilnya penghasilan setiap keluarga. Keluarga yang penghasilannya sangat rendah, kebutuhan pokok sehari-hari akan sulit terpenuhi. Lain halnya dengan keluarga yang memiliki penghasilan tinggi, mereka tidak hanya dapat mencukupi kebutuhan primernya, kebutuhan-kebutuhah yang bersifat sekunder pun dapat dijangkaunya. Misalnya, dengan penghasilannya mereka mampu membeli sepeda, sepeda motor, bahkan mobil.

Pokok-pokok pembicaraan yang dikemukakan Muhanam adalah ....
A. Kebutuhan hidup setiap keluarga tidak sama.
B. Kebutuhan hidup dalam masyarakat tidak sama.
C. Kebutuhan hidup bergantung pada penghasilannya.
D. Penghasilan orang dalam keluarga tidak sama.
E. Tidak ada persamaan keluarga yang satu dengan yang lain.

Kata Konotasi dan Lambang dalam Puisi


91.   Perhatikan penggalan puisi berikut.

Tuhan telah menegurmu dengan cukup sopan
Lewat perut anak-anak yang kelaparan
Tuhan telah menegurmu dengan cukup sopan
Lewat semayup suara azan

(Tuhan telah menegurmu karya Apip Mustofa)

Makna kata konotasi yang diberi garis bawah adalah ....
A.    memberi nikmat
B.    memberi cobaan
C.    memberi sapaan
D.    memberi perintah
E.    memberi berkat

92.   Cermati dan hayati petikan puisi berikut.

Dalam kebun di tanah airku
Tumbuh sekuntum bunga teratai;
Tersembunyi kembang indah permai,
Tidak terlihat orang yang lalu.

(Teratai, Kepada Ki Hajar Dewantara karya Sanusi Pane)

Makna yang dimaksud dengan lambang bunga teratai adalah ....
A.    orang/tokoh
B.    bebungaan
C.    penyair
D.    ide
E.    pemikiran

93.   Bacalah penggalan puisi berikut.

Aku ini binatang jalang
Dari kumpulannya terbuang

(Aku karya Chairil Anwar)

Makna kata konotasi yang digaris bawah adalah ....
A.    brutal
B.    liar
C.    bebas
D.    buas
E.    luka

94.   Gerimis mempercepat kelam. Ada juga kelepak elang
menyinggung muram, desir hari lari berenang
menemu bujuk pangkal akanan. Tidak bergerak
dan kini, tanah air tidur, hilang ombak.

(Senja di Pelabuhan Kecil karya Chairil Anwar)

Jenis lambang yang digunakan dalam puisi tersebut adalah ....
A.    lambang benda
B.    lambang warna
C.    lambang suasana
D.    lambang orang

95.   Dalam kebun di tanah airku
Tumbuh sekuntum bunga teratai;
Tersembunyi kembang indah permai,
Tidak terlihat orang yang lalu.

(Teratai Kepada Ki Hajar Dewantara karya Sanusi Pane)

Jenis lambang yang digunakan dalam puisi tersebut adalah ....
A.    lambang bunyi
B.    lambang warna
C.    lambang suasana
D.    lambang orang
E.    lambang benda

96.   ...
jangan tangisi, jangan hindari kenyataan ini
kerna fajar pagi akan membuka langit sedihnya
menyediakan tanya untuk kita tidak saling bicara
Di mendung gerimis Agustus ini
Simpanlah risalah lama melanting ke kedalaman
...

(Agustus karya Mansur Samin)

Makna kata-kata yang digarisbawahi adalah ....
A.    kesedihan
B.    pengorbanan
C.    kedukaan
D.    tangisan
E.    kegelapan

97.   Takjubku kala mendaki puncak tonggak alam
Hijau lestari memagar sunyi
Kukuh palu para pengukir kayu jati
Menoreh seni dengan laksa makna

(Jepara Surga Mataku karya Ahmad Khoirus Salim)

Makna kata hijau dalam puisi tersebut adalah ....
A.    kedukaan
B.    kenestapaan
C.    kegembiraan
D.    kesuburan
E.    kesunyian

98.    Takjubku kala mendaki puncak tonggak alam
Hijau lestari memagar sunyi
Kukuh palu para pengukir kayu jati
Menoreh seni dengan laksa makna
Gadis-Gadis penenun Troso
Bibi-Bibi pemutar tembikar

(Jepara Surga Mataku karya Ahmad Khoirus Salim)
Baris puisi yang mengandung lambang warna adalah ....
A.    Bibi-Bibi pemutar tembikar
B.    Gadis-gadis penenun Troso
C.    Menoreh seni dengan laksa makna
D.    Kukuh palu para pengukir kayu jati
E.    Hijau lestari memagar sunyi

99.   Kalimat yang menandung makna konotasi di antara pilihan berikut adalah ....
A.    Bersama kita nikmati laut biru.
B.    Sony terjerembab di dunia hitam.
C.    Kami duduk di atas rumput hijau.
D. Adik membeli pita hitam di warung.
E. Kalian besok harus membawa bendera kuning.

100.Baris berikut ini yang tidak mengandung lambang/simbol maupun konotasi adalah ....
A.    Pergi ke laut lepas, anakku sayang
B.    Jalan bertahun sudah kutempuh
C.    Hari ini nelayan tidak melaut
D.   Kaulah kandil gemerlap, pelita jendela di malam gelap
E.   Hatiku terang menerima katamu, bagai bintang memasang lilinnya


ccc Selamat Mengerjakan  ddd