RPP UNIT II KARANGAN EKSPOSISI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
UNIT 2
KARANGAN EKSPOSISI

Satuan Pendidikan    : SMA N 57 Jakarta
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester           : X/1
Alokasi Waktu            : 18 x 45 menit (4 minggu)
KOMPETENSI INTI:
1.        Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.     Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.     Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
Indikator
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
·         menjelaskan isi teks secara lisan atau tulisan teks eksposisi
·         menentukan struktur teks secara lisan atau tulisan teks eksposisi
·         menentukan kaidah penulisan teks secara lisan atau tulisan teks eksposisi
·         menjelaskan karakteristik teks secara lisan atau tulisan teks eksposisi
·         mengungkapkan penggunaan ragam atau jenis teks teks eksposisi
·         menjelaskan penggunaan bahasa dalam teks secara lisan atau tulisan teks eksposisi
3.2 Membandingkan teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
·         Mengidentifikasi isi teks teks eksposisi
·         Membandingkan dua teks berdasarkan: isi, struktur, kaidah, karakteristik, jenis atau ragam, bentuk, bahasa dalam teks secara lisan atau tulisan teks eksposisi
3.3 Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
·         Menelaah isi teks teks eksposisi
·         Menganalisis teks berdasarkan: isi, struktur, kaidah, karakteristik, jenis atau ragam, bentuk, bahasa dalam teks secara lisan atau tulisan teks eksposisi
3.4 Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil  observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
·         Menilai isi teks teks eksposisi
·         Mengevaluasi teks berdasarkan: isi, struktur, kaidah, karakteristik, jenis atau ragam, bentuk, bahasa dalam teks secara lisan atau tulisan teks eksposisi
4.1 Menginterpretasi makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
·         Menyimpulkan isi teks teks eksposisi
·         Menentukan tujuan penulisan teks teks eksposisi
·         Menginterpretasi makna teks berdasarkan: isi, struktur, kaidah, karakteristik, jenis atau ragam, bentuk, bahasa dalam teks eksposisi secara lisan atau tulisan
4.2 Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
·         Mengidentifikasi isi teks teks eksposisi
·         Menentukan topik untuk memproduksi teks teks eksposisi
·         Menyusun kerangka teks teks eksposisi
·         Memproduksi  berdasarkan kerangka yang telah dibuat denga teks eksposisi  memperhatikan isi, struktur, kaidah, karakteristik, jenis atau ragam, bentuk, bahasa, EYD dalam teks secara tulisan
4.3 Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi sesuai dengan  struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
·         Mengidentifikasi isi teks teks eksposisi
·         Menyunting teks eksposisi yang telah dibuat berdasarkan isi, struktur, kaidah, karakteristik, jenis atau ragam, bentuk, bahasa dalam  teks eksposisi secara lisan atau tulisan
4.4 Mengabstraksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
·         Mengidentifikasi teks  eksposisi yang telah dibaca
·         Mengabstraksi  teks eksposisi yang telah dibaca secara tertulis dengan memperhatikan penggunaan bahasa dan EYD yang tepat
4.5 Mengonversi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
·         Mengidentifikasi teks eksposisi yang telah dibaca
·         Mengonversi teks eksposisi  ke dalam bentuk lain dengan memperhatikan penggunaan bahasa dan EYD yang tepat

PERTEMUAN I (HARI I):
A. Tujuan Pembelajaran
1.    Memahami pengertian teks eksposisi secara umum dan menurut para ahli
2.    Memahami tujuan penulisan teks eksposisi bagi pembaca
3.    Memahami sumber yang digunakan dalam penulisan teks eksposisi 
B. Materi Pembelajaran
Memahami teks eksposisi
C. Metode Pembelajaran 
     Pendekatan umum            : Scinetific/ilmiah berbasis teks
Metode                              : Discovery, diskusi, pengamatan
D. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media
Power point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X,  Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.    Alat
Komputer, infokus/OHP
3.    Sumber Pembelajaran
      a. Bahasa Indonesia Ekpresi Diri dan Akademik, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 
         Republik Indonesia2013 Cetakan Ke-1
      b. Cerdas Berbahasa Indonesia untuk Kelas X, Engkos Kosasih, Penerbit Erlangga, 2013.,   surat 
          kabar, majalah, dan media elektronik

E. Kegiatan Pembelajaran
1.    Pendahuluan
a.    Mengondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa tentang teks eksposisi, yaitu dengan memperkenalkan teks eksposisi yang sering dijumpai dalam kehidupan dan mengandung nilai-nilai sosial. Nilai-nilai sosial yang ada di dalam teks anekdot dapat menjadi gambaran tentang hubungan teks dan masyarakat.
b.    Apersepsi: bertanya jawab mengenai teks eksposisi
1)   Apakah Anda pernah membaca teks eksposisi?
2)   Menurut Anda, apa yang dimaksud dengan teks eksposisi?
c.    Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang teks eksposisi
2.    Inti
a.    Membimbing siswa untuk memahami materi dengan cara :
Mengamati
1)   Mengamati pengertian teks eksposisi
2)   Mengamati ciri-ciri teks eksposisi
Menanya
1)   Mengajukan pertanyaan mengenai ciri teks eksposisi
Pengumpulan Data
1)   Mengumpulkan data atau informasi tambahan mengenai teks eksposisi dari berbagai sumber (buku paket, media massa, dan internet)
Mengasosiasi
1)   Menyimpulkan tentang ciri-ciri teks eksposisi yang ada dalam setiap jenis teks
Mengomunikasikan
1)   Mengomunikasikan hasil pengamatan tentang ciri teks eksposisi dalam bentuk laporan dan membacakan hasil laporan tersebut
b.    Mendiskusikan hasil laporan dan menyimpulkan hasil pengamatan mengenai teks eksposisi

3.    Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.

PERTEMUAN II (HARI II):
A. Tujuan Pembelajaran
1.    Memahami berbagai jenis paragraf eksposisi
2.    Memahami langkah-langkah penulisan karangan eksposisi

B. Materi Pembelajaran
Memahami teks eksposisi

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan umum : Scinetific/ilmiah
  berbasis teks
Metode                    : Discovery, diskusi, pengamatan

D. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media
Power point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X,  Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.    Alat
Komputer, infokus/OHP
3.    Sumber Pembelajaran
      a. Bahasa Indonesia Ekpresi Diri dan Akademik, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 
          Republik Indonesia2013 Cetakan Ke-1
      b. Cerdas Berbahasa Indonesia untuk Kelas X, Engkos Kosasih, Penerbit Erlangga, 2013.,   surat 
          kabar, majalah, dan media elektronik

E. Kegiatan Pembelajaran
1.    Pendahuluan
a.    Mengondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa tentang jenis dan langkah-langkah penulisan teks eksposisi, yaitu dengan memperkenalkan teks eksposisi yang sering dijumpai dalam kehidupan dan mengandung nilai-nilai sosial..
b.    Apersepsi: bertanya jawab mengenai teks eksposisi
1)   Apakah Anda mengetahui salah satu jenis teks eksposisi?
2)   Menurut Anda, apa saja langkah penulisan teks eksposisi?
c.    Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang teks eksposisi
2.    Inti
a.    Membimbing siswa untuk memahami materi dengan cara  :
Mengamati
1)   Mengamati jenis-jenis teks eksposisi
2)   Mengamati langkah-langkah dalam penulisan teks eksposisi
Menanya
1)   Mengajukan pertanyaan mengenai jenis-jenis teks eksposisi
2)   Mengajukan pertanyaan mengenai langkah-langkah penulisan teks eksposisi
Pengumpulan Data
1)   Mengumpulkan data atau informasi tambahan mengenai jenis teks eksposisi dari berbagai sumber (buku paket, media massa, dan internet)
2)   Mengumpulkan informasi tentang langkah-langkah penulisan teks eksposisi
Mengasosiasi
1)   Menyimpulkan tentang jenis-jenis teks eksposisi
2)   Menyimpulkan tentang langkah-langkah penulisan teks eksposisi
Mengomunikasikan
1) Mengomunikasikan hasil pengamatan tentang jenis dan langkah-langkah penulisan teks eksposisi dalam bentuk laporan dan membacakan hasil laporan tersebut
2)   Mendiskusikan hasil laporan dan menyimpulkan hasil pengamatan mengenai teks eksposisi 
3.    Penutup
               Mendorong siswa untuk melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.

PERTEMUAN III (HARI III)
A. Tujuan Pembelajaran
1. Memahami syarat-syarat menulis teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa yang runtut dan jelas 
2. Menjelaskan cara penulis dalam mengevaluasi karangan eksposisi baik secara lisan maupun tulisan
B. Materi Pembelajaran
Menilai teks eksposisi
C. Metode Pembelajaran 
     Pendekatan umum  : Scinetific/ilmiah berbasis teks
Metode                    : Discovery, diskusi, pengamatan
D. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media
Power point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X,  Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.    Alat
Komputer, infokus/OHP
3.    Sumber Pembelajaran
a. Bahasa Indonesia Ekpresi Diri dan Akademik, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan    
    Republik Indonesia2013 Cetakan Ke-1
b. Cerdas Berbahasa Indonesia untuk Kelas X, Engkos Kosasih, Penerbit Erlangga, 2013.,   
    surat kabar, majalah, dan media elektronik

E. Kegiatan Pembelajaran
1.    Pendahuluan
a.    Mengondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa tentang cara menilai teks ekposisi
b.    Apersepsi: bertanya jawab mengenai cara menilai teks eksposisi
a.    Apakah Anda tahu mengenai cara menilai sebuah teks?
b.    Menurut Anda, bagaimanakah cara menilai teks eksposisi?
3)   Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang menilai teks eksposisi 
2.    Inti
a.    Membimbing siswa untuk memahami materi dengan cara 
Mengamati
a.    Mengamati syarat-syarat dalam penulisan teks eksposisi
b.    Mengamati cara mengevaluasi teks eksposisi yang dilakukan oleh penulis
Menanya
1)   Mengajukan pertanyaan mengenai syarat-syarat dalam penulisan teks eksposisi
2)   Mengajukan pertanyaan mengenai cara mengevaluasi teks eksposisi yang dilakukan oleh penulis
Pengumpulan Data
1)   Mengumpulkan data atau informasi tambahan mengenai syarat-syarat dalam penulisan teks eksposisi dari berbagai sumber (buku paket, media massa, dan internet)
2)   Mengumpulkan data atau informasi berupa tugas sebagai hasil dari pemahaman tentang cara mengevaluasi teks eksposisi yang dilakukan oleh penulis
Mengasosiasi
1)   Menyimpulkan tentang syarat penulisan yang harus diperhatikan oleh pengarang saat menulis teks eksposisi
2)   Menyimpulkan tentang cara mengevaluasi teks eksposisi yang dilakukan oleh penulis
Mengomunikasikan
1)   Mengomunikasikan hasil pengamatan mengenai syarat dan cara mengevaluasi teks anekdot dalam bentuk laporan dan membacakan hasil laporan tersebut

b.    Mendiskusikan hasil laporan dan menyimpulkan hasil pengamatan tentang cara mengevaluasi teks eksposisi
3.    Penutup
             Mendorong siswa untuk melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.

PERTEMUAN IV (HARI IV)
A. Tujuan Pembelajaran
1.    Memahami cara menginterpretasikan teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa yang runtut dan jelas
2.    Menjelaskan kesan yang didapatkan setelah menginterpretasikan teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa yang runtut dan jelas
3.    Memahami manfaat dari proses interpretasi teks eksposisi

B. Materi Pembelajaran
Menginterpretasi teks eksposisi

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan umum   : Scinetific/ilmiah berbasis teks
   Metode                    :Discovery,  diskusi, pengamatan

D. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media
Power point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X,  Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.    Alat
Komputer, infokus/OHP
3.    Sumber Pembelajaran
Buku Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X,  Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013., surat kabar, majalah, dan media elektroni.
E. Kegiatan Pembelajaran
1.    Pendahuluan
a. Mengondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait cara menginterpretasi atau pemberian kesan terhadap isi teks eksposisi
b.  Apersepsi: bertanya jawab mengenai cara menafsirkan atau pemberian kesan terhadap isi dan makna teks eksposisi
1)   Menurut Anda, pesan yang ada di dalam teks eksposisi ditulis secara tersirat atau tersurat?
2)   Bagaimanakah cara menginterpretasikan teks anekdot?
c.  Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang cara menginterpretasikan teks eksposisi
2.    Inti
a.    Membimbing siswa untuk memahami materi dengan cara  :
Mengamati
1)   Mengamati cara menginterpretasi teks eksposisi
2)   Mengamati isi teks eksposisi untuk menemukan makna atau hasil interpretasi teks tersebut
Menanya
1)   Mengajukan pertanyaan mengenai proses interpretasi teks anekdot
2)   Mengajukan pertanyaan mengenai hubungan cara penafsiran atau interpretasi teks eksposisi dengan nilai-nilai kehidupan
3)   Mengajukan pertanyaan mengenai manfaat dari hasil menginterpretasikan teks anekdot
Pengumpulan Data
1)   Mengumpulkan data atau informasi tambahan mengenai cara menginterpretasikan teks eksposisi dari berbagai sumber (buku paket, media massa, dan internet)
2)   Mengumpulkan data atau informasi tambahan mengenai manfaat menginterpretasikan teks eksposisi
3)   Menginterpretasikan teks eksposisi dengan memahami isi teks tersebut
Mengasosiasi
1)   Menyimpulkan cara menafsirkan dan pemberian kesan terhadap teks eksposisi
2)   Menyimpulkan manfaat dari hasil menafsirkan teks eksposisi
Mengomunikasikan
1)   Mengemukakan hasil penafsiran atau penginterpretasian isi teks eksposisi
2)   Mengomunikasikan hasil pengamatan tentang penafsiran teks eksposisi dalam bentuk laporan dan membacakan hasil laporan tersebut
b. Mendiskusikan hasil laporan dan menyimpulkan hasil penafsiran isi teks eksposisi sehingga makna dan tujuan dari teks tersebut dapat diketahui.
3.    Penutup
             Mendorong siswa untuk melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.

PERTEMUAN V (HARI V)
A. Tujuan Pembelajaran
1.    Memahami cara memproduksi teks anekdot secara lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa yang runtut dan jelas  

B. Materi Pembelajaran
Memproduksi teks eksposisi

C. Metode Pembelajaran
     Pendekatan umum            : Scinetific/ilmah berbasis teks
Metode                              :  Discovery, diskusi, pengamatan

D. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media
Power point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X,  Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.    Alat
Komputer, infokus/OHP
3.    Sumber Pembelajaran
     a. Bahasa Indonesia Ekpresi Diri dan Akademik, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 
         Republik Indonesia2013 Cetakan Ke-1
     b. Cerdas Berbahasa Indonesia untuk Kelas X, Engkos Kosasih, Penerbit Erlangga, 2013.,   surat 
         kabar, majalah, dan media elektronik

E. Kegiatan Pembelajaran
1.    Pendahuluan
a.    Mengondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa untuk memahami cara memproduksi teks eksposisi.
b.    Apersepsi: bertanya jawab mengenai cara memproduksi teks eksposisi
1)   Apakah yang perlu Anda pahami dalam memproduksi teks eksposisi?
c.    Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang cara memproduksi teks eksposisi
2.    Inti
a.    Membimbing siswa untuk memahami materi dengan cara :
Mengamati
1)   Mengamati langkah-langkah penulisan teks eksposisi
2)   Mengamati cara berbahasa yang baik dalam menulis teks eksposisi
Menanya
1)   Mengajukan pertanyaan langkah-langkah penting dalam penulisan teks eksposisi
Pengumpulan Data
1)   Mengumpulkan data atau informasi tambahan mengenai kegiatan menulis teks eksposisi dari berbagai sumber (buku paket, media massa, dan internet)
2)   Mengumpulkan data atau informasi tambahan mengenai cara menulis atau memproduksi teks eksposisi
Mengasosiasi
1)   Menyimpulkan langkah-langkah yang dapat dilakukan sebagai cara penulisan teks eksposisi
2)   Menyimpulkan gagasan yang dapat digunakan dalam proses penulisan teks eksposisi
Mengomunikasikan
1)   Mengomunikasikan pemahaman mengenai langkah-langkah teks eksposisi dalam bentuk laporan dan membacakan hasil penulisan tersebut

b.    Mendiskusikan hasil laporan dan menyimpulkan hasil penulisan teks eksposisi dalam bentuk diskusi
3.    Penutup
           Mendorong siswa untuk melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.

PERTEMUAN VI (HARI VI)
A. Tujuan Pembelajaran
1.    Menulis teks eksposisi yang dengan memperhatikan pengertian, kaidah bahasa, dan langkah-langkah dalam proses penulisan teks eksposisi
2.    Melatih keterampilan menulis, terutama menulis teks eksposisi

B. Materi Pembelajaran
Memproduksi teks eksposisi

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan umum  : berbasis teks
Metode                    : diskusi, pengamatan

D. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media
Power point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X,  Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.    Alat
Komputer, infokus/OHP
3.    Sumber Pembelajaran
Buku Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X,  Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013., surat kabar, majalah, dan media elektronik 

E. Kegiatan Pembelajaran
1.    Pendahuluan
a.    Mengondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa tentang cara menulis teks eksposisi, yaitu dengan belajar menulis teks eksposisi melalui langkah-langkah yang benar dan bahasa yang tepat.
b.    Apersepsi: bertanya jawab mengenai cara menulis teks eksposisi
1)   Apakah Anda tahu cara menulis teks eksposisi?
c.    Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang cara menulis teks eksposisi.
2.    Inti
a.    Membimbing siswa untuk memahami materi dengan cara 
Mengamati
1)   Mengamati cara berbahasa yang baik dalam menulis teks eksposisi
2)   Mengamati permasalahan sosial yang dapat dijadikan tema penulisan teks eksposisi
Menanya
1)   Mengajukan pertanyaan mengenai tema dan ide yang dijadikan bahan penulisan teks eksposisi
Pengumpulan Data
1)   Menulis teks eksposisi dengan tema yang telah ditentukan dan wawasan yang telah dipahami mengenai langkah-langkah penulisan teks eksposisi
Mengasosiasi
1)   Menyimpulkan gagasan yang dapat digunakan dalam proses penulisan teks eksposisi
2)   Menyimpulkan hasil penulisan teks eksposisi
Mengomunikasikan
1)   Mengomunikasikan hasil penulisan teks eksposisi dalam bentuk laporan dan membacakan hasil penulisan tersebut

b.    Mendiskusikan hasil laporan dan menyimpulkan hasil penulisan teks eksposisi dalam bentuk diskusi
3.    Penutup
              Mendorong siswa untuk melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.

PERTEMUAN VII (HARI VII)
A. Tujuan Pembelajaran
1.    Memahami cara menyunting teks eksposisi secara lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa yang runtut dan jelas 
2.    Menjelaskan hasil penyuntingan teks eksposisi dengan jelas dan sederhana
3.    Melatih keterampilan dalam penggunaan bahasa Indonesia yang baik

B. Materi Pembelajaran
Menyunting teks eksposisi

C. Metode Pembelajaran
     Pendekatan umum            : Scinetific/ilmiah berbasis teks
Metode                              : Discovery ,diskusi, pengamatan

D. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media
Power point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X,  Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.    Alat
Komputer, infokus/OHP
3.    Sumber Pembelajaran
     a. Bahasa Indonesia Ekpresi Diri dan Akademik, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 
         Republik Indonesia2013 Cetakan Ke-1
     b. Cerdas Berbahasa Indonesia untuk Kelas X, Engkos Kosasih, Penerbit Erlangga, 2013.,   surat 
         kabar, majalah, dan media elektronik

E. Kegiatan Pembelajaran
1.    Pendahuluan
a.    Mengondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa dalam menyunting teks eksposisi
b.    Apersepsi: bertanya jawab mengenai proses penyuntingan teks eksposisi
1)   Apakah hal yang harus diperhatikan dalam proses penyuntingan teks eksposisi?
2)   Mengapa saat menyunting teks eksposisi diperlukan wawasan yang luas?
c.    Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang cara menyunting teks eksposisi.
2.    Inti
a.    Membimbing siswa untuk memahami materi dengan cara 
Mengamati
1)   Mengamati setiap kesalahan berbahasa di dalam teks eksposisi
2)   Mengamati cara menyunting teks eskposisi
Menanya
1)   Mengajukan pertanyaan mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan saat menyunting teks eksposisi
2)   Mengajukan pertanyaan mengenai manfaat menyunting teks eksposisi
Pengumpulan Data
1)   Mengumpulkan data atau informasi tambahan mengenai kegiatan menyunting teks eksposisi dari berbagai sumber (buku paket, media massa, dan internet)
2)   Menyunting teks anekdot dengan memperhatikan kaidah bahasa dalam teks tersebut
Mengasosiasi
1)   Menyimpulkan hasil penyuntingan dari teks ekposisi
Mengomunikasikan
1)   Mengomunikasikan hasil penyuntingan isi teks eksposisi dalam bentuk laporan dan membacakan hasil laporan tersebut

b.    Mendiskusikan hasil laporan dan menyimpulkan hasil penyuntingan isi teks eksposisi tersebut 
3.    Penutup
             Mendorong siswa untuk melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.

PERTEMUAN VIII (HARI VIII)
A. Tujuan Pembelajaran
1.    Memahami cara menceritakan isi teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa yang runtut dan jelas
2.    Memahami cara pengambilan simpulan dari isi sebuah teks, terutama teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan
3.    Melatih keterampilan dan kemandirian dalam bercerita di depan khalayak umum.

B. Materi Pembelajaran
Menceritakan teks eksposisi.

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan umum  : berbasis teks
Metode                    : diskusi, pengamatan.

D. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media
Power point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X,  Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.    Alat
Komputer, infokus/OHP
3.    Sumber Pembelajaran
     a. Bahasa Indonesia Ekpresi Diri dan Akademik, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 
         Republik Indonesia2013 Cetakan Ke-1
     b. Cerdas Berbahasa Indonesia untuk Kelas X, Engkos Kosasih, Penerbit Erlangga, 2013.,   surat 
         kabar, majalah, dan media elektronik

E. Kegiatan Pembelajaran
1.    Pendahuluan
a.    Mengondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa dalam menceritakan teks eksposisi
b.    Apersepsi: bertanya jawab mengenai cara menceritakan teks eksposisi
1)   Apakah hal yang harus diperhatikan dalam menceritakan teks eksposisi?
2)   Apakah keterampilan yang didapatkan dari menceritakan teks eksposisi?
c.    Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang cara menceritakan teks eksposisi.
2.    Inti
a.    Membimbing siswa untuk memahami materi dengan cara 
Mengamati
1)   Memahami cara menceritakan teks eksposisi
2)   Mengamati beberapa hal yang penting dalam proses menceritakan teks eksposisi
3)   Mengamati bahasa, ekspresi, dan intonasi dalam menceritakan isi teks eksposisi
Menanya
1)   Mengajukan pertanyaan mengenai cara menceritakan teks eksposisi
2)   Mengajukan pertanyaan mengenai jenis teks eksposisi yang dapat diceritakan kembali
Pengumpulan Data
1)   Mengumpulkan data atau informasi tambahan mengenai cara menceritakan teks eksposisi (buku paket, media massa, dan internet)
2)   Menceritakan teks eksposisi
Mengasosiasi
1)   Menyimpulkan cara menceritakan teks eksposisi
2)   Menyimpulkan isi teks eksposisi yang akan diceritakan kembali dengan bahasa yang jelas dan singkat
3)   Menceritakan isi teks eksposisi dengan bahasa sendiri
Mengomunikasikan
1)  Mengomunikasikan hasil penyimpulan isi teks eksposisi untuk diceritakan kembali dengan bahasa yang runtut, jelas, dan singkat

b.  Mendiskusikan hasil menceritakan teks eksposisi dengan tema dan gagasan dalam teks eksposisi tersebut 
3.    Penutup
           Mendorong siswa untuk melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.

PERTEMUAN IX (HARI IX)
A. Tujuan Pembelajaran
1.    Memahami cara mengubah teks eksposisi menjadi teks pidato baik secara lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa yang runtut dan jelas
2.    Menjelaskan hal-hal penting yang perlu diperhatikan dalam mengubah teks eksposisi menjadi teks pidato baik secara lisan maupun tulisan
3.    Memahami kaidah bahasa dalam proses pengubahan teks eksposisi ke dalam teks pidato
4.    Melatih keterampilan membaca dan menulis dua teks yang berbeda, yaitu teks eksposisi dan pidato
B. Materi Pembelajaran
Mengubah teks eksposisi menjadi teks pidato

C. Metode Pembelajaran
     Pendekatan umum            : Scinetific/ilmiah berbasis teks
Metode                              : Discovery, diskusi, pengamatan

D. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media
Power point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X,  Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.    Alat
Komputer, infokus/OHP
3.    Sumber Pembelajaran
        a. Bahasa Indonesia Ekpresi Diri dan Akademik, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 
            Republik Indonesia2013 Cetakan Ke-1
        b. Cerdas Berbahasa Indonesia untuk Kelas X, Engkos Kosasih, Penerbit Erlangga, 2013.,  
             surat kabar, majalah, dan media elektronik

E. Kegiatan Pembelajaran
1.    Pendahuluan
a.    Mengondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa dalam mengubah teks eksposisi menjadi teks pidato
b.    Apersepsi: bertanya jawab mengenai cara mengubah teks eksposisi menjadi teks pidato
1)   Apakah hal yang harus diperhatikan dalam mengubah teks eksposisi menjadi teks pidato?
2)   Apakah dalam mengubah teks eksposisi dan pidato harus memiliki tema yang sama?
c.    Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang cara mengubah teks eksposisi menjadi teks pidato.
2.    Inti
a.    Membimbing siswa untuk memahami materi dengan cara  :
Mengamati
1)   Mengamati cara mengubah teks eksposisi menjadi teks pidato
2)   Mengamati penggunaan bahasa dalam pengubahan dua teks yang berbeda, yaitu teks eksposisi berubah menjadi teks pidato
Menanya
1)   Mengajukan pertanyaan tentang cara mengubah teks eksposisi menjadi teks pidato
2)   Mengajukan pertanyaan tentang kaidah bahasa yang harus diperhatikan dalam mengubah teks eksposisi menjadi teks pidato
Pengumpulan Data
1)   Mengumpulkan data atau informasi tambahan mengenai proses mengubah teks eksposisi menjadi teks pidato dari berbagai sumber (buku paket, media massa, dan internet)
2)   Mencari teks eksposisi dan mengubahnya ke dalam bentuk teks pidato
3)   Mengubah teks eksposisi menjadi teks pidato
Mengasosiasi
1)   Menyimpulkan cara mengubah teks eksposisi menjadi teks pidato
2)   Menyimpulkan penggunaan bahasa yang digunakan dalam mengubah teks eksposisi menjadi teks pidato
Mengomunikasikan
1)   Mengomunikasikan hasil pengubahan teks eksposisi menjadi teks pidato dan membacakan hasil pengubahan tersebut

b.    Mendiskusikan hasil pengubahan teks eksposisi menjadi teks pidato dan menyimpulkan hasil pengubahan dua teks tersebut 
3.    Penutup
             Mendorong siswa untuk melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.
PENILAIAN
1. Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
Bentuk Instrumen
Pengamatan Sikap
Lembar Pengamatan Sikap
Tes Unjuk Kerja
Tes Uji Kerja
Tes Tertulis
Tes Uraian dan Pilihan
Portofolio
Panduan Penyusunan Portofolio

2. Contoh Instrumen
a. Lembar Pengamatan Sikap

No
Aspek yang dinilai
Kriteria
Keterangan
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
1.
Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan





2.
Memiliki rasa ingin tahu dan





3.
Menunjukkan ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok





4.
Eksplorasi/penelitian
1)      Penguasaan topik
2)      Penggunaan berbagai referensi (buku, majalah, laman, video, dokumen, koran, dll)
3)      Penggunaan referensi primer dan/atau sekunder





5.
Pengorganisasian komunikasi
1)      Formulasi pertanyaan, hipotesis, atau tesis
2)  Evaluasi dan seleksi informasi/pengetahuan





6.
Presentasi lisan
1)       Pengorganisasian presentasi (pengantar, penjelas, simpulan)
2)       Penggunaan bahasa dan kosakata terkait topik
3)       Penggunaan kontak mata
4)       Penggunaan bahasa tubuh yang sesuai
5)   Penggunaan beragam nada bicara






       Keterangan:
        18—20: sangat baik—sempurna
        14—17: cukup—baik
        10—13: sedang—cukup
         7—9: sangat kurang—kurang

       Deskripsi sikap ini digunakan untuk pertimbangan dalam menentukan profil siswa (bukan 
       angkannya yang penting, tetapi deskripsi sikap siswa)

b. Lembar Tes Unjuk Kerja

PENILAIAN KEGIATAN SISWA DALAM PELAJARAN TEKS EKSPOSISI
Nama:
Judul:                                                                                                                                                                                                                                    Tanggal:
ISI
Skor
Kriteria
Keterangan
27—30
Sangat baik—sempurna: menguasai topik tulisan; substansif; abstrak-orientasi-krisis-reaksi-koda; relevan dengan topik yang dibahas

22—26
Cukup—baik: cukup menguasai permasalahan; cukup memadai; pengembangan tesis terbatas; relevan dengan topik, tetapi kurang terperinci

17—21
Sedang—cukup: penguasaan permasalahan terbatas; substansi kurang; pengembangan topik tidak memadai

13—16
Sangat kurang—kurang: tidak menguasai permasalahan; tidak ada substansi; tidak relevan; tidak layak dinilai

STRUKTUR TEKS
18—20
Sangat baik—sempurna: ekspresi lancar; gagasan terungkap padat, dengan jelas; tertata dengan baik; urutan logis (abstrak-orientasi-krisis-reaksi-koda); kohesif

14—17
Cukup—baik: kurang lancar; kurang terorganisasi, tetapi ide utama ternyatakan; pendukung terbatas; logis, tetapi tidak lengkap

10—13
Sedang—cukup: tidak lancar; gagasan kacau atau tidak terkait; urutan dan pengembangan kurang logis

7—9
Sangat kurang—kurang: tidak komunikatif; tidak terorganisasi; tidak layak dinilai

KOSAKATA
18—20
Sangat baik—sempurna: penguasaan kata canggih; pilihan kata dan ungkapan efektif; menguasai pembentukan kata; penggunaan register tepat

14—17
Cukup—baik: penguasaan kata memadai; pilihan, bentuk, dan penggunaan kata/ungkapan kadang-kadang salah, tetapi tidak mengganggu

10—13
Sedang—cukup: penguasaan kata terbatas; sering terjadi kesalahan bentuk, pilihan, dan penggunaan kosakata/ungkapan; makna membingungkan atau tidak jelas

7—9
Sangat kurang—kurang: pengetahuan tentang kosakata, ungkapan, dan pembentukan kata rendah; tidak layak nilai

KALIMAT
18—20
Sangat baik—sempurna: konstruksi kompleks dan efektif; terdapat hanya sedikit kesalahan penggunaan bahasa (urutan/fungsi kata, artikel, pronomina, preposisi)

14—17
Cukup—baik: konstruksi sederhana, tetapi efektif; terdapat kesalahan kecil pada konstruksi kompleks; terjadi sejumlah kesalahan penggunaan bahasa (fungsi/urutan kata, artikel, pronomina, preposisi) tetapi makna cukup jelas

10—13
Sedang—cukup: terjadi kesalahan serius dalam konstruksi kalimat tunggal/kompleks (sering terjadi kesalahan pada kalimat, urutan/fungsi kata, artikel, pronomina, makna membingungkan atau kabur

7—9
Sangat kurang—kurang: tidak menguasai tata kalimat; terdapat banyak kesalahan; tidak komunikatif; tidak layak nilai

MEKANIK
9—10
Sangat baik—sempurna: menguasai aturan penulisan; terdapat sedikit kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf

7—8
Cukup—baik: kadang-kadang terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf, tetapi tidak mengaburkan makna

4—6
Sedang—cukup: sering terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tangan tidak jelas; makna membingungkan atau kabur

1—3
Sangat kurang—kurang: tidak menguasai aturan penulisan; terdapat banyak kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tidak terbaca; tidak layak dinilai


c. Lembar Tes Tertulis
1)   Sebutkanlah tujuan teks eksposisi.
2)   Apakah yang membedakan teks eksposisi dengan teks pidato?
3)   Menurut Anda, apakah teks eksposisi dapat berisi tentang nilai-nilai sosial? Jelaskan.
4)   Apa manfaat teks eksposisi dalam kehidupan sehari-hari
5)   Hal-hal apa sajakah yang dapat dijelaskan dalam teks eksposisi?
6)   Buatlah teks eksposisi sederhana yang bertemakana pemanfaat teknologi dalam kehidupan bermasyarakat.
7)   Simpulkanlah bagaimana pengertian teks eksposisi menurut para ahli.
8)   Apa perbedaan teks eksposisi berita dengan teks eksposisi klasifikasi?
9)   Apa yang dimaksud dengan teks eksposisi definisi?
10)    Apa yang dimaksud dengan teks eksposisi pertentangan?

d. Lembar Portofolio
Nama

Kelas dan NIS

Tanggal


No
Jenis
Skor Maksimal
Skor yang Diperoleh
1.
Pengantar yang berupa ringkasan pernyataan pribadi tentang diri sendiri (saat ini dan masa depan yang dicita-citakan) dan ihwal artefak pilihan siswa sebagai materi portofolio dan paparan proses pembelajarannya


2.
Tulisan siswa: teks eksposisi


3.
Presentasi lisan: teks eksposisi


4.
Lembar refleksi diri (dipakai untuk setiap kegiatan refleksi diri)


5.
Hasil pembelajaran keterampilan oleh guru


6.
Hasil pembelajaran keterampilan oleh siswa (evaluasi diri)


7.
Hasil pembelajaran keterampilan berpikir kritis


8.
Hasil pembelajaran keterampilan berkomunikasi efektif


9.
Hasil pembelajaran literasi teknologi



Jakarta, 15 Juli 2013
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 57 Jakarta                Guru Bidang Pelajaran Bahasa Indonesia


Drs. Sodikin, MM.                                    Drs. Parmono, M.Pd.
NIP. 196206111989031013.                     NIP. 196308211989031006



Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS CERPEN TUKANG PIJIT KELILING

SOAL UTS 2015-2016

MENENTUKAN ISI PUISI, "TUHAN TELAH MENEGURMU"