RPP UNIT II KARANGAN EKSPOSISI
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
UNIT 2
KARANGAN EKSPOSISI
Satuan
Pendidikan : SMA N 57 Jakarta
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/1
Alokasi
Waktu : 18 x 45 menit (4
minggu)
KOMPETENSI
INTI:
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.1
Memahami
struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
menjelaskan
isi teks secara lisan atau tulisan teks eksposisi
·
menentukan
struktur teks secara lisan atau tulisan teks eksposisi
·
menentukan
kaidah penulisan teks secara lisan atau tulisan teks eksposisi
·
menjelaskan
karakteristik teks secara lisan atau tulisan teks eksposisi
·
mengungkapkan
penggunaan ragam atau jenis teks teks eksposisi
·
menjelaskan
penggunaan bahasa dalam teks secara lisan atau tulisan teks eksposisi
|
3.2
Membandingkan teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Mengidentifikasi
isi teks teks eksposisi
·
Membandingkan
dua teks berdasarkan: isi, struktur, kaidah, karakteristik, jenis atau ragam,
bentuk, bahasa dalam teks secara lisan atau tulisan teks eksposisi
|
3.3 Menganalisis teks anekdot, laporan hasil
observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Menelaah
isi teks teks eksposisi
·
Menganalisis
teks berdasarkan: isi, struktur, kaidah, karakteristik, jenis atau ragam,
bentuk, bahasa dalam teks secara lisan atau tulisan teks eksposisi
|
3.4 Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks,
dan negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun
tulisan
|
·
Menilai
isi teks teks eksposisi
·
Mengevaluasi
teks berdasarkan: isi, struktur, kaidah, karakteristik, jenis atau ragam,
bentuk, bahasa dalam teks secara lisan atau tulisan teks eksposisi
|
4.1 Menginterpretasi makna teks anekdot,
eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik
secara lisan maupun tulisan
|
·
Menyimpulkan
isi teks teks eksposisi
·
Menentukan
tujuan penulisan teks teks eksposisi
·
Menginterpretasi
makna teks berdasarkan: isi, struktur, kaidah, karakteristik, jenis atau ragam,
bentuk, bahasa dalam teks eksposisi secara lisan atau tulisan
|
4.2 Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
|
·
Mengidentifikasi
isi teks teks eksposisi
·
Menentukan
topik untuk memproduksi teks teks eksposisi
·
Menyusun
kerangka teks teks eksposisi
·
Memproduksi
berdasarkan kerangka yang telah dibuat
denga teks eksposisi memperhatikan
isi, struktur, kaidah, karakteristik, jenis atau ragam, bentuk, bahasa, EYD
dalam teks secara tulisan
|
4.3 Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan
maupun tulisan
|
·
Mengidentifikasi
isi teks teks eksposisi
·
Menyunting
teks eksposisi yang telah dibuat berdasarkan isi, struktur, kaidah,
karakteristik, jenis atau ragam, bentuk, bahasa dalam teks eksposisi secara lisan atau tulisan
|
4.4 Mengabstraksi teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun
tulisan
|
·
Mengidentifikasi
teks eksposisi yang telah dibaca
·
Mengabstraksi
teks eksposisi yang telah dibaca
secara tertulis dengan memperhatikan penggunaan bahasa dan EYD yang tepat
|
4.5 Mengonversi teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi ke dalam bentuk yang lain
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
·
Mengidentifikasi
teks eksposisi yang telah dibaca
·
Mengonversi
teks eksposisi ke dalam bentuk lain
dengan memperhatikan penggunaan bahasa dan EYD yang tepat
|
PERTEMUAN
I (HARI I):
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Memahami pengertian teks eksposisi
secara umum dan menurut para ahli
2. Memahami tujuan penulisan
teks eksposisi bagi pembaca
3. Memahami sumber yang
digunakan dalam penulisan teks eksposisi
B.
Materi Pembelajaran
Memahami teks
eksposisi
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan umum : Scinetific/ilmiah berbasis teks
Pendekatan umum : Scinetific/ilmiah berbasis teks
Metode : Discovery,
diskusi,
pengamatan
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
Power
point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X,
Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat
Komputer, infokus/OHP
3. Sumber Pembelajaran
a. Bahasa Indonesia Ekpresi Diri dan Akademik,
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia2013 Cetakan Ke-1
b. Cerdas Berbahasa Indonesia untuk
Kelas X,
Engkos Kosasih,
Penerbit Erlangga,
2013., surat kabar, majalah, dan media elektronik
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Mengondisikan siswa untuk
belajar dan memotivasi siswa tentang teks eksposisi, yaitu dengan
memperkenalkan teks eksposisi yang sering dijumpai dalam kehidupan dan
mengandung nilai-nilai sosial. Nilai-nilai sosial yang ada di dalam teks
anekdot dapat menjadi gambaran tentang hubungan teks dan masyarakat.
b. Apersepsi: bertanya jawab
mengenai teks eksposisi
1) Apakah Anda pernah
membaca teks eksposisi?
2) Menurut Anda, apa yang
dimaksud dengan teks eksposisi?
c. Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini tentang teks eksposisi
2.
Inti
a. Membimbing siswa untuk
memahami materi dengan cara :
Mengamati
1) Mengamati pengertian teks
eksposisi
2) Mengamati ciri-ciri teks eksposisi
Menanya
1) Mengajukan pertanyaan
mengenai ciri teks eksposisi
Pengumpulan Data
1) Mengumpulkan data atau
informasi tambahan mengenai teks eksposisi dari berbagai sumber (buku paket,
media massa, dan internet)
Mengasosiasi
1) Menyimpulkan tentang
ciri-ciri teks eksposisi yang ada dalam setiap jenis teks
Mengomunikasikan
1) Mengomunikasikan hasil
pengamatan tentang ciri teks eksposisi dalam bentuk laporan dan membacakan
hasil laporan tersebut
b. Mendiskusikan hasil
laporan dan menyimpulkan hasil pengamatan mengenai teks eksposisi
3.
Penutup
Mendorong
siswa untuk melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
ada di dalam aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai
mengenal hubungan materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.
PERTEMUAN
II (HARI II):
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Memahami berbagai jenis
paragraf eksposisi
2. Memahami langkah-langkah
penulisan karangan eksposisi
B.
Materi Pembelajaran
Memahami
teks eksposisi
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan umum : Scinetific/ilmiah
berbasis
teks
Metode : Discovery,
diskusi,
pengamatan
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
Power
point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X,
Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat
Komputer, infokus/OHP
3. Sumber Pembelajaran
a. Bahasa Indonesia Ekpresi Diri dan Akademik,
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia2013 Cetakan Ke-1
b. Cerdas Berbahasa Indonesia untuk
Kelas X,
Engkos Kosasih,
Penerbit Erlangga,
2013., surat kabar, majalah, dan media elektronik
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Mengondisikan siswa untuk
belajar dan memotivasi siswa tentang jenis dan langkah-langkah penulisan teks
eksposisi, yaitu dengan memperkenalkan teks eksposisi yang sering dijumpai
dalam kehidupan dan mengandung nilai-nilai sosial..
b. Apersepsi: bertanya jawab
mengenai teks eksposisi
1) Apakah Anda mengetahui
salah satu jenis teks eksposisi?
2) Menurut Anda, apa saja
langkah penulisan teks eksposisi?
c. Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini tentang teks eksposisi
2.
Inti
a. Membimbing siswa untuk
memahami materi dengan cara :
Mengamati
1) Mengamati jenis-jenis
teks eksposisi
2) Mengamati langkah-langkah
dalam penulisan teks eksposisi
Menanya
1) Mengajukan pertanyaan
mengenai jenis-jenis teks eksposisi
2) Mengajukan pertanyaan
mengenai langkah-langkah penulisan teks eksposisi
Pengumpulan Data
1) Mengumpulkan data atau
informasi tambahan mengenai jenis teks eksposisi dari berbagai sumber (buku
paket, media massa, dan internet)
2) Mengumpulkan informasi tentang
langkah-langkah penulisan teks eksposisi
Mengasosiasi
1) Menyimpulkan tentang jenis-jenis
teks eksposisi
2) Menyimpulkan tentang
langkah-langkah penulisan teks eksposisi
Mengomunikasikan
1) Mengomunikasikan hasil
pengamatan tentang jenis dan langkah-langkah penulisan teks eksposisi dalam
bentuk laporan dan membacakan hasil laporan tersebut
2) Mendiskusikan
hasil laporan dan menyimpulkan hasil pengamatan mengenai teks eksposisi
3.
Penutup
Mendorong
siswa untuk melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
ada di dalam aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai
mengenal hubungan materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.
PERTEMUAN
III (HARI III)
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Memahami syarat-syarat
menulis teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan dengan menggunakan
bahasa yang runtut dan jelas
2. Menjelaskan cara penulis
dalam mengevaluasi karangan eksposisi baik secara lisan maupun tulisan
B.
Materi Pembelajaran
Menilai teks
eksposisi
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan umum : Scinetific/ilmiah berbasis teks
Pendekatan umum : Scinetific/ilmiah berbasis teks
Metode : Discovery,
diskusi, pengamatan
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
Power
point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X,
Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat
Komputer, infokus/OHP
3. Sumber Pembelajaran
a. Bahasa Indonesia Ekpresi Diri dan Akademik,
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia2013 Cetakan Ke-1
b. Cerdas Berbahasa Indonesia untuk
Kelas X,
Engkos Kosasih,
Penerbit Erlangga,
2013.,
surat kabar, majalah, dan media
elektronik
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Mengondisikan siswa untuk
belajar dan memotivasi siswa tentang cara menilai teks ekposisi
b. Apersepsi: bertanya jawab
mengenai cara menilai teks eksposisi
a. Apakah Anda tahu mengenai
cara menilai sebuah teks?
b. Menurut Anda,
bagaimanakah cara menilai teks eksposisi?
3) Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini tentang menilai teks eksposisi
2.
Inti
a. Membimbing siswa untuk
memahami materi dengan cara
Mengamati
a. Mengamati syarat-syarat
dalam penulisan teks eksposisi
b. Mengamati cara
mengevaluasi teks eksposisi yang dilakukan oleh penulis
Menanya
1) Mengajukan pertanyaan
mengenai syarat-syarat dalam penulisan teks eksposisi
2) Mengajukan pertanyaan
mengenai cara mengevaluasi teks eksposisi yang dilakukan oleh penulis
Pengumpulan Data
1) Mengumpulkan data atau
informasi tambahan mengenai syarat-syarat dalam penulisan teks eksposisi dari
berbagai sumber (buku paket, media massa, dan internet)
2) Mengumpulkan data atau informasi
berupa tugas sebagai hasil dari pemahaman tentang cara mengevaluasi teks
eksposisi yang dilakukan oleh penulis
Mengasosiasi
1) Menyimpulkan tentang
syarat penulisan yang harus diperhatikan oleh pengarang saat menulis teks
eksposisi
2) Menyimpulkan tentang cara
mengevaluasi teks eksposisi yang dilakukan oleh penulis
Mengomunikasikan
1) Mengomunikasikan hasil
pengamatan mengenai syarat dan cara mengevaluasi teks anekdot dalam bentuk
laporan dan membacakan hasil laporan tersebut
b. Mendiskusikan hasil
laporan dan menyimpulkan hasil pengamatan tentang cara mengevaluasi teks eksposisi
3.
Penutup
Mendorong
siswa untuk melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
ada di dalam aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai
mengenal hubungan materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.
PERTEMUAN
IV (HARI IV)
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Memahami cara
menginterpretasikan teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan dengan
menggunakan bahasa yang runtut dan jelas
2. Menjelaskan kesan yang
didapatkan setelah menginterpretasikan teks eksposisi baik secara lisan maupun
tulisan dengan menggunakan bahasa yang runtut dan jelas
3. Memahami manfaat dari
proses interpretasi teks eksposisi
B.
Materi Pembelajaran
Menginterpretasi
teks eksposisi
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan umum : Scinetific/ilmiah berbasis teks
Metode :Discovery,
diskusi, pengamatan
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
Power
point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X,
Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat
Komputer, infokus/OHP
3. Sumber Pembelajaran
Buku Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X,
Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013., surat
kabar, majalah, dan media elektroni.
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Mengondisikan siswa untuk
belajar dan memotivasi siswa terkait cara menginterpretasi atau pemberian kesan
terhadap isi teks eksposisi
b. Apersepsi: bertanya jawab
mengenai cara menafsirkan atau pemberian kesan terhadap isi dan makna teks
eksposisi
1) Menurut Anda, pesan yang
ada di dalam teks eksposisi ditulis secara tersirat atau tersurat?
2) Bagaimanakah cara menginterpretasikan
teks anekdot?
c. Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini tentang cara menginterpretasikan teks eksposisi
2.
Inti
a. Membimbing siswa untuk
memahami materi dengan cara :
Mengamati
1) Mengamati cara
menginterpretasi teks eksposisi
2) Mengamati isi teks eksposisi
untuk menemukan makna atau hasil interpretasi teks tersebut
Menanya
1) Mengajukan pertanyaan
mengenai proses interpretasi teks anekdot
2) Mengajukan pertanyaan
mengenai hubungan cara penafsiran atau interpretasi teks eksposisi dengan
nilai-nilai kehidupan
3) Mengajukan pertanyaan
mengenai manfaat dari hasil menginterpretasikan teks anekdot
Pengumpulan Data
1) Mengumpulkan data atau
informasi tambahan mengenai cara menginterpretasikan teks eksposisi dari
berbagai sumber (buku paket, media massa, dan internet)
2) Mengumpulkan data atau
informasi tambahan mengenai manfaat menginterpretasikan teks eksposisi
3) Menginterpretasikan teks
eksposisi dengan memahami isi teks tersebut
Mengasosiasi
1) Menyimpulkan cara
menafsirkan dan pemberian kesan terhadap teks eksposisi
2) Menyimpulkan manfaat dari
hasil menafsirkan teks eksposisi
Mengomunikasikan
1) Mengemukakan hasil
penafsiran atau penginterpretasian isi teks eksposisi
2) Mengomunikasikan hasil
pengamatan tentang penafsiran teks eksposisi dalam bentuk laporan dan
membacakan hasil laporan tersebut
b. Mendiskusikan hasil laporan dan menyimpulkan hasil penafsiran isi
teks eksposisi sehingga makna dan tujuan dari teks tersebut dapat diketahui.
3.
Penutup
Mendorong
siswa untuk melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
ada di dalam aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai
mengenal hubungan materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.
PERTEMUAN
V (HARI V)
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Memahami cara memproduksi
teks anekdot secara lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa yang runtut
dan jelas
B.
Materi Pembelajaran
Memproduksi
teks eksposisi
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan umum : Scinetific/ilmah berbasis teks
Metode : Discovery, diskusi, pengamatan
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
Power
point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X,
Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat
Komputer, infokus/OHP
3. Sumber Pembelajaran
a. Bahasa Indonesia Ekpresi Diri dan Akademik,
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia2013 Cetakan Ke-1
b. Cerdas Berbahasa Indonesia untuk
Kelas X,
Engkos Kosasih,
Penerbit Erlangga,
2013., surat
kabar, majalah, dan media
elektronik
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Mengondisikan siswa untuk
belajar dan memotivasi siswa untuk memahami cara memproduksi teks eksposisi.
b. Apersepsi: bertanya jawab
mengenai cara memproduksi teks eksposisi
1) Apakah yang perlu Anda
pahami dalam memproduksi teks eksposisi?
c. Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini tentang cara memproduksi teks eksposisi
2.
Inti
a. Membimbing siswa untuk
memahami materi dengan cara :
Mengamati
1) Mengamati langkah-langkah
penulisan teks eksposisi
2) Mengamati cara berbahasa
yang baik dalam menulis teks eksposisi
Menanya
1) Mengajukan pertanyaan langkah-langkah
penting dalam penulisan teks eksposisi
Pengumpulan Data
1) Mengumpulkan data atau
informasi tambahan mengenai kegiatan menulis teks eksposisi dari berbagai
sumber (buku paket, media massa, dan internet)
2) Mengumpulkan data atau
informasi tambahan mengenai cara menulis atau memproduksi teks eksposisi
Mengasosiasi
1) Menyimpulkan
langkah-langkah yang dapat dilakukan sebagai cara penulisan teks eksposisi
2) Menyimpulkan gagasan yang
dapat digunakan dalam proses penulisan teks eksposisi
Mengomunikasikan
1) Mengomunikasikan pemahaman
mengenai langkah-langkah teks eksposisi dalam bentuk laporan dan membacakan
hasil penulisan tersebut
b. Mendiskusikan hasil
laporan dan menyimpulkan hasil penulisan teks eksposisi dalam bentuk diskusi
3.
Penutup
Mendorong
siswa untuk melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
ada di dalam aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai
mengenal hubungan materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.
PERTEMUAN
VI (HARI VI)
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Menulis teks eksposisi
yang dengan memperhatikan pengertian, kaidah bahasa, dan langkah-langkah dalam
proses penulisan teks eksposisi
2. Melatih keterampilan
menulis, terutama menulis teks eksposisi
B.
Materi Pembelajaran
Memproduksi
teks eksposisi
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan
umum : berbasis teks
Metode : diskusi, pengamatan
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
Power
point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X,
Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat
Komputer, infokus/OHP
3. Sumber Pembelajaran
Buku Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X,
Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013., surat
kabar, majalah, dan media elektronik
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Mengondisikan siswa untuk
belajar dan memotivasi siswa tentang cara menulis teks eksposisi, yaitu dengan
belajar menulis teks eksposisi melalui langkah-langkah yang benar dan bahasa
yang tepat.
b. Apersepsi: bertanya jawab
mengenai cara menulis teks eksposisi
1) Apakah Anda tahu cara
menulis teks eksposisi?
c. Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini tentang cara menulis teks eksposisi.
2.
Inti
a. Membimbing siswa untuk
memahami materi dengan cara
Mengamati
1) Mengamati cara berbahasa
yang baik dalam menulis teks eksposisi
2) Mengamati permasalahan
sosial yang dapat dijadikan tema penulisan teks eksposisi
Menanya
1) Mengajukan pertanyaan
mengenai tema dan ide yang dijadikan bahan penulisan teks eksposisi
Pengumpulan Data
1) Menulis teks eksposisi
dengan tema yang telah ditentukan dan wawasan yang telah dipahami mengenai
langkah-langkah penulisan teks eksposisi
Mengasosiasi
1) Menyimpulkan gagasan yang
dapat digunakan dalam proses penulisan teks eksposisi
2) Menyimpulkan hasil
penulisan teks eksposisi
Mengomunikasikan
1) Mengomunikasikan hasil
penulisan teks eksposisi dalam bentuk laporan dan membacakan hasil penulisan
tersebut
b. Mendiskusikan hasil
laporan dan menyimpulkan hasil penulisan teks eksposisi dalam bentuk diskusi
3.
Penutup
Mendorong
siswa untuk melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
ada di dalam aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai
mengenal hubungan materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.
PERTEMUAN
VII (HARI VII)
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Memahami cara menyunting
teks eksposisi secara lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa yang
runtut dan jelas
2. Menjelaskan hasil
penyuntingan teks eksposisi dengan jelas dan sederhana
3. Melatih keterampilan
dalam penggunaan bahasa Indonesia yang baik
B.
Materi Pembelajaran
Menyunting teks
eksposisi
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan umum : Scinetific/ilmiah berbasis teks
Metode : Discovery
,diskusi,
pengamatan
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
Power
point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X,
Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat
Komputer, infokus/OHP
3. Sumber Pembelajaran
a. Bahasa Indonesia Ekpresi Diri dan Akademik,
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia2013 Cetakan Ke-1
b. Cerdas Berbahasa Indonesia untuk
Kelas X,
Engkos Kosasih,
Penerbit Erlangga,
2013., surat
kabar, majalah, dan media
elektronik
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Mengondisikan siswa untuk
belajar dan memotivasi siswa dalam menyunting teks eksposisi
b. Apersepsi: bertanya jawab
mengenai proses penyuntingan teks eksposisi
1) Apakah hal yang harus diperhatikan
dalam proses penyuntingan teks eksposisi?
2) Mengapa saat menyunting
teks eksposisi diperlukan wawasan yang luas?
c. Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini tentang cara menyunting teks eksposisi.
2.
Inti
a. Membimbing siswa untuk
memahami materi dengan cara
Mengamati
1) Mengamati setiap
kesalahan berbahasa di dalam teks eksposisi
2) Mengamati cara menyunting
teks eskposisi
Menanya
1) Mengajukan pertanyaan
mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan saat menyunting teks eksposisi
2) Mengajukan pertanyaan
mengenai manfaat menyunting teks eksposisi
Pengumpulan Data
1) Mengumpulkan data atau
informasi tambahan mengenai kegiatan menyunting teks eksposisi dari berbagai
sumber (buku paket, media massa, dan internet)
2) Menyunting teks anekdot
dengan memperhatikan kaidah bahasa dalam teks tersebut
Mengasosiasi
1) Menyimpulkan hasil
penyuntingan dari teks ekposisi
Mengomunikasikan
1) Mengomunikasikan hasil penyuntingan
isi teks eksposisi dalam bentuk laporan dan membacakan hasil laporan tersebut
b. Mendiskusikan hasil
laporan dan menyimpulkan hasil penyuntingan isi teks eksposisi tersebut
3.
Penutup
Mendorong
siswa untuk melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
ada di dalam aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai
mengenal hubungan materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.
PERTEMUAN
VIII (HARI VIII)
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Memahami cara
menceritakan isi teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan dengan
menggunakan bahasa yang runtut dan jelas
2. Memahami cara pengambilan
simpulan dari isi sebuah teks, terutama teks eksposisi baik secara lisan maupun
tulisan
3. Melatih keterampilan dan
kemandirian dalam bercerita di depan khalayak umum.
B.
Materi Pembelajaran
Menceritakan
teks eksposisi.
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan
umum : berbasis teks
Metode : diskusi, pengamatan.
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
Power
point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X,
Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat
Komputer, infokus/OHP
3. Sumber Pembelajaran
a. Bahasa Indonesia Ekpresi Diri dan Akademik,
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia2013 Cetakan Ke-1
b. Cerdas Berbahasa Indonesia untuk
Kelas X,
Engkos Kosasih,
Penerbit Erlangga,
2013., surat kabar, majalah, dan media elektronik
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Mengondisikan siswa untuk
belajar dan memotivasi siswa dalam menceritakan teks eksposisi
b. Apersepsi: bertanya jawab
mengenai cara menceritakan teks eksposisi
1) Apakah hal yang harus
diperhatikan dalam menceritakan teks eksposisi?
2) Apakah keterampilan yang
didapatkan dari menceritakan teks eksposisi?
c. Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini tentang cara menceritakan teks eksposisi.
2.
Inti
a. Membimbing siswa untuk
memahami materi dengan cara
Mengamati
1) Memahami cara menceritakan
teks eksposisi
2) Mengamati beberapa hal
yang penting dalam proses menceritakan teks eksposisi
3) Mengamati bahasa,
ekspresi, dan intonasi dalam menceritakan isi teks eksposisi
Menanya
1) Mengajukan pertanyaan
mengenai cara menceritakan teks eksposisi
2) Mengajukan pertanyaan
mengenai jenis teks eksposisi yang dapat diceritakan kembali
Pengumpulan Data
1) Mengumpulkan data atau
informasi tambahan mengenai cara menceritakan teks eksposisi (buku paket, media
massa, dan internet)
2) Menceritakan teks
eksposisi
Mengasosiasi
1) Menyimpulkan cara
menceritakan teks eksposisi
2) Menyimpulkan isi teks
eksposisi yang akan diceritakan kembali dengan bahasa yang jelas dan singkat
3) Menceritakan isi teks
eksposisi dengan bahasa sendiri
Mengomunikasikan
1) Mengomunikasikan hasil penyimpulan
isi teks eksposisi untuk diceritakan kembali dengan bahasa yang runtut, jelas,
dan singkat
b. Mendiskusikan hasil menceritakan
teks eksposisi dengan tema dan gagasan dalam teks eksposisi tersebut
3.
Penutup
Mendorong
siswa untuk melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
ada di dalam aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai
mengenal hubungan materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.
PERTEMUAN
IX (HARI IX)
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Memahami cara mengubah teks
eksposisi menjadi teks pidato baik secara lisan maupun tulisan dengan
menggunakan bahasa yang runtut dan jelas
2. Menjelaskan hal-hal
penting yang perlu diperhatikan dalam mengubah teks eksposisi menjadi teks
pidato baik secara lisan maupun tulisan
3. Memahami kaidah bahasa
dalam proses pengubahan teks eksposisi ke dalam teks pidato
4. Melatih keterampilan
membaca dan menulis dua teks yang berbeda, yaitu teks eksposisi dan pidato
B.
Materi Pembelajaran
Mengubah teks
eksposisi menjadi teks pidato
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan umum : Scinetific/ilmiah berbasis
teks
Metode : Discovery,
diskusi,
pengamatan
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
Power
point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X,
Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat
Komputer, infokus/OHP
3. Sumber Pembelajaran
a. Bahasa Indonesia Ekpresi Diri dan Akademik,
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia2013 Cetakan Ke-1
b. Cerdas Berbahasa Indonesia untuk
Kelas X,
Engkos Kosasih,
Penerbit Erlangga,
2013., surat kabar, majalah, dan media elektronik
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Mengondisikan siswa untuk
belajar dan memotivasi siswa dalam mengubah teks eksposisi menjadi teks pidato
b. Apersepsi: bertanya jawab
mengenai cara mengubah teks eksposisi menjadi teks pidato
1) Apakah hal yang harus
diperhatikan dalam mengubah teks eksposisi menjadi teks pidato?
2) Apakah dalam mengubah
teks eksposisi dan pidato harus memiliki tema yang sama?
c. Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini tentang cara mengubah teks eksposisi menjadi teks pidato.
2.
Inti
a. Membimbing siswa untuk
memahami materi dengan cara :
Mengamati
1) Mengamati cara mengubah
teks eksposisi menjadi teks pidato
2) Mengamati penggunaan
bahasa dalam pengubahan dua teks yang berbeda, yaitu teks eksposisi berubah menjadi
teks pidato
Menanya
1) Mengajukan pertanyaan
tentang cara mengubah teks eksposisi menjadi teks pidato
2) Mengajukan pertanyaan
tentang kaidah bahasa yang harus diperhatikan dalam mengubah teks eksposisi
menjadi teks pidato
Pengumpulan Data
1) Mengumpulkan data atau
informasi tambahan mengenai proses mengubah teks eksposisi menjadi teks pidato dari
berbagai sumber (buku paket, media massa, dan internet)
2) Mencari teks eksposisi
dan mengubahnya ke dalam bentuk teks pidato
3) Mengubah teks eksposisi
menjadi teks pidato
Mengasosiasi
1) Menyimpulkan cara
mengubah teks eksposisi menjadi teks pidato
2) Menyimpulkan penggunaan
bahasa yang digunakan dalam mengubah teks eksposisi menjadi teks pidato
Mengomunikasikan
1) Mengomunikasikan hasil pengubahan
teks eksposisi menjadi teks pidato dan membacakan hasil pengubahan tersebut
b. Mendiskusikan hasil pengubahan
teks eksposisi menjadi teks pidato dan menyimpulkan hasil pengubahan dua teks tersebut
3.
Penutup
Mendorong
siswa untuk melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
ada di dalam aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai
mengenal hubungan materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.
PENILAIAN
1. Teknik
dan Bentuk Instrumen
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Pengamatan
Sikap
|
Lembar
Pengamatan Sikap
|
Tes
Unjuk Kerja
|
Tes
Uji Kerja
|
Tes
Tertulis
|
Tes
Uraian dan Pilihan
|
Portofolio
|
Panduan
Penyusunan Portofolio
|
2. Contoh
Instrumen
a.
Lembar Pengamatan Sikap
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Kriteria
|
Keterangan
|
|||
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
|||
1.
|
Menunjukkan
rasa syukur kepada Tuhan
|
|||||
2.
|
Memiliki
rasa ingin tahu dan
|
|||||
3.
|
Menunjukkan
ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu
maupun berkelompok
|
|||||
4.
|
Eksplorasi/penelitian
1)
Penguasaan topik
2)
Penggunaan berbagai referensi (buku,
majalah, laman, video, dokumen, koran, dll)
3)
Penggunaan referensi primer dan/atau
sekunder
|
|||||
5.
|
Pengorganisasian
komunikasi
1)
Formulasi pertanyaan, hipotesis, atau
tesis
2) Evaluasi dan seleksi informasi/pengetahuan
|
|||||
6.
|
Presentasi
lisan
1)
Pengorganisasian presentasi
(pengantar, penjelas, simpulan)
2)
Penggunaan bahasa dan kosakata terkait
topik
3)
Penggunaan kontak mata
4)
Penggunaan bahasa tubuh yang sesuai
5) Penggunaan
beragam nada bicara
|
Keterangan:
18—20:
sangat baik—sempurna
14—17:
cukup—baik
10—13:
sedang—cukup
7—9:
sangat kurang—kurang
Deskripsi sikap ini digunakan untuk pertimbangan
dalam menentukan profil siswa (bukan
angkannya yang penting, tetapi deskripsi
sikap siswa)
b.
Lembar Tes Unjuk Kerja
PENILAIAN KEGIATAN SISWA DALAM
PELAJARAN TEKS EKSPOSISI
Nama:
Judul: Tanggal:
|
|||
ISI
|
Skor
|
Kriteria
|
Keterangan
|
27—30
|
Sangat baik—sempurna:
menguasai topik tulisan; substansif; abstrak-orientasi-krisis-reaksi-koda;
relevan dengan topik yang dibahas
|
||
22—26
|
Cukup—baik: cukup
menguasai permasalahan; cukup memadai; pengembangan tesis terbatas; relevan
dengan topik, tetapi kurang terperinci
|
||
17—21
|
Sedang—cukup: penguasaan
permasalahan terbatas; substansi kurang; pengembangan topik tidak memadai
|
||
13—16
|
Sangat kurang—kurang:
tidak menguasai permasalahan; tidak ada substansi; tidak relevan; tidak layak
dinilai
|
||
STRUKTUR
TEKS
|
18—20
|
Sangat baik—sempurna:
ekspresi lancar; gagasan terungkap padat, dengan jelas; tertata dengan baik;
urutan logis (abstrak-orientasi-krisis-reaksi-koda); kohesif
|
|
14—17
|
Cukup—baik: kurang
lancar; kurang terorganisasi, tetapi ide utama ternyatakan; pendukung
terbatas; logis, tetapi tidak lengkap
|
||
10—13
|
Sedang—cukup: tidak
lancar; gagasan kacau atau tidak terkait; urutan dan pengembangan kurang logis
|
||
7—9
|
Sangat kurang—kurang:
tidak komunikatif; tidak terorganisasi; tidak layak dinilai
|
||
KOSAKATA
|
18—20
|
Sangat baik—sempurna:
penguasaan kata canggih; pilihan kata dan ungkapan efektif; menguasai
pembentukan kata; penggunaan register tepat
|
|
14—17
|
Cukup—baik: penguasaan
kata memadai; pilihan, bentuk, dan penggunaan kata/ungkapan kadang-kadang
salah, tetapi tidak mengganggu
|
||
10—13
|
Sedang—cukup: penguasaan
kata terbatas; sering terjadi kesalahan bentuk, pilihan, dan penggunaan
kosakata/ungkapan; makna membingungkan atau tidak jelas
|
||
7—9
|
Sangat kurang—kurang:
pengetahuan tentang kosakata, ungkapan, dan pembentukan kata rendah; tidak
layak nilai
|
||
KALIMAT
|
18—20
|
Sangat baik—sempurna:
konstruksi kompleks dan efektif; terdapat hanya sedikit kesalahan penggunaan
bahasa (urutan/fungsi kata, artikel, pronomina, preposisi)
|
|
14—17
|
Cukup—baik: konstruksi
sederhana, tetapi efektif; terdapat kesalahan kecil pada konstruksi kompleks;
terjadi sejumlah kesalahan penggunaan bahasa (fungsi/urutan kata, artikel, pronomina,
preposisi) tetapi makna cukup jelas
|
||
10—13
|
Sedang—cukup: terjadi
kesalahan serius dalam konstruksi kalimat tunggal/kompleks (sering terjadi
kesalahan pada kalimat, urutan/fungsi kata, artikel, pronomina, makna
membingungkan atau kabur
|
||
7—9
|
Sangat kurang—kurang:
tidak menguasai tata kalimat; terdapat banyak kesalahan; tidak komunikatif;
tidak layak nilai
|
||
MEKANIK
|
9—10
|
Sangat baik—sempurna:
menguasai aturan penulisan; terdapat sedikit kesalahan ejaan, tanda baca,
penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf
|
|
7—8
|
Cukup—baik:
kadang-kadang terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital,
dan penataan paragraf, tetapi tidak mengaburkan makna
|
||
4—6
|
Sedang—cukup: sering
terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan
paragraf; tulisan tangan tidak jelas; makna membingungkan atau kabur
|
||
1—3
|
Sangat kurang—kurang:
tidak menguasai aturan penulisan; terdapat banyak kesalahan ejaan, tanda
baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tidak terbaca;
tidak layak dinilai
|
c.
Lembar Tes Tertulis
1) Sebutkanlah tujuan teks
eksposisi.
2) Apakah yang membedakan
teks eksposisi dengan teks pidato?
3) Menurut Anda, apakah teks
eksposisi dapat berisi tentang nilai-nilai sosial? Jelaskan.
4) Apa manfaat teks eksposisi
dalam kehidupan sehari-hari
5) Hal-hal apa sajakah yang
dapat dijelaskan dalam teks eksposisi?
6) Buatlah teks eksposisi
sederhana yang bertemakana pemanfaat teknologi dalam kehidupan bermasyarakat.
7) Simpulkanlah bagaimana
pengertian teks eksposisi menurut para ahli.
8) Apa perbedaan teks
eksposisi berita dengan teks eksposisi klasifikasi?
9) Apa yang dimaksud dengan
teks eksposisi definisi?
10) Apa yang dimaksud dengan
teks eksposisi pertentangan?
d.
Lembar Portofolio
Nama
|
|
Kelas
dan NIS
|
|
Tanggal
|
No
|
Jenis
|
Skor Maksimal
|
Skor yang Diperoleh
|
1.
|
Pengantar yang berupa
ringkasan pernyataan pribadi tentang diri sendiri (saat ini dan masa depan
yang dicita-citakan) dan ihwal artefak pilihan siswa sebagai materi
portofolio dan paparan proses pembelajarannya
|
||
2.
|
Tulisan siswa: teks
eksposisi
|
||
3.
|
Presentasi lisan: teks
eksposisi
|
||
4.
|
Lembar refleksi diri
(dipakai untuk setiap kegiatan refleksi diri)
|
||
5.
|
Hasil pembelajaran
keterampilan oleh guru
|
||
6.
|
Hasil pembelajaran
keterampilan oleh siswa (evaluasi diri)
|
||
7.
|
Hasil pembelajaran
keterampilan berpikir kritis
|
||
8.
|
Hasil pembelajaran
keterampilan berkomunikasi efektif
|
||
9.
|
Hasil pembelajaran
literasi teknologi
|
Jakarta, 15 Juli 2013
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 57 Jakarta Guru Bidang Pelajaran Bahasa Indonesia
Drs. Sodikin, MM. Drs.
Parmono, M.Pd.
NIP. 196206111989031013. NIP. 196308211989031006
Komentar