KI DAN KD KURIKULUM 2013
KOMPETENSI INTI DAN
KOMPETENSI DASAR
BAHASA INDONESIA
SMA
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1
Mensyukuri anugerah Tuhan
akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan
konteks untuk mempersatukan bangsa
1.2
Mensyukuri anugerah Tuhan
akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi
dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis
melalui teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks,
dan negosiasi
1.3
Mensyukuri anugerah Tuhan
akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi
dalam mengolah, menalar, dan menyajikan
informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi
|
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.1
Menunjukkan sikap tanggung
jawab, peduli, responsif, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
membuat anekdot mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan
publik
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan
proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk melaporkan hasil observasi
2.3
Menunjukkan perilaku
jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan
2.4
Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk bernegosiasi dalam perundingan
2.5
Menunjukkan perilaku
jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa Indonesia
untuk memaparkan pendapat
mengenai konflik sosial, politik, ekonomi, dan kebijakan publik
|
3.
Memaham,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.1
Memahami
struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik
melalui lisan maupun tulisan
3.2
Membandingkan teks
anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik
melalui lisan maupun tulisan
3.3
Menganalisis teks anekdot,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.4
Mengevaluasi teks anekdot,
eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui
lisan maupun tulisan
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1
Menginterpretasi
makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik
secara lisan maupun tulisan
4.2
Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks yang akan dibuat
baik secara lisan mupun tulisan
4.3
Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik
secara lisan maupun tulisan
4.4
Mengabstraksi teks
anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun
tulisan
4.5
Mengonversi teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi ke dalam bentuk yang lain
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan
bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk
mempersatukan bangsa
1.2
Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai
sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi
lisan dan tulis melalui cerita pendek,
pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama
1.3
Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai
sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui cerita pendek, pantun, cerita ulang,
eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama
|
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.1
Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, responsif dan imajinatif dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk berekspresi
2.2
Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, peduli, dan proaktif dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk memahami dan menyampaikan permasalahan
2.3
Menunjukkan
perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk bercerita ulang
2.4
Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menyampaikan paparan
2.5
Menunjukkan perilaku
jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa Indonesia untuk menyampaikan penjelasan
|
3.
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
3.1
Memahami struktur dan
kaidah teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik
melalui lisan maupun tulisan
3.2 Membandingkan teks cerita pendek, pantun, cerita ulang,
eksplanasi kompleks, dan
ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan maupun tulisan
3.3 Menganalisis teks cerita pendek, pantun, cerita ulang,
eksplanasi kompleks, dan
ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan maupun tulisan
3.4 Mengevaluasi teks cerita pendek, pantun, cerita ulang,
eksplanasi kompleks, dan
ulasan/reviu film/drama berdasarkan kaidah-kaidah baik melalui lisan maupun tulisan
|
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
4.1 Menginterpretasi makna teks cerita pendek, pantun, cerita ulang,
eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu
film/drama baik secara lisan maupun tulisan
4.2 Memproduksi teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi
kompleks, dan ulasan/reviu film/drama yang koheren
sesuai dengan karakteristik yang akan
dibuat baik secara lisan mupun tulisan
4.3 Menyunting teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi
kompleks, dan ulasan/reviu film/drama sesuai dengan
struktur dan kaidah baik secara lisan
maupun tulisan
4.4 Mengabstraksi teks cerita pendek, pantun, cerita ulang,
eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu
film/drama baik secara lisan maupun tulisan
4.5 Mengonversi teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi
kompleks, dan ulasan/reviu film/drama ke dalam bentuk
yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah
baik secara lisan maupun tulisan
|
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Mensyukuri anugerah Tuhan
akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan
konteks untuk mempersatukan bangsa
1.2
Mensyukuri anugerah Tuhan
akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi
dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis
melalui teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel
1.3
Mensyukuri anugerah Tuhan
akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi
dalam mengolah, menalar, dan menyajikan
informasi lisan dan tulis melalui teks cerita sejarah, berita,
iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel
|
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.1
Menunjukkan perilaku
jujur, responsif dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menyampaikan cerita sejarah tentang
tokoh-tokoh nasional dan internasional
2.2
Menunjukkan perilaku
tanggung jawab, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
memahami dan menyampaikan berita
2.3
Menunjukkan perilaku
jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
memahami dan menyampaikan penjelasan dan ajakan
2.4
Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
memaparkan editorial/opinin tentang konflik sosial, politik, ekonomi,
kebijakan publik, dan lingkungan hidup
2.5
Menunjukkan perilaku
jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa Indonesia
untuk memahami dan menyajikan cerita
fiksi dalam novel
|
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
3.1
Memahami struktur dan
kaidah teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan
3.2
Membandingkan teks cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui
lisan maupun tulisan
3.3
Menganalisis teks cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui
lisan maupun tulisan
3.4
Mengevaluasi teks cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel berdasarkan
kaidah-kaidah baik melalui lisan maupun tulisan
|
4.
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan
kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1
Menginterpretasi makna
teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik secara lisan maupun tulisan
4.2
Memproduksi teks cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel yang koheren
sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan
4.3
Menyunting teks cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
4.4
Mengabstraksi teks cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik secara
lisan maupun tulisan
4.5
Mengonversi teks cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel ke dalam
bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan
maupun tulisan
|
Komentar