RPP UNIT V NEGOISASI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
( RPP) 
UNIT V
NEGOSIASI

Satuan Pendidikan    : SMA Negeri 57  Jakarta
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester           : X/2
Alokasi Waktu            : 34 x 45 menit (8 minggu)
KOMPETENSI  INTI:
1.        Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.     Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar
Indikator
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
·         menjelaskan isi teks negosiasi secara lisan atau tulisan
·         menentukan struktur teks negosiasi secara lisan atau tulisan
·         menentukan kaidah penulisan teks negosiasi secara lisan atau tulisan
·         menjelaskan karakteristik teks negosiasi secara lisan atau tulisan
·         mengungkapkan penggunaan ragam atau jenis teks negosiasi
·         menjelaskan penggunaan bahasa dalam teks negosiasi secara lisan atau tulisan
3.2 Membandingkan teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
·         Mengidentifikasi isi teks negosiasi
·         Membandingkan dua teks negosiasi berdasarkan: isi, struktur, kaidah, karakteristik, jenis atau ragam, bentuk, bahasa dalam teks secara lisan atau tulisan
3.3 Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
·         Menelaah isi teks negosiasi
·         Menganalisis teks negosiasi berdasarkan: isi, struktur, kaidah, karakteristik, jenis atau ragam, bentuk, bahasa dalam teks secara lisan atau tulisan
3.4 Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil  observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
·         Menilai isi teks negosiasi
·         Mengevaluasi teks negosiasi berdasarkan: isi, struktur, kaidah, karakteristik, jenis atau ragam, bentuk, bahasa dalam teks secara lisan atau tulisan
4.1 Menginterpretasi makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
·         Menyimpulkan isi teks negosiasi
·         Menentukan tujuan penulisan teks negosiasi
·         Menginterpretasi makna teks negosiasi berdasarkan: isi, struktur, kaidah, karakteristik, jenis atau ragam, bentuk, bahasa dalam teks secara lisan atau tulisan
4.2 Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
·         Mengidentifikasi isi teks negosiasi
·         Menentukan topik untuk memproduksi teks negosiasi
·         Menyusun kerangka teks negosiasi
·         Memproduksi teks negosiasi berdasarkan kerangka yang telah dibuat dengan memperhatikan isi, struktur, kaidah, karakteristik, jenis atau ragam, bentuk, bahasa, EYD dalam teks negosiasi secara lisan maupun tulisan
4.3 Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi sesuai dengan  struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
·         Mengidentifikasi isi teks negosiasi
·         Menyunting teks negosiasi yang telah dibuat berdasarkan isi, struktur, kaidah, karakteristik, jenis atau ragam, bentuk, bahasa dalam teks negosiasi secara lisan maupun tulisan
4.4 Mengabstraksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
·         Mengidentifikasi teks negosiasi yang telah dibaca
·         Mengabstraksi teks negosiasi yang telah dibaca secara tertulis dengan memperhatikan penggunaan bahasa dan EYD yang tepat
4.5 Mengonversi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
·         Mengidentifikasi teks negosiasi yang telah dibaca
·         Mengonversi teks negosiasi  ke dalam bentuk lain dengan memperhatikan penggunaan bahasa dan EYD yang tepat

PERTEMUAN 1 (HARI I):
A. Tujuan Pembelajaran
1. Memahami pengertian negosiasi dalam cuplikan teks drama
2. Memahami proses negosiasi dalam teks drama

B. Materi Pembelajaran
Memahami makna negosiasi dari cuplikan teks drama

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan umum  : berbasis teks
Metode                    : diskusi, pengamatan

D. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media
Power point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.    Alat
Komputer, infokus/OHP
3.    Sumber Pembelajaran
Buku Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013., surat kabar, majalah, dan media elektronik

E. Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
a.    Mengondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa tentang memahami makna negosiasi dari cuplikan teks drama, yaitu dengan memperkenalkan teks drama sederhana yang mengandung proses tawar menawar (negosiasi) dan memiliki nilai-nilai sosial yang berhubungan dengan masyarakat.
b.   Apersepsi: bertanya jawab mengenai cara memahami makna negosiasi dari cuplikan teks drama  
1)      Apakah Anda pernah membaca teks drama?
2)      Apakah Anda dapat menemukan proses negosiasi dalam teks drama?
c.    Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang memahami makna negosiasi dari cuplikan teks drama

2.      Inti
a.       Membimbing siswa untuk memahami materi dengan cara  :
Mengamati
1)      Mengamati pengertian negosiasi sebagai proses tawar menawar untuk mencapai kesepakatan
2)      Mengamati tujuan proses negosiasi dalam menyelesaikan suatu masalah
3)      Mengamati contoh teks drama yang berjudul Cinderela
4)      Mengamati proses negosiasi melalui dialog drama dalam teks drama Cinderela

Menanya
1)      Mengajukan pertanyaan mengenai pengertian negosiasi
2)      Mengajukan pertanyaan mengenai makna negosiasi dari cuplikan teks drama

Pengumpulan Data
1)      Mengumpulkan data atau informasi tambahan mengenai makna negosiasi dari cuplikan teks drama dari berbagai sumber (buku paket, media massa, dan internet)
2)      Mencari teks drama sederhana yang di dalamnya mengandung unsur negosiasi
3)      Memahami makna teks drama sederhana yang di dalamnya mengandung unsur negosiasi 

Mengasosiasi
1)      Menyimpulkan hasil pengamatan mengenai makna negosiasi dari cuplikan teks drama

Mengomunikasikan
1)      Mengomunikasikan hasil pengamatan tentang makna negosiasi dari cuplikan teks drama dalam bentuk laporan dan membacakan hasil laporan tersebut

b.   Mendiskusikan hasil laporan tentang makna negosiasi dalam teks drama dan menyimpulkan hasil pengamatan dalam diskusi tersebut

3.      Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.

PERTEMUAN II (HARI II)
A. Tujuan Pembelajaran
1.    Memahami isi dialog drama dengan kalimat respons dalam diskusi
2.    Memahami langkah-langkah yang harus dicermati di dalam proses diskusi

B. Materi Pembelajaran
Membandingkan isi dialog drama dengan kalimat respons dalam diskusi

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan umum  : berbasis teks
Metode                    : diskusi, pengamatan

D. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media
Power point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.    Alat
Komputer, infokus/OHP
3.    Sumber Pembelajaran
Buku Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013., surat kabar, majalah, dan media elektronik

E. Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
a.       Mengondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa tentang cara memahami isi dialog drama dengan kalimat respons dalam diskusi. Kedua teks tersebut dikenalkan melalui media massa dan membahas beberapa nilai sosial yang ada di dalam kedua teks tersebut.
b.      Apersepsi: bertanya jawab mengenai cara memahami isi dialog drama dengan kalimat respons dalam diskusi
1)         Apakah Anda tahu penggunaan kalimat respons dalam diskusi?
2)         Apakah responsive itu ?
c.       Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang pemahaman isi dialog drama dengan kalimat respons dalam diskusi

2.      Inti
a.       Membimbing siswa untuk memahami materi dengan cara  :
Mengamati
1)      Mengamati langkah-langkah dalam proses diskusi
2)      Mengamati cara merespons isi pembicaraan
3)      Mengamati dialog drama dengan kalimat respons dalam diskusi
Menanya
1)      Mengajukan pertanyaan tentang langkah-langkah dalam proses diskusi dan kalimat respons dalam dialog
Pengumpulan Data
1)      Mengumpulkan data atau informasi tambahan mengenai cara merespons dalam diskusi dari berbagai sumber (buku paket, internet, dan media massa)
2)      Mengumpulkan data atau informasi tambahan mengenai dialog drama dari berbagai sumber (buku paket, internet, dan media massa)
Mengasosiasi
1)      Menyimpulkan pemahaman dari dialog drama dan kalimat respons dalam diskusi
Mengomunikasikan
1)         Mengomunikasikan hasil pemahaman isi dialog drama dan kalimat respons dalam diskusi dalam bentuk laporan dan membacakan hasil laporan tersebut

b.      Mendiskusikan hasil pemahaman isi dialog drama dan kalimat respons dalam diskusi dan menyimpulkan hasil perbandingan dalam diskusi tersebut.

3.      Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.

PERTEMUAN III (HARI III)
A. Tujuan Pembelajaran
1.    Membandingkan isi dialog drama dengan kalimat respons dalam diskusi
2.    Mengetahui bahasa yang digunakan dalam dua kalimat yang berbeda, yaitu kalimat dalam bentuk dialog dalam drama dan kalimat respons dalam diskusi.

B. Materi Pembelajaran
Membandingkan isi dialog drama dengan kalimat respons dalam diskusi.

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan umum  : berbasis teks
Metode                    : diskusi, pengamatan.

D. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media
Power point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.    Alat
Komputer, infokus/OHP
3.    Sumber Pembelajaran
Buku Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013., surat kabar, majalah, dan media elektronik.

E. Kegiatan Pembelajaran
1.    Pendahuluan
a.    Mengondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa tentang cara membandingkan isi dialog drama dengan kalimat respons dalam diskusi. Kedua teks tersebut dikenalkan melalui media massa dan membahas beberapa nilai sosial yang ada di dalam kedua teks tersebut.
b.    Apersepsi: bertanya jawab mengenai cara membandingkan isi dialog drama dengan kalimat respons dalam diskusi
1)   Apakah Anda tahu penggunaan kalimat respons dalam diskusi?
c.    Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang membandingkan isi dialog drama dengan kalimat respons dalam diskusi

2.    Inti
a.    Membimbing siswa untuk memahami materi dengan cara  :
Mengamati
1)   Mengamati contoh dua teks yang berbeda, yaitu teks yang berisi dialog drama dan teks yang merupakan kalimat respons hasil diskusi
2)   Mengamati bahasa yang digunakan di dalam dialog dan kalimat respons.

Menanya
1)   Mengajukan pertanyaan tentang perbandingan isi dialog drama dengan kalimat respons dalam diskusi.

Pengumpulan Data
1)   Mengumpulkan data atau informasi tambahan mengenai cara membandingkan dialog drama dari berbagai sumber (buku paket, internet, dan media massa)
2)   Membandingkan isi dialog drama dengan kalimat respons dalam diskusi

Mengasosiasi
1)   Menyimpulkan perbandingan dari isi dialog drama dan kalimat respons dalam diskusi.

Mengomunikasikan
2)   Mengomunikasikan hasil perbandingan isi dialog drama dan kalimat respons dalam diskusi dalam bentuk laporan dan membacakan hasil laporan tersebut

b.    Mendiskusikan hasil perbandingan isi dialog drama dan kalimat respons dalam diskusi dan menyimpulkan hasil perbandingan dalam diskusi tersebut

3.    Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.

PERTEMUAN IV (HARI IV)
A. Tujuan Pembelajaran
1.    Memahami isi sebuah teks berita yang mengandung unsur negosiasi.

B. Materi Pembelajaran
Menganalisis teks negosiasi yang terdapat dalam teks berita.

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan umum  : berbasis teks
Metode                    : diskusi, pengamatan.

D. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media
Power point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.    Alat
Komputer, infokus/OHP
3.   Sumber Pembelajaran
Buku Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013., surat kabar, majalah, dan media elektronik.

E. Kegiatan Pembelajaran
1.    Pendahuluan
a.    Mengondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait cara memahami teks negosiasi yang terdapat dalam teks berita. Teks berita dapat dikenalkan melalui berita yang ada dalam media massa yang mengandung unsur negosiasi dan nilai-nilai sosial dalam masyarakat.
b.    Apersepsi: bertanya jawab mengenai cara memahami teks negosiasi yang terdapat dalam teks berita
1)   Apakah Anda pernah menemukan teks berita yang berisi unsur negosiasi?
c.    Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang cara memahami teks negosiasi yang terdapat dalam teks berita.

2.    Inti
a.    Membimbing siswa untuk memahami materi dengan cara  :
Mengamati
1)   Mengamati isi teks berita yang mengandung unsur negosiasi
2)   Mengamati bentuk unsur negosiasi dalam teks berita
Menanya
1)   Mengajukan pertanyaan tentang teks berita yang mengandung unsur negosiasi
Pengumpulan Data
1)   Mengumpulkan data atau informasi tambahan mengenai teks berita yang mengandung unsur negosiasi dari berbagai sumber (buku paket, internet, dan media massa)
Mengasosiasi
1)   Menyimpulkan unsur negosiasi yang ada di dalam berita
Mengomunikasikan
1)   Mengomunikasikan hasil pemahaman tentang unsur negosiasi dalam teks berita dalam bentuk laporan dan membacakan hasil laporan tersebut.

b.    Mendiskusikan hasil pemahaman tentang unsur negosiasi dalam teks berita dan menyimpulkan hasil pemahaman tersebut dalam diskusi
3.    Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.

PERTEMUAN V (HARI V)
A. Tujuan Pembelajaran
1.    Menganalisis teks negosiasi yang terdapat dalam teks berita
2.    Melatih aspek keterampilan berbahasa dalam mencermati teks negosiasi yang terdapat dalam teks berita

B. Materi Pembelajaran
Menganalisis teks negosiasi yang terdapat dalam teks berita.

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan umum  : berbasis teks
Metode                    : diskusi, pengamatan

D. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media
Power point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.    Alat
Komputer, infokus/OHP
3.    Sumber Pembelajaran
Buku Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013., surat kabar, majalah, dan media elektronik


E. Kegiatan Pembelajaran
1.    Pendahuluan
a.    Mengondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait cara menganalisis teks negosiasi yang terdapat dalam teks berita. Teks berita dapat dikenalkan melalui berita yang ada dalam media massa yang mengandung unsur negosiasi dan nilai-nilai sosial dalam masyarakat.
b.    Apersepsi: bertanya jawab mengenai cara menganalisis teks negosiasi yang terdapat dalam teks berita
1)   Menurut Anda, bagaimana cara menganalisis teks negosiasi yang ada di dalam teks berita?
c.    Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang cara menganalisis teks negosiasi yang terdapat dalam teks berita.

2.    Inti
a.    Membimbing siswa untuk memahami materi dengan cara  :
Mengamati
1)   Mengamati contoh teks berita yang mengandung unsur negosiasi
2)   Mengamat bahasa yang digunakan dalam teks berita tersebut
Menanya
1)   Mengajukan pertanyaan tentang cara menganalisis unsur negosiasi dalam teks berita
Pengumpulan Data
1)   Mengumpulkan data atau informasi tambahan mengenai cara menganalisis unsur negosiasi dalam teks berita
2)   Menganalisis teks berita yang mengandung unsur negosiasi
Mengasosiasi
1)   Menyimpulkan cara menganalisis unsur negosiasi dalam teks berita
Mengomunikasikan
1)   Mengomunikasikan hasil analisis unsur negosiasi dalam teks berita dalam bentuk laporan dan membacakan hasil laporan tersebut.

b.    Mendiskusikan hasil analisis unsur negosiasi dalam teks berita dan menyimpulkan hasil analisis dalam diskusi tersebut.

3.    Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.



PERTEMUAN VI (HARI VI)
A. Tujuan Pembelajaran
1.    Memahami pengertian dalam menilai kadar negosiasi dalam teks berita
2.    Menjelaskan kadar negosiasi yang terkandung dalam teks berita sebagai salah satu keterampilan berbica.

B. Materi Pembelajaran
Menilai kadar negosiasi dalam teks berita

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan umum  : berbasis teks
Metode                    : diskusi, pengamatan.

D. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media
Power point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.    Alat
Komputer, infokus/OHP
3.    Sumber Pembelajaran
Buku Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013., surat kabar, majalah, dan media elektronik.

E. Kegiatan Pembelajaran
1.    Pendahuluan
a.    Mengondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa tentang memahami pengertian dalam menilai kadar negosiasi dalam teks berita, yaitu dengan mengenalkan beberapa teks berita yang mengandung unsur negosiasi, khususnya dalam bidang perekonomian atau masalah dalam masyarakat lainnya.
b.    Apersepsi: bertanya jawab mengenai pemahaman dalam menilai kadar negosiasi dalam teks berita
1)   Menurut Anda, apakah yang dimaksud dengan menilai kadar negosiasi dalam teks berita?
c.    Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang cara menilai kadar negosiasi dalam teks berita.

2.    Inti
a.    Membimbing siswa untuk memahami materi dengan cara 
Mengamati
1)   Mengamati pengertian dalam menilai kadar negosiasi dalam teks berita
2)   Mengamati penggunaan bahasa dalam teks berita yang mengandung kadar negosiasi
Menanya
1)   Mengajukan pertanyaan tentang tujuan menilai kadar negosiasi dalam teks berita
Pengumpulan Data
1)   Mengumpulkan data atau informasi tambahan mengenai cara menilai kadar negosiasi dalam teks berita dari berbagai sumber (buku paket, media massa, dan internet)
Mengasosiasi
1)   Menyimpulkan cara menilai kadar negosiasi dalam teks berita
Mengomunikasikan
1)   Mengomunikasikan hasil penilaian kadar negosiasi dalam teks berita berdasarkan beberapa contoh teks yang ditulis dalam bentuk laporan dan membacakan hasil laporan tersebut

b.    Mendiskusikan hasil hasil penilaian kadar negosiasi dalam teks berita berdasarkan beberapa contoh teks yang ditulis dalam bentuk laporan dan dan menyimpulkan hasil penilaian dalam diskusi.

3.    Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.

PERTEMUAN VII (HARI VII)
A. Tujuan Pembelajaran
1.    Menilai kadar negosiasi dalam teks berita
2.    Mencermati penerapan negosiasi dalam bentuk berita.

B. Materi Pembelajaran
Menilai kadar negosiasi dalam teks berita.

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan umum  : berbasis teks
Metode                    : diskusi, pengamatan.

D. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media
Power point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.    Alat
Komputer, infokus/OHP
3.    Sumber Pembelajaran
Buku Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013., surat kabar, majalah, dan media elektronik.

E. Kegiatan Pembelajaran
1.    Pendahuluan
a.    Mengondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa tentang cara menilai kadar negosiasi dalam teks berita, yaitu dengan mengenalkan beberapa teks berita yang mengandung unsur negosiasi, khususnya dalam bidang perekonomian atau masalah dalam masyarakat lainnya.
b.    Apersepsi: bertanya jawab mengenai cara menilai kadar negosiasi dalam teks berita
1)   Apa saja hal yang perlu Anda perhatikan ketika menilai kadar negosiasi dalam teks berita?
c.    Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang cara menilai kadar negosiasi dalam teks berita.

2.    Inti
a.    Membimbing siswa untuk memahami materi dengan cara  :
Mengamati
1)   Mengamati contoh teks berita yang di dalamnya mengandung unsur negosiasi
2)   Mengamati teks berita berjudul ”Indonesia Lakukan Negosiasi dengan World Bank” dengan memperhatikan unsur negosiasi di dalam teks tersebut
Menanya
1)   Mengajukan pertanyaan tentang beberapa hal yang penting yang berkaitan dengan negosiasi dan teks berita
Pengumpulan Data
1)   Menilai teks berita berjudul ”Indonesia Lakukan Negosiasi dengan World Bank” dengan menentukan kadar negosiasi dalam teks tersebut
Mengasosiasi
1)   Menyimpulkan penilaian tentang teks berita berjudul ”Indonesia Lakukan Negosiasi dengan World Bank” dengan menentukan kadar negosiasi dalam teks tersebut
Mengomunikasikan
1)   Mengomunikasikan hasil penilaian teks berita berjudul ”Indonesia Lakukan Negosiasi dengan World Bank” dengan menentukan kadar negosiasi dalam teks tersebut dalam bentuk laporan dan membacakan hasil laporan tersebut

b. Mendiskusikan hasil penilaian tentang teks berita berjudul ”Indonesia Lakukan Negosiasi dengan World Bank” dengan menentukan kadar negosiasi dalam teks tersebut dan menyimpulkan hasil penilaian dalam diskusi tersebut
  
3.    Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.

PERTEMUAN VIII (HARI VIII)
A. Tujuan Pembelajaran
1.        Memahami beberapa komponen dalam proses negosiasi
2.        Memahami cara menginterpretasikan makna negosiasi dalam teks berita.

B. Materi Pembelajaran
Menginterpretasi makna negosiasi dalam teks berita.

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan umum  : berbasis teks
Metode                    : diskusi, pengamatan.

D. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media
Power point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.    Alat
Komputer, infokus/OHP
3.    Sumber Pembelajaran
Buku Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013., surat kabar, majalah, dan media elektronik.

E. Kegiatan Pembelajaran
1.    Pendahuluan
a.    Mengondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa dalam memahami makna negosiasi dalam teks berita. Proses interpretasi dapat dikenalkan dengan memberikan contoh teks berita dan menafsirkan makna dan tujuan dari teks berita tersebut.  
b.    Apersepsi: bertanya jawab mengenai proses pemahaman makna negosiasi dalam teks berita
1)   Apakah hal yang harus diperhatikan dalam memahami makna negosiasi dalam teks berita?
c.    Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang cara memahami makna negosiasi dalam teks berita.

2.    Inti
a.    Membimbing siswa untuk memahami materi dengan cara  :
Mengamati
1)   Mengamati komponen dalam proses negosiasi
2)   Mengamati isi teks berita yang mengandung unsur negosiasi
Menanya
1)   Mengajukan pertanyaan mengenai komponen dalam proses negosiasi
Pengumpulan Data
1)   Mengumpulkan data atau informasi tambahan mengenai cara menginterpretasikan makna negosiasi dalam teks berita dari berbagai sumber (buku paket, internet, dan media massa)
Mengasosiasi
1)   Menyimpulkan hasil pemahaman mengenai makna teks negosiasi dalam teks berita
Mengomunikasikan
1)   Mengomunikasikan hasil pemahaman mengenai makna teks negosiasi dalam teks berita yang ditulis menjadi laporan dan membacakan laporan tersebut

b.    Mendiskusikan hasil pemahaman mengenai makna teks negosiasi dalam teks berita dan menyimpulkan hasil pemahaman tersebut di dalam diskusi.

3.    Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.

PERTEMUAN IX (HARI IX)
A. Tujuan Pembelajaran
1.         Menginterpretasikan unsur negosiasi yang ada di dalam teks berita
2.         Menyimpulkan hasil interpretasi tentang negosiasi di dalam teks berita.

B. Materi Pembelajaran
Menginterpretasi makna negosiasi dalam teks berita.

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan umum  : berbasis teks
Metode                    : diskusi, pengamatan.

D. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media
Power point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.    Alat
Komputer, infokus/OHP
3.    Sumber Pembelajaran
Buku Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013., surat kabar, majalah, dan media elektronik

E. Kegiatan Pembelajaran
1.    Pendahuluan
a.    Mengondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa dalam menginterpretasikan makna negosiasi dalam teks berita. Proses interpretasi dapat dikenalkan dengan memberikan contoh teks berita dan menafsirkan makna dan tujuan dari teks berita tersebut. 
b.    Apersepsi: bertanya jawab mengenai proses menginterpretasikan makna negosiasi dalam teks berita
1)   Apakah hal yang harus diperhatikan dalam proses menginterpretasikan makna negosiasi dalam teks berita?
c.    Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang cara menginterpretasi makna negosiasi dalam teks berita.

2.    Inti
a.    Membimbing siswa untuk memahami materi dengan cara 
Mengamati
1)   Mengamati isi teks berita yang mengandung unsur negosiasi
2)   Mengamati contoh teks berita yang mengandung unsur negosiasi
Menanya
1)   Mengajukan pertanyaan mengenai cara menginterpretasikan makna negosiasi dalam teks berita
Pengumpulan Data
1)   Menginterpretasikan teks berita yang berjudul ”Melalui Kontrak Nike, MU Ingin Tarik Kembali Ronaldo” dengan memperhatikan unsur negosiasi dalam teks tersebut
Mengasosiasi
1)   Menyimpulkan hasil interpretasi teks berita yang berjudul ”Melalui Kontrak Nike, MU Ingin Tarik Kembali Ronaldo” dengan memperhatikan unsur negosiasi dalam teks tersebut

Mengomunikasikan
1)   Mengomunikasikan hasil interpretasi teks berita yang berjudul ”Melalui Kontrak Nike, MU Ingin Tarik Kembali Ronaldo” dengan memperhatikan unsur negosiasi dalam teks tersebut dalam bentuk laporan dan membacakan laporan tersebut

b.    Mendiskusikan hasil laporan interpretasi teks berita yang berjudul ”Melalui Kontrak Nike, MU Ingin Tarik Kembali Ronaldo” dengan memperhatikan unsur negosiasi dalam teks tersebut dan menyimpulkan hasil diskusi tersebut.


3.    Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.

PERTEMUAN X (HARI X)
A. Tujuan Pembelajaran
1.    Memahami cara berbahasa yang sesuai dalam proses bernegosiasi
2.    Mencermati hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengungkapkan maksud bernegosiasi.

B. Materi Pembelajaran
Teknik bernegosiasi.

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan umum  : berbasis teks
Metode                    : diskusi, pengamatan.

D. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media: Media
Power point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.    Alat
Komputer, infokus/OHP
3.    Sumber Pembelajaran
Buku Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013., surat kabar, majalah, dan media elektronik.

E. Kegiatan Pembelajaran
1.    Pendahuluan
a.    Mengondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa tentang cara berbahasa dalam bernegosiasi. Teknik bernegosiasi dapat diperkenalkan melalui teks yang berisi dialog dan sedang menegosiasikan suatu hal.
b.    Apersepsi: bertanya jawab mengenai cara berbahasa dalam bernegosiasi
1)   Menurut Anda, apakah manfaat dari negosiasi dalam kehidupan sehari-hari?
c.    Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang cara berbahasa dalam proses bernegosiasi

2.    Inti
a. Membimbing siswa untuk memahami materi dengan cara 
Mengamati
1)   Mengamati cara bernegosiasi
2)   Mengamati kaidah berbahasa dalam bernegosiasi
Menanya
1)   Mengajukan pertanyaan mengenai cara bernegosiasi
Pengumpulan Data
1)   Mengumpulkan data atau informasi tambahan mengenai cara bernegosiasi dari berbagai sumber (buku paket, media massa, dan internet)
Mengasosiasi
1)   Menyimpulkan cara bernegosiasi dalam kehidupan sehari-hari
Mengomunikasikan
1)   Mengomunikasikan cara bernegosiasi dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk laporan dan membacakan laporan tersebut
c.       Mendiskusikan cara bernegosiasi dalam kehidupan sehari-hari dan menyimpulkannya dalam diskusi.

3.    Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.

PERTEMUAN XI (HARI XI)
A. Tujuan Pembelajaran
1.    Memahami teknik bernegosiasi baik secara lisan maupun tulisan
2.    Melatih keterampilan berbicara atau berdialog dalam proses negosiasi.

B. Materi Pembelajaran
Teknik bernegosiasi.

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan umum  : berbasis teks
Metode                    : diskusi, pengamatan.

D. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media: Media
Power point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.    Alat
Komputer, infokus/OHP
3.    Sumber Pembelajaran
Buku Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013., surat kabar, majalah, dan media elektronik.

E. Kegiatan Pembelajaran
1.    Pendahuluan
a.    Mengondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa dalam teknik bernegosiasi. Teknik bernegosiasi dapat diperkenalkan melalui teks yang berisi dialog dan sedang menegosiasikan suatu hal.
b.    Apersepsi: bertanya jawab mengenai teknik bernegosiasi
1)   Menurut Anda, bagaimana bentuk dari teknik bernegosiasi dalam kehidupan sehari-hari?
2)   Apa saja hal yang perlu diperhatikan ketika sedang bernegosiasi?
c.    Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang teknik bernegosiasi.

2.    Inti
a. Membimbing siswa untuk memahami materi dengan cara  :
Mengamati
1)   Mengamati contoh teks dialog yang berjudul ”Arti Seorang Sahabat”
2)   Mengamati cara bernegosiasi dalam teks dialog yang berjudul ”Arti Seorang Sahabat”
Menanya
1)   Mengajukan pertanyaan mengenai cara bernegosiasi
Pengumpulan Data
1)   Mengumpulkan data atau informasi tambahan mengenai teknik bernegosiasi dari berbagai sumber (buku paket, internet, dan media massa)
2)   Membuat dialog sederhana yang mengandung unsur-unsur negosiasi
Mengasosiasi
1)   Menyimpulkan cara bernegosiasi dalam kehidupan sehari-hari
Mengomunikasikan
1)   Mengomunikasikan hasil penulisan dialog sederhana yang mengandung unsur-unsur negosiasi dalam bentuk laporan dan membacakan laporan tersebut
b.      Mendiskusikan hasil penulisan dialog sederhana yang mengandung unsur-unsur negosiasi dan menyimpulkan hasil penulisan dialog dalam diskusi tersebut.

3.    Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.

PERTEMUAN XII (HARI XII)
A. Tujuan Pembelajaran
1.    Memahami cara menyunting teks negosiasi
2.    Menjelaskan cara menyunting teks negosiasi dengan memperhatikan aturan bahasa Indonesia yang benar.

B. Materi Pembelajaran
Menyunting teks negosiasi.

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan umum  : berbasis teks
Metode                    : diskusi, pengamatan.

D. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media: Media
Power point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.    Alat
Komputer, infokus/OHP
3.    Sumber Pembelajaran
Buku Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013., surat kabar, majalah, dan media elektronik.

E. Kegiatan Pembelajaran
1.    Pendahuluan
a.    Mengondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa dalam memahami cara menyunting teks negosiasi. Teks negosiasi dapat dikenalkan dalam bentuk dialog attau berita yang dimuat dalam media massa. Cermatilah dengan baik teks negosiasi tersebut sebagai pemahaman bahasa yang digunakan dalam teks yang mengandung unsur negosiasi
b.    Apersepsi: bertanya jawab mengenai cara memahami proses menyunting teks negosiasi
1)   Apa saja yang perlu diperhatikan dalam memahami teks negosiasi?
c.    Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang cara memahami proses menyunting teks negosiasi.

2.    Inti
a.    Membimbing siswa untuk memahami materi dengan cara  :
Mengamati
1)   Mengamati pemakaian bahasa dalam sebuah teks yang mengandung unsur negosiasi
2)   Mengamati cara menyunting teks negosiasi
3)   Mengamati bahasa dan gagasan penulis dalam teks negosiasi
Menanya
1)   Mengajukan pertanyaan mengenai bahasa dan gagasan penulis dalam teks negosiasi
2)   Mengajukan pertanyaan mengenai aturan bahasa dalam menyunting teks negosiasi 
Pengumpulan Data
1)   Mengumpulkan data atau informasi tambahan mengenai proses menyunting teks negosiasi dari berbagai sumber (buku paket, internet, dan media massa)
Mengasosiasi
1)   Menyimpulkan tentang cara menyunting teks negosiasi  
2)   Menyimpulkan aspek-aspek bahasa yang perlu diperhatikan dalam menyunting teks negosiasi
Mengomunikasikan
1)   Mengomunikasikan hasil pemahaman tentang cara menyunting teks negosiasi dan membacakan hasil pemahaman tersebut

b.      Mendiskusikan hasil pemahaman tentang cara menyunting teks negosiasi dan menyimpul-kannya dalam diskusi tersebut.

3.    Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.

PERTEMUAN XIII (HARI XIII)
A. Tujuan Pembelajaran
1.    Menyunting teks negosiasi dengan memperhatikan aturan bahasa Indonesia yang benar.

B. Materi Pembelajaran
Menyunting teks negosiasi.

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan umum  : berbasis teks
Metode                    : diskusi, pengamatan.

D. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media: Media
Power point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.    Alat
Komputer, infokus/OHP
3.    Sumber Pembelajaran
Buku Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013., surat kabar, majalah, dan media elektronik.

E. Kegiatan Pembelajaran
1.    Pendahuluan
a.    Mengondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa dalam menyunting teks negosiasi. Teks negosiasi dapat dikenalkan dalam bentuk dialog attau berita yang dimuat dalam media massa. Cermatilah dengan baik teks negosiasi tersebut sebagai pemahaman bahasa yang digunakan dalam teks yang mengandung unsur negosiasi
b.    Apersepsi: bertanya jawab mengenai cara menyunting teks negosiasi
1)   Apa saja yang perlu diperhatikan dalam menyunting teks negosiasi?
c.    Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang cara menyunting teks negosiasi

2.    Inti
a.    Membimbing siswa untuk memahami materi dengan cara  :
Mengamati
1)   Mengamati bahasa dan gagasan penulis dalam teks negosiasi
2)   Mengamati teks berjudul ”Ahok Minta Penguasa Negosiasi dengan Pekerja” sebagai gambaran teks negosiasi yang perlu disunting
Menanya
1)   Mengajukan pertanyaan menyunting teks negosiasi 
Pengumpulan Data
1)   Menyunting teks yang berjudul ”Ahok Minta Penguasa Negosiasi dengan Pekerja” dengan memperhatikan penggunaan bahasa yang benar dalam teks tersebut
Mengasosiasi
1)   Menyimpulkan hasil penyuntingan dari teks yang berjudul ”Ahok Minta Penguasa Negosiasi dengan Pekerja” dengan memperhatikan penggunaan bahasa yang benar dalam artikel tersebut
Mengomunikasikan
1)   Mengomunikasikan hasil penyuntingan dari teks yang berjudul ”Ahok Minta Penguasa Negosiasi dengan Pekerja” dan membacakan hasil penyuntingan tersebut

b. Mendiskusikan hasil penyuntingan dari teks yang berjudul ”Ahok Minta Penguasa Negosiasi dengan Pekerja” dan menyimpulkan hasil penyuntingan dalam diskusi tersebut
3.    Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.


PERTEMUAN XIV (HARI XIV)
A. Tujuan Pembelajaran
1.    Memahami cara bernegosiasi dengan menggunakan bahasa yang komunikatif
2.    Memahami cara menceritakan proses bernegosiasi dengan menggunakan bahasa yang runtut dan jelas.

B. Materi Pembelajaran
Menceritakan proses negosiasi.

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan umum  : berbasis teks
Metode                    : diskusi, pengamatan.

D. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media
Power point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.    Alat
Komputer, infokus/OHP
3.    Sumber Pembelajaran
Buku Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013., surat kabar, majalah, dan media elektronik.

E. Kegiatan Pembelajaran
1.    Pendahuluan
a.    Mengondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa dalam memahami cara bernegosiasi dengan bahasa yang komunikatif.
b.    Apersepsi: bertanya jawab mengenai cara bernegosiasi dengan bahasa yang komunikatif
1)   Apakah yang dimaksud bernegosiasi dengan bahasa yang komunikatif?
c.    Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang cara bernegosiasi dengan bahasa yang komunikatif.

2.    Inti
a.    Membimbing siswa untuk memahami materi dengan cara 
Mengamati
1)   Mengamati proses negosiasi dalam sebuah teks
2)   Mengamati bahasa komunikatif dalam bernegosiasi
Menanya
1)   Mengajukan pertanyaan tentang proses negosiasi dengan menggunakan bahasa yang komunikatif
Pengumpulan Data
1)   Mengumpulkan data atau informasi tambahan mengenai cara menceritakan proses negosiasi dari berbagai sumber (buku paket, internet, dan media massa)
Mengasosiasi
1)   Menyimpulkan tentang proses negosiasi berdasarkan isi teks dan menggunakan bahasa yang komunikatif
Mengomunikasikan
1)   Mengomunikasikan proses negosiasi berdasarkan isi teks dan bahasa yang komunikatif dalam bentuk laporan dan membacakan hasil laporan tersebut
b.      Mendiskusikan proses negosiasi berdasarkan isi teks dan bahasa yang komunikatif dan menyimpulkannya dalam diskusi.

3.    Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.

PERTEMUAN XV (HARI XV)
A. Tujuan Pembelajaran
1.    Menceritakan proses bernegosiasi dengan menggunakan bahasa yang runtut dan jelas 
2.    Melatih keterampilan berbicara dengan mengemukakan proses negosiasi di depan kelas.

B. Materi Pembelajaran
Menceritakan proses negosiasi.

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan umum  : berbasis teks
Metode                    : diskusi, pengamatan.

D. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media
Power point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.    Alat
Komputer, infokus/OHP
3.    Sumber Pembelajaran
Buku Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013., surat kabar, majalah, dan media elektronik
E. Kegiatan Pembelajaran
1.    Pendahuluan
a.    Mengondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa dalam menceritakan proses negosiasi. Penyampaian proses negosiasi dapat diperkenalkan dengan membahas suatu hal yang berisi negosiasi, kemudian hal tersebut diceritakan kembali dengan menggunakan bahasa sendiri.
b.    Apersepsi: bertanya jawab mengenai cara menceritakan proses negosiasi
1)   Apa saja langkah yang diperlukan dalam menceritakan proses negosiasi?
c.    Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang cara menceritakan proses negosiasi.

2.    Inti
a.    Membimbing siswa untuk memahami materi dengan cara  :
Mengamati
1)   Mengamati bagian-bagian teks yang untuk diceritakan kembali
2)   Mengamati cara penyampaian dan intonasi dalam menceritakan proses negosiasi
Menanya
1)   Mengajukan pertanyaan tentang cara penyampaian dan intonasi dalam menceritakan proses negosiasi
Pengumpulan Data
1)   Mencari teks negosiasi dari berbagai sumber (buku paket, media massa, dan internet)
2)   Menceritakan proses negosiasi dalam suatu teks dengan bahasa yang runtut dan jelas
Mengasosiasi
1)   Menyimpulkan tentang cara penyampaian dan intonasi dalam menceritakan proses negosiasi
2)   Menyimpulkan proses negosiasi yang telah diceritakan dengan menggunakan bahasa yang komunikatif
Mengomunikasikan
1)   Mengomunikasikan hasil menceritakan proses negosiasi berdasarkan isi teks dalam bentuk laporan dan membacakan hasil laporan tersebut
b.      Mendiskusikan hasil menceritakan proses negosiasi berdasarkan isi teks dan menyimpulkan hasil bercerita dalam diskusi tersebut.

3.    Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.

PERTEMUAN XVI (HARI XVI)
A. Tujuan Pembelajaran
1.    Memahami teks dialog dan teks berita baik secara lisan maupun tulisan.

B. Materi Pembelajaran
Mengubah teks dialog menjadi teks berita.

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan umum  : berbasis teks
Metode                    : diskusi, pengamatan.

D. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media
Power point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.    Alat
Komputer, infokus/OHP
3.    Sumber Pembelajaran
Buku Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013., surat kabar, majalah, dan media elektronik.

E. Kegiatan Pembelajaran
1.    Pendahuluan
a.    Mengondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa dalam memahami teks dialog dan teks berita. Teks dialog dapat diperkenalkan dengan teks wawancara dan dikonversikan atau diubah menjadi bagian teks berita
b.    Apersepsi: bertanya jawab mengenai cara memahami teks dialog dan teks berita
1)   Bagaimana bentuk struktur teks dialog dan teks berita?
c.    Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang cara memahami teks dialog dan teks berita
2.    Inti
a.    Membimbing siswa untuk memahami materi dengan cara  :
Mengamati
1)   Mengamati teks dialog dan teks berita  
Menanya
1)   Mengajukan pertanyaan tentang teks dialog dan teks berita  
Pengumpulan Data
1)   Mengumpulkan data atau informasi tambahan mengenai cara mengubah teks dialog menjadi teks berita dari berbagai sumber (buku paket, internet, dan media massa)
Mengasosiasi
1)   Menyimpulkan perbedaan dan persamaan dalam teks dialog dan teks berita
Mengomunikasikan
1)   Mengomunikasikan hasil pemahaman struktur teks dialog dan teks berita yang menggunakan dan menyimpulkan hasil laporan tersebut

c.    Mendiskusikan hasil pemahaman struktur teks dialog dan teks berita dan menyimpulkan hasil pemahaman tersebut di dalam diskusi.

3.    Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.

PERTEMUAN XVII (HARI XVII)
A. Tujuan Pembelajaran
1.    Mengubah teks dialog menjadi teks berita.

B. Materi Pembelajaran
Mengubah teks dialog menjadi teks berita.

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan umum  : berbasis teks
Metode                    : diskusi, pengamatan.

D. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media
Power point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.    Alat
Komputer, infokus/OHP
3.   Sumber Pembelajaran
Buku Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013., surat kabar, majalah, dan media elektronik.

E. Kegiatan Pembelajaran
1.    Pendahuluan
a.    Mengondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa dalam mengubah teks dialog menjadi teks berita. Teks dialog dapat diperkenalkan dengan teks wawancara dan dikonversikan atau diubah menjadi bagian teks berita
b.    Apersepsi: bertanya jawab mengenai cara mengubah teks dialog menjadi teks berita
1)   Bagaimana cara mengubah teks dialog menjadi teks berita?
c.    Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang cara mengubah teks dialog menjadi teks berita.

2.    Inti
a.    Membimbing siswa untuk memahami materi dengan cara  :
Mengamati
1)   Mengamati cara mengubah teks dialog menjadi teks berita
Menanya
2)   Mengajukan pertanyaan tentang teks dialog yang diubah menjadi teks berita 
Pengumpulan Data
1)   Mengumpulkan contoh tek dialog yang diubah menjadi teks berita dari berbagai sumber (buku paket, internet, dan media massa)
2)   Mengubah teks dialog menjadi teks berita dengan menggunakan tema lingkungan hidup manusia
Mengasosiasi
1)   Menyimpulkan cara membuat teks dialog menjadi teks berita
2)   Menyimpulkan hasil penulisan atau perubahan teks dialog menjadi teks berita yang menggunakan tema lingkungan hidup manusia
Mengomunikasikan
1)   Mengomunikasikan hasil penulisan atau perubahan teks dialog menjadi teks berita yang menggunakan tema lingkungan hidup manusia dalam bentuk laporan dan menyimpulkan hasil laporan tersebut

b.    Mendiskusikan hasil penulisan atau perubahan teks dialog menjadi teks berita yang menggunakan tema lingkungan hidup manusia dan menyimpulkan hasil penulisan dalam diskusi tersebut.

3.    Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.

PENILAIAN
1. Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
Bentuk Instrumen
Pengamatan Sikap
Lembar Pengamatan Sikap
Tes Unjuk Kerja
Tes Uji Kerja
Tes Tertulis
Tes Uraian dan Pilihan
Portofolio
Panduan Penyusunan Portofolio

2. Contoh Instrumen
a. Lembar Pengamatan Sikap
No
Aspek yang dinilai
Kriteria
Keterangan
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
1.
Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan





2.
Memiliki rasa ingin tahu dan





3.
Menunjukkan ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok





4.
Eksplorasi/penelitian
1)      Penguasaan topik
2)      Penggunaan berbagai referensi (buku, majalah, laman, video, dokumen, koran, dll)
3)      Penggunaan referensi primer dan/atau sekunder





5.
Pengorganisasian komunikasi
1)      Formulasi pertanyaan, hipotesis, atau tesis
2)      Evaluasi dan seleksi informasi/pengetahuan





6.
Presentasi lisan
1)       Pengorganisasian presentasi (pengantar, penjelas, simpulan)
2)      Penggunaan bahasa dan kosakata terkait topik
3)      Penggunaan kontak mata
4)      Penggunaan bahasa tubuh yang sesuai
5)   Penggunaan beragam nada bicara






Keterangan:
18—20: sangat baik—sempurna
14—17: cukup—baik
10—13: sedang—cukup
7—9: sangat kurang—kurang

Deskripsi sikap ini digunakan untuk pertimbangan dalam menentukan profil siswa (bukan angkannya yang penting, tetapi deskripsi sikap siswa)

b. Lembar Tes Unjuk Kerja
PENILAIAN KEGIATAN SISWA DALAM PELAJARAN NEGOSIASI
Nama:
Judul:                                                                                                                                                                                                                                    Tanggal:
ISI
Skor
Kriteria
Keterangan
27—30
Sangat baik—sempurna: menguasai topik tulisan; substansif; abstrak-orientasi-krisis-reaksi-koda; relevan dengan topik yang dibahas

22—26
Cukup—baik: cukup menguasai permasalahan; cukup memadai; pengembangan tesis terbatas; relevan dengan topik, tetapi kurang terperinci

17—21
Sedang—cukup: penguasaan permasalahan terbatas; substansi kurang; pengembangan topik tidak memadai

13—16
Sangat kurang—kurang: tidak menguasai permasalahan; tidak ada substansi; tidak relevan; tidak layak dinilai

STRUKTUR TEKS
18—20
Sangat baik—sempurna: ekspresi lancar; gagasan terungkap padat, dengan jelas; tertata dengan baik; urutan logis (abstrak-orientasi-krisis-reaksi-koda); kohesif

14—17
Cukup—baik: kurang lancar; kurang terorganisasi, tetapi ide utama ternyatakan; pendukung terbatas; logis, tetapi tidak lengkap

10—13
Sedang—cukup: tidak lancar; gagasan kacau atau tidak terkait; urutan dan pengembangan kurang logis

7—9
Sangat kurang—kurang: tidak komunikatif; tidak terorganisasi; tidak layak dinilai

KOSAKATA
18—20
Sangat baik—sempurna: penguasaan kata canggih; pilihan kata dan ungkapan efektif; menguasai pembentukan kata; penggunaan register tepat

14—17
Cukup—baik: penguasaan kata memadai; pilihan, bentuk, dan penggunaan kata/ungkapan kadang-kadang salah, tetapi tidak mengganggu

10—13
Sedang—cukup: penguasaan kata terbatas; sering terjadi kesalahan bentuk, pilihan, dan penggunaan kosakata/ungkapan; makna membingungkan atau tidak jelas

7—9
Sangat kurang—kurang: pengetahuan tentang kosakata, ungkapan, dan pembentukan kata rendah; tidak layak nilai

KALIMAT
18—20
Sangat baik—sempurna: konstruksi kompleks dan efektif; terdapat hanya sedikit kesalahan penggunaan bahasa (urutan/fungsi kata, artikel, pronomina, preposisi)

14—17
Cukup—baik: konstruksi sederhana, tetapi efektif; terdapat kesalahan kecil pada konstruksi kompleks; terjadi sejumlah kesalahan penggunaan bahasa (fungsi/urutan kata, artikel, pronomina, preposisi) tetapi makna cukup jelas

10—13
Sedang—cukup: terjadi kesalahan serius dalam konstruksi kalimat tunggal/kompleks (sering terjadi kesalahan pada kalimat, urutan/fungsi kata, artikel, pronomina, makna membingungkan atau kabur

7—9
Sangat kurang—kurang: tidak menguasai tata kalimat; terdapat banyak kesalahan; tidak komunikatif; tidak layak nilai

MEKANIK
9—10
Sangat baik—sempurna: menguasai aturan penulisan; terdapat sedikit kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf

7—8
Cukup—baik: kadang-kadang terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf, tetapi tidak mengaburkan makna

4—6
Sedang—cukup: sering terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tangan tidak jelas; makna membingungkan atau kabur

1—3
Sangat kurang—kurang: tidak menguasai aturan penulisan; terdapat banyak kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tidak terbaca; tidak layak dinilai


c. Lembar Tes Tertulis
              1)      Negosiasi dapat membantu penyelesaian masalah karena di dalam negosiasi kita melakukan 
                     proses tawar-menawar. Apakah maksud pernyataan tersebut?
              2)      Berikanlah contoh sederhana dari proses negosiasi yang sering terjadi dalam kehidupan 
                     sehari-hari.
              3)      Menurut Anda, apa manfaat dari proses negosiasi?
              4)      Negosiasi menjadi salah satu bentuk komunikasi dalam mencapai kesepakatan tertentu. 
                    Jelaskanlah maksud dari pernyataan tersebut.
              5)      Menurut Anda, apa tujuan dari proses negosiasi?
              6)      Buatlah teks berita sederhana yang isinya mengandung unsur negosiasi
              7)      Menurut Anda, bagaimana cara bernegosiasi yang baik dan memperhatikan bahasa yang 
                     tepat?
               8)      Menurut Anda, apa saja komponen penting dalam bernegosiasi?
               9)      Apakah ada unsur negosiasi dalam diskusi? Jika ada, jelaskanlah dengan singkat dan jelas.
             10)   Menurut Anda, apa pengaruh dan dampak dari negosiasi ke dalam kehidupan sehari-hari?

d. Lembar Portofolio
Nama

Kelas dan NIS

Tanggal


No
Jenis
Skor Maksimal
Skor yang Diperoleh
1.
Pengantar yang berupa ringkasan pernyataan pribadi tentang diri sendiri (saat ini dan masa depan yang dicita-citakan) dan ihwal artefak pilihan siswa sebagai materi portofolio dan paparan proses pembelajarannya


2.
Tulisan siswa: negosiasi


3.
Presentasi lisan: negosiasi


4.
Lembar refleksi diri (dipakai untuk setiap kegiatan refleksi diri)


5.
Hasil pembelajaran keterampilan oleh guru


6.
Hasil pembelajaran keterampilan oleh siswa (evaluasi diri)


7.
Hasil pembelajaran keterampilan berpikir kritis


8.
Hasil pembelajaran keterampilan berkomunikasi efektif


9.
Hasil pembelajaran literasi teknologi



Jakarta, 15 Juli 2013
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 57 Jakarta                  Guru Bidang Pelajaran Bahasa Indonesia


Drs. Sodikin, MM.                                      Drs. Parmono, M.Pd.
     NIP. 196206111989031013.                       NIP. 196308211989031006

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS CERPEN TUKANG PIJIT KELILING

SOAL UTS 2015-2016

MENENTUKAN ISI PUISI, "TUHAN TELAH MENEGURMU"