RPP UNIT V NEGOISASI
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
UNIT V
NEGOSIASI
( RPP)
UNIT V
NEGOSIASI
Satuan
Pendidikan : SMA Negeri 57 Jakarta
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/2
Alokasi
Waktu : 34 x 45 menit (8
minggu)
KOMPETENSI INTI:
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.1
Memahami
struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
menjelaskan
isi teks
negosiasi
secara lisan atau tulisan
·
menentukan
struktur teks negosiasi secara lisan atau
tulisan
·
menentukan
kaidah penulisan teks negosiasi secara lisan atau tulisan
·
menjelaskan
karakteristik teks negosiasi secara lisan atau tulisan
·
mengungkapkan
penggunaan ragam atau jenis teks negosiasi
·
menjelaskan
penggunaan bahasa dalam teks negosiasi secara lisan atau tulisan
|
3.2
Membandingkan teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Mengidentifikasi
isi teks
negosiasi
·
Membandingkan
dua teks
negosiasi
berdasarkan: isi, struktur, kaidah, karakteristik, jenis atau ragam, bentuk,
bahasa dalam teks secara lisan atau tulisan
|
3.3 Menganalisis teks anekdot, laporan hasil
observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Menelaah
isi teks
negosiasi
·
Menganalisis
teks
negosiasi
berdasarkan: isi, struktur, kaidah, karakteristik, jenis atau ragam, bentuk,
bahasa dalam teks secara lisan atau tulisan
|
3.4 Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks,
dan negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun
tulisan
|
·
Menilai
isi teks
negosiasi
·
Mengevaluasi
teks negosiasi berdasarkan: isi,
struktur, kaidah, karakteristik, jenis atau ragam, bentuk, bahasa dalam teks
secara lisan atau tulisan
|
4.1 Menginterpretasi makna teks anekdot,
eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik
secara lisan maupun tulisan
|
·
Menyimpulkan
isi teks
negosiasi
·
Menentukan
tujuan penulisan teks negosiasi
·
Menginterpretasi
makna teks
negosiasi
berdasarkan: isi, struktur, kaidah, karakteristik, jenis atau ragam, bentuk,
bahasa dalam teks secara lisan atau tulisan
|
4.2 Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
|
·
Mengidentifikasi
isi teks
negosiasi
·
Menentukan
topik untuk memproduksi teks negosiasi
·
Menyusun
kerangka teks
negosiasi
·
Memproduksi
teks
negosiasi
berdasarkan kerangka yang telah dibuat dengan memperhatikan isi, struktur,
kaidah, karakteristik, jenis atau ragam, bentuk, bahasa, EYD dalam teks negosiasi secara lisan maupun
tulisan
|
4.3 Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan
maupun tulisan
|
·
Mengidentifikasi
isi teks
negosiasi
·
Menyunting
teks
negosiasi
yang telah dibuat berdasarkan isi, struktur, kaidah, karakteristik, jenis
atau ragam, bentuk, bahasa dalam teks negosiasi secara lisan maupun tulisan
|
4.4 Mengabstraksi teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun
tulisan
|
·
Mengidentifikasi
teks negosiasi yang telah dibaca
·
Mengabstraksi
teks
negosiasi
yang telah dibaca secara tertulis dengan memperhatikan penggunaan bahasa dan
EYD yang tepat
|
4.5 Mengonversi teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi ke dalam bentuk yang lain
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
·
Mengidentifikasi
teks
negosiasi
yang telah dibaca
·
Mengonversi
teks
negosiasi ke dalam bentuk lain dengan memperhatikan
penggunaan bahasa dan EYD yang tepat
|
PERTEMUAN 1
(HARI I):
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Memahami
pengertian negosiasi dalam cuplikan teks drama
2. Memahami
proses negosiasi dalam teks drama
B.
Materi Pembelajaran
Memahami makna
negosiasi dari cuplikan teks drama
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan
umum : berbasis teks
Metode : diskusi, pengamatan
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
Power
point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat
Komputer, infokus/OHP
3. Sumber Pembelajaran
Buku Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013., surat kabar, majalah, dan media elektronik
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Mengondisikan siswa untuk
belajar dan memotivasi siswa tentang memahami makna negosiasi dari cuplikan
teks drama, yaitu dengan memperkenalkan teks drama sederhana yang mengandung
proses tawar menawar (negosiasi) dan memiliki nilai-nilai sosial yang
berhubungan dengan masyarakat.
b. Apersepsi: bertanya jawab
mengenai cara memahami makna negosiasi dari cuplikan teks drama
1)
Apakah
Anda pernah membaca teks drama?
2)
Apakah
Anda dapat menemukan proses negosiasi dalam teks drama?
c. Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini tentang memahami makna negosiasi dari cuplikan teks drama
2.
Inti
a.
Membimbing
siswa untuk memahami materi dengan cara :
Mengamati
1)
Mengamati
pengertian negosiasi sebagai proses tawar menawar untuk mencapai kesepakatan
2)
Mengamati
tujuan proses negosiasi dalam menyelesaikan suatu masalah
3)
Mengamati
contoh teks drama yang berjudul Cinderela
4)
Mengamati
proses negosiasi melalui dialog drama dalam teks drama Cinderela
Menanya
1)
Mengajukan
pertanyaan mengenai pengertian negosiasi
2)
Mengajukan
pertanyaan mengenai makna negosiasi dari cuplikan teks drama
Pengumpulan
Data
1)
Mengumpulkan
data atau informasi tambahan mengenai makna negosiasi dari cuplikan teks drama
dari berbagai sumber (buku paket, media massa, dan internet)
2)
Mencari
teks drama sederhana yang di dalamnya mengandung unsur negosiasi
3)
Memahami
makna teks drama sederhana yang di dalamnya mengandung unsur negosiasi
Mengasosiasi
1)
Menyimpulkan
hasil pengamatan mengenai makna negosiasi dari cuplikan teks drama
Mengomunikasikan
1)
Mengomunikasikan
hasil pengamatan tentang makna negosiasi dari cuplikan teks drama dalam bentuk
laporan dan membacakan hasil laporan tersebut
b. Mendiskusikan hasil
laporan tentang makna negosiasi dalam teks drama dan menyimpulkan hasil
pengamatan dalam diskusi tersebut
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan
penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas
pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi
pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.
PERTEMUAN
II (HARI II)
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Memahami isi dialog drama
dengan kalimat respons dalam diskusi
2. Memahami langkah-langkah
yang harus dicermati di dalam proses diskusi
B.
Materi Pembelajaran
Membandingkan
isi dialog drama dengan kalimat respons dalam diskusi
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan
umum : berbasis teks
Metode : diskusi, pengamatan
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
Power
point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat
Komputer, infokus/OHP
3. Sumber Pembelajaran
Buku Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013., surat kabar, majalah, dan media elektronik
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Mengondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa tentang cara memahami isi dialog drama
dengan kalimat respons dalam diskusi. Kedua teks tersebut dikenalkan melalui
media massa dan membahas beberapa nilai sosial yang ada di dalam kedua teks
tersebut.
b.
Apersepsi:
bertanya jawab mengenai cara memahami isi dialog drama dengan kalimat respons
dalam diskusi
1)
Apakah
Anda tahu penggunaan kalimat respons dalam diskusi?
2)
Apakah responsive itu ?
c.
Menyampaikan
inti tujuan pembelajaran hari ini tentang pemahaman isi dialog drama dengan
kalimat respons dalam diskusi
2.
Inti
a.
Membimbing
siswa untuk memahami materi dengan cara :
Mengamati
1)
Mengamati
langkah-langkah dalam proses diskusi
2)
Mengamati
cara merespons isi pembicaraan
3)
Mengamati
dialog drama dengan kalimat respons dalam diskusi
Menanya
1) Mengajukan pertanyaan
tentang langkah-langkah dalam proses diskusi dan kalimat respons dalam dialog
Pengumpulan
Data
1)
Mengumpulkan
data atau informasi tambahan mengenai cara merespons dalam diskusi dari berbagai
sumber (buku paket, internet, dan media massa)
2)
Mengumpulkan
data atau informasi tambahan mengenai dialog drama dari berbagai sumber (buku
paket, internet, dan media massa)
Mengasosiasi
1) Menyimpulkan pemahaman
dari dialog drama dan kalimat respons dalam diskusi
Mengomunikasikan
1)
Mengomunikasikan
hasil pemahaman isi dialog drama dan kalimat respons dalam diskusi dalam bentuk
laporan dan membacakan hasil laporan tersebut
b.
Mendiskusikan
hasil pemahaman isi dialog drama dan kalimat respons dalam diskusi dan
menyimpulkan hasil perbandingan dalam diskusi tersebut.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan
penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas
pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi
pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.
PERTEMUAN
III (HARI III)
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Membandingkan isi dialog
drama dengan kalimat respons dalam diskusi
2. Mengetahui bahasa yang
digunakan dalam dua kalimat yang berbeda, yaitu kalimat dalam bentuk dialog
dalam drama dan kalimat respons dalam diskusi.
B.
Materi Pembelajaran
Membandingkan
isi dialog drama dengan kalimat respons dalam diskusi.
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan
umum : berbasis teks
Metode : diskusi, pengamatan.
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
Power
point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat
Komputer, infokus/OHP
3. Sumber Pembelajaran
Buku Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013., surat kabar, majalah, dan media elektronik.
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Mengondisikan siswa untuk
belajar dan memotivasi siswa tentang cara membandingkan isi dialog drama dengan
kalimat respons dalam diskusi. Kedua teks tersebut dikenalkan melalui media
massa dan membahas beberapa nilai sosial yang ada di dalam kedua teks tersebut.
b. Apersepsi: bertanya jawab
mengenai cara membandingkan isi dialog drama dengan kalimat respons dalam
diskusi
1) Apakah Anda tahu penggunaan
kalimat respons dalam diskusi?
c. Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini tentang membandingkan isi dialog drama dengan kalimat
respons dalam diskusi
2.
Inti
a. Membimbing siswa untuk
memahami materi dengan cara :
Mengamati
1) Mengamati contoh dua teks
yang berbeda, yaitu teks yang berisi dialog drama dan teks yang merupakan
kalimat respons hasil diskusi
2) Mengamati bahasa yang
digunakan di dalam dialog dan kalimat respons.
Menanya
1) Mengajukan pertanyaan
tentang perbandingan isi dialog drama dengan kalimat respons dalam diskusi.
Pengumpulan Data
1) Mengumpulkan data atau
informasi tambahan mengenai cara membandingkan dialog drama dari berbagai
sumber (buku paket, internet, dan media massa)
2) Membandingkan isi dialog
drama dengan kalimat respons dalam diskusi
Mengasosiasi
1) Menyimpulkan perbandingan
dari isi dialog drama dan kalimat respons dalam diskusi.
Mengomunikasikan
2) Mengomunikasikan hasil perbandingan
isi dialog drama dan kalimat respons dalam diskusi dalam bentuk laporan dan
membacakan hasil laporan tersebut
b. Mendiskusikan hasil perbandingan
isi dialog drama dan kalimat respons dalam diskusi dan menyimpulkan hasil
perbandingan dalam diskusi tersebut
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan
penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas
pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi
pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.
PERTEMUAN
IV (HARI IV)
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Memahami isi sebuah teks
berita yang mengandung unsur negosiasi.
B.
Materi Pembelajaran
Menganalisis
teks negosiasi yang terdapat dalam teks berita.
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan
umum : berbasis teks
Metode : diskusi, pengamatan.
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
Power
point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat
Komputer, infokus/OHP
3. Sumber Pembelajaran
Buku Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013., surat kabar, majalah, dan media elektronik.
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Mengondisikan siswa untuk
belajar dan memotivasi siswa terkait cara memahami teks negosiasi yang terdapat
dalam teks berita. Teks berita dapat dikenalkan melalui berita yang ada dalam
media massa yang mengandung unsur negosiasi dan nilai-nilai sosial dalam
masyarakat.
b. Apersepsi: bertanya jawab
mengenai cara memahami teks negosiasi yang terdapat dalam teks berita
1) Apakah Anda pernah
menemukan teks berita yang berisi unsur negosiasi?
c. Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini tentang cara memahami teks negosiasi yang terdapat dalam
teks berita.
2.
Inti
a. Membimbing siswa untuk
memahami materi dengan cara :
Mengamati
1) Mengamati isi teks berita
yang mengandung unsur negosiasi
2) Mengamati bentuk unsur negosiasi
dalam teks berita
Menanya
1) Mengajukan pertanyaan
tentang teks berita yang mengandung unsur negosiasi
Pengumpulan Data
1) Mengumpulkan data atau
informasi tambahan mengenai teks berita yang mengandung unsur negosiasi dari
berbagai sumber (buku paket, internet, dan media massa)
Mengasosiasi
1) Menyimpulkan unsur
negosiasi yang ada di dalam berita
Mengomunikasikan
1) Mengomunikasikan hasil pemahaman
tentang unsur negosiasi dalam teks berita dalam bentuk laporan dan membacakan
hasil laporan tersebut.
b. Mendiskusikan hasil pemahaman
tentang unsur negosiasi dalam teks berita dan menyimpulkan hasil pemahaman
tersebut dalam diskusi
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan
penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas
pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi
pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.
PERTEMUAN
V (HARI V)
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Menganalisis teks
negosiasi yang terdapat dalam teks berita
2. Melatih aspek
keterampilan berbahasa dalam mencermati teks negosiasi yang terdapat dalam teks
berita
B.
Materi Pembelajaran
Menganalisis
teks negosiasi yang terdapat dalam teks berita.
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan
umum : berbasis teks
Metode : diskusi, pengamatan
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
Power
point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat
Komputer, infokus/OHP
3. Sumber Pembelajaran
Buku Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo
Media Pratama, 2013., surat kabar, majalah, dan media elektronik
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Mengondisikan siswa untuk
belajar dan memotivasi siswa terkait cara menganalisis teks negosiasi yang
terdapat dalam teks berita. Teks berita dapat dikenalkan melalui berita yang
ada dalam media massa yang mengandung unsur negosiasi dan nilai-nilai sosial
dalam masyarakat.
b. Apersepsi: bertanya jawab
mengenai cara menganalisis teks negosiasi yang terdapat dalam teks berita
1) Menurut Anda, bagaimana cara
menganalisis teks negosiasi yang ada di dalam teks berita?
c. Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini tentang cara menganalisis teks negosiasi yang terdapat
dalam teks berita.
2.
Inti
a. Membimbing siswa untuk
memahami materi dengan cara :
Mengamati
1) Mengamati contoh teks
berita yang mengandung unsur negosiasi
2) Mengamat bahasa yang
digunakan dalam teks berita tersebut
Menanya
1) Mengajukan pertanyaan
tentang cara menganalisis unsur negosiasi dalam teks berita
Pengumpulan Data
1) Mengumpulkan data atau
informasi tambahan mengenai cara menganalisis unsur negosiasi dalam teks berita
2) Menganalisis teks berita
yang mengandung unsur negosiasi
Mengasosiasi
1) Menyimpulkan cara
menganalisis unsur negosiasi dalam teks berita
Mengomunikasikan
1) Mengomunikasikan hasil analisis
unsur negosiasi dalam teks berita dalam bentuk laporan dan membacakan hasil
laporan tersebut.
b. Mendiskusikan hasil
analisis unsur negosiasi dalam teks berita dan menyimpulkan hasil analisis
dalam diskusi tersebut.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan
penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas
pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi
pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.
PERTEMUAN
VI (HARI VI)
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Memahami pengertian dalam
menilai kadar negosiasi dalam teks berita
2. Menjelaskan kadar
negosiasi yang terkandung dalam teks berita sebagai salah satu keterampilan
berbica.
B.
Materi Pembelajaran
Menilai kadar
negosiasi dalam teks berita
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan
umum : berbasis teks
Metode : diskusi, pengamatan.
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
Power
point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat
Komputer, infokus/OHP
3. Sumber Pembelajaran
Buku Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013., surat kabar, majalah, dan media elektronik.
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Mengondisikan siswa untuk
belajar dan memotivasi siswa tentang memahami pengertian dalam menilai kadar
negosiasi dalam teks berita, yaitu dengan mengenalkan beberapa teks berita yang
mengandung unsur negosiasi, khususnya dalam bidang perekonomian atau masalah
dalam masyarakat lainnya.
b. Apersepsi: bertanya jawab
mengenai pemahaman dalam menilai kadar negosiasi dalam teks berita
1) Menurut Anda, apakah yang
dimaksud dengan menilai kadar negosiasi dalam teks berita?
c. Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini tentang cara menilai kadar negosiasi dalam teks berita.
2.
Inti
a. Membimbing siswa untuk
memahami materi dengan cara
Mengamati
1) Mengamati pengertian
dalam menilai kadar negosiasi dalam teks berita
2) Mengamati penggunaan
bahasa dalam teks berita yang mengandung kadar negosiasi
Menanya
1) Mengajukan pertanyaan
tentang tujuan menilai kadar negosiasi dalam teks berita
Pengumpulan Data
1) Mengumpulkan data atau
informasi tambahan mengenai cara menilai kadar negosiasi dalam teks berita dari
berbagai sumber (buku paket, media massa, dan internet)
Mengasosiasi
1) Menyimpulkan cara menilai
kadar negosiasi dalam teks berita
Mengomunikasikan
1) Mengomunikasikan hasil
penilaian kadar negosiasi dalam teks berita berdasarkan beberapa contoh teks
yang ditulis dalam bentuk laporan dan membacakan hasil laporan tersebut
b. Mendiskusikan hasil hasil
penilaian kadar negosiasi dalam teks berita berdasarkan beberapa contoh teks
yang ditulis dalam bentuk laporan dan dan menyimpulkan hasil penilaian dalam
diskusi.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan
penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas
pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi
pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.
PERTEMUAN
VII (HARI VII)
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Menilai kadar negosiasi
dalam teks berita
2. Mencermati penerapan
negosiasi dalam bentuk berita.
B.
Materi Pembelajaran
Menilai kadar
negosiasi dalam teks berita.
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan
umum : berbasis teks
Metode : diskusi, pengamatan.
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
Power
point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat
Komputer, infokus/OHP
3. Sumber Pembelajaran
Buku Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013., surat kabar, majalah, dan media elektronik.
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Mengondisikan siswa untuk
belajar dan memotivasi siswa tentang cara menilai kadar negosiasi dalam teks
berita, yaitu dengan mengenalkan beberapa teks berita yang mengandung unsur
negosiasi, khususnya dalam bidang perekonomian atau masalah dalam masyarakat
lainnya.
b. Apersepsi: bertanya jawab
mengenai cara menilai kadar negosiasi dalam teks berita
1) Apa saja hal yang perlu
Anda perhatikan ketika menilai kadar negosiasi dalam teks berita?
c. Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini tentang cara menilai kadar negosiasi dalam teks berita.
2.
Inti
a. Membimbing siswa untuk
memahami materi dengan cara :
Mengamati
1) Mengamati contoh teks
berita yang di dalamnya mengandung unsur negosiasi
2) Mengamati teks berita
berjudul ”Indonesia Lakukan Negosiasi dengan World Bank” dengan memperhatikan unsur negosiasi di dalam teks
tersebut
Menanya
1) Mengajukan pertanyaan
tentang beberapa hal yang penting yang berkaitan dengan negosiasi dan teks
berita
Pengumpulan Data
1) Menilai teks berita
berjudul ”Indonesia Lakukan Negosiasi dengan World Bank” dengan menentukan kadar negosiasi dalam teks tersebut
Mengasosiasi
1) Menyimpulkan penilaian
tentang teks berita berjudul ”Indonesia Lakukan Negosiasi dengan World Bank” dengan menentukan kadar
negosiasi dalam teks tersebut
Mengomunikasikan
1) Mengomunikasikan hasil
penilaian teks berita berjudul ”Indonesia Lakukan Negosiasi dengan World Bank” dengan menentukan kadar
negosiasi dalam teks tersebut dalam bentuk laporan dan membacakan hasil laporan
tersebut
b. Mendiskusikan hasil
penilaian tentang teks berita berjudul ”Indonesia Lakukan Negosiasi dengan World Bank” dengan menentukan kadar
negosiasi dalam teks tersebut dan menyimpulkan hasil penilaian dalam diskusi tersebut
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan
penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas
pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi
pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.
PERTEMUAN
VIII (HARI VIII)
A.
Tujuan Pembelajaran
1.
Memahami
beberapa komponen dalam proses negosiasi
2.
Memahami
cara menginterpretasikan makna negosiasi dalam teks berita.
B.
Materi Pembelajaran
Menginterpretasi
makna negosiasi dalam teks berita.
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan
umum : berbasis teks
Metode : diskusi, pengamatan.
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
Power
point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat
Komputer, infokus/OHP
3. Sumber Pembelajaran
Buku Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013., surat kabar, majalah, dan media elektronik.
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Mengondisikan siswa untuk
belajar dan memotivasi siswa dalam memahami makna negosiasi dalam teks berita.
Proses interpretasi dapat dikenalkan dengan memberikan contoh teks berita dan
menafsirkan makna dan tujuan dari teks berita tersebut.
b. Apersepsi: bertanya jawab
mengenai proses pemahaman makna negosiasi dalam teks berita
1) Apakah hal yang harus
diperhatikan dalam memahami makna negosiasi dalam teks berita?
c. Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini tentang cara memahami makna negosiasi dalam teks berita.
2.
Inti
a. Membimbing siswa untuk
memahami materi dengan cara :
Mengamati
1) Mengamati komponen dalam
proses negosiasi
2) Mengamati isi teks berita
yang mengandung unsur negosiasi
Menanya
1) Mengajukan pertanyaan
mengenai komponen dalam proses negosiasi
Pengumpulan Data
1) Mengumpulkan data atau
informasi tambahan mengenai cara menginterpretasikan makna negosiasi dalam teks
berita dari berbagai sumber (buku paket, internet, dan media massa)
Mengasosiasi
1) Menyimpulkan hasil pemahaman
mengenai makna teks negosiasi dalam teks berita
Mengomunikasikan
1) Mengomunikasikan hasil pemahaman
mengenai makna teks negosiasi dalam teks berita yang ditulis menjadi laporan
dan membacakan laporan tersebut
b. Mendiskusikan hasil pemahaman
mengenai makna teks negosiasi dalam teks berita dan menyimpulkan hasil pemahaman
tersebut di dalam diskusi.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan
penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas
pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi
pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.
PERTEMUAN
IX (HARI IX)
A.
Tujuan Pembelajaran
1.
Menginterpretasikan
unsur negosiasi yang ada di dalam teks berita
2.
Menyimpulkan
hasil interpretasi tentang negosiasi di dalam teks berita.
B.
Materi Pembelajaran
Menginterpretasi
makna negosiasi dalam teks berita.
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan
umum : berbasis teks
Metode : diskusi, pengamatan.
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
Power
point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat
Komputer, infokus/OHP
3. Sumber Pembelajaran
Buku Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013., surat kabar, majalah, dan media elektronik
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Mengondisikan siswa untuk
belajar dan memotivasi siswa dalam menginterpretasikan makna negosiasi dalam
teks berita. Proses interpretasi dapat dikenalkan dengan memberikan contoh teks
berita dan menafsirkan makna dan tujuan dari teks berita tersebut.
b. Apersepsi: bertanya jawab
mengenai proses menginterpretasikan makna negosiasi dalam teks berita
1) Apakah hal yang harus
diperhatikan dalam proses menginterpretasikan makna negosiasi dalam teks
berita?
c. Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini tentang cara menginterpretasi makna negosiasi dalam teks
berita.
2.
Inti
a. Membimbing siswa untuk
memahami materi dengan cara
Mengamati
1) Mengamati isi teks berita
yang mengandung unsur negosiasi
2) Mengamati contoh teks
berita yang mengandung unsur negosiasi
Menanya
1) Mengajukan pertanyaan mengenai
cara menginterpretasikan makna negosiasi dalam teks berita
Pengumpulan Data
1) Menginterpretasikan teks
berita yang berjudul ”Melalui Kontrak Nike, MU Ingin Tarik Kembali Ronaldo”
dengan memperhatikan unsur negosiasi dalam teks tersebut
Mengasosiasi
1) Menyimpulkan hasil
interpretasi teks berita yang berjudul ”Melalui Kontrak Nike, MU Ingin Tarik
Kembali Ronaldo” dengan memperhatikan unsur negosiasi dalam teks tersebut
Mengomunikasikan
1) Mengomunikasikan hasil
interpretasi teks berita yang berjudul ”Melalui Kontrak Nike, MU Ingin Tarik
Kembali Ronaldo” dengan memperhatikan unsur negosiasi dalam teks tersebut dalam
bentuk laporan dan membacakan laporan tersebut
b. Mendiskusikan hasil
laporan interpretasi teks berita yang berjudul ”Melalui Kontrak Nike, MU Ingin
Tarik Kembali Ronaldo” dengan memperhatikan unsur negosiasi dalam teks tersebut
dan menyimpulkan hasil diskusi tersebut.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan
penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas
pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi
pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.
PERTEMUAN
X (HARI X)
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Memahami cara berbahasa
yang sesuai dalam proses bernegosiasi
2. Mencermati hal-hal yang
perlu diperhatikan dalam mengungkapkan maksud bernegosiasi.
B.
Materi Pembelajaran
Teknik bernegosiasi.
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan
umum : berbasis teks
Metode : diskusi, pengamatan.
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media: Media
Power
point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat
Komputer, infokus/OHP
3. Sumber Pembelajaran
Buku Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013., surat kabar, majalah, dan media elektronik.
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Mengondisikan siswa untuk
belajar dan memotivasi siswa tentang cara berbahasa dalam bernegosiasi. Teknik
bernegosiasi dapat diperkenalkan melalui teks yang berisi dialog dan sedang menegosiasikan
suatu hal.
b. Apersepsi: bertanya jawab
mengenai cara berbahasa dalam bernegosiasi
1) Menurut Anda, apakah
manfaat dari negosiasi dalam kehidupan sehari-hari?
c. Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini tentang cara berbahasa dalam proses bernegosiasi
2.
Inti
a.
Membimbing siswa untuk memahami materi dengan cara
Mengamati
1) Mengamati cara
bernegosiasi
2) Mengamati kaidah
berbahasa dalam bernegosiasi
Menanya
1) Mengajukan pertanyaan
mengenai cara bernegosiasi
Pengumpulan Data
1) Mengumpulkan data atau informasi
tambahan mengenai cara bernegosiasi dari berbagai sumber (buku paket, media
massa, dan internet)
Mengasosiasi
1) Menyimpulkan cara bernegosiasi
dalam kehidupan sehari-hari
Mengomunikasikan
1) Mengomunikasikan cara
bernegosiasi dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk laporan dan membacakan
laporan tersebut
c.
Mendiskusikan
cara bernegosiasi dalam kehidupan sehari-hari dan menyimpulkannya dalam diskusi.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan
penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas
pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi
pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.
PERTEMUAN
XI (HARI XI)
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Memahami teknik
bernegosiasi baik secara lisan maupun tulisan
2. Melatih keterampilan
berbicara atau berdialog dalam proses negosiasi.
B.
Materi Pembelajaran
Teknik
bernegosiasi.
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan
umum : berbasis teks
Metode : diskusi, pengamatan.
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media: Media
Power
point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat
Komputer, infokus/OHP
3. Sumber Pembelajaran
Buku Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013., surat kabar, majalah, dan media elektronik.
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Mengondisikan siswa untuk
belajar dan memotivasi siswa dalam teknik bernegosiasi. Teknik bernegosiasi
dapat diperkenalkan melalui teks yang berisi dialog dan sedang menegosiasikan
suatu hal.
b. Apersepsi: bertanya jawab
mengenai teknik bernegosiasi
1) Menurut Anda, bagaimana
bentuk dari teknik bernegosiasi dalam kehidupan sehari-hari?
2) Apa saja hal yang perlu
diperhatikan ketika sedang bernegosiasi?
c. Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini tentang teknik bernegosiasi.
2.
Inti
a.
Membimbing siswa untuk memahami materi dengan cara :
Mengamati
1) Mengamati contoh teks
dialog yang berjudul ”Arti Seorang Sahabat”
2) Mengamati cara
bernegosiasi dalam teks dialog yang berjudul ”Arti Seorang Sahabat”
Menanya
1) Mengajukan pertanyaan
mengenai cara bernegosiasi
Pengumpulan Data
1) Mengumpulkan data atau
informasi tambahan mengenai teknik bernegosiasi dari berbagai sumber (buku
paket, internet, dan media massa)
2) Membuat dialog sederhana
yang mengandung unsur-unsur negosiasi
Mengasosiasi
1) Menyimpulkan cara
bernegosiasi dalam kehidupan sehari-hari
Mengomunikasikan
1) Mengomunikasikan hasil
penulisan dialog sederhana yang mengandung unsur-unsur negosiasi dalam bentuk
laporan dan membacakan laporan tersebut
b.
Mendiskusikan
hasil penulisan dialog sederhana yang mengandung unsur-unsur negosiasi dan
menyimpulkan hasil penulisan dialog dalam diskusi tersebut.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan
penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas
pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi
pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.
PERTEMUAN
XII (HARI XII)
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Memahami cara menyunting
teks negosiasi
2. Menjelaskan cara menyunting
teks negosiasi dengan memperhatikan aturan bahasa Indonesia yang benar.
B.
Materi Pembelajaran
Menyunting teks
negosiasi.
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan
umum : berbasis teks
Metode : diskusi, pengamatan.
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media: Media
Power
point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat
Komputer, infokus/OHP
3. Sumber Pembelajaran
Buku Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013., surat kabar, majalah, dan media elektronik.
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Mengondisikan siswa untuk
belajar dan memotivasi siswa dalam memahami cara menyunting teks negosiasi. Teks
negosiasi dapat dikenalkan dalam bentuk dialog attau berita yang dimuat dalam
media massa. Cermatilah dengan baik teks negosiasi tersebut sebagai pemahaman
bahasa yang digunakan dalam teks yang mengandung unsur negosiasi
b. Apersepsi: bertanya jawab
mengenai cara memahami proses menyunting teks negosiasi
1) Apa saja yang perlu
diperhatikan dalam memahami teks negosiasi?
c. Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini tentang cara memahami proses menyunting teks negosiasi.
2.
Inti
a. Membimbing siswa untuk
memahami materi dengan cara :
Mengamati
1) Mengamati pemakaian
bahasa dalam sebuah teks yang mengandung unsur negosiasi
2) Mengamati cara menyunting
teks negosiasi
3) Mengamati bahasa dan
gagasan penulis dalam teks negosiasi
Menanya
1) Mengajukan pertanyaan mengenai
bahasa dan gagasan penulis dalam teks negosiasi
2) Mengajukan pertanyaan
mengenai aturan bahasa dalam menyunting teks negosiasi
Pengumpulan Data
1) Mengumpulkan data atau
informasi tambahan mengenai proses menyunting teks negosiasi dari berbagai
sumber (buku paket, internet, dan media massa)
Mengasosiasi
1) Menyimpulkan tentang cara
menyunting teks negosiasi
2) Menyimpulkan aspek-aspek
bahasa yang perlu diperhatikan dalam menyunting teks negosiasi
Mengomunikasikan
1) Mengomunikasikan hasil pemahaman
tentang cara menyunting teks negosiasi dan membacakan hasil pemahaman tersebut
b. Mendiskusikan hasil pemahaman
tentang cara menyunting teks negosiasi dan menyimpul-kannya dalam diskusi
tersebut.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan
penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas
pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi
pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.
PERTEMUAN
XIII (HARI XIII)
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Menyunting teks negosiasi
dengan memperhatikan aturan bahasa Indonesia yang benar.
B.
Materi Pembelajaran
Menyunting
teks negosiasi.
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan
umum : berbasis teks
Metode : diskusi, pengamatan.
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media: Media
Power
point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat
Komputer, infokus/OHP
3. Sumber Pembelajaran
Buku Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013., surat kabar, majalah, dan media elektronik.
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Mengondisikan siswa untuk
belajar dan memotivasi siswa dalam menyunting teks negosiasi. Teks negosiasi
dapat dikenalkan dalam bentuk dialog attau berita yang dimuat dalam media
massa. Cermatilah dengan baik teks negosiasi tersebut sebagai pemahaman bahasa
yang digunakan dalam teks yang mengandung unsur negosiasi
b. Apersepsi: bertanya jawab
mengenai cara menyunting teks negosiasi
1) Apa saja yang perlu
diperhatikan dalam menyunting teks negosiasi?
c. Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini tentang cara menyunting teks negosiasi
2.
Inti
a. Membimbing siswa untuk
memahami materi dengan cara :
Mengamati
1) Mengamati bahasa dan
gagasan penulis dalam teks negosiasi
2) Mengamati teks berjudul
”Ahok Minta Penguasa Negosiasi dengan Pekerja” sebagai gambaran teks negosiasi
yang perlu disunting
Menanya
1) Mengajukan pertanyaan
menyunting teks negosiasi
Pengumpulan Data
1) Menyunting teks yang
berjudul ”Ahok Minta Penguasa Negosiasi dengan Pekerja” dengan memperhatikan
penggunaan bahasa yang benar dalam teks tersebut
Mengasosiasi
1) Menyimpulkan hasil
penyuntingan dari teks yang berjudul ”Ahok Minta Penguasa Negosiasi dengan
Pekerja” dengan memperhatikan penggunaan bahasa yang benar dalam artikel
tersebut
Mengomunikasikan
1) Mengomunikasikan hasil
penyuntingan dari teks yang berjudul ”Ahok Minta Penguasa Negosiasi dengan
Pekerja” dan membacakan hasil penyuntingan tersebut
b. Mendiskusikan hasil
penyuntingan dari teks yang berjudul ”Ahok Minta Penguasa Negosiasi dengan
Pekerja” dan menyimpulkan hasil penyuntingan dalam diskusi tersebut
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan
penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas
pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi
pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.
PERTEMUAN
XIV (HARI XIV)
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Memahami cara bernegosiasi
dengan menggunakan bahasa yang komunikatif
2. Memahami cara
menceritakan proses bernegosiasi dengan menggunakan bahasa yang runtut dan
jelas.
B.
Materi Pembelajaran
Menceritakan
proses negosiasi.
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan
umum : berbasis teks
Metode : diskusi, pengamatan.
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
Power
point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat
Komputer, infokus/OHP
3. Sumber Pembelajaran
Buku Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013., surat kabar, majalah, dan media elektronik.
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Mengondisikan siswa untuk
belajar dan memotivasi siswa dalam memahami cara bernegosiasi dengan bahasa
yang komunikatif.
b. Apersepsi: bertanya jawab
mengenai cara bernegosiasi dengan bahasa yang komunikatif
1) Apakah yang dimaksud bernegosiasi
dengan bahasa yang komunikatif?
c. Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini tentang cara bernegosiasi dengan bahasa yang komunikatif.
2.
Inti
a. Membimbing siswa untuk
memahami materi dengan cara
Mengamati
1) Mengamati proses
negosiasi dalam sebuah teks
2) Mengamati bahasa komunikatif
dalam bernegosiasi
Menanya
1) Mengajukan pertanyaan
tentang proses negosiasi dengan menggunakan bahasa yang komunikatif
Pengumpulan Data
1) Mengumpulkan data atau
informasi tambahan mengenai cara menceritakan proses negosiasi dari berbagai
sumber (buku paket, internet, dan media massa)
Mengasosiasi
1) Menyimpulkan tentang proses
negosiasi berdasarkan isi teks dan menggunakan bahasa yang komunikatif
Mengomunikasikan
1) Mengomunikasikan proses
negosiasi berdasarkan isi teks dan bahasa yang komunikatif dalam bentuk laporan
dan membacakan hasil laporan tersebut
b.
Mendiskusikan
proses negosiasi berdasarkan isi teks dan bahasa yang komunikatif dan menyimpulkannya
dalam diskusi.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan
penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas
pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi
pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.
PERTEMUAN
XV (HARI XV)
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Menceritakan proses
bernegosiasi dengan menggunakan bahasa yang runtut dan jelas
2. Melatih keterampilan
berbicara dengan mengemukakan proses negosiasi di depan kelas.
B.
Materi Pembelajaran
Menceritakan
proses negosiasi.
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan
umum : berbasis teks
Metode : diskusi, pengamatan.
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
Power
point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat
Komputer, infokus/OHP
3. Sumber Pembelajaran
Buku Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013., surat kabar, majalah, dan media elektronik
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Mengondisikan siswa untuk
belajar dan memotivasi siswa dalam menceritakan proses negosiasi. Penyampaian
proses negosiasi dapat diperkenalkan dengan membahas suatu hal yang berisi
negosiasi, kemudian hal tersebut diceritakan kembali dengan menggunakan bahasa
sendiri.
b. Apersepsi: bertanya jawab
mengenai cara menceritakan proses negosiasi
1) Apa saja langkah yang
diperlukan dalam menceritakan proses negosiasi?
c. Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini tentang cara menceritakan proses negosiasi.
2.
Inti
a. Membimbing siswa untuk
memahami materi dengan cara :
Mengamati
1) Mengamati bagian-bagian
teks yang untuk diceritakan kembali
2) Mengamati cara
penyampaian dan intonasi dalam menceritakan proses negosiasi
Menanya
1) Mengajukan pertanyaan
tentang cara penyampaian dan intonasi dalam menceritakan proses negosiasi
Pengumpulan Data
1) Mencari teks negosiasi
dari berbagai sumber (buku paket, media massa, dan internet)
2) Menceritakan proses
negosiasi dalam suatu teks dengan bahasa yang runtut dan jelas
Mengasosiasi
1) Menyimpulkan tentang cara
penyampaian dan intonasi dalam menceritakan proses negosiasi
2) Menyimpulkan proses
negosiasi yang telah diceritakan dengan menggunakan bahasa yang komunikatif
Mengomunikasikan
1) Mengomunikasikan hasil
menceritakan proses negosiasi berdasarkan isi teks dalam bentuk laporan dan
membacakan hasil laporan tersebut
b.
Mendiskusikan
hasil menceritakan proses negosiasi berdasarkan isi teks dan menyimpulkan hasil
bercerita dalam diskusi tersebut.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan
penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas
pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi
pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.
PERTEMUAN
XVI (HARI XVI)
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Memahami teks dialog dan
teks berita baik secara lisan maupun tulisan.
B.
Materi Pembelajaran
Mengubah teks
dialog menjadi teks berita.
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan
umum : berbasis teks
Metode : diskusi, pengamatan.
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
Power
point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat
Komputer, infokus/OHP
3. Sumber Pembelajaran
Buku Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013., surat kabar, majalah, dan media elektronik.
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Mengondisikan siswa untuk
belajar dan memotivasi siswa dalam memahami teks dialog dan teks berita. Teks
dialog dapat diperkenalkan dengan teks wawancara dan dikonversikan atau diubah
menjadi bagian teks berita
b. Apersepsi: bertanya jawab
mengenai cara memahami teks dialog dan teks berita
1) Bagaimana bentuk struktur
teks dialog dan teks berita?
c. Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini tentang cara memahami teks dialog dan teks berita
2.
Inti
a. Membimbing siswa untuk
memahami materi dengan cara :
Mengamati
1) Mengamati teks dialog dan
teks berita
Menanya
1) Mengajukan pertanyaan
tentang teks dialog dan teks berita
Pengumpulan Data
1) Mengumpulkan data atau
informasi tambahan mengenai cara mengubah teks dialog menjadi teks berita dari
berbagai sumber (buku paket, internet, dan media massa)
Mengasosiasi
1) Menyimpulkan perbedaan
dan persamaan dalam teks dialog dan teks berita
Mengomunikasikan
1) Mengomunikasikan hasil pemahaman
struktur teks dialog dan teks berita yang menggunakan dan menyimpulkan hasil
laporan tersebut
c. Mendiskusikan hasil pemahaman
struktur teks dialog dan teks berita dan menyimpulkan hasil pemahaman tersebut
di dalam diskusi.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan
penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas
pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi
pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.
PERTEMUAN
XVII (HARI XVII)
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Mengubah teks dialog
menjadi teks berita.
B.
Materi Pembelajaran
Mengubah
teks dialog menjadi teks berita.
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan
umum : berbasis teks
Metode : diskusi, pengamatan.
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
Power
point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat
Komputer, infokus/OHP
3. Sumber Pembelajaran
Buku Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013., surat kabar, majalah, dan media elektronik.
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Mengondisikan siswa untuk
belajar dan memotivasi siswa dalam mengubah teks dialog menjadi teks berita.
Teks dialog dapat diperkenalkan dengan teks wawancara dan dikonversikan atau
diubah menjadi bagian teks berita
b. Apersepsi: bertanya jawab
mengenai cara mengubah teks dialog menjadi teks berita
1) Bagaimana cara mengubah
teks dialog menjadi teks berita?
c. Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini tentang cara mengubah teks dialog menjadi teks berita.
2.
Inti
a. Membimbing siswa untuk
memahami materi dengan cara :
Mengamati
1) Mengamati cara mengubah
teks dialog menjadi teks berita
Menanya
2) Mengajukan pertanyaan
tentang teks dialog yang diubah menjadi teks berita
Pengumpulan Data
1) Mengumpulkan contoh tek
dialog yang diubah menjadi teks berita dari berbagai sumber (buku paket,
internet, dan media massa)
2) Mengubah teks dialog
menjadi teks berita dengan menggunakan tema lingkungan hidup manusia
Mengasosiasi
1) Menyimpulkan cara membuat
teks dialog menjadi teks berita
2) Menyimpulkan hasil
penulisan atau perubahan teks dialog menjadi teks berita yang menggunakan tema
lingkungan hidup manusia
Mengomunikasikan
1) Mengomunikasikan hasil
penulisan atau perubahan teks dialog menjadi teks berita yang menggunakan tema
lingkungan hidup manusia dalam bentuk laporan dan menyimpulkan hasil laporan
tersebut
b. Mendiskusikan hasil
penulisan atau perubahan teks dialog menjadi teks berita yang menggunakan tema
lingkungan hidup manusia dan menyimpulkan hasil penulisan dalam diskusi
tersebut.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan
penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas
pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi
pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.
PENILAIAN
1. Teknik
dan Bentuk Instrumen
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Pengamatan
Sikap
|
Lembar
Pengamatan Sikap
|
Tes
Unjuk Kerja
|
Tes
Uji Kerja
|
Tes
Tertulis
|
Tes
Uraian dan Pilihan
|
Portofolio
|
Panduan
Penyusunan Portofolio
|
2. Contoh
Instrumen
a.
Lembar Pengamatan Sikap
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Kriteria
|
Keterangan
|
|||
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
|||
1.
|
Menunjukkan
rasa syukur kepada Tuhan
|
|||||
2.
|
Memiliki
rasa ingin tahu dan
|
|||||
3.
|
Menunjukkan
ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu
maupun berkelompok
|
|||||
4.
|
Eksplorasi/penelitian
1)
Penguasaan topik
2)
Penggunaan berbagai referensi (buku,
majalah, laman, video, dokumen, koran, dll)
3)
Penggunaan referensi primer dan/atau
sekunder
|
|||||
5.
|
Pengorganisasian
komunikasi
1)
Formulasi pertanyaan, hipotesis, atau
tesis
2)
Evaluasi dan seleksi
informasi/pengetahuan
|
|||||
6.
|
Presentasi
lisan
1)
Pengorganisasian presentasi
(pengantar, penjelas, simpulan)
2)
Penggunaan bahasa dan kosakata terkait
topik
3)
Penggunaan kontak mata
4)
Penggunaan bahasa tubuh yang sesuai
5) Penggunaan beragam nada bicara
|
Keterangan:
18—20: sangat baik—sempurna
14—17: cukup—baik
10—13: sedang—cukup
7—9: sangat kurang—kurang
Deskripsi
sikap ini digunakan untuk pertimbangan dalam menentukan profil siswa (bukan
angkannya yang penting, tetapi deskripsi sikap siswa)
b.
Lembar Tes Unjuk Kerja
PENILAIAN KEGIATAN SISWA DALAM
PELAJARAN NEGOSIASI
Nama:
Judul:
Tanggal:
|
|||
ISI
|
Skor
|
Kriteria
|
Keterangan
|
27—30
|
Sangat baik—sempurna:
menguasai topik tulisan; substansif; abstrak-orientasi-krisis-reaksi-koda;
relevan dengan topik yang dibahas
|
||
22—26
|
Cukup—baik: cukup menguasai
permasalahan; cukup memadai; pengembangan tesis terbatas; relevan dengan
topik, tetapi kurang terperinci
|
||
17—21
|
Sedang—cukup: penguasaan
permasalahan terbatas; substansi kurang; pengembangan topik tidak memadai
|
||
13—16
|
Sangat kurang—kurang:
tidak menguasai permasalahan; tidak ada substansi; tidak relevan; tidak layak
dinilai
|
||
STRUKTUR
TEKS
|
18—20
|
Sangat baik—sempurna:
ekspresi lancar; gagasan terungkap padat, dengan jelas; tertata dengan baik;
urutan logis (abstrak-orientasi-krisis-reaksi-koda); kohesif
|
|
14—17
|
Cukup—baik: kurang
lancar; kurang terorganisasi, tetapi ide utama ternyatakan; pendukung
terbatas; logis, tetapi tidak lengkap
|
||
10—13
|
Sedang—cukup: tidak
lancar; gagasan kacau atau tidak terkait; urutan dan pengembangan kurang
logis
|
||
7—9
|
Sangat kurang—kurang:
tidak komunikatif; tidak terorganisasi; tidak layak dinilai
|
||
KOSAKATA
|
18—20
|
Sangat baik—sempurna:
penguasaan kata canggih; pilihan kata dan ungkapan efektif; menguasai
pembentukan kata; penggunaan register tepat
|
|
14—17
|
Cukup—baik: penguasaan
kata memadai; pilihan, bentuk, dan penggunaan kata/ungkapan kadang-kadang
salah, tetapi tidak mengganggu
|
||
10—13
|
Sedang—cukup: penguasaan
kata terbatas; sering terjadi kesalahan bentuk, pilihan, dan penggunaan
kosakata/ungkapan; makna membingungkan atau tidak jelas
|
||
7—9
|
Sangat kurang—kurang:
pengetahuan tentang kosakata, ungkapan, dan pembentukan kata rendah; tidak
layak nilai
|
||
KALIMAT
|
18—20
|
Sangat baik—sempurna:
konstruksi kompleks dan efektif; terdapat hanya sedikit kesalahan penggunaan
bahasa (urutan/fungsi kata, artikel, pronomina, preposisi)
|
|
14—17
|
Cukup—baik: konstruksi
sederhana, tetapi efektif; terdapat kesalahan kecil pada konstruksi kompleks;
terjadi sejumlah kesalahan penggunaan bahasa (fungsi/urutan kata, artikel,
pronomina, preposisi) tetapi makna cukup jelas
|
||
10—13
|
Sedang—cukup: terjadi
kesalahan serius dalam konstruksi kalimat tunggal/kompleks (sering terjadi
kesalahan pada kalimat, urutan/fungsi kata, artikel, pronomina, makna
membingungkan atau kabur
|
||
7—9
|
Sangat kurang—kurang:
tidak menguasai tata kalimat; terdapat banyak kesalahan; tidak komunikatif;
tidak layak nilai
|
||
MEKANIK
|
9—10
|
Sangat baik—sempurna:
menguasai aturan penulisan; terdapat sedikit kesalahan ejaan, tanda baca,
penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf
|
|
7—8
|
Cukup—baik:
kadang-kadang terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital,
dan penataan paragraf, tetapi tidak mengaburkan makna
|
||
4—6
|
Sedang—cukup: sering
terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan
paragraf; tulisan tangan tidak jelas; makna membingungkan atau kabur
|
||
1—3
|
Sangat kurang—kurang:
tidak menguasai aturan penulisan; terdapat banyak kesalahan ejaan, tanda
baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tidak terbaca;
tidak layak dinilai
|
c.
Lembar Tes Tertulis
1)
Negosiasi
dapat membantu penyelesaian masalah karena di dalam negosiasi kita melakukan
proses tawar-menawar. Apakah maksud pernyataan tersebut?
2)
Berikanlah
contoh sederhana dari proses negosiasi yang sering terjadi dalam kehidupan
sehari-hari.
3)
Menurut
Anda, apa manfaat dari proses negosiasi?
4)
Negosiasi
menjadi salah satu bentuk komunikasi dalam mencapai kesepakatan tertentu.
Jelaskanlah maksud dari pernyataan tersebut.
5)
Menurut
Anda, apa tujuan dari proses negosiasi?
6)
Buatlah
teks berita sederhana yang isinya mengandung unsur negosiasi
7)
Menurut
Anda, bagaimana cara bernegosiasi yang baik dan memperhatikan bahasa yang
tepat?
8)
Menurut
Anda, apa saja komponen penting dalam bernegosiasi?
9)
Apakah
ada unsur negosiasi dalam diskusi? Jika ada, jelaskanlah dengan singkat dan
jelas.
10) Menurut Anda, apa
pengaruh dan dampak dari negosiasi ke dalam kehidupan sehari-hari?
d.
Lembar Portofolio
Nama
|
|
Kelas
dan NIS
|
|
Tanggal
|
No
|
Jenis
|
Skor Maksimal
|
Skor yang Diperoleh
|
1.
|
Pengantar yang berupa
ringkasan pernyataan pribadi tentang diri sendiri (saat ini dan masa depan
yang dicita-citakan) dan ihwal artefak pilihan siswa sebagai materi
portofolio dan paparan proses pembelajarannya
|
||
2.
|
Tulisan siswa:
negosiasi
|
||
3.
|
Presentasi lisan:
negosiasi
|
||
4.
|
Lembar refleksi diri
(dipakai untuk setiap kegiatan refleksi diri)
|
||
5.
|
Hasil pembelajaran
keterampilan oleh guru
|
||
6.
|
Hasil pembelajaran
keterampilan oleh siswa (evaluasi diri)
|
||
7.
|
Hasil pembelajaran
keterampilan berpikir kritis
|
||
8.
|
Hasil pembelajaran
keterampilan berkomunikasi efektif
|
||
9.
|
Hasil pembelajaran
literasi teknologi
|
Jakarta, 15 Juli 2013
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 57 Jakarta Guru Bidang Pelajaran Bahasa Indonesia
Drs. Sodikin, MM. Drs.
Parmono, M.Pd.
NIP. 196206111989031013. NIP. 196308211989031006
Komentar