RPP UNIT III LAPORANOBSERVASI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
UNIT 3
LAPORAN HASIL OBSERVASI
                                                                                                     
Satuan Pendidikan    : SMA Negeri 57 Jakarta
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester           : X/1
Alokasi Waktu           : 20 x 45 menit (5 minggu)
KOMPETENSI INTI:
1.        Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.        Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.        Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.        Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
Indikator
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
·         menjelaskan  secara lisan atau tulisan isi laporan hasil observasi
·         menentukan struktur secara lisan atau tulisan laporan hasil observasi
·         menentukan kaidah penulisan  laporan hasil observasi
·         menjelaskan karakteristik  secara lisan atau tulisan laporan hasil observasi
·         mengungkapkan penggunaan ragam atau jenis  laporan hasil observasi
·         menjelaskan penggunaan bahasa secara lisan atau tulisan laporan hasil observasi
3.2 Membandingkan teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
·         Mengidentifikasi isi laporan hasil observasi
·         Membandingkan dua laporan hasil observasi berdasarkan: isi, struktur, kaidah, karakteristik, jenis atau ragam, bentuk, bahasa baik secara lisan atau tulisan laporan hasil observasi
3.3 Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
·         Menelaah isi  laporan hasil observasi
·         Menganalisis  berdasarkan: isi, struktur, kaidah, karakteristik, jenis atau ragam, bentuk, bahasa  secara lisan atau tulisan laporan hasil observasi
3.4 Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil  observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
·         Menilai isi  laporan hasil observasi
·         Mengevaluasi  berdasarkan: isi, struktur, kaidah, karakteristik, jenis atau ragam, bentuk, bahasa dalam  secara lisan atau tulisan laporan hasil observasi
4.1 Menginterpretasi makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
·         Menyimpulkan isi  laporan hasil observasi
·         Menentukan tujuan penulisan  laporan hasil observasi
·         Menginterpretasi makna  berdasarkan: isi, struktur, kaidah, karakteristik, jenis atau ragam, bentuk, bahasa dalam teks secara lisan atau tulisan laporan hasil observasi
4.2 Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
·         Mengidentifikasi isi  laporan hasil observasi
·         Menentukan topik untuk memproduksi  laporan hasil observasi
·         Menyusun kerangka  laporan hasil observasi
·         Memproduksi  kerangka laporan hasil observasi yang telah dibuat dengan memperhatikan isi, struktur, kaidah, karakteristik, jenis atau ragam, bentuk, bahasa, EYD dalam teks secara tulisan laporan hasil observasi
4.3 Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi sesuai dengan  struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
·         Mengidentifikasi isi  laporan hasil observasi
·         Menyunting laporan hasil observasi yang telah dibuat berdasarkan isi, struktur, kaidah, karakteristik, jenis atau ragam, bentuk, bahasa dalam  tulisan laporan hasil observasi
4.4 Mengabstraksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
·         Mengidentifikasi laporan hasil observasi yang telah dibaca
·         Mengabstraksi laporan hasil observasi yang telah dibaca secara tertulis dengan memperhatikan penggunaan bahasa dan EYD yang tepat
4.5 Mengonversi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
·         Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang telah dibaca
·         Mengonversi teks laporan hasil observasi ke dalam bentuk lain dengan memperhatikan penggunaan bahasa dan EYD yang tepat

PERTEMUAN 1 (HARI I):
A. Tujuan Pembelajaran
1.    Memahami pengertian laporan hasil observasi yang merupakan penelitian ilmiah dan berhubungan dengan gejala alam baik secara lisan maupun tulisan
2.    Memahami struktur laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa yang runtut dan ilmiah

B. Materi Pembelajaran
Memahami struktur laporan hasil observasi

C. Metode Pembelajaran
     Pendekatan umum  : Scinetific ilmiah berbasis teks
Metode                    : Discovery ,diskusi, pengamatan

D. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media
Power point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.    Alat
Komputer, infokus/OHP
3.    Sumber Pembelajaran
1.Bahasa Indonesia Ekpresi Diri dan Akademik, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia2013 Cetakan Ke-1
2.Cerdas Berbahasa Indonesia untuk Kelas X, Engkos Kosasih, Penerbit Erlangga, 2013.,   surat kabar, majalah, dan media elektronik

E. Kegiatan Pembelajaran
1.    Pendahuluan
a.    Mengondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait laporan hasil observasi yang dapat dilakukan terhadap masalah-masalah sosial yang ada di lingkungan sekitar.
b.    Apersepsi: bertanya jawab mengenai struktur laporan hasil observasi
1)   Apakah sajakah struktur yang membentuk sebuah laporan observasi?
2)   Masalah apa sajakah yang dapat dijadikan bahan penelitian observasi?
b.    Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang struktur laporan hasil observasi

2.    Inti
a.    Membimbing siswa untuk memahami materi dengan cara  :
Mengamati
1)   Memahami pengertian laporan hasil observasi sebagai penelitian ilmiah dan berhubungan dengan gejala atau fenomena alam
2)   Mengamati struktur laporan hasil observasi
Menanya
1)   Mengajukan pertanyaan mengenai laporan hasil observasi
2)   Mengajukan pertanyaan mengenai objek yang dapat dijadikan penelitian ilmiah
Pengumpulan Data
1)   Mengumpulkan data atau informasi tambahan mengenai struktur laporan hasil observasi dari berbagai sumber (buku paket, media massa, dan internet)
2)   Mencari contoh laporan hasil observasi yang membahas kontribusi kewirausahaan dalam perkembangan ekonomi Indonesia
Mengasosiasi
1)   Menyimpulkan struktur yang membangun laporan hasil observasi
Mengomunikasikan
1)   Mengomunikasikan hasil pengamatan dari contoh laporan hasil observasi mengenai kontribusi kewirausahaan dan perkembangan ekonomi Indonesia dalam bentuk laporan dan membacakan hasil laporan tersebut

b.    Mendiskusikan hasil laporan dan menyimpulkan hasil analisis struktur laporan hasil observasi mengenai kewirausahaan

3.    Penutup
              Mendorong siswa untuk melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.

PERTEMUAN II (HARI II)
A. Tujuan Pembelajaran
1.    Memahami pengertian laporan yang akurat dan laporan diskusi dalam kegiatan yang melatih keterampilan menganalisis suatu masalah secara lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa yang runtut dan ilmiah
2.    Memahami struktur laporan diskusi baik secara lisan maupun tulisan
3.    Memahami perbedaan struktur laporan hasil observasi dengan laporan hasil diskusi dengan cermat, baik secara lisan maupun tulisan
4.    Menjelaskan perbandingan struktur laporan hasil observasi dengan laporan hasil diskusi

B. Materi Pembelajaran
Membandingkan laporan hasil observasi dengan laporan hasil diskusi
C. Metode Pembelajaran
     Pendekatan umum  : Scinetific/ilmiah berbasis teks
Metode                    : Discovery ,diskusi, pengamatan

D. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media
Power point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.    Alat
Komputer, infokus/OHP
3.   Sumber Pembelajaran
a.          Bahasa Indonesia Ekpresi Diri dan Akademik, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia2013 Cetakan Ke-1
b.      Cerdas Berbahasa Indonesia untuk Kelas X, Engkos Kosasih, Penerbit Erlangga, 2013.,   surat kabar, majalah, dan media elektronik.

E. Kegiatan Pembelajaran
1.    Pendahuluan
a.    Mengondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa dalam memahami perbandingan laporan hasil observasi dengan laporan hasil diskusi yang berhubungan dengan masalah lingkungan dan masalah siswa di sekolah.
b.    Apersepsi: bertanya jawab mengenai perbandingan laporan hasil observasi dengan laporan hasil diskusi
1)   Apakah perbedaan laporan hasil observasi dengan laporan hasil diskusi?
2)   Apakah kedua teks tersebut bersifat objektif?
c.    Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang perbandingan laporan hasil observasi dengan laporan hasil diskusi.

2.    Inti
a.    Membimbing siswa untuk memahami materi dengan cara  :
Mengamati
1)   Memahami pengertian sebuah laporan
2)   Mengamati ciri-ciri laporan yang bersifat akurat
3)   Mengamati hal-hal yang penting di dalam sebuah diskusi
4)   Mengamati sistematika laporan diskusi
5)   Mengamati perbandingan laporan hasil observasi dengan laporan hasil diskusi
Menanya
1)   Mengajukan pertanyaan mengenai sistematika laporan hasil diskusi
2)   Mengajukan pertanyaan mengenai perbedaan laporan hasil observasi dengan laporan hasil diskusi
Pengumpulan Data
1)   Mengumpulkan data atau informasi tambahan mengenai perbedaan laporan hasil observasi dengan laporan hasil diskusi dari berbagai sumber (buku paket, media massa, dan internet)
2)   Mencari contoh laporan hasil observasi tentang masalah siswa di sekolah dan laporan diskusi tentang masalah lingkungan dari berbagai sumber (buku, media massa dan elektronik)
3)   Menuliskan perbandingan antara laporan hasil observasi dengan laporan hasil diskusi
Mengasosiasi
1)   Menyimpulkan perbandingan antara laporan hasil observasi dengan laporan hasil diskusi
Mengomunikasikan
1)   Mengomunikasikan hasil perbandingan antara laporan hasil observasi dengan laporan hasil diskusi dan membacakan hasil perbandingan tersebut

b.    Mendiskusikan hasil laporan dan menyimpulkan hasil perbandingan antara laporan hasil observasi dengan laporan hasil diskusi.

3.    Penutup
              Mendorong siswa untuk melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.

PERTEMUAN III (HARI III)
A. Tujuan Pembelajaran
1.    Memahami pengertian karya ilmiah yang memenuhi kaidah dan etika keilmuan
2.    Memahami beberapa jenis karangan ilmiah
3.    Memahami beberapa bagian inti dari laporan hasil observasi berdasarkan kaidah ilmiah
4.    Memahami cara menganalisis laporan hasil observasi dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan baik secara lisan maupun tulisan.

B. Materi Pembelajaran
Menganalisis laporan hasil observasi.

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan umum  : berbasis teks
Metode                    : diskusi, pengamatan, observasi literatur.

D. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media
Power point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.    Alat
Komputer, infokus/OHP
3.    Sumber Pembelajaran
a.    Bahasa Indonesia Ekpresi Diri dan Akademik, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia2013 Cetakan Ke-1
b.    Cerdas Berbahasa Indonesia untuk Kelas X, Engkos Kosasih, Penerbit Erlangga, 2013.,   surat kabar, majalah, dan media elektronik

E. Kegiatan Pembelajaran
1.    Pendahuluan
a.    Mengondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa tentang cara menganalisis laporan hasil observasi dengan melihat masalah yang ada di lingkungan sekolah dan masyarakat
b.    Apersepsi: bertanya jawab mengenai cara menganalisis laporan hasil observasi
1)   Apa saja hal yang harus diperhatikan ketika Anda menganalisis laporan hasil observasi?
2)   Apakah hasil analisis sebuah laporan hasil observasi harus dijelaskan dengan ilmiah?
c.    Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang cara menganalisis laporan hasil observasi
2.    Inti
a.    Membimbing siswa untuk memahami materi dengan cara  :
Mengamati
1)   Mengamati laporan tertulis berupa karya ilmiah
2)   Mengamati beberapa bagian inti dari laporan hasil observasi
3)   Mengamati contoh laporan hasil observasi
Menanya
1)   Mengajukan pertanyaan mengenai laporan karya ilmiah
2)   Mengajukan pertanyaan mengenai cara menganalisis laporan hasil observasi
Pengumpulan Data
1)   Mengumpulkan data atau informasi tambahan mengenai cara menganalisis laporan observasi dari berbagai sumber (buku paket, media massa, dan internet)
2)   Mencari contoh laporan hasil observasi teks anekdot dan hasil analisisnya
3)   Menganalisis laporan hasil observasi tentang pembelajaran siswa di sekolah
Mengasosiasi
1)   Menyimpulkan hasil analisis laporan hasil observasi dengan menggunakan bahasa yang jelas dan logis
Mengomunikasikan
1)   Mengomunikasikan hasil analisis laporan hasil observasi dalam bentuk laporan dan membacakan hasil laporan tersebut

b.    Mendiskusikan hasil laporan analisis dan menyimpulkan hasil analisis laporan hasil observasi tersebut.



3.    Penutup
              Mendorong siswa untuk melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.

PERTEMUAN IV (HARI IV)
A. Tujuan Pembelajaran
1.    Memahami cara menilai laporan hasil observasi secara lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa yang runtut dan jelas
2.    Menjelaskan hasil penilaian dari laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan.

B. Materi Pembelajaran
Menilai laporan hasil observasi.

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan umum  : berbasis teks
Metode                    : diskusi, pengamatan, observasi literatur.

D. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media
Power point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.    Alat
Komputer, infokus/OHP
3.    Sumber Pembelajaran
1.Bahasa Indonesia Ekpresi Diri dan Akademik, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia2013 Cetakan Ke-1
  2.Cerdas Berbahasa Indonesia untuk Kelas X, Engkos Kosasih, Penerbit Erlangga, 2013.,   surat kabar, majalah, dan media elektronik

E. Kegiatan Pembelajaran
1.    Pendahuluan
a.    Mengondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa tentang cara menilai laporan hasil observasi
b.    Apersepsi: bertanya jawab mengenai penilaian laporan hasil observasi
1)   Apakah hal yang harus diperhatikan dalam proses penilaian laporan hasil observasi?
2)   Mengapa saat menilai laporan hasil observasi perlu memperhatikan cara penulisan laporan tersebut?
c.    Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang cara menilai laporan hasil observasi.

2.    Inti
a.    Membimbing siswa untuk memahami materi dengan cara 
Mengamati
1)   Mengamati cara memberikan penilaian terhadap laporan hasil observasi
2)   Mengamati isi laporan hasil observasi yang akan diberikan penilaian
Menanya
1)   Mengajukan pertanyaan mengenai hal-hal penting dalam menilai laporan hasil observasi
2)   Mengajukan pertanyaan mengenai cara penilaian laporan hasil observasi
Pengumpulan Data
1)   Mengumpulkan data atau informasi tambahan mengenai cara menilai laporan hasil observasi dari berbagai sumber (buku paket, media massa, dan internet)
2)   Menilai laporan hasil observasi dengan memperhatikan kaidah dan bahasa ilmiah laporan tersebut
Mengasosiasi
1)   Menyimpulkan hasil penilaian laporan observasi dengan menggunakan bahasa yang jelas dan logis
Mengomunikasikan
1)   Mengomunikasikan hasil penilaian tentang laporan observasi dalam bentuk laporan dan membacakan hasil laporan tersebut

b.    Mendiskusikan hasil penilaian isi laporan hasil observasi dan menyimpulkan hasil laporan tersebut.

3.    Penutup
              Mendorong siswa untuk melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.

PERTEMUAN V (HARI V)
A. Tujuan Pembelajaran
1.    Memahami cara menginterpretasikan laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa yang runtut, jelas, dan ilmiah 
2.    Menjelaskan hasil interpretasi laporan hasil observasi yang telah dibaca baik secara lisan maupun tulisan.

B. Materi Pembelajaran
Menginterpretasikan laporan hasil observasi.

C. Metode Pembelajaran
      Pendekatan umum : Scinetific/ilmiah berbasis teks
Metode                    : Discovery, diskusi, pengamatan, observasi literatur

D. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media
Power point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.    Alat
Komputer, infokus/OHP
3.    Sumber Pembelajaran
1.Bahasa Indonesia Ekpresi Diri dan Akademik, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia2013 Cetakan Ke-1
  2.Cerdas Berbahasa Indonesia untuk Kelas X, Engkos Kosasih, Penerbit Erlangga, 2013.,   surat kabar, majalah, dan media elektronik

E. Kegiatan Pembelajaran
1.    Pendahuluan
a.    Mengondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa tentang cara menginterpretasikan laporan hasil observasi
b.    Apersepsi: bertanya jawab mengenai penafsiran atau interpretasi laporan hasil observasi
1)   Apakah hal yang harus diperhatikan dalam menginterpretasikan laporan hasil observasi?
2)   Mengapa saat menginterpretasikan laporan hasil observasi diperlukan pemahaman suatu masalah dengan baik?
c.    Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang cara menginterpretasikan laporan hasil observasi
2.    Inti
a.    Membimbing siswa untuk memahami materi dengan cara  :
Mengamati
1)   Mengamati hal-hal yang diperlukan untuk melakukan interpretasi dalam laporan hasil observasi
2)   Mengamati cara menginterpretasi laporan hasil observasi
Menanya
1)   Mengajukan pertanyaan mengenai proses menafsirkan laporan hasil observasi
2)   Mengajukan pertanyaan mengenai wawasan yang diperlukan di dalam menafsirkan laporan hasil observasi
Pengumpulan Data
1)   Mengumpulkan data atau informasi tambahan mengenai cara menafsirkan laporan hasil observasi dari berbagai sumber (buku paket, media massa, dan internet)
2)   Menginterpretasikan laporan hasil observasi yang berhubungan dengan masalah kegiatan belajar mengajar di sekolah
Mengasosiasi
1)   Menyimpulkan hasil laporan hasil observasi tentang masalah kegiatan belajar mengajar di sekolah
Mengomunikasikan
1)   Mengomunikasikan hasil interpretasi laporan hasil observasi dalam bentuk laporan dan membacakan hasil laporan tersebut

b.    Mendiskusikan hasil laporan dan menyimpulkan hasil interpretasi laporan hasil observasi tersebut

3.    Penutup
              Mendorong siswa untuk melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.

PERTEMUAN VI (HARI VI)
A. Tujuan Pembelajaran
1.    Memahami teknik menulis teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa dan kaidah ilmiah
2.    Memahami langkah-langkah kegiatan dalam melakukan penelitian atau observasi
3.    Menjelaskan teknik menulis laporan hasil observasi yang telah dibuat baik secara lisan maupun tulisan.

B. Materi Pembelajaran
Teknik menulis laporan hasil observasi.

C. Metode Pembelajaran
      Pendekatan umum : Scinetific/ilmiah berbasis teks
Metode                    : Discovery,diskusi, pengamatan, observasi literatur,

D. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media
Power point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.    Alat
Komputer, infokus/OHP
3.    Sumber Pembelajaran
1.Bahasa Indonesia Ekpresi Diri dan Akademik, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia2013 Cetakan Ke-1
  2.Cerdas Berbahasa Indonesia untuk Kelas X, Engkos Kosasih, Penerbit Erlangga, 2013.,   surat kabar, majalah, dan media elektronik

E. Kegiatan Pembelajaran
1.    Pendahuluan
a.    Mengondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa tentang teknik menulis laporan hasil observasi dengan memperlihatkan berbagai masalah sosial yang dapat dijadikan bahan penelitian observasi
b.    Apersepsi: bertanya jawab mengenai teknik menulis laporan hasil observasi
1)   Apakah hal yang harus diperhatikan dalam teknik menulis laporan hasil observasi?
c.    Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang cara menulis laporan hasil observasi
2.    Inti
a.    Membimbing siswa untuk memahami materi dengan cara  :
Mengamati
1)   Memahami teknik menulis laporan hasil observasi
2)   Mengamati beberapa langkah yang penting dalam proses penulisan laporan hasil observasi
Menanya
1)   Mengajukan pertanyaan mengenai teknik penulisan laporan hasil observasi
Pengumpulan Data
1)   Mengumpulkan data atau informasi tambahan mengenai teknik penulisan laporan hasil observasi dari berbagai sumber (buku paket, media massa, dan internet)
Mengasosiasi
1)   Menyimpulkan hasil cara menulis laporan observasi yang telah selesai ditulis berdasarkan masalah yang ditentukan dan kaidah ilmiah
Mengomunikasikan
1)   Mengomunikasikan hasil pengamatan mengenai ciri laporan dan langkah-langkah penulisan hasil observasi dan membacakan hasil laporan tersebut

b.    Mendiskusikan hasil pengamatan mengenai ciri dan langkah-langkah penulisan hasil observasi dan menyimpulkan pengamatan tersebut.

3.    Penutup
              Mendorong siswa untuk melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.


PERTEMUAN VII (HARI VII)
A. Tujuan Pembelajaran
1.    Menulis laporan hasil observasi yang telah dibuat baik secara lisan maupun tulisan
2.    Melatih keterampilan menulis, terutama dalam menulis laporan hasil observasi

B. Materi Pembelajaran
Teknik menulis laporan hasil observasi.

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan umum  : berbasis teks
Metode                    : diskusi, pengamatan, observasi literatur, observasi lapangan.

D. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media
Power point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.    Alat
Komputer, infokus/OHP
3.    Sumber Pembelajaran
1.Bahasa Indonesia Ekpresi Diri dan Akademik, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia2013 Cetakan Ke-1
  2.Cerdas Berbahasa Indonesia untuk Kelas X, Engkos Kosasih, Penerbit Erlangga, 2013.,   surat kabar, majalah, dan media elektronik

E. Kegiatan Pembelajaran
1.    Pendahuluan
a.    Mengondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa tentang penulisan laporan hasil observasi dengan memperlihatkan berbagai masalah sosial yang dapat dijadikan bahan penelitian observasi
b.    Apersepsi: bertanya jawab mengenai penulisan laporan hasil observasi
1)   Apakah perlu ada tema tertentu dalam menulis laporan hasil observasi?
c.    Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang penulisan laporan hasil observasi
2.    Inti
a.    Membimbing siswa untuk memahami materi dengan cara  :
Mengamati
1)   Mengamati beberapa langkah yang penting dalam proses penulisan laporan hasil observasi
2)   Mengamati permasalahan yang akan dijadikan bahan penelitian dalam observasi
Menanya
1)   Mengajukan pertanyaan mengenai masalah yang dapat dijadikan bahan penelitian observasi
Pengumpulan Data
1)   Mencari tema atau masalah yang terjadi di lingkungan sekolah sebagai bahan penelitian observasi
2)   Menentukan masalah yang akan dibahas dalam penelitian observasi
3)   Menulis laporan observasi sesuai dengan masalah yang telah ditentukan dan disusun berdasarkan kaidah ilmiah
Mengasosiasi
1)   Menyimpulkan hasil penulisan laporan observasi yang telah selesai ditulis berdasarkan masalah yang ditentukan dan kaidah ilmiah
Mengomunikasikan
1)   Mengomunikasikan hasil penulisan laporan hasil observasi dan membacakan hasil laporan tersebut

b.    Mendiskusikan hasil penulisan laporan hasil observasi dan menyimpulkan penulisan laporan tersebut

3.    Penutup
             Mendorong siswa untuk melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.

PERTEMUAN VIII (HARI VIII)
A. Tujuan Pembelajaran
1.    Memahami cara menyunting laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan
2.    Menjelaskan cara menyunting teks yang telah diterapkan pada laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan
3.    Memahami kaidah bahasa dalam proses menyunting teks laporan hasil observasi.

B. Materi Pembelajaran
Menyunting laporan hasil observasi.

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan umum  : berbasis teks
Metode                    : diskusi, pengamatan, observasi literatur.

D. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media
Power point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.    Alat
Komputer, infokus/OHP
3.    Sumber Pembelajaran
a.             Bahasa Indonesia Ekpresi Diri dan Akademik, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia2013 Cetakan Ke-1
b.            Cerdas Berbahasa Indonesia untuk Kelas X, Engkos Kosasih, Penerbit Erlangga, 2013.,   surat kabar, majalah, dan media elektronik
E. Kegiatan Pembelajaran
1.    Pendahuluan
a.    Mengondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa tentang menyunting laporan hasil observasi
b.    Apersepsi: bertanya jawab mengenai cara menyunting laporan hasil observasi
1)   Menurut Anda, hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan saat menyunting laporan hasil observasi?
2)   Mengapa laporan hasil observasi harus menuruti kaidah ilmiah dalam penyusunannya?
c.    Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang cara menyunting laporan hasil observasi
2.    Inti
a.    Membimbing siswa untuk memahami materi dengan cara 
Mengamati
1)   Mengamati cara menyunting laporan hasil observasi
2)   Mengamati penggunaan kaidah bahasa dalam menyunting laporan hasil observasi, terutama dalam aturan penulisan judul laporan
Menanya
1)   Mengajukan pertanyaan tentang proses menyunting laporan hasil observasi
2)   Mengajukan pertanyaan tentang kaidah bahasa yang harus diperhatikan dalam menyunting laporan hasil observasi
Pengumpulan Data
1)   Mengumpulkan data atau informasi tambahan mengenai proses menyunting laporan hasil observasi dari berbagai sumber (buku paket, media massa, dan internet)
2)   Menyunting laporan hasil observasi
Mengasosiasi
1)   Menyimpulkan tentang proses penyuntingan laporan hasil observasi
Mengomunikasikan
1)   Mengomunikasikan hasil penyuntingan laporan hasil observasi dan membacakan hasil penyuntingan tersebut

b.    Mendiskusikan hasil penyuntingan laporan hasil observasi dan menyimpulkan hasil penyuntingan tersebut

3.    Penutup
              Mendorong siswa untuk melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.



PERTEMUAN IX (HARI IX)
A. Tujuan Pembelajaran
1.    Menjelaskan laporan hasil observasi yang telah diteliti dengan menyampaikan simpulan dari penelitian yang telah dilakukan dengan data yang ilmiah
2.    Melatih kemandirian dalam bercerita atau menjelaskan sesuatu di depan kelas atau umum.

B. Materi Pembelajaran
Menjelaskan laporan hasil observasi.

C. Metode Pembelajaran
      Pendekatan umum Scinetific/ilmiah berbasis teks
Metode                    : Discovery ,diskusi, pengamatan

D. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media
Power point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.    Alat
Komputer, infokus/OHP
3.    Sumber Pembelajaran
a.       Bahasa Indonesia Ekpresi Diri dan Akademik, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia2013 Cetakan Ke-1
b.      Cerdas Berbahasa Indonesia untuk Kelas X, Engkos Kosasih, Penerbit Erlangga, 2013.,   surat kabar, majalah, dan media elektronik

E. Kegiatan Pembelajaran
1.    Pendahuluan
a.    Mengondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa tentang cara menjelaskan laporan hasil observasi
b.    Apersepsi: bertanya jawab tentang cara menjelaskan laporan hasil observasi
1)   Menurut Anda, apakah yang harus diperhatikan ketika seseorang menjelaskan suatu hal di depan khalayak umum?
2)   Bagaimana cara menjelaskan laporan hasil observasi dengan baik?
c.    Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang menjelaskan laporan hasil observasi
2.    Inti
a.    Membimbing siswa untuk memahami materi dengan cara  :
Mengamati
1)   Mengamati contoh atau laporan observasi yang telah dibuat dan mengambil simpulan dari laporan observasi tersebut
2)   Mengamati hal-hal penting dalam laporan hasil observasi yang harus dijelaskan dengan bahasa yang singkat dan logis
Menanya
1)   Mengajukan pertanyaan tentang cara menjelaskan laporan hasil observasi
2)   Mengajukan pertanyaan tentang hal-hal penting dalam laporan observasi yang perlu dijelaskan di depan kelas
Pengumpulan Data
1)   Mengumpulkan data atau informasi tambahan mengenai cara menjelaskan laporan hasil observasi dari berbagai sumber (buku paket, media massa, dan internet)
2)   Menjelaskan laporan hasil observasi dengan bahasa yang logis dan jelas
Mengasosiasi
1)   Menyimpulkan tentang cara menjelaskan laporan hasil observasi
2)   Menyimpulkan hal-hal penting yang perlu dijelaskan dari laporan hasil observasi
Mengomunikasikan
1)   Menyampaikan (menceritakan) laporan hasil observasi dengan menggunakan bahasa, ekspresi, dan intonasi yang baik

b.    Mendiskusikan hasil penjelasan laporan hasil observasi dan menyimpulkan isi penjelasan tersebut

3.    Penutup
              Mendorong siswa untuk melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.

PERTEMUAN X (HARI X)
A. Tujuan Pembelajaran
1.    Memahami cara mempresentasikan laporan hasil observasi dengan jelas dan singkat
2.    Melatih kreativitas dan kemandirian dalam mengubah sebuah laporan tertulis menjadi laporan presentasi yang perlu dijelaskan secara langsung.

B. Materi Pembelajaran
Mempresentasikan laporan hasil observasi.

C. Metode Pembelajaran
     Pendekatan umum  : Scinetific/ilmiah berbasis teks
Metode                    : Discovery diskusi, pengamatan
D. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media
Power point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.    Alat
Komputer, infokus/OHP
3.    Sumber Pembelajaran
a.           Bahasa Indonesia Ekpresi Diri dan Akademik, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia2013 Cetakan Ke-1
b.      Cerdas Berbahasa Indonesia untuk Kelas X, Engkos Kosasih, Penerbit Erlangga, 2013.,   surat kabar, majalah, dan media elektronik

E. Kegiatan Pembelajaran
1.    Pendahuluan
a.    Mengondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa tentang cara mempresentasikan laporan hasil observasi
b.    Apersepsi: bertanya jawab tentang cara mempresentasikan laporan hasil observasi
1)   Bagaimana sebuah laporan observasi tertulis diubah menjadi laporan presentasi?
2)   Apa saja hal penting yang harus diperhatikan ketika mempresentasikan laporan observasi?
c.    Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang mempresentasikan laporan observasi
2.    Inti
a.    Membimbing siswa untuk memahami materi dengan cara  :
Mengamati
1)   Mengamati isi laporan observasi yang telah dibuat berdasarkan masalah tertentu
2)   Mengamati beberapa hal penting yang ada di dalam laporan hasil penelitian tersebut
3)   Mengamati cara berbahasa, ekspresi, dan intonasi dalam mempresentasikan laporan hasil observasi
Menanya
1)   Mengajukan pertanyaan tentang cara mempresentasikan laporan hasil observasi
2)   Mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang harus diperhatikan dalam mempresentasikan laporan hasil observasi
Pengumpulan Data
1)   Mengumpulkan data atau informasi tambahan mengenai cara mempresentasikan laporan hasil observasi dari berbagai sumber (buku paket, media massa, dan internet)
2)   Mempresentasikan laporan hasil observasi berdasarkan kaidah ilmiah
Mengasosiasi
1)   Menyimpulkan isi presentasi laporan hasil observasi
Mengomunikasikan
1)   Menyampaikan hasil presentasi laporan observasi dalam bentuk laporan dan membacakan hasil laporan tersebut
b.    Mendiskusikan hasil presentasi laporan hasil observasi dan menyimpulkan hasil laporan tersebut

3.    Penutup
             Mendorong siswa untuk melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.

PENILAIAN
1. Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
Bentuk Instrumen
Pengamatan Sikap
Lembar Pengamatan Sikap
Tes Unjuk Kerja
Tes Uji Kerja
Tes Tertulis
Tes Uraian dan Pilihan
Portofolio
Panduan Penyusunan Portofolio

2. Contoh Instrumen
a. Lembar Pengamatan Sikap
No
Aspek yang dinilai
Kriteria
Keterangan
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
1.
Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan





2.
Memiliki rasa ingin tahu dan





3.
Menunjukkan ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok





4.
Eksplorasi/penelitian
1)    Penguasaan topik
2)    Penggunaan berbagai referensi (buku, majalah, laman, video, dokumen, koran, dll)
3)    Penggunaan referensi primer dan/atau sekunder





5.
Pengorganisasian komunikasi
1)      Formulasi pertanyaan, hipotesis, atau tesis
2)      2)  Evaluasi dan seleksi informasi/pengetahuan





6.
Presentasi lisan
1)      Pengorganisasian presentasi (pengantar, penjelas, simpulan)
2)      Penggunaan bahasa dan kosakata terkait topik
3)      Penggunaan kontak mata
4)      Penggunaan bahasa tubuh yang sesuai
5)      5)   Penggunaan beragam nada bicara






Keterangan:
18—20: sangat baik—sempurna
14—17: cukup—baik
10—13: sedang—cukup
7—9: sangat kurang—kurang

Deskripsi sikap ini digunakan untuk pertimbangan dalam menentukan profil siswa (bukan angkannya yang penting, tetapi deskripsi sikap siswa)

b. Lembar Tes Unjuk Kerja

PENILAIAN KEGIATAN SISWA DALAM PELAJARAN LAPORAN HASIL OBSERVASI
Nama:
Judul:                                                                                                                                                                                                                                    Tanggal:
ISI
Skor
Kriteria
Keterangan
27—30
Sangat baik—sempurna: menguasai topik tulisan; substansif; abstrak-orientasi-krisis-reaksi-koda; relevan dengan topik yang dibahas

22—26
Cukup—baik: cukup menguasai permasalahan; cukup memadai; pengembangan tesis terbatas; relevan dengan topik, tetapi kurang terperinci

17—21
Sedang—cukup: penguasaan permasalahan terbatas; substansi kurang; pengembangan topik tidak memadai

13—16
Sangat kurang—kurang: tidak menguasai permasalahan; tidak ada substansi; tidak relevan; tidak layak dinilai

STRUKTUR TEKS
18—20
Sangat baik—sempurna: ekspresi lancar; gagasan terungkap padat, dengan jelas; tertata dengan baik; urutan logis (abstrak-orientasi-krisis-reaksi-koda); kohesif

14—17
Cukup—baik: kurang lancar; kurang terorganisasi, tetapi ide utama ternyatakan; pendukung terbatas; logis, tetapi tidak lengkap

10—13
Sedang—cukup: tidak lancar; gagasan kacau atau tidak terkait; urutan dan pengembangan kurang logis

7—9
Sangat kurang—kurang: tidak komunikatif; tidak terorganisasi; tidak layak dinilai

KOSAKATA
18—20
Sangat baik—sempurna: penguasaan kata canggih; pilihan kata dan ungkapan efektif; menguasai pembentukan kata; penggunaan register tepat

14—17
Cukup—baik: penguasaan kata memadai; pilihan, bentuk, dan penggunaan kata/ungkapan kadang-kadang salah, tetapi tidak mengganggu

10—13
Sedang—cukup: penguasaan kata terbatas; sering terjadi kesalahan bentuk, pilihan, dan penggunaan kosakata/ungkapan; makna membingungkan atau tidak jelas

7—9
Sangat kurang—kurang: pengetahuan tentang kosakata, ungkapan, dan pembentukan kata rendah; tidak layak nilai

KALIMAT
18—20
Sangat baik—sempurna: konstruksi kompleks dan efektif; terdapat hanya sedikit kesalahan penggunaan bahasa (urutan/fungsi kata, artikel, pronomina, preposisi)

14—17
Cukup—baik: konstruksi sederhana, tetapi efektif; terdapat kesalahan kecil pada konstruksi kompleks; terjadi sejumlah kesalahan penggunaan bahasa (fungsi/urutan kata, artikel, pronomina, preposisi) tetapi makna cukup jelas

10—13
Sedang—cukup: terjadi kesalahan serius dalam konstruksi kalimat tunggal/kompleks (sering terjadi kesalahan pada kalimat, urutan/fungsi kata, artikel, pronomina, makna membingungkan atau kabur

7—9
Sangat kurang—kurang: tidak menguasai tata kalimat; terdapat banyak kesalahan; tidak komunikatif; tidak layak nilai

MEKANIK
9—10
Sangat baik—sempurna: menguasai aturan penulisan; terdapat sedikit kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf

7—8
Cukup—baik: kadang-kadang terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf, tetapi tidak mengaburkan makna

4—6
Sedang—cukup: sering terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tangan tidak jelas; makna membingungkan atau kabur

1—3
Sangat kurang—kurang: tidak menguasai aturan penulisan; terdapat banyak kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tidak terbaca; tidak layak dinilai


c. Lembar Tes Tertulis
1)   Jelaskanlah manfaat penelitian observasi dalam kehidupan sehari-hari.
2)   Mengapa dalam melakukan penelitian Anda memerlukan data dan fakta yang objektif?
3)   Menurut Anda, apakah melalui penelitian observasi Anda dapat menyelesaikan suatu permasalahan masyarakat? Jelaskan.
4)   Hal-hal apa saja yang perlu Anda siapkan ketika melakukan observasi lapangan?
5)   Sumber data apa sajakah yang perlu dicantumkan dalam laporan hasil observasi?
6)   Penelitian ilmiah membantu perkembangan ilmu pengetahuan. Menurut Anda, apakah pernyataan tersebut benar? Berikanlah alasan Anda.
7)   Penelitian ditulis berdasarkan sistematika dan bersifat ilmiah. Jelaskan maksud pernyataan tersebut.
8)   Menurut Anda, apa tujuan dilaksanakannya sebuah penelitian observasi?
9)   Mempresentasikan laporan hasil observasi dilakukan dengan singkat dan jelas. Menurut Anda, bagaimana cara mempresentasikan sebuah laporan dengan baik?
10)    Apakah kita perlu memperhatikan aturan bahasa dalam penyusunan laporan hasil observasi? Berikan alasan Anda.

d. Lembar Portofolio
Nama

Kelas dan NIS

Tanggal


No
Jenis
Skor Maksimal
Skor yang Diperoleh
1.
Pengantar yang berupa ringkasan pernyataan pribadi tentang diri sendiri (saat ini dan masa depan yang dicita-citakan) dan ihwal artefak pilihan siswa sebagai materi portofolio dan paparan proses pembelajarannya


2.
Tulisan siswa: laporan hasil observasi


3.
Presentasi lisan: laporan hasil observasi


4.
Lembar refleksi diri (dipakai untuk setiap kegiatan refleksi diri)


5.
Hasil pembelajaran keterampilan oleh guru


6.
Hasil pembelajaran keterampilan oleh siswa (evaluasi diri)


7.
Hasil pembelajaran keterampilan berpikir kritis


8.
Hasil pembelajaran keterampilan berkomunikasi efektif


9.
Hasil pembelajaran literasi teknologi



Jakarta, 15 Juli 2013
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 57 Jakarta                      Guru Bidang Pelajaran Bahasa Indonesia


Drs. Sodikin, MM.                                          Drs. Parmono, M.Pd.
NIP. 196206111989031013.                          NIP. 196308211989031006
                                                                                             





Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS CERPEN TUKANG PIJIT KELILING

SOAL UTS 2015-2016

MENENTUKAN ISI PUISI, "TUHAN TELAH MENEGURMU"