RPP UNIT III LAPORANOBSERVASI
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
UNIT
3
LAPORAN
HASIL OBSERVASI
Satuan
Pendidikan : SMA Negeri 57 Jakarta
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/1
Alokasi
Waktu : 20 x 45 menit (5
minggu)
KOMPETENSI
INTI:
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.1
Memahami
struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
menjelaskan
secara lisan atau tulisan isi laporan
hasil observasi
·
menentukan
struktur secara lisan atau tulisan laporan hasil observasi
·
menentukan
kaidah penulisan laporan hasil
observasi
·
menjelaskan
karakteristik secara lisan atau
tulisan laporan hasil observasi
·
mengungkapkan
penggunaan ragam atau jenis laporan
hasil observasi
·
menjelaskan
penggunaan bahasa secara lisan atau tulisan laporan hasil observasi
|
3.2
Membandingkan teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Mengidentifikasi
isi laporan hasil observasi
·
Membandingkan
dua laporan hasil observasi berdasarkan: isi, struktur, kaidah,
karakteristik, jenis atau ragam, bentuk, bahasa baik secara lisan atau
tulisan laporan hasil observasi
|
3.3 Menganalisis teks anekdot, laporan hasil
observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Menelaah
isi laporan hasil observasi
·
Menganalisis
berdasarkan: isi, struktur, kaidah,
karakteristik, jenis atau ragam, bentuk, bahasa secara lisan atau tulisan laporan hasil
observasi
|
3.4 Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks,
dan negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun
tulisan
|
·
Menilai
isi laporan hasil observasi
·
Mengevaluasi
berdasarkan: isi, struktur, kaidah,
karakteristik, jenis atau ragam, bentuk, bahasa dalam secara lisan atau tulisan laporan hasil
observasi
|
4.1 Menginterpretasi makna teks anekdot,
eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik
secara lisan maupun tulisan
|
·
Menyimpulkan
isi laporan hasil observasi
·
Menentukan
tujuan penulisan laporan hasil
observasi
·
Menginterpretasi
makna berdasarkan: isi, struktur,
kaidah, karakteristik, jenis atau ragam, bentuk, bahasa dalam teks secara
lisan atau tulisan laporan hasil observasi
|
4.2 Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
|
·
Mengidentifikasi
isi laporan hasil observasi
·
Menentukan
topik untuk memproduksi laporan hasil
observasi
·
Menyusun
kerangka laporan hasil observasi
·
Memproduksi
kerangka laporan hasil observasi yang
telah dibuat dengan memperhatikan isi, struktur, kaidah, karakteristik, jenis
atau ragam, bentuk, bahasa, EYD dalam teks secara tulisan laporan hasil
observasi
|
4.3 Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan
maupun tulisan
|
·
Mengidentifikasi
isi laporan hasil observasi
·
Menyunting
laporan hasil observasi yang telah dibuat berdasarkan isi, struktur, kaidah,
karakteristik, jenis atau ragam, bentuk, bahasa dalam tulisan laporan hasil observasi
|
4.4 Mengabstraksi teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun
tulisan
|
·
Mengidentifikasi
laporan hasil observasi yang telah dibaca
·
Mengabstraksi
laporan hasil observasi yang telah dibaca secara tertulis dengan
memperhatikan penggunaan bahasa dan EYD yang tepat
|
4.5 Mengonversi teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi ke dalam bentuk yang lain
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
·
Mengidentifikasi
teks laporan hasil observasi yang telah dibaca
·
Mengonversi
teks laporan hasil observasi ke dalam bentuk lain dengan memperhatikan
penggunaan bahasa dan EYD yang tepat
|
PERTEMUAN
1 (HARI I):
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Memahami pengertian
laporan hasil observasi yang merupakan penelitian ilmiah dan berhubungan dengan
gejala alam baik secara lisan maupun tulisan
2. Memahami struktur laporan
hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa yang
runtut dan ilmiah
B.
Materi Pembelajaran
Memahami struktur
laporan hasil observasi
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan umum :
Scinetific ilmiah berbasis teks
Metode : Discovery
,diskusi,
pengamatan
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
Power
point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat
Komputer, infokus/OHP
3. Sumber Pembelajaran
1.Bahasa Indonesia Ekpresi Diri dan Akademik,
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia2013 Cetakan Ke-1
2.Cerdas Berbahasa Indonesia untuk
Kelas X,
Engkos Kosasih,
Penerbit Erlangga,
2013., surat kabar, majalah, dan media
elektronik
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Mengondisikan siswa untuk
belajar dan memotivasi siswa terkait laporan hasil observasi yang dapat
dilakukan terhadap masalah-masalah sosial yang ada di lingkungan sekitar.
b. Apersepsi: bertanya jawab
mengenai struktur laporan hasil observasi
1) Apakah sajakah struktur
yang membentuk sebuah laporan observasi?
2) Masalah apa sajakah yang
dapat dijadikan bahan penelitian observasi?
b. Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini tentang struktur laporan hasil observasi
2.
Inti
a. Membimbing siswa untuk
memahami materi dengan cara :
Mengamati
1) Memahami pengertian
laporan hasil observasi sebagai penelitian ilmiah dan berhubungan dengan gejala
atau fenomena alam
2) Mengamati struktur
laporan hasil observasi
Menanya
1) Mengajukan pertanyaan
mengenai laporan hasil observasi
2) Mengajukan pertanyaan
mengenai objek yang dapat dijadikan penelitian ilmiah
Pengumpulan Data
1) Mengumpulkan data atau
informasi tambahan mengenai struktur laporan hasil observasi dari berbagai
sumber (buku paket, media massa, dan internet)
2) Mencari contoh laporan
hasil observasi yang membahas kontribusi kewirausahaan dalam perkembangan
ekonomi Indonesia
Mengasosiasi
1) Menyimpulkan struktur
yang membangun laporan hasil observasi
Mengomunikasikan
1) Mengomunikasikan hasil
pengamatan dari contoh laporan hasil observasi mengenai kontribusi
kewirausahaan dan perkembangan ekonomi Indonesia dalam bentuk laporan dan membacakan
hasil laporan tersebut
b.
Mendiskusikan
hasil laporan dan menyimpulkan hasil analisis struktur laporan hasil observasi
mengenai kewirausahaan
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk
melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam
aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan
materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.
PERTEMUAN
II (HARI II)
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Memahami pengertian
laporan yang akurat dan laporan diskusi dalam kegiatan yang melatih
keterampilan menganalisis suatu masalah secara lisan maupun tulisan dengan
menggunakan bahasa yang runtut dan ilmiah
2. Memahami struktur laporan
diskusi baik secara lisan maupun tulisan
3. Memahami perbedaan
struktur laporan hasil observasi dengan laporan hasil diskusi dengan cermat,
baik secara lisan maupun tulisan
4. Menjelaskan perbandingan
struktur laporan hasil observasi dengan laporan hasil diskusi
B.
Materi Pembelajaran
Membandingkan
laporan hasil observasi dengan laporan hasil diskusi
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan umum : Scinetific/ilmiah berbasis teks
Metode : Discovery
,diskusi,
pengamatan
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
Power
point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat
Komputer, infokus/OHP
3. Sumber Pembelajaran
a.
Bahasa Indonesia Ekpresi Diri dan Akademik,
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia2013 Cetakan Ke-1
b.
Cerdas Berbahasa Indonesia untuk
Kelas X,
Engkos Kosasih,
Penerbit Erlangga,
2013., surat kabar, majalah, dan media
elektronik.
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Mengondisikan siswa untuk
belajar dan memotivasi siswa dalam memahami perbandingan laporan hasil
observasi dengan laporan hasil diskusi yang berhubungan dengan masalah
lingkungan dan masalah siswa di sekolah.
b. Apersepsi: bertanya jawab
mengenai perbandingan laporan hasil observasi dengan laporan hasil diskusi
1) Apakah perbedaan laporan
hasil observasi dengan laporan hasil diskusi?
2) Apakah kedua teks
tersebut bersifat objektif?
c. Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini tentang perbandingan laporan hasil observasi dengan laporan
hasil diskusi.
2.
Inti
a. Membimbing siswa untuk
memahami materi dengan cara :
Mengamati
1) Memahami pengertian
sebuah laporan
2) Mengamati ciri-ciri
laporan yang bersifat akurat
3) Mengamati hal-hal yang
penting di dalam sebuah diskusi
4) Mengamati sistematika
laporan diskusi
5) Mengamati perbandingan
laporan hasil observasi dengan laporan hasil diskusi
Menanya
1) Mengajukan pertanyaan
mengenai sistematika laporan hasil diskusi
2) Mengajukan pertanyaan
mengenai perbedaan laporan hasil observasi dengan laporan hasil diskusi
Pengumpulan Data
1) Mengumpulkan data atau
informasi tambahan mengenai perbedaan laporan hasil observasi dengan laporan
hasil diskusi dari berbagai sumber (buku paket, media massa, dan internet)
2) Mencari contoh laporan
hasil observasi tentang masalah siswa di sekolah dan laporan diskusi tentang
masalah lingkungan dari berbagai sumber (buku, media massa dan elektronik)
3) Menuliskan perbandingan antara
laporan hasil observasi dengan laporan hasil diskusi
Mengasosiasi
1) Menyimpulkan perbandingan
antara laporan hasil observasi dengan laporan hasil diskusi
Mengomunikasikan
1) Mengomunikasikan hasil perbandingan
antara laporan hasil observasi dengan laporan hasil diskusi dan membacakan
hasil perbandingan tersebut
b. Mendiskusikan hasil
laporan dan menyimpulkan hasil perbandingan antara laporan hasil observasi
dengan laporan hasil diskusi.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk
melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam
aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan
materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.
PERTEMUAN
III (HARI III)
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Memahami pengertian karya
ilmiah yang memenuhi kaidah dan etika keilmuan
2. Memahami beberapa jenis
karangan ilmiah
3. Memahami beberapa bagian
inti dari laporan hasil observasi berdasarkan kaidah ilmiah
4. Memahami cara
menganalisis laporan hasil observasi dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan
baik secara lisan maupun tulisan.
B.
Materi Pembelajaran
Menganalisis
laporan hasil observasi.
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan
umum : berbasis teks
Metode : diskusi, pengamatan,
observasi literatur.
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
Power
point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat
Komputer, infokus/OHP
3.
Sumber
Pembelajaran
a.
Bahasa Indonesia Ekpresi Diri dan Akademik, Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia2013 Cetakan Ke-1
b. Cerdas Berbahasa Indonesia untuk
Kelas X,
Engkos Kosasih,
Penerbit Erlangga,
2013., surat kabar, majalah, dan media
elektronik
E. Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Mengondisikan siswa untuk
belajar dan memotivasi siswa tentang cara menganalisis laporan hasil observasi
dengan melihat masalah yang ada di lingkungan sekolah dan masyarakat
b. Apersepsi: bertanya jawab
mengenai cara menganalisis laporan hasil observasi
1) Apa saja hal yang harus
diperhatikan ketika Anda menganalisis laporan hasil observasi?
2) Apakah hasil analisis
sebuah laporan hasil observasi harus dijelaskan dengan ilmiah?
c. Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini tentang cara menganalisis laporan hasil observasi
2.
Inti
a. Membimbing siswa untuk
memahami materi dengan cara :
Mengamati
1) Mengamati laporan
tertulis berupa karya ilmiah
2) Mengamati beberapa bagian
inti dari laporan hasil observasi
3) Mengamati contoh laporan
hasil observasi
Menanya
1) Mengajukan pertanyaan
mengenai laporan karya ilmiah
2) Mengajukan pertanyaan
mengenai cara menganalisis laporan hasil observasi
Pengumpulan Data
1) Mengumpulkan data atau
informasi tambahan mengenai cara menganalisis laporan observasi dari berbagai
sumber (buku paket, media massa, dan internet)
2) Mencari contoh laporan
hasil observasi teks anekdot dan hasil analisisnya
3) Menganalisis laporan
hasil observasi tentang pembelajaran siswa di sekolah
Mengasosiasi
1) Menyimpulkan hasil
analisis laporan hasil observasi dengan menggunakan bahasa yang jelas dan logis
Mengomunikasikan
1) Mengomunikasikan hasil analisis
laporan hasil observasi dalam bentuk laporan dan membacakan hasil laporan
tersebut
b. Mendiskusikan hasil
laporan analisis dan menyimpulkan hasil analisis laporan hasil observasi
tersebut.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk
melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam
aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan
materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.
PERTEMUAN
IV (HARI IV)
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Memahami cara menilai laporan
hasil observasi secara lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa yang
runtut dan jelas
2. Menjelaskan hasil
penilaian dari laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan.
B.
Materi Pembelajaran
Menilai laporan
hasil observasi.
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan
umum : berbasis teks
Metode : diskusi, pengamatan,
observasi literatur.
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
Power
point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat
Komputer, infokus/OHP
3. Sumber Pembelajaran
1.Bahasa Indonesia Ekpresi Diri dan Akademik,
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia2013 Cetakan Ke-1
2.Cerdas Berbahasa Indonesia untuk
Kelas X,
Engkos Kosasih,
Penerbit Erlangga,
2013., surat kabar, majalah, dan media
elektronik
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Mengondisikan siswa untuk
belajar dan memotivasi siswa tentang cara menilai laporan hasil observasi
b. Apersepsi: bertanya jawab
mengenai penilaian laporan hasil observasi
1) Apakah hal yang harus
diperhatikan dalam proses penilaian laporan hasil observasi?
2) Mengapa saat menilai laporan
hasil observasi perlu memperhatikan cara penulisan laporan tersebut?
c. Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini tentang cara menilai laporan hasil observasi.
2.
Inti
a. Membimbing siswa untuk
memahami materi dengan cara
Mengamati
1) Mengamati cara memberikan
penilaian terhadap laporan hasil observasi
2) Mengamati isi laporan
hasil observasi yang akan diberikan penilaian
Menanya
1) Mengajukan pertanyaan
mengenai hal-hal penting dalam menilai laporan hasil observasi
2) Mengajukan pertanyaan
mengenai cara penilaian laporan hasil observasi
Pengumpulan Data
1) Mengumpulkan data atau
informasi tambahan mengenai cara menilai laporan hasil observasi dari berbagai
sumber (buku paket, media massa, dan internet)
2) Menilai laporan hasil
observasi dengan memperhatikan kaidah dan bahasa ilmiah laporan tersebut
Mengasosiasi
1) Menyimpulkan hasil
penilaian laporan observasi dengan menggunakan bahasa yang jelas dan logis
Mengomunikasikan
1) Mengomunikasikan hasil
penilaian tentang laporan observasi dalam bentuk laporan dan membacakan hasil
laporan tersebut
b.
Mendiskusikan
hasil penilaian isi laporan hasil observasi dan menyimpulkan hasil laporan
tersebut.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk
melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam
aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan
materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.
PERTEMUAN
V (HARI V)
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Memahami cara menginterpretasikan
laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan dengan menggunakan
bahasa yang runtut, jelas, dan ilmiah
2. Menjelaskan hasil interpretasi
laporan hasil observasi yang telah dibaca baik secara lisan maupun tulisan.
B.
Materi Pembelajaran
Menginterpretasikan
laporan hasil observasi.
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan umum : Scinetific/ilmiah berbasis teks
Metode : Discovery,
diskusi,
pengamatan, observasi literatur
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
Power
point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat
Komputer, infokus/OHP
3. Sumber Pembelajaran
1.Bahasa Indonesia Ekpresi Diri dan Akademik,
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia2013 Cetakan Ke-1
2.Cerdas Berbahasa Indonesia untuk
Kelas X,
Engkos Kosasih,
Penerbit Erlangga,
2013., surat kabar, majalah, dan media elektronik
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Mengondisikan siswa untuk
belajar dan memotivasi siswa tentang cara menginterpretasikan laporan hasil
observasi
b. Apersepsi: bertanya jawab
mengenai penafsiran atau interpretasi laporan hasil observasi
1) Apakah hal yang harus
diperhatikan dalam menginterpretasikan laporan hasil observasi?
2) Mengapa saat menginterpretasikan
laporan hasil observasi diperlukan pemahaman suatu masalah dengan baik?
c. Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini tentang cara menginterpretasikan laporan hasil observasi
2.
Inti
a. Membimbing siswa untuk
memahami materi dengan cara :
Mengamati
1) Mengamati hal-hal yang
diperlukan untuk melakukan interpretasi dalam laporan hasil observasi
2) Mengamati cara
menginterpretasi laporan hasil observasi
Menanya
1) Mengajukan pertanyaan
mengenai proses menafsirkan laporan hasil observasi
2) Mengajukan pertanyaan
mengenai wawasan yang diperlukan di dalam menafsirkan laporan hasil observasi
Pengumpulan Data
1) Mengumpulkan data atau
informasi tambahan mengenai cara menafsirkan laporan hasil observasi dari
berbagai sumber (buku paket, media massa, dan internet)
2) Menginterpretasikan
laporan hasil observasi yang berhubungan dengan masalah kegiatan belajar
mengajar di sekolah
Mengasosiasi
1) Menyimpulkan hasil
laporan hasil observasi tentang masalah kegiatan belajar mengajar di sekolah
Mengomunikasikan
1) Mengomunikasikan hasil interpretasi
laporan hasil observasi dalam bentuk laporan dan membacakan hasil laporan
tersebut
b. Mendiskusikan hasil
laporan dan menyimpulkan hasil interpretasi laporan hasil observasi tersebut
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk
melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam
aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan
materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.
PERTEMUAN
VI (HARI VI)
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Memahami teknik menulis
teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan dengan
menggunakan bahasa dan kaidah ilmiah
2. Memahami langkah-langkah
kegiatan dalam melakukan penelitian atau observasi
3. Menjelaskan teknik
menulis laporan hasil observasi yang telah dibuat baik secara lisan maupun
tulisan.
B.
Materi Pembelajaran
Teknik menulis
laporan hasil observasi.
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan umum : Scinetific/ilmiah berbasis teks
Metode : Discovery,diskusi, pengamatan,
observasi literatur,
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
Power
point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat
Komputer, infokus/OHP
3. Sumber Pembelajaran
1.Bahasa Indonesia Ekpresi Diri dan Akademik,
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia2013 Cetakan Ke-1
2.Cerdas Berbahasa Indonesia untuk
Kelas X,
Engkos Kosasih,
Penerbit Erlangga,
2013., surat kabar, majalah, dan media
elektronik
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Mengondisikan siswa untuk
belajar dan memotivasi siswa tentang teknik menulis laporan hasil observasi
dengan memperlihatkan berbagai masalah sosial yang dapat dijadikan bahan
penelitian observasi
b. Apersepsi: bertanya jawab
mengenai teknik menulis laporan hasil observasi
1) Apakah hal yang harus
diperhatikan dalam teknik menulis laporan hasil observasi?
c. Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini tentang cara menulis laporan hasil observasi
2.
Inti
a. Membimbing siswa untuk
memahami materi dengan cara :
Mengamati
1) Memahami teknik menulis laporan
hasil observasi
2) Mengamati beberapa langkah
yang penting dalam proses penulisan laporan hasil observasi
Menanya
1) Mengajukan pertanyaan
mengenai teknik penulisan laporan hasil observasi
Pengumpulan Data
1) Mengumpulkan data atau
informasi tambahan mengenai teknik penulisan laporan hasil observasi dari
berbagai sumber (buku paket, media massa, dan internet)
Mengasosiasi
1) Menyimpulkan hasil cara
menulis laporan observasi yang telah selesai ditulis berdasarkan masalah yang
ditentukan dan kaidah ilmiah
Mengomunikasikan
1) Mengomunikasikan hasil pengamatan
mengenai ciri laporan dan langkah-langkah penulisan hasil observasi dan
membacakan hasil laporan tersebut
b. Mendiskusikan hasil pengamatan
mengenai ciri dan langkah-langkah penulisan hasil observasi dan menyimpulkan pengamatan
tersebut.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk
melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam
aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan
materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.
PERTEMUAN
VII (HARI VII)
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Menulis laporan hasil
observasi yang telah dibuat baik secara lisan maupun tulisan
2. Melatih keterampilan
menulis, terutama dalam menulis laporan hasil observasi
B.
Materi Pembelajaran
Teknik
menulis laporan hasil observasi.
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan
umum : berbasis teks
Metode : diskusi, pengamatan,
observasi literatur, observasi lapangan.
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
Power
point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat
Komputer, infokus/OHP
3. Sumber Pembelajaran
1.Bahasa Indonesia Ekpresi Diri dan Akademik,
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia2013 Cetakan Ke-1
2.Cerdas Berbahasa Indonesia untuk
Kelas X,
Engkos Kosasih,
Penerbit Erlangga,
2013., surat kabar, majalah, dan media
elektronik
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Mengondisikan siswa untuk
belajar dan memotivasi siswa tentang penulisan laporan hasil observasi dengan
memperlihatkan berbagai masalah sosial yang dapat dijadikan bahan penelitian
observasi
b. Apersepsi: bertanya jawab
mengenai penulisan laporan hasil observasi
1) Apakah perlu ada tema tertentu
dalam menulis laporan hasil observasi?
c. Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini tentang penulisan laporan hasil observasi
2.
Inti
a. Membimbing siswa untuk
memahami materi dengan cara :
Mengamati
1) Mengamati beberapa
langkah yang penting dalam proses penulisan laporan hasil observasi
2) Mengamati permasalahan
yang akan dijadikan bahan penelitian dalam observasi
Menanya
1) Mengajukan pertanyaan
mengenai masalah yang dapat dijadikan bahan penelitian observasi
Pengumpulan Data
1) Mencari tema atau masalah
yang terjadi di lingkungan sekolah sebagai bahan penelitian observasi
2) Menentukan masalah yang
akan dibahas dalam penelitian observasi
3) Menulis laporan observasi
sesuai dengan masalah yang telah ditentukan dan disusun berdasarkan kaidah
ilmiah
Mengasosiasi
1) Menyimpulkan hasil
penulisan laporan observasi yang telah selesai ditulis berdasarkan masalah yang
ditentukan dan kaidah ilmiah
Mengomunikasikan
1) Mengomunikasikan hasil
penulisan laporan hasil observasi dan membacakan hasil laporan tersebut
b. Mendiskusikan hasil
penulisan laporan hasil observasi dan menyimpulkan penulisan laporan tersebut
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan
penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas
pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi
pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.
PERTEMUAN
VIII (HARI VIII)
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Memahami cara menyunting laporan
hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan
2. Menjelaskan cara
menyunting teks yang telah diterapkan pada laporan hasil observasi baik secara
lisan maupun tulisan
3. Memahami kaidah bahasa
dalam proses menyunting teks laporan hasil observasi.
B.
Materi Pembelajaran
Menyunting laporan
hasil observasi.
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan
umum : berbasis teks
Metode : diskusi, pengamatan,
observasi literatur.
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
Power
point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat
Komputer, infokus/OHP
3. Sumber Pembelajaran
a.
Bahasa Indonesia Ekpresi Diri dan Akademik, Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia2013 Cetakan Ke-1
b.
Cerdas Berbahasa Indonesia untuk
Kelas X,
Engkos Kosasih,
Penerbit Erlangga,
2013., surat kabar, majalah, dan media
elektronik
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Mengondisikan siswa untuk
belajar dan memotivasi siswa tentang menyunting laporan hasil observasi
b. Apersepsi: bertanya jawab
mengenai cara menyunting laporan hasil observasi
1) Menurut Anda, hal-hal apa
saja yang perlu diperhatikan saat menyunting laporan hasil observasi?
2) Mengapa laporan hasil
observasi harus menuruti kaidah ilmiah dalam penyusunannya?
c. Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini tentang cara menyunting laporan hasil observasi
2.
Inti
a. Membimbing siswa untuk
memahami materi dengan cara
Mengamati
1) Mengamati cara menyunting
laporan hasil observasi
2) Mengamati penggunaan
kaidah bahasa dalam menyunting laporan hasil observasi, terutama dalam aturan
penulisan judul laporan
Menanya
1) Mengajukan pertanyaan
tentang proses menyunting laporan hasil observasi
2) Mengajukan pertanyaan
tentang kaidah bahasa yang harus diperhatikan dalam menyunting laporan hasil
observasi
Pengumpulan Data
1) Mengumpulkan data atau
informasi tambahan mengenai proses menyunting laporan hasil observasi dari
berbagai sumber (buku paket, media massa, dan internet)
2) Menyunting laporan hasil
observasi
Mengasosiasi
1) Menyimpulkan tentang
proses penyuntingan laporan hasil observasi
Mengomunikasikan
1) Mengomunikasikan hasil
penyuntingan laporan hasil observasi dan membacakan hasil penyuntingan tersebut
b. Mendiskusikan hasil
penyuntingan laporan hasil observasi dan menyimpulkan hasil penyuntingan
tersebut
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk
melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam
aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan
materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.
PERTEMUAN
IX (HARI IX)
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Menjelaskan laporan hasil
observasi yang telah diteliti dengan menyampaikan simpulan dari penelitian yang
telah dilakukan dengan data yang ilmiah
2. Melatih kemandirian dalam
bercerita atau menjelaskan sesuatu di depan kelas atau umum.
B.
Materi Pembelajaran
Menjelaskan
laporan hasil observasi.
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan umum Scinetific/ilmiah berbasis teks
Metode : Discovery
,diskusi,
pengamatan
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
Power
point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat
Komputer, infokus/OHP
3. Sumber Pembelajaran
a.
Bahasa Indonesia Ekpresi Diri dan Akademik, Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia2013 Cetakan Ke-1
b.
Cerdas Berbahasa Indonesia untuk
Kelas X,
Engkos Kosasih,
Penerbit Erlangga,
2013., surat kabar, majalah, dan media
elektronik
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Mengondisikan siswa untuk
belajar dan memotivasi siswa tentang cara menjelaskan laporan hasil observasi
b. Apersepsi: bertanya jawab
tentang cara menjelaskan laporan hasil observasi
1) Menurut Anda, apakah yang
harus diperhatikan ketika seseorang menjelaskan suatu hal di depan khalayak
umum?
2) Bagaimana cara menjelaskan
laporan hasil observasi dengan baik?
c. Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini tentang menjelaskan laporan hasil observasi
2. Inti
a. Membimbing siswa untuk
memahami materi dengan cara :
Mengamati
1) Mengamati contoh atau
laporan observasi yang telah dibuat dan mengambil simpulan dari laporan
observasi tersebut
2) Mengamati hal-hal penting
dalam laporan hasil observasi yang harus dijelaskan dengan bahasa yang singkat
dan logis
Menanya
1) Mengajukan pertanyaan
tentang cara menjelaskan laporan hasil observasi
2) Mengajukan pertanyaan
tentang hal-hal penting dalam laporan observasi yang perlu dijelaskan di depan
kelas
Pengumpulan Data
1) Mengumpulkan data atau
informasi tambahan mengenai cara menjelaskan laporan hasil observasi dari
berbagai sumber (buku paket, media massa, dan internet)
2) Menjelaskan laporan hasil
observasi dengan bahasa yang logis dan jelas
Mengasosiasi
1) Menyimpulkan tentang cara
menjelaskan laporan hasil observasi
2) Menyimpulkan hal-hal
penting yang perlu dijelaskan dari laporan hasil observasi
Mengomunikasikan
1) Menyampaikan
(menceritakan) laporan hasil observasi dengan menggunakan bahasa, ekspresi, dan
intonasi yang baik
b. Mendiskusikan hasil penjelasan
laporan hasil observasi dan menyimpulkan isi penjelasan tersebut
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk
melakukan penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam
aktivitas pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan
materi pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.
PERTEMUAN
X (HARI X)
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Memahami cara mempresentasikan
laporan hasil observasi dengan jelas dan singkat
2. Melatih kreativitas dan
kemandirian dalam mengubah sebuah laporan tertulis menjadi laporan presentasi
yang perlu dijelaskan secara langsung.
B.
Materi Pembelajaran
Mempresentasikan
laporan hasil observasi.
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan umum :
Scinetific/ilmiah berbasis teks
Metode :
Discovery
diskusi, pengamatan
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
Power
point Fácil: Bahasa Indonesia untuk Kelas X, Seni Handiyani, dkk., Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat
Komputer, infokus/OHP
3. Sumber Pembelajaran
a.
Bahasa
Indonesia Ekpresi Diri dan Akademik, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik
Indonesia2013 Cetakan Ke-1
b.
Cerdas Berbahasa Indonesia untuk
Kelas X,
Engkos Kosasih,
Penerbit Erlangga,
2013., surat kabar, majalah, dan media
elektronik
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Mengondisikan siswa untuk
belajar dan memotivasi siswa tentang cara mempresentasikan laporan hasil
observasi
b. Apersepsi: bertanya jawab
tentang cara mempresentasikan laporan hasil observasi
1) Bagaimana sebuah laporan
observasi tertulis diubah menjadi laporan presentasi?
2) Apa saja hal penting yang
harus diperhatikan ketika mempresentasikan laporan observasi?
c. Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini tentang mempresentasikan laporan observasi
2.
Inti
a. Membimbing siswa untuk
memahami materi dengan cara :
Mengamati
1) Mengamati isi laporan
observasi yang telah dibuat berdasarkan masalah tertentu
2) Mengamati beberapa hal
penting yang ada di dalam laporan hasil penelitian tersebut
3) Mengamati cara berbahasa,
ekspresi, dan intonasi dalam mempresentasikan laporan hasil observasi
Menanya
1) Mengajukan pertanyaan
tentang cara mempresentasikan laporan hasil observasi
2) Mengajukan pertanyaan
tentang hal-hal yang harus diperhatikan dalam mempresentasikan laporan hasil
observasi
Pengumpulan Data
1) Mengumpulkan data atau
informasi tambahan mengenai cara mempresentasikan laporan hasil observasi dari
berbagai sumber (buku paket, media massa, dan internet)
2) Mempresentasikan laporan
hasil observasi berdasarkan kaidah ilmiah
Mengasosiasi
1) Menyimpulkan isi
presentasi laporan hasil observasi
Mengomunikasikan
1) Menyampaikan hasil
presentasi laporan observasi dalam bentuk laporan dan membacakan hasil laporan
tersebut
b. Mendiskusikan hasil presentasi
laporan hasil observasi dan menyimpulkan hasil laporan tersebut
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan
penyimpulan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang ada di dalam aktivitas
pembelajaran pada hari ini. Siswa juga dapat mulai mengenal hubungan materi
pembelajaran dengan keadaan lingkungan sosial.
PENILAIAN
1. Teknik
dan Bentuk Instrumen
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Pengamatan
Sikap
|
Lembar
Pengamatan Sikap
|
Tes
Unjuk Kerja
|
Tes
Uji Kerja
|
Tes
Tertulis
|
Tes
Uraian dan Pilihan
|
Portofolio
|
Panduan
Penyusunan Portofolio
|
2. Contoh
Instrumen
a.
Lembar Pengamatan Sikap
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Kriteria
|
Keterangan
|
|||
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
|||
1.
|
Menunjukkan
rasa syukur kepada Tuhan
|
|||||
2.
|
Memiliki
rasa ingin tahu dan
|
|||||
3.
|
Menunjukkan
ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu
maupun berkelompok
|
|||||
4.
|
Eksplorasi/penelitian
1)
Penguasaan topik
2)
Penggunaan berbagai referensi (buku,
majalah, laman, video, dokumen, koran, dll)
3)
Penggunaan referensi primer dan/atau
sekunder
|
|||||
5.
|
Pengorganisasian
komunikasi
1)
Formulasi pertanyaan, hipotesis, atau
tesis
2)
2)
Evaluasi dan seleksi informasi/pengetahuan
|
|||||
6.
|
Presentasi
lisan
1)
Pengorganisasian presentasi
(pengantar, penjelas, simpulan)
2)
Penggunaan bahasa dan kosakata terkait
topik
3)
Penggunaan kontak mata
4)
Penggunaan bahasa tubuh yang sesuai
5)
5)
Penggunaan beragam nada bicara
|
Keterangan:
18—20: sangat
baik—sempurna
14—17: cukup—baik
10—13: sedang—cukup
7—9: sangat
kurang—kurang
Deskripsi
sikap ini digunakan untuk pertimbangan dalam menentukan profil siswa (bukan
angkannya yang penting, tetapi deskripsi sikap siswa)
b.
Lembar Tes Unjuk Kerja
PENILAIAN KEGIATAN SISWA DALAM
PELAJARAN LAPORAN HASIL OBSERVASI
Nama:
Judul: Tanggal:
|
|||
ISI
|
Skor
|
Kriteria
|
Keterangan
|
27—30
|
Sangat baik—sempurna:
menguasai topik tulisan; substansif; abstrak-orientasi-krisis-reaksi-koda;
relevan dengan topik yang dibahas
|
||
22—26
|
Cukup—baik: cukup
menguasai permasalahan; cukup memadai; pengembangan tesis terbatas; relevan
dengan topik, tetapi kurang terperinci
|
||
17—21
|
Sedang—cukup: penguasaan
permasalahan terbatas; substansi kurang; pengembangan topik tidak memadai
|
||
13—16
|
Sangat kurang—kurang:
tidak menguasai permasalahan; tidak ada substansi; tidak relevan; tidak layak
dinilai
|
||
STRUKTUR
TEKS
|
18—20
|
Sangat baik—sempurna:
ekspresi lancar; gagasan terungkap padat, dengan jelas; tertata dengan baik;
urutan logis (abstrak-orientasi-krisis-reaksi-koda); kohesif
|
|
14—17
|
Cukup—baik: kurang
lancar; kurang terorganisasi, tetapi ide utama ternyatakan; pendukung
terbatas; logis, tetapi tidak lengkap
|
||
10—13
|
Sedang—cukup: tidak
lancar; gagasan kacau atau tidak terkait; urutan dan pengembangan kurang
logis
|
||
7—9
|
Sangat kurang—kurang:
tidak komunikatif; tidak terorganisasi; tidak layak dinilai
|
||
KOSAKATA
|
18—20
|
Sangat baik—sempurna:
penguasaan kata canggih; pilihan kata dan ungkapan efektif; menguasai
pembentukan kata; penggunaan register tepat
|
|
14—17
|
Cukup—baik: penguasaan
kata memadai; pilihan, bentuk, dan penggunaan kata/ungkapan kadang-kadang
salah, tetapi tidak mengganggu
|
||
10—13
|
Sedang—cukup: penguasaan
kata terbatas; sering terjadi kesalahan bentuk, pilihan, dan penggunaan
kosakata/ungkapan; makna membingungkan atau tidak jelas
|
||
7—9
|
Sangat kurang—kurang:
pengetahuan tentang kosakata, ungkapan, dan pembentukan kata rendah; tidak
layak nilai
|
||
KALIMAT
|
18—20
|
Sangat baik—sempurna:
konstruksi kompleks dan efektif; terdapat hanya sedikit kesalahan penggunaan
bahasa (urutan/fungsi kata, artikel, pronomina, preposisi)
|
|
14—17
|
Cukup—baik: konstruksi
sederhana, tetapi efektif; terdapat kesalahan kecil pada konstruksi kompleks;
terjadi sejumlah kesalahan penggunaan bahasa (fungsi/urutan kata, artikel,
pronomina, preposisi) tetapi makna cukup jelas
|
||
10—13
|
Sedang—cukup: terjadi
kesalahan serius dalam konstruksi kalimat tunggal/kompleks (sering terjadi
kesalahan pada kalimat, urutan/fungsi kata, artikel, pronomina, makna membingungkan
atau kabur
|
||
7—9
|
Sangat kurang—kurang:
tidak menguasai tata kalimat; terdapat banyak kesalahan; tidak komunikatif;
tidak layak nilai
|
||
MEKANIK
|
9—10
|
Sangat baik—sempurna:
menguasai aturan penulisan; terdapat sedikit kesalahan ejaan, tanda baca,
penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf
|
|
7—8
|
Cukup—baik:
kadang-kadang terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital,
dan penataan paragraf, tetapi tidak mengaburkan makna
|
||
4—6
|
Sedang—cukup: sering
terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan
paragraf; tulisan tangan tidak jelas; makna membingungkan atau kabur
|
||
1—3
|
Sangat kurang—kurang:
tidak menguasai aturan penulisan; terdapat banyak kesalahan ejaan, tanda
baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tidak terbaca;
tidak layak dinilai
|
c.
Lembar Tes Tertulis
1) Jelaskanlah manfaat
penelitian observasi dalam kehidupan sehari-hari.
2) Mengapa dalam melakukan
penelitian Anda memerlukan data dan fakta yang objektif?
3) Menurut Anda, apakah
melalui penelitian observasi Anda dapat menyelesaikan suatu permasalahan
masyarakat? Jelaskan.
4) Hal-hal apa saja yang
perlu Anda siapkan ketika melakukan observasi lapangan?
5) Sumber data apa sajakah
yang perlu dicantumkan dalam laporan hasil observasi?
6) Penelitian ilmiah
membantu perkembangan ilmu pengetahuan. Menurut Anda, apakah pernyataan
tersebut benar? Berikanlah alasan Anda.
7) Penelitian ditulis
berdasarkan sistematika dan bersifat ilmiah. Jelaskan maksud pernyataan
tersebut.
8) Menurut Anda, apa tujuan dilaksanakannya
sebuah penelitian observasi?
9) Mempresentasikan laporan
hasil observasi dilakukan dengan singkat dan jelas. Menurut Anda, bagaimana
cara mempresentasikan sebuah laporan dengan baik?
10) Apakah kita perlu
memperhatikan aturan bahasa dalam penyusunan laporan hasil observasi? Berikan
alasan Anda.
d.
Lembar Portofolio
Nama
|
|
Kelas
dan NIS
|
|
Tanggal
|
No
|
Jenis
|
Skor Maksimal
|
Skor yang Diperoleh
|
1.
|
Pengantar yang berupa
ringkasan pernyataan pribadi tentang diri sendiri (saat ini dan masa depan
yang dicita-citakan) dan ihwal artefak pilihan siswa sebagai materi
portofolio dan paparan proses pembelajarannya
|
||
2.
|
Tulisan siswa: laporan
hasil observasi
|
||
3.
|
Presentasi lisan: laporan
hasil observasi
|
||
4.
|
Lembar refleksi diri
(dipakai untuk setiap kegiatan refleksi diri)
|
||
5.
|
Hasil pembelajaran
keterampilan oleh guru
|
||
6.
|
Hasil pembelajaran
keterampilan oleh siswa (evaluasi diri)
|
||
7.
|
Hasil pembelajaran
keterampilan berpikir kritis
|
||
8.
|
Hasil pembelajaran
keterampilan berkomunikasi efektif
|
||
9.
|
Hasil pembelajaran
literasi teknologi
|
Jakarta, 15 Juli 2013
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 57 Jakarta Guru
Bidang Pelajaran Bahasa Indonesia
Drs. Sodikin, MM. Drs.
Parmono, M.Pd.
NIP. 196206111989031013. NIP.
196308211989031006
Komentar