PROGRAM TAHUNAN



PROGRAM TAHUNAN

Satuan Pendidikan       : SMA Negeri 57 Jakarta
Kelas                           : X (Wajib)
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kompetensi Inti                       :
1.        Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.        Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.        Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.        Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Semester
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Alokasi Waktu
1

3.1 Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui
 lisan maupun tulisan
3.2 Membandingkan teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.3 Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur
 kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.4 Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil  observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks
baik melalui lisan maupun tulisan
4.1 Menginterpretasi makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil
observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan
maupun tulisan
4.2 Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun
tulisan
4.3 Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi sesuai dengan  struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
4.4 Mengabstraksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
4.5 Mengonversi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi ke dalam bentuk yang lain sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan

Unit 1
Anekdot
A.         Memahami Struktur Teks Anekdot
B.         Membandingkan Teks Anekdot dengan
Teks Cerita Inspiratif
C.         Menganalisis Teks Anekdot
D.         Menilai Teks Anekdot
E.         Menafsirkan Makna Tersirat dari Teks Anekdot
F.          Teknik Menulis Teks Anekdot
G.         Menyunting Teks Anekdot
H.        Menceritakan Isi Teks Anekdot
I.           Bermain Peran Berdasarkan Cerita Anekdot

20 x 45’


3.1 Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui
lisan maupun tulisan
3.2 Membandingkan teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.3 Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.4 Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil  observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi berdasarkan  kaidah-kaidah teks
baik melalui lisan maupun tulisan
4.1 Menginterpretasi makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil
observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan
 maupun tulisan
4.2 Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren  sesuai dengan
karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
4.3 Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
4.4 Mengabstraksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
4.5 Mengonversi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi ke dalam bentuk yang lain sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan



Unit 2
Karangan Eksposisi
A.         Memahami Karangan Eksposisi
B.         Menilai Teks Eksposisi
C.         Menginterpretasikan Teks Eksposisi
D.         Memproduksi Teks Eksposisi
E.         Menyunting Teks Eksposisi
F.          Menceritakan Teks Eksposisi
G.         Mengubah Teks Eksposisi Menjadi Teks Pidato


18 x 45’


3.1 Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.2 Membandingkan teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.3 Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.4 Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks
 baik melalui lisan maupun tulisan
4.1 Menginterpretasi makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil
observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan
maupun tulisan
4.2 Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun
tulisan
4.3 Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
4.4 Mengabstraksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
4.5 Mengonversi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi ke dalam bentuk yang lain sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan


UNIT 3
Laporan Hasil Observasi
A.      Memahami Struktur Laporan Hasil Observasi
B.      Membandingkan Laporan Hasil Observasi dengan Laporan Hasil Diskusi
C.      Menganalisis Laporan Hasil Observasi
D.      Menilai Laporan Hasil Observasi
E.       Menginterpretasikan Laporan Hasil Observasi
F.       Teknik Menulis Laporan Hasil Observasi
G.      Menyunting Laporan Hasil Observasi
H.      Menjelaskan Laporan Hasil Observasi
I.        Mempresentasikan Laporan Hasil Observasi


20 x 45’
2

3.1 Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui
lisan maupun tulisan
3.2 Membandingkan teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur
 kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.3 Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.4 Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks
baik melalui lisan maupun tulisan
4.1 Menginterpretasi makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil
observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan
 maupun tulisan
4.2 Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun
tulisan
4.3 Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
4.4 Mengabstraksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
4.5 Mengonversi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
 prosedur kompleks, dan negosiasi ke dalam bentuk yang lain
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan

Unit 4
Prosedur Kompleks
A.    Memahami Struktur Berita
B.    Membandingkan Teknik Penulisan
Berita dengan Teknik Berwawancara
C.    Menganalisis Naskah Drama Berdasarkan  Unsur Intrinsik Drama
D.    Menilai Teknik Berpidato Tanpa Teks
E.    Menginterpretasi Penyusunan Program Kerja Osis
F.     Teknik Menulis Biografi
G.    Menyunting Artikel
H.   Menyampaikan Topik Cerita
I.      Menulis Cerpen Berdasarkan Pengalaman


34 x 45’


3.1 Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui
lisan maupun tulisan
3.2 Membandingkan teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.3 Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur
 kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.4 Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
 prosedur kompleks, dan negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks
baik melalui lisan maupun tulisan
4.1 Menginterpretasi makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil
observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan
maupun tulisan
4.2 Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun
tulisan
4.3 Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi sesuai dengan struktur dan
 kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
4.4 Mengabstraksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
 prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
4.5 Mengonversi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi ke dalam bentuk yang lain sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan

Unit 5
Negosiasi
A.    Memahami Makna Negosiasi dari Cuplikan Teks Drama
B.    Membandingkan Isi Dialog Drama dengan Kalimat Respons dalam Diskusi
C.    Menganalisis Teks Negosiasi yang Terdapat dalam Teks Berita
D.    Menilai Kadar Negosiasi dalam Teks Berita
E.    Menginterpretasi Makna Negosiasi dalam Teks Berita
F.     Teknik Bernegosiasi
G.    Menyunting Teks Negosiasi
H.   Menceritakan Proses Negosiasi
I.      Mengubah Teks Dialog Menjadi Teks Berita

34 x 45’
Jumlah Alokasi Waktu Belajar


126 x 45’

                                                                                               Jakarta, 15 Juli 2013
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 57 Jakarta                           Guru Bidang Pelajaran Bahasa Indonesia


Drs. Sodikin, MM.                                              Drs. Parmono, M.Pd.
NIP. 196206111989031013.                               NIP. 196308211989031006


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS CERPEN TUKANG PIJIT KELILING

SOAL UTS 2015-2016

MENENTUKAN ISI PUISI, "TUHAN TELAH MENEGURMU"