PROGRAM TAHUNAN
PROGRAM TAHUNAN
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 57 Jakarta
Kelas : X (Wajib)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kompetensi Inti :
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Semester
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
1
|
3.1
Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi
baik melalui
lisan maupun
tulisan
3.2
Membandingkan teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks,
dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.3 Menganalisis teks anekdot, laporan hasil
observasi, prosedur
kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan
maupun tulisan
3.4 Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi,
prosedur
kompleks, dan negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks
baik melalui
lisan maupun tulisan
4.1 Menginterpretasi makna teks anekdot,
eksposisi, laporan hasil
observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan
maupun tulisan
4.2 Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi,
prosedur
kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan
karakteristik
teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun
tulisan
4.3 Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi,
prosedur
kompleks, dan negosiasi sesuai dengan struktur
dan
kaidah
teks baik secara lisan maupun tulisan
4.4 Mengabstraksi teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi,
prosedur
kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
4.5 Mengonversi teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi,
prosedur
kompleks, dan negosiasi ke dalam bentuk yang lain sesuai
dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
Unit 1
Anekdot
A.
Memahami Struktur Teks Anekdot
B.
Membandingkan Teks Anekdot dengan
Teks Cerita
Inspiratif
C.
Menganalisis Teks Anekdot
D.
Menilai Teks Anekdot
E.
Menafsirkan Makna Tersirat dari Teks
Anekdot
F.
Teknik Menulis Teks Anekdot
G.
Menyunting Teks Anekdot
H.
Menceritakan Isi Teks Anekdot
I.
Bermain Peran Berdasarkan Cerita
Anekdot
|
20 x
45’
|
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks anekdot,
eksposisi, laporan
hasil
observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui
lisan maupun
tulisan
3.2 Membandingkan teks anekdot, laporan hasil
observasi, prosedur
kompleks, dan
negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.3 Menganalisis teks anekdot, laporan hasil
observasi, prosedur
kompleks, dan
negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.4 Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi,
prosedur
kompleks, dan negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah
teks
baik melalui
lisan maupun tulisan
4.1 Menginterpretasi makna teks anekdot,
eksposisi, laporan hasil
observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan
maupun tulisan
4.2 Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi,
prosedur
kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai
dengan
karakteristik
teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
4.3 Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi,
prosedur
kompleks, dan negosiasi sesuai dengan struktur dan
kaidah
teks baik secara lisan maupun tulisan
4.4 Mengabstraksi teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi,
prosedur
kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
4.5 Mengonversi teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi,
prosedur
kompleks, dan negosiasi ke dalam bentuk yang lain sesuai
dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
Unit 2
Karangan
Eksposisi
A.
Memahami Karangan Eksposisi
B.
Menilai Teks Eksposisi
C.
Menginterpretasikan Teks Eksposisi
D.
Memproduksi Teks Eksposisi
E.
Menyunting Teks Eksposisi
F.
Menceritakan Teks Eksposisi
G.
Mengubah Teks Eksposisi Menjadi Teks
Pidato
|
18 x
45’
|
|
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks anekdot,
eksposisi, laporan
hasil
observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.2 Membandingkan teks anekdot, laporan hasil
observasi, prosedur
kompleks,
dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.3 Menganalisis teks anekdot, laporan hasil
observasi, prosedur
kompleks, dan
negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.4 Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi,
prosedur
kompleks, dan negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks
baik melalui lisan maupun tulisan
4.1 Menginterpretasi makna teks anekdot,
eksposisi, laporan hasil
observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan
maupun
tulisan
4.2 Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi,
prosedur
kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan
karakteristik
teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun
tulisan
4.3 Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi,
prosedur
kompleks, dan negosiasi sesuai dengan struktur dan
kaidah
teks baik secara lisan maupun tulisan
4.4 Mengabstraksi teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi,
prosedur
kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
4.5 Mengonversi teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi,
prosedur
kompleks, dan negosiasi ke dalam bentuk yang lain sesuai
dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
UNIT 3
Laporan
Hasil Observasi
A. Memahami
Struktur Laporan Hasil Observasi
B. Membandingkan
Laporan Hasil Observasi dengan Laporan Hasil Diskusi
C. Menganalisis
Laporan Hasil Observasi
D. Menilai
Laporan Hasil Observasi
E. Menginterpretasikan
Laporan Hasil Observasi
F. Teknik
Menulis Laporan Hasil Observasi
G. Menyunting
Laporan Hasil Observasi
H. Menjelaskan
Laporan Hasil Observasi
I.
Mempresentasikan Laporan Hasil
Observasi
|
20 x
45’
|
|
2
|
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks anekdot,
eksposisi, laporan
hasil
observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui
lisan maupun
tulisan
3.2 Membandingkan teks anekdot, laporan hasil
observasi, prosedur
kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan
maupun tulisan
3.3 Menganalisis teks anekdot, laporan hasil
observasi, prosedur
kompleks, dan
negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.4 Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi,
prosedur
kompleks, dan negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks
baik
melalui lisan maupun tulisan
4.1 Menginterpretasi makna teks anekdot,
eksposisi, laporan hasil
observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan
maupun tulisan
4.2 Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi,
prosedur
kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan
karakteristik
teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun
tulisan
4.3 Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi,
prosedur
kompleks, dan negosiasi sesuai dengan struktur dan
kaidah
teks baik secara lisan maupun tulisan
4.4 Mengabstraksi teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi,
prosedur
kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
4.5 Mengonversi teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi ke dalam bentuk
yang lain
sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
Unit 4
Prosedur
Kompleks
A. Memahami
Struktur Berita
B. Membandingkan
Teknik Penulisan
Berita dengan
Teknik Berwawancara
C. Menganalisis
Naskah Drama Berdasarkan Unsur
Intrinsik Drama
D. Menilai
Teknik Berpidato Tanpa Teks
E. Menginterpretasi
Penyusunan Program Kerja Osis
F. Teknik
Menulis Biografi
G. Menyunting
Artikel
H. Menyampaikan
Topik Cerita
I. Menulis
Cerpen Berdasarkan Pengalaman
|
34 x
45’
|
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks anekdot,
eksposisi, laporan
hasil
observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui
lisan
maupun tulisan
3.2 Membandingkan teks anekdot, laporan hasil
observasi, prosedur
kompleks, dan
negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.3 Menganalisis teks anekdot, laporan hasil
observasi, prosedur
kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan
maupun tulisan
3.4 Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi berdasarkan
kaidah-kaidah teks
baik
melalui lisan maupun tulisan
4.1 Menginterpretasi makna teks anekdot,
eksposisi, laporan hasil
observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan
maupun
tulisan
4.2 Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi,
prosedur
kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan
karakteristik
teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun
tulisan
4.3 Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi,
prosedur
kompleks, dan negosiasi sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
4.4 Mengabstraksi teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara
lisan maupun tulisan
4.5 Mengonversi teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi,
prosedur
kompleks, dan negosiasi ke dalam bentuk yang lain sesuai
dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
Unit 5
Negosiasi
A. Memahami
Makna Negosiasi dari Cuplikan Teks Drama
B. Membandingkan
Isi Dialog Drama dengan Kalimat Respons dalam Diskusi
C. Menganalisis
Teks Negosiasi yang Terdapat dalam Teks Berita
D. Menilai
Kadar Negosiasi dalam Teks Berita
E. Menginterpretasi
Makna Negosiasi dalam Teks Berita
F. Teknik
Bernegosiasi
G. Menyunting
Teks Negosiasi
H. Menceritakan
Proses Negosiasi
I. Mengubah
Teks Dialog Menjadi Teks Berita
|
34 x
45’
|
|
Jumlah Alokasi Waktu Belajar
|
126 x
45’
|
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 57 Jakarta Guru Bidang Pelajaran Bahasa
Indonesia
Drs. Sodikin, MM. Drs. Parmono, M.Pd.
NIP. 196206111989031013. NIP. 196308211989031006
Komentar