PROGRAM SEMESTER
PROGRAM SEMESTER
Satuan Pendidikan : SMA
Negeri 57 Jakarta
Kelas/Semester : X/1
(Wajib)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kompetensi Inti :
1. Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Bulan
|
||||||||||||||||||||||||||
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
|||||||||||||||||||||||
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks anekdot,
eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik
melalui lisan maupun tulisan
3.2 Membanding-kan
teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik
melalui lisan maupun tulisan
3.3 Menganalisis teks anekdot, laporan hasil
observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.4 Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks,
dan negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun
tulisan
4.1 Menginterpre-tasi makna teks anekdot,
eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik
secara lisan maupun tulisan
4.2 Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
4.3 Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan
maupun tulisan
4.4 Mengabstraksi teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun
tulisan
4.5 Mengonversi teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi ke dalam bentuk yang lain
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
Unit 1
A.
Memahami Struktur Teks Anekdot
B.
Membanding-kan Teks Anekdot dengan
Teks Cerita Inspiratif
C. Menganalisis
Teks Anekdot
D. Menilai
Teks Anekdot
E. Menafsirkan
Makna Tersirat dari Teks Anekdot
F. Teknik
Menulis Teks Anekdot
G. Menyunting
Teks Anekdot
H. Menceritakan
Isi Teks Anekdot
I. Bermain
Peran Berdasarkan Cerita Anekdot
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Libur Semester
|
|
|
|
Libur Idul Fitri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ujian Semester
|
|
Libur Semester
|
||||||
Libur Semester
|
|
|
|
Libur Idul Fitri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ujian Semester
|
|
Libur Semester
|
||||||
Unit
2
A. Memahami
Karangan Eksposisi
B. Menilai
Teks Eksposisi
C. Menginter-pretasikan
Teks Eksposisi
D. Memproduksi
Teks Eksposisi
E. Menyunting
Teks Eksposisi
F. Menceritakan
Teks Eksposisi
G. Mengubah
Teks Eksposisi Menjadi Teks Pidato
Unit 3
A. Memahami
Struktur Laporan Hasil Observasi
B. Membandingkan
Laporan Hasil Observasi dengan Laporan Hasil Diskusi
C. Menganalisis
Laporan Hasil Observasi
D. Menilai
Laporan Hasil Observasi
E. Menginterpretasikan
Laporan Hasil Observasi
F. Teknik
Menulis Laporan Hasil Observasi
G. Menyunting
Laporan Hasil Observasi
H. Menjelaskan
Laporan Hasil Observasi
I. Mempresentasikan
Laporan Hasil Observasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
Jakarta, 15 Juli 2013
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 57 Jakarta Guru
Bidang Pelajaran Bahasa Indonesia
Drs. Sodikin, MM. Drs.
Parmono, M.Pd.
NIP. 196206111989031013. NIP.
196308211989031006
PROGRAM SEMESTER
Satuan Pendidikan : SMA NEGERI
57 JAKARTA
Kelas/Semester : X/2
(Wajib)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kompetensi Inti :
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Bulan
|
|||||||||||||||||||||||||
Januari
|
Februari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
||||||||||||||||||||||
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks anekdot,
eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik
melalui lisan maupun tulisan
3.2 Membanding-kan
teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik
melalui lisan maupun tulisan
3.3 Menganalisis teks anekdot, laporan hasil
observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.4 Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks,
dan negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun
tulisan
4.1 Menginterpre-tasi makna teks anekdot,
eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik
secara lisan maupun tulisan
4.2 Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
4.3 Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan
maupun tulisan
4.4 Mengabstraksi teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun
tulisan
4.5 Mengonversi teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi ke dalam bentuk yang lain
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
Unit 4
A. Memahami
Struktur Berita
B. Membandingkan
Teknik Penulisan
Berita dengan
Teknik Berwawancara
C. Menganalisis
Naskah Drama Berdasarkan Unsur
Intrinsik Drama
D. Menilai
Teknik Berpidato Tanpa Teks
E. Menginterpretasi
Penyusunan Program Kerja Osis
F. Teknik
Menulis Biografi
G. Menyunting
Artikel
H. Menyampaikan
Topik Cerita
I. Menulis
Cerpen Berdasarkan Pengalaman
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ujian Semester
|
|
Libur Semester
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ujian Semester
|
|
Libur Semester
|
|||
Unit 5
A. Memahami
Makna Negosiasi dari Cuplikan Teks Drama
B. Membandingkan
Isi Dialog Drama dengan Kalimat Respons dalam Diskusi
C. Menganalisis
Teks Negosiasi yang Terdapat dalam Teks Berita
D. Menilai
Kadar Negosiasi dalam Teks Berita
E. Menginterpretasi
Makna Negosiasi dalam Teks Berita
F. Teknik
Bernegosiasi
G. Menyunting
Teks Negosiasi
H. Menceritakan
Proses Negosiasi
I. Mengubah
Teks Dialog Menjadi Teks Berita
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jakarta, 15 Juli 2013
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 57 Jakarta Guru Bidang Pelajaran Bahasa Indonesia
Drs. Sodikin, MM. Drs.
Parmono, M.Pd.
NIP. 196206111989031013. NIP. 196308211989031006
Komentar