PROGRAM SEMESTER



PROGRAM SEMESTER

Satuan Pendidikan                   : SMA Negeri 57 Jakarta
Kelas/Semester                                    : X/1 (Wajib)
Mata Pelajaran                         : Bahasa Indonesia
Kompetensi Inti                                   :
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Bulan
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.2 Membanding-kan teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.3 Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.4 Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil  observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
4.1 Menginterpre-tasi makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
4.2 Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
4.3 Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi sesuai dengan  struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
4.4 Mengabstraksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
4.5 Mengonversi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Unit 1
A.    Memahami Struktur Teks Anekdot
B.     Membanding-kan Teks Anekdot dengan Teks Cerita Inspiratif
C.     Menganalisis Teks Anekdot
D.    Menilai Teks Anekdot
E.     Menafsirkan Makna Tersirat dari Teks Anekdot
F.     Teknik Menulis Teks Anekdot
G.    Menyunting Teks Anekdot
H.    Menceritakan Isi Teks Anekdot
I.      Bermain Peran Berdasarkan Cerita Anekdot



1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
Libur Semester



Libur Idul Fitri















Ujian Semester

Libur Semester
Libur Semester




Libur Idul Fitri















Ujian Semester

Libur Semester

Unit 2
A.      Memahami Karangan Eksposisi
B.      Menilai Teks Eksposisi
C.      Menginter-pretasikan Teks Eksposisi
D.      Memproduksi Teks Eksposisi
E.      Menyunting Teks Eksposisi
F.       Menceritakan Teks Eksposisi
G.      Mengubah Teks Eksposisi Menjadi Teks Pidato

Unit 3
A.    Memahami Struktur Laporan Hasil Observasi
B.    Membandingkan Laporan Hasil Observasi dengan Laporan Hasil Diskusi
C.    Menganalisis Laporan Hasil Observasi
D.    Menilai Laporan Hasil Observasi
E.     Menginterpretasikan Laporan Hasil Observasi
F.     Teknik Menulis Laporan Hasil Observasi
G.    Menyunting Laporan Hasil Observasi
H.    Menjelaskan Laporan Hasil Observasi
I.      Mempresentasikan Laporan Hasil Observasi






















































Jakarta, 15 Juli 2013
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 57 Jakarta                                  Guru Bidang Pelajaran Bahasa Indonesia


Drs. Sodikin, MM.                                                      Drs. Parmono, M.Pd.
NIP. 196206111989031013.                                      NIP. 196308211989031006
PROGRAM SEMESTER

Satuan Pendidikan                   : SMA NEGERI 57 JAKARTA
Kelas/Semester                                    : X/2 (Wajib)
Mata Pelajaran                         : Bahasa Indonesia
Kompetensi Inti                                   :
1.        Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.        Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.        Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.        Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Bulan
Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.2 Membanding-kan teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.3 Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.4 Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil  observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
4.1 Menginterpre-tasi makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
4.2 Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
4.3 Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi sesuai dengan  struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
4.4 Mengabstraksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
4.5 Mengonversi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Unit 4

A.    Memahami Struktur Berita
B.     Membandingkan Teknik Penulisan
Berita dengan Teknik Berwawancara
C.     Menganalisis Naskah Drama Berdasarkan  Unsur Intrinsik Drama
D.    Menilai Teknik Berpidato Tanpa Teks
E.     Menginterpretasi Penyusunan Program Kerja Osis
F.     Teknik Menulis Biografi
G.    Menyunting Artikel
H.    Menyampaikan Topik Cerita
I.      Menulis Cerpen Berdasarkan Pengalaman



1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4






















Ujian Semester

Libur Semester























Ujian Semester

Libur Semester

Unit 5

A.    Memahami Makna Negosiasi dari Cuplikan Teks Drama
B.     Membandingkan Isi Dialog Drama dengan Kalimat Respons dalam Diskusi
C.     Menganalisis Teks Negosiasi yang Terdapat dalam Teks Berita
D.    Menilai Kadar Negosiasi dalam Teks Berita
E.     Menginterpretasi Makna Negosiasi dalam Teks Berita
F.     Teknik Bernegosiasi
G.    Menyunting Teks Negosiasi
H.    Menceritakan Proses Negosiasi
I.      Mengubah Teks Dialog Menjadi Teks Berita































Jakarta, 15 Juli 2013
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 57 Jakarta                           Guru Bidang Pelajaran Bahasa Indonesia


Drs. Sodikin, MM.                                              Drs. Parmono, M.Pd.
NIP. 196206111989031013.                               NIP. 196308211989031006

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS CERPEN TUKANG PIJIT KELILING

SOAL UTS 2015-2016

MENENTUKAN ISI PUISI, "TUHAN TELAH MENEGURMU"