XII IPS 2 PENINGKATAN KOMPETENSI RESENSI BUMI MANUSIA

 Melengkapi Resensi :

Resensi Novel Bumi Manusia

Judul                            : Bumi Manusia

Penulis                         : Pramoedya Ananta Toer

Penerbit                       : Hasta Mitra

Kategori                       : Romance

Tahun Terbit               : 1980

Bumi Manusia adalah salah satu novel keren dan best seller. Sudah pernah baca? Buat kamu yang belum tahu alur ceritanya, baca dulu Sinopsis novel Bumi Manusia ini.

Sinopsis Bumi Manusia ini merangkum cerita singkat apa yang ada dalam novel. Kamu bisa tahu alur ceritanya seperti apa dan tokohnya siapa saja yang ada dalam cerita.

Namun ini hanyalah sinopsis versi saya ya. Jika ada kekurangan mohon maaf saja. Tapi saya rasa ini cukup menggambarkan detail lengkap dari novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer.

Novel Bumi Manusia ini adalah salah satu novel terbaik yang menjadi salah satu novel best seller di masa nya.

Lengkapi Resensi dengan menjawab pertanyaan berikut dengan baik dan benar!

Jawaban langsung di posting komentar

A.       Buatkan Sinopsis Novel Bumi Manusia karya Pramudya Anantatur!

B.        Sebutkan Unsur Intrinsik Novel Bumi Manusia tersebut seperti :

1.     Tema

2.     Tokoh dan Penokohan

3.     Alur

4.     Latar Waktu

5.     Latar Tempat

6.     Sudut Pandang

7.     Gaya Bahasa

 

C.        Sebutkan Unsur Ekstrinsik Novel Bumi Manusia tersebut seperti :

1.     Unsur Moral

2.     Unsur Pendidikan

3.     Unsur Budaya

4.     Unsur Sosial

 

D.       Sebutkan Kelebihan & Kekurangan Novel Bumi Manusia tersebut seperti :

1.     Kelebihan Novel Bumi Manusia

2.     Kekurangan Novel Bumi Manusia

=== SELAMAT BEKERJA ===


Komentar

farsyadina mengatakan…
NAMA : FARSYADINA AMIRA
KELAS : XII IPS 2

A. Bumi Manusia menceritakan tentang kehidupan Minke, siswa HBS sekolah menengah atas dengan pengantar bahasa Belanda. Minke merupakan satu-satunya orang Indonesia di antara siswa Belanda. Sebagai keturunan priayi, ia mendapat kesempatan dari pemerintah kolonial untuk bersekolah di sana.

B. Unsur Intrinsik :
1. Tema : tentang kisah percintaan seorang pemuda keturunan pribumi Jawa dengan seorang gadis keturunan Belanda dan perjuangannya ditengah pergerakan Indonesia awal abad ke 20.
2. Tokoh dan penokohan :
- Minke : Pintar berargumen dan penuh
kehormatan.
- Robert Suurhof : Gemar merendahkan
orang lain.
- Annelies Mellema : Lugu dan pemalu.
- Nyai Ontosoroh : Baik dan bijaksana.
- Robert Mellema : Cekatan dan rupawan.
- Darsam : Pelayan Minke.
3. Alur : Alur pada novel Bumi Manusia ini adalah menggunakan alur mundur karena novel Bumi Manusia ini tokoh utama Minke menceritakan kejadiannya saat ia masih bersekolah di HBS.
4. Latar waktu : Terjadi pada tahun 1889 pada masa pemerintahan Hindia Belanda.
5. Latar tempat : Jawa Timur tepatnya di Wonokromo.
6. Sudut pandang : Sudut pandang pada Novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer adalah sudut pandang orang pertama “Aku” sebagai tokoh utama.
7. Gaya bahasa : Gaya bahasa metafora dan gaya bahasa personifikasi sebagai wadah ideologi.

C. Unsur Ekstrinsik :
1. Mengendalikan hawa nafsu manusia yang gampang tergiur oleh sesuatu yang dianggapnya mewah.
2. Novel Bumi Manusia mengandung 10 nilai pendidikan yaitu:
1) kebijaksanaan;
2) religius
3) keberanian;
4) pengendalian;
5) cinta;
6) sikap positif;
7) bekerja keras;
8) integritas;
9) syukur;
10) kerendahan hati.
3. Unsur budaya pada Bumi Manusia ini pada kebudayaan jaman dahulu masih sangat tertinggal. Terutama pada orang-orang pribumi yang masih berada di bawah jajahan orang Indo Eropa.
4. Unsur Sosial dari novel Bumi Manusia yaitu dimana kedudukan kaum laki-laki lebih tinggi daripada wanita.

D. Kelebihan dan kekurangan :
1. Kelebihan Novel Bumi Manusia ini adalah banyak memberi beberapa gambaran yang sangat jelas tentang masalah-masalah yang timbul dalam kehidupan manusia di jaman kolonialisme. Alur ceritanya sangat menarik, permasalahan ditulis jelas hampir tanpa ada celah, begitu juga dengan gambaran keadaan masyarakat pada masa pemerintahan Hindia Belanda, digambarkan dengan baik dan jelas.
2. Kekurangan Novel Bumi Manusia ini yaitu memiliki bahasa sastra yang cukup tinggi, sehingga seringkali tidak dipahami oleh pembaca masa kini.
B.indonesia mengatakan…
Nama : Astriani Puspita Maharani
Kelas : 12 IPS 2
No. Absen : 10

A. Novel ini fokus menyoroti kehidupan Tirto Adhi Soerjo atau “Minke”, seorang pemuda Indonesia satu-satunya yang mendapat kesempatan bersekolah di H.B.S atau Hogere Burgerschool , sekolah menengah atas khusus untuk orang Eropa, Belanda, dan elit pribumi.

B. 1) Tema : Penderitaan masyarakat pribumi pada masa penjajahan.
2) Tokoh dan Penokohan
penokohan dalam novel : Bumi Manusia adalah Minke adalah seorang pemuda pribumi keturunan bangsawan yang cerdas. Nyai Ontosoroh yaitu istri tak resmi dari Herman Mellema, Robert Mellema kakak dari Annelies Mallema, dan Annelies gadis Indo Belanda anak dari Nyai Ontosoroh dan Herman Mallema.
3). Alur :
Alur yang di tahap awal megisahkan seorang Minke yang mahir menulis dan bersekolah di HBS yang dikagumi. lalu keadaan Minke yang dekat dengan keluarga Annelies dan menjadi revolusioner untuk memberontak kebudayaan Jawa yang membuat dirinya selalu berada di bawah.
Bagian akhir pengarang menggambarkan bahwa Nyai Ontosoroh sebagai wanita yang tidak memiliki kesusilaan dan membuatnya menderita sehingga Nyai berpikir bahwa untuk mengubah kemiskinan hanya dengan belajar lalu Minke dan Annelies menikah.
4). Latar Waktu :
Latar waktu pada bumi manusia yaitu sekitar tahun 1898 sampai dengan tahun 1918
5). Latar Tempat :
Latar tempat yang terjadi di Novel Bumi Manusia adalah di Wonokromo dekat Surabaya di Jawa Timur.
6).Sudut Pandang :
Sudut pandang dalam novel Bumi Manusia adalah menggunakan sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama.
7). Gaya Bahasa
Analisis novel Bumi : Manusia dari unsur kebahasaan novel ini memiliki bahasa yang banyak menggunakan bahasa asing atau istilah-istilah asing seperti radikal yang artinya yaitu golongan liberal progresif yang menantang pemerasan kolonial.
Dan gaya bahasa yang di gunakan pada novel ini banyak menggunakan majas depersonifikasi.

C. 1) unsur moral : Unsur moral, dalam aspek moral yang melekat pada individu masyarakat yang kurang baik. Contoh anggapan Minke bahwa menganggap orang pribumi itu kolot sedangkan orang yang mempunyai darah belanda itu modern.
2). Unsur pendidikan : Unsur pendidikan, dalam novel bumi manusia ini tentang seorang anak yang berasal dari pribumi yang bersekolah di H.B.S Surabaya. Dan sekolah tersebut dominan di isi oleh orang berdarah belanda namun tidak membuat Minke mundur dan tetap semangat belajar hingga mendapat juara 2.
3). Unsur budaya : Unsur budaya, memberikan wejangan ketika minke dan annelise akan menikah itu merupakan sebuah tradisi dari jawa.
4). Unsur sosial : Unsur sosial, pada jaman pergerakan indonesia abad 20 orang dari keturunan belanda kehidupan sosialnya lebih diperhatikan.

D. 1). Kelebihan novel bumi manusia :
- Novel ini begitu memberikan gambaran yang cukup jelas tentang masalah-masalah yang terjadi dalam kehidupan manusia pada jaman kolonialisme.
- Alur yang di ceritakan cukup menarik dan terstruktur sehingga nyaman untuk di baca.
- Penggambaran yang cukup jelas dalam cerita tersebut membuat imajinasi kita berlayar pada tahun-tahun tersebut sehingga dapat merasakan apa yang terjadi pada jaman itu dan bagaimana perasaan kita jika menjadi mereka.
2). Kekurangan novel bumi manusia :
- Dan ini kelemahan dari novel Bumi Manusia yaitu dimana bagi orang awam membaca novel ini akan merasa kurang menyukai nya karena banyak bahasa puitis yang sulit di mengerti dan mungkin kurang digemari bagi sebagian orang.
kristina florencia mengatakan…
Nama :Kristina Florencia M
Kelas : 12 IPS 2

A. Bumi Manusia menceritakan tentang kehidupan Minke, siswa HBS sekolah menengah atas dengan pengantar bahasa Belanda. Minke merupakan satu-satunya orang Indonesia di antara siswa Belanda. Sebagai keturunan priayi, ia mendapat kesempatan dari pemerintah kolonial untuk bersekolah di sana.

B. Unsur Intrinsik :
1. Tema : tentang kisah percintaan seorang pemuda keturunan pribumi Jawa dengan seorang gadis keturunan Belanda dan perjuangannya ditengah pergerakan Indonesia awal abad ke 20.
2. Tokoh dan penokohan :
- Minke : Pintar berargumen dan penuh
kehormatan.
- Robert Suurhof : Gemar merendahkan
orang lain.
- Annelies Mellema : Lugu dan pemalu.
- Nyai Ontosoroh : Baik dan bijaksana.
- Robert Mellema : Cekatan dan rupawan.
- Darsam : Pelayan Minke.
3. Alur : Alur pada novel Bumi Manusia ini adalah menggunakan alur mundur karena novel Bumi Manusia ini tokoh utama Minke menceritakan kejadiannya saat ia masih bersekolah di HBS.
4. Latar waktu : Terjadi pada tahun 1889 pada masa pemerintahan Hindia Belanda.
5. Latar tempat : Jawa Timur tepatnya di Wonokromo.
6. Sudut pandang : Sudut pandang pada Novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer adalah sudut pandang orang pertama “Aku” sebagai tokoh utama.
7. Gaya bahasa : Gaya bahasa metafora dan gaya bahasa personifikasi sebagai wadah ideologi.

C. Unsur Ekstrinsik :
1. Mengendalikan hawa nafsu manusia yang gampang tergiur oleh sesuatu yang dianggapnya mewah.
2. Novel Bumi Manusia mengandung 10 nilai pendidikan yaitu:
1) kebijaksanaan;
2) religius
3) keberanian;
4) pengendalian;
5) cinta;
6) sikap positif;
7) bekerja keras;
8) integritas;
9) syukur;
10) kerendahan hati.
3. Unsur budaya pada Bumi Manusia ini pada kebudayaan jaman dahulu masih sangat tertinggal. Terutama pada orang-orang pribumi yang masih berada di bawah jajahan orang Indo Eropa.
4. Unsur Sosial dari novel Bumi Manusia yaitu dimana kedudukan kaum laki-laki lebih tinggi daripada wanita.

D. Kelebihan dan kekurangan :
1. Kelebihan Novel Bumi Manusia ini adalah banyak memberi beberapa gambaran yang sangat jelas tentang masalah-masalah yang timbul dalam kehidupan manusia di jaman kolonialisme. Alur ceritanya sangat menarik, permasalahan ditulis jelas hampir tanpa ada celah, begitu juga dengan gambaran keadaan masyarakat pada masa pemerintahan Hindia Belanda, digambarkan dengan baik dan jelas.
2. Kekurangan Novel Bumi Manusia ini yaitu memiliki bahasa sastra yang cukup tinggi, sehingga seringkali tidak dipahami oleh pembaca masa kini.
Nama: Ardita Septia Rahma Aulia
Kelas: 12 IPS 2/09

A. Novel “Bumi Manusia” adalah novel fiksi dengan genre drama history dan bersetting pada zaman penjajahan Belanda. Novel ini fokus menyoroti kehidupan Tirto Adhi Soerjo atau “Minke”, seorang pemuda Indonesia satu-satunya yang mendapat kesempatan bersekolah di H.B.S atau Hogere Burgerschool , sekolah menengah atas khusus untuk orang Eropa, Belanda, dan elit pribumi.
B. Unsur intrinsik
1. Tema
Percintaan seorang pemuda keturunan priyayi Jawa dengan seorang gadis keturunan Belanda dan perjuangannya di tengah pergerakan Indonesia di awal abad ke-20
2. Tokoh dan Penokohan
a) Minke : tokoh utama, cerdas, berjiwa pribumi, keturunan priyayi, siswaHBS, baik, penyayang.
b) Annelies : putri dari orang belanda (Herman Mellema) dan pribumi (NyaiOntosoroh), pendiam, manja, labil.
c) Nyai Ontosoroh : istri simpanan dari Herman Mellema, mandiri, tegas, bijaksana, pandai, dan tegar.
d)Herman Mellema : kaku dan kasare)
e) Robert Mellema : egois, tidak bermoralf)
f) Ayah Minke : masih berpatokan dengan adat istiadat Jawa, pemarah, keras dalammendidik Minke.
g) Ibu Minke : bijaksana, penyayangh)
h) Robert Surhorf : pengecuti)
i) Jean Marais : penyayang (ayah may marais)
j) May Marais : manjak)
K) Darsam : seorang Madura yang berwatak keras, patuh kepada tuannya.
l) Ah Tjong : licikm)
M) Maiko : seorang pelacur dari Jepang, egois dan tidak jujurn)
N) Amelia Mellema : istri sah Herman Mellema, ambisiuso)
O) Ir. Maurits Mellema : ambisius,
p) Magda Petters : baikq)
Q) Mevrow Telinga : seorang yang penyayang (hal 268) “memvrom telinga telah beberapa kali mengomopres kepala ku dengan cuka- bawang merah”
r) Miriam de la Croix : senior Minke di HBSs)
S) Sarah de la Croix : senior Minke di HBSt
T) Herbert de la Croix : ayah Sarah dan Miriam
3. Alur: Secara keseluruhan novel ini menggunakan alur maju, tetapi ditengah cerita terdapat kilas balik atau alur mundur.
5. Latar tempat : Indonesia, Surabaya, Wonokromo
4. Latar waktu : tahun 1889 pada masa pemerintahan belandac)
6. Sudut Pandang: Dalam novel Bumi Manusia pengarang menggunakan sudut pandang orang pertama pelaku utama.
7. Gaya bahasa metafora dan gaya bahasa personifikasi sebagai wadah ideologi.

C. Unsur ekstrinsik
1. Nilai moral: perbedaan pergaulan yang dilakukan bangsa Eropa dengan pergaulan orang pribumi bangsa Eropa secara bebas melakukan hal yang dilarang agama tanpa mendapatkan sangsihukum. Sedangkan bangsa pribumi lebih membatasi pergaulannya satu sama lain antaralaki-laki dan perempuan.
2. Unsur Pendidikan
Unsur pendidikan, dalam novel bumi manusia ini tentang seorang anak yang berasal dari pribumi yang bersekolah di H.B.S Surabaya. Dan sekolah tersebut dominan di isi oleh orang berdarah belanda namun tidak membuat Minke mundur dan tetap semangat belajar hingga mendapat juara 2.
3. Unsur Budaya
- Kebudayaan jaman dahulu masih sangat tertinggal dari peradaban.
- Pribumi (dalam hal ini contohnya Minke) masih mempertahankan budaya menghormati orang tua.
- “... kata mulutku, dan seperti mesin tanganku mengangkat sembah yang kesekian kali....”
4. Unsur Sosial
Kedudukan kaum laki-laki lebih tinggi daripada wanita pada masa itu.
D. KEKURANGAN DAN KELEBIHAN
1). Kelebihan novel bumi manusia :
- Novel ini begitu memberikan gambaran yang cukup jelas tentang masalah-masalah yang terjadi dalam kehidupan manusia pada jaman kolonialisme.
- Alur yang di ceritakan cukup menarik dan terstruktur sehingga nyaman untuk di baca.
- Penggambaran yang cukup jelas dalam cerita tersebut membuat imajinasi kita berlayar pada tahun-tahun tersebut sehingga dapat merasakan apa yang terjadi pada jaman itu dan bagaimana perasaan kita jika menjadi mereka.
2). Kekurangan novel bumi manusia :
- Dan ini kelemahan dari novel Bumi Manusia yaitu dimana bagi orang awam membaca novel ini akan merasa kurang menyukai nya karena banyak bahasa puitis yang sulit di mengerti dan mungkin kurang digemari bagi sebagian orang.
Maria Magdalena Merci mengatakan…
Nama : Maria Magdalena Merci
Kelas : 12 IPS 2

A. Bumi Manusia menceritakan tentang kehidupan Minke, siswa HBS sekolah menengah atas dengan pengantar bahasa Belanda. Minke merupakan satu-satunya orang Indonesia di antara siswa Belanda. Sebagai keturunan priayi, ia mendapat kesempatan dari pemerintah kolonial untuk bersekolah di sana.

B. Unsur Intrinsik :
1. Tema : tentang kisah percintaan seorang pemuda keturunan pribumi Jawa dengan seorang gadis keturunan Belanda dan perjuangannya ditengah pergerakan Indonesia awal abad ke 20.
2. Tokoh dan penokohan :
- Minke : Pintar berargumen dan penuh
kehormatan.
- Robert Suurhof : Gemar merendahkan
orang lain.
- Annelies Mellema : Lugu dan pemalu.
- Nyai Ontosoroh : Baik dan bijaksana.
- Robert Mellema : Cekatan dan rupawan.
- Darsam : Pelayan Minke.
3. Alur : Alur pada novel Bumi Manusia ini adalah menggunakan alur mundur karena novel Bumi Manusia ini tokoh utama Minke menceritakan kejadiannya saat ia masih bersekolah di HBS.
4. Latar waktu : Terjadi pada tahun 1889 pada masa pemerintahan Hindia Belanda.
5. Latar tempat : Jawa Timur tepatnya di Wonokromo.
6. Sudut pandang : Sudut pandang pada Novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer adalah sudut pandang orang pertama “Aku” sebagai tokoh utama.
7. Gaya bahasa : Gaya bahasa metafora dan gaya bahasa personifikasi sebagai wadah ideologi.

C. Unsur Ekstrinsik :
1. Mengendalikan hawa nafsu manusia yang gampang tergiur oleh sesuatu yang dianggapnya mewah.
2. Novel Bumi Manusia mengandung 10 nilai pendidikan yaitu:
1) kebijaksanaan;
2) religius
3) keberanian;
4) pengendalian;
5) cinta;
6) sikap positif;
7) bekerja keras;
8) integritas;
9) syukur;
10) kerendahan hati.
3. Unsur budaya pada Bumi Manusia ini pada kebudayaan jaman dahulu masih sangat tertinggal. Terutama pada orang-orang pribumi yang masih berada di bawah jajahan orang Indo Eropa.
4. Unsur Sosial dari novel Bumi Manusia yaitu dimana kedudukan kaum laki-laki lebih tinggi daripada wanita.

D. Kelebihan dan kekurangan :
1. Kelebihan Novel Bumi Manusia ini adalah banyak memberi beberapa gambaran yang sangat jelas tentang masalah-masalah yang timbul dalam kehidupan manusia di jaman kolonialisme. Alur ceritanya sangat menarik, permasalahan ditulis jelas hampir tanpa ada celah, begitu juga dengan gambaran keadaan masyarakat pada masa pemerintahan Hindia Belanda, digambarkan dengan baik dan jelas.
2. Kekurangan Novel Bumi Manusia ini yaitu memiliki bahasa sastra yang cukup tinggi, sehingga seringkali tidak dipahami oleh pembaca masa kini.
Annisa Al Khoiriyah mengatakan…
Nama : ANNISA AL KHOIRIYAH
Kelas : 12 IPS 2
Selasa, 22 November 2022

A. Sinopsis novel Bumi Manusia ini mengisahkan kisah cinta antar Minke dan Annelies pada masa kolonialisme di awal abad 20 an. Cinta antara keduanya mengalami pergolakan batin yang tak berkesudahan.
Dimana Minke merupakan seorang Priyayi Pribumi yang jatuh Cinta pada Annelies yang merupakan gadis Indo Belanda merupakan anak dari seorang Nyai.
Bapak Minke yang baru saja di angkat menjadi Bupati tak pernah menyetujui Minke bersama Annelies karena dia seorang anak dari Nyai.
Nyai merupakan seorang yang tak bersusila yang mau menikah tidak resmi dengan suami orang lain dan pada masa itu seorang Nyai dianggap sebagai orang rendahan yang sama hal nya seperti binatang peliharaan.

B. 1. Tema =
Penderitaan masyarakat pribumi pada masa penjajahan.
2. Tokoh dan Penokohan=
penokohan dalam novel Bumi Manusia adalah Minke adalah seorang pemuda pribumi keturunan bangsawan yang cerdas. Nyai Ontosoroh yaitu istri tak resmi dari Herman Mellema, Robert Mellema kakak dari Annelies Mallema, dan Annelies gadis Indo Belanda anak dari Nyai Ontosoroh dan Herman Mallema.
3. Alur =
Novel ini menggunakan alur mundur.
4. Latar Waktu =
Latar waktu pada bumi manusia yaitu sekitar tahun 1898 sampai dengan tahun 1918.
5. Latar Tempat =
Latar tempat yang terjadi di Novel Bumi Manusia adalah di Wonokromo dekat Surabaya di Jawa Timur.
6. Sudut Pandang =
Sudut pandang dalam novel Bumi Manusia adalah menggunakan sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama.
7. Gaya Bahasa =
Analisis novel Bumi Manusia dari unsur kebahasaan novel ini memiliki bahasa yang banyak menggunakan bahasa asing atau istilah-istilah asing seperti radikal yang artinya yaitu golongan liberal progresif yang menantang pemerasan kolonial.

C. 1. Unsur Moral =
Unsur moral, dalam aspek moral yang melekat pada individu masyarakat yang kurang baik. Contoh anggapan Minke bahwa menganggap orang pribumi itu kolot sedangkan orang yang mempunyai darah belanda itu modern.
2. Unsur Pendidikan =
Unsur pendidikan, dalam novel bumi manusia ini tentang seorang anak yang berasal dari pribumi yang bersekolah di H.B.S Surabaya. Dan sekolah tersebut dominan di isi oleh orang berdarah belanda namun tidak membuat Minke mundur dan tetap semangat belajar hingga mendapat juara 2.
3. Unsur Budaya =
Unsur budaya, memberikan wejangan ketika minke dan annelise akan menikah itu merupakan sebuah tradisi dari jawa.
4. Unsur Sosial =
Unsur sosial, pada jaman pergerakan indonesia abad 20 orang dari keturunan belanda kehidupan sosialnya lebih diperhatikan.

D. 1. Kelebihan Novel Bumi Manusia =
Novel Bumi Manusia memiliki nilai amanat yang bisa dikatakan luar biasa, baik itu tersurat maupun tersirat. Dari situ pula kita dapat mengambil pelajaran berharga dari setiap peristiwa yang dikisahkan dalam novel ini.
2. Kekurangan Novel Bumi Manusia =
Banyaknya istilah-istilah atau kaidah bahasa yang kurang familier di pikiran atau kehidupan para pembaca di zaman sekarang. Sehingga para pembacanya berkemungkinan mengalami kesukaran dalam memaknai istilah atau kaidah bahasa yang ada di dalam cerita. Barangkali hal itu dikarenakan novel ini menceritakan zaman kolonial Belanda.
Christina Aprillia mengatakan…
Nama : CHRISTINA APRILLIA
Kelas : 12 IPS 2
Selasa, 22 November 2022

A. Bumi Manusia menceritakan tentang kehidupan Minke, siswa HBS sekolah menengah atas dengan pengantar bahasa Belanda. Minke merupakan satu-satunya orang Indonesia di antara siswa Belanda. Sebagai keturunan priayi, ia mendapat kesempatan dari pemerintah kolonial untuk bersekolah di sana.

B. Unsur Intrinsik :
1. Tema : tentang kisah percintaan seorang pemuda keturunan pribumi Jawa dengan seorang gadis keturunan Belanda dan perjuangannya ditengah pergerakan Indonesia awal abad ke 20.
2. Tokoh dan penokohan :
- Minke : Pintar berargumen dan penuh
kehormatan.
- Robert Suurhof : Gemar merendahkan
orang lain.
- Annelies Mellema : Lugu dan pemalu.
- Nyai Ontosoroh : Baik dan bijaksana.
- Robert Mellema : Cekatan dan rupawan.
- Darsam : Pelayan Minke.
3. Alur : Alur pada novel Bumi Manusia ini adalah menggunakan alur mundur karena novel Bumi Manusia ini tokoh utama Minke menceritakan kejadiannya saat ia masih bersekolah di HBS.
4. Latar waktu : Terjadi pada tahun 1889 pada masa pemerintahan Hindia Belanda.
5. Latar tempat : Jawa Timur tepatnya di Wonokromo.
6. Sudut pandang : Sudut pandang pada Novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer adalah sudut pandang orang pertama “Aku” sebagai tokoh utama.
7. Gaya bahasa : Gaya bahasa metafora dan gaya bahasa personifikasi sebagai wadah ideologi.

C. Unsur Ekstrinsik :
1. Mengendalikan hawa nafsu manusia yang gampang tergiur oleh sesuatu yang dianggapnya mewah.
2. Novel Bumi Manusia mengandung 10 nilai pendidikan yaitu:
1) kebijaksanaan;
2) religius
3) keberanian;
4) pengendalian;
5) cinta;
6) sikap positif;
7) bekerja keras;
8) integritas;
9) syukur;
10) kerendahan hati.
3. Unsur budaya pada Bumi Manusia ini pada kebudayaan jaman dahulu masih sangat tertinggal. Terutama pada orang-orang pribumi yang masih berada di bawah jajahan orang Indo Eropa.
4. Unsur Sosial dari novel Bumi Manusia yaitu dimana kedudukan kaum laki-laki lebih tinggi daripada wanita.

D. Kelebihan dan kekurangan :
1. Kelebihan Novel Bumi Manusia ini adalah banyak memberi beberapa gambaran yang sangat jelas tentang masalah-masalah yang timbul dalam kehidupan manusia di jaman kolonialisme. Alur ceritanya sangat menarik, permasalahan ditulis jelas hampir tanpa ada celah, begitu juga dengan gambaran keadaan masyarakat pada masa pemerintahan Hindia Belanda, digambarkan dengan baik dan jelas.
2. Kekurangan Novel Bumi Manusia ini yaitu memiliki bahasa sastra yang cukup tinggi, sehingga seringkali tidak dipahami oleh pembaca masa kini.
Shifana Dewi Winarso mengatakan…
Nama : Shifana Dewi Winarso
Kelas : 12 IPS 2
Selasa, 22 November 2022

A. Bumi Manusia menceritakan tentang kisah cinta Minke dan Anneliese di awal abad ke 20. Keduanya memiliki latar belakang yang berbeda, Minke adalah seorang pria berdarah Jawa sedangkan Anneliese merupakan seorang wanita berdarah Indo Belanda. Bapak Minke yang baru saja di angkat menjadi Bupati tak pernah menyetujui Minke bersama Annelies karena dia seorang anak dari Nyai.
Nyai merupakan seorang yang tak bersusila yang mau menikah tidak resmi dengan suami orang lain dan pada masa itu seorang Nyai dianggap sebagai orang rendahan yang sama hal nya seperti binatang peliharaan.


B. Unsur Intrinsik novel "Bumi Manusia" karya Pramudya Anantatur
1. Tema : tentang kisah percintaan seorang pemuda keturunan pribumi Jawa dengan seorang gadis keturunan Belanda dan perjuangannya ditengah pergerakan Indonesia awal abad ke 20
2. Tokoh dan penokohan:
- Minke : seorang pria pribumi keturunan bangsawan yang cerdas, tanggung jawab, dan penyayang
- Anneliese: sosok wanita yang lugu, polos, dan pemalu
- Nyai Ontosoroh: Bijaksana, tegas, dan baik
- Robert Mallema: Cekatan
- Darsam : pelayan Minke
3. Alur pada novel Bumi Manusia ini adalah menggunakan alur mundur karena novel Bumi Manusia ini tokoh utama Minke menceritakan kejadiannya saat ia masih bersekolah di HBS.
4. Latar waktu : Terjadi pada tahun 1889 pada masa pemerintahan Hindia Belanda.
5.Latar tempat : Jawa Timur tepatnya di Wonokromo.
6. Sudut pandang : Sudut pandang pada Novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer adalah sudut pandang orang pertama “Aku” sebagai tokoh utama.
7. Gaya bahasa : Gaya bahasa metafora dan gaya bahasa personifikasi sebagai wadah ideologi.

C. Unsur Ekstrinsik :
- Mengendalikan hawa nafsu manusia yang gampang tergiur oleh sesuatu yang dianggapnya mewah.
- Novel Bumi Manusia mengandung 10 nilai pendidikan yaitu:
1) kebijaksanaan;
2) religius
3) keberanian;
4) pengendalian;
5) cinta;
6) sikap positif;
7) bekerja keras;
8) integritas;
9) syukur;
10) kerendahan hati.
- Unsur budaya pada Bumi Manusia ini pada kebudayaan jaman dahulu masih sangat tertinggal. Terutama pada orang-orang pribumi yang masih berada di bawah jajahan orang Indo Eropa.
- Unsur Sosial dari novel Bumi Manusia yaitu dimana kedudukan kaum laki-laki lebih tinggi daripada wanita.

D. Kelebihan dan kekurangan :
1. Kelebihan Novel Bumi Manusia ini adalah banyak memberi beberapa gambaran yang sangat jelas tentang masalah-masalah yang timbul dalam kehidupan manusia di jaman kolonialisme. Alur ceritanya sangat menarik, permasalahan ditulis jelas hampir tanpa ada celah, begitu juga dengan gambaran keadaan masyarakat pada masa pemerintahan Hindia Belanda, digambarkan dengan baik dan jelas.
2. Kekurangan Novel Bumi Manusia ini yaitu memiliki bahasa sastra yang cukup tinggi, sehingga seringkali tidak dipahami oleh pembaca masa kini.
Nama : Khairunnisa Affa Ramadhan
Kelas : XII IPS 2

A. Bumi Manusia menceritakan tentang kehidupan Minke, siswa HBS sekolah menengah atas dengan pengantar bahasa Belanda. Minke merupakan satu-satunya orang Indonesia di antara siswa Belanda. Sebagai keturunan priayi, ia mendapat kesempatan dari pemerintah kolonial untuk bersekolah di sana.

B. Unsur Intrinsik :
1. Tema : tentang kisah percintaan seorang pemuda keturunan pribumi Jawa dengan seorang gadis keturunan Belanda dan perjuangannya ditengah pergerakan Indonesia awal abad ke 20.
2. Tokoh dan penokohan :
- Minke : Pintar berargumen dan penuh
kehormatan.
- Robert Suurhof : Gemar merendahkan
orang lain.
- Annelies Mellema : Lugu dan pemalu.
- Nyai Ontosoroh : Baik dan bijaksana.
- Robert Mellema : Cekatan dan rupawan.
- Darsam : Pelayan Minke.
3. Alur : Alur pada novel Bumi Manusia ini adalah menggunakan alur mundur karena novel Bumi Manusia ini tokoh utama Minke menceritakan kejadiannya saat ia masih bersekolah di HBS.
4. Latar waktu : Terjadi pada tahun 1889 pada masa pemerintahan Hindia Belanda.
5. Latar tempat : Jawa Timur tepatnya di Wonokromo.
6. Sudut pandang : Sudut pandang pada Novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer adalah sudut pandang orang pertama “Aku” sebagai tokoh utama.
7. Gaya bahasa : Gaya bahasa metafora dan gaya bahasa personifikasi sebagai wadah ideologi.

C. Unsur Ekstrinsik :
1. Mengendalikan hawa nafsu manusia yang gampang tergiur oleh sesuatu yang dianggapnya mewah.
2. Novel Bumi Manusia mengandung 10 nilai pendidikan yaitu:
1) kebijaksanaan;
2) religius
3) keberanian;
4) pengendalian;
5) cinta;
6) sikap positif;
7) bekerja keras;
8) integritas;
9) syukur;
10) kerendahan hati.
3. Unsur budaya pada Bumi Manusia ini pada kebudayaan jaman dahulu masih sangat tertinggal. Terutama pada orang-orang pribumi yang masih berada di bawah jajahan orang Indo Eropa.
4. Unsur Sosial dari novel Bumi Manusia yaitu dimana kedudukan kaum laki-laki lebih tinggi daripada wanita.

D. Kelebihan dan kekurangan :
1. Kelebihan Novel Bumi Manusia ini adalah banyak memberi beberapa gambaran yang sangat jelas tentang masalah-masalah yang timbul dalam kehidupan manusia di jaman kolonialisme. Alur ceritanya sangat menarik, permasalahan ditulis jelas hampir tanpa ada celah, begitu juga dengan gambaran keadaan masyarakat pada masa pemerintahan Hindia Belanda, digambarkan dengan baik dan jelas.
2. Kekurangan Novel Bumi Manusia ini yaitu memiliki bahasa sastra yang cukup tinggi, sehingga seringkali tidak dipahami oleh pembaca masa kini.
shinta mengatakan…
Nama : Shinta Maharani Murti
Kelas : 12 IPS 2

A. Bumi Manusia menceritakan tentang kehidupan Minke, siswa HBS sekolah menengah atas dengan pengantar bahasa Belanda. Minke merupakan satu-satunya orang Indonesia di antara siswa Belanda. Sebagai keturunan priayi, ia mendapat kesempatan dari pemerintah kolonial untuk bersekolah di sana.

B. Unsur Intrinsik :
1. Tema : tentang kisah percintaan seorang pemuda keturunan pribumi Jawa dengan seorang gadis keturunan Belanda dan perjuangannya ditengah pergerakan Indonesia awal abad ke 20.
2. Tokoh dan penokohan :
- Minke : Pintar berargumen dan penuh
kehormatan.
- Robert Suurhof : Gemar merendahkan
orang lain.
- Annelies Mellema : Lugu dan pemalu.
- Nyai Ontosoroh : Baik dan bijaksana.
- Robert Mellema : Cekatan dan rupawan.
- Darsam : Pelayan Minke.
3. Alur : Alur pada novel Bumi Manusia ini adalah menggunakan alur mundur karena novel Bumi Manusia ini tokoh utama Minke menceritakan kejadiannya saat ia masih bersekolah di HBS.
4. Latar waktu : Terjadi pada tahun 1889 pada masa pemerintahan Hindia Belanda.
5. Latar tempat : Jawa Timur tepatnya di Wonokromo.
6. Sudut pandang : Sudut pandang pada Novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer adalah sudut pandang orang pertama “Aku” sebagai tokoh utama.
7. Gaya bahasa : Gaya bahasa metafora dan gaya bahasa personifikasi sebagai wadah ideologi.

C. Unsur Ekstrinsik :
1. Mengendalikan hawa nafsu manusia yang gampang tergiur oleh sesuatu yang dianggapnya mewah.
2. Novel Bumi Manusia mengandung 10 nilai pendidikan yaitu:
1) kebijaksanaan;
2) religius
3) keberanian;
4) pengendalian;
5) cinta;
6) sikap positif;
7) bekerja keras;
8) integritas;
9) syukur;
10) kerendahan hati.
3. Unsur budaya pada Bumi Manusia ini pada kebudayaan jaman dahulu masih sangat tertinggal. Terutama pada orang-orang pribumi yang masih berada di bawah jajahan orang Indo Eropa.
4. Unsur Sosial dari novel Bumi Manusia yaitu dimana kedudukan kaum laki-laki lebih tinggi daripada wanita.

D. Kelebihan dan kekurangan :
1. Kelebihan Novel Bumi Manusia ini adalah banyak memberi beberapa gambaran yang sangat jelas tentang masalah-masalah yang timbul dalam kehidupan manusia di jaman kolonialisme. Alur ceritanya sangat menarik, permasalahan ditulis jelas hampir tanpa ada celah, begitu juga dengan gambaran keadaan masyarakat pada masa pemerintahan Hindia Belanda, digambarkan dengan baik dan jelas.
2. Kekurangan Novel Bumi Manusia ini yaitu memiliki bahasa sastra yang cukup tinggi, sehingga seringkali tidak dipahami oleh pembaca masa kini.
DESSY PUTRI SIHITE mengatakan…
Nama: Dessy Putri Sihite
Kelas: 12 IPS 2

A. Minke—yang merupakan satu-satunya orang Indonesia di antara siswa Belanda—mendapat kesempatan dari pemerintah kolonial untuk bersekolah di sana karena ia keturunan priayi.
Pada konteks masyarakat kala itu, golongan priayi tinggi diberi hak istimewa untuk menduduki karier yang terhormat, selama ia patuh pada tuntutan sistem yang ada. Sistem yang dimaksud adalah berperilaku dengan mengikuti kebudayaan priayi dan tunduk pada kemauan penguasa kolonial, yang memanfaatkan golongan priayi untuk mengukuhkan kekuasaan.
Dalam novel ini, Pram mengisahkan pula jalinan cinta Minke dengan Annelies, putri Herman Mellema dengan Nyai Ontosuroh, dan akhirnya menikahinya. Hubungan ini pula yang membawanya pada petualangan yang “menggugah”, dan menjadi bumbu pelengkap dalam kisah Minke.

B. 1. Tema novel ini adalah tentang kisah percintaan seorang pemuda keturunan priyayi Jawa dengan seorang gadis keturunan Belanda dan perjuangannya di tengah pergerakan Indonesia di awal abad ke-20.
2. Tokoh dan Penokohan
Minke : merupakan tokoh utama dalam novel ini, cerdas, berjiwa pribumi, keturunan priyayi, siswa HBS, baik, penyayang
3. Alur cerita ini menggunakan alur keras, yaitu akhir cerita tidak dapat ditebak.
4. Latar waktu: Pagi
5. Latar tempat: Wonokromo dekat Surabaya di Jawa Timur
6. Sudut Pandang
Dalam novel Bumi Manusia pengarang menggunakan sudut pandang orang pertama pelaku utama, seperti pada kutipan novel di bawah ini
“Aku tunggu-tunggu meledaknya kemarahan Nyai karena puji-pujian
7. gaya bahasa metafora dan gaya bahasa personifikasi sebagai wadah ideologi

C. Unsur Ekstrinsik:
1. Unsur moral: anggapan Minke bahwa menganggap orang pribumi itu kolot sedangkan orang yang mempunyai darah belanda itu modern
2. Unsur Pendidikan: Unsur pendidikan, dalam novel bumi manusia ini tentang seorang anak yang berasal dari pribumi yang bersekolah di H.B.S Surabaya. Dan sekolah tersebut dominan di isi oleh orang berdarah belanda namun tidak membuat Minke mundur dan tetap semangat belajar hingga mendapat juara 2.
3. Unsur Budaya: Unsur budaya, memberikan wejangan ketika minke dan annelise akan menikah itu merupakan sebuah tradisi dari jawa.
4. Unsur Sosial
Unsur sosial, pada jaman pergerakan indonesia abad 20 orang dari keturunan belanda kehidupan sosialnya lebih diperhatikan

D. Sebutkan Kelebihan & Kekurangan Novel Bumi Manusia tersebut seperti :

1. Kelebihan Novel Bumi Manusia: Setiap peristiwa ditulis selaras dan penuh arti. Pada tiap-tiap bab pun diceritakan dengan pembabakan yang gamblang meskipun sesekali terjadi perubahan point of view atau sudut pandang orang pertamanya, seperti dari Minke ke Annelise, kemudian menuju Nyai Ontosoroh
2. Kekurangan novel bumi manusia yaitu memiliki bahasasastra yang cukup tinggi, sehingga seringkali tidak dipahami oleh pembaca masa kini
Desma Andina mengatakan…
Nama : Desma Andina
Kelas : 12 IPS 2
No. Absen : 14

A. Novel ini fokus menyoroti kehidupan Tirto Adhi Soerjo atau “Minke”, seorang pemuda Indonesia satu-satunya yang mendapat kesempatan bersekolah di H.B.S atau Hogere Burgerschool , sekolah menengah atas khusus untuk orang Eropa, Belanda, dan elit pribumi.

B. 1) Tema : Penderitaan masyarakat pribumi pada masa penjajahan.
2) Tokoh dan Penokohan
penokohan dalam novel : Bumi Manusia adalah Minke adalah seorang pemuda pribumi keturunan bangsawan yang cerdas. Nyai Ontosoroh yaitu istri tak resmi dari Herman Mellema, Robert Mellema kakak dari Annelies Mallema, dan Annelies gadis Indo Belanda anak dari Nyai Ontosoroh dan Herman Mallema.
3). Alur :
Alur yang di tahap awal megisahkan seorang Minke yang mahir menulis dan bersekolah di HBS yang dikagumi. lalu keadaan Minke yang dekat dengan keluarga Annelies dan menjadi revolusioner untuk memberontak kebudayaan Jawa yang membuat dirinya selalu berada di bawah.
Bagian akhir pengarang menggambarkan bahwa Nyai Ontosoroh sebagai wanita yang tidak memiliki kesusilaan dan membuatnya menderita sehingga Nyai berpikir bahwa untuk mengubah kemiskinan hanya dengan belajar lalu Minke dan Annelies menikah.
4). Latar Waktu :
Latar waktu pada bumi manusia yaitu sekitar tahun 1898 sampai dengan tahun 1918
5). Latar Tempat :
Latar tempat yang terjadi di Novel Bumi Manusia adalah di Wonokromo dekat Surabaya di Jawa Timur.
6).Sudut Pandang :
Sudut pandang dalam novel Bumi Manusia adalah menggunakan sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama.
7). Gaya Bahasa
Analisis novel Bumi : Manusia dari unsur kebahasaan novel ini memiliki bahasa yang banyak menggunakan bahasa asing atau istilah-istilah asing seperti radikal yang artinya yaitu golongan liberal progresif yang menantang pemerasan kolonial.
Dan gaya bahasa yang di gunakan pada novel ini banyak menggunakan majas depersonifikasi.

C. 1) unsur moral : Unsur moral, dalam aspek moral yang melekat pada individu masyarakat yang kurang baik. Contoh anggapan Minke bahwa menganggap orang pribumi itu kolot sedangkan orang yang mempunyai darah belanda itu modern.
2). Unsur pendidikan : Unsur pendidikan, dalam novel bumi manusia ini tentang seorang anak yang berasal dari pribumi yang bersekolah di H.B.S Surabaya. Dan sekolah tersebut dominan di isi oleh orang berdarah belanda namun tidak membuat Minke mundur dan tetap semangat belajar hingga mendapat juara 2.
3). Unsur budaya : Unsur budaya, memberikan wejangan ketika minke dan annelise akan menikah itu merupakan sebuah tradisi dari jawa.
4). Unsur sosial : Unsur sosial, pada jaman pergerakan indonesia abad 20 orang dari keturunan belanda kehidupan sosialnya lebih diperhatikan.

D. 1). Kelebihan novel bumi manusia :
- Novel ini begitu memberikan gambaran yang cukup jelas tentang masalah-masalah yang terjadi dalam kehidupan manusia pada jaman kolonialisme.
- Alur yang di ceritakan cukup menarik dan terstruktur sehingga nyaman untuk di baca.
- Penggambaran yang cukup jelas dalam cerita tersebut membuat imajinasi kita berlayar pada tahun-tahun tersebut sehingga dapat merasakan apa yang terjadi pada jaman itu dan bagaimana perasaan kita jika menjadi mereka.
2). Kekurangan novel bumi manusia :
- Dan ini kelemahan dari novel Bumi Manusia yaitu dimana bagi orang awam membaca novel ini akan merasa kurang menyukai nya karena banyak bahasa puitis yang sulit di mengerti dan mungkin kurang digemari bagi sebagian orang.
Anonim mengatakan…
NAMA : NAILA ZALFAA ZULFIANI
KELAS : XII IPS 2

A. Bumi Manusia menceritakan tentang kehidupan Minke, siswa HBS sekolah menengah atas dengan pengantar bahasa Belanda. Minke merupakan satu-satunya orang Indonesia di antara siswa Belanda. Sebagai keturunan priayi, ia mendapat kesempatan dari pemerintah kolonial untuk bersekolah di sana.

B. Unsur Intrinsik :
1. Tema : tentang kisah percintaan seorang pemuda keturunan pribumi Jawa dengan seorang gadis keturunan Belanda dan perjuangannya ditengah pergerakan Indonesia awal abad ke 20.
2. Tokoh dan penokohan :
- Minke : Pintar berargumen dan penuh
kehormatan.
- Robert Suurhof : Gemar merendahkan
orang lain.
- Annelies Mellema : Lugu dan pemalu.
- Nyai Ontosoroh : Baik dan bijaksana.
- Robert Mellema : Cekatan dan rupawan.
- Darsam : Pelayan Minke.
3. Alur : Alur pada novel Bumi Manusia ini adalah menggunakan alur mundur karena novel Bumi Manusia ini tokoh utama Minke menceritakan kejadiannya saat ia masih bersekolah di HBS.
4. Latar waktu : Terjadi pada tahun 1889 pada masa pemerintahan Hindia Belanda.
5. Latar tempat : Jawa Timur tepatnya di Wonokromo.
6. Sudut pandang : Sudut pandang pada Novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer adalah sudut pandang orang pertama “Aku” sebagai tokoh utama.
7. Gaya bahasa : Gaya bahasa metafora dan gaya bahasa personifikasi sebagai wadah ideologi.

C. Unsur Ekstrinsik :
1. Mengendalikan hawa nafsu manusia yang gampang tergiur oleh sesuatu yang dianggapnya mewah.
2. Novel Bumi Manusia mengandung 10 nilai pendidikan yaitu:
1) kebijaksanaan;
2) religius
3) keberanian;
4) pengendalian;
5) cinta;
6) sikap positif;
7) bekerja keras;
8) integritas;
9) syukur;
10) kerendahan hati.
3. Unsur budaya pada Bumi Manusia ini pada kebudayaan jaman dahulu masih sangat tertinggal. Terutama pada orang-orang pribumi yang masih berada di bawah jajahan orang Indo Eropa.
4. Unsur Sosial dari novel Bumi Manusia yaitu dimana kedudukan kaum laki-laki lebih tinggi daripada wanita.

D. Kelebihan dan kekurangan :
1. Kelebihan Novel Bumi Manusia ini adalah banyak memberi beberapa gambaran yang sangat jelas tentang masalah-masalah yang timbul dalam kehidupan manusia di jaman kolonialisme. Alur ceritanya sangat menarik, permasalahan ditulis jelas hampir tanpa ada celah, begitu juga dengan gambaran keadaan masyarakat pada masa pemerintahan Hindia Belanda, digambarkan dengan baik dan jelas.
2. Kekurangan Novel Bumi Manusia ini yaitu memiliki bahasa sastra yang cukup tinggi, sehingga seringkali tidak dipahami oleh pembaca masa kini.
Rifdatul Jannah mengatakan…
NAMA : RIFDATUL JANNAH
KELAS : XII IPS 2

A. Bumi Manusia menceritakan tentang kehidupan Minke, siswa HBS sekolah menengah atas dengan pengantar bahasa Belanda. Minke merupakan satu-satunya orang Indonesia di antara siswa Belanda. Sebagai keturunan priayi, ia mendapat kesempatan dari pemerintah kolonial untuk bersekolah di sana.

B. Unsur Intrinsik :
1. Tema : tentang kisah percintaan seorang pemuda keturunan pribumi Jawa dengan seorang gadis keturunan Belanda dan perjuangannya ditengah pergerakan Indonesia awal abad ke 20.
2. Tokoh dan penokohan :
- Minke : Pintar berargumen dan penuh
kehormatan.
- Robert Suurhof : Gemar merendahkan
orang lain.
- Annelies Mellema : Lugu dan pemalu.
- Nyai Ontosoroh : Baik dan bijaksana.
- Robert Mellema : Cekatan dan rupawan.
- Darsam : Pelayan Minke.
3. Alur : Alur pada novel Bumi Manusia ini adalah menggunakan alur mundur karena novel Bumi Manusia ini tokoh utama Minke menceritakan kejadiannya saat ia masih bersekolah di HBS.
4. Latar waktu : Terjadi pada tahun 1889 pada masa pemerintahan Hindia Belanda.
5. Latar tempat : Jawa Timur tepatnya di Wonokromo.
6. Sudut pandang : Sudut pandang pada Novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer adalah sudut pandang orang pertama “Aku” sebagai tokoh utama.
7. Gaya bahasa : Gaya bahasa metafora dan gaya bahasa personifikasi sebagai wadah ideologi.

C. Unsur Ekstrinsik :
1. Mengendalikan hawa nafsu manusia yang gampang tergiur oleh sesuatu yang dianggapnya mewah.
2. Novel Bumi Manusia mengandung 10 nilai pendidikan yaitu:
1) kebijaksanaan;
2) religius
3) keberanian;
4) pengendalian;
5) cinta;
6) sikap positif;
7) bekerja keras;
8) integritas;
9) syukur;
10) kerendahan hati.
3. Unsur budaya pada Bumi Manusia ini pada kebudayaan jaman dahulu masih sangat tertinggal. Terutama pada orang-orang pribumi yang masih berada di bawah jajahan orang Indo Eropa.
4. Unsur Sosial dari novel Bumi Manusia yaitu dimana kedudukan kaum laki-laki lebih tinggi daripada wanita.

D. Kelebihan dan kekurangan :
1. Kelebihan Novel Bumi Manusia ini adalah banyak memberi beberapa gambaran yang sangat jelas tentang masalah-masalah yang timbul dalam kehidupan manusia di jaman kolonialisme. Alur ceritanya sangat menarik, permasalahan ditulis jelas hampir tanpa ada celah, begitu juga dengan gambaran keadaan masyarakat pada masa pemerintahan Hindia Belanda, digambarkan dengan baik dan jelas.
2. Kekurangan Novel Bumi Manusia ini yaitu memiliki bahasa sastra yang cukup tinggi, sehingga seringkali tidak dipahami oleh pembaca masa kini.
Yoga Ardika Putra mengatakan…
NAMA : YOGA ARDIKA PUTRA
KELAS : 12 IPS 2

A. Bumi Manusia menceritakan tentang kehidupan Minke, siswa HBS sekolah menengah atas dengan pengantar bahasa Belanda. Minke merupakan satu-satunya orang Indonesia di antara siswa Belanda. Sebagai keturunan priayi, ia mendapat kesempatan dari pemerintah kolonial untuk bersekolah di sana.

B. Unsur Intrinsik :
1. Tema : tentang kisah percintaan seorang pemuda keturunan pribumi Jawa dengan seorang gadis keturunan Belanda dan perjuangannya ditengah pergerakan Indonesia awal abad ke 20.
2. Tokoh dan penokohan :
- Minke : Pintar berargumen dan penuh
kehormatan.
- Robert Suurhof : Gemar merendahkan
orang lain.
- Annelies Mellema : Lugu dan pemalu.
- Nyai Ontosoroh : Baik dan bijaksana.
- Robert Mellema : Cekatan dan rupawan.
- Darsam : Pelayan Minke.
3. Alur : Alur pada novel Bumi Manusia ini adalah menggunakan alur mundur karena novel Bumi Manusia ini tokoh utama Minke menceritakan kejadiannya saat ia masih bersekolah di HBS.
4. Latar waktu : Terjadi pada tahun 1889 pada masa pemerintahan Hindia Belanda.
5. Latar tempat : Jawa Timur tepatnya di Wonokromo.
6. Sudut pandang : Sudut pandang pada Novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer adalah sudut pandang orang pertama “Aku” sebagai tokoh utama.
7. Gaya bahasa : Gaya bahasa metafora dan gaya bahasa personifikasi sebagai wadah ideologi.

C. Unsur Ekstrinsik :
1. Mengendalikan hawa nafsu manusia yang gampang tergiur oleh sesuatu yang dianggapnya mewah.
2. Novel Bumi Manusia mengandung 10 nilai pendidikan yaitu:
1) kebijaksanaan;
2) religius
3) keberanian;
4) pengendalian;
5) cinta;
6) sikap positif;
7) bekerja keras;
8) integritas;
9) syukur;
10) kerendahan hati.
3. Unsur budaya pada Bumi Manusia ini pada kebudayaan jaman dahulu masih sangat tertinggal. Terutama pada orang-orang pribumi yang masih berada di bawah jajahan orang Indo Eropa.
4. Unsur Sosial dari novel Bumi Manusia yaitu dimana kedudukan kaum laki-laki lebih tinggi daripada wanita.

D. Kelebihan dan kekurangan :
1. Kelebihan Novel Bumi Manusia ini adalah banyak memberi beberapa gambaran yang sangat jelas tentang masalah-masalah yang timbul dalam kehidupan manusia di jaman kolonialisme. Alur ceritanya sangat menarik, permasalahan ditulis jelas hampir tanpa ada celah, begitu juga dengan gambaran keadaan masyarakat pada masa pemerintahan Hindia Belanda, digambarkan dengan baik dan jelas.
2. Kekurangan Novel Bumi Manusia ini yaitu memiliki bahasa sastra yang cukup tinggi, sehingga seringkali tidak dipahami oleh pembaca masa kini.
Unknown mengatakan…
NAMA : FAISAL RAMADHAN
KELAS : XII IPS 2

A. Bumi Manusia menceritakan tentang kehidupan Minke, siswa HBS sekolah menengah atas dengan pengantar bahasa Belanda. Minke merupakan satu-satunya orang Indonesia di antara siswa Belanda. Sebagai keturunan priayi, ia mendapat kesempatan dari pemerintah kolonial untuk bersekolah di sana.

B. Unsur Intrinsik :
1. Tema : tentang kisah percintaan seorang pemuda keturunan pribumi Jawa dengan seorang gadis keturunan Belanda dan perjuangannya ditengah pergerakan Indonesia awal abad ke 20.
2. Tokoh dan penokohan :
- Minke : Pintar berargumen dan penuh
kehormatan.
- Robert Suurhof : Gemar merendahkan
orang lain.
- Annelies Mellema : Lugu dan pemalu.
- Nyai Ontosoroh : Baik dan bijaksana.
- Robert Mellema : Cekatan dan rupawan.
- Darsam : Pelayan Minke.
3. Alur : Alur pada novel Bumi Manusia ini adalah menggunakan alur mundur karena novel Bumi Manusia ini tokoh utama Minke menceritakan kejadiannya saat ia masih bersekolah di HBS.
4. Latar waktu : Terjadi pada tahun 1889 pada masa pemerintahan Hindia Belanda.
5. Latar tempat : Jawa Timur tepatnya di Wonokromo.
6. Sudut pandang : Sudut pandang pada Novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer adalah sudut pandang orang pertama “Aku” sebagai tokoh utama.
7. Gaya bahasa : Gaya bahasa metafora dan gaya bahasa personifikasi sebagai wadah ideologi.

C. Unsur Ekstrinsik :
1. Mengendalikan hawa nafsu manusia yang gampang tergiur oleh sesuatu yang dianggapnya mewah.
2. Novel Bumi Manusia mengandung 10 nilai pendidikan yaitu:
1) kebijaksanaan;
2) religius
3) keberanian;
4) pengendalian;
5) cinta;
6) sikap positif;
7) bekerja keras;
8) integritas;
9) syukur;
10) kerendahan hati.
3. Unsur budaya pada Bumi Manusia ini pada kebudayaan jaman dahulu masih sangat tertinggal. Terutama pada orang-orang pribumi yang masih berada di bawah jajahan orang Indo Eropa.
4. Unsur Sosial dari novel Bumi Manusia yaitu dimana kedudukan kaum laki-laki lebih tinggi daripada wanita.

D. Kelebihan dan kekurangan :
1. Kelebihan Novel Bumi Manusia ini adalah banyak memberi beberapa gambaran yang sangat jelas tentang masalah-masalah yang timbul dalam kehidupan manusia di jaman kolonialisme. Alur ceritanya sangat menarik, permasalahan ditulis jelas hampir tanpa ada celah, begitu juga dengan gambaran keadaan masyarakat pada masa pemerintahan Hindia Belanda, digambarkan dengan baik dan jelas.
2. Kekurangan Novel Bumi Manusia ini yaitu memiliki bahasa sastra yang cukup tinggi, sehingga seringkali tidak dipahami oleh pembaca masa kini.
Anonim mengatakan…

Nama: depitto
Kelas: XII IPS 2

A. Novel ini fokus menyoroti kehidupan Tirto Adhi Soerjo atau “Minke”, seorang pemuda Indonesia satu-satunya yang mendapat kesempatan bersekolah di H.B.S atau Hogere Burgerschool , sekolah menengah atas khusus untuk orang Eropa, Belanda, dan elit pribumi.

B. 1) Tema : Penderitaan masyarakat pribumi pada masa penjajahan.
2) Tokoh dan Penokohan
penokohan dalam novel : Bumi Manusia adalah Minke adalah seorang pemuda pribumi keturunan bangsawan yang cerdas. Nyai Ontosoroh yaitu istri tak resmi dari Herman Mellema, Robert Mellema kakak dari Annelies Mallema, dan Annelies gadis Indo Belanda anak dari Nyai Ontosoroh dan Herman Mallema.
3). Alur :
Alur yang di tahap awal megisahkan seorang Minke yang mahir menulis dan bersekolah di HBS yang dikagumi. lalu keadaan Minke yang dekat dengan keluarga Annelies dan menjadi revolusioner untuk memberontak kebudayaan Jawa yang membuat dirinya selalu berada di bawah.
Bagian akhir pengarang menggambarkan bahwa Nyai Ontosoroh sebagai wanita yang tidak memiliki kesusilaan dan membuatnya menderita sehingga Nyai berpikir bahwa untuk mengubah kemiskinan hanya dengan belajar lalu Minke dan Annelies menikah.
4). Latar Waktu :
Latar waktu pada bumi manusia yaitu sekitar tahun 1898 sampai dengan tahun 1918
5). Latar Tempat :
Latar tempat yang terjadi di Novel Bumi Manusia adalah di Wonokromo dekat Surabaya di Jawa Timur.
6).Sudut Pandang :
Sudut pandang dalam novel Bumi Manusia adalah menggunakan sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama.
7). Gaya Bahasa
Analisis novel Bumi : Manusia dari unsur kebahasaan novel ini memiliki bahasa yang banyak menggunakan bahasa asing atau istilah-istilah asing seperti radikal yang artinya yaitu golongan liberal progresif yang menantang pemerasan kolonial.
Dan gaya bahasa yang di gunakan pada novel ini banyak menggunakan majas depersonifikasi.

C. 1) unsur moral : Unsur moral, dalam aspek moral yang melekat pada individu masyarakat yang kurang baik. Contoh anggapan Minke bahwa menganggap orang pribumi itu kolot sedangkan orang yang mempunyai darah belanda itu modern.
2). Unsur pendidikan : Unsur pendidikan, dalam novel bumi manusia ini tentang seorang anak yang berasal dari pribumi yang bersekolah di H.B.S Surabaya. Dan sekolah tersebut dominan di isi oleh orang berdarah belanda namun tidak membuat Minke mundur dan tetap semangat belajar hingga mendapat juara 2.
3). Unsur budaya : Unsur budaya, memberikan wejangan ketika minke dan annelise akan menikah itu merupakan sebuah tradisi dari jawa.
4). Unsur sosial : Unsur sosial, pada jaman pergerakan indonesia abad 20 orang dari keturunan belanda kehidupan sosialnya lebih diperhatikan.

D. 1). Kelebihan novel bumi manusia :
- Novel ini begitu memberikan gambaran yang cukup jelas tentang masalah-masalah yang terjadi dalam kehidupan manusia pada jaman kolonialisme.
- Alur yang di ceritakan cukup menarik dan terstruktur sehingga nyaman untuk di baca.
- Penggambaran yang cukup jelas dalam cerita tersebut membuat imajinasi kita berlayar pada tahun-tahun tersebut sehingga dapat merasakan apa yang terjadi pada jaman itu dan bagaimana perasaan kita jika menjadi mereka.
2). Kekurangan novel bumi manusia :
- Dan ini kelemahan dari novel Bumi Manusia yaitu dimana bagi orang awam membaca novel ini akan merasa kurang menyukai nya karena banyak bahasa puitis yang sulit di mengerti dan mungkin kurang digemari bagi sebagian orang.
Alvin Halim mengatakan…
Alvin Halim
XII IPS 2

A. Novel “Bumi Manusia” adalah novel fiksi dengan genre drama history dan bersetting pada zaman penjajahan Belanda. Novel ini fokus menyoroti kehidupan Tirto Adhi Soerjo atau “Minke”, seorang pemuda Indonesia satu-satunya yang mendapat kesempatan bersekolah di H.B.S atau Hogere Burgerschool , sekolah menengah atas khusus untuk orang Eropa, Belanda, dan elit pribumi.
B. Unsur intrinsik
1. Tema
Percintaan seorang pemuda keturunan priyayi Jawa dengan seorang gadis keturunan Belanda dan perjuangannya di tengah pergerakan Indonesia di awal abad ke-20
2. Tokoh dan Penokohan
a) Minke : tokoh utama, cerdas, berjiwa pribumi, keturunan priyayi, siswaHBS, baik, penyayang.
b) Annelies : putri dari orang belanda (Herman Mellema) dan pribumi (NyaiOntosoroh), pendiam, manja, labil.
c) Nyai Ontosoroh : istri simpanan dari Herman Mellema, mandiri, tegas, bijaksana, pandai, dan tegar.
d)Herman Mellema : kaku dan kasare)
e) Robert Mellema : egois, tidak bermoralf)
f) Ayah Minke : masih berpatokan dengan adat istiadat Jawa, pemarah, keras dalammendidik Minke.
g) Ibu Minke : bijaksana, penyayangh)
h) Robert Surhorf : pengecuti)
i) Jean Marais : penyayang (ayah may marais)
j) May Marais : manjak)
K) Darsam : seorang Madura yang berwatak keras, patuh kepada tuannya.
l) Ah Tjong : licikm)
M) Maiko : seorang pelacur dari Jepang, egois dan tidak jujurn)
N) Amelia Mellema : istri sah Herman Mellema, ambisiuso)
O) Ir. Maurits Mellema : ambisius,
p) Magda Petters : baikq)
Q) Mevrow Telinga : seorang yang penyayang (hal 268) “memvrom telinga telah beberapa kali mengomopres kepala ku dengan cuka- bawang merah”
r) Miriam de la Croix : senior Minke di HBSs)
S) Sarah de la Croix : senior Minke di HBSt
T) Herbert de la Croix : ayah Sarah dan Miriam
3. Alur: Secara keseluruhan novel ini menggunakan alur maju, tetapi ditengah cerita terdapat kilas balik atau alur mundur.
5. Latar tempat : Indonesia, Surabaya, Wonokromo
4. Latar waktu : tahun 1889 pada masa pemerintahan belandac)
6. Sudut Pandang: Dalam novel Bumi Manusia pengarang menggunakan sudut pandang orang pertama pelaku utama.
7. Gaya bahasa metafora dan gaya bahasa personifikasi sebagai wadah ideologi.

C. Unsur ekstrinsik
1. Nilai moral: perbedaan pergaulan yang dilakukan bangsa Eropa dengan pergaulan orang pribumi bangsa Eropa secara bebas melakukan hal yang dilarang agama tanpa mendapatkan sangsihukum. Sedangkan bangsa pribumi lebih membatasi pergaulannya satu sama lain antaralaki-laki dan perempuan.
2. Unsur Pendidikan
Unsur pendidikan, dalam novel bumi manusia ini tentang seorang anak yang berasal dari pribumi yang bersekolah di H.B.S Surabaya. Dan sekolah tersebut dominan di isi oleh orang berdarah belanda namun tidak membuat Minke mundur dan tetap semangat belajar hingga mendapat juara 2.
3. Unsur Budaya
- Kebudayaan jaman dahulu masih sangat tertinggal dari peradaban.
- Pribumi (dalam hal ini contohnya Minke) masih mempertahankan budaya menghormati orang tua.
- “... kata mulutku, dan seperti mesin tanganku mengangkat sembah yang kesekian kali....”
4. Unsur Sosial
Kedudukan kaum laki-laki lebih tinggi daripada wanita pada masa itu.
D. KEKURANGAN DAN KELEBIHAN
1). Kelebihan novel bumi manusia :
- Novel ini begitu memberikan gambaran yang cukup jelas tentang masalah-masalah yang terjadi dalam kehidupan manusia pada jaman kolonialisme.
- Alur yang di ceritakan cukup menarik dan terstruktur sehingga nyaman untuk di baca.
- Penggambaran yang cukup jelas dalam cerita tersebut membuat imajinasi kita berlayar pada tahun-tahun tersebut sehingga dapat merasakan apa yang terjadi pada jaman itu dan bagaimana perasaan kita jika menjadi mereka.
2). Kekurangan novel bumi manusia :
- Dan ini kelemahan dari novel Bumi Manusia yaitu dimana bagi orang awam membaca novel ini akan merasa kurang menyukai nya karena banyak bahasa puitis yang sulit di mengerti dan mungkin kurang digemari bagi sebagian orang.
Unknown mengatakan…
Nama : ALITHA SULISTYO PUTRI
Kelas : 12 IPS 2
Absen : 04

A. Bumi Manusia menceritakan tentang kehidupan Minke, siswa HBS sekolah menengah atas dengan pengantar bahasa Belanda. Minke merupakan satu-satunya orang Indonesia di antara siswa Belanda. Sebagai keturunan priayi, ia mendapat kesempatan dari pemerintah kolonial untuk bersekolah di sana.

B. Unsur Intrinsik :
1. Tema : tentang kisah percintaan seorang pemuda keturunan pribumi Jawa dengan seorang gadis keturunan Belanda dan perjuangannya ditengah pergerakan Indonesia awal abad ke 20.
2. Tokoh dan penokohan :
- Minke : Pintar berargumen dan penuh
kehormatan.
- Robert Suurhof : Gemar merendahkan
orang lain.
- Annelies Mellema : Lugu dan pemalu.
- Nyai Ontosoroh : Baik dan bijaksana.
- Robert Mellema : Cekatan dan rupawan.
- Darsam : Pelayan Minke.
3. Alur : Alur pada novel Bumi Manusia ini adalah menggunakan alur mundur karena novel Bumi Manusia ini tokoh utama Minke menceritakan kejadiannya saat ia masih bersekolah di HBS.
4. Latar waktu : Terjadi pada tahun 1889 pada masa pemerintahan Hindia Belanda.
5. Latar tempat : Jawa Timur tepatnya di Wonokromo.
6. Sudut pandang : Sudut pandang pada Novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer adalah sudut pandang orang pertama “Aku” sebagai tokoh utama.
7. Gaya bahasa : Gaya bahasa metafora dan gaya bahasa personifikasi sebagai wadah ideologi.

C. Unsur Ekstrinsik :
1. Mengendalikan hawa nafsu manusia yang gampang tergiur oleh sesuatu yang dianggapnya mewah.
2. Novel Bumi Manusia mengandung 10 nilai pendidikan yaitu:
1) kebijaksanaan;
2) religius
3) keberanian;
4) pengendalian;
5) cinta;
6) sikap positif;
7) bekerja keras;
8) integritas;
9) syukur;
10) kerendahan hati.
3. Unsur budaya pada Bumi Manusia ini pada kebudayaan jaman dahulu masih sangat tertinggal. Terutama pada orang-orang pribumi yang masih berada di bawah jajahan orang Indo Eropa.
4. Unsur Sosial dari novel Bumi Manusia yaitu dimana kedudukan kaum laki-laki lebih tinggi daripada wanita.

D. Kelebihan dan kekurangan :
1. Kelebihan Novel Bumi Manusia ini adalah banyak memberi beberapa gambaran yang sangat jelas tentang masalah-masalah yang timbul dalam kehidupan manusia di jaman kolonialisme. Alur ceritanya sangat menarik, permasalahan ditulis jelas hampir tanpa ada celah, begitu juga dengan gambaran keadaan masyarakat pada masa pemerintahan Hindia Belanda, digambarkan dengan baik dan jelas.
2. Kekurangan Novel Bumi Manusia ini yaitu memiliki bahasa sastra yang cukup tinggi, sehingga seringkali tidak dipahami oleh pembaca masa kini.
Unknown mengatakan…
Nama :Balqis Shalah Munajah
Kelas : 12 IPS 2

A. Bumi Manusia menceritakan tentang kehidupan Minke, siswa HBS sekolah menengah atas dengan pengantar bahasa Belanda. Minke merupakan satu-satunya orang Indonesia di antara siswa Belanda. Sebagai keturunan priayi, ia mendapat kesempatan dari pemerintah kolonial untuk bersekolah di sana.

B. Unsur Intrinsik :
1. Tema : tentang kisah percintaan seorang pemuda keturunan pribumi Jawa dengan seorang gadis keturunan Belanda dan perjuangannya ditengah pergerakan Indonesia awal abad ke 20.
2. Tokoh dan penokohan :
- Minke : Pintar berargumen dan penuh
kehormatan.
- Robert Suurhof : Gemar merendahkan
orang lain.
- Annelies Mellema : Lugu dan pemalu.
- Nyai Ontosoroh : Baik dan bijaksana.
- Robert Mellema : Cekatan dan rupawan.
- Darsam : Pelayan Minke.
3. Alur : Alur pada novel Bumi Manusia ini adalah menggunakan alur mundur karena novel Bumi Manusia ini tokoh utama Minke menceritakan kejadiannya saat ia masih bersekolah di HBS.
4. Latar waktu : Terjadi pada tahun 1889 pada masa pemerintahan Hindia Belanda.
5. Latar tempat : Jawa Timur tepatnya di Wonokromo.
6. Sudut pandang : Sudut pandang pada Novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer adalah sudut pandang orang pertama “Aku” sebagai tokoh utama.
7. Gaya bahasa : Gaya bahasa metafora dan gaya bahasa personifikasi sebagai wadah ideologi.

C. Unsur Ekstrinsik :
1. Mengendalikan hawa nafsu manusia yang gampang tergiur oleh sesuatu yang dianggapnya mewah.
2. Novel Bumi Manusia mengandung 10 nilai pendidikan yaitu:
1) kebijaksanaan;
2) religius
3) keberanian;
4) pengendalian;
5) cinta;
6) sikap positif;
7) bekerja keras;
8) integritas;
9) syukur;
10) kerendahan hati.
3. Unsur budaya pada Bumi Manusia ini pada kebudayaan jaman dahulu masih sangat tertinggal. Terutama pada orang-orang pribumi yang masih berada di bawah jajahan orang Indo Eropa.
4. Unsur Sosial dari novel Bumi Manusia yaitu dimana kedudukan kaum laki-laki lebih tinggi daripada wanita.

D. Kelebihan dan kekurangan :
1. Kelebihan Novel Bumi Manusia ini adalah banyak memberi beberapa gambaran yang sangat jelas tentang masalah-masalah yang timbul dalam kehidupan manusia di jaman kolonialisme. Alur ceritanya sangat menarik, permasalahan ditulis jelas hampir tanpa ada celah, begitu juga dengan gambaran keadaan masyarakat pada masa pemerintahan Hindia Belanda, digambarkan dengan baik dan jelas.
2. Kekurangan Novel Bumi Manusia ini yaitu memiliki bahasa sastra yang cukup tinggi, sehingga seringkali tidak dipahami oleh pembaca masa kini.
Unknown mengatakan…
Nama :Hani Sekar Rini
Kelas : 12 IPS 2
Absen : 22

A. Bumi Manusia menceritakan tentang kehidupan Minke, siswa HBS sekolah menengah atas dengan pengantar bahasa Belanda. Minke merupakan satu-satunya orang Indonesia di antara siswa Belanda. Sebagai keturunan priayi, ia mendapat kesempatan dari pemerintah kolonial untuk bersekolah di sana.

B. Unsur Intrinsik :
1. Tema : tentang kisah percintaan seorang pemuda keturunan pribumi Jawa dengan seorang gadis keturunan Belanda dan perjuangannya ditengah pergerakan Indonesia awal abad ke 20.
2. Tokoh dan penokohan :
- Minke : Pintar berargumen dan penuh
kehormatan.
- Robert Suurhof : Gemar merendahkan
orang lain.
- Annelies Mellema : Lugu dan pemalu.
- Nyai Ontosoroh : Baik dan bijaksana.
- Robert Mellema : Cekatan dan rupawan.
- Darsam : Pelayan Minke.
3. Alur : Alur pada novel Bumi Manusia ini adalah menggunakan alur mundur karena novel Bumi Manusia ini tokoh utama Minke menceritakan kejadiannya saat ia masih bersekolah di HBS.
4. Latar waktu : Terjadi pada tahun 1889 pada masa pemerintahan Hindia Belanda.
5. Latar tempat : Jawa Timur tepatnya di Wonokromo.
6. Sudut pandang : Sudut pandang pada Novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer adalah sudut pandang orang pertama “Aku” sebagai tokoh utama.
7. Gaya bahasa : Gaya bahasa metafora dan gaya bahasa personifikasi sebagai wadah ideologi.

C. Unsur Ekstrinsik :
1. Mengendalikan hawa nafsu manusia yang gampang tergiur oleh sesuatu yang dianggapnya mewah.
2. Novel Bumi Manusia mengandung 10 nilai pendidikan yaitu:
1) kebijaksanaan;
2) religius
3) keberanian;
4) pengendalian;
5) cinta;
6) sikap positif;
7) bekerja keras;
8) integritas;
9) syukur;
10) kerendahan hati.
3. Unsur budaya pada Bumi Manusia ini pada kebudayaan jaman dahulu masih sangat tertinggal. Terutama pada orang-orang pribumi yang masih berada di bawah jajahan orang Indo Eropa.
4. Unsur Sosial dari novel Bumi Manusia yaitu dimana kedudukan kaum laki-laki lebih tinggi daripada wanita.

D. Kelebihan dan kekurangan :
1. Kelebihan Novel Bumi Manusia ini adalah banyak memberi beberapa gambaran yang sangat jelas tentang masalah-masalah yang timbul dalam kehidupan manusia di jaman kolonialisme. Alur ceritanya sangat menarik, permasalahan ditulis jelas hampir tanpa ada celah, begitu juga dengan gambaran keadaan masyarakat pada masa pemerintahan Hindia Belanda, digambarkan dengan baik dan jelas.
2. Kekurangan Novel Bumi Manusia ini yaitu memiliki bahasa sastra yang cukup tinggi, sehingga seringkali tidak dipahami oleh pembaca masa kini.
Yohanes TONU sihotang mengatakan…
Nama :Yohanes Tonu Sihotang
Kelas : 12 IPS 2
Absen : 38

A. Bumi Manusia menceritakan tentang kehidupan Minke, siswa HBS sekolah menengah atas dengan pengantar bahasa Belanda. Minke merupakan satu-satunya orang Indonesia di antara siswa Belanda. Sebagai keturunan priayi, ia mendapat kesempatan dari pemerintah kolonial untuk bersekolah di sana.

B. Unsur Intrinsik :
1. Tema : tentang kisah percintaan seorang pemuda keturunan pribumi Jawa dengan seorang gadis keturunan Belanda dan perjuangannya ditengah pergerakan Indonesia awal abad ke 20.
2. Tokoh dan penokohan :
- Minke : Pintar berargumen dan penuh
kehormatan.
- Robert Suurhof : Gemar merendahkan
orang lain.
- Annelies Mellema : Lugu dan pemalu.
- Nyai Ontosoroh : Baik dan bijaksana.
- Robert Mellema : Cekatan dan rupawan.
- Darsam : Pelayan Minke.
3. Alur : Alur pada novel Bumi Manusia ini adalah menggunakan alur mundur karena novel Bumi Manusia ini tokoh utama Minke menceritakan kejadiannya saat ia masih bersekolah di HBS.
4. Latar waktu : Terjadi pada tahun 1889 pada masa pemerintahan Hindia Belanda.
5. Latar tempat : Jawa Timur tepatnya di Wonokromo.
6. Sudut pandang : Sudut pandang pada Novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer adalah sudut pandang orang pertama “Aku” sebagai tokoh utama.
7. Gaya bahasa : Gaya bahasa metafora dan gaya bahasa personifikasi sebagai wadah ideologi.

C. Unsur Ekstrinsik :
1. Mengendalikan hawa nafsu manusia yang gampang tergiur oleh sesuatu yang dianggapnya mewah.
2. Novel Bumi Manusia mengandung 10 nilai pendidikan yaitu:
1) kebijaksanaan;
2) religius
3) keberanian;
4) pengendalian;
5) cinta;
6) sikap positif;
7) bekerja keras;
8) integritas;
9) syukur;
10) kerendahan hati.
3. Unsur budaya pada Bumi Manusia ini pada kebudayaan jaman dahulu masih sangat tertinggal. Terutama pada orang-orang pribumi yang masih berada di bawah jajahan orang Indo Eropa.
4. Unsur Sosial dari novel Bumi Manusia yaitu dimana kedudukan kaum laki-laki lebih tinggi daripada wanita.

D. Kelebihan dan kekurangan :
1. Kelebihan Novel Bumi Manusia ini adalah banyak memberi beberapa gambaran yang sangat jelas tentang masalah-masalah yang timbul dalam kehidupan manusia di jaman kolonialisme. Alur ceritanya sangat menarik, permasalahan ditulis jelas hampir tanpa ada celah, begitu juga dengan gambaran keadaan masyarakat pada masa pemerintahan Hindia Belanda, digambarkan dengan baik dan jelas.
2. Kekurangan Novel Bumi Manusia ini yaitu memiliki bahasa sastra yang cukup tinggi, sehingga seringkali tidak dipahami oleh pembaca masa kini.
Unknown mengatakan…
Nama : Sugiarti
Kelas : XII IPS 2
No. Absen : 35

A. Novel ini fokus menyoroti kehidupan Tirto Adhi Soerjo atau “Minke”, seorang pemuda Indonesia satu-satunya yang mendapat kesempatan bersekolah di H.B.S atau Hogere Burgerschool , sekolah menengah atas khusus untuk orang Eropa, Belanda, dan elit pribumi.

B. 1) Tema : Penderitaan masyarakat pribumi pada masa penjajahan.
2) Tokoh dan Penokohan
penokohan dalam novel : Bumi Manusia adalah Minke adalah seorang pemuda pribumi keturunan bangsawan yang cerdas. Nyai Ontosoroh yaitu istri tak resmi dari Herman Mellema, Robert Mellema kakak dari Annelies Mallema, dan Annelies gadis Indo Belanda anak dari Nyai Ontosoroh dan Herman Mallema.
3). Alur :
Alur yang di tahap awal megisahkan seorang Minke yang mahir menulis dan bersekolah di HBS yang dikagumi. lalu keadaan Minke yang dekat dengan keluarga Annelies dan menjadi revolusioner untuk memberontak kebudayaan Jawa yang membuat dirinya selalu berada di bawah.
Bagian akhir pengarang menggambarkan bahwa Nyai Ontosoroh sebagai wanita yang tidak memiliki kesusilaan dan membuatnya menderita sehingga Nyai berpikir bahwa untuk mengubah kemiskinan hanya dengan belajar lalu Minke dan Annelies menikah.
4). Latar Waktu :
Latar waktu pada bumi manusia yaitu sekitar tahun 1898 sampai dengan tahun 1918
5). Latar Tempat :
Latar tempat yang terjadi di Novel Bumi Manusia adalah di Wonokromo dekat Surabaya di Jawa Timur.
6).Sudut Pandang :
Sudut pandang dalam novel Bumi Manusia adalah menggunakan sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama.
7). Gaya Bahasa
Analisis novel Bumi : Manusia dari unsur kebahasaan novel ini memiliki bahasa yang banyak menggunakan bahasa asing atau istilah-istilah asing seperti radikal yang artinya yaitu golongan liberal progresif yang menantang pemerasan kolonial.
Dan gaya bahasa yang di gunakan pada novel ini banyak menggunakan majas depersonifikasi.

C. 1) unsur moral : Unsur moral, dalam aspek moral yang melekat pada individu masyarakat yang kurang baik. Contoh anggapan Minke bahwa menganggap orang pribumi itu kolot sedangkan orang yang mempunyai darah belanda itu modern.
2). Unsur pendidikan : Unsur pendidikan, dalam novel bumi manusia ini tentang seorang anak yang berasal dari pribumi yang bersekolah di H.B.S Surabaya. Dan sekolah tersebut dominan di isi oleh orang berdarah belanda namun tidak membuat Minke mundur dan tetap semangat belajar hingga mendapat juara 2.
3). Unsur budaya : Unsur budaya, memberikan wejangan ketika minke dan annelise akan menikah itu merupakan sebuah tradisi dari jawa.
4). Unsur sosial : Unsur sosial, pada jaman pergerakan indonesia abad 20 orang dari keturunan belanda kehidupan sosialnya lebih diperhatikan.

D. 1). Kelebihan novel bumi manusia :
- Novel ini begitu memberikan gambaran yang cukup jelas tentang masalah-masalah yang terjadi dalam kehidupan manusia pada jaman kolonialisme.
- Alur yang di ceritakan cukup menarik dan terstruktur sehingga nyaman untuk di baca.
- Penggambaran yang cukup jelas dalam cerita tersebut membuat imajinasi kita berlayar pada tahun-tahun tersebut sehingga dapat merasakan apa yang terjadi pada jaman itu dan bagaimana perasaan kita jika menjadi mereka.
2). Kekurangan novel bumi manusia :
- Dan ini kelemahan dari novel Bumi Manusia yaitu dimana bagi orang awam membaca novel ini akan merasa kurang menyukai nya karena banyak bahasa puitis yang sulit di mengerti dan mungkin kurang digemari bagi sebagian orang.

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS CERPEN TUKANG PIJIT KELILING

SOAL UTS 2015-2016

MENENTUKAN ISI PUISI, "TUHAN TELAH MENEGURMU"