XII IPS 3 PM. UJIAN PRAKTIK SURAT LAMARAN
LINK : XII IPS 3 PM. UJIAN PRAKTIK SURAT LAMARAN
LINK PM. SURAT LAMARAN
RABU, 18
JANUARI 2023
Jawablah pertanyaan berikut!
1.
Sebutkan 10
langkah membuat surat lamaran sesuai contoh surat tersebut!
2.
Ada berapa
indentitas pelamar, dan sebutkan!
3.
Apakah saat
ujian prkatik saya mampu membuat surat lamaran ?
4.
Jawaban
langsung diposting di kolom komentar !
Jakarta, 18 Januari 2023
Drs. Parmono, M.Pd.
Pengampu
Bahasa Indonesia
Komentar
Kelas : XII IPS 3
(1). Berikut adalah langkah-langkah menulis surat lamaran pekerjaan:
1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat
Layaknya menuliskan surat resmi lainnya, pastikan kamu menaruh bagian ini di dalam surat lamaran yang kamu buat. Bagian ini, sesuai dengan isinya, bertujuan untuk memberikan informasi kapan dan dari mana surat lamaran dikirimkan.
2. Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan
Tentunya setiap surat pasti memiliki penerima, begitu pula dengan surat lamaran pekerjaan yang perlu kamu cantumkan. Biasanya, bagian ini ditujukan untuk bagian HRD di sebuah perusahaan yang dituju.
Jika kamu sudah mendapatkan informasi mengenai penerima surat, pastikan kamu mencantumkan nama lengkapnya beserta nama perusahaannya. Jika belum, kamu bisa menuliskan “Kepada Yth. HRD PT ….”.
3. Alamat Lengkap Perusahaan
Alamat lengkap ini memiliki fungsi sebagai petunjuk langsung bagi penerima surat dari perusahaan yang dituju. Dengan mencantumkan alamat lengkap, sudah bisa dipastikan bahwa kamu tidak salah kirim surat lamaran pekerjaan tersebut.
4. Salam Pembuka
Jangan lupa untuk menyertakan salam pembuka terlebih dahulu dan tidak terburu-buru langsung menuju kata pengantar. Kamu bisa menyertakan salam pembuka seperti “Dengan Hormat” yang berfungsi sebagai pembuka percakapan yang sesuai sopan santun.
5. Kata Pengantar
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan tersebut. Informasi yang kamu tuliskan pun harus jelas, misal dari media sosial, tuliskan juga nama akun media sosial yang menyebarkan informasi tersebut.
Dalam kata pengantar ini, pastikan kamu juga menuliskan posisi yang kamu inginkan bila perusahaan tersebut membuka banyak lowongan. Atau jika hanya membuka satu lowongan, pastikan kamu menekankan ketertarikan kamu untuk melamar di perusahaan dan posisi tersebut.
6. Biodata Pribadi
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor yang dapat dihubungi, e-mail, dan juga pendidikan. Untuk menuliskan pendidikan, cukup cantumkan pendidikan tertinggi saja.
7. Pengalaman Kerja dan Kemampuan
Bagi yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja, kamu bisa mencantumkannya dalam surat lamaran untuk menjadi nilai tambahan. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, bisa juga mencantumkan pengalaman organisasi dan pengalaman magang yang pernah dilalui.
Selain pengalaman, pastikan kamu juga menuliskan kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.
8. Lampiran Surat Lamaran
Agar perusahaan semakin yakin, jangan lupa untuk melampirkan hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Pastikan kamu melampirkan pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi untuk membuat perusahaan semakin yakin dalam menerima kamu.
9. Penutup
Bagian penutup ini merupakan bagian dimana kamu harus menunjukkan keinginan yang besar untuk dapat diterima dalam perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan.
10. Salam Penutup
Serupa dengan salam pembuka, pastikan kamu menyertakan salam penutup yang sesuai dengan sopan santun seperti “Hormat Saya” untuk menutup surat lamaran. Bagian ini dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama lengkap kamu di bawahnya.
(2). - nama pelamar
- tempat,tanggal lahir,
- alamat
- pendidikan,
- pengalaman bekerja.
(3). Ya, Mampu
Kelas:12 IPS 3
1.1tempat dan tanggal penulisan surat.
2. Kepada Yth. nama orang beserta gelar dan jabatannya atau perusahaan yang dituju.
3. Alamat lengkap perusahaan juga tidak boleh dilewatkan.
4. Salam pembuka
5. Kata pengantar/pembukaan
Saat menuliskan kata pengantar atau pembuka dalam surat lamaran kerja, cantumkan di mana Anda mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan yang Anda tuju. Baik dari surat kabar maupun internet, atau teman Anda.
Sebutkan posisi jabatan pekerjaan yang Anda pilih jika dalam perusahaan tersebut membutuhkan banyak sekali karyawan baru.
6.. Biodata pribadi
Tuliskan nama lengkap Anda, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon atau nomor handphone, E-Mail, Pendidikan (tidak wajib)
Jika Anda ingin menulis latar belakang pendidikan Anda, tulis saja latar belakang pendidikan tertinggi Anda.
7. Pengalaman kerja dan kemampuan Anda
Jika sebelumnya Anda pernah bekerja, tulisan pekerjaan Anda sebelumnya. Jika belum pernah bekerja (fresh-graduate) tidak usah. Tulis juga kemampuan Anda yang sekiranya dibutuhkan dalam perusahaan tersebut.
8. Penutup
Tulislah bahwa Anda mempunyai keinginan besar agar diterima di perusahaan tersebut. Jangan lupa mengucapkan Terima kasih.
9. Lampiran surat lamaran kerja
Agar perusahaan yang Anda tuju semakin yakin untuk menerima Anda, lampirkan juga hal-hal yang dapat menambah nilai Anda. Hal yang sebaiknya ada sebagai lampiran adalah:
Pas foto (foto terbaru)
Fotokopi KTP
Daftar riwayat hidup
Fotokopi ijazah terakhir
Fotokopi sertifikat kompetensi (kursus atau pelatihan yang pernah Anda ikuti)
10. Hormat saya, (Tanda tangan dan nama lengkap Anda)
2.nama pelamar, tempat, tanggal lahir, alamat, pendidikan, dan pengalaman bekerja.
3.Ya mampu
Kelas : XII IPS 3
Absen : 28
(1). Berikut adalah langkah-langkah menulis surat lamaran pekerjaan:
1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat
Layaknya menuliskan surat resmi lainnya, pastikan kamu menaruh bagian ini di dalam surat lamaran yang kamu buat. Bagian ini, sesuai dengan isinya, bertujuan untuk memberikan informasi kapan dan dari mana surat lamaran dikirimkan.
2. Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan
Tentunya setiap surat pasti memiliki penerima, begitu pula dengan surat lamaran pekerjaan yang perlu kamu cantumkan. Biasanya, bagian ini ditujukan untuk bagian HRD di sebuah perusahaan yang dituju.
Jika kamu sudah mendapatkan informasi mengenai penerima surat, pastikan kamu mencantumkan nama lengkapnya beserta nama perusahaannya. Jika belum, kamu bisa menuliskan “Kepada Yth. HRD PT ….”.
3. Alamat Lengkap Perusahaan
Alamat lengkap ini memiliki fungsi sebagai petunjuk langsung bagi penerima surat dari perusahaan yang dituju. Dengan mencantumkan alamat lengkap, sudah bisa dipastikan bahwa kamu tidak salah kirim surat lamaran pekerjaan tersebut.
4. Salam Pembuka
Jangan lupa untuk menyertakan salam pembuka terlebih dahulu dan tidak terburu-buru langsung menuju kata pengantar. Kamu bisa menyertakan salam pembuka seperti “Dengan Hormat” yang berfungsi sebagai pembuka percakapan yang sesuai sopan santun.
5. Kata Pengantar
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan tersebut. Informasi yang kamu tuliskan pun harus jelas, misal dari media sosial, tuliskan juga nama akun media sosial yang menyebarkan informasi tersebut.
Dalam kata pengantar ini, pastikan kamu juga menuliskan posisi yang kamu inginkan bila perusahaan tersebut membuka banyak lowongan. Atau jika hanya membuka satu lowongan, pastikan kamu menekankan ketertarikan kamu untuk melamar di perusahaan dan posisi tersebut.
6. Biodata Pribadi
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor yang dapat dihubungi, e-mail, dan juga pendidikan. Untuk menuliskan pendidikan, cukup cantumkan pendidikan tertinggi saja.
7. Pengalaman Kerja dan Kemampuan
Bagi yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja, kamu bisa mencantumkannya dalam surat lamaran untuk menjadi nilai tambahan. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, bisa juga mencantumkan pengalaman organisasi dan pengalaman magang yang pernah dilalui.
Selain pengalaman, pastikan kamu juga menuliskan kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.
8. Lampiran Surat Lamaran
Agar perusahaan semakin yakin, jangan lupa untuk melampirkan hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Pastikan kamu melampirkan pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi untuk membuat perusahaan semakin yakin dalam menerima kamu.
9. Penutup
Bagian penutup ini merupakan bagian dimana kamu harus menunjukkan keinginan yang besar untuk dapat diterima dalam perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan.
10. Salam Penutup
Serupa dengan salam pembuka, pastikan kamu menyertakan salam penutup yang sesuai dengan sopan santun seperti “Hormat Saya” untuk menutup surat lamaran. Bagian ini dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama lengkap kamu di bawahnya.
(2). - nama pelamar
- tempat,tanggal lahir,
- alamat
- pendidikan,
- pengalaman bekerja.
(3). Ya, Mampu
Kelas: XII IPS 3
(1). Berikut adalah langkah-langkah menulis surat lamaran pekerjaan:
1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat
Layaknya menuliskan surat resmi lainnya, pastikan kamu menaruh bagian ini di dalam surat lamaran yang kamu buat. Bagian ini, sesuai dengan isinya, bertujuan untuk memberikan informasi kapan dan dari mana surat lamaran dikirimkan.
2. Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan
Tentunya setiap surat pasti memiliki penerima, begitu pula dengan surat lamaran pekerjaan yang perlu kamu cantumkan. Biasanya, bagian ini ditujukan untuk bagian HRD di sebuah perusahaan yang dituju.
Jika kamu sudah mendapatkan informasi mengenai penerima surat, pastikan kamu mencantumkan nama lengkapnya beserta nama perusahaannya. Jika belum, kamu bisa menuliskan “Kepada Yth. HRD PT ….”.
3. Alamat Lengkap Perusahaan
Alamat lengkap ini memiliki fungsi sebagai petunjuk langsung bagi penerima surat dari perusahaan yang dituju. Dengan mencantumkan alamat lengkap, sudah bisa dipastikan bahwa kamu tidak salah kirim surat lamaran pekerjaan tersebut.
4. Salam Pembuka
Jangan lupa untuk menyertakan salam pembuka terlebih dahulu dan tidak terburu-buru langsung menuju kata pengantar. Kamu bisa menyertakan salam pembuka seperti “Dengan Hormat” yang berfungsi sebagai pembuka percakapan yang sesuai sopan santun.
5. Kata Pengantar
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan tersebut. Informasi yang kamu tuliskan pun harus jelas, misal dari media sosial, tuliskan juga nama akun media sosial yang menyebarkan informasi tersebut.
Dalam kata pengantar ini, pastikan kamu juga menuliskan posisi yang kamu inginkan bila perusahaan tersebut membuka banyak lowongan. Atau jika hanya membuka satu lowongan, pastikan kamu menekankan ketertarikan kamu untuk melamar di perusahaan dan posisi tersebut.
6. Biodata Pribadi
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor yang dapat dihubungi, e-mail, dan juga pendidikan. Untuk menuliskan pendidikan, cukup cantumkan pendidikan tertinggi saja.
7. Pengalaman Kerja dan Kemampuan
Bagi yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja, kamu bisa mencantumkannya dalam surat lamaran untuk menjadi nilai tambahan. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, bisa juga mencantumkan pengalaman organisasi dan pengalaman magang yang pernah dilalui.
Selain pengalaman, pastikan kamu juga menuliskan kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.
8. Lampiran Surat Lamaran
Agar perusahaan semakin yakin, jangan lupa untuk melampirkan hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Pastikan kamu melampirkan pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi untuk membuat perusahaan semakin yakin dalam menerima kamu.
9. Penutup
Bagian penutup ini merupakan bagian dimana kamu harus menunjukkan keinginan yang besar untuk dapat diterima dalam perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan.
10. Salam Penutup
Serupa dengan salam pembuka, pastikan kamu menyertakan salam penutup yang sesuai dengan sopan santun seperti “Hormat Saya” untuk menutup surat lamaran. Bagian ini dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama lengkap kamu di bawahnya.
(2). - nama pelamar
- tempat,tanggal lahir,
- alamat
- pendidikan,
- pengalaman bekerja.
(3). Ya, Mampu
Kelas: 12 IPS 3
(1). Berikut adalah langkah-langkah menulis surat lamaran pekerjaan:
1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat
Layaknya menuliskan surat resmi lainnya, pastikan kamu menaruh bagian ini di dalam surat lamaran yang kamu buat. Bagian ini, sesuai dengan isinya, bertujuan untuk memberikan informasi kapan dan dari mana surat lamaran dikirimkan.
2. Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan
Tentunya setiap surat pasti memiliki penerima, begitu pula dengan surat lamaran pekerjaan yang perlu kamu cantumkan. Biasanya, bagian ini ditujukan untuk bagian HRD di sebuah perusahaan yang dituju.
Jika kamu sudah mendapatkan informasi mengenai penerima surat, pastikan kamu mencantumkan nama lengkapnya beserta nama perusahaannya. Jika belum, kamu bisa menuliskan “Kepada Yth. HRD PT ….”.
3. Alamat Lengkap Perusahaan
Alamat lengkap ini memiliki fungsi sebagai petunjuk langsung bagi penerima surat dari perusahaan yang dituju. Dengan mencantumkan alamat lengkap, sudah bisa dipastikan bahwa kamu tidak salah kirim surat lamaran pekerjaan tersebut.
4. Salam Pembuka
Jangan lupa untuk menyertakan salam pembuka terlebih dahulu dan tidak terburu-buru langsung menuju kata pengantar. Kamu bisa menyertakan salam pembuka seperti “Dengan Hormat” yang berfungsi sebagai pembuka percakapan yang sesuai sopan santun.
5. Kata Pengantar
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan tersebut. Informasi yang kamu tuliskan pun harus jelas, misal dari media sosial, tuliskan juga nama akun media sosial yang menyebarkan informasi tersebut.
Dalam kata pengantar ini, pastikan kamu juga menuliskan posisi yang kamu inginkan bila perusahaan tersebut membuka banyak lowongan. Atau jika hanya membuka satu lowongan, pastikan kamu menekankan ketertarikan kamu untuk melamar di perusahaan dan posisi tersebut.
6. Biodata Pribadi
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor yang dapat dihubungi, e-mail, dan juga pendidikan. Untuk menuliskan pendidikan, cukup cantumkan pendidikan tertinggi saja.
7. Pengalaman Kerja dan Kemampuan
Bagi yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja, kamu bisa mencantumkannya dalam surat lamaran untuk menjadi nilai tambahan. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, bisa juga mencantumkan pengalaman organisasi dan pengalaman magang yang pernah dilalui.
Selain pengalaman, pastikan kamu juga menuliskan kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.
8. Lampiran Surat Lamaran
Agar perusahaan semakin yakin, jangan lupa untuk melampirkan hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Pastikan kamu melampirkan pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi untuk membuat perusahaan semakin yakin dalam menerima kamu.
9. Penutup
Bagian penutup ini merupakan bagian dimana kamu harus menunjukkan keinginan yang besar untuk dapat diterima dalam perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan.
10. Salam Penutup
Serupa dengan salam pembuka, pastikan kamu menyertakan salam penutup yang sesuai dengan sopan santun seperti “Hormat Saya” untuk menutup surat lamaran. Bagian ini dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama lengkap kamu di bawahnya.
(2). - nama pelamar
- tempat,tanggal lahir,
- alamat
- pendidikan,
- pengalaman bekerja.
(3). Ya, Mampu.
Kelas : 12 IPS 3
(1). Berikut adalah langkah-langkah menulis surat lamaran pekerjaan:
1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat
Layaknya menuliskan surat resmi lainnya, pastikan kamu menaruh bagian ini di dalam surat lamaran yang kamu buat. Bagian ini, sesuai dengan isinya, bertujuan untuk memberikan informasi kapan dan dari mana surat lamaran dikirimkan.
2. Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan
Tentunya setiap surat pasti memiliki penerima, begitu pula dengan surat lamaran pekerjaan yang perlu kamu cantumkan. Biasanya, bagian ini ditujukan untuk bagian HRD di sebuah perusahaan yang dituju.
Jika kamu sudah mendapatkan informasi mengenai penerima surat, pastikan kamu mencantumkan nama lengkapnya beserta nama perusahaannya. Jika belum, kamu bisa menuliskan “Kepada Yth. HRD PT ….”.
3. Alamat Lengkap Perusahaan
Alamat lengkap ini memiliki fungsi sebagai petunjuk langsung bagi penerima surat dari perusahaan yang dituju. Dengan mencantumkan alamat lengkap, sudah bisa dipastikan bahwa kamu tidak salah kirim surat lamaran pekerjaan tersebut.
4. Salam Pembuka
Jangan lupa untuk menyertakan salam pembuka terlebih dahulu dan tidak terburu-buru langsung menuju kata pengantar. Kamu bisa menyertakan salam pembuka seperti “Dengan Hormat” yang berfungsi sebagai pembuka percakapan yang sesuai sopan santun.
5. Kata Pengantar
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan tersebut. Informasi yang kamu tuliskan pun harus jelas, misal dari media sosial, tuliskan juga nama akun media sosial yang menyebarkan informasi tersebut.
Dalam kata pengantar ini, pastikan kamu juga menuliskan posisi yang kamu inginkan bila perusahaan tersebut membuka banyak lowongan. Atau jika hanya membuka satu lowongan, pastikan kamu menekankan ketertarikan kamu untuk melamar di perusahaan dan posisi tersebut.
6. Biodata Pribadi
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor yang dapat dihubungi, e-mail, dan juga pendidikan. Untuk menuliskan pendidikan, cukup cantumkan pendidikan tertinggi saja.
7. Pengalaman Kerja dan Kemampuan
Bagi yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja, kamu bisa mencantumkannya dalam surat lamaran untuk menjadi nilai tambahan. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, bisa juga mencantumkan pengalaman organisasi dan pengalaman magang yang pernah dilalui.
Selain pengalaman, pastikan kamu juga menuliskan kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.
8. Lampiran Surat Lamaran
Agar perusahaan semakin yakin, jangan lupa untuk melampirkan hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Pastikan kamu melampirkan pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi untuk membuat perusahaan semakin yakin dalam menerima kamu.
9. Penutup
Bagian penutup ini merupakan bagian dimana kamu harus menunjukkan keinginan yang besar untuk dapat diterima dalam perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan.
10. Salam Penutup
Serupa dengan salam pembuka, pastikan kamu menyertakan salam penutup yang sesuai dengan sopan santun seperti “Hormat Saya” untuk menutup surat lamaran. Bagian ini dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama lengkap kamu di bawahnya.
(2). - nama pelamar
- tempat,tanggal lahir,
- alamat
- pendidikan,
- pengalaman bekerja.
(3). Ya, Mampu
Kelas : XII IPS 3
1) 1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat
2. Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan
3. Alamat Lengkap Perusahaan
4. Salam Pembuka
5. Kata Pengantar
6. Biodata Pribadi
7. Pengalaman Kerja dan Kemampuan
8. Lampiran Surat Lamaran
9. Penutup
10. Salam Penutup
2) Nama pelamar, tempat, tanggal lahir, alamat, pendidikan, dan pengalaman bekerja
3) Ya.
KLS:XII IPS 3
1) 1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat
2. Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan
3. Alamat Lengkap Perusahaan
4. Salam Pembuka
5. Kata Pengantar
6. Biodata Pribadi
7. Pengalaman Kerja dan Kemampuan
8. Lampiran Surat Lamaran
9. Penutup
10. Salam Penutup
2) Nama pelamar, tempat, tanggal lahir, alamat, pendidikan, dan pengalaman bekerja
3) Ya.
Kelas : 12 IPS 3
(1). Berikut adalah langkah-langkah menulis surat lamaran pekerjaan:
1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat
Layaknya menuliskan surat resmi lainnya, pastikan kamu menaruh bagian ini di dalam surat lamaran yang kamu buat. Bagian ini, sesuai dengan isinya, bertujuan untuk memberikan informasi kapan dan dari mana surat lamaran dikirimkan.
2. Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan
Tentunya setiap surat pasti memiliki penerima, begitu pula dengan surat lamaran pekerjaan yang perlu kamu cantumkan. Biasanya, bagian ini ditujukan untuk bagian HRD di sebuah perusahaan yang dituju.
Jika kamu sudah mendapatkan informasi mengenai penerima surat, pastikan kamu mencantumkan nama lengkapnya beserta nama perusahaannya. Jika belum, kamu bisa menuliskan “Kepada Yth. HRD PT ….”.
3. Alamat Lengkap Perusahaan
Alamat lengkap ini memiliki fungsi sebagai petunjuk langsung bagi penerima surat dari perusahaan yang dituju. Dengan mencantumkan alamat lengkap, sudah bisa dipastikan bahwa kamu tidak salah kirim surat lamaran pekerjaan tersebut.
4. Salam Pembuka
Jangan lupa untuk menyertakan salam pembuka terlebih dahulu dan tidak terburu-buru langsung menuju kata pengantar. Kamu bisa menyertakan salam pembuka seperti “Dengan Hormat” yang berfungsi sebagai pembuka percakapan yang sesuai sopan santun.
5. Kata Pengantar
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan tersebut. Informasi yang kamu tuliskan pun harus jelas, misal dari media sosial, tuliskan juga nama akun media sosial yang menyebarkan informasi tersebut.
Dalam kata pengantar ini, pastikan kamu juga menuliskan posisi yang kamu inginkan bila perusahaan tersebut membuka banyak lowongan. Atau jika hanya membuka satu lowongan, pastikan kamu menekankan ketertarikan kamu untuk melamar di perusahaan dan posisi tersebut.
6. Biodata Pribadi
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor yang dapat dihubungi, e-mail, dan juga pendidikan. Untuk menuliskan pendidikan, cukup cantumkan pendidikan tertinggi saja.
7. Pengalaman Kerja dan Kemampuan
Bagi yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja, kamu bisa mencantumkannya dalam surat lamaran untuk menjadi nilai tambahan. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, bisa juga mencantumkan pengalaman organisasi dan pengalaman magang yang pernah dilalui.
Selain pengalaman, pastikan kamu juga menuliskan kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.
8. Lampiran Surat Lamaran
Agar perusahaan semakin yakin, jangan lupa untuk melampirkan hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Pastikan kamu melampirkan pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi untuk membuat perusahaan semakin yakin dalam menerima kamu.
9. Penutup
Bagian penutup ini merupakan bagian dimana kamu harus menunjukkan keinginan yang besar untuk dapat diterima dalam perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan.
10. Salam Penutup
Serupa dengan salam pembuka, pastikan kamu menyertakan salam penutup yang sesuai dengan sopan santun seperti “Hormat Saya” untuk menutup surat lamaran. Bagian ini dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama lengkap kamu di bawahnya.
(2). - nama pelamar
- tempat,tanggal lahir,
- alamat
- pendidikan,
- pengalaman bekerja.
(3). Ya, Mampu
Kelas : 12 IPS 3
ABSEN : 20
(1). Berikut adalah langkah-langkah menulis surat lamaran pekerjaan:
1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat
Layaknya menuliskan surat resmi lainnya, pastikan kamu menaruh bagian ini di dalam surat lamaran yang kamu buat. Bagian ini, sesuai dengan isinya, bertujuan untuk memberikan informasi kapan dan dari mana surat lamaran dikirimkan.
2. Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan
Tentunya setiap surat pasti memiliki penerima, begitu pula dengan surat lamaran pekerjaan yang perlu kamu cantumkan. Biasanya, bagian ini ditujukan untuk bagian HRD di sebuah perusahaan yang dituju.
Jika kamu sudah mendapatkan informasi mengenai penerima surat, pastikan kamu mencantumkan nama lengkapnya beserta nama perusahaannya. Jika belum, kamu bisa menuliskan “Kepada Yth. HRD PT ….”.
3. Alamat Lengkap Perusahaan
Alamat lengkap ini memiliki fungsi sebagai petunjuk langsung bagi penerima surat dari perusahaan yang dituju. Dengan mencantumkan alamat lengkap, sudah bisa dipastikan bahwa kamu tidak salah kirim surat lamaran pekerjaan tersebut.
4. Salam Pembuka
Jangan lupa untuk menyertakan salam pembuka terlebih dahulu dan tidak terburu-buru langsung menuju kata pengantar. Kamu bisa menyertakan salam pembuka seperti “Dengan Hormat” yang berfungsi sebagai pembuka percakapan yang sesuai sopan santun.
5. Kata Pengantar
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan tersebut. Informasi yang kamu tuliskan pun harus jelas, misal dari media sosial, tuliskan juga nama akun media sosial yang menyebarkan informasi tersebut.
Dalam kata pengantar ini, pastikan kamu juga menuliskan posisi yang kamu inginkan bila perusahaan tersebut membuka banyak lowongan. Atau jika hanya membuka satu lowongan, pastikan kamu menekankan ketertarikan kamu untuk melamar di perusahaan dan posisi tersebut.
6. Biodata Pribadi
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor yang dapat dihubungi, e-mail, dan juga pendidikan. Untuk menuliskan pendidikan, cukup cantumkan pendidikan tertinggi saja.
7. Pengalaman Kerja dan Kemampuan
Bagi yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja, kamu bisa mencantumkannya dalam surat lamaran untuk menjadi nilai tambahan. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, bisa juga mencantumkan pengalaman organisasi dan pengalaman magang yang pernah dilalui.
Selain pengalaman, pastikan kamu juga menuliskan kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.
8. Lampiran Surat Lamaran
Agar perusahaan semakin yakin, jangan lupa untuk melampirkan hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Pastikan kamu melampirkan pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi untuk membuat perusahaan semakin yakin dalam menerima kamu.
9. Penutup
Bagian penutup ini merupakan bagian dimana kamu harus menunjukkan keinginan yang besar untuk dapat diterima dalam perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan.
10. Salam Penutup
Serupa dengan salam pembuka, pastikan kamu menyertakan salam penutup yang sesuai dengan sopan santun seperti “Hormat Saya” untuk menutup surat lamaran. Bagian ini dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama lengkap kamu di bawahnya.
(2). - nama pelamar
- tempat,tanggal lahir,
- alamat
- pendidikan,
- pengalaman bekerja.
(3). Ya, Mampu
Kelas : 12 IPS 3
(1). Berikut adalah langkah-langkah menulis surat lamaran pekerjaan:
1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat
Layaknya menuliskan surat resmi lainnya, pastikan kamu menaruh bagian ini di dalam surat lamaran yang kamu buat. Bagian ini, sesuai dengan isinya, bertujuan untuk memberikan informasi kapan dan dari mana surat lamaran dikirimkan.
2. Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan
Tentunya setiap surat pasti memiliki penerima, begitu pula dengan surat lamaran pekerjaan yang perlu kamu cantumkan. Biasanya, bagian ini ditujukan untuk bagian HRD di sebuah perusahaan yang dituju.
Jika kamu sudah mendapatkan informasi mengenai penerima surat, pastikan kamu mencantumkan nama lengkapnya beserta nama perusahaannya. Jika belum, kamu bisa menuliskan “Kepada Yth. HRD PT ….”.
3. Alamat Lengkap Perusahaan
Alamat lengkap ini memiliki fungsi sebagai petunjuk langsung bagi penerima surat dari perusahaan yang dituju. Dengan mencantumkan alamat lengkap, sudah bisa dipastikan bahwa kamu tidak salah kirim surat lamaran pekerjaan tersebut.
4. Salam Pembuka
Jangan lupa untuk menyertakan salam pembuka terlebih dahulu dan tidak terburu-buru langsung menuju kata pengantar. Kamu bisa menyertakan salam pembuka seperti “Dengan Hormat” yang berfungsi sebagai pembuka percakapan yang sesuai sopan santun.
5. Kata Pengantar
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan tersebut. Informasi yang kamu tuliskan pun harus jelas, misal dari media sosial, tuliskan juga nama akun media sosial yang menyebarkan informasi tersebut.
Dalam kata pengantar ini, pastikan kamu juga menuliskan posisi yang kamu inginkan bila perusahaan tersebut membuka banyak lowongan. Atau jika hanya membuka satu lowongan, pastikan kamu menekankan ketertarikan kamu untuk melamar di perusahaan dan posisi tersebut.
6. Biodata Pribadi
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor yang dapat dihubungi, e-mail, dan juga pendidikan. Untuk menuliskan pendidikan, cukup cantumkan pendidikan tertinggi saja.
7. Pengalaman Kerja dan Kemampuan
Bagi yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja, kamu bisa mencantumkannya dalam surat lamaran untuk menjadi nilai tambahan. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, bisa juga mencantumkan pengalaman organisasi dan pengalaman magang yang pernah dilalui.
Selain pengalaman, pastikan kamu juga menuliskan kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.
8. Lampiran Surat Lamaran
Agar perusahaan semakin yakin, jangan lupa untuk melampirkan hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Pastikan kamu melampirkan pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi untuk membuat perusahaan semakin yakin dalam menerima kamu.
9. Penutup
Bagian penutup ini merupakan bagian dimana kamu harus menunjukkan keinginan yang besar untuk dapat diterima dalam perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan.
10. Salam Penutup
Serupa dengan salam pembuka, pastikan kamu menyertakan salam penutup yang sesuai dengan sopan santun seperti “Hormat Saya” untuk menutup surat lamaran. Bagian ini dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama lengkap kamu di bawahnya.
(2). - nama pelamar
- tempat,tanggal lahir,
- alamat
- pendidikan,
- pengalaman bekerja.
(3). Ya, Mampu
12 IPS 3
(1). Berikut adalah langkah-langkah menulis surat lamaran pekerjaan:
1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat
Layaknya menuliskan surat resmi lainnya, pastikan kamu menaruh bagian ini di dalam surat lamaran yang kamu buat. Bagian ini, sesuai dengan isinya, bertujuan untuk memberikan informasi kapan dan dari mana surat lamaran dikirimkan.
2. Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan
Tentunya setiap surat pasti memiliki penerima, begitu pula dengan surat lamaran pekerjaan yang perlu kamu cantumkan. Biasanya, bagian ini ditujukan untuk bagian HRD di sebuah perusahaan yang dituju.
Jika kamu sudah mendapatkan informasi mengenai penerima surat, pastikan kamu mencantumkan nama lengkapnya beserta nama perusahaannya. Jika belum, kamu bisa menuliskan “Kepada Yth. HRD PT ….”.
3. Alamat Lengkap Perusahaan
Alamat lengkap ini memiliki fungsi sebagai petunjuk langsung bagi penerima surat dari perusahaan yang dituju. Dengan mencantumkan alamat lengkap, sudah bisa dipastikan bahwa kamu tidak salah kirim surat lamaran pekerjaan tersebut.
4. Salam Pembuka
Jangan lupa untuk menyertakan salam pembuka terlebih dahulu dan tidak terburu-buru langsung menuju kata pengantar. Kamu bisa menyertakan salam pembuka seperti “Dengan Hormat” yang berfungsi sebagai pembuka percakapan yang sesuai sopan santun.
5. Kata Pengantar
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan tersebut. Informasi yang kamu tuliskan pun harus jelas, misal dari media sosial, tuliskan juga nama akun media sosial yang menyebarkan informasi tersebut.
Dalam kata pengantar ini, pastikan kamu juga menuliskan posisi yang kamu inginkan bila perusahaan tersebut membuka banyak lowongan. Atau jika hanya membuka satu lowongan, pastikan kamu menekankan ketertarikan kamu untuk melamar di perusahaan dan posisi tersebut.
6. Biodata Pribadi
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor yang dapat dihubungi, e-mail, dan juga pendidikan. Untuk menuliskan pendidikan, cukup cantumkan pendidikan tertinggi saja.
7. Pengalaman Kerja dan Kemampuan
Bagi yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja, kamu bisa mencantumkannya dalam surat lamaran untuk menjadi nilai tambahan. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, bisa juga mencantumkan pengalaman organisasi dan pengalaman magang yang pernah dilalui.
Selain pengalaman, pastikan kamu juga menuliskan kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.
8. Lampiran Surat Lamaran
Agar perusahaan semakin yakin, jangan lupa untuk melampirkan hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Pastikan kamu melampirkan pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi untuk membuat perusahaan semakin yakin dalam menerima kamu.
9. Penutup
Bagian penutup ini merupakan bagian dimana kamu harus menunjukkan keinginan yang besar untuk dapat diterima dalam perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan.
10. Salam Penutup
Serupa dengan salam pembuka, pastikan kamu menyertakan salam penutup yang sesuai dengan sopan santun seperti “Hormat Saya” untuk menutup surat lamaran. Bagian ini dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama lengkap kamu di bawahnya.
(2). - nama pelamar
- tempat,tanggal lahir,
- alamat
- pendidikan,
- pengalaman bekerja.
(3). Ya, Mampu
Kelas : 12 IPS 3
(1). Berikut adalah langkah-langkah menulis surat lamaran pekerjaan:
1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat
Layaknya menuliskan surat resmi lainnya, pastikan kamu menaruh bagian ini di dalam surat lamaran yang kamu buat. Bagian ini, sesuai dengan isinya, bertujuan untuk memberikan informasi kapan dan dari mana surat lamaran dikirimkan.
2. Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan
Tentunya setiap surat pasti memiliki penerima, begitu pula dengan surat lamaran pekerjaan yang perlu kamu cantumkan. Biasanya, bagian ini ditujukan untuk bagian HRD di sebuah perusahaan yang dituju.
Jika kamu sudah mendapatkan informasi mengenai penerima surat, pastikan kamu mencantumkan nama lengkapnya beserta nama perusahaannya. Jika belum, kamu bisa menuliskan “Kepada Yth. HRD PT ….”.
3. Alamat Lengkap Perusahaan
Alamat lengkap ini memiliki fungsi sebagai petunjuk langsung bagi penerima surat dari perusahaan yang dituju. Dengan mencantumkan alamat lengkap, sudah bisa dipastikan bahwa kamu tidak salah kirim surat lamaran pekerjaan tersebut.
4. Salam Pembuka
Jangan lupa untuk menyertakan salam pembuka terlebih dahulu dan tidak terburu-buru langsung menuju kata pengantar. Kamu bisa menyertakan salam pembuka seperti “Dengan Hormat” yang berfungsi sebagai pembuka percakapan yang sesuai sopan santun.
5. Kata Pengantar
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan tersebut. Informasi yang kamu tuliskan pun harus jelas, misal dari media sosial, tuliskan juga nama akun media sosial yang menyebarkan informasi tersebut.
Dalam kata pengantar ini, pastikan kamu juga menuliskan posisi yang kamu inginkan bila perusahaan tersebut membuka banyak lowongan. Atau jika hanya membuka satu lowongan, pastikan kamu menekankan ketertarikan kamu untuk melamar di perusahaan dan posisi tersebut.
6. Biodata Pribadi
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor yang dapat dihubungi, e-mail, dan juga pendidikan. Untuk menuliskan pendidikan, cukup cantumkan pendidikan tertinggi saja.
7. Pengalaman Kerja dan Kemampuan
Bagi yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja, kamu bisa mencantumkannya dalam surat lamaran untuk menjadi nilai tambahan. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, bisa juga mencantumkan pengalaman organisasi dan pengalaman magang yang pernah dilalui.
Selain pengalaman, pastikan kamu juga menuliskan kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.
8. Lampiran Surat Lamaran
Agar perusahaan semakin yakin, jangan lupa untuk melampirkan hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Pastikan kamu melampirkan pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi untuk membuat perusahaan semakin yakin dalam menerima kamu.
9. Penutup
Bagian penutup ini merupakan bagian dimana kamu harus menunjukkan keinginan yang besar untuk dapat diterima dalam perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan.
10. Salam Penutup
Serupa dengan salam pembuka, pastikan kamu menyertakan salam penutup yang sesuai dengan sopan santun seperti “Hormat Saya” untuk menutup surat lamaran. Bagian ini dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama lengkap kamu di bawahnya.
(2). - nama pelamar
- tempat,tanggal lahir,
- alamat
- pendidikan,
- pengalaman bekerja.
(3). Ya, Mampu
Kelas : 12 IPS 3
(1). Berikut adalah langkah-langkah menulis surat lamaran pekerjaan:
1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat
Layaknya menuliskan surat resmi lainnya, pastikan kamu menaruh bagian ini di dalam surat lamaran yang kamu buat. Bagian ini, sesuai dengan isinya, bertujuan untuk memberikan informasi kapan dan dari mana surat lamaran dikirimkan.
2. Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan
Tentunya setiap surat pasti memiliki penerima, begitu pula dengan surat lamaran pekerjaan yang perlu kamu cantumkan. Biasanya, bagian ini ditujukan untuk bagian HRD di sebuah perusahaan yang dituju.
Jika kamu sudah mendapatkan informasi mengenai penerima surat, pastikan kamu mencantumkan nama lengkapnya beserta nama perusahaannya. Jika belum, kamu bisa menuliskan “Kepada Yth. HRD PT ….”.
3. Alamat Lengkap Perusahaan
Alamat lengkap ini memiliki fungsi sebagai petunjuk langsung bagi penerima surat dari perusahaan yang dituju. Dengan mencantumkan alamat lengkap, sudah bisa dipastikan bahwa kamu tidak salah kirim surat lamaran pekerjaan tersebut.
4. Salam Pembuka
Jangan lupa untuk menyertakan salam pembuka terlebih dahulu dan tidak terburu-buru langsung menuju kata pengantar. Kamu bisa menyertakan salam pembuka seperti “Dengan Hormat” yang berfungsi sebagai pembuka percakapan yang sesuai sopan santun.
5. Kata Pengantar
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan tersebut. Informasi yang kamu tuliskan pun harus jelas, misal dari media sosial, tuliskan juga nama akun media sosial yang menyebarkan informasi tersebut.
Dalam kata pengantar ini, pastikan kamu juga menuliskan posisi yang kamu inginkan bila perusahaan tersebut membuka banyak lowongan. Atau jika hanya membuka satu lowongan, pastikan kamu menekankan ketertarikan kamu untuk melamar di perusahaan dan posisi tersebut.
6. Biodata Pribadi
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor yang dapat dihubungi, e-mail, dan juga pendidikan. Untuk menuliskan pendidikan, cukup cantumkan pendidikan tertinggi saja.
7. Pengalaman Kerja dan Kemampuan
Bagi yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja, kamu bisa mencantumkannya dalam surat lamaran untuk menjadi nilai tambahan. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, bisa juga mencantumkan pengalaman organisasi dan pengalaman magang yang pernah dilalui.
Selain pengalaman, pastikan kamu juga menuliskan kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.
8. Lampiran Surat Lamaran
Agar perusahaan semakin yakin, jangan lupa untuk melampirkan hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Pastikan kamu melampirkan pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi untuk membuat perusahaan semakin yakin dalam menerima kamu.
9. Penutup
Bagian penutup ini merupakan bagian dimana kamu harus menunjukkan keinginan yang besar untuk dapat diterima dalam perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan.
10. Salam Penutup
Serupa dengan salam pembuka, pastikan kamu menyertakan salam penutup yang sesuai dengan sopan santun seperti “Hormat Saya” untuk menutup surat lamaran. Bagian ini dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama lengkap kamu di bawahnya.
(2). - nama pelamar
- tempat,tanggal lahir,
- alamat
- pendidikan,
- pengalaman bekerja.
(3). Ya, Mampu
Kelas : 12 IPS 3
(1). Berikut adalah langkah-langkah menulis surat lamaran pekerjaan:
1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat
Layaknya menuliskan surat resmi lainnya, pastikan kamu menaruh bagian ini di dalam surat lamaran yang kamu buat. Bagian ini, sesuai dengan isinya, bertujuan untuk memberikan informasi kapan dan dari mana surat lamaran dikirimkan.
2. Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan
Tentunya setiap surat pasti memiliki penerima, begitu pula dengan surat lamaran pekerjaan yang perlu kamu cantumkan. Biasanya, bagian ini ditujukan untuk bagian HRD di sebuah perusahaan yang dituju.
Jika kamu sudah mendapatkan informasi mengenai penerima surat, pastikan kamu mencantumkan nama lengkapnya beserta nama perusahaannya. Jika belum, kamu bisa menuliskan “Kepada Yth. HRD PT ….”.
3. Alamat Lengkap Perusahaan
Alamat lengkap ini memiliki fungsi sebagai petunjuk langsung bagi penerima surat dari perusahaan yang dituju. Dengan mencantumkan alamat lengkap, sudah bisa dipastikan bahwa kamu tidak salah kirim surat lamaran pekerjaan tersebut.
4. Salam Pembuka
Jangan lupa untuk menyertakan salam pembuka terlebih dahulu dan tidak terburu-buru langsung menuju kata pengantar. Kamu bisa menyertakan salam pembuka seperti “Dengan Hormat” yang berfungsi sebagai pembuka percakapan yang sesuai sopan santun.
5. Kata Pengantar
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan tersebut. Informasi yang kamu tuliskan pun harus jelas, misal dari media sosial, tuliskan juga nama akun media sosial yang menyebarkan informasi tersebut.
Dalam kata pengantar ini, pastikan kamu juga menuliskan posisi yang kamu inginkan bila perusahaan tersebut membuka banyak lowongan. Atau jika hanya membuka satu lowongan, pastikan kamu menekankan ketertarikan kamu untuk melamar di perusahaan dan posisi tersebut.
6. Biodata Pribadi
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor yang dapat dihubungi, e-mail, dan juga pendidikan. Untuk menuliskan pendidikan, cukup cantumkan pendidikan tertinggi saja.
7. Pengalaman Kerja dan Kemampuan
Bagi yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja, kamu bisa mencantumkannya dalam surat lamaran untuk menjadi nilai tambahan. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, bisa juga mencantumkan pengalaman organisasi dan pengalaman magang yang pernah dilalui.
Selain pengalaman, pastikan kamu juga menuliskan kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.
8. Lampiran Surat Lamaran
Agar perusahaan semakin yakin, jangan lupa untuk melampirkan hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Pastikan kamu melampirkan pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi untuk membuat perusahaan semakin yakin dalam menerima kamu.
9. Penutup
Bagian penutup ini merupakan bagian dimana kamu harus menunjukkan keinginan yang besar untuk dapat diterima dalam perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan.
10. Salam Penutup
Serupa dengan salam pembuka, pastikan kamu menyertakan salam penutup yang sesuai dengan sopan santun seperti “Hormat Saya” untuk menutup surat lamaran. Bagian ini dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama lengkap kamu di bawahnya.
(2). - nama pelamar
- tempat,tanggal lahir,
- alamat
- pendidikan,
- pengalaman bekerja.
(3). Ya, Mampu
Kelas : 12 IPS 3
(1). Berikut adalah langkah-langkah menulis surat lamaran pekerjaan:
1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat
Layaknya menuliskan surat resmi lainnya, pastikan kamu menaruh bagian ini di dalam surat lamaran yang kamu buat. Bagian ini, sesuai dengan isinya, bertujuan untuk memberikan informasi kapan dan dari mana surat lamaran dikirimkan.
2. Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan
Tentunya setiap surat pasti memiliki penerima, begitu pula dengan surat lamaran pekerjaan yang perlu kamu cantumkan. Biasanya, bagian ini ditujukan untuk bagian HRD di sebuah perusahaan yang dituju.
Jika kamu sudah mendapatkan informasi mengenai penerima surat, pastikan kamu mencantumkan nama lengkapnya beserta nama perusahaannya. Jika belum, kamu bisa menuliskan “Kepada Yth. HRD PT ….”.
3. Alamat Lengkap Perusahaan
Alamat lengkap ini memiliki fungsi sebagai petunjuk langsung bagi penerima surat dari perusahaan yang dituju. Dengan mencantumkan alamat lengkap, sudah bisa dipastikan bahwa kamu tidak salah kirim surat lamaran pekerjaan tersebut.
4. Salam Pembuka
Jangan lupa untuk menyertakan salam pembuka terlebih dahulu dan tidak terburu-buru langsung menuju kata pengantar. Kamu bisa menyertakan salam pembuka seperti “Dengan Hormat” yang berfungsi sebagai pembuka percakapan yang sesuai sopan santun.
5. Kata Pengantar
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan tersebut. Informasi yang kamu tuliskan pun harus jelas, misal dari media sosial, tuliskan juga nama akun media sosial yang menyebarkan informasi tersebut.
Dalam kata pengantar ini, pastikan kamu juga menuliskan posisi yang kamu inginkan bila perusahaan tersebut membuka banyak lowongan. Atau jika hanya membuka satu lowongan, pastikan kamu menekankan ketertarikan kamu untuk melamar di perusahaan dan posisi tersebut.
6. Biodata Pribadi
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor yang dapat dihubungi, e-mail, dan juga pendidikan. Untuk menuliskan pendidikan, cukup cantumkan pendidikan tertinggi saja.
7. Pengalaman Kerja dan Kemampuan
Bagi yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja, kamu bisa mencantumkannya dalam surat lamaran untuk menjadi nilai tambahan. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, bisa juga mencantumkan pengalaman organisasi dan pengalaman magang yang pernah dilalui.
Selain pengalaman, pastikan kamu juga menuliskan kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.
8. Lampiran Surat Lamaran
Agar perusahaan semakin yakin, jangan lupa untuk melampirkan hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Pastikan kamu melampirkan pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi untuk membuat perusahaan semakin yakin dalam menerima kamu.
9. Penutup
Bagian penutup ini merupakan bagian dimana kamu harus menunjukkan keinginan yang besar untuk dapat diterima dalam perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan.
10. Salam Penutup
Serupa dengan salam pembuka, pastikan kamu menyertakan salam penutup yang sesuai dengan sopan santun seperti “Hormat Saya” untuk menutup surat lamaran. Bagian ini dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama lengkap kamu di bawahnya.
(2). - nama pelamar
- tempat,tanggal lahir,
- alamat
- pendidikan,
- pengalaman bekerja.
(3). Ya, Mampu
Kelas : 12 IPS 3
(1). Berikut adalah langkah-langkah menulis surat lamaran pekerjaan:
1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat
Layaknya menuliskan surat resmi lainnya, pastikan kamu menaruh bagian ini di dalam surat lamaran yang kamu buat. Bagian ini, sesuai dengan isinya, bertujuan untuk memberikan informasi kapan dan dari mana surat lamaran dikirimkan.
2. Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan
Tentunya setiap surat pasti memiliki penerima, begitu pula dengan surat lamaran pekerjaan yang perlu kamu cantumkan. Biasanya, bagian ini ditujukan untuk bagian HRD di sebuah perusahaan yang dituju.
Jika kamu sudah mendapatkan informasi mengenai penerima surat, pastikan kamu mencantumkan nama lengkapnya beserta nama perusahaannya. Jika belum, kamu bisa menuliskan “Kepada Yth. HRD PT ….”.
3. Alamat Lengkap Perusahaan
Alamat lengkap ini memiliki fungsi sebagai petunjuk langsung bagi penerima surat dari perusahaan yang dituju. Dengan mencantumkan alamat lengkap, sudah bisa dipastikan bahwa kamu tidak salah kirim surat lamaran pekerjaan tersebut.
4. Salam Pembuka
Jangan lupa untuk menyertakan salam pembuka terlebih dahulu dan tidak terburu-buru langsung menuju kata pengantar. Kamu bisa menyertakan salam pembuka seperti “Dengan Hormat” yang berfungsi sebagai pembuka percakapan yang sesuai sopan santun.
5. Kata Pengantar
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan tersebut. Informasi yang kamu tuliskan pun harus jelas, misal dari media sosial, tuliskan juga nama akun media sosial yang menyebarkan informasi tersebut.
Dalam kata pengantar ini, pastikan kamu juga menuliskan posisi yang kamu inginkan bila perusahaan tersebut membuka banyak lowongan. Atau jika hanya membuka satu lowongan, pastikan kamu menekankan ketertarikan kamu untuk melamar di perusahaan dan posisi tersebut.
6. Biodata Pribadi
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor yang dapat dihubungi, e-mail, dan juga pendidikan. Untuk menuliskan pendidikan, cukup cantumkan pendidikan tertinggi saja.
7. Pengalaman Kerja dan Kemampuan
Bagi yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja, kamu bisa mencantumkannya dalam surat lamaran untuk menjadi nilai tambahan. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, bisa juga mencantumkan pengalaman organisasi dan pengalaman magang yang pernah dilalui.
Selain pengalaman, pastikan kamu juga menuliskan kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.
8. Lampiran Surat Lamaran
Agar perusahaan semakin yakin, jangan lupa untuk melampirkan hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Pastikan kamu melampirkan pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi untuk membuat perusahaan semakin yakin dalam menerima kamu.
9. Penutup
Bagian penutup ini merupakan bagian dimana kamu harus menunjukkan keinginan yang besar untuk dapat diterima dalam perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan.
10. Salam Penutup
Serupa dengan salam pembuka, pastikan kamu menyertakan salam penutup yang sesuai dengan sopan santun seperti “Hormat Saya” untuk menutup surat lamaran. Bagian ini dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama lengkap kamu di bawahnya.
(2). - nama pelamar
- tempat,tanggal lahir,
- alamat
- pendidikan,
- pengalaman bekerja.
(3). Ya, Mampu
KELAS : 12 IPS 3
1.- Tempat dan tanggal penulisan surat.
- Kepada Yth. nama orang beserta gelar dan jabatannya atau perusahaan yang dituju.
- Alamat lengkap perusahaan juga tidak boleh dilewatkan.
- Salam pembuka
- Kata pengantar/pembukaan
- Biodata pribadi
- Pengalaman kerja dan kemampuan Anda
- Penutup
- Lampiran surat lamaran kerja
- Hormat saya, (Tanda tangan dan nama lengkap Anda)
2. identitas pelamar terdapat pada bagian isi. Terdiri atas nama pelamar, tempat, tanggal lahir, alamat, pendidikan, dan pengalaman bekerja.
3. ya saya mampu, setelah mempelajari struktur surat lamaran pekerjaan
Kelas : XII IPS 3
1. Langkah-langkah menulis surat lamaran pekerjaan:
1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat
2. Hal (konteks) dan Lampiran
3. Tujuan Surat (HRD/Penanggung jawab loker) dan alamat perusahaan
4. Salam Pembuka
5. Kata Pengantar (darimana dapat informasi lowongan kerja, penjelasan ketertarikan mendaftar)
6. Biodata Pribadi Singkat
7. Daftar Lampiran surat lamaran
8. Pengalaman Kerja dan Kemampuan
9. Salam Penutup
10. Tanda tangan pelamar
2. Ada 6 data dalam identitas pelamar, yaitu:
-Nama
-Tempat, tanggal lahir
-Alamat
-Pendidikan terakhir
-Nomor HP
-Alamat Email
3. Iya, saya mampu
Kelas : 12 IPS 3
(1). Berikut adalah langkah-langkah menulis surat lamaran pekerjaan:
1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat
Layaknya menuliskan surat resmi lainnya, pastikan kamu menaruh bagian ini di dalam surat lamaran yang kamu buat. Bagian ini, sesuai dengan isinya, bertujuan untuk memberikan informasi kapan dan dari mana surat lamaran dikirimkan.
2. Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan
Tentunya setiap surat pasti memiliki penerima, begitu pula dengan surat lamaran pekerjaan yang perlu kamu cantumkan. Biasanya, bagian ini ditujukan untuk bagian HRD di sebuah perusahaan yang dituju.
Jika kamu sudah mendapatkan informasi mengenai penerima surat, pastikan kamu mencantumkan nama lengkapnya beserta nama perusahaannya. Jika belum, kamu bisa menuliskan “Kepada Yth. HRD PT ….”.
3. Alamat Lengkap Perusahaan
Alamat lengkap ini memiliki fungsi sebagai petunjuk langsung bagi penerima surat dari perusahaan yang dituju. Dengan mencantumkan alamat lengkap, sudah bisa dipastikan bahwa kamu tidak salah kirim surat lamaran pekerjaan tersebut.
4. Salam Pembuka
Jangan lupa untuk menyertakan salam pembuka terlebih dahulu dan tidak terburu-buru langsung menuju kata pengantar. Kamu bisa menyertakan salam pembuka seperti “Dengan Hormat” yang berfungsi sebagai pembuka percakapan yang sesuai sopan santun.
5. Kata Pengantar
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan tersebut. Informasi yang kamu tuliskan pun harus jelas, misal dari media sosial, tuliskan juga nama akun media sosial yang menyebarkan informasi tersebut.
Dalam kata pengantar ini, pastikan kamu juga menuliskan posisi yang kamu inginkan bila perusahaan tersebut membuka banyak lowongan. Atau jika hanya membuka satu lowongan, pastikan kamu menekankan ketertarikan kamu untuk melamar di perusahaan dan posisi tersebut.
6. Biodata Pribadi
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor yang dapat dihubungi, e-mail, dan juga pendidikan. Untuk menuliskan pendidikan, cukup cantumkan pendidikan tertinggi saja.
7. Pengalaman Kerja dan Kemampuan
Bagi yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja, kamu bisa mencantumkannya dalam surat lamaran untuk menjadi nilai tambahan. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, bisa juga mencantumkan pengalaman organisasi dan pengalaman magang yang pernah dilalui.
Selain pengalaman, pastikan kamu juga menuliskan kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.
8. Lampiran Surat Lamaran
Agar perusahaan semakin yakin, jangan lupa untuk melampirkan hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Pastikan kamu melampirkan pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi untuk membuat perusahaan semakin yakin dalam menerima kamu.
9. Penutup
Bagian penutup ini merupakan bagian dimana kamu harus menunjukkan keinginan yang besar untuk dapat diterima dalam perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan.
10. Salam Penutup
Serupa dengan salam pembuka, pastikan kamu menyertakan salam penutup yang sesuai dengan sopan santun seperti “Hormat Saya” untuk menutup surat lamaran. Bagian ini dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama lengkap kamu di bawahnya.
(2). - nama pelamar
- tempat,tanggal lahir,
- alamat
- pendidikan,
- pengalaman bekerja.
(3). Ya, Mampu
Kelas: XII IPS 3
Absen:15
(1). Berikut adalah langkah-langkah menulis surat lamaran pekerjaan:
1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat
Layaknya menuliskan surat resmi lainnya, pastikan kamu menaruh bagian ini di dalam surat lamaran yang kamu buat. Bagian ini, sesuai dengan isinya, bertujuan untuk memberikan informasi kapan dan dari mana surat lamaran dikirimkan.
2. Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan
Tentunya setiap surat pasti memiliki penerima, begitu pula dengan surat lamaran pekerjaan yang perlu kamu cantumkan. Biasanya, bagian ini ditujukan untuk bagian HRD di sebuah perusahaan yang dituju.
Jika kamu sudah mendapatkan informasi mengenai penerima surat, pastikan kamu mencantumkan nama lengkapnya beserta nama perusahaannya. Jika belum, kamu bisa menuliskan “Kepada Yth. HRD PT ….”.
3. Alamat Lengkap Perusahaan
Alamat lengkap ini memiliki fungsi sebagai petunjuk langsung bagi penerima surat dari perusahaan yang dituju. Dengan mencantumkan alamat lengkap, sudah bisa dipastikan bahwa kamu tidak salah kirim surat lamaran pekerjaan tersebut.
4. Salam Pembuka
Jangan lupa untuk menyertakan salam pembuka terlebih dahulu dan tidak terburu-buru langsung menuju kata pengantar. Kamu bisa menyertakan salam pembuka seperti “Dengan Hormat” yang berfungsi sebagai pembuka percakapan yang sesuai sopan santun.
5. Kata Pengantar
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan tersebut. Informasi yang kamu tuliskan pun harus jelas, misal dari media sosial, tuliskan juga nama akun media sosial yang menyebarkan informasi tersebut.
Dalam kata pengantar ini, pastikan kamu juga menuliskan posisi yang kamu inginkan bila perusahaan tersebut membuka banyak lowongan. Atau jika hanya membuka satu lowongan, pastikan kamu menekankan ketertarikan kamu untuk melamar di perusahaan dan posisi tersebut.
6. Biodata Pribadi
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor yang dapat dihubungi, e-mail, dan juga pendidikan. Untuk menuliskan pendidikan, cukup cantumkan pendidikan tertinggi saja.
7. Pengalaman Kerja dan Kemampuan
Bagi yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja, kamu bisa mencantumkannya dalam surat lamaran untuk menjadi nilai tambahan. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, bisa juga mencantumkan pengalaman organisasi dan pengalaman magang yang pernah dilalui.
Selain pengalaman, pastikan kamu juga menuliskan kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.
8. Lampiran Surat Lamaran
Agar perusahaan semakin yakin, jangan lupa untuk melampirkan hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Pastikan kamu melampirkan pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi untuk membuat perusahaan semakin yakin dalam menerima kamu.
9. Penutup
Bagian penutup ini merupakan bagian dimana kamu harus menunjukkan keinginan yang besar untuk dapat diterima dalam perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan.
10. Salam Penutup
Serupa dengan salam pembuka, pastikan kamu menyertakan salam penutup yang sesuai dengan sopan santun seperti “Hormat Saya” untuk menutup surat lamaran. Bagian ini dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama lengkap kamu di bawahnya.
(2). - nama pelamar
- tempat,tanggal lahir,
- alamat
- pendidikan,
- pengalaman bekerja.
(3). Ya, Mampu
2. Kepada Yth. nama orang beserta gelar dan jabatannya atau perusahaan yang dituju.
3. Alamat lengkap perusahaan juga tidak boleh dilewatkan.
4. Salam pembuka
5. Kata pengantar/pembukaan
Saat menuliskan kata pengantar atau pembuka dalam surat lamaran kerja, cantumkan di mana Anda mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan yang Anda tuju. Baik dari surat kabar maupun internet, atau teman Anda.
Sebutkan posisi jabatan pekerjaan yang Anda pilih jika dalam perusahaan tersebut membutuhkan banyak sekali karyawan baru.
6.. Biodata pribadi
Tuliskan nama lengkap Anda, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon atau nomor handphone, E-Mail, Pendidikan (tidak wajib)
Jika Anda ingin menulis latar belakang pendidikan Anda, tulis saja latar belakang pendidikan tertinggi Anda.
7. Pengalaman kerja dan kemampuan Anda
Jika sebelumnya Anda pernah bekerja, tulisan pekerjaan Anda sebelumnya. Jika belum pernah bekerja (fresh-graduate) tidak usah. Tulis juga kemampuan Anda yang sekiranya dibutuhkan dalam perusahaan tersebut.
8. Penutup
Tulislah bahwa Anda mempunyai keinginan besar agar diterima di perusahaan tersebut. Jangan lupa mengucapkan Terima kasih.
9. Lampiran surat lamaran kerja
Agar perusahaan yang Anda tuju semakin yakin untuk menerima Anda, lampirkan juga hal-hal yang dapat menambah nilai Anda. Hal yang sebaiknya ada sebagai lampiran adalah:
Pas foto (foto terbaru)
Fotokopi KTP
Daftar riwayat hidup
Fotokopi ijazah terakhir
Fotokopi sertifikat kompetensi (kursus atau pelatihan yang pernah Anda ikuti)
10. Hormat saya, (Tanda tangan dan nama lengkap Anda)
2.nama pelamar, tempat, tanggal lahir, alamat, pendidikan, dan pengalaman bekerja.
3.Ya mampu
Nama:Adi Tri Mulyadi
kelas:12 IPS 3
absen:16
(1). Berikut adalah langkah-langkah menulis surat lamaran pekerjaan:
1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat
Layaknya menuliskan surat resmi lainnya, pastikan kamu menaruh bagian ini di dalam surat lamaran yang kamu buat. Bagian ini, sesuai dengan isinya, bertujuan untuk memberikan informasi kapan dan dari mana surat lamaran dikirimkan.
2. Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan
Tentunya setiap surat pasti memiliki penerima, begitu pula dengan surat lamaran pekerjaan yang perlu kamu cantumkan. Biasanya, bagian ini ditujukan untuk bagian HRD di sebuah perusahaan yang dituju.
Jika kamu sudah mendapatkan informasi mengenai penerima surat, pastikan kamu mencantumkan nama lengkapnya beserta nama perusahaannya. Jika belum, kamu bisa menuliskan “Kepada Yth. HRD PT ….”.
3. Alamat Lengkap Perusahaan
Alamat lengkap ini memiliki fungsi sebagai petunjuk langsung bagi penerima surat dari perusahaan yang dituju. Dengan mencantumkan alamat lengkap, sudah bisa dipastikan bahwa kamu tidak salah kirim surat lamaran pekerjaan tersebut.
4. Salam Pembuka
Jangan lupa untuk menyertakan salam pembuka terlebih dahulu dan tidak terburu-buru langsung menuju kata pengantar. Kamu bisa menyertakan salam pembuka seperti “Dengan Hormat” yang berfungsi sebagai pembuka percakapan yang sesuai sopan santun.
5. Kata Pengantar
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan tersebut. Informasi yang kamu tuliskan pun harus jelas, misal dari media sosial, tuliskan juga nama akun media sosial yang menyebarkan informasi tersebut.
Dalam kata pengantar ini, pastikan kamu juga menuliskan posisi yang kamu inginkan bila perusahaan tersebut membuka banyak lowongan. Atau jika hanya membuka satu lowongan, pastikan kamu menekankan ketertarikan kamu untuk melamar di perusahaan dan posisi tersebut.
6. Biodata Pribadi
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor yang dapat dihubungi, e-mail, dan juga pendidikan. Untuk menuliskan pendidikan, cukup cantumkan pendidikan tertinggi saja.
7. Pengalaman Kerja dan Kemampuan
Bagi yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja, kamu bisa mencantumkannya dalam surat lamaran untuk menjadi nilai tambahan. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, bisa juga mencantumkan pengalaman organisasi dan pengalaman magang yang pernah dilalui.
Selain pengalaman, pastikan kamu juga menuliskan kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.
8. Lampiran Surat Lamaran
Agar perusahaan semakin yakin, jangan lupa untuk melampirkan hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Pastikan kamu melampirkan pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi untuk membuat perusahaan semakin yakin dalam menerima kamu.
9. Penutup
Bagian penutup ini merupakan bagian dimana kamu harus menunjukkan keinginan yang besar untuk dapat diterima dalam perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan.
10. Salam Penutup
Serupa dengan salam pembuka, pastikan kamu menyertakan salam penutup yang sesuai dengan sopan santun seperti “Hormat Saya” untuk menutup surat lamaran. Bagian ini dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama lengkap kamu di bawahnya.
(2). - nama pelamar
- tempat,tanggal lahir,
- alamat
- pendidikan,
- pengalaman bekerja.
(3). Ya, Mampu
Kelas : XII IPS 3
1.) Berikut adalah langkah-langkah menulis surat lamaran pekerjaan:
1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat
Layaknya menuliskan surat resmi lainnya, pastikan kamu menaruh bagian ini di dalam surat lamaran yang kamu buat. Bagian ini, sesuai dengan isinya, bertujuan untuk memberikan informasi kapan dan dari mana surat lamaran dikirimkan.
2. Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan
Tentunya setiap surat pasti memiliki penerima, begitu pula dengan surat lamaran pekerjaan yang perlu kamu cantumkan. Biasanya, bagian ini ditujukan untuk bagian HRD di sebuah perusahaan yang dituju.
Jika kamu sudah mendapatkan informasi mengenai penerima surat, pastikan kamu mencantumkan nama lengkapnya beserta nama perusahaannya. Jika belum, kamu bisa menuliskan “Kepada Yth. HRD PT ….”.
3. Alamat Lengkap Perusahaan
Alamat lengkap ini memiliki fungsi sebagai petunjuk langsung bagi penerima surat dari perusahaan yang dituju. Dengan mencantumkan alamat lengkap, sudah bisa dipastikan bahwa kamu tidak salah kirim surat lamaran pekerjaan tersebut.
4. Salam Pembuka
Jangan lupa untuk menyertakan salam pembuka terlebih dahulu dan tidak terburu-buru langsung menuju kata pengantar. Kamu bisa menyertakan salam pembuka seperti “Dengan Hormat” yang berfungsi sebagai pembuka percakapan yang sesuai sopan santun.
5. Kata Pengantar
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan tersebut. Informasi yang kamu tuliskan pun harus jelas, misal dari media sosial, tuliskan juga nama akun media sosial yang menyebarkan informasi tersebut.
Dalam kata pengantar ini, pastikan kamu juga menuliskan posisi yang kamu inginkan bila perusahaan tersebut membuka banyak lowongan. Atau jika hanya membuka satu lowongan, pastikan kamu menekankan ketertarikan kamu untuk melamar di perusahaan dan posisi tersebut.
6. Biodata Pribadi
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor yang dapat dihubungi, e-mail, dan juga pendidikan. Untuk menuliskan pendidikan, cukup cantumkan pendidikan tertinggi saja.
7. Pengalaman Kerja dan Kemampuan
Bagi yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja, kamu bisa mencantumkannya dalam surat lamaran untuk menjadi nilai tambahan. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, bisa juga mencantumkan pengalaman organisasi dan pengalaman magang yang pernah dilalui.
Selain pengalaman, pastikan kamu juga menuliskan kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.
8. Lampiran Surat Lamaran
Agar perusahaan semakin yakin, jangan lupa untuk melampirkan hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Pastikan kamu melampirkan pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi untuk membuat perusahaan semakin yakin dalam menerima kamu.
9. Penutup
Bagian penutup ini merupakan bagian dimana kamu harus menunjukkan keinginan yang besar untuk dapat diterima dalam perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan.
10. Salam Penutup
Serupa dengan salam pembuka, pastikan kamu menyertakan salam penutup yang sesuai dengan sopan santun seperti “Hormat Saya” untuk menutup surat lamaran. Bagian ini dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama lengkap kamu di bawahnya.
(2). - nama pelamar
- tempat,tanggal lahir,
- alamat
- pendidikan,
- pengalaman bekerja.
(3). Ya, Mampu
Kelas : 12 IPS 3
(1). Berikut adalah langkah-langkah menulis surat lamaran pekerjaan:
1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat
Layaknya menuliskan surat resmi lainnya, pastikan kamu menaruh bagian ini di dalam surat lamaran yang kamu buat. Bagian ini, sesuai dengan isinya, bertujuan untuk memberikan informasi kapan dan dari mana surat lamaran dikirimkan.
2. Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan
Tentunya setiap surat pasti memiliki penerima, begitu pula dengan surat lamaran pekerjaan yang perlu kamu cantumkan. Biasanya, bagian ini ditujukan untuk bagian HRD di sebuah perusahaan yang dituju.
Jika kamu sudah mendapatkan informasi mengenai penerima surat, pastikan kamu mencantumkan nama lengkapnya beserta nama perusahaannya. Jika belum, kamu bisa menuliskan “Kepada Yth. HRD PT ….”.
3. Alamat Lengkap Perusahaan
Alamat lengkap ini memiliki fungsi sebagai petunjuk langsung bagi penerima surat dari perusahaan yang dituju. Dengan mencantumkan alamat lengkap, sudah bisa dipastikan bahwa kamu tidak salah kirim surat lamaran pekerjaan tersebut.
4. Salam Pembuka
Jangan lupa untuk menyertakan salam pembuka terlebih dahulu dan tidak terburu-buru langsung menuju kata pengantar. Kamu bisa menyertakan salam pembuka seperti “Dengan Hormat” yang berfungsi sebagai pembuka percakapan yang sesuai sopan santun.
5. Kata Pengantar
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan tersebut. Informasi yang kamu tuliskan pun harus jelas, misal dari media sosial, tuliskan juga nama akun media sosial yang menyebarkan informasi tersebut.
Dalam kata pengantar ini, pastikan kamu juga menuliskan posisi yang kamu inginkan bila perusahaan tersebut membuka banyak lowongan. Atau jika hanya membuka satu lowongan, pastikan kamu menekankan ketertarikan kamu untuk melamar di perusahaan dan posisi tersebut.
6. Biodata Pribadi
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor yang dapat dihubungi, e-mail, dan juga pendidikan. Untuk menuliskan pendidikan, cukup cantumkan pendidikan tertinggi saja.
7. Pengalaman Kerja dan Kemampuan
Bagi yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja, kamu bisa mencantumkannya dalam surat lamaran untuk menjadi nilai tambahan. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, bisa juga mencantumkan pengalaman organisasi dan pengalaman magang yang pernah dilalui.
Selain pengalaman, pastikan kamu juga menuliskan kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.
8. Lampiran Surat Lamaran
Agar perusahaan semakin yakin, jangan lupa untuk melampirkan hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Pastikan kamu melampirkan pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi untuk membuat perusahaan semakin yakin dalam menerima kamu.
9. Penutup
Bagian penutup ini merupakan bagian dimana kamu harus menunjukkan keinginan yang besar untuk dapat diterima dalam perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan.
10. Salam Penutup
Serupa dengan salam pembuka, pastikan kamu menyertakan salam penutup yang sesuai dengan sopan santun seperti “Hormat Saya” untuk menutup surat lamaran. Bagian ini dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama lengkap kamu di bawahnya.
(2). - nama pelamar
- tempat,tanggal lahir,
- alamat
- pendidikan,
- pengalaman bekerja.
(3). Ya, Mampu