XII IPS 1 PM. UJIAN PRAKTIK SURAT LAMARAN
LINK : XII IPS 1 PM. UJIAN PRAKTIK SURAT LAMARAN
LINK PM. SURAT LAMARAN
RABU, 18
JANUARI 2023
Jawablah pertanyaan berikut!
1.
Sebutkan 10
langkah membuat surat lamaran sesuai contoh surat tersebut!
2.
Ada berapa
indentitas pelamar, dan sebutkan!
3.
Apakah saat
ujian prkatik saya mampu membuat surat lamaran ?
4.
Jawaban
langsung diposting di kolom komentar !
Jakarta, 18 Januari 2023
Drs. Parmono, M.Pd.
Pengampu
Bahasa Indonesia
Komentar
Kelas : XII IPS 1
Absen : 19
(1). Berikut adalah langkah-langkah menulis surat lamaran pekerjaan:
1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat
Layaknya menuliskan surat resmi lainnya, pastikan kamu menaruh bagian ini di dalam surat lamaran yang kamu buat. Bagian ini, sesuai dengan isinya, bertujuan untuk memberikan informasi kapan dan dari mana surat lamaran dikirimkan.
2. Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan
Tentunya setiap surat pasti memiliki penerima, begitu pula dengan surat lamaran pekerjaan yang perlu kamu cantumkan. Biasanya, bagian ini ditujukan untuk bagian HRD di sebuah perusahaan yang dituju.
Jika kamu sudah mendapatkan informasi mengenai penerima surat, pastikan kamu mencantumkan nama lengkapnya beserta nama perusahaannya. Jika belum, kamu bisa menuliskan “Kepada Yth. HRD PT ….”.
3. Alamat Lengkap Perusahaan
Alamat lengkap ini memiliki fungsi sebagai petunjuk langsung bagi penerima surat dari perusahaan yang dituju. Dengan mencantumkan alamat lengkap, sudah bisa dipastikan bahwa kamu tidak salah kirim surat lamaran pekerjaan tersebut.
4. Salam Pembuka
Jangan lupa untuk menyertakan salam pembuka terlebih dahulu dan tidak terburu-buru langsung menuju kata pengantar. Kamu bisa menyertakan salam pembuka seperti “Dengan Hormat” yang berfungsi sebagai pembuka percakapan yang sesuai sopan santun.
5. Kata Pengantar
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan tersebut. Informasi yang kamu tuliskan pun harus jelas, misal dari media sosial, tuliskan juga nama akun media sosial yang menyebarkan informasi tersebut.
Dalam kata pengantar ini, pastikan kamu juga menuliskan posisi yang kamu inginkan bila perusahaan tersebut membuka banyak lowongan. Atau jika hanya membuka satu lowongan, pastikan kamu menekankan ketertarikan kamu untuk melamar di perusahaan dan posisi tersebut.
6. Biodata Pribadi
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor yang dapat dihubungi, e-mail, dan juga pendidikan. Untuk menuliskan pendidikan, cukup cantumkan pendidikan tertinggi saja.
7. Pengalaman Kerja dan Kemampuan
Bagi yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja, kamu bisa mencantumkannya dalam surat lamaran untuk menjadi nilai tambahan. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, bisa juga mencantumkan pengalaman organisasi dan pengalaman magang yang pernah dilalui.
Selain pengalaman, pastikan kamu juga menuliskan kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.
8. Lampiran Surat Lamaran
Agar perusahaan semakin yakin, jangan lupa untuk melampirkan hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Pastikan kamu melampirkan pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi untuk membuat perusahaan semakin yakin dalam menerima kamu.
9. Penutup
Bagian penutup ini merupakan bagian dimana kamu harus menunjukkan keinginan yang besar untuk dapat diterima dalam perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan.
10. Salam Penutup
Serupa dengan salam pembuka, pastikan kamu menyertakan salam penutup yang sesuai dengan sopan santun seperti “Hormat Saya” untuk menutup surat lamaran. Bagian ini dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama lengkap kamu di bawahnya.
(2). - nama pelamar
- tempat,tanggal lahir,
- alamat
- pendidikan,
- pengalaman bekerja.
(3). Ya, Mampu
Kelas : XII IPS 1
(1). Berikut adalah langkah-langkah menulis surat lamaran pekerjaan:
1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat
Layaknya menuliskan surat resmi lainnya, pastikan kamu menaruh bagian ini di dalam surat lamaran yang kamu buat. Bagian ini, sesuai dengan isinya, bertujuan untuk memberikan informasi kapan dan dari mana surat lamaran dikirimkan.
2. Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan
Tentunya setiap surat pasti memiliki penerima, begitu pula dengan surat lamaran pekerjaan yang perlu kamu cantumkan. Biasanya, bagian ini ditujukan untuk bagian HRD di sebuah perusahaan yang dituju.
Jika kamu sudah mendapatkan informasi mengenai penerima surat, pastikan kamu mencantumkan nama lengkapnya beserta nama perusahaannya. Jika belum, kamu bisa menuliskan “Kepada Yth. HRD PT ….”.
3. Alamat Lengkap Perusahaan
Alamat lengkap ini memiliki fungsi sebagai petunjuk langsung bagi penerima surat dari perusahaan yang dituju. Dengan mencantumkan alamat lengkap, sudah bisa dipastikan bahwa kamu tidak salah kirim surat lamaran pekerjaan tersebut.
4. Salam Pembuka
Jangan lupa untuk menyertakan salam pembuka terlebih dahulu dan tidak terburu-buru langsung menuju kata pengantar. Kamu bisa menyertakan salam pembuka seperti “Dengan Hormat” yang berfungsi sebagai pembuka percakapan yang sesuai sopan santun.
5. Kata Pengantar
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan tersebut. Informasi yang kamu tuliskan pun harus jelas, misal dari media sosial, tuliskan juga nama akun media sosial yang menyebarkan informasi tersebut.
Dalam kata pengantar ini, pastikan kamu juga menuliskan posisi yang kamu inginkan bila perusahaan tersebut membuka banyak lowongan. Atau jika hanya membuka satu lowongan, pastikan kamu menekankan ketertarikan kamu untuk melamar di perusahaan dan posisi tersebut.
6. Biodata Pribadi
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor yang dapat dihubungi, e-mail, dan juga pendidikan. Untuk menuliskan pendidikan, cukup cantumkan pendidikan tertinggi saja.
7. Pengalaman Kerja dan Kemampuan
Bagi yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja, kamu bisa mencantumkannya dalam surat lamaran untuk menjadi nilai tambahan. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, bisa juga mencantumkan pengalaman organisasi dan pengalaman magang yang pernah dilalui.
Selain pengalaman, pastikan kamu juga menuliskan kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.
8. Lampiran Surat Lamaran
Agar perusahaan semakin yakin, jangan lupa untuk melampirkan hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Pastikan kamu melampirkan pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi untuk membuat perusahaan semakin yakin dalam menerima kamu.
9. Penutup
Bagian penutup ini merupakan bagian dimana kamu harus menunjukkan keinginan yang besar untuk dapat diterima dalam perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan.
10. Salam Penutup
Serupa dengan salam pembuka, pastikan kamu menyertakan salam penutup yang sesuai dengan sopan santun seperti “Hormat Saya” untuk menutup surat lamaran. Bagian ini dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama lengkap kamu di bawahnya.
(2). - nama pelamar
- tempat,tanggal lahir,
- alamat
- pendidikan,
- pengalaman bekerja.
(3). Ya, Mampu
Kelas : XII IPS 1
No Absen : 30
1. Berikut adalah langkah-langkah menulis surat lamaran pekerjaan:
1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat
Layaknya menuliskan surat resmi lainnya, pastikan kamu menaruh bagian ini di dalam surat lamaran yang kamu buat. Bagian ini, sesuai dengan isinya, bertujuan untuk memberikan informasi kapan dan dari mana surat lamaran dikirimkan.
2. Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan
Tentunya setiap surat pasti memiliki penerima, begitu pula dengan surat lamaran pekerjaan yang perlu kamu cantumkan. Biasanya, bagian ini ditujukan untuk bagian HRD di sebuah perusahaan yang dituju.
Jika kamu sudah mendapatkan informasi mengenai penerima surat, pastikan kamu mencantumkan nama lengkapnya beserta nama perusahaannya. Jika belum, kamu bisa menuliskan “Kepada Yth. HRD PT ….”.
3. Alamat Lengkap Perusahaan
Alamat lengkap ini memiliki fungsi sebagai petunjuk langsung bagi penerima surat dari perusahaan yang dituju. Dengan mencantumkan alamat lengkap, sudah bisa dipastikan bahwa kamu tidak salah kirim surat lamaran pekerjaan tersebut.
4. Salam Pembuka
Jangan lupa untuk menyertakan salam pembuka terlebih dahulu dan tidak terburu-buru langsung menuju kata pengantar. Kamu bisa menyertakan salam pembuka seperti “Dengan Hormat” yang berfungsi sebagai pembuka percakapan yang sesuai sopan santun.
5. Kata Pengantar
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan tersebut. Informasi yang kamu tuliskan pun harus jelas, misal dari media sosial, tuliskan juga nama akun media sosial yang menyebarkan informasi tersebut.
Dalam kata pengantar ini, pastikan kamu juga menuliskan posisi yang kamu inginkan bila perusahaan tersebut membuka banyak lowongan. Atau jika hanya membuka satu lowongan, pastikan kamu menekankan ketertarikan kamu untuk melamar di perusahaan dan posisi tersebut.
6. Biodata Pribadi
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor yang dapat dihubungi, e-mail, dan juga pendidikan. Untuk menuliskan pendidikan, cukup cantumkan pendidikan tertinggi saja.
7. Pengalaman Kerja dan Kemampuan
Bagi yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja, kamu bisa mencantumkannya dalam surat lamaran untuk menjadi nilai tambahan. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, bisa juga mencantumkan pengalaman organisasi dan pengalaman magang yang pernah dilalui.
Selain pengalaman, pastikan kamu juga menuliskan kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.
8. Lampiran Surat Lamaran
Agar perusahaan semakin yakin, jangan lupa untuk melampirkan hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Pastikan kamu melampirkan pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi untuk membuat perusahaan semakin yakin dalam menerima kamu.
9. Penutup
Bagian penutup ini merupakan bagian dimana kamu harus menunjukkan keinginan yang besar untuk dapat diterima dalam perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan.
10. Salam Penutup
Serupa dengan salam pembuka, pastikan kamu menyertakan salam penutup yang sesuai dengan sopan santun seperti “Hormat Saya” untuk menutup surat lamaran. Bagian ini dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama lengkap kamu di bawahnya.
2. nama pelamar
- tempat,tanggal lahir,
- alamat
- pendidikan,
- pengalaman bekerja.
3. pada saat ujian praktek saya bisa dan mampu membuat surat lamaran pekerjaan
KELAS XII IPS I
ABSEN 25
(1). Berikut adalah langkah-langkah menulis surat lamaran pekerjaan:
1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat
Layaknya menuliskan surat resmi lainnya, pastikan kamu menaruh bagian ini di dalam surat lamaran yang kamu buat. Bagian ini, sesuai dengan isinya, bertujuan untuk memberikan informasi kapan dan dari mana surat lamaran dikirimkan.
2. Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan
Tentunya setiap surat pasti memiliki penerima, begitu pula dengan surat lamaran pekerjaan yang perlu kamu cantumkan. Biasanya, bagian ini ditujukan untuk bagian HRD di sebuah perusahaan yang dituju.
Jika kamu sudah mendapatkan informasi mengenai penerima surat, pastikan kamu mencantumkan nama lengkapnya beserta nama perusahaannya. Jika belum, kamu bisa menuliskan “Kepada Yth. HRD PT ….”.
3. Alamat Lengkap Perusahaan
Alamat lengkap ini memiliki fungsi sebagai petunjuk langsung bagi penerima surat dari perusahaan yang dituju. Dengan mencantumkan alamat lengkap, sudah bisa dipastikan bahwa kamu tidak salah kirim surat lamaran pekerjaan tersebut.
4. Salam Pembuka
Jangan lupa untuk menyertakan salam pembuka terlebih dahulu dan tidak terburu-buru langsung menuju kata pengantar. Kamu bisa menyertakan salam pembuka seperti “Dengan Hormat” yang berfungsi sebagai pembuka percakapan yang sesuai sopan santun.
5. Kata Pengantar
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan tersebut. Informasi yang kamu tuliskan pun harus jelas, misal dari media sosial, tuliskan juga nama akun media sosial yang menyebarkan informasi tersebut.
Dalam kata pengantar ini, pastikan kamu juga menuliskan posisi yang kamu inginkan bila perusahaan tersebut membuka banyak lowongan. Atau jika hanya membuka satu lowongan, pastikan kamu menekankan ketertarikan kamu untuk melamar di perusahaan dan posisi tersebut.
6. Biodata Pribadi
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor yang dapat dihubungi, e-mail, dan juga pendidikan. Untuk menuliskan pendidikan, cukup cantumkan pendidikan tertinggi saja.
7. Pengalaman Kerja dan Kemampuan
Bagi yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja, kamu bisa mencantumkannya dalam surat lamaran untuk menjadi nilai tambahan. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, bisa juga mencantumkan pengalaman organisasi dan pengalaman magang yang pernah dilalui.
Selain pengalaman, pastikan kamu juga menuliskan kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.
8. Lampiran Surat Lamaran
Agar perusahaan semakin yakin, jangan lupa untuk melampirkan hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Pastikan kamu melampirkan pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi untuk membuat perusahaan semakin yakin dalam menerima kamu.
9. Penutup
Bagian penutup ini merupakan bagian dimana kamu harus menunjukkan keinginan yang besar untuk dapat diterima dalam perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan.
10. Salam Penutup
Serupa dengan salam pembuka, pastikan kamu menyertakan salam penutup yang sesuai dengan sopan santun seperti “Hormat Saya” untuk menutup surat lamaran. Bagian ini dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama lengkap kamu di bawahnya.
(2). - nama pelamar
- tempat,tanggal lahir,
- alamat
- pendidikan,
- pengalaman bekerja.
(3). Ya, Mamp
Kelas : XII IPS 1
Absen : 28
Hari/tanggal : Rabu, 18 Januari 2023
1.- Tempat dan tanggal penulisan surat.
- Kepada Yth. nama orang beserta gelar dan jabatannya atau perusahaan yang dituju.
- Alamat lengkap perusahaan juga tidak boleh dilewatkan.
- Salam pembuka
- Kata pengantar/pembukaan
- Biodata pribadi
- Pengalaman kerja dan kemampuan Anda
- Penutup
- Lampiran surat lamaran kerja
- Hormat saya, (Tanda tangan dan nama lengkap Anda)
2. identitas pelamar terdapat pada bagian isi. Terdiri atas nama pelamar, tempat, tanggal lahir, alamat, pendidikan, dan pengalaman bekerja.
3. Iya saya mampu, setelah mempelajari struktur surat lamaran pekerjaan
Kelas : XII IPS 1
No Absen : 18
1. Berikut adalah langkah-langkah menulis surat lamaran pekerjaan:
1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat
Layaknya menuliskan surat resmi lainnya, pastikan kamu menaruh bagian ini di dalam surat lamaran yang kamu buat. Bagian ini, sesuai dengan isinya, bertujuan untuk memberikan informasi kapan dan dari mana surat lamaran dikirimkan.
2. Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan
Tentunya setiap surat pasti memiliki penerima, begitu pula dengan surat lamaran pekerjaan yang perlu kamu cantumkan. Biasanya, bagian ini ditujukan untuk bagian HRD di sebuah perusahaan yang dituju.
Jika kamu sudah mendapatkan informasi mengenai penerima surat, pastikan kamu mencantumkan nama lengkapnya beserta nama perusahaannya. Jika belum, kamu bisa menuliskan “Kepada Yth. HRD PT ….”.
3. Alamat Lengkap Perusahaan
Alamat lengkap ini memiliki fungsi sebagai petunjuk langsung bagi penerima surat dari perusahaan yang dituju. Dengan mencantumkan alamat lengkap, sudah bisa dipastikan bahwa kamu tidak salah kirim surat lamaran pekerjaan tersebut.
4. Salam Pembuka
Jangan lupa untuk menyertakan salam pembuka terlebih dahulu dan tidak terburu-buru langsung menuju kata pengantar. Kamu bisa menyertakan salam pembuka seperti “Dengan Hormat” yang berfungsi sebagai pembuka percakapan yang sesuai sopan santun.
5. Kata Pengantar
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan tersebut. Informasi yang kamu tuliskan pun harus jelas, misal dari media sosial, tuliskan juga nama akun media sosial yang menyebarkan informasi tersebut.
Dalam kata pengantar ini, pastikan kamu juga menuliskan posisi yang kamu inginkan bila perusahaan tersebut membuka banyak lowongan. Atau jika hanya membuka satu lowongan, pastikan kamu menekankan ketertarikan kamu untuk melamar di perusahaan dan posisi tersebut.
6. Biodata Pribadi
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor yang dapat dihubungi, e-mail, dan juga pendidikan. Untuk menuliskan pendidikan, cukup cantumkan pendidikan tertinggi saja.
7. Pengalaman Kerja dan Kemampuan
Bagi yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja, kamu bisa mencantumkannya dalam surat lamaran untuk menjadi nilai tambahan. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, bisa juga mencantumkan pengalaman organisasi dan pengalaman magang yang pernah dilalui.
Selain pengalaman, pastikan kamu juga menuliskan kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.
8. Lampiran Surat Lamaran
Agar perusahaan semakin yakin, jangan lupa untuk melampirkan hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Pastikan kamu melampirkan pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi untuk membuat perusahaan semakin yakin dalam menerima kamu.
9. Penutup
Bagian penutup ini merupakan bagian dimana kamu harus menunjukkan keinginan yang besar untuk dapat diterima dalam perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan.
10. Salam Penutup
Serupa dengan salam pembuka, pastikan kamu menyertakan salam penutup yang sesuai dengan sopan santun seperti “Hormat Saya” untuk menutup surat lamaran. Bagian ini dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama lengkap kamu di bawahnya.
2. nama pelamar
- tempat,tanggal lahir,
- alamat
- pendidikan,
- pengalaman bekerja.
3. pada saat ujian praktek saya bisa dan mampu membuat surat lamaran pekerjaan
Kelas : 12 IPS 1
Absen : 32
1) 1. Tempat dan tanggal penulisan surat.
2. Kepada Yth. nama orang beserta gelar dan jabatannya atau perusahaan yang dituju.
3. Alamat lengkap perusahaan juga tidak boleh dilewatkan.
4. Salam pembuka
5. Kata pengantar/pembukaan
6. Biodata pribadi
7. Pengalaman kerja dan kemampuan Anda
8. Penutup
9. Lampiran surat lamaran kerja
10. Hormat saya, (Tanda tangan dan nama lengkap Anda)
2) Identitas pelamar, meliputi:
-Nama
-Tempat, Tanggal Lahir
-Alamat
-Pendidikan Terakhir
-No HP
-Alamat Email
3) Ya, saya mampu
Kelas : XII IPS 1
Absen : 33
Hari/tanggal : Rabu, 18 Januari 2023
1.- Tempat dan tanggal penulisan surat.
- Kepada Yth. nama orang beserta gelar dan jabatannya atau perusahaan yang dituju.
- Alamat lengkap perusahaan juga tidak boleh dilewatkan.
- Salam pembuka
- Kata pengantar/pembukaan
- Biodata pribadi
- Pengalaman kerja dan kemampuan Anda
- Penutup
- Lampiran surat lamaran kerja
- Hormat saya, (Tanda tangan dan nama lengkap Anda)
2. identitas pelamar terdapat pada bagian isi. Terdiri atas nama pelamar, tempat, tanggal lahir, alamat, pendidikan, dan pengalaman bekerja.
3. Iya, saya mampu.
Kelas : XII IPS 1
1. Berikut adalah langkah-langkah menulis surat lamaran pekerjaan:
1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat
Layaknya menuliskan surat resmi lainnya, pastikan kamu menaruh bagian ini di dalam surat lamaran yang kamu buat. Bagian ini, sesuai dengan isinya, bertujuan untuk memberikan informasi kapan dan dari mana surat lamaran dikirimkan.
2. Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan
Tentunya setiap surat pasti memiliki penerima, begitu pula dengan surat lamaran pekerjaan yang perlu kamu cantumkan. Biasanya, bagian ini ditujukan untuk bagian HRD di sebuah perusahaan yang dituju.
Jika kamu sudah mendapatkan informasi mengenai penerima surat, pastikan kamu mencantumkan nama lengkapnya beserta nama perusahaannya. Jika belum, kamu bisa menuliskan “Kepada Yth. HRD PT ….”.
3. Alamat Lengkap Perusahaan
Alamat lengkap ini memiliki fungsi sebagai petunjuk langsung bagi penerima surat dari perusahaan yang dituju. Dengan mencantumkan alamat lengkap, sudah bisa dipastikan bahwa kamu tidak salah kirim surat lamaran pekerjaan tersebut.
4. Salam Pembuka
Jangan lupa untuk menyertakan salam pembuka terlebih dahulu dan tidak terburu-buru langsung menuju kata pengantar. Kamu bisa menyertakan salam pembuka seperti “Dengan Hormat” yang berfungsi sebagai pembuka percakapan yang sesuai sopan santun.
5. Kata Pengantar
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan tersebut. Informasi yang kamu tuliskan pun harus jelas, misal dari media sosial, tuliskan juga nama akun media sosial yang menyebarkan informasi tersebut.
Dalam kata pengantar ini, pastikan kamu juga menuliskan posisi yang kamu inginkan bila perusahaan tersebut membuka banyak lowongan. Atau jika hanya membuka satu lowongan, pastikan kamu menekankan ketertarikan kamu untuk melamar di perusahaan dan posisi tersebut.
6. Biodata Pribadi
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor yang dapat dihubungi, e-mail, dan juga pendidikan. Untuk menuliskan pendidikan, cukup cantumkan pendidikan tertinggi saja.
7. Pengalaman Kerja dan Kemampuan
Bagi yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja, kamu bisa mencantumkannya dalam surat lamaran untuk menjadi nilai tambahan. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, bisa juga mencantumkan pengalaman organisasi dan pengalaman magang yang pernah dilalui.
Selain pengalaman, pastikan kamu juga menuliskan kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.
8. Lampiran Surat Lamaran
Agar perusahaan semakin yakin, jangan lupa untuk melampirkan hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Pastikan kamu melampirkan pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi untuk membuat perusahaan semakin yakin dalam menerima kamu.
9. Penutup
Bagian penutup ini merupakan bagian dimana kamu harus menunjukkan keinginan yang besar untuk dapat diterima dalam perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan.
10. Salam Penutup
Serupa dengan salam pembuka, pastikan kamu menyertakan salam penutup yang sesuai dengan sopan santun seperti “Hormat Saya” untuk menutup surat lamaran. Bagian ini dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama lengkap kamu di bawahnya.
2. nama pelamar
- tempat,tanggal lahir,
- alamat
- pendidikan,
- pengalaman bekerja.
3. pada saat ujian praktek saya bisa dan mampu membuat surat lamaran pekerjaan
Kls: XII IPS 1
Absen: 38
1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat
Layaknya menuliskan surat resmi lainnya, pastikan kamu menaruh bagian ini di dalam surat lamaran yang kamu buat. Bagian ini, sesuai dengan isinya, bertujuan untuk memberikan informasi kapan dan dari mana surat lamaran dikirimkan.
2. Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan
Tentunya setiap surat pasti memiliki penerima, begitu pula dengan surat lamaran pekerjaan yang perlu kamu cantumkan. Biasanya, bagian ini ditujukan untuk bagian HRD di sebuah perusahaan yang dituju.
Jika kamu sudah mendapatkan informasi mengenai penerima surat, pastikan kamu mencantumkan nama lengkapnya beserta nama perusahaannya. Jika belum, kamu bisa menuliskan “Kepada Yth. HRD PT ….”.
3. Alamat Lengkap Perusahaan
Alamat lengkap ini memiliki fungsi sebagai petunjuk langsung bagi penerima surat dari perusahaan yang dituju. Dengan mencantumkan alamat lengkap, sudah bisa dipastikan bahwa kamu tidak salah kirim surat lamaran pekerjaan tersebut.
4. Salam Pembuka
Jangan lupa untuk menyertakan salam pembuka terlebih dahulu dan tidak terburu-buru langsung menuju kata pengantar. Kamu bisa menyertakan salam pembuka seperti “Dengan Hormat” yang berfungsi sebagai pembuka percakapan yang sesuai sopan santun.
5. Kata Pengantar
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan tersebut. Informasi yang kamu tuliskan pun harus jelas, misal dari media sosial, tuliskan juga nama akun media sosial yang menyebarkan informasi tersebut.
Dalam kata pengantar ini, pastikan kamu juga menuliskan posisi yang kamu inginkan bila perusahaan tersebut membuka banyak lowongan. Atau jika hanya membuka satu lowongan, pastikan kamu menekankan ketertarikan kamu untuk melamar di perusahaan dan posisi tersebut.
6. Biodata Pribadi
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor yang dapat dihubungi, e-mail, dan juga pendidikan. Untuk menuliskan pendidikan, cukup cantumkan pendidikan tertinggi saja.
7. Pengalaman Kerja dan Kemampuan
Bagi yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja, kamu bisa mencantumkannya dalam surat lamaran untuk menjadi nilai tambahan. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, bisa juga mencantumkan pengalaman organisasi dan pengalaman magang yang pernah dilalui.
Selain pengalaman, pastikan kamu juga menuliskan kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.
8. Lampiran Surat Lamaran
Agar perusahaan semakin yakin, jangan lupa untuk melampirkan hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Pastikan kamu melampirkan pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi untuk membuat perusahaan semakin yakin dalam menerima kamu.
9. Penutup
Bagian penutup ini merupakan bagian dimana kamu harus menunjukkan keinginan yang besar untuk dapat diterima dalam perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan.
10. Salam Penutup
Serupa dengan salam pembuka, pastikan kamu menyertakan salam penutup yang sesuai dengan sopan santun seperti “Hormat Saya” untuk menutup surat lamaran. Bagian ini dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama lengkap kamu di bawahnya.
(2). - nama pelamar
- tempat,tanggal lahir,
- alamat
- pendidikan,
- pengalaman bekerja.
Kelas : XII IPS 1
Absen : 29
(1). Berikut adalah langkah-langkah menulis surat lamaran pekerjaan:
1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat
Layaknya menuliskan surat resmi lainnya, pastikan kamu menaruh bagian ini di dalam surat lamaran yang kamu buat. Bagian ini, sesuai dengan isinya, bertujuan untuk memberikan informasi kapan dan dari mana surat lamaran dikirimkan.
2. Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan
Tentunya setiap surat pasti memiliki penerima, begitu pula dengan surat lamaran pekerjaan yang perlu kamu cantumkan. Biasanya, bagian ini ditujukan untuk bagian HRD di sebuah perusahaan yang dituju.
Jika kamu sudah mendapatkan informasi mengenai penerima surat, pastikan kamu mencantumkan nama lengkapnya beserta nama perusahaannya. Jika belum, kamu bisa menuliskan “Kepada Yth. HRD PT ….”.
3. Alamat Lengkap Perusahaan
Alamat lengkap ini memiliki fungsi sebagai petunjuk langsung bagi penerima surat dari perusahaan yang dituju. Dengan mencantumkan alamat lengkap, sudah bisa dipastikan bahwa kamu tidak salah kirim surat lamaran pekerjaan tersebut.
4. Salam Pembuka
Jangan lupa untuk menyertakan salam pembuka terlebih dahulu dan tidak terburu-buru langsung menuju kata pengantar. Kamu bisa menyertakan salam pembuka seperti “Dengan Hormat” yang berfungsi sebagai pembuka percakapan yang sesuai sopan santun.
5. Kata Pengantar
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan tersebut. Informasi yang kamu tuliskan pun harus jelas, misal dari media sosial, tuliskan juga nama akun media sosial yang menyebarkan informasi tersebut.
Dalam kata pengantar ini, pastikan kamu juga menuliskan posisi yang kamu inginkan bila perusahaan tersebut membuka banyak lowongan. Atau jika hanya membuka satu lowongan, pastikan kamu menekankan ketertarikan kamu untuk melamar di perusahaan dan posisi tersebut.
6. Biodata Pribadi
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor yang dapat dihubungi, e-mail, dan juga pendidikan. Untuk menuliskan pendidikan, cukup cantumkan pendidikan tertinggi saja.
7. Pengalaman Kerja dan Kemampuan
Bagi yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja, kamu bisa mencantumkannya dalam surat lamaran untuk menjadi nilai tambahan. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, bisa juga mencantumkan pengalaman organisasi dan pengalaman magang yang pernah dilalui.
Selain pengalaman, pastikan kamu juga menuliskan kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.
8. Lampiran Surat Lamaran
Agar perusahaan semakin yakin, jangan lupa untuk melampirkan hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Pastikan kamu melampirkan pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi untuk membuat perusahaan semakin yakin dalam menerima kamu.
9. Penutup
Bagian penutup ini merupakan bagian dimana kamu harus menunjukkan keinginan yang besar untuk dapat diterima dalam perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan.
10. Salam Penutup
Serupa dengan salam pembuka, pastikan kamu menyertakan salam penutup yang sesuai dengan sopan santun seperti “Hormat Saya” untuk menutup surat lamaran. Bagian ini dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama lengkap kamu di bawahnya.
(2). - nama pelamar
- tempat,tanggal lahir,
- alamat
- pendidikan,
- pengalaman bekerja.
(3). Ya, Mampu
Kelas / Absen : 12 IPS 1 / 14
1.- Tempat dan tanggal penulisan surat.
- Kepada Yth. nama orang beserta gelar dan jabatannya atau perusahaan yang dituju.
- Alamat lengkap perusahaan juga tidak boleh dilewatkan.
- Salam pembuka
- Kata pengantar/pembukaan
- Biodata pribadi
- Pengalaman kerja dan kemampuan Anda
- Penutup
- Lampiran surat lamaran kerja
- Hormat saya, (Tanda tangan dan nama lengkap Anda)
2. identitas pelamar terdapat pada bagian isi. Terdiri atas nama pelamar, tempat, tanggal lahir, alamat, pendidikan, dan pengalaman bekerja.
3. Iya saya mampu, setelah mempelajari struktur surat lamaran pekerjaan
KELAS : 12 IPS 1
1. 10 langkah membuat surat lamaran pekerjaan
- Tempat dan tanggal penulisan surat
- Kepada Yth. nama orang beserta gelar dan jabatannya atau perusahaan yang dituju
- Alamat lengkap perusahaan
- Salam pembuka
- Kata pengantar/pembukaan
- Biodata pribadi
- Pengalaman kerja dan kemampuan
- Penutup
- Lampiran surat lamaran kerja
- Hormat saya, (Tanda tangan dan nama lengkap)
2. Identitas pelamar meliputi :
a. Nama
b. Alamat
c. Usia
d. Tempat dan tanggal lahir
e. Pendidikan
3. Iya, mampu
Kelas: XII IPS 1
1.)
1. Tempat dan tanggal penulisan surat.
2. Kepada Yth. nama orang beserta gelar dan jabatannya atau perusahaan yang dituju.
3. Alamat lengkap perusahaan juga tidak boleh dilewatkan.
4. Salam pembuka
5. Kata pengantar/pembukaan
6. Biodata pribadi
7. Pengalaman kerja dan kemampuan Anda
8. Penutup
9. Lampiran surat lamaran kerja
10. Hormat saya, (Tanda tangan dan nama lengkap)
2.) Terdapat 5 Identitas pelamar yaitu:
- Nama Pelamar
- Tempat dan Tanggal Lahir
- Alamat
- Pendidikan
- Pengalaman Bekerja
3.) Insya Allah
Kelas: XII IPS 1
Absen: 21
pendidikan tertinggi saja.
7. Pengalaman Kerja dan Kemampuan
Bagi yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja, kamu bisa mencantumkannya dalam surat lamaran untuk menjadi nilai tambahan. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, bisa juga mencantumkan pengalaman organisasi dan pengalaman magang yang pernah dilalui.
Selain pengalaman, pastikan kamu juga menuliskan kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.
8. Lampiran Surat Lamaran
Agar perusahaan semakin yakin, jangan lupa untuk melampirkan hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Pastikan kamu melampirkan pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi untuk membuat perusahaan semakin yakin dalam menerima kamu.
9. Penutup
Bagian penutup ini merupakan bagian dimana kamu harus menunjukkan keinginan yang besar untuk dapat diterima dalam perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan.
10. Salam Penutup
Serupa dengan salam pembuka, pastikan kamu menyertakan salam penutup yang sesuai dengan sopan santun seperti “Hormat Saya” untuk menutup surat lamaran. Bagian ini dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama lengkap kamu di bawahnya.
(2). - nama pelamar
- tempat,tanggal lahir,
- alamat
- pendidikan,
- pengalaman bekerja.
(3). Ya, Mampu
Kelas: XII IPS 1
Absen: 21
1. 10 langkah membuat surat lamaran pekerjaan
- Tempat dan tanggal penulisan surat
- Kepada Yth. nama orang beserta gelar dan jabatannya atau perusahaan yang dituju
- Alamat lengkap perusahaan
- Salam pembuka
- Kata pengantar/pembukaan
- Biodata pribadi
- Pengalaman kerja dan kemampuan
- Penutup
- Lampiran surat lamaran kerja
- Hormat saya, (Tanda tangan dan nama lengkap)
2. Identitas pelamar meliputi :
a. Nama
b. Alamat
c. Usia
d. Tempat dan tanggal lahir
e. Pendidikan
3. Iya, mampu
Kelas:12 ips 1
Absen:24
(1). Berikut adalah langkah-langkah menulis surat lamaran pekerjaan:
1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat
Layaknya menuliskan surat resmi lainnya, pastikan kamu menaruh bagian ini di dalam surat lamaran yang kamu buat. Bagian ini, sesuai dengan isinya, bertujuan untuk memberikan informasi kapan dan dari mana surat lamaran dikirimkan.
2. Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan
Tentunya setiap surat pasti memiliki penerima, begitu pula dengan surat lamaran pekerjaan yang perlu kamu cantumkan. Biasanya, bagian ini ditujukan untuk bagian HRD di sebuah perusahaan yang dituju.
Jika kamu sudah mendapatkan informasi mengenai penerima surat, pastikan kamu mencantumkan nama lengkapnya beserta nama perusahaannya. Jika belum, kamu bisa menuliskan “Kepada Yth. HRD PT ….”.
3. Alamat Lengkap Perusahaan
Alamat lengkap ini memiliki fungsi sebagai petunjuk langsung bagi penerima surat dari perusahaan yang dituju. Dengan mencantumkan alamat lengkap, sudah bisa dipastikan bahwa kamu tidak salah kirim surat lamaran pekerjaan tersebut.
4. Salam Pembuka
Jangan lupa untuk menyertakan salam pembuka terlebih dahulu dan tidak terburu-buru langsung menuju kata pengantar. Kamu bisa menyertakan salam pembuka seperti “Dengan Hormat” yang berfungsi sebagai pembuka percakapan yang sesuai sopan santun.
5. Kata Pengantar
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan tersebut. Informasi yang kamu tuliskan pun harus jelas, misal dari media sosial, tuliskan juga nama akun media sosial yang menyebarkan informasi tersebut.
Dalam kata pengantar ini, pastikan kamu juga menuliskan posisi yang kamu inginkan bila perusahaan tersebut membuka banyak lowongan. Atau jika hanya membuka satu lowongan, pastikan kamu menekankan ketertarikan kamu untuk melamar di perusahaan dan posisi tersebut.
6. Biodata Pribadi
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor yang dapat dihubungi, e-mail, dan juga pendidikan. Untuk menuliskan pendidikan, cukup cantumkan pendidikan tertinggi saja.
7. Pengalaman Kerja dan Kemampuan
Bagi yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja, kamu bisa mencantumkannya dalam surat lamaran untuk menjadi nilai tambahan. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, bisa juga mencantumkan pengalaman organisasi dan pengalaman magang yang pernah dilalui.
Selain pengalaman, pastikan kamu juga menuliskan kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.
8. Lampiran Surat Lamaran
Agar perusahaan semakin yakin, jangan lupa untuk melampirkan hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Pastikan kamu melampirkan pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi untuk membuat perusahaan semakin yakin dalam menerima kamu.
9. Penutup
Bagian penutup ini merupakan bagian dimana kamu harus menunjukkan keinginan yang besar untuk dapat diterima dalam perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan.
10. Salam Penutup
Serupa dengan salam pembuka, pastikan kamu menyertakan salam penutup yang sesuai dengan sopan santun seperti “Hormat Saya” untuk menutup surat lamaran. Bagian ini dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama lengkap kamu di bawahnya.
(2). - nama pelamar
- tempat,tanggal lahir,
- alamat
- pendidikan,
- pengalaman bekerja.
(3). Ya, Mampu
Kelas : XII IPS 1
No Absen : 40
(1). Berikut adalah langkah-langkah menulis surat lamaran pekerjaan:
1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat
Layaknya menuliskan surat resmi lainnya, pastikan kamu menaruh bagian ini di dalam surat lamaran yang kamu buat. Bagian ini, sesuai dengan isinya, bertujuan untuk memberikan informasi kapan dan dari mana surat lamaran dikirimkan.
2. Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan
Tentunya setiap surat pasti memiliki penerima, begitu pula dengan surat lamaran pekerjaan yang perlu kamu cantumkan. Biasanya, bagian ini ditujukan untuk bagian HRD di sebuah perusahaan yang dituju.
Jika kamu sudah mendapatkan informasi mengenai penerima surat, pastikan kamu mencantumkan nama lengkapnya beserta nama perusahaannya. Jika belum, kamu bisa menuliskan “Kepada Yth. HRD PT ….”.
3. Alamat Lengkap Perusahaan
Alamat lengkap ini memiliki fungsi sebagai petunjuk langsung bagi penerima surat dari perusahaan yang dituju. Dengan mencantumkan alamat lengkap, sudah bisa dipastikan bahwa kamu tidak salah kirim surat lamaran pekerjaan tersebut.
4. Salam Pembuka
Jangan lupa untuk menyertakan salam pembuka terlebih dahulu dan tidak terburu-buru langsung menuju kata pengantar. Kamu bisa menyertakan salam pembuka seperti “Dengan Hormat” yang berfungsi sebagai pembuka percakapan yang sesuai sopan santun.
5. Kata Pengantar
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan tersebut. Informasi yang kamu tuliskan pun harus jelas, misal dari media sosial, tuliskan juga nama akun media sosial yang menyebarkan informasi tersebut.
Dalam kata pengantar ini, pastikan kamu juga menuliskan posisi yang kamu inginkan bila perusahaan tersebut membuka banyak lowongan. Atau jika hanya membuka satu lowongan, pastikan kamu menekankan ketertarikan kamu untuk melamar di perusahaan dan posisi tersebut.
6. Biodata Pribadi
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor yang dapat dihubungi, e-mail, dan juga pendidikan. Untuk menuliskan pendidikan, cukup cantumkan pendidikan tertinggi saja.
7. Pengalaman Kerja dan Kemampuan
Bagi yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja, kamu bisa mencantumkannya dalam surat lamaran untuk menjadi nilai tambahan. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, bisa juga mencantumkan pengalaman organisasi dan pengalaman magang yang pernah dilalui.
Selain pengalaman, pastikan kamu juga menuliskan kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.
8. Lampiran Surat Lamaran
Agar perusahaan semakin yakin, jangan lupa untuk melampirkan hal-hal yang fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi untuk membuat perusahaan semakin yakin dalam menerima kamu.
9. Penutup
Bagian penutup ini merupakan bagian dimana kamu harus menunjukkan keinginan yang besar untuk dapat diterima dalam perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan.
10. Salam Penutup
Serupa dengan salam pembuka, pastikan kamu menyertakan salam penutup yang sesuai dengan sopan santun seperti “Hormat Saya” untuk menutup surat lamaran. Bagian ini dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama lengkap kamu di bawahnya.
(2). - nama pelamar
- tempat,tanggal lahir,
- alamat
- pendidikan,
- pengalaman bekerja.
(3). Ya, Mampu
Kelas : XII IPS 1
No Absen : 37
1. 10 langkah membuat surat lamaran pekerjaan
- Tempat dan tanggal penulisan surat
- Kepada Yth. nama orang beserta gelar dan jabatannya atau perusahaan yang dituju
- Alamat lengkap perusahaan
- Salam pembuka
- Kata pengantar/pembukaan
- Biodata pribadi
- Pengalaman kerja dan kemampuan
- Penutup
- Lampiran surat lamaran kerja
- Hormat saya, (Tanda tangan dan nama lengkap)
2. Identitas pelamar meliputi :
a. Nama
b. Alamat
c. Usia
d. Tempat dan tanggal lahir
e. Pendidikan
3. Iya, mampu
Kelas : XII IPS 1
1.)
1. Tempat dan tanggal penulisan surat.
2. Kepada Yth. nama orang beserta gelar dan jabatannya atau perusahaan yang dituju.
3. Alamat lengkap perusahaan juga tidak boleh dilewatkan.
4. Salam pembuka
5. Kata pengantar/pembukaan
6. Biodata pribadi
7. Pengalaman kerja dan kemampuan Anda
8. Penutup
9. Lampiran surat lamaran kerja
10. Hormat saya, (Tanda tangan dan nama lengkap Anda)
2.) ada 5 Identitas pelamar yaitu:
-Nama pelamar
-Tempat dan tanggal lahir
-Alamat
-Pendidikan
-Pengalaman bekerja
3.) Mampu
Kelas : XII IPS 1
Absen : 27
(1). Berikut adalah langkah-langkah menulis surat lamaran pekerjaan:
1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat
Layaknya menuliskan surat resmi lainnya, pastikan kamu menaruh bagian ini di dalam surat lamaran yang kamu buat. Bagian ini, sesuai dengan isinya, bertujuan untuk memberikan informasi kapan dan dari mana surat lamaran dikirimkan.
2. Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan
Tentunya setiap surat pasti memiliki penerima, begitu pula dengan surat lamaran pekerjaan yang perlu kamu cantumkan. Biasanya, bagian ini ditujukan untuk bagian HRD di sebuah perusahaan yang dituju.
Jika kamu sudah mendapatkan informasi mengenai penerima surat, pastikan kamu mencantumkan nama lengkapnya beserta nama perusahaannya. Jika belum, kamu bisa menuliskan “Kepada Yth. HRD PT ….”.
3. Alamat Lengkap Perusahaan
Alamat lengkap ini memiliki fungsi sebagai petunjuk langsung bagi penerima surat dari perusahaan yang dituju. Dengan mencantumkan alamat lengkap, sudah bisa dipastikan bahwa kamu tidak salah kirim surat lamaran pekerjaan tersebut.
4. Salam Pembuka
Jangan lupa untuk menyertakan salam pembuka terlebih dahulu dan tidak terburu-buru langsung menuju kata pengantar. Kamu bisa menyertakan salam pembuka seperti “Dengan Hormat” yang berfungsi sebagai pembuka percakapan yang sesuai sopan santun.
5. Kata Pengantar
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan tersebut. Informasi yang kamu tuliskan pun harus jelas, misal dari media sosial, tuliskan juga nama akun media sosial yang menyebarkan informasi tersebut.
Dalam kata pengantar ini, pastikan kamu juga menuliskan posisi yang kamu inginkan bila perusahaan tersebut membuka banyak lowongan. Atau jika hanya membuka satu lowongan, pastikan kamu menekankan ketertarikan kamu untuk melamar di perusahaan dan posisi tersebut.
6. Biodata Pribadi
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor yang dapat dihubungi, e-mail, dan juga pendidikan. Untuk menuliskan pendidikan, cukup cantumkan pendidikan tertinggi saja.
7. Pengalaman Kerja dan Kemampuan
Bagi yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja, kamu bisa mencantumkannya dalam surat lamaran untuk menjadi nilai tambahan. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, bisa juga mencantumkan pengalaman organisasi dan pengalaman magang yang pernah dilalui.
Selain pengalaman, pastikan kamu juga menuliskan kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.
8. Lampiran Surat Lamaran
Agar perusahaan semakin yakin, jangan lupa untuk melampirkan hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Pastikan kamu melampirkan pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi untuk membuat perusahaan semakin yakin dalam menerima kamu.
9. Penutup
Bagian penutup ini merupakan bagian dimana kamu harus menunjukkan keinginan yang besar untuk dapat diterima dalam perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan.
10. Salam Penutup
Serupa dengan salam pembuka, pastikan kamu menyertakan salam penutup yang sesuai dengan sopan santun seperti “Hormat Saya” untuk menutup surat lamaran. Bagian ini dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama lengkap kamu di bawahnya.
Kelas: 12 IPS 1
Absensi:26
1. Berikut adalah langkah-langkah menulis surat lamaran pekerjaan:
1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat
Layaknya menuliskan surat resmi lainnya, pastikan kamu menaruh bagian ini di dalam surat lamaran yang kamu buat. Bagian ini, sesuai dengan isinya, bertujuan untuk memberikan informasi kapan dan dari mana surat lamaran dikirimkan.
2. Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan
Tentunya setiap surat pasti memiliki penerima, begitu pula dengan surat lamaran pekerjaan yang perlu kamu cantumkan. Biasanya, bagian ini ditujukan untuk bagian HRD di sebuah perusahaan yang dituju.
Jika kamu sudah mendapatkan informasi mengenai penerima surat, pastikan kamu mencantumkan nama lengkapnya beserta nama perusahaannya. Jika belum, kamu bisa menuliskan “Kepada Yth. HRD PT ….”.
3. Alamat Lengkap Perusahaan
Alamat lengkap ini memiliki fungsi sebagai petunjuk langsung bagi penerima surat dari perusahaan yang dituju. Dengan mencantumkan alamat lengkap, sudah bisa dipastikan bahwa kamu tidak salah kirim surat lamaran pekerjaan tersebut.
4. Salam Pembuka
Jangan lupa untuk menyertakan salam pembuka terlebih dahulu dan tidak terburu-buru langsung menuju kata pengantar. Kamu bisa menyertakan salam pembuka seperti “Dengan Hormat” yang berfungsi sebagai pembuka percakapan yang sesuai sopan santun.
5. Kata Pengantar
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan tersebut. Informasi yang kamu tuliskan pun harus jelas, misal dari media sosial, tuliskan juga nama akun media sosial yang menyebarkan informasi tersebut.
Dalam kata pengantar ini, pastikan kamu juga menuliskan posisi yang kamu inginkan bila perusahaan tersebut membuka banyak lowongan. Atau jika hanya membuka satu lowongan, pastikan kamu menekankan ketertarikan kamu untuk melamar di perusahaan dan posisi tersebut.
6. Biodata Pribadi
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor yang dapat dihubungi, e-mail, dan juga pendidikan. Untuk menuliskan pendidikan, cukup cantumkan pendidikan tertinggi saja.
7. Pengalaman Kerja dan Kemampuan
Bagi yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja, kamu bisa mencantumkannya dalam surat lamaran untuk menjadi nilai tambahan. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, bisa juga mencantumkan pengalaman organisasi dan pengalaman magang yang pernah dilalui.
Selain pengalaman, pastikan kamu juga menuliskan kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.
8. Lampiran Surat Lamaran
Agar perusahaan semakin yakin, jangan lupa untuk melampirkan hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Pastikan kamu melampirkan pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi untuk membuat perusahaan semakin yakin dalam menerima kamu.
9. Penutup
Bagian penutup ini merupakan bagian dimana kamu harus menunjukkan keinginan yang besar untuk dapat diterima dalam perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan.
10. Salam Penutup
Serupa dengan salam pembuka, pastikan kamu menyertakan salam penutup yang sesuai dengan sopan santun seperti “Hormat Saya” untuk menutup surat lamaran. Bagian ini dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama lengkap kamu di bawahnya.
2. nama pelamar
- tempat,tanggal lahir,
- alamat
- pendidikan,
- pengalaman bekerja.
3. pada saat ujian praktek saya bisa dan mampu membuat surat lamaran pekerjaan
Kelas:Xll IPS 1
Absen :1
(1). Berikut adalah langkah-langkah menulis surat lamaran pekerjaan:
1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat
Layaknya menuliskan surat resmi lainnya, pastikan kamu menaruh bagian ini di dalam surat lamaran yang kamu buat. Bagian ini, sesuai dengan isinya, bertujuan untuk memberikan informasi kapan dan dari mana surat lamaran dikirimkan.
2. Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan
Tentunya setiap surat pasti memiliki penerima, begitu pula dengan surat lamaran pekerjaan yang perlu kamu cantumkan. Biasanya, bagian ini ditujukan untuk bagian HRD di sebuah perusahaan yang dituju.
Jika kamu sudah mendapatkan informasi mengenai penerima surat, pastikan kamu mencantumkan nama lengkapnya beserta nama perusahaannya. Jika belum, kamu bisa menuliskan “Kepada Yth. HRD PT ….”.
3. Alamat Lengkap Perusahaan
Alamat lengkap ini memiliki fungsi sebagai petunjuk langsung bagi penerima surat dari perusahaan yang dituju. Dengan mencantumkan alamat lengkap, sudah bisa dipastikan bahwa kamu tidak salah kirim surat lamaran pekerjaan tersebut.
4. Salam Pembuka
Jangan lupa untuk menyertakan salam pembuka terlebih dahulu dan tidak terburu-buru langsung menuju kata pengantar. Kamu bisa menyertakan salam pembuka seperti “Dengan Hormat” yang berfungsi sebagai pembuka percakapan yang sesuai sopan santun.
5. Kata Pengantar
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan tersebut. Informasi yang kamu tuliskan pun harus jelas, misal dari media sosial, tuliskan juga nama akun media sosial yang menyebarkan informasi tersebut.
Dalam kata pengantar ini, pastikan kamu juga menuliskan posisi yang kamu inginkan bila perusahaan tersebut membuka banyak lowongan. Atau jika hanya membuka satu lowongan, pastikan kamu menekankan ketertarikan kamu untuk melamar di perusahaan dan posisi tersebut.
6. Biodata Pribadi
Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor yang dapat dihubungi, e-mail, dan juga pendidikan. Untuk menuliskan pendidikan, cukup cantumkan pendidikan tertinggi saja.
7. Pengalaman Kerja dan Kemampuan
Bagi yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja, kamu bisa mencantumkannya dalam surat lamaran untuk menjadi nilai tambahan. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, bisa juga mencantumkan pengalaman organisasi dan pengalaman magang yang pernah dilalui.
Selain pengalaman, pastikan kamu juga menuliskan kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.
8. Lampiran Surat Lamaran
Agar perusahaan semakin yakin, jangan lupa untuk melampirkan hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Pastikan kamu melampirkan pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi untuk membuat perusahaan semakin yakin dalam menerima kamu.
9. Penutup
Bagian penutup ini merupakan bagian dimana kamu harus menunjukkan keinginan yang besar untuk dapat diterima dalam perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan.
10. Salam Penutup
Serupa dengan salam pembuka, pastikan kamu menyertakan salam penutup yang sesuai dengan sopan santun seperti “Hormat Saya” untuk menutup surat lamaran. Bagian ini dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama lengkap kamu di bawahnya.
(2). - nama pelamar
- tempat,tanggal lahir,
- alamat
- pendidikan,
- pengalaman bekerja.