XII IPS 1 PM. UJIAN PRAKTIK SURAT LAMARAN

 LINK : XII IPS 1 PM. UJIAN PRAKTIK SURAT LAMARAN

LINK PM. SURAT LAMARAN

RABU, 18  JANUARI 2023

Jawablah pertanyaan berikut!

1.        Sebutkan 10 langkah membuat surat lamaran sesuai contoh surat tersebut!

2.        Ada berapa indentitas pelamar, dan sebutkan!

3.        Apakah saat ujian prkatik saya mampu membuat surat lamaran ?

4.        Jawaban langsung diposting di kolom komentar !

                                   

Jakarta, 18 Januari 2023 

Drs. Parmono, M.Pd.

Pengampu Bahasa Indonesia


Komentar

Unknown mengatakan…
Nama : Keisya Hana Faradiba
Kelas : XII IPS 1
Absen : 19

(1). Berikut adalah langkah-langkah menulis surat lamaran pekerjaan:

1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat

Layaknya menuliskan surat resmi lainnya, pastikan kamu menaruh bagian ini di dalam surat lamaran yang kamu buat. Bagian ini, sesuai dengan isinya, bertujuan untuk memberikan informasi kapan dan dari mana surat lamaran dikirimkan.

2. Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan

Tentunya setiap surat pasti memiliki penerima, begitu pula dengan surat lamaran pekerjaan yang perlu kamu cantumkan. Biasanya, bagian ini ditujukan untuk bagian HRD di sebuah perusahaan yang dituju.

Jika kamu sudah mendapatkan informasi mengenai penerima surat, pastikan kamu mencantumkan nama lengkapnya beserta nama perusahaannya. Jika belum, kamu bisa menuliskan “Kepada Yth. HRD PT ….”.

3. Alamat Lengkap Perusahaan

Alamat lengkap ini memiliki fungsi sebagai petunjuk langsung bagi penerima surat dari perusahaan yang dituju. Dengan mencantumkan alamat lengkap, sudah bisa dipastikan bahwa kamu tidak salah kirim surat lamaran pekerjaan tersebut.

4. Salam Pembuka

Jangan lupa untuk menyertakan salam pembuka terlebih dahulu dan tidak terburu-buru langsung menuju kata pengantar. Kamu bisa menyertakan salam pembuka seperti “Dengan Hormat” yang berfungsi sebagai pembuka percakapan yang sesuai sopan santun.

5. Kata Pengantar

Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan tersebut. Informasi yang kamu tuliskan pun harus jelas, misal dari media sosial, tuliskan juga nama akun media sosial yang menyebarkan informasi tersebut.

Dalam kata pengantar ini, pastikan kamu juga menuliskan posisi yang kamu inginkan bila perusahaan tersebut membuka banyak lowongan. Atau jika hanya membuka satu lowongan, pastikan kamu menekankan ketertarikan kamu untuk melamar di perusahaan dan posisi tersebut.

6. Biodata Pribadi

Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor yang dapat dihubungi, e-mail, dan juga pendidikan. Untuk menuliskan pendidikan, cukup cantumkan pendidikan tertinggi saja.

7. Pengalaman Kerja dan Kemampuan

Bagi yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja, kamu bisa mencantumkannya dalam surat lamaran untuk menjadi nilai tambahan. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, bisa juga mencantumkan pengalaman organisasi dan pengalaman magang yang pernah dilalui.

Selain pengalaman, pastikan kamu juga menuliskan kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.

8. Lampiran Surat Lamaran

Agar perusahaan semakin yakin, jangan lupa untuk melampirkan hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Pastikan kamu melampirkan pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi untuk membuat perusahaan semakin yakin dalam menerima kamu.

9. Penutup

Bagian penutup ini merupakan bagian dimana kamu harus menunjukkan keinginan yang besar untuk dapat diterima dalam perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan.

10. Salam Penutup

Serupa dengan salam pembuka, pastikan kamu menyertakan salam penutup yang sesuai dengan sopan santun seperti “Hormat Saya” untuk menutup surat lamaran. Bagian ini dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama lengkap kamu di bawahnya.


(2). - nama pelamar
- tempat,tanggal lahir,
- alamat
- pendidikan,
- pengalaman bekerja.


(3). Ya, Mampu
Anonim mengatakan…
Nama : Adinda Sanggarwati Suwarno Putri
Kelas : XII IPS 1
(1). Berikut adalah langkah-langkah menulis surat lamaran pekerjaan:

1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat

Layaknya menuliskan surat resmi lainnya, pastikan kamu menaruh bagian ini di dalam surat lamaran yang kamu buat. Bagian ini, sesuai dengan isinya, bertujuan untuk memberikan informasi kapan dan dari mana surat lamaran dikirimkan.

2. Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan

Tentunya setiap surat pasti memiliki penerima, begitu pula dengan surat lamaran pekerjaan yang perlu kamu cantumkan. Biasanya, bagian ini ditujukan untuk bagian HRD di sebuah perusahaan yang dituju.

Jika kamu sudah mendapatkan informasi mengenai penerima surat, pastikan kamu mencantumkan nama lengkapnya beserta nama perusahaannya. Jika belum, kamu bisa menuliskan “Kepada Yth. HRD PT ….”.

3. Alamat Lengkap Perusahaan

Alamat lengkap ini memiliki fungsi sebagai petunjuk langsung bagi penerima surat dari perusahaan yang dituju. Dengan mencantumkan alamat lengkap, sudah bisa dipastikan bahwa kamu tidak salah kirim surat lamaran pekerjaan tersebut.

4. Salam Pembuka

Jangan lupa untuk menyertakan salam pembuka terlebih dahulu dan tidak terburu-buru langsung menuju kata pengantar. Kamu bisa menyertakan salam pembuka seperti “Dengan Hormat” yang berfungsi sebagai pembuka percakapan yang sesuai sopan santun.

5. Kata Pengantar

Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan tersebut. Informasi yang kamu tuliskan pun harus jelas, misal dari media sosial, tuliskan juga nama akun media sosial yang menyebarkan informasi tersebut.

Dalam kata pengantar ini, pastikan kamu juga menuliskan posisi yang kamu inginkan bila perusahaan tersebut membuka banyak lowongan. Atau jika hanya membuka satu lowongan, pastikan kamu menekankan ketertarikan kamu untuk melamar di perusahaan dan posisi tersebut.

6. Biodata Pribadi

Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor yang dapat dihubungi, e-mail, dan juga pendidikan. Untuk menuliskan pendidikan, cukup cantumkan pendidikan tertinggi saja.

7. Pengalaman Kerja dan Kemampuan

Bagi yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja, kamu bisa mencantumkannya dalam surat lamaran untuk menjadi nilai tambahan. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, bisa juga mencantumkan pengalaman organisasi dan pengalaman magang yang pernah dilalui.

Selain pengalaman, pastikan kamu juga menuliskan kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.

8. Lampiran Surat Lamaran

Agar perusahaan semakin yakin, jangan lupa untuk melampirkan hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Pastikan kamu melampirkan pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi untuk membuat perusahaan semakin yakin dalam menerima kamu.

9. Penutup

Bagian penutup ini merupakan bagian dimana kamu harus menunjukkan keinginan yang besar untuk dapat diterima dalam perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan.

10. Salam Penutup

Serupa dengan salam pembuka, pastikan kamu menyertakan salam penutup yang sesuai dengan sopan santun seperti “Hormat Saya” untuk menutup surat lamaran. Bagian ini dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama lengkap kamu di bawahnya.


(2). - nama pelamar
- tempat,tanggal lahir,
- alamat
- pendidikan,
- pengalaman bekerja.


(3). Ya, Mampu
Nama : Putri Andian Wahyuningsih
Kelas : XII IPS 1
No Absen : 30

1. Berikut adalah langkah-langkah menulis surat lamaran pekerjaan:

1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat

Layaknya menuliskan surat resmi lainnya, pastikan kamu menaruh bagian ini di dalam surat lamaran yang kamu buat. Bagian ini, sesuai dengan isinya, bertujuan untuk memberikan informasi kapan dan dari mana surat lamaran dikirimkan.

2. Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan

Tentunya setiap surat pasti memiliki penerima, begitu pula dengan surat lamaran pekerjaan yang perlu kamu cantumkan. Biasanya, bagian ini ditujukan untuk bagian HRD di sebuah perusahaan yang dituju.

Jika kamu sudah mendapatkan informasi mengenai penerima surat, pastikan kamu mencantumkan nama lengkapnya beserta nama perusahaannya. Jika belum, kamu bisa menuliskan “Kepada Yth. HRD PT ….”.

3. Alamat Lengkap Perusahaan

Alamat lengkap ini memiliki fungsi sebagai petunjuk langsung bagi penerima surat dari perusahaan yang dituju. Dengan mencantumkan alamat lengkap, sudah bisa dipastikan bahwa kamu tidak salah kirim surat lamaran pekerjaan tersebut.

4. Salam Pembuka

Jangan lupa untuk menyertakan salam pembuka terlebih dahulu dan tidak terburu-buru langsung menuju kata pengantar. Kamu bisa menyertakan salam pembuka seperti “Dengan Hormat” yang berfungsi sebagai pembuka percakapan yang sesuai sopan santun.

5. Kata Pengantar

Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan tersebut. Informasi yang kamu tuliskan pun harus jelas, misal dari media sosial, tuliskan juga nama akun media sosial yang menyebarkan informasi tersebut.

Dalam kata pengantar ini, pastikan kamu juga menuliskan posisi yang kamu inginkan bila perusahaan tersebut membuka banyak lowongan. Atau jika hanya membuka satu lowongan, pastikan kamu menekankan ketertarikan kamu untuk melamar di perusahaan dan posisi tersebut.

6. Biodata Pribadi

Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor yang dapat dihubungi, e-mail, dan juga pendidikan. Untuk menuliskan pendidikan, cukup cantumkan pendidikan tertinggi saja.

7. Pengalaman Kerja dan Kemampuan

Bagi yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja, kamu bisa mencantumkannya dalam surat lamaran untuk menjadi nilai tambahan. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, bisa juga mencantumkan pengalaman organisasi dan pengalaman magang yang pernah dilalui.

Selain pengalaman, pastikan kamu juga menuliskan kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.

8. Lampiran Surat Lamaran

Agar perusahaan semakin yakin, jangan lupa untuk melampirkan hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Pastikan kamu melampirkan pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi untuk membuat perusahaan semakin yakin dalam menerima kamu.

9. Penutup

Bagian penutup ini merupakan bagian dimana kamu harus menunjukkan keinginan yang besar untuk dapat diterima dalam perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan.

10. Salam Penutup

Serupa dengan salam pembuka, pastikan kamu menyertakan salam penutup yang sesuai dengan sopan santun seperti “Hormat Saya” untuk menutup surat lamaran. Bagian ini dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama lengkap kamu di bawahnya.
2. nama pelamar
- tempat,tanggal lahir,
- alamat
- pendidikan,
- pengalaman bekerja.
3. pada saat ujian praktek saya bisa dan mampu membuat surat lamaran pekerjaan
muhammad sidik mengatakan…
NAMA MUHAMMAD SIDIK
KELAS XII IPS I
ABSEN 25
(1). Berikut adalah langkah-langkah menulis surat lamaran pekerjaan:

1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat

Layaknya menuliskan surat resmi lainnya, pastikan kamu menaruh bagian ini di dalam surat lamaran yang kamu buat. Bagian ini, sesuai dengan isinya, bertujuan untuk memberikan informasi kapan dan dari mana surat lamaran dikirimkan.

2. Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan

Tentunya setiap surat pasti memiliki penerima, begitu pula dengan surat lamaran pekerjaan yang perlu kamu cantumkan. Biasanya, bagian ini ditujukan untuk bagian HRD di sebuah perusahaan yang dituju.

Jika kamu sudah mendapatkan informasi mengenai penerima surat, pastikan kamu mencantumkan nama lengkapnya beserta nama perusahaannya. Jika belum, kamu bisa menuliskan “Kepada Yth. HRD PT ….”.

3. Alamat Lengkap Perusahaan

Alamat lengkap ini memiliki fungsi sebagai petunjuk langsung bagi penerima surat dari perusahaan yang dituju. Dengan mencantumkan alamat lengkap, sudah bisa dipastikan bahwa kamu tidak salah kirim surat lamaran pekerjaan tersebut.

4. Salam Pembuka

Jangan lupa untuk menyertakan salam pembuka terlebih dahulu dan tidak terburu-buru langsung menuju kata pengantar. Kamu bisa menyertakan salam pembuka seperti “Dengan Hormat” yang berfungsi sebagai pembuka percakapan yang sesuai sopan santun.

5. Kata Pengantar

Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan tersebut. Informasi yang kamu tuliskan pun harus jelas, misal dari media sosial, tuliskan juga nama akun media sosial yang menyebarkan informasi tersebut.

Dalam kata pengantar ini, pastikan kamu juga menuliskan posisi yang kamu inginkan bila perusahaan tersebut membuka banyak lowongan. Atau jika hanya membuka satu lowongan, pastikan kamu menekankan ketertarikan kamu untuk melamar di perusahaan dan posisi tersebut.

6. Biodata Pribadi

Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor yang dapat dihubungi, e-mail, dan juga pendidikan. Untuk menuliskan pendidikan, cukup cantumkan pendidikan tertinggi saja.

7. Pengalaman Kerja dan Kemampuan

Bagi yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja, kamu bisa mencantumkannya dalam surat lamaran untuk menjadi nilai tambahan. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, bisa juga mencantumkan pengalaman organisasi dan pengalaman magang yang pernah dilalui.

Selain pengalaman, pastikan kamu juga menuliskan kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.

8. Lampiran Surat Lamaran

Agar perusahaan semakin yakin, jangan lupa untuk melampirkan hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Pastikan kamu melampirkan pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi untuk membuat perusahaan semakin yakin dalam menerima kamu.

9. Penutup

Bagian penutup ini merupakan bagian dimana kamu harus menunjukkan keinginan yang besar untuk dapat diterima dalam perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan.

10. Salam Penutup

Serupa dengan salam pembuka, pastikan kamu menyertakan salam penutup yang sesuai dengan sopan santun seperti “Hormat Saya” untuk menutup surat lamaran. Bagian ini dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama lengkap kamu di bawahnya.


(2). - nama pelamar
- tempat,tanggal lahir,
- alamat
- pendidikan,
- pengalaman bekerja.


(3). Ya, Mamp
Naomi Salsabila mengatakan…
Nama : Naomi Salsabila Nasywa Avidah
Kelas : XII IPS 1
Absen : 28
Hari/tanggal : Rabu, 18 Januari 2023

1.- Tempat dan tanggal penulisan surat.
- Kepada Yth. nama orang beserta gelar dan jabatannya atau perusahaan yang dituju.
- Alamat lengkap perusahaan juga tidak boleh dilewatkan.
- Salam pembuka
- Kata pengantar/pembukaan
- Biodata pribadi
- Pengalaman kerja dan kemampuan Anda
- Penutup
- Lampiran surat lamaran kerja
- Hormat saya, (Tanda tangan dan nama lengkap Anda)

2. identitas pelamar terdapat pada bagian isi. Terdiri atas nama pelamar, tempat, tanggal lahir, alamat, pendidikan, dan pengalaman bekerja.

3. Iya saya mampu, setelah mempelajari struktur surat lamaran pekerjaan
Unknown mengatakan…
Nama : Imelda Rahma Ayu
Kelas : XII IPS 1
No Absen : 18

1. Berikut adalah langkah-langkah menulis surat lamaran pekerjaan:

1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat

Layaknya menuliskan surat resmi lainnya, pastikan kamu menaruh bagian ini di dalam surat lamaran yang kamu buat. Bagian ini, sesuai dengan isinya, bertujuan untuk memberikan informasi kapan dan dari mana surat lamaran dikirimkan.

2. Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan

Tentunya setiap surat pasti memiliki penerima, begitu pula dengan surat lamaran pekerjaan yang perlu kamu cantumkan. Biasanya, bagian ini ditujukan untuk bagian HRD di sebuah perusahaan yang dituju.

Jika kamu sudah mendapatkan informasi mengenai penerima surat, pastikan kamu mencantumkan nama lengkapnya beserta nama perusahaannya. Jika belum, kamu bisa menuliskan “Kepada Yth. HRD PT ….”.

3. Alamat Lengkap Perusahaan

Alamat lengkap ini memiliki fungsi sebagai petunjuk langsung bagi penerima surat dari perusahaan yang dituju. Dengan mencantumkan alamat lengkap, sudah bisa dipastikan bahwa kamu tidak salah kirim surat lamaran pekerjaan tersebut.

4. Salam Pembuka

Jangan lupa untuk menyertakan salam pembuka terlebih dahulu dan tidak terburu-buru langsung menuju kata pengantar. Kamu bisa menyertakan salam pembuka seperti “Dengan Hormat” yang berfungsi sebagai pembuka percakapan yang sesuai sopan santun.

5. Kata Pengantar

Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan tersebut. Informasi yang kamu tuliskan pun harus jelas, misal dari media sosial, tuliskan juga nama akun media sosial yang menyebarkan informasi tersebut.

Dalam kata pengantar ini, pastikan kamu juga menuliskan posisi yang kamu inginkan bila perusahaan tersebut membuka banyak lowongan. Atau jika hanya membuka satu lowongan, pastikan kamu menekankan ketertarikan kamu untuk melamar di perusahaan dan posisi tersebut.

6. Biodata Pribadi

Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor yang dapat dihubungi, e-mail, dan juga pendidikan. Untuk menuliskan pendidikan, cukup cantumkan pendidikan tertinggi saja.

7. Pengalaman Kerja dan Kemampuan

Bagi yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja, kamu bisa mencantumkannya dalam surat lamaran untuk menjadi nilai tambahan. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, bisa juga mencantumkan pengalaman organisasi dan pengalaman magang yang pernah dilalui.

Selain pengalaman, pastikan kamu juga menuliskan kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.

8. Lampiran Surat Lamaran

Agar perusahaan semakin yakin, jangan lupa untuk melampirkan hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Pastikan kamu melampirkan pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi untuk membuat perusahaan semakin yakin dalam menerima kamu.

9. Penutup

Bagian penutup ini merupakan bagian dimana kamu harus menunjukkan keinginan yang besar untuk dapat diterima dalam perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan.

10. Salam Penutup

Serupa dengan salam pembuka, pastikan kamu menyertakan salam penutup yang sesuai dengan sopan santun seperti “Hormat Saya” untuk menutup surat lamaran. Bagian ini dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama lengkap kamu di bawahnya.
2. nama pelamar
- tempat,tanggal lahir,
- alamat
- pendidikan,
- pengalaman bekerja.
3. pada saat ujian praktek saya bisa dan mampu membuat surat lamaran pekerjaan
Regita Fitri Enjeline mengatakan…
Nama : Regita Fitri Enjeline
Kelas : 12 IPS 1
Absen : 32

1) 1. Tempat dan tanggal penulisan surat.
2. Kepada Yth. nama orang beserta gelar dan jabatannya atau perusahaan yang dituju.
3. Alamat lengkap perusahaan juga tidak boleh dilewatkan.
4. Salam pembuka
5. Kata pengantar/pembukaan
6. Biodata pribadi
7. Pengalaman kerja dan kemampuan Anda
8. Penutup
9. Lampiran surat lamaran kerja
10. Hormat saya, (Tanda tangan dan nama lengkap Anda)

2) Identitas pelamar, meliputi:
-Nama
-Tempat, Tanggal Lahir
-Alamat
-Pendidikan Terakhir
-No HP
-Alamat Email

3) Ya, saya mampu
Revo Alfajri mengatakan…
Nama : Revo Alfazri
Kelas : XII IPS 1
Absen : 33
Hari/tanggal : Rabu, 18 Januari 2023

1.- Tempat dan tanggal penulisan surat.
- Kepada Yth. nama orang beserta gelar dan jabatannya atau perusahaan yang dituju.
- Alamat lengkap perusahaan juga tidak boleh dilewatkan.
- Salam pembuka
- Kata pengantar/pembukaan
- Biodata pribadi
- Pengalaman kerja dan kemampuan Anda
- Penutup
- Lampiran surat lamaran kerja
- Hormat saya, (Tanda tangan dan nama lengkap Anda)

2. identitas pelamar terdapat pada bagian isi. Terdiri atas nama pelamar, tempat, tanggal lahir, alamat, pendidikan, dan pengalaman bekerja.

3. Iya, saya mampu.
Anonim mengatakan…
Nama : Aulia Purbaningrum
Kelas : XII IPS 1

1. Berikut adalah langkah-langkah menulis surat lamaran pekerjaan:

1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat

Layaknya menuliskan surat resmi lainnya, pastikan kamu menaruh bagian ini di dalam surat lamaran yang kamu buat. Bagian ini, sesuai dengan isinya, bertujuan untuk memberikan informasi kapan dan dari mana surat lamaran dikirimkan.

2. Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan

Tentunya setiap surat pasti memiliki penerima, begitu pula dengan surat lamaran pekerjaan yang perlu kamu cantumkan. Biasanya, bagian ini ditujukan untuk bagian HRD di sebuah perusahaan yang dituju.

Jika kamu sudah mendapatkan informasi mengenai penerima surat, pastikan kamu mencantumkan nama lengkapnya beserta nama perusahaannya. Jika belum, kamu bisa menuliskan “Kepada Yth. HRD PT ….”.

3. Alamat Lengkap Perusahaan

Alamat lengkap ini memiliki fungsi sebagai petunjuk langsung bagi penerima surat dari perusahaan yang dituju. Dengan mencantumkan alamat lengkap, sudah bisa dipastikan bahwa kamu tidak salah kirim surat lamaran pekerjaan tersebut.

4. Salam Pembuka

Jangan lupa untuk menyertakan salam pembuka terlebih dahulu dan tidak terburu-buru langsung menuju kata pengantar. Kamu bisa menyertakan salam pembuka seperti “Dengan Hormat” yang berfungsi sebagai pembuka percakapan yang sesuai sopan santun.

5. Kata Pengantar

Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan tersebut. Informasi yang kamu tuliskan pun harus jelas, misal dari media sosial, tuliskan juga nama akun media sosial yang menyebarkan informasi tersebut.

Dalam kata pengantar ini, pastikan kamu juga menuliskan posisi yang kamu inginkan bila perusahaan tersebut membuka banyak lowongan. Atau jika hanya membuka satu lowongan, pastikan kamu menekankan ketertarikan kamu untuk melamar di perusahaan dan posisi tersebut.

6. Biodata Pribadi

Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor yang dapat dihubungi, e-mail, dan juga pendidikan. Untuk menuliskan pendidikan, cukup cantumkan pendidikan tertinggi saja.

7. Pengalaman Kerja dan Kemampuan

Bagi yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja, kamu bisa mencantumkannya dalam surat lamaran untuk menjadi nilai tambahan. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, bisa juga mencantumkan pengalaman organisasi dan pengalaman magang yang pernah dilalui.

Selain pengalaman, pastikan kamu juga menuliskan kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.

8. Lampiran Surat Lamaran

Agar perusahaan semakin yakin, jangan lupa untuk melampirkan hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Pastikan kamu melampirkan pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi untuk membuat perusahaan semakin yakin dalam menerima kamu.

9. Penutup

Bagian penutup ini merupakan bagian dimana kamu harus menunjukkan keinginan yang besar untuk dapat diterima dalam perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan.

10. Salam Penutup

Serupa dengan salam pembuka, pastikan kamu menyertakan salam penutup yang sesuai dengan sopan santun seperti “Hormat Saya” untuk menutup surat lamaran. Bagian ini dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama lengkap kamu di bawahnya.
2. nama pelamar
- tempat,tanggal lahir,
- alamat
- pendidikan,
- pengalaman bekerja.
3. pada saat ujian praktek saya bisa dan mampu membuat surat lamaran pekerjaan
Unknown mengatakan…
Nama: Sultan Abdullah
Kls: XII IPS 1
Absen: 38

1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat

Layaknya menuliskan surat resmi lainnya, pastikan kamu menaruh bagian ini di dalam surat lamaran yang kamu buat. Bagian ini, sesuai dengan isinya, bertujuan untuk memberikan informasi kapan dan dari mana surat lamaran dikirimkan.

2. Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan

Tentunya setiap surat pasti memiliki penerima, begitu pula dengan surat lamaran pekerjaan yang perlu kamu cantumkan. Biasanya, bagian ini ditujukan untuk bagian HRD di sebuah perusahaan yang dituju.

Jika kamu sudah mendapatkan informasi mengenai penerima surat, pastikan kamu mencantumkan nama lengkapnya beserta nama perusahaannya. Jika belum, kamu bisa menuliskan “Kepada Yth. HRD PT ….”.

3. Alamat Lengkap Perusahaan

Alamat lengkap ini memiliki fungsi sebagai petunjuk langsung bagi penerima surat dari perusahaan yang dituju. Dengan mencantumkan alamat lengkap, sudah bisa dipastikan bahwa kamu tidak salah kirim surat lamaran pekerjaan tersebut.

4. Salam Pembuka

Jangan lupa untuk menyertakan salam pembuka terlebih dahulu dan tidak terburu-buru langsung menuju kata pengantar. Kamu bisa menyertakan salam pembuka seperti “Dengan Hormat” yang berfungsi sebagai pembuka percakapan yang sesuai sopan santun.

5. Kata Pengantar

Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan tersebut. Informasi yang kamu tuliskan pun harus jelas, misal dari media sosial, tuliskan juga nama akun media sosial yang menyebarkan informasi tersebut.

Dalam kata pengantar ini, pastikan kamu juga menuliskan posisi yang kamu inginkan bila perusahaan tersebut membuka banyak lowongan. Atau jika hanya membuka satu lowongan, pastikan kamu menekankan ketertarikan kamu untuk melamar di perusahaan dan posisi tersebut.

6. Biodata Pribadi

Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor yang dapat dihubungi, e-mail, dan juga pendidikan. Untuk menuliskan pendidikan, cukup cantumkan pendidikan tertinggi saja.

7. Pengalaman Kerja dan Kemampuan

Bagi yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja, kamu bisa mencantumkannya dalam surat lamaran untuk menjadi nilai tambahan. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, bisa juga mencantumkan pengalaman organisasi dan pengalaman magang yang pernah dilalui.

Selain pengalaman, pastikan kamu juga menuliskan kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.

8. Lampiran Surat Lamaran

Agar perusahaan semakin yakin, jangan lupa untuk melampirkan hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Pastikan kamu melampirkan pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi untuk membuat perusahaan semakin yakin dalam menerima kamu.

9. Penutup

Bagian penutup ini merupakan bagian dimana kamu harus menunjukkan keinginan yang besar untuk dapat diterima dalam perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan.

10. Salam Penutup

Serupa dengan salam pembuka, pastikan kamu menyertakan salam penutup yang sesuai dengan sopan santun seperti “Hormat Saya” untuk menutup surat lamaran. Bagian ini dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama lengkap kamu di bawahnya.


(2). - nama pelamar
- tempat,tanggal lahir,
- alamat
- pendidikan,
- pengalaman bekerja.
NATHANIA ZAHRANI mengatakan…
Nama : NATHANIA ZAHRANI
Kelas : XII IPS 1
Absen : 29

(1). Berikut adalah langkah-langkah menulis surat lamaran pekerjaan:

1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat

Layaknya menuliskan surat resmi lainnya, pastikan kamu menaruh bagian ini di dalam surat lamaran yang kamu buat. Bagian ini, sesuai dengan isinya, bertujuan untuk memberikan informasi kapan dan dari mana surat lamaran dikirimkan.

2. Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan

Tentunya setiap surat pasti memiliki penerima, begitu pula dengan surat lamaran pekerjaan yang perlu kamu cantumkan. Biasanya, bagian ini ditujukan untuk bagian HRD di sebuah perusahaan yang dituju.

Jika kamu sudah mendapatkan informasi mengenai penerima surat, pastikan kamu mencantumkan nama lengkapnya beserta nama perusahaannya. Jika belum, kamu bisa menuliskan “Kepada Yth. HRD PT ….”.

3. Alamat Lengkap Perusahaan

Alamat lengkap ini memiliki fungsi sebagai petunjuk langsung bagi penerima surat dari perusahaan yang dituju. Dengan mencantumkan alamat lengkap, sudah bisa dipastikan bahwa kamu tidak salah kirim surat lamaran pekerjaan tersebut.

4. Salam Pembuka

Jangan lupa untuk menyertakan salam pembuka terlebih dahulu dan tidak terburu-buru langsung menuju kata pengantar. Kamu bisa menyertakan salam pembuka seperti “Dengan Hormat” yang berfungsi sebagai pembuka percakapan yang sesuai sopan santun.

5. Kata Pengantar

Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan tersebut. Informasi yang kamu tuliskan pun harus jelas, misal dari media sosial, tuliskan juga nama akun media sosial yang menyebarkan informasi tersebut.

Dalam kata pengantar ini, pastikan kamu juga menuliskan posisi yang kamu inginkan bila perusahaan tersebut membuka banyak lowongan. Atau jika hanya membuka satu lowongan, pastikan kamu menekankan ketertarikan kamu untuk melamar di perusahaan dan posisi tersebut.

6. Biodata Pribadi

Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor yang dapat dihubungi, e-mail, dan juga pendidikan. Untuk menuliskan pendidikan, cukup cantumkan pendidikan tertinggi saja.

7. Pengalaman Kerja dan Kemampuan

Bagi yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja, kamu bisa mencantumkannya dalam surat lamaran untuk menjadi nilai tambahan. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, bisa juga mencantumkan pengalaman organisasi dan pengalaman magang yang pernah dilalui.

Selain pengalaman, pastikan kamu juga menuliskan kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.

8. Lampiran Surat Lamaran

Agar perusahaan semakin yakin, jangan lupa untuk melampirkan hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Pastikan kamu melampirkan pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi untuk membuat perusahaan semakin yakin dalam menerima kamu.

9. Penutup

Bagian penutup ini merupakan bagian dimana kamu harus menunjukkan keinginan yang besar untuk dapat diterima dalam perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan.

10. Salam Penutup

Serupa dengan salam pembuka, pastikan kamu menyertakan salam penutup yang sesuai dengan sopan santun seperti “Hormat Saya” untuk menutup surat lamaran. Bagian ini dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama lengkap kamu di bawahnya.


(2). - nama pelamar
- tempat,tanggal lahir,
- alamat
- pendidikan,
- pengalaman bekerja.


(3). Ya, Mampu
Anonim mengatakan…
Nama : Fathiah Junita Zahra
Kelas / Absen : 12 IPS 1 / 14

1.- Tempat dan tanggal penulisan surat.
- Kepada Yth. nama orang beserta gelar dan jabatannya atau perusahaan yang dituju.
- Alamat lengkap perusahaan juga tidak boleh dilewatkan.
- Salam pembuka
- Kata pengantar/pembukaan
- Biodata pribadi
- Pengalaman kerja dan kemampuan Anda
- Penutup
- Lampiran surat lamaran kerja
- Hormat saya, (Tanda tangan dan nama lengkap Anda)

2. identitas pelamar terdapat pada bagian isi. Terdiri atas nama pelamar, tempat, tanggal lahir, alamat, pendidikan, dan pengalaman bekerja.

3. Iya saya mampu, setelah mempelajari struktur surat lamaran pekerjaan
rifqah astiawati azmi mengatakan…
NAMA : RIFQAH ASTIAWATI AZMI
KELAS : 12 IPS 1

1. 10 langkah membuat surat lamaran pekerjaan
- Tempat dan tanggal penulisan surat
- Kepada Yth. nama orang beserta gelar dan jabatannya atau perusahaan yang dituju
- Alamat lengkap perusahaan
- Salam pembuka
- Kata pengantar/pembukaan
- Biodata pribadi
- Pengalaman kerja dan kemampuan
- Penutup
- Lampiran surat lamaran kerja
- Hormat saya, (Tanda tangan dan nama lengkap)

2. Identitas pelamar meliputi :
a. Nama
b. Alamat
c. Usia
d. Tempat dan tanggal lahir
e. Pendidikan

3. Iya, mampu
Thierry Ezra mengatakan…
Nama: Thierry Ezra Adrinaro
Kelas: XII IPS 1

1.)
1. Tempat dan tanggal penulisan surat.
2. Kepada Yth. nama orang beserta gelar dan jabatannya atau perusahaan yang dituju.
3. Alamat lengkap perusahaan juga tidak boleh dilewatkan.
4. Salam pembuka
5. Kata pengantar/pembukaan
6. Biodata pribadi
7. Pengalaman kerja dan kemampuan Anda
8. Penutup
9. Lampiran surat lamaran kerja
10. Hormat saya, (Tanda tangan dan nama lengkap)

2.) Terdapat 5 Identitas pelamar yaitu:
- Nama Pelamar
- Tempat dan Tanggal Lahir
- Alamat
- Pendidikan
- Pengalaman Bekerja

3.) Insya Allah
Nama: Lukni Maulana Ihan
Kelas: XII IPS 1
Absen: 21

pendidikan tertinggi saja.

7. Pengalaman Kerja dan Kemampuan

Bagi yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja, kamu bisa mencantumkannya dalam surat lamaran untuk menjadi nilai tambahan. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, bisa juga mencantumkan pengalaman organisasi dan pengalaman magang yang pernah dilalui.

Selain pengalaman, pastikan kamu juga menuliskan kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.

8. Lampiran Surat Lamaran

Agar perusahaan semakin yakin, jangan lupa untuk melampirkan hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Pastikan kamu melampirkan pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi untuk membuat perusahaan semakin yakin dalam menerima kamu.

9. Penutup

Bagian penutup ini merupakan bagian dimana kamu harus menunjukkan keinginan yang besar untuk dapat diterima dalam perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan.

10. Salam Penutup

Serupa dengan salam pembuka, pastikan kamu menyertakan salam penutup yang sesuai dengan sopan santun seperti “Hormat Saya” untuk menutup surat lamaran. Bagian ini dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama lengkap kamu di bawahnya.


(2). - nama pelamar
- tempat,tanggal lahir,
- alamat
- pendidikan,
- pengalaman bekerja.


(3). Ya, Mampu
Nama: Lukni Maulana Ihan
Kelas: XII IPS 1
Absen: 21

1. 10 langkah membuat surat lamaran pekerjaan
- Tempat dan tanggal penulisan surat
- Kepada Yth. nama orang beserta gelar dan jabatannya atau perusahaan yang dituju
- Alamat lengkap perusahaan
- Salam pembuka
- Kata pengantar/pembukaan
- Biodata pribadi
- Pengalaman kerja dan kemampuan
- Penutup
- Lampiran surat lamaran kerja
- Hormat saya, (Tanda tangan dan nama lengkap)

2. Identitas pelamar meliputi :
a. Nama
b. Alamat
c. Usia
d. Tempat dan tanggal lahir
e. Pendidikan

3. Iya, mampu
Unknown mengatakan…
Nama:m.farrelardan.f
Kelas:12 ips 1
Absen:24




(1). Berikut adalah langkah-langkah menulis surat lamaran pekerjaan:

1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat

Layaknya menuliskan surat resmi lainnya, pastikan kamu menaruh bagian ini di dalam surat lamaran yang kamu buat. Bagian ini, sesuai dengan isinya, bertujuan untuk memberikan informasi kapan dan dari mana surat lamaran dikirimkan.

2. Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan

Tentunya setiap surat pasti memiliki penerima, begitu pula dengan surat lamaran pekerjaan yang perlu kamu cantumkan. Biasanya, bagian ini ditujukan untuk bagian HRD di sebuah perusahaan yang dituju.

Jika kamu sudah mendapatkan informasi mengenai penerima surat, pastikan kamu mencantumkan nama lengkapnya beserta nama perusahaannya. Jika belum, kamu bisa menuliskan “Kepada Yth. HRD PT ….”.

3. Alamat Lengkap Perusahaan

Alamat lengkap ini memiliki fungsi sebagai petunjuk langsung bagi penerima surat dari perusahaan yang dituju. Dengan mencantumkan alamat lengkap, sudah bisa dipastikan bahwa kamu tidak salah kirim surat lamaran pekerjaan tersebut.

4. Salam Pembuka

Jangan lupa untuk menyertakan salam pembuka terlebih dahulu dan tidak terburu-buru langsung menuju kata pengantar. Kamu bisa menyertakan salam pembuka seperti “Dengan Hormat” yang berfungsi sebagai pembuka percakapan yang sesuai sopan santun.

5. Kata Pengantar

Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan tersebut. Informasi yang kamu tuliskan pun harus jelas, misal dari media sosial, tuliskan juga nama akun media sosial yang menyebarkan informasi tersebut.

Dalam kata pengantar ini, pastikan kamu juga menuliskan posisi yang kamu inginkan bila perusahaan tersebut membuka banyak lowongan. Atau jika hanya membuka satu lowongan, pastikan kamu menekankan ketertarikan kamu untuk melamar di perusahaan dan posisi tersebut.

6. Biodata Pribadi

Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor yang dapat dihubungi, e-mail, dan juga pendidikan. Untuk menuliskan pendidikan, cukup cantumkan pendidikan tertinggi saja.

7. Pengalaman Kerja dan Kemampuan

Bagi yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja, kamu bisa mencantumkannya dalam surat lamaran untuk menjadi nilai tambahan. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, bisa juga mencantumkan pengalaman organisasi dan pengalaman magang yang pernah dilalui.

Selain pengalaman, pastikan kamu juga menuliskan kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.

8. Lampiran Surat Lamaran

Agar perusahaan semakin yakin, jangan lupa untuk melampirkan hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Pastikan kamu melampirkan pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi untuk membuat perusahaan semakin yakin dalam menerima kamu.

9. Penutup

Bagian penutup ini merupakan bagian dimana kamu harus menunjukkan keinginan yang besar untuk dapat diterima dalam perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan.

10. Salam Penutup

Serupa dengan salam pembuka, pastikan kamu menyertakan salam penutup yang sesuai dengan sopan santun seperti “Hormat Saya” untuk menutup surat lamaran. Bagian ini dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama lengkap kamu di bawahnya.


(2). - nama pelamar
- tempat,tanggal lahir,
- alamat
- pendidikan,
- pengalaman bekerja.


(3). Ya, Mampu
Tiara Ramandani mengatakan…
Nama : Tiara Ramandani
Kelas : XII IPS 1
No Absen : 40


(1). Berikut adalah langkah-langkah menulis surat lamaran pekerjaan:

1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat

Layaknya menuliskan surat resmi lainnya, pastikan kamu menaruh bagian ini di dalam surat lamaran yang kamu buat. Bagian ini, sesuai dengan isinya, bertujuan untuk memberikan informasi kapan dan dari mana surat lamaran dikirimkan.

2. Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan

Tentunya setiap surat pasti memiliki penerima, begitu pula dengan surat lamaran pekerjaan yang perlu kamu cantumkan. Biasanya, bagian ini ditujukan untuk bagian HRD di sebuah perusahaan yang dituju.

Jika kamu sudah mendapatkan informasi mengenai penerima surat, pastikan kamu mencantumkan nama lengkapnya beserta nama perusahaannya. Jika belum, kamu bisa menuliskan “Kepada Yth. HRD PT ….”.

3. Alamat Lengkap Perusahaan

Alamat lengkap ini memiliki fungsi sebagai petunjuk langsung bagi penerima surat dari perusahaan yang dituju. Dengan mencantumkan alamat lengkap, sudah bisa dipastikan bahwa kamu tidak salah kirim surat lamaran pekerjaan tersebut.

4. Salam Pembuka

Jangan lupa untuk menyertakan salam pembuka terlebih dahulu dan tidak terburu-buru langsung menuju kata pengantar. Kamu bisa menyertakan salam pembuka seperti “Dengan Hormat” yang berfungsi sebagai pembuka percakapan yang sesuai sopan santun.

5. Kata Pengantar

Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan tersebut. Informasi yang kamu tuliskan pun harus jelas, misal dari media sosial, tuliskan juga nama akun media sosial yang menyebarkan informasi tersebut.

Dalam kata pengantar ini, pastikan kamu juga menuliskan posisi yang kamu inginkan bila perusahaan tersebut membuka banyak lowongan. Atau jika hanya membuka satu lowongan, pastikan kamu menekankan ketertarikan kamu untuk melamar di perusahaan dan posisi tersebut.

6. Biodata Pribadi

Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor yang dapat dihubungi, e-mail, dan juga pendidikan. Untuk menuliskan pendidikan, cukup cantumkan pendidikan tertinggi saja.

7. Pengalaman Kerja dan Kemampuan

Bagi yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja, kamu bisa mencantumkannya dalam surat lamaran untuk menjadi nilai tambahan. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, bisa juga mencantumkan pengalaman organisasi dan pengalaman magang yang pernah dilalui.

Selain pengalaman, pastikan kamu juga menuliskan kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.

8. Lampiran Surat Lamaran

Agar perusahaan semakin yakin, jangan lupa untuk melampirkan hal-hal yang fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi untuk membuat perusahaan semakin yakin dalam menerima kamu.

9. Penutup

Bagian penutup ini merupakan bagian dimana kamu harus menunjukkan keinginan yang besar untuk dapat diterima dalam perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan.

10. Salam Penutup

Serupa dengan salam pembuka, pastikan kamu menyertakan salam penutup yang sesuai dengan sopan santun seperti “Hormat Saya” untuk menutup surat lamaran. Bagian ini dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama lengkap kamu di bawahnya.


(2). - nama pelamar
- tempat,tanggal lahir,
- alamat
- pendidikan,
- pengalaman bekerja.


(3). Ya, Mampu
Tiara Ramandani mengatakan…
Nama : Siti Aisyah
Kelas : XII IPS 1
No Absen : 37

1. 10 langkah membuat surat lamaran pekerjaan
- Tempat dan tanggal penulisan surat
- Kepada Yth. nama orang beserta gelar dan jabatannya atau perusahaan yang dituju
- Alamat lengkap perusahaan
- Salam pembuka
- Kata pengantar/pembukaan
- Biodata pribadi
- Pengalaman kerja dan kemampuan
- Penutup
- Lampiran surat lamaran kerja
- Hormat saya, (Tanda tangan dan nama lengkap)

2. Identitas pelamar meliputi :
a. Nama
b. Alamat
c. Usia
d. Tempat dan tanggal lahir
e. Pendidikan

3. Iya, mampu
Anonim mengatakan…
Nama:Ali Dylan Ramadhan
Kelas : XII IPS 1

1.)
1. Tempat dan tanggal penulisan surat.
2. Kepada Yth. nama orang beserta gelar dan jabatannya atau perusahaan yang dituju.
3. Alamat lengkap perusahaan juga tidak boleh dilewatkan.
4. Salam pembuka
5. Kata pengantar/pembukaan
6. Biodata pribadi
7. Pengalaman kerja dan kemampuan Anda
8. Penutup
9. Lampiran surat lamaran kerja
10. Hormat saya, (Tanda tangan dan nama lengkap Anda)

2.) ada 5 Identitas pelamar yaitu:
-Nama pelamar
-Tempat dan tanggal lahir
-Alamat
-Pendidikan
-Pengalaman bekerja

3.) Mampu
Nadya Oktaviani mengatakan…
Nama : Nadya Oktaviani
Kelas : XII IPS 1
Absen : 27

(1). Berikut adalah langkah-langkah menulis surat lamaran pekerjaan:

1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat

Layaknya menuliskan surat resmi lainnya, pastikan kamu menaruh bagian ini di dalam surat lamaran yang kamu buat. Bagian ini, sesuai dengan isinya, bertujuan untuk memberikan informasi kapan dan dari mana surat lamaran dikirimkan.

2. Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan

Tentunya setiap surat pasti memiliki penerima, begitu pula dengan surat lamaran pekerjaan yang perlu kamu cantumkan. Biasanya, bagian ini ditujukan untuk bagian HRD di sebuah perusahaan yang dituju.

Jika kamu sudah mendapatkan informasi mengenai penerima surat, pastikan kamu mencantumkan nama lengkapnya beserta nama perusahaannya. Jika belum, kamu bisa menuliskan “Kepada Yth. HRD PT ….”.

3. Alamat Lengkap Perusahaan

Alamat lengkap ini memiliki fungsi sebagai petunjuk langsung bagi penerima surat dari perusahaan yang dituju. Dengan mencantumkan alamat lengkap, sudah bisa dipastikan bahwa kamu tidak salah kirim surat lamaran pekerjaan tersebut.

4. Salam Pembuka

Jangan lupa untuk menyertakan salam pembuka terlebih dahulu dan tidak terburu-buru langsung menuju kata pengantar. Kamu bisa menyertakan salam pembuka seperti “Dengan Hormat” yang berfungsi sebagai pembuka percakapan yang sesuai sopan santun.

5. Kata Pengantar

Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan tersebut. Informasi yang kamu tuliskan pun harus jelas, misal dari media sosial, tuliskan juga nama akun media sosial yang menyebarkan informasi tersebut.

Dalam kata pengantar ini, pastikan kamu juga menuliskan posisi yang kamu inginkan bila perusahaan tersebut membuka banyak lowongan. Atau jika hanya membuka satu lowongan, pastikan kamu menekankan ketertarikan kamu untuk melamar di perusahaan dan posisi tersebut.

6. Biodata Pribadi

Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor yang dapat dihubungi, e-mail, dan juga pendidikan. Untuk menuliskan pendidikan, cukup cantumkan pendidikan tertinggi saja.

7. Pengalaman Kerja dan Kemampuan

Bagi yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja, kamu bisa mencantumkannya dalam surat lamaran untuk menjadi nilai tambahan. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, bisa juga mencantumkan pengalaman organisasi dan pengalaman magang yang pernah dilalui.

Selain pengalaman, pastikan kamu juga menuliskan kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.

8. Lampiran Surat Lamaran

Agar perusahaan semakin yakin, jangan lupa untuk melampirkan hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Pastikan kamu melampirkan pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi untuk membuat perusahaan semakin yakin dalam menerima kamu.

9. Penutup

Bagian penutup ini merupakan bagian dimana kamu harus menunjukkan keinginan yang besar untuk dapat diterima dalam perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan.

10. Salam Penutup

Serupa dengan salam pembuka, pastikan kamu menyertakan salam penutup yang sesuai dengan sopan santun seperti “Hormat Saya” untuk menutup surat lamaran. Bagian ini dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama lengkap kamu di bawahnya.
Unknown mengatakan…
Nama: Muhammad Tsaqib Adzhini
Kelas: 12 IPS 1
Absensi:26

1. Berikut adalah langkah-langkah menulis surat lamaran pekerjaan:

1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat

Layaknya menuliskan surat resmi lainnya, pastikan kamu menaruh bagian ini di dalam surat lamaran yang kamu buat. Bagian ini, sesuai dengan isinya, bertujuan untuk memberikan informasi kapan dan dari mana surat lamaran dikirimkan.

2. Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan

Tentunya setiap surat pasti memiliki penerima, begitu pula dengan surat lamaran pekerjaan yang perlu kamu cantumkan. Biasanya, bagian ini ditujukan untuk bagian HRD di sebuah perusahaan yang dituju.

Jika kamu sudah mendapatkan informasi mengenai penerima surat, pastikan kamu mencantumkan nama lengkapnya beserta nama perusahaannya. Jika belum, kamu bisa menuliskan “Kepada Yth. HRD PT ….”.

3. Alamat Lengkap Perusahaan

Alamat lengkap ini memiliki fungsi sebagai petunjuk langsung bagi penerima surat dari perusahaan yang dituju. Dengan mencantumkan alamat lengkap, sudah bisa dipastikan bahwa kamu tidak salah kirim surat lamaran pekerjaan tersebut.

4. Salam Pembuka

Jangan lupa untuk menyertakan salam pembuka terlebih dahulu dan tidak terburu-buru langsung menuju kata pengantar. Kamu bisa menyertakan salam pembuka seperti “Dengan Hormat” yang berfungsi sebagai pembuka percakapan yang sesuai sopan santun.

5. Kata Pengantar

Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan tersebut. Informasi yang kamu tuliskan pun harus jelas, misal dari media sosial, tuliskan juga nama akun media sosial yang menyebarkan informasi tersebut.

Dalam kata pengantar ini, pastikan kamu juga menuliskan posisi yang kamu inginkan bila perusahaan tersebut membuka banyak lowongan. Atau jika hanya membuka satu lowongan, pastikan kamu menekankan ketertarikan kamu untuk melamar di perusahaan dan posisi tersebut.

6. Biodata Pribadi

Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor yang dapat dihubungi, e-mail, dan juga pendidikan. Untuk menuliskan pendidikan, cukup cantumkan pendidikan tertinggi saja.

7. Pengalaman Kerja dan Kemampuan

Bagi yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja, kamu bisa mencantumkannya dalam surat lamaran untuk menjadi nilai tambahan. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, bisa juga mencantumkan pengalaman organisasi dan pengalaman magang yang pernah dilalui.

Selain pengalaman, pastikan kamu juga menuliskan kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.

8. Lampiran Surat Lamaran

Agar perusahaan semakin yakin, jangan lupa untuk melampirkan hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Pastikan kamu melampirkan pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi untuk membuat perusahaan semakin yakin dalam menerima kamu.

9. Penutup

Bagian penutup ini merupakan bagian dimana kamu harus menunjukkan keinginan yang besar untuk dapat diterima dalam perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan.

10. Salam Penutup

Serupa dengan salam pembuka, pastikan kamu menyertakan salam penutup yang sesuai dengan sopan santun seperti “Hormat Saya” untuk menutup surat lamaran. Bagian ini dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama lengkap kamu di bawahnya.
2. nama pelamar
- tempat,tanggal lahir,
- alamat
- pendidikan,
- pengalaman bekerja.
3. pada saat ujian praktek saya bisa dan mampu membuat surat lamaran pekerjaan
Unknown mengatakan…
Nama:abdilah Nur hakim
Kelas:Xll IPS 1
Absen :1

(1). Berikut adalah langkah-langkah menulis surat lamaran pekerjaan:

1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat

Layaknya menuliskan surat resmi lainnya, pastikan kamu menaruh bagian ini di dalam surat lamaran yang kamu buat. Bagian ini, sesuai dengan isinya, bertujuan untuk memberikan informasi kapan dan dari mana surat lamaran dikirimkan.

2. Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan

Tentunya setiap surat pasti memiliki penerima, begitu pula dengan surat lamaran pekerjaan yang perlu kamu cantumkan. Biasanya, bagian ini ditujukan untuk bagian HRD di sebuah perusahaan yang dituju.

Jika kamu sudah mendapatkan informasi mengenai penerima surat, pastikan kamu mencantumkan nama lengkapnya beserta nama perusahaannya. Jika belum, kamu bisa menuliskan “Kepada Yth. HRD PT ….”.

3. Alamat Lengkap Perusahaan

Alamat lengkap ini memiliki fungsi sebagai petunjuk langsung bagi penerima surat dari perusahaan yang dituju. Dengan mencantumkan alamat lengkap, sudah bisa dipastikan bahwa kamu tidak salah kirim surat lamaran pekerjaan tersebut.

4. Salam Pembuka

Jangan lupa untuk menyertakan salam pembuka terlebih dahulu dan tidak terburu-buru langsung menuju kata pengantar. Kamu bisa menyertakan salam pembuka seperti “Dengan Hormat” yang berfungsi sebagai pembuka percakapan yang sesuai sopan santun.

5. Kata Pengantar

Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan tersebut. Informasi yang kamu tuliskan pun harus jelas, misal dari media sosial, tuliskan juga nama akun media sosial yang menyebarkan informasi tersebut.

Dalam kata pengantar ini, pastikan kamu juga menuliskan posisi yang kamu inginkan bila perusahaan tersebut membuka banyak lowongan. Atau jika hanya membuka satu lowongan, pastikan kamu menekankan ketertarikan kamu untuk melamar di perusahaan dan posisi tersebut.

6. Biodata Pribadi

Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor yang dapat dihubungi, e-mail, dan juga pendidikan. Untuk menuliskan pendidikan, cukup cantumkan pendidikan tertinggi saja.

7. Pengalaman Kerja dan Kemampuan

Bagi yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja, kamu bisa mencantumkannya dalam surat lamaran untuk menjadi nilai tambahan. Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, bisa juga mencantumkan pengalaman organisasi dan pengalaman magang yang pernah dilalui.

Selain pengalaman, pastikan kamu juga menuliskan kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.

8. Lampiran Surat Lamaran

Agar perusahaan semakin yakin, jangan lupa untuk melampirkan hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Pastikan kamu melampirkan pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi untuk membuat perusahaan semakin yakin dalam menerima kamu.

9. Penutup

Bagian penutup ini merupakan bagian dimana kamu harus menunjukkan keinginan yang besar untuk dapat diterima dalam perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan.

10. Salam Penutup

Serupa dengan salam pembuka, pastikan kamu menyertakan salam penutup yang sesuai dengan sopan santun seperti “Hormat Saya” untuk menutup surat lamaran. Bagian ini dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama lengkap kamu di bawahnya.


(2). - nama pelamar
- tempat,tanggal lahir,
- alamat
- pendidikan,
- pengalaman bekerja.

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS CERPEN TUKANG PIJIT KELILING

SOAL UTS 2015-2016

MENENTUKAN ISI PUISI, "TUHAN TELAH MENEGURMU"