ANALISIS CERPEN TUKANG PIJIT KELILING
CERPEN TUKANG PIJIT KELILING Semua dikerjakan di Posting Komentar Jawablah untuk melatih pemahaman mengenai cerpen : Judul cerpen : Tukang Pijat Keliling Penulis : Sulung Pamangku Diterbitkan di surat kabar Kompas 1. Jelaskan unsur intrinsik, dan berikan contoh dari unsur intrinsik : · Apakah yang disebut tema ? Apakah tema cerpen Tukang Pijit Keliling tersebut! · Apakah yang disebut alur ? Bagaimana alur cerpen Tukang Pijit Keliling tersebut? · Apa yang disebut penokohan, Bagaimana peneokohan Tukang Pijit Keliling ? · Apakah latar itu ? Jelaskan latar cerpen Tukang Pijit Keliling tersebut! · Apa yang disebut sudut pandang ? Ber...
Komentar
Kelas : 12 MIPA 3
Menganalisis isi video dengan mengomentari tiap pembahasan soal:
1. Kalimat kritik tersebut sesuai dengan kutipan karena penyajian kondisi tokoh kurang logis, (Maria) mengidap TBC yang baru diketahui dalam keadaan parah. Kalimat tersebut termasuk kalimat kritik karena berisi kritikan yang yang sesuai dengan isi cerita dan dilengkapi alasan yang logis.
2. Kalimat kritik positif yang sesuai dengan isi teks adalah ada gambaran seseorang yang ingin keluar dari masalah dalam puisi "Ketika Sendiri" sangat hidup dengan penyajian majas dan kata berlambang yang tepat.
3. Pada kutipan video di atas telah diuraikan secara tersurat tentang permasalah yang dihadapi di sekolah terkait pembelajaran sastra. Oleh karena itu, simpulan bacaan tersebut adalah pembelajaran sastra di sekolah bermasalah.
4. Masalah yang terdapat dalam kutipan esai tersebut dalam video adalah “Makna dan kedudukan orang yang tergolong Priyayi.”
Kelas : XII MIPA 3
Absen : 38
Menganalisis isi video dengan mengomentari tiap pembahasan soal:
1. Kalimat kritik tersebut sesuai dengan kutipan karena penyajian kondisi tokoh kurang logis, (Maria) mengidap TBC yang baru diketahui dalam keadaan parah. Kalimat tersebut termasuk kalimat kritik karena berisi kritikan yang yang sesuai dengan isi cerita dan dilengkapi alasan yang logis.
2. Kalimat kritik positif yang sesuai dengan isi teks adalah ada gambaran seseorang yang ingin keluar dari masalah dalam puisi "Ketika Sendiri" sangat hidup dengan penyajian majas dan kata berlambang yang tepat.
3. Pada kutipan video di atas telah diuraikan secara tersurat tentang permasalah yang dihadapi di sekolah terkait pembelajaran sastra. Oleh karena itu, simpulan bacaan tersebut adalah pembelajaran sastra di sekolah bermasalah.
4. Masalah yang terdapat dalam kutipan esai tersebut dalam video adalah “Makna dan kedudukan orang yang tergolong Priyayi.”
Kelas : 12 MIPA 3
1. Analisis pada soal no.1 adalah kalimat kritik yang sesuai dengan kutipan tersebut adalah opsi (A. penyajian kondisi tokoh kurang logis, (Maria) mengidap TBC yang baru diketahui dalam keadaan parah). Kalimat tersebut termasuk kalimat kritik karena berisi kritikan yang yang sesuai dengan isi cerita dan dilengkapi alasan yang logis.
2. Analisis pada soal no.2 adalah kalimat kritik positif yang sesuai dengan puisi diatas adalah opsi (E. Gambaran seseorang yang ingin keluar dari masalah dalam puisi “Ketika Sendiri” sangat hidup dengan penyajian majas dan kata berlambang yang tepat). Kalimat tersebut termasuk kritik yang positif karena berisi kritikan yang menggambarkan kelebihan dari puisi tersebut.
3. Analisis pada soal no.3 adalah simpulan paragraf tersebut adalah (D. Pembelajaran sastra di sekolah bermasalah). Pada kutipan esai tersebut telah diuraikan secara tersurat tentang permasalah yang dihadapi di sekolah terkait pembelajaran sastra.
4. Analisis pada soal no.4 adalah masalah yang diungkapkan dalam kutipan esai tersebut adalah (C. Makna dan kedudukan orang yang tergolong priyayi). Kutipan esai tersebut memaparkan mengenai novel Para Priyayi yang mengupas tentang priyayi, apa dan siapa, serta makna hidup priyayi sehingga permasalahan yang diungkapkan dalam kutipan esai tersebut adalah “Makna dan kedudukan orang yang tergolong priyayi”.
Kelas: 12 IPA 3
Menganalisis isi video dengan mengomentari tiap pembahasan soal:
1. Kalimat kritik tersebut sesuai dengan kutipan karena penyajian kondisi tokoh kurang logis, (Maria) mengidap TBC yang baru diketahui dalam keadaan parah. Kalimat tersebut termasuk kalimat kritik karena berisi kritikan yang yang sesuai dengan isi cerita dan dilengkapi alasan yang logis.
2. Kalimat kritik positif yang sesuai dengan isi teks adalah ada gambaran seseorang yang ingin keluar dari masalah dalam puisi "Ketika Sendiri" sangat hidup dengan penyajian majas dan kata berlambang yang tepat.
3. Pada kutipan video di atas telah diuraikan secara tersurat tentang permasalah yang dihadapi di sekolah terkait pembelajaran sastra. Oleh karena itu, simpulan bacaan tersebut adalah pembelajaran sastra di sekolah bermasalah.
4. Masalah yang terdapat dalam kutipan esai tersebut dalam video adalah “Makna dan kedudukan orang yang tergolong Priyayi.”
Kelas : 12 MIPA 3
Menganalisis isi video dengan mengomentari tiap pembahasan soal:
1. Kalimat kritik tersebut sesuai dengan kutipan karena penyajian kondisi tokoh kurang logis, (Maria) mengidap TBC yang baru diketahui dalam keadaan parah. Kalimat tersebut termasuk kalimat kritik karena berisi kritikan yang yang sesuai dengan isi cerita dan dilengkapi alasan yang logis.
2. Kalimat kritik positif yang sesuai dengan isi teks adalah ada gambaran seseorang yang ingin keluar dari masalah dalam puisi "Ketika Sendiri" sangat hidup dengan penyajian majas dan kata berlambang yang tepat.
3. Pada kutipan video di atas telah diuraikan secara tersurat tentang permasalah yang dihadapi di sekolah terkait pembelajaran sastra. Oleh karena itu, simpulan bacaan tersebut adalah pembelajaran sastra di sekolah bermasalah.
4. Masalah yang terdapat dalam kutipan esai tersebut dalam video adalah “Makna dan kedudukan orang yang tergolong Priyayi.”
Kelas: XII IPA 3
Menganalisis isi video dengan mengomentari tiap pembahasan soal:
1. Kalimat kritik tersebut sesuai dengan kutipan karena penyajian kondisi tokoh kurang logis, (Maria) mengidap TBC yang baru diketahui dalam keadaan parah. Kalimat tersebut termasuk kalimat kritik karena berisi kritikan yang yang sesuai dengan isi cerita dan dilengkapi alasan yang logis.
2. Kalimat kritik positif yang sesuai dengan isi teks adalah ada gambaran seseorang yang ingin keluar dari masalah dalam puisi "Ketika Sendiri" sangat hidup dengan penyajian majas dan kata berlambang yang tepat.
3. Pada kutipan video di atas telah diuraikan secara tersurat tentang permasalah yang dihadapi di sekolah terkait pembelajaran sastra. Oleh karena itu, simpulan bacaan tersebut adalah pembelajaran sastra di sekolah bermasalah.
4. Masalah yang terdapat dalam kutipan esai tersebut dalam video adalah “Makna dan kedudukan orang yang tergolong Priyayi.”
Kelas : XII MIPA 3
JAWABAN SAYA :
1. Analisis pada soal no.1 adalah kalimat kritik yang sesuai dengan kutipan tersebut adalah opsi (A. penyajian kondisi tokoh kurang logis, (Maria) mengidap TBC yang baru diketahui dalam keadaan parah). Kalimat tersebut termasuk kalimat kritik karena berisi kritikan yang yang sesuai dengan isi cerita dan dilengkapi alasan yang logis.
2. Analisis pada soal no.2 adalah kalimat kritik positif yang sesuai dengan puisi diatas adalah opsi (E. Gambaran seseorang yang ingin keluar dari masalah dalam puisi “Ketika Sendiri” sangat hidup dengan penyajian majas dan kata berlambang yang tepat). Kalimat tersebut termasuk kritik yang positif karena berisi kritikan yang menggambarkan kelebihan dari puisi tersebut.
3. Analisis pada soal no.3 adalah simpulan paragraf tersebut adalah (D. Pembelajaran sastra di sekolah bermasalah). Pada kutipan esai tersebut telah diuraikan secara tersurat tentang permasalah yang dihadapi di sekolah terkait pembelajaran sastra.
4. Analisis pada soal no.4 adalah masalah yang diungkapkan dalam kutipan esai tersebut adalah (C. Makna dan kedudukan orang yang tergolong priyayi). Kutipan esai tersebut memaparkan mengenai novel Para Priyayi yang mengupas tentang priyayi, apa dan siapa, serta makna hidup priyayi sehingga permasalahan yang diungkapkan dalam kutipan esai tersebut adalah “Makna dan kedudukan orang yang tergolong priyayi”.
Kelas : XII IPA 3
1. Pada soal nomor satu ditanyakan kalimat kritik (penilaian negatif) yang sesuai terhadap topik teks. Terdapat kalimat "tidak logis" : termasuk menilai negatif. Dan jawaban yang tepat adalah A.
2. Pada soal nomer dua ditanyakan kalimat kritik (penilaian positif) yang sesuai terhadap topik teks. Terdapat kalimat "mudah ditanggap" : termasuk penilaian positif. Dan jawabannya D.
3. Pada soal nomer tiga ditanyakan simpulan paragraf yang sesuai dengan teks essai. Terdapat beberapa kata kunci yang sesuai dengan teks ; pengajaran sastra dll. Dan jawabannya D.
4. Pada soal nomer empat ditanyakan masalah yang diungkap dalam kutipan esai. Terdapat beberapa kata kunci sebuah pertanyaan didalam esai mengenai priyayi. Dan jawabannya C.
Terima kasih.
XII IPA 2
36
1. Pada soal nomor satu ditanyakan kalimat kritik (penilaian negatif) yang sesuai terhadap topik teks. Terdapat kalimat "tidak logis" : termasuk menilai negatif. Dan jawaban yang tepat adalah A.
2. Pada soal nomer dua ditanyakan kalimat kritik (penilaian positif) yang sesuai terhadap topik teks. Terdapat kalimat "mudah ditanggap" : termasuk penilaian positif. Dan jawabannya D.
3. Pada soal nomer tiga ditanyakan simpulan paragraf yang sesuai dengan teks essai. Terdapat beberapa kata kunci yang sesuai dengan teks ; pengajaran sastra dll. Dan jawabannya D.
4. Pada soal nomer empat ditanyakan masalah yang diungkap dalam kutipan esai. Terdapat beberapa kata kunci sebuah pertanyaan didalam esai mengenai priyayi. Dan jawabannya C.
Terima kasih.
Kelas : 12 MIPA 3
Menganalisis isi video dengan mengomentari tiap pembahasan soal:
1. Kalimat kritik tersebut sesuai dengan kutipan karena penyajian kondisi tokoh kurang logis, (Maria) mengidap TBC yang baru diketahui dalam keadaan parah. Kalimat tersebut termasuk kalimat kritik karena berisi kritikan yang yang sesuai dengan isi cerita dan dilengkapi alasan yang logis.
2. Kalimat kritik positif yang sesuai dengan isi teks adalah ada gambaran seseorang yang ingin keluar dari masalah dalam puisi "Ketika Sendiri" sangat hidup dengan penyajian majas dan kata berlambang yang tepat.
3. Pada kutipan video di atas telah diuraikan secara tersurat tentang permasalah yang dihadapi di sekolah terkait pembelajaran sastra. Oleh karena itu, simpulan bacaan tersebut adalah pembelajaran sastra di sekolah bermasalah.
4. Masalah yang terdapat dalam kutipan esai tersebut dalam video adalah “Makna dan kedudukan orang yang tergolong Priyayi.”
12 MIPA 3
1. Pada soal nomor satu ditanyakan kalimat kritik (penilaian negatif) yang sesuai terhadap topik teks. Terdapat kalimat "tidak logis" : termasuk menilai negatif. Dan jawaban yang tepat adalah A.
2. Pada soal nomer dua ditanyakan kalimat kritik (penilaian positif) yang sesuai terhadap topik teks. Terdapat kalimat "mudah ditanggap" : termasuk penilaian positif. Dan jawabannya D.
3. Pada soal nomer tiga ditanyakan simpulan paragraf yang sesuai dengan teks essai. Terdapat beberapa kata kunci yang sesuai dengan teks ; pengajaran sastra dll. Dan jawabannya D.
4. Pada soal nomer empat ditanyakan masalah yang diungkap dalam kutipan esai. Terdapat beberapa kata kunci sebuah pertanyaan didalam esai mengenai priyayi. Dan jawabannya C.
Terima kasih.
Kelas: 12 IPA 3
No absen: 27
Menganalisis isi video dengan mengomentari tiap pembahasan soal:
1. Kalimat kritik tersebut sesuai dengan kutipan karena penyajian kondisi tokoh kurang logis, (Maria) mengidap TBC yang baru diketahui dalam keadaan parah. Kalimat tersebut termasuk kalimat kritik karena berisi kritikan yang yang sesuai dengan isi cerita dan dilengkapi alasan yang logis.
2. Kalimat kritik positif yang sesuai dengan isi teks adalah ada gambaran seseorang yang ingin keluar dari masalah dalam puisi "Ketika Sendiri" sangat hidup dengan penyajian majas dan kata berlambang yang tepat.
3. Pada kutipan video di atas telah diuraikan secara tersurat tentang permasalah yang dihadapi di sekolah terkait pembelajaran sastra. Oleh karena itu, simpulan bacaan tersebut adalah pembelajaran sastra di sekolah bermasalah.
4. Masalah yang terdapat dalam kutipan esai tersebut dalam video adalah “Makna dan kedudukan orang yang tergolong Priyayi.”
Kelas:XII MIPA 3
Absen:(06)
Menganalisis isi video dengan mengomentari tiap pembahasan soal:
1. Kalimat kritik tersebut sesuai dengan kutipan karena penyajian kondisi tokoh kurang logis, (Maria) mengidap TBC yang baru diketahui dalam keadaan parah. Kalimat tersebut termasuk kalimat kritik karena berisi kritikan yang yang sesuai dengan isi cerita dan dilengkapi alasan yang logis.
2. Kalimat kritik positif yang sesuai dengan isi teks adalah ada gambaran seseorang yang ingin keluar dari masalah dalam puisi "Ketika Sendiri" sangat hidup dengan penyajian majas dan kata berlambang yang tepat.
3. Pada kutipan video di atas telah diuraikan secara tersurat tentang permasalah yang dihadapi di sekolah terkait pembelajaran sastra. Oleh karena itu, simpulan bacaan tersebut adalah pembelajaran sastra di sekolah bermasalah.
4. Masalah yang terdapat dalam kutipan esai tersebut dalam video adalah “Makna dan kedudukan orang yang tergolong Priyayi.”
XII MIPA 3 / 24
Menganalisis isi video dengan mengomentari tiap pembahasan soal:
1. Kalimat kritik tersebut sesuai dengan kutipan karena penyajian kondisi tokoh kurang logis, (Maria) mengidap TBC yang baru diketahui dalam keadaan parah. Kalimat tersebut termasuk kalimat kritik karena berisi kritikan yang yang sesuai dengan isi cerita dan dilengkapi alasan yang logis.
2. Kalimat kritik positif yang sesuai dengan isi teks adalah ada gambaran seseorang yang ingin keluar dari masalah dalam puisi "Ketika Sendiri" sangat hidup dengan penyajian majas dan kata berlambang yang tepat.
3. Pada kutipan video di atas telah diuraikan secara tersurat tentang permasalah yang dihadapi di sekolah terkait pembelajaran sastra. Oleh karena itu, simpulan bacaan tersebut adalah pembelajaran sastra di sekolah bermasalah.
4. Masalah yang terdapat dalam kutipan esai tersebut dalam video adalah “Makna dan kedudukan orang yang tergolong Priyayi.”
Kelas : 12 IPA 3
Menganalisis isi video dengan mengomentari tiap pembahasan soal:
1. Kalimat kritik tersebut sesuai dengan kutipan karena penyajian kondisi tokoh kurang logis, (Maria) mengidap TBC yang baru diketahui dalam keadaan parah. Kalimat tersebut termasuk kalimat kritik karena berisi kritikan yang yang sesuai dengan isi cerita dan dilengkapi alasan yang logis.
2. Kalimat kritik positif yang sesuai dengan isi teks adalah ada gambaran seseorang yang ingin keluar dari masalah dalam puisi "Ketika Sendiri" sangat hidup dengan penyajian majas dan kata berlambang yang tepat.
3. Pada kutipan video di atas telah diuraikan secara tersurat tentang permasalah yang dihadapi di sekolah terkait pembelajaran sastra. Oleh karena itu, simpulan bacaan tersebut adalah pembelajaran sastra di sekolah bermasalah.
4. Masalah yang terdapat dalam kutipan esai tersebut dalam video adalah “Makna dan kedudukan orang yang tergolong Priyayi.”
Kelas : 12 MIPA 3
Menganalisis isi video dengan mengomentari tiap pembahasan soal:
1. Kalimat kritik tersebut sesuai dengan kutipan karena penyajian kondisi tokoh kurang logis, (Maria) mengidap TBC yang baru diketahui dalam keadaan parah. Kalimat tersebut termasuk kalimat kritik karena berisi kritikan yang yang sesuai dengan isi cerita dan dilengkapi alasan yang logis.
2. Kalimat kritik positif yang sesuai dengan isi teks adalah ada gambaran seseorang yang ingin keluar dari masalah dalam puisi "Ketika Sendiri" sangat hidup dengan penyajian majas dan kata berlambang yang tepat.
3. Pada kutipan video di atas telah diuraikan secara tersurat tentang permasalah yang dihadapi di sekolah terkait pembelajaran sastra. Oleh karena itu, simpulan bacaan tersebut adalah pembelajaran sastra di sekolah bermasalah.
4. Masalah yang terdapat dalam kutipan esai tersebut dalam video adalah “Makna dan kedudukan orang yang tergolong Priyayi.”
Kelas : 12 MIPA 3
Menganalisis isi video dengan mengomentari tiap pembahasan soal:
1. Kalimat kritik tersebut sesuai dengan kutipan karena penyajian kondisi tokoh kurang logis, (Maria) mengidap TBC yang baru diketahui dalam keadaan parah. Kalimat tersebut termasuk kalimat kritik karena berisi kritikan yang yang sesuai dengan isi cerita dan dilengkapi alasan yang logis.
2. Kalimat kritik positif yang sesuai dengan isi teks adalah ada gambaran seseorang yang ingin keluar dari masalah dalam puisi "Ketika Sendiri" sangat hidup dengan penyajian majas dan kata berlambang yang tepat.
3. Pada kutipan video di atas telah diuraikan secara tersurat tentang permasalah yang dihadapi di sekolah terkait pembelajaran sastra. Oleh karena itu, simpulan bacaan tersebut adalah pembelajaran sastra di sekolah bermasalah.
4. Masalah yang terdapat dalam kutipan esai tersebut dalam video adalah “Makna dan kedudukan orang yang tergolong Priyayi.”
Kelas:12 IPA 3
Menganalisis video dengan mengomentari tiap pembahasan soal:
1. Kalimat kritik tersebut sesuai dengan kutipan karena penyajian kondisi tokoh kurang logis, (Maria) mengidap TBC yang baru diketahui dalam keadaan parah. Kalimat tersebut termasuk kalimat kritik karena berisi kritikan yang yang sesuai dengan isi cerita dan dilengkapi alasan yang logis.
2. Kalimat kritik positif yang sesuai dengan isi teks adalah ada gambaran seseorang yang ingin keluar dari masalah dalam puisi "Ketika Sendiri" sangat hidup dengan penyajian majas dan kata berlambang yang tepat.
3. Pada kutipan video di atas telah diuraikan secara tersurat tentang permasalah yang dihadapi di sekolah terkait pembelajaran sastra. Oleh karena itu, simpulan bacaan tersebut adalah pembelajaran sastra di sekolah bermasalah.
4. Masalah yang terdapat dalam kutipan esai tersebut dalam video adalah “Makna dan kedudukan orang yang tergolong Priyayi.”
1. Kalimat kritik tersebut sesuai dengan kutipan karena penyajian kondisi tokoh kurang logis, (Maria) mengidap TBC yang baru diketahui dalam keadaan parah. Kalimat tersebut termasuk kalimat kritik karena berisi kritikan yang yang sesuai dengan isi cerita dan dilengkapi alasan yang logis
2. Kalimat kritik positif yang sesuai dengan isi teks adalah ada gambaran seseorang yang ingin keluar dari masalah dalam puisi "Ketika Sendiri" sangat hidup dengan penyajian majas dan kata berlambang yang tepat
3. Pada kutipan video di atas telah diuraikan secara tersurat tentang permasalah yang dihadapi di sekolah terkait pembelajaran sastra. Oleh karena itu, simpulan bacaan tersebut adalah pembelajaran sastra di sekolah bermasalah
4. Masalah yang terdapat dalam kutipan esai tersebut dalam video adalah “Makna dan kedudukan orang yang tergolong Priyayi.”