XII MIPA 3 PM. ASESMEN AKHIR TAHUN (AAT) SMT. VI

 SELASA, 14 FEBRUARI 2023

LINK : PM. AAT. SEMESTER VI

Jawab pertanyaan berikut!

1. Cantumkan nama dan nomor absen!

2. Lihat kisi-kisi AAT. ada 50 soal !

3. Buatkan satu soal uraian disertai jawaban berdasarkan nomor absen masing-

    masing!

4.     Jawaban langsung diposting di kolom komentar!

                                                           

Jakarta,  14 Februari 2023

Drs. Parmono, M.Pd.

Pengampu Bahasa Indonesia

Komentar

Zulfaa Dwi Jayanti mengatakan…
Nama : Zulfaa Dwi Jayanti
Kelas : XII MIPA 3
No. Absen : 39

1. Zulfaa Dwi Jayanti (39)
2. Indikator soal : Disajikan kutipan artikel, peserta didik dapat mengevaluasi informasi berupa fakta dalam kutipan teks berupa alasan.
3. Soal :
Tentukan kalimat fakta dalam kutipan teks berikut!
 
    Sistem perekonomian global dewasa 101 menghasilkan kondisi yang sangat memprihatinkan. Tercatat 2.153 miliarder dunia memiliki kekayaan lebih dari gabungan 4,6 miliar penduduk termiskin. Penduduk termiskin itu mencapai 60% populasi dunia yang total berjumlah 7,6 miliar orang. Laporan organisasi nirlaba Oxfam itu menyoroti ketimpangan yang lebih besar lagi dari sudut pandang gender. Tercatat 22 pria terkaya di dunia memiliki lebih banyak kekayaan daripada semua wanita di Afrika.
   Di saat yang sama, Perserikatan Bangsa Bangsa mengungkapkan hampir setengah miliar orang di seluruh dunia saat ini menganggur atau setengah menganggur dan mewakili 13% angkatan kerja global. Tidak sedikit pula orang yang bekerja, tetapi tetap sulit membangun kehidupan yang lebih baik. Akses yang minim terhadap pekerjaan yang layak terus menjadi persoalan. Dunia semakin terbelit paradoks banyaknya orang bekerja keras dengan jam kerja yang panjang, tetapi tetap miskin. Sejauh ini lntervensi yang dilakukan Pemerintah negara-negara seluruh dunia untuk mengubah hal itu terhitung sedikit. Bahkan, PBB sampai harus mengeluarkan peringatan bahwa kurangnya akses ke pekerjaan yang layak, cepat atau lambat, akan memicu kerusuhan sosial.

Jawaban : Tercatat 2.153 miliarder dunia memiliki kekayaan lebih dari gabungan 4,6 miliar penduduk termiskin. Penduduk termiskin itu mencapai 60% populasi dunia yang total berjumlah 7,6 miliar orang. Laporan organisasi nirlaba Oxfam itu menyoroti ketimpangan yang lebih besar lagi dari sudut pandang gender. Tercatat 22 pria terkaya di dunia memiliki lebih banyak kekayaan daripada semua wanita di Afrika.

Pembahasan : Fakta dapat dilihat, didengar, atau diketahui oleh banyak pihak. Namun, fakta bisa saja berubah jika ditemukan fakta baru yang lebih jelas dan akurat. Fakta yang disajikan dalam teks artikel diatas berupa peristiwa dan data terkait dengan peristiwa yang dibahas.  
Reva Priyani Nur Alifa mengatakan…
1. Nama : REVA PRIYANI NUR ALIFA
Kelas : XII MIPA 3
No. Absen : 30

2. Indikator Soal :
Disajikan kutipan drama, peserta didik dapat menentukan nilai-nilai yang terdapat dalam kutipan tersebut.

3. Pedagang : "Tuhan ... Tuhan, lindungi hamba-Mu ini, hamba masih senang hidup."

Petualang diam-diam bangkit, sambil mengusapi pakaiannya yang kena debu lantai. Dia mencibir senyum getir melihat Pedagang yang masih saja tiarap ketakutan. Pelan-pelan ia menggamit pundak Pedagang.

Petualang : "Sampai detik ini, doa Bapak terkabul. Bapak masih diperkenankan hidup."

Pedagang dengan geragapan bangkit. Kedua bibirnya gemetar. Matanya nyalang ke arah cangkir wedang di atas meja. Cepat ia menyambar cangkir dan minum isinya.

Petualang : "Jangan kecil hati Pak, itu ledakan peluru mortir masih jauh dari sini."

Jelaskan nilai-nilai yang terkandung dalam kutipan drama tersebut!
Pembahasan :
Beberapa contoh nilai-nilai dalam drama adalah nilai religi dan nilai sosial. Nilai religi adalah hal-hal yang dapat dijadikan pelajaran, berkaitan dengan ajaran agama. Nilai sosial adalah nilai-nilai yang yang bisa dipetik dari interaksi  tokoh-tokoh dalam drama.
Pada kutipan drama tersebut terdapat kalimat:
• Pedagang : Tuhan ... Tuhan, lindungi hamba-Mu ini, hamba masih senang hidup. (nilai religi)
• Pelan-pelan ia menggamit pundak Pedagang. (nilai sosial)
Berdasarkan kedua kalimat tersebut kita dapat mengetahui nilai-nilai yang terkandung dalam kutipan drama tersebut yaitu religi dan sosial. 
Muhammad Nabil Ramzidan mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Ajeng AF mengatakan…
Nama : Ajeng Ayuditha Faozi
Kelas : 12 MIPA 3
No. Absen : 02


   "Namaku Aini," Aini mengulurkan tangan sambil menyebut namanya.
   "O, iya," jawab gadis yang belakangan diketahui bernama Deswita itu. Tampaknya anak baru itu agak malas menyambut perkenalan Aini.
   "Jika kamu butuh informasi tentang sekolah ini, aku bisa bantu, kok," lanjut Aini.
   "Maaf, deh. Aku tahu dengan siapa aku harus berteman di kelas baruku ini," Deswita menjawab sambil sedikit menaikkan alis matanya.

Cara pengarang menggambarkan watak tokoh Deswita pada kutipan cerpen tersebut adalah... 

>> Dialog Antartokoh
Penjelasan : Pengarang dapat menyampaikan watak tokoh melalui cara langsung dan tidak langsung. Penyampaian watak secara langsung (analitik) adalah melalui pengarang itu sendiri. Pengarang akan mendeskripsikan seorang tokoh melalui penjelasan berupa kalimat-kalimat. Penyampaian watak secara tidak langsung adalah melalui percakapan antartokoh, pikiran tokoh, tindakan tokoh, serta pendapat tokoh lain.
Muhammad Nabil Ramzidan mengatakan…
Nama : MUHAMMAD NABIL RAMZIDAN
Kelas : 12 MIPA 3
Absen : 19
Kutipan novel sejarah berikut untuk soal nomor 1.
Ternyata ada satu berita tambahan, yang menggeser berita lainnya, judul berita itu dibuat lebih besar dari huruf lainnya, Ir. Sukarno Ditangkap! "Ia ditangkap lagi?" aku bergumam sambil terus membaca. Masih kuingat beberapa tahun lalu saat Ir. Sukarno ditangkap. Dia sempat dipenjara di Sukamiskin, dan kemudian membacakan pledoinya yang terkenal, Indonesia Menggugat. "Kata Tuan, kali ini Ir. Sukarno akan dibuang ke Flores," tambah Syukur Urip.

1. Sudut pandang dalam kutipan novel tersebut adalah orang
pertama sebagai?
Jawab : sudut pandang orang pertama
Unknown mengatakan…
Nama : Kayla Arindi Putri
Kelas: 12 IPA 3
Absen: 13

13. Olahraga sangat bermanfaat dan dapat membantu pertahanan tubuh supaya terhindar dari berbagai berbagai penyakit penyakit.

Rajin melakukan beragam aktivitas olah olahraga, antara lain, dapat membuat kita semua dapat tidur secara nyenyak.

Olahraga juga dapat mendorong kita semua untuk menjadi orang yang selalu ceria agar dapat terhindar dari beragam penyakit, termasuk kanker.

Pendapat yang tepat untuk mewakili pernyataan-pernyataan yang kamu baca di atas yaitu….
Jawab : Berolahraga dapat membantu kita agar terhindar dari berbagai penyakit
Unknown mengatakan…
Nama: Nasar Ramadhan Saputra
Kelas: 12 IPA 3
Absen: 23

23. sebutkan kaidah kebahasaan kritik!

Jawab:

1. Menekankan pada detail sehingga memakai kalimat kompleks. Terdiri dari anak kalimat dan induk kalimat.

2. Penggunaan kalimat konteks membutuhkan konjungsi atau kata penghubung.

4. Bahasa baku sesuai kaidah bahasa Indonesia dan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Dalam beberapa kritik akademik, penulisan kritik menyerupai karya ilmiah.

5. Gaya bahasanya menekankan pada argumentasi dan eksposisi.

6. Dilengkapi dengan rujukan atau referensi.
TRI WINARTI mengatakan…
Nama : TRI WINARTI
Kelas : 12 MIPA 3
No. Absen : 35

35. Bambang Pamungkas adalah sosok striker nomor satu di timnas. Ia menekuni profesi sebagai pesepakbola memang sedari kecil. Ia bukan dari keluarga yang berkecukupan, namun karena kegigihannya berlatih, sekarang ia menjadi tulang punggung di garis depan tim sepakbola Indonesia.
Hal yang patut diteladani dari tokoh dalam kutipan biografi tersebut adalah . . . .

Jawaban : Menekuni profesi dengan giat berlatih
DITA FEBRIYANTI mengatakan…
DITA FEBRIYANTI
Absen (7)
12 IPA 3

Perhatikan kutipan novel berikut!

Dan nah, tentu saja tak mau ketinggalan si gelatik cantik tapi pencuri-pencuri padi yang nakal itu, dengan pipinya putih dan pecinya biru hitam. Persis anak-anak lelaki di dalam sekolah dan di mana-mana, nakal dan perusak segala. [ … ] Anak lelaki itu perlu dididik, tetapi tidak pernah mau. Akan ke mana mereka itu, Atik tidak tahu.

Kalimat yang sesuai untuk melengkapi kutipan novel sejarah tersebut adalah ....

Jawab : Begitu Atik menilai mereka.
Miswati mengatakan…
Nama : Miswati
Kelas : XII MIPA 3
No absen : 17

Disajikan kutipan artikel, peserta
didik dapat menganalisis
penulisan istilah yang tidak baku
dalam kutipan tersebut.

17. Pada jaman global seperti sekarang ini kita dituntut aktif mengikuti perkembangan teknologi

Kata tidak baku dalam kutipan tersebut, yaitu Jaman

Pembahasan
Kata baku adalah kata yang cara pengucapan atau penulisannya sesuai dengan kaidah yang dibakukan. Sedangkan kata tidak baku adalah ragam bahasa yang cara pengucapan atau penulisannya tidak memenuhi kaidah-kaidah standar tersebut.

Kata tidak baku dalam kutipan tersebut, yaitu jaman yang seharusnya ditulis zaman.

Dengan demikian jawaban yang benar adalah Jaman
Dafa Kusumadewa mengatakan…
Nama:DAFA ARSYA KUSUMADEWA
KELAS:12 MIPA 3

1.Nama:DAFA ARSYA KUSUMADEWA(5)

2.Indikator soal:Disajikan kutipan novel,peserta didik dapat menyimpulkan amanat cerita

3.“Tidak, tidak, tak boleh engkau ber buat begitu,” seru Wak Katok, “Apa dosaku, maka aku di siksa serupa ini?”
“Dosa Wak Katok?” kata Buyung. “Dengarlah, dosa-dosa Wak Katok dahulu kami lakukan, dosa Wak Katok hendak membunuh kami dan telah membunuh Pak Haji, kami maafkan, biarkan hakim mengadili Wak Katok di dunia ini, dan Tuhan nanti di akhirat untuk dosa-dosa itu semuanya. Tetapi, Wak Katok telah menipu orang banyak. Wak Katok katanya guru dan pemimpin,tetapi Wak Katok telah memberi pelajaran palsu,mantra palsu, jimat palsu. Dalam hati Wak Katok selama ini bukan manusia yang bersarang, tetapi harimau yang buas. Kamu hanya hendak mengumpan harimau dengan harimau. . . .”
(Harimau! Harimau!. Mochtar Lubis)

Amanat penggalan novel tersebut adalah . . . .
Kebohongan pada akhirnya akan terungkap juga
Anonim mengatakan…
Nama : Ahmad Khadafy (01)
Kelas : XII MIPA 3
1. No. Absen 1
3. "gua masih ingat, waktu itu gua masih duduk di Sekolah Dasar, ketika pertama kali ngeliat bokap gua melakukan ritual aneh ini."
dari kutipan diatas, penulis menggunakan sudut pandang...
Jawab : Orang pertama, pelaku utama. karena di kutipan ini penulis menceritakan tentang pengalaman dirinya sendiri
komang andhika mengatakan…
Nama : I Komang Andhika P.E.
Kelas : XII MIPA 3
Absen : 11
Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!

(1)sesuai kenyataan isi dan kebenarannya (2)bergantung pada kepentingan tertentu (3)benar atau salah bergantung data pendukung (4)cenderung deskriptif pengungkapannya (5)cenderung persuasif pengungkapan (6)penalarannya cenderung induktif (7)penalarannya cenderung deduktif.

Berdasarkan pernyataan di atas yang termasuk ciri-ciri fakta adalah ….
A. (1), (2), (3)
B. (1), (4), (6)
C. (2), (4), (5)
D. (2), (3), (6)
E. (3), (4), (5)
Jawaban B
Unknown mengatakan…
Nama : ZAKI RACHMAN JAMARUDIN
Kelas : XII MIPA 3
No Absen : 38


Artikel
Skateboard adalah olahraga menggunakan papan luncur beroda yang banyak digemari kalangan anak muda.
Sebelum menjadi cabang olahraga, skateboard mulanya hanya dikategorikan sebagai alat transportasi, hiburan, seni, dan gaya hidup.

Skateboard pertama kali muncul pada 1950-an di California Selatan, Amerika Serikat.

Ketika itu, papan yang digunakan masih sangat sederhana dan biasanya menggunakan roda dari sepatu roda yang dibuat sendiri.

Di era itu, California menjadi pusat permainan skateboard. Gang-gang belakang gedung pun banyak dimanfaatkan sebagai arena bermain skateboard.

Pada 1959, untuk pertama kalinya, skateboard muncul secara komersial dan mulai diperjual belikan.

Bill Richard, seorang pemilik toko selancar LA, bekerja sama dengan Chicago Roller Skate Company membuat papan skateboard untuk dijual.

Tentukan Fakta yang terdapat pada artikel tersebut?

Jawaban :
Fakta pada artikel tersebut terdapat pada kalimat "Skateboard pertama kali muncul pada 1950-an di California Selatan, Amerika Serikat." Karena benar adanya menurut sejarahnya.
WARDATULHAYA mengatakan…
WARDA TULHAYA
ABSEN : 36
12 MIPA 3

Dita menelungkupkan badannya ke kasur. Ibu mendekati Dita dan mengelus kepalanya.


Ibu: "Sejak ibu pulang, tak sedikit pun adik tampak bahagia?"

Dita:"Adik dan kakak jelas berbeda. Adik di rumah saja suntuk sendirian, sementara Kakak bersenang-senang belanja pakaian baru untuk dibawa ke pondok?" sambil merengut.

Ibu: "Sejak kakak Hafid pulang dari pondok, tak ada habisnya adik cemburu."

Dita: "Katakan saja, Ibu dan Ayah lebih sayang kakak Hafid” suara Dita semakin meninggi sambil menangis.

Ibu: "Padahal kakak tidak pernah mengeluh tidur kesepian di pondok sementara adik tidur dalam pelukan Ayah dan Bunda."

Konflik dalam drama tersebut ditandai dengan kalimat ....

JAWAB : "Sejak ibu pulang, tak sedikitpun adik tampak bahagia?"
Rara marcella mengatakan…
Nama; RARA MARCELLA (29)
KLS; 12 IPA-3

Wabah covid-19 sampai saat ini masih terus melanda dunia, termasuk di Indonesia. Bahkan sampai dengan tanggal 15 Juli 2020 ini, pasien positif covid-19 di Indonesia mencapai 80.094 kasus. Begitu cepatnya penyebaran wabah ini membuat semua negara membuat upaya preventif, kuratif, dan promotif kepada warga negaranya.

Upaya negara dalam menghambat penyebaran virus juga merambah ke dunia pendidikan. Berdasarkan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19, memberi himbauan bahwa pelaksanaan pembelajaran dilakukan dari rumah melalui pembelajaran daring atau pembelajaran dari rumah.

Pelaksanaan kegiatan pembelajaran dari rumah biasanya dilakukan menggunakan google classroom, grup whatsapp, grup telegram, atau media yang lainnya. Melalui media pembelajaran daring tersebut guru berusaha menyampaikan materi kepada siswa. Kelebihan pembelajaran daring ini adalah tidak terikat ruang dan waktu. Sehingga kapan saja dan dimana saja siswa tetap dapat mengikuti pembelajaran dari guru.

Akan tetapi, pada kenyataannya kegiatan pembelajaran daring ini tidak mudah diterapkan di Indonesia. Banyak keterbatasan dan permasalahan yang terjadi di lapangan. Beberapa di antaranya yaitu dari segi pendidik, beberapa guru yang belum memiliki kemampuan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang mereka punya. Dari segi siswa, tidak semua siswa memiliki android atau laptop untuk mengakses materi pembelajaran. Selain itu, di daerah pelosok misalnya, tidak semua siswa berasal dari keluarga yang mampu untuk bisa membeli kuota internet setiap waktu.

JAWABAN; Kebijakan pemerintah mengenai pembelajaran dari rumah ini merupakan kebijakan yang bagus untuk mencegah penyebaran virus yang lebih luas sekaligus memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini. Akan tetapi, saran dari penulis, untuk sekolah-sekolah yang berada di daerah pedesaan yang diprediksi tidak ada penyebaran virus di sana, sebaiknya diizinkan untuk tetap melaksanakan pembelajaran di sekolah. Selain itu, penyebaran informasi yang benar kepada guru juga perlu dilakukan supaya para guru tidak panik sehingga kegiatan pembelajaran tetap dapat dilaksanakan dengan baik.
Unknown mengatakan…
Nama : putri utami
Absen : 26

*indikator soal : Disajikan kutipan drama, peserta
didik dapat menentukan nilai moral
disertai alasan yang tepat.

*soal : Bacalah kutipan cerita berikut!

Kenari merasa malu dan kurang percaya diri kalau berkumpul dengan teman-temannya. Tubuhnya kecil dan mengeluarkan bau tak sedap. Teman-temannya sering meledek dan menggodanya. Kenari ingin penampilannya berubah. Dia ingin buktikan kepada teman-temannya bahwa ia bisa tampil bersih dan tidak kalah besar. Kenari pun bangun pagi dan rajin membersihkan diri. Ia tidak malas lagi mencari makan. Berkat ejekan teman-temannya, dirinya membuang jauh-jauh sifat malasnya.

Nilai moral pada kutipan cerita tersebut adalah…

*jawaban : berusahalah menjadi lebih baik agar percaya diri

*pembahasan : Nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra , antara lain dapat dikemukakan sebagai Berikut.
1. Nilai moral, yaitu nilai yang berkaitan dengan akhlak/budi pekerti/susila atau baik buruk tingkah laku.
Anonim mengatakan…
Inggrid wahyu
12 IPA 3

12.)
1) Menurut seorang pengembang. Pengembang agrobisnis dan agroindustri merupakan tuntutan perkembangan logis. 2) Pengembang telah dilanjutkan sebagai wujud kesinambungan penganekaragaman dan pengalaman pertanian.
3) Telah pula dilaksanakan pengembangan di beberapa wilayah.
4) Hasil yang dicapai mengesankan dan memuaskan.

Kalimat pernyataan di atas yang berupa opini terdapat pada nomor : 1 dan 4
Anonim mengatakan…
Nama : Annisa Yuliasti (03)
Kelas : XII MIPA 3

Perhatikan kutipan novel berikut!
Petang itu mereka bersama guru sastra dan teman-temannya, berkumpul di lapangan. Di sana guru mereka, Pak Balia, mengajarkan cara membuat kalimat yang indah. Salah satu kalimat yang tercamkan di pikiran Ikal, Arai, dan Jimron, yakni “Jelajahi kemegahan Eropa sampai ke Afrika yang eksotis. Temukan berliannya budaya sampai ke Prancis. Langkahkan kakimu di atas almamater suci tiada tara:Sorbonne. Ikuti jejak-jejak Sartre, Louis Pasteur, Montesquieu, dan Voltaire. Di sanalah orang belajar science, sastra dan seni hingga merubah peradaban…”. Pada saat itulah mereka mengkristalisasikan harapan agung mereka, yakni bersekolah ke Prancis! Mereka ingin menginjakkan kaki mereka di Almamater suci: Sorbonne.

Latar waktu yang tergambar dalam kutipan tersebut adalah ...
Jawab : Sore hari.
Unknown mengatakan…
Nama : Risti Amanda (31)
Kelas : 12 IPA 3

Indikator soal : Disajikan kutipan drama,
peserta didik dapat memilih
kalimat yang mengandung nilai
budaya dalam kutipan tersebut


Gunarto : “Ibu masih berfikir lagi...”
Ibu : “Malam Hari Raya, Narto. Dengarlah suara bedug itu bersahut-sahutan. Pada malam hari raya seperti inilah Ayahmu pergi dengan tidak meninggalkan sepatah katapun.”
Gunarto : “Ayah......”
Ibu : “Keesokan harinya Hari Raya, selesai salat ku ampuni dosanya...”
Gunarto : “Kenapa masih Ibu ingat lagi masa yang lampau itu? Mengingat orang yang sudah tidak ingat lagi kepada kita”
Ibu : “Aku merasa bahwa ia masih ingat kepada kita.”
Gunarto : “Mintarsih kemana, Bu?”
Ibu : “Mintarsih keluar tadi mengantarkan jahitan, Narto.”
Gunarto : “Mintarsih masih juga mengambil upah jahitan, Bu? Bukankah seharusnya ia tidak usah lagi membanting tulang sekarang?”
Ibu : “Biarlah Narto. Karena kalau ia sudah kawin nanti, kepandaiannya itu tidak sia-sia nanti.”
Gunarto : “Sebenarnya Ibu mau mengatakan kalau penghasilanku tidak cukup untuk membiayai makan kita sekeluarga kan, Bu? Bagaimana dengan lamaran itu, Bu?”
Ibu : “Mintarsih nampaknya belum mau bersuami, Narto..Tapi dari pihak orang tua anak lelaki itu terus mendesak Ibu saja..”
Gunarto : “Apa salahnya, Bu? Mereka uangnya banyak!”
Ibu : “Ah... uang, Narto?”
Gunarto : “Maaf Bu... bukan maksud aku mau menjual adik sendiri.. Ah... aku jadi mata duitan.... yah, mungkin karena hidup yang penuh penderitaan ini...”
Ibu : “Ayahmu seorang hartawan yang mempunyai tanah dan kekayaan yang sangat banyak, mewah di waktu kami kawin dulu. Tetapi kemudian... seperti pokok yang ditiup angin kencang...buahnya gugur....karena......Uang Narto! Tidak Narto, tidak...aku tidak mau terkena dua kali, aku tidak mau adikmu bersuamikan seorang hartawan, tidak...cukuplah aku saja sendiri. Biarlah ia hidup sederhana. Mintarsih mestilah bersuamikan orang yang berbudi tinggi, mesti, mesti...”

Keterkaitan nilai budaya dalam kutipan drama dengan kehidupan sekarang adalah... perjodohan yang dilakukan keluarga
Anonim mengatakan…
Nama : LUTHFIA HERMAPEILIANI
Kelas : 12 IPA 3
Pendidikan kesehatan di sekolah bertujuan agar murid mengetahui fakta-fakta ilmiah tentang kesehatan, memiliki sikap yang menyetujui keadaan sehat dan melaksanakan kebiasaan baik untuk hidup sehat,... kesehatan sendiri maupun komunitas bertambah baik.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas.

Jawaban : SEHINGGA

Konjungsi atau kata sambung atau kata hubung adalah kata untuk menghubungkan kata-kata, ungkapan-ungkapan atau kalimat-kalimat dan sebagainya dan tidak untuk tujuan atau maksud lain.

satu bentuk konjungsi adalah konjungsi kausalitas.
Konjungsi kausalitas adalah kata penghubung yang menghubungkan dua buah klausa atau lebih yang menggambarkan sebab akibat. Kata-kata yang menunjukkan konjungsi kausalitas adalah karena, jika, akibat, agar, oleh sebab itu, dengan demikian, bila, kalau, dan oleh karena itu, sehingga.

Pada beberapa konjungsi, tanda koma dipakai sebelum kata konjungsi itu, seperti tetapi, melainkan, dan sedangkan, sehingga dalam kalimat majemuk (setara).
Misalnya:
- Saya ingin meminum teh, tetapi ibu memberikan susu.
- Dia berangkat sekolah dengan motor, sedangkan saya dengan angkutan umum.
- Dia sedang sedih, sehingga ia memilih untuk menyendiri di kamar.
Anonim mengatakan…
Nama: Muhammad Faiz Kurniawan
Kelas:XII MIPA 3

1.Indikator Soal
Disajikan table perbandingan
kritik sastra dan esai dari aspek
pengetahuan dan pangangan
penulis, peserta didik dapat
memilih pernyataan yang tepat
dari yang disajikan.

2.Soal
Apa yang dimaksud perbandingan kritik dan esai berdasarkan pengetahuan dan pengalaman penulis?.

Jawaban
Kalau berdasarkan pengetahuan yang disajikan, perbedaan kritik dan esai adalah sebagai berikut: Objek kajian kritik adalah sebuah karya, sementara objek kajian esai adalah karya atau fenomena.
Apabila berdasarkan sudut pandang penulisnya, perbedaan kritik dan esai adalah sebagai berikut: Dalam kritik, penilaian pada karya dilakukan secara objektif dan disertai data serta alasan yang logis. Sementara pada esai, penilaian dilakukan dengan subjektif alias menurut pendapat pribadi penulis esai.
Nasywa Sheva Arisna mengatakan…
NASYWA SHEVA ARISNA
XII MIPA 3/24

24. Bacalah kutipan teks berikut!

Meskipun ada beberapa pekerjaan yang bisa kita lakukan sendiri, tetapi pekerjaan itu akan terasa berat dan hasilnya kurang memuaskan.

Kata kerja mental pada kutipan tersebut yaitu...  
A. lalukan
B. pekerjaan
C. meskipun
D. memuaskan

Jawaban : D. memuaskan
Kata kerja mental adalah kata kerja yang menunjukkan kegiatan dari hasil pemikiran atau perasaan, dan persepsi terhadap sesuatu. Kata kerja mental biasa digunakan untuk menggambarkan suatu hal yang diketahui, didengar, diingat, dan dirasakan. Berdasarkan penjelasan ini, dapat diketahui bahwa kata kerja mental pada kutipan teks tersebut adalah memuaskan. Memuaskan merupakan kata kerja mental yang digunakan untuk memproyeksikan perasaan seseorang.
Unknown mengatakan…
Nama :Devina
Kelas: 12 ipa 3
Absen: 06

6. Cermati kutipan novel berikut!

Saat mengambil buku di lemari pakaian, ia tidak sengaja melihat sepucuk surat yang sengaja ia sembunyikan di tumpukan terbawah baju. Itulah benda yang ia bawa saat pergi dari Parepare selain pakaian yang dikenakan. Sepucuk surat yang jadi muasal seluruh masalah. Ia menatap surat itu. Ia benci sekali kenapa tangannya refleks mengambil surat itu. Ia benci sekali kenapa ia tidak kuasa menghentikannya. Hei, tangannya malah membuka lipatan kertas itu. Apa yang ia harapkan? Lancang sekali mata dan tangannya. Ia kira kali ini ia lebih tangguh saat membacanya kembali? Atau ia malah berharap isi surat itu telah berubah jadi sebaliknya? Omong kosong! Semua kesibukan ini, pengalaman baru, tidak pernah mampu mengusir pergi kenangan itu. Jika itu sebuah benteng maka benteng itu rapuh, rontok seketika. Jika itu sebuah tameng, maka tameng itu juga tipis dan ringkih, hancur seketika. Lihatlah ia justru lumat lagi seluruh isi surat itu. Menghujam dalam hatinya seperti sakit sekali. Sama seperti yang ia rasakan saat pertama kali membacanya, hanya bisa menatap kosong.

(Rindu, Tere Liye)

Keterkaitan isi kutipan novel tersebut dengan kehidupan sehari-hari adalah...

A. Merapikan buku berdekatan dengan tumpukan baju.
B. Merasakan sakit hati saat kita membaca surat.
C. Ketidakmampuan melupakan hal buruk dalam kehidupan.
D. Melupakan masalah dengan bekerja di tempat lain.

Jawaban: C
Pembahasan:
Keterkaitan isi kutipan novel tersebut dengan kehidupan sehari-hari adalah ketidakmampuan melupakan hal buruk dalam kehidupan (opsi C).

Ketidakmampuan melupakan hal buruk masa lalu antara lain terdapat pada kalimat "Semua kesibukan ini, pengalaman baru, tidak pernah mampu mengusir pergi kenangan itu."

Bukti bahwa dalam kehidupan sehari- hari banyak orang yang tidak bisa melupakan masa lalu adalah banyaknya artikel tentang tips melupakan masa lalu.
Unknown mengatakan…
Nama: Nailah Salsabilah Michel Efendi
Kelas: 12 IPA 3
Absen: 21

Indikator soal no 21: disajikan kutipan deskripsi sebuah buku peserta didik dapat menganalisis bagian yang dapat disusun menjadi identitas buku dalam tulisan kritik berupa resensi buku

Teks Ulasan Novel
Judul: Review Novel Laskar Pelangi

Isi Teks Ulasan

Novel “Laskar Pelangi” yang ditulis oleh Andrea Hirata memiliki tebal buku 534 halaman yang berisi mengenai kisah pelajar di pedalaman yang menarik. Kisah di dalam novel “Laskar Pelangi” menceritakan kisah nyata tentang perjalanan seorang penulis yang mengejar mimpinya agar bisa pergi ke Negara Perancis.

Kisah ini disebut-sebut sebagai novel yang dibuat sebagai film yang sangat menarik dengan sutradara Riri Riza dan Mira Lesmana. Novel ini mampu membuat pembaca merasa seperti dibawa ke dalam cerita.

Kisah “Laskar Pelangi” menceritakan kehidupan seorang bocah laki-laki bernama Ikal dan perjalanan sekolahnya. Setiap akan sekolah, ikal harus menunggu sepuluh orang lainnya yang juga ingin sekolah. Selain Ikal, ada Sahara, Trapani, Kucai, Syahdan, mahar, Lintang, Borek, A Kiong, Bu Mus, Pak Harfan, dan orang tua mereka yang menunggu apa ada satu siswa lagi yang akan masuk sekolah.

SD Muhammadiyah, tempat mereka sekolah sampai saat ini belum memiliki 10 siswa sehingga jika tidak berjumlah 10, maka mereka tidak akan bisa bersekolah. Hal ini karena SD Muhammadiyah terpaksa harus selesai jika siswanya kurang dari 10 orang.

Setelah menunggu begitu lama, akhirnya datanglah seorang anak berusia lima belas tahun yang cerdas tetapi perkembangannya agak lumpuh. Mengetahui kedatangan siswa pria tadi, Ikal dan teman-temannya merasa senang karena akhirnya masih bisa sekolah di SD Muhammadiyah agar cita-cita mereka tercapai.

Karakter utama di dalam cerita ini adalah Ikal. Ikal adalah seorang bocah pemberani, pintar, dan mau berusaha untuk mewujudkan mimpinya. Kemudian Lintang yang merupakan anak rajin, jenis, dan berani. Tetapi ia harus keluar dari sekolah karena ayahnya meninggal dunia saat sedang berlayar di tengah laut.

Kemudian Bu Mus, guru wanita yang sangat baik dan perhatian dengan muridnya, serta tokoh-tokoh lain.

Gaya bahasa yang digunakan Andrea Hirata dianggap sangat baik, menarik, dan mudah dipahami. Meski demikian, Andrea Hirata juga memakai campuran bahasa Melayu yang membuat pembaca harus berpikir agak keras mengetahui arti bahasa tersebut.

Plot cerita yang digunakan di dalam novel “Laskar Pelangi” adalah plot campuran. Novel ini menggunakan sudut pandang orang pertama karena ia adalah karakter utama dari cerita tersebut.

Kesimpulan

Kesimpulannya, novel ini memiliki banyak saran untuk pembaca. Selaku penulis, Andrea Hirata mengajarkan kita untuk tidak menyerah ketika memiliki mimpi dan cita-cita. Novel ini juga mengajarkan kita menjadi teman yang setia dan saling membantu. Kekurangannya, karena adanya bahasa Melayu sehingga banyak yang kurang paham dengan beberapa maksud di novel ini.
1. Herliana Putri (10)
2. Disajikan kutipan artikel yang numpang, peserta didik dapat memilih kata istilah yang tepat.
Disajikan 5 kalimat kutipan artikel, peserta didik dapat menentukan kalimat fakta pada paragraf yang terdapat pada kutipan tersebut.
3. Bacalah kalimat berikut!
Gambar itu menggunakan warna dasar putih kebiru-
biruan.

Makna kata dasar pada kalimat tersebut adalah....
jawab: latar yang menjadi alas.

pembahasan:

Kata dasar dalam KBBI memiliki sepuluh arti. Masing- masing pilihan jawaban adalah makna dasar sesuai kamus. Akan tetapi tidak semuanya sesuai dengan konteks kalimat dalam soal di atas.
Ramzi Virgiawan mengatakan…
RAMZI VIRGIWAN(28)
Cermati paragraf berikut!

Akulah Jibril, yang angin adalah aku, yang embun adalah aku, yang asap adalah aku, yang gemersik adalah aku, yang menghantarkan panas dan dingin. Aku mengirimkan kesejukan, pikiran segar yang mengajak giat belajar. Aku adalah yang menyodorkan keheranan dan sekaligus jawaban. Aku di kebun rimbun, aku di padang pasir, aku di laut, aku di gunung, aku di udara, kukirimkan layang-layangku kepadamu, kepada kalian.

(Mereka Toh Tidak Mungkin Menjaring Malaikat: Danarto)

Kalimat kritik yang sesuai dengan isi kutipan tersebut adalah

Jawaban:Menuntut pembaca harus lebih cermat untuk memahami isi cerita karena banyak menggunakan kata-kata lambang.
Peninggalan Jepang mengatakan…
Nama : Ferdiana Hamidah
Kelas : 12 MIPA 3
ABSEN : 8

Air memang masih mengalir di Kali Brantas, tetapi hanya sedikit dan dangkal. Sia-sia dan sayang karena air itu terbuang ke laut. Andai saja air itu bisa dinaikkan untuk dimanfaatkan membasahi sawah dan tanaman yang meranggas akan menghijau kembali. Sawah-sawah akan kembali menghampar bak permadani dan penderitaan karena kemarau panjang bisa sedikit dikurangi. Setidaknya, berbagai tanaman akan terbebas dari sesak napas yang membelit.

- Majas Simile, majas ini menggunakan kata bak, bagaikan atau pengandaian lainnya untuk menyatakan sebuah ungkapan tanpa perbadingan. Dalam teks ini, terdapat pada kalimat kedua 'Sawah-sawah akan kembali menghampar bak permadani dan penderitaan'.

- Majas Hiperbola, ungkapan berlebihan dan tidak masuk akal. Majas ini terdapat pada kalimat pertama, yaitu 'tanaman yang meranggas akan menghijau kembali'. Hal itu tidak mungkin terjadi karena tanaman yang sudah mengering pasti akan mati.

- Majas Personifikasi, majas yang menggambarkan perbandingan sebuah benda mati seolah-olah seperti makhluk hidup. Majas ini terletak pada kalimat terakhir, yaitu 'berbagai tanaman akan terbebas dari sesak napas yang membelit'.
Qoriyatun Chaerunnisah mengatakan…
Nama: Qoriyatun Chaerunnisah
Kelas: 12 IPA 3
No. Absen: 27

1. Qoriyatun Chaerunnisah (27)

2. Indikator soal: Disajikan kutipan kritik, peserta didik dapat menganalisis kata istilah dalam kehidupan tersebut

3. Perhatikan kutipan kritik sastra berikut!
Mungkin hampir semua masyarakat, khususnya penyuka sastra, di tanah air mengenal Sapardi Djoko Damono. Salah satu karyanya yang amat terkenal adalah puisi berjudul “Hujan Bulan Juni”. Puisi itu disusun dengan diksi yang sederhana, tetapi kaya akan imaji dan sarat makna. Rima atau irama di dalamnya pun membuat pembaca merasakan kerinduan yang diungkapkan oleh penulisnya.
Istilah teknis yang terdapat pada kutipan teks tersebut adalah.

Jawaban : puisi, sastra, diksi, imaji, rima
sastra, puisi, diksi, rima, imaji 
Nanda mengatakan…
Nama : Nanda Rosafifatull Rahmatullah
Kelas : 12 MIPA 3
Absen : 22

Esai adalah karya tulis yang menggambarkan opini penulis tentang subjek tertentu. Tulisan esai lebih mengutamakan ketajaman analisis, interpretasi, dan refleksi dengan kedalaman uraian disertai kekuatan argumentasi. Esai disusun secara sistematis, terkendali, konseptual, dan prosedural.
Secara umum, sistematika esai sebagai berikut.

- Pernyataan pendapat (tesis)
Bagian pernyataan pendapat dalam esai berisi pernyataan umum tetang topik yang akan dibahas.
Dalam esai di atas, bagian pernyataan pendapat ada pada paragraf pertama. Dalam paragraf pertama berisi pernyataan umum tentang prosa sastra Indonesia.

- Argumen
Bagian argumen menguraikan gagasan pokok pada paragraf pengantar dengan pendapat, pikiran, pendirian, penilaian, analisis, interpretasi, pembahasan.
Dalam esai di atas bagian argumen ada pada paragraf kedua dan ketiga. Paragraf kedua berisi tentang gaya penulisan penulis muda. Paragraf ketiga berisi tentang resepsi pembaca karya sastra.

- Penegasan ulang
Paragraf ini berisi ringkasan atau penegasan ulang dari keseluruhan isi esai.
Dalam esai di atas, bagian penegasan ulang ada pada paragraf keempat. Paragraf keempat berisi penegasan ulang tentang perjalanan dan perkembangan karya sastra Indonesia.

Dengan demikian, sistematika esai tersebut adalah pernyataan pendapat (tesis) terdapat pada paragraf pertama, argumen terdapat pada paragraf kedua dan ketiga, dan penegasan ulang terdapat pada paragraf keempat.
syafira mengatakan…
SYAFIRA SITI AULIANNISA
ABSEN 33

Indikator soal :
Disajikan kutipan sebuah drama, peserta didik dapat mengaitkan nilai-nilai kutipan drama dengan kehidupan sehari-hari.

Bentuk soal :
Perhatikan kutipan drama berikut!

(Musik mengalun dalam irama nyeri. Lampu menyala. Yatim dengan pakaian sederhana dan ikat kepala, duduk di ruang tamu rumah Radin. Kemudian Radin muncul dengan pakaian santai. Bercakap dengan Yatim, sahabatnya)Radin: Ya, beginilah rumahku, Yatim. Sudah tiga puluhan tahun kita berpisah. Bagaimana istri dan anak-anakmu? Baik-baik saja kan?

Yatim: Ya, begitulah. Keluarga baik, sehat walafiat. Ada apa kok meminta saya untuk datang kemari, Radin? Aku senang kau masih ingat namaku.

Radin: Oh, ya. Sebenarnya sudah lama aku ingin ketemu denganmu. Tapi, ya, karena berbagai kesibukan, aku jadi lupa tentang banyak hal. Juga orang-orang di kampung. Bagaimana kabar Yanti, Muna, dan Laila? Masihkah engkau pernah bertemu dengan mereka? Enak seperti kau, Yatim. Tenteram hidup di desa.

Yatim: Enak menurut orang kota,tapi di desa kan biasa saja, masih seperti dulu. Ngurusi anak-anak kampung, biar mereka tetap sekolah. Pemerintah kan belum bisa mengurusi anak-anak di kampung.

Radin: Kau masih ingat dulu, waktu kau jatuh dari pohon, lalu aku yang membawamu ke tukang pijat? Tapi, sekarang, Yatim, akulah yang jatuh dari pohon. Maukah engkau membawaku ke tukang pijat?

Yatim: Ah, Radin. Kau ini ada-ada saja.

Radin: Oh ya, bagaimana usahamu? Lancar? Wah, sudah lama aku ingin mengembangkan usaha di desa! Jika kau bersedia, saya bisa membantu segala kebutuhan yang diperlukan.

Yatim: Seperti cita-citamu, kau telah menjadi orang besar. Aku bahagia punya sahabat sepertimu. Namun, aku tak kalah bahagia menjadi diriku sendiri. Menerima hid up di desa dan berusaha sebagaimana orang desa.

Radin: Yatim, Yatim. Masa kau lupa bahwa setiap manusia itu punya pilihan. Punya nasibnya sendiri-sendiri.

Yatim: Ya, ya. Karena itu, aku percaya bahwa Tuhan tidak pernah pilih kasih dalam memberi rezeki agar manusia terhindar dari iri dan dengki. Tuhan tidak pernah salah dalam menciptakan makhluk agar manusia terhindar dari kesombongan dan berbangga hati. Tuhan tidak pernah memberi tahu berapa panjang usia man usia agar manusia tidak lupa bahwa, hidup ini hanya sementara.

Dikutip dari: Hamdy Salad, "Tiga Bayangan" dalam Tak Ada Bintang di Dadanya, Yogyakarta, Interlude, 2016space

Tentukan nilai kehidupan dalam kutipan naskah drama tersebut!

> Dengan demikian, nilai kehidupan dalam kutipan naskah drama tersebut adalah nilai sosial, nilai moral, dan nilai religi.
Nama:Atiqah putri unari
Kelas:XII IPA 3
Absen:04

Jelaskan apa yang dimaksud dengan bahasa ekspresif!
Pembahasan: Bahasa ekspresif, yang memberikangambaran atas suasana pribadipengarang atau suasana hati tokohdalam cerita. Bahasa dalam noveljuga bersifat sugestif ataumempengaruhi pembacamempercayai cerita yangdikisahkan dalam novel.
Hafizh mengatakan…
Nama : Hafizh Yunna Putra
Kelas : 12 MIPA 3
No Absen : 9

1. Hafizh Yunna Putra (09)

2. Disajikan kutipan novel, peserta didik
dapat menganalisis penggunaan verba

3. Tentukan Kalimat Mental dalam kutipan berikut ini!

Apa yang dilakukan Prodo benar-benar membuat Pragina kesal. Perempuan itu berpikir bahwa Prodo, suaminya, telah berbuat tidak adil kepadanya.
“Mas, aku tidak bisa menerima perlakuan seperti ini,” ungkap Pragina.
“Mengapa? Tugasmu di rumah. Mengurus rumah dan anak-anak. Titik!”
Pragina menarik napas dalam-dalam.
“Sementara kau terus bepergian, Mas?” Tanya Pragina lemah.
“Ya”
“Berminggu-minggu?”
“Ya”
“Lukas dan Toni selalu menanyakanmu.”
“Itu tugasmu sebagai ibu untuk memahamkan mereka bahwa ayah
mereka harus pergi mencari nafkah!”
“Baiklah.” Pragina menyerah dan putus asa.

Jawaban : Pragina menyerah dan putus asa
Khoirunnisa mengatakan…
Nama :khoirunnisa
Kelas: 12 IPA 3
Absen: 14

Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan timbal balik. Lingkungan hidup ini mencakupi benda hidup dan benda mati. Benda hidup perlu makanan dan berkembang biak seperti manusia, binatang, dan tumbuhan. Benda mati antara lain tanah, air, api, batu, dan udara. ... terpelihara dengan baik, lingkungan hidup itu dapat menciptakan masyarakat yang sehat, aman, tenteram, lahir dan batin.
Kata hubung yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang teks laporan hasil observasi tersebut adalah ....
a. dan
b. tetapi
c. atau
d. jika

Jawab: d
Unknown mengatakan…
1. Nama: Putra Prayoga
Kelas:12 IPA 3
No.absen: 25

2.Indikator soal:Disajikan kutipan novel,peserta didik dapat menyimpulkan amanat cerita

3. “Hanya itu alasan dari Mama mengapa melarang Laras menikah dengan Dani?”

Bibir Laras menyinggung dengan sinis. “Oh, begitu liciknya yang ada di dalam pikiran Mama! Lalu, apa artinya kemuliaan dari hati Mama yang selama ini selalu Laras kagumi? Padahal Mama dulu tidak pernah mempermasalahkan status dari Dani yang masih belum bisa menemukan pekerjaan tetap. Demikian kakakku yang selama ini juga mendukungku, sekarang justru berbalik arah”.

Menurut kutipan dari cerpen yang ada di atas, konflik yang terjadi adalah….

A. Laras dan Dani yang membatalkan pernikahan
B. Keinginan Mama agar Laras bisa menjalani hidup yang bahagia
C. Laras yang dilarang untuk menikah dengan Dani oleh Mama dan kakaknya
D. Kakak yang tidak mendukung keinginan dari Laras untuk bisa menikah dengan Dani
Hafizh mengatakan…
38. Artikel
Skateboard adalah olahraga menggunakan papan luncur beroda yang banyak digemari kalangan anak muda.
Sebelum menjadi cabang olahraga, skateboard mulanya hanya dikategorikan sebagai alat transportasi, hiburan, seni, dan gaya hidup.

Skateboard pertama kali muncul pada 1950-an di California Selatan, Amerika Serikat.

Ketika itu, papan yang digunakan masih sangat sederhana dan biasanya menggunakan roda dari sepatu roda yang dibuat sendiri.

Di era itu, California menjadi pusat permainan skateboard. Gang-gang belakang gedung pun banyak dimanfaatkan sebagai arena bermain skateboard.

Pada 1959, untuk pertama kalinya, skateboard muncul secara komersial dan mulai diperjual belikan.

Bill Richard, seorang pemilik toko selancar LA, bekerja sama dengan Chicago Roller Skate Company membuat papan skateboard untuk dijual.

Tentukan Fakta yang terdapat pada artikel tersebut?

Jawaban :
Fakta pada artikel tersebut terdapat pada kalimat "Skateboard pertama kali muncul pada 1950-an di California Selatan, Amerika Serikat." Karena benar adanya menurut sejarahnya.

30. Pedagang : "Tuhan ... Tuhan, lindungi hamba-Mu ini, hamba masih senang hidup."

Petualang diam-diam bangkit, sambil mengusapi pakaiannya yang kena debu lantai. Dia mencibir senyum getir melihat Pedagang yang masih saja tiarap ketakutan. Pelan-pelan ia menggamit pundak Pedagang.

Petualang : "Sampai detik ini, doa Bapak terkabul. Bapak masih diperkenankan hidup."

Pedagang dengan geragapan bangkit. Kedua bibirnya gemetar. Matanya nyalang ke arah cangkir wedang di atas meja. Cepat ia menyambar cangkir dan minum isinya.

Petualang : "Jangan kecil hati Pak, itu ledakan peluru mortir masih jauh dari sini."

Jelaskan nilai-nilai yang terkandung dalam kutipan drama tersebut!
Pembahasan :
Beberapa contoh nilai-nilai dalam drama adalah nilai religi dan nilai sosial. Nilai religi adalah hal-hal yang dapat dijadikan pelajaran, berkaitan dengan ajaran agama. Nilai sosial adalah nilai-nilai yang yang bisa dipetik dari interaksi tokoh-tokoh dalam drama.
Pada kutipan drama tersebut terdapat kalimat:
• Pedagang : Tuhan ... Tuhan, lindungi hamba-Mu ini, hamba masih senang hidup. (nilai religi)
• Pelan-pelan ia menggamit pundak Pedagang. (nilai sosial)
Berdasarkan kedua kalimat tersebut kita dapat mengetahui nilai-nilai yang terkandung dalam kutipan drama tersebut yaitu religi dan sosial.

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS CERPEN TUKANG PIJIT KELILING

SOAL UTS 2015-2016

MENENTUKAN ISI PUISI, "TUHAN TELAH MENEGURMU"