XII IPS 1 PM. ASESMEN AKHIR TAHUN (AAT) SMT. VI

 SELASA, 14 FEBRUARI 2023

LINK : PM. AAT. SEMESTER VI 

Jawab pertanyaan berikut!

1. Cantumkan nama dan nomor absen!

2. Lihat kisi-kisi AAT. ada 50 soal !

3. Buatkan satu soal uraian disertai jawaban berdasarkan nomor absen masing-

    masing!

4.     Jawaban langsung diposting di kolom komentar!

                                                           

Jakarta,  14 Februari 2023

Drs. Parmono, M.Pd.

Pengampu Bahasa Indonesia

Komentar

Naomi Salsabila mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
alvin prnm mengatakan…
Nama : Alvin Adam Purnomo
Kelas : 12 IPS 1 / No.7

7). Prajurit Demak kian terdesak hebat. [....] Sudah tak terbilang dari prajurit pendukung Pangeran Pengiri itu yang terluka dan menemui ajalnya serta memilih menyerah. Kekuatan mereka pun kian compang-camping. Jatuhnya Pajang seperti tinggal menunggu waktu. Dan, benarlah. Prajurit-prajurit Demak yang tersisa memilih mengangkat tangan dan meletakkan senjata dibanding melawan terus.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan teks cerita sejarah tersebut adalah ...

= Di setiap wilayah peperangan, mereka terus terdesak mundur.
Naomi Salsabila mengatakan…
Nama : Naomi Salsabila Nasywa Avidah
Kelas : XII IPS 1
Absen : 28
Hari/tanggal : Selasa, 14 Februari 2023

1. Naomi Salsabila (28)

2. Disajikan kutipan cerita, peserta
didik dapat menyusun kritik dengan
baik dan benar

3. Cermati paragraf berikut!

Akulah Jibril, yang angin adalah aku, yang embun adalah aku, yang asap adalah aku, yang gemersik adalah aku, yang menghantarkan panas dan dingin. Aku mengirimkan kesejukan, pikiran segar yang mengajak giat belajar. Aku adalah yang menyodorkan keheranan dan sekaligus jawaban. Aku di kebun rimbun, aku di padang pasir, aku di laut, aku di gunung, aku di udara, kukirimkan layang-layangku kepadamu, kepada kalian.
(Mereka Toh Tidak Mungkin Menjaring Malaikat: Danarto)

Kalimat kritik yang sesuai dengan isi kutipan tersebut adalah ...
Jawaban : Menuntut pembaca harus lebih cermat untuk memahami isi cerita karena banyak menggunakan kata-kata lambang.
Regita Fitri Enjeline mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Sejarah datangnya jepang mengatakan…
Nama Angga Dwi prayoga
Absen:9

9.isi dari novel laskar pelangi?
Buku ini menceritakan tentang perjuangan Bu Muslimah dan Pak Harfan, dua orang guru yang memiliki dedikasi tinggi dalam dunia pendidikan, dimana dengan usaha dan kesungguhannya mereka berdua berhasil memajukan pendidikan di desa Gantong satu desa terpencil di pilau Balitong.
Rahmah Amani mengatakan…
Nama : Rahmah Amani
Kelas : XII IPS 1
No. Absen : 31

31. dalam sebuah teks drama terdapat nilai - nilai khusus yang ingin disampaikan, salah satunya adalah nilai budaya. jelaskan apa yang dimaksud dengan nilai budaya serta tuliskan satu contoh dari nilai budaya!
jawab :
nilai budaya adalah Nilai yang berkaitan dengan pikiran, akal budi, kepercayaan, kesenian, dan adat istiadat suatu tempat yang menjadi kebiasaan dan sulit diubah.
contoh : budaya masyarakat yang dimana orang tua selalu mengharapkan kelahiran seorang anak laki-laki agar dapat menjadi tulang punggung keluarga dan tempt menggantungkan impian
Regita Fitri Enjeline mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
muhammad sidik mengatakan…
NAMA MUHAMMAD SIDIK
KELAS XII IPS I
ABSEN 25

NO.25
Disajikan kutipan kritik, peserta didik
dapat menganalisis pernyataan
persuasif dalam kutipan tersebut.
JAWABAN=Intinya pidato persuasif adalah pidato yang mengajak/ mengimbau masyarakat agar mau melakukan apa yg di harapkan
Unknown mengatakan…
Nama : Adinda Sanggarwati Suwarno Putri
Kelas: 12 IPS 1

3. Ardi dan para relawan bergegas menyiapkan barak untuk para pengungsi. Tenda, tikar, dan lampu penerangan segera dia pasang. Tak lupa dapur umum juga dia siapkan. Obat-obatan, selimut, dan pos kesehatan pun telah didirikannya. Lapangan desa yang siang tadi masih lengang kini telah berubah drastis. Hiruk pikuk para relawan bertambah ramai dengan kedatangan para pengungsi. Mereka telah meninggalkan rumah di lereng gunung. Kesehatan jiwa lebih mereka utamakan.

Latar tempat cerita tersebut adalah : Lapangan desa, "Lapangan desa yang siang tadi masih lengang kini telah berubah drastis"
Unknown mengatakan…
NAMA: FITO ADIANSYAH
NO ABSEN : 16
SOAL: 16

Kehidupan Modern Mengikis Budaya Asli Indonesia

Masyarakat Indonesia yang mulai modern lambat laun melupakan budaya asli Indonesia. Sebagian masyarakat tidak lagi peduli dengan budaya asli dari negaranya sendiri. Mereka lebih tertarik dengan kebudayaan yang berasal dari luar negeri.

Perilaku masyarakat Indonesia tersebut dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh anak muda zaman sekarang lebih memilih bergaul di tempat-tempat modern, seperti mal dan kafe. Contoh nyata lainnya adalah anak kecil pada zaman sekarang lebih memilih bermain gawai daripada memainkan permainan tradisional, seperti petak umpet dan loncat tali. Lebih parah lagi, anak-anak tidak mengetahui ataupun mengenal budaya dari Indonesia.

Kehidupan modern seharusnya tidak membuat masyarakat meninggalkan budaya asli Indonesia. Sebaliknya, di era modern ini masyarakat bisa lebih mengenalkan budaya asli Indonesia ke kancah dunia. Selain itu, orang tua seharusnya mengenalkan permainan tradisional kepada anak. Dengan demikian, anak bisa mengenal budaya asli negaranya sendiri.

Manakah kata rujukan di paragraf pertama

(A.Mereka)
B.Tersebut
C.Memilih
D.Lambat laut
E.APAKAH
Setyabagus Arya Nugraha mengatakan…
Nama: Setyabagus Arya Nugraha
Kelas : XII IPS 1 / 35

35) Perhatikan teks di bawah ini!
Arai adalah yang paling cerdas diantara mereka bertiga, selalu mengutip kata-kata inspiratif dari berbagai sumber “tak semua yang dihitung bisa diperhitungkan dan tak semua yang diperhitungkan bisa dihitung”, sedangkan Ikal yang sangat mengidolakan H. Roma Irama akan mengutip kalimat dari lirik lagu raja dangdut tersebut “Darah muda adalah darahnya para remaja” sedangkan Jibron yang sangat menyukai kuda akan mengeluarkan kalimat yang tidak jauh-jauh dari bahasan tentang kuda.
Kehidupan SMA adalah perjalanan mencari jati diri. Arai, saat itu jatuh cinta pada teman sekelasnya, Zakia Nurmala, sedangkan Ikal jatuh cinta pada putri seorang cina, A Ling, dan Jimbron jatuh cinta padaku.

Setelah membaca teks diatas, apa kesimpulan dari teks tersebut?


Jawaban:
Kesimpulan Setelah membaca dan menganalisis novel "Sang Pemimpi" karya Andrea Hirata. Hal ini dapat disimpulkan sebagai sebuah novel yang baik, karena memiliki banyak nilai, yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari kita terutama nilai-nilai pendidikan. Nilai-nilai pendidikan yang berisi novel termasuk dengan aspek sosial dan agama. Berikut novel memberitahu betapa pentingnya untuk belajar dari mantan, mengambil semua pengalaman kami sebagai sekolah kehidupan, menghabiskan hidup kita untuk kebaikan dan menciptakan perdamaian, hidup harmonis dan saling membantu Novel other.
rifqah astiawati azmi mengatakan…
NAMA : RIFQAH ASTIAWATI AZMI
KELAS : 12 IPS 1
NO ABSEN : 34

34. Cermati penggalan teks berikut!
"Keadaan tersebut ternyata diketahui teman-temannya di Eropa. Mereka prihatin. Bob yang dulu hidup mapan dalam menikmati hidup harus terpuruk dalam kemiskinan. Keprihatinan juga datang dari saudara-saudaranya. Mereka menawarkan berbagai bantuan agar Bob bisa keluar dari keadaan tersebut. Namun, Bob menolaknya."

Nilai yang terdapat dalam penggalan teks tersebut adalah... nilai sosial
Abel/12 IPS 1 mengatakan…
Nama: Abel Jackson Revano
Kelas: XII IPS 1
No.absen: 2

2.) Bacalah teks berikut ini!

Kata sang kyai ketika Ontowiryo belajar baca tulis Jawa, "Harus kamu ketahui, bacaan Ha Na Ca Ra Ka, memang sepenuhnya adalah aksara. Tapi, ingat, dalam aksara ini sekaligus maktub pengertian dasar cara dan sikap Jawa, lewat sastra adiluhung, pada kawruh kearifan sangkan paraning dumadi."

Anak-anak seusia Ontowiryo yang lain bengong karena tidak mudeng kata-kata yang diucapkan sang kyai, tapi ajaib, Ontowiryo benar-benar menangkap dan meresapi ajaran itu.

Pendeskripsian watak tokoh Ontowiryo yang cerdas dalam kutipan tersebut melalui ...

Jawaban: pemaparan langsung

NATHANIA ZAHRANI mengatakan…
Nama : Nathania zahrani
Kelas : XII IPS 1
Absen : 29

Soal

29. Hal apa yang coba disampaikan oleh penggalan esai berikut ini?

Akhir-akhir ini kesenjangan ekonomi di Indonesia meningkat. Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya perubahan yang terjadi.

Adanya peningkatan kesenjangan empunya lahan di bidang pertanian, adanya kesenjangan untuk dapat akses berkumpul dalam kegiatan ekonomi; contohnya adalah petani yang kesulitan mendapatkan kredit pertanian.

Ada juga kesenjangan mendapat layanan masyarakat seperti pelayanan pendidikan dan kesehatan.

Jawaban:...
Kesenjangan sosial adalah sebuah isu ekonomi beberapa tahun ini.
Nama : PUTRI ANDIAN WAHYUNINGSIH
Kelas : XII IPS 1
No Absen : 30

(Musik mengalun dalam irama nyeri. Lampu menyala. Yatim dengan pakaian sederhana dan ikat kepala, duduk di ruang tamu rumah Radin. Kemudian Radin muncul dengan pakaian santai. Bercakap dengan Yatim, sahabatnya)Radin: Ya, beginilah rumahku, Yatim. Sudah tiga puluhan tahun kita berpisah. Bagaimana istri dan anak-anakmu? Baik-baik saja kan?

Yatim: Ya, begitulah. Keluarga baik, sehat walafiat. Ada apa kok meminta saya untuk datang kemari, Radin? Aku senang kau masih ingat namaku.

Radin: Oh, ya. Sebenarnya sudah lama aku ingin ketemu denganmu. Tapi, ya, karena berbagai kesibukan, aku jadi lupa tentang banyak hal. Juga orang-orang di kampung. Bagaimana kabar Yanti, Muna, dan Laila? Masihkah engkau pernah bertemu dengan mereka? Enak seperti kau, Yatim. Tenteram hidup di desa.

Yatim: Enak menurut orang kota,tapi di desa kan biasa saja, masih seperti dulu. Ngurusi anak-anak kampung, biar mereka tetap sekolah. Pemerintah kan belum bisa mengurusi anak-anak di kampung.

Radin: Kau masih ingat dulu, waktu kau jatuh dari pohon, lalu aku yang membawamu ke tukang pijat? Tapi, sekarang, Yatim, akulah yang jatuh dari pohon. Maukah engkau membawaku ke tukang pijat?

Yatim: Ah, Radin. Kau ini ada-ada saja.

Radin: Oh ya, bagaimana usahamu? Lancar? Wah, sudah lama aku ingin mengembangkan usaha di desa! Jika kau bersedia, saya bisa membantu segala kebutuhan yang diperlukan.

Yatim: Seperti cita-citamu, kau telah menjadi orang besar. Aku bahagia punya sahabat sepertimu. Namun, aku tak kalah bahagia menjadi diriku sendiri. Menerima hid up di desa dan berusaha sebagaimana orang desa.

Radin: Yatim, Yatim. Masa kau lupa bahwa setiap manusia itu punya pilihan. Punya nasibnya sendiri-sendiri.

Yatim: Ya, ya. Karena itu, aku percaya bahwa Tuhan tidak pernah pilih kasih dalam memberi rezeki agar manusia terhindar dari iri dan dengki. Tuhan tidak pernah salah dalam menciptakan makhluk agar manusia terhindar dari kesombongan dan berbangga hati. Tuhan tidak pernah memberi tahu berapa panjang usia man usia agar manusia tidak lupa bahwa, hidup ini hanya sementara.

Tentukan nilai kehidupan dalam kutipan naskah drama tersebut!

Jawaban

Jawaban
nilai kehidupan dalam kutipan naskah drama tersebut adalah nilai sosial, nilai moral, dan nilai religi.space
Pembahasan
Naskah drama memuat berbagai konflik yang sangat dekat dengan kehidupan nyata. Oleh karena itu, terdapat banyak nilai kehidupan yang dapat diambil dari sebuah naskah drama. Nilai kehidupan dalam drama tersebut adalah nilai sosial, nilai moral, dan nilai religi.

Berikut ini adalah analisis nilai kehidupan dalam kutipan naskah drama tersebut, yaitu:

Nilai sosial dibuktikan dengan sikap Radin, walaupun ia sudah menjadi orang besar tetapi tak melupakan teman seperjuangannya dulu. Selain itu, nilai sosial terkandung dari dialog Radin yang menyatakan bahwa kehidupan di desa lebih tenteram.
Nilai moral terkandung dalam kehidupan Yatim. Ia merasa bahagia menerima dirinya sendiri yang hidup di desa.
Nilai religi terlihat pada keyakinan Yatim atas kehendak Tuhan. Bagi Yatim, Tuhan tidak pernah pilih kasih dalam memberi rezeki agar manusia terhindar dari iri dan dengki.
Nama: Lukni Maulana Ihan
Kelas: XII IPS 1
ABSEN: 21


21. Bacalah penggalan esai berikut ini untuk menjawab soal nomor 5!

Saya bisa mengatakan bahwa penyair yang bebas dari diksi adalah penyair yang kurang peduli dengan kata-kata yang merupakan unsur bahasa.

Hal tersebut amat berbeda dengan karakter dari Amir Hamzah serta Chairil Anwar yang mawas akan kata-kata. Membebaskan diri dari kata hanya membuat kata jadi tidak penting.

Penyair seperti itu tidak peduli dengan diksi yang terlalu luas, tidak puitis, tidak berfantasi, dsb. Ia bebas menggunakan kata-kata…

Kalimat yang benar dan tepat sebagai pelengkap dari penggalan esai tersebut adalah…

a. kata-kata tak lagi menjadi tolak ukur kepenyairannya

b. kata-kata penting dalam berbagai proses kreatif

c. penyair menulis puisi seperti menulis prosa

d. penyair tak peduli dengan kata-kata puitis

e. objek yang dibahas hanya fokus pada hal yang menarik menurut pandangan penulis
Thierry Ezra mengatakan…
No. Absen: 39
Nama: Thierry Ezra Adrinaro
Kelas: XII IPS 1

39.
Korupsi merupakan salah satu masalah yang sulit diselesaikan di tiap negara. Mulai dari masalah institusi seperti kepolisian dan pengadilan, penyuapan, permainan proyek, manipulasi anggaran, memeras sampai penyalahgunaan wewenang sehingga berdampak pada ketimpangan sosial dan ketidakadilan. Dari temuan umum tren penindakan pada tahun 2021 ada 553 kasus dengan 1.173 tersangka yang berpotensi menyebabkan kerugian negara sebesar Rp 29,438 triliun menurut Koordinator Divisi Hukum dan Monitoring Peradilan ICW Lalola Easter dalam Peluncuran Laporan Tren Penindakan Korupsi 2021. Sementara, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tercatat telah menangani 1.194 kasus tindak pidana korupsi sejak 2004 hingga 2021. Jenis perkara tindak pidana korupsi yang terbanyak adalah penyuapan yakni sebanyak 775 kasus.

Uraikan fakta yang terdapat dalam artikel tersebut dan berikan alasannya!

Jawab:

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tercatat telah menangani 1.194 kasus tindak pidana korupsi sejak 2004 hingga 2021. Jenis perkara tindak pidana korupsi yang terbanyak adalah penyuapan yakni sebanyak 775 kasus.

Karena informasi tersebut dapat dibuktikan kebenarannya dan berisi data- data yang bersifat kuantitatif atau angka dan kualitatif atau sebuah pernyataan
Nama: Lukni Maulana Ihan
Kelas: XII IPS 1
ABSEN: 21


21. Bacalah penggalan esai berikut ini untuk menjawab soal nomor 5!

Saya bisa mengatakan bahwa penyair yang bebas dari diksi adalah penyair yang kurang peduli dengan kata-kata yang merupakan unsur bahasa.

Hal tersebut amat berbeda dengan karakter dari Amir Hamzah serta Chairil Anwar yang mawas akan kata-kata. Membebaskan diri dari kata hanya membuat kata jadi tidak penting.

Penyair seperti itu tidak peduli dengan diksi yang terlalu luas, tidak puitis, tidak berfantasi, dsb. Ia bebas menggunakan kata-kata…

Kalimat yang benar dan tepat sebagai pelengkap dari penggalan esai tersebut adalah…

a. kata-kata tak lagi menjadi tolak ukur kepenyairannya

b. kata-kata penting dalam berbagai proses kreatif

c. penyair menulis puisi seperti menulis prosa

d. penyair tak peduli dengan kata-kata puitis

e. objek yang dibahas hanya fokus pada hal yang menarik menurut pandangan penulis

Jawaban: A
Anonim mengatakan…
NAMA : FATHIAH JUNITA ZAHRA
KELAS : 12 IPS 1
ABSEN : 14

Di Jakarta, Surabaya, Makassar (1)… kota-kota besar lain ada orang orang (2)… penuh semangat menyampaikan pentingnya kemandirian pangan dengan menanam di kebun sendiri.

Tanpa dibayar, (3)… kadang mereka harus keluar uang sendiri (4)… memberi pelatihan cara bercocok tanam secara hidroponik.

Konjungsi yg tepat untuk melengkapi artikel diatas adalah…
jawab. (1) dan
(2) yang
(3) bahkan
(4) untuk
Galuh Arya wicaksono mengatakan…
Nama: Galuh Arya Wicaksono
Kelas : 12 IPS 1

Akhir-akhir ini kesenjangan ekonomi di Indonesia meningkat. Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya perubahan yang terjadi.

Adanya peningkatan kesenjangan empunya lahan di bidang pertanian, adanya kesenjangan untuk dapat akses berkumpul dalam kegiatan ekonomi; contohnya adalah petani yang kesulitan mendapatkan kredit pertanian.

Ada juga kesenjangan mendapat layanan masyarakat seperti pelayanan pendidikan dan kesehatan.

Jawaban:...
Kesenjangan sosial adalah sebuah isu ekonomi beberapa tahun ini.
revo mengatakan…
Nama : Revo alfajri
Kelas : XII IPS 1
Absen : 33
Hari/tanggal : Selasa, 14 Februari 2023

1. REVO ALFAJRI (33)

2. Disajikan kutipan cerita, peserta
didik dapat menyusun kritik dengan
baik dan benar

3. Cermati kutipan drama berikut!

“Hiduplah seolah-olah setiap hari adalah hari terakhirmu. Maka Kamu akan menghargai setiap waktu yang tersisa dalam hidup” – 49 Days.

kutipan drama di atas memiliki pesan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari yaitu?

Hiduplah dengan menghargai setiap waktu yang kamu punya, jangan membuang buang waktu dengan melakukan hal yang tak berguna
Unknown mengatakan…
Nama: Muhammad Tsaqib Adzhini
Absen:26
Kata sang kyai ketika Ontowiryo belajar baca tulis Jawa, "Harus kamu ketahui, bacaan Ha Na Ca Ra Ka, memang sepenuhnya adalah aksara. Tapi, ingat, dalam aksara ini sekaligus maktub pengertian dasar cara dan sikap Jawa, lewat sastra adiluhung, pada kawruh kearifan sangkan paraning dumadi."

Anak-anak seusia Ontowiryo yang lain bengong karena tidak mudeng kata-kata yang diucapkan sang kyai, tapi ajaib, Ontowiryo benar-benar menangkap dan meresapi ajaran itu.

Pendeskripsian watak tokoh Ontowiryo yang cerdas dalam kutipan tersebut melalui ...

Jawaban: pemaparan langsung
Regita Fitri Enjeline mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Regita Fitri Enjeline mengatakan…


Nama : Regita Fitri Enjeline
Kelas : 12 IPS I
NO : 32

Bacalah kutipan teks drama berikut!

Naomi : Hai, Kak Regita apa kabar? Perkanalkan, saya Naomi, Kak, siswa X-C.
Regita : Hai, Naomi.
Naomi: Kak, boleh saya ngobrol sebentar saja?
Regita : Iya, ada perlu apa ya?
Naomi : Kakak, kan kemarin memenangkan pidato bahasa Inggris tingkat nasional, bisa gak kakak jadi pembina klub bahasa Inggris di sekolah kita untuk satu semester ini saja? Kayaknya Bu Ningrum, semenjak beliau kuliah S-2 jadi agak sibuk nih, Kak. So beliau belum sempet lagi mengasuh English Club di sekolah kita!
Regita: Emangnya, gak ada orang lain, ya?
Naomi : Gak, ada Kak. Kakak cuma satu-satunya siswa yang paling kompeten English speaking-nya!
Regita : Aduh, sorry ya, bukannya gak bisa tapi jujur ya, gue masih punya kegiatan yang jauh lebih penting daripada ngurus English Club level sekolahan kayak gitu.
Naomi : Ayo, dong, Kak, please!
Regita : Aduh, maksa banget sih lo. Mending lo cari yang lain aja deh

pesan moral yang terdapat dalam penggalan teks drama di atas adalah...
Jawaban : Cuplikan dialog di atas berisi tentang nilai kehidupan agar kita tidak bersikap sombong dan merendahkan orang lain. Atau singkatnya “Janganlah bersikap sombong dan merendahkan orang lain.”
bielva mengatakan…
Nama : Bielva Fitriana
Kelas / Absen : XII IPS 1 / 12

(1) Minggu lalu, Jakarta kembali digenangi oleh banjir besar. (2) Ribuan rumah warga tenggelam. (3) Kerugian yang dialami hingga mencapai 39,5 milyar. (4) Seorang penduduk yang berasal dari luar Jakarta memberikan sebuah surat kabar kepada rekannya. (5) Surat tersebut berisi pendapatnya terhadap kondisi Jakarta. (6) Menurutnya, Jakarta ini malah tidak seperti kota metropolitan yang selama ini terlihat megah dan indah dalam sinetron.

(7) Orang Jakarta selalu mengatakan bahwa banjir yang melanda daerahnya adalah kiriman dari Bogor. (8) Orang bogor membantah dan mengatakan bahwa kerusakan yang terjadi di Jakarta adalah akibat dari perbuatan orang Jakarta yang menggusur petani lokal untuk membangun vila dan hotel di Puncak.

Opini pada tajuk di atas terdapat pada kalimat ...

Jawaban : (7) Orang Jakarta selalu mengatakan bahwa banjir yang melanda daerahnya adalah kiriman dari Bogor.
Silvi Olivia mengatakan…
Silvi Olivia Rissa
XII IPS 1
36

Menurut ibu yang didengarnya dari Ayah, sebab terjadi penikaman terhadap Opzichter itu selalu mengganggu istri-istri mereka, dan rupanya kuli-kuli kontrak itu sudah gelap matanya, tidak dapat lagi menahan hati melihat Opzichter itu mengganggu istri-istri mereka. Lalu mereka memutuskan ramai-ramai menyerang si Opzichter.
Kuli Kontrak, Mochtar Lubis

Konflik dalam kutipan tersebut adalah ….
= Konflik dalam sebuah cerita ada dua jenis, yaitu :
a. Konflik lahir yaitu pertentangan seorang dengan tokoh lain, bisa dalam bentuk pertengkaran, perkelahian atau perdebatan.
b. Konflik batin yaitu pertentangan antara perasaan, pikiran seseorang yang disebabkan oleh adanya dua gagasan atau lebih atau keinginan yang bertentangan dengan kenyataan.
konflik dalam novel ini merupakan konflik lahir yaitu Rasa marah (gelap mata) kuli-kuli kontrak terhadap Opzichter. merujuk kepada kalimat "rupanya kuli-kuli kontrak itu sudah gelap matanya, tidak dapat lagi menahan hati melihat Opzichter itu mengganggu istri-istri mereka."
NAMA: ARYA SATRIA WASESA NURSYAIFULLAH
KELAS: XII IPS 1

Menurut ibu yang didengarnya dari Ayah, sebab terjadi penikaman terhadap Opzichter itu selalu mengganggu istri-istri mereka, dan rupanya kuli-kuli kontrak itu sudah gelap matanya, tidak dapat lagi menahan hati melihat Opzichter itu mengganggu istri-istri mereka. Lalu mereka memutuskan ramai-ramai menyerang si Opzichter.
Kuli Kontrak, Mochtar Lubis

Konflik dalam kutipan tersebut adalah ….
= Konflik dalam sebuah cerita ada dua jenis, yaitu :
a. Konflik lahir yaitu pertentangan seorang dengan tokoh lain, bisa dalam bentuk pertengkaran, perkelahian atau perdebatan.
b. Konflik batin yaitu pertentangan antara perasaan, pikiran seseorang yang disebabkan oleh adanya dua gagasan atau lebih atau keinginan yang bertentangan dengan kenyataan.
konflik dalam novel ini merupakan konflik lahir yaitu Rasa marah (gelap mata) kuli-kuli kontrak terhadap Opzichter. merujuk kepada kalimat "rupanya kuli-kuli kontrak itu sudah gelap matanya, tidak dapat lagi menahan hati melihat Opzichter itu mengganggu istri-istri mereka."
Unknown mengatakan…
Nama: Sultan Abdullah
Kls: XII IPS 1
Absen: 38

disajikan kutipan drama peserta didik dapat menentukan konflik yg terdapat dalam kutipan drama tersebut?

Drama adalah karya sastra yang menggambarkan kehidupan manusia dengan dialog dan gerak untuk mendukung alur cerita. Drama disusun berdasarkan unsur intrinsik dan ekstrinsik. Salah satu unsur intrinsik pembangun drama adalah konflik, yaitu masalah yang terjadi dalam sebuah drama. Langkah-langkah menentukan konflik sebagai berikut:

Menentukan premis: menentukan nilai yang akan disampaikan di dalam cerita.
Menentukan protagonis: tokoh berwatak baik yang akan menjadi pembawa cerita.
Menentukan antagonisme: hal-hal yang akan dipertentangkan dengan aksi protagonis.


Konflik yang terkandung dalam kutipan drama tersebut adalah Pak Lurah tidak menanggapi laporan Pak Wongso.

Berdasarkan kutipan:

Wongso : Edan! Diam saja atau telinga Pak Lurah yang sudah budeg! Tiap hari saya datang kemari. Tiap hari saya ribut dengan Pak Lurah. Tiap hari saya teriak otot-ototan dergan Pak Lurah, tapi Pak Lurah cuma diam saja. Cuma planga plongo.

Dapat disimpulkan, masalah atau konflik yang terjadi pada kutipan drama tersebut adalah Wongso yang marah karena laporannya tidak pernah ditanggapi oleh Pak Lurah.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan D. space
Unknown mengatakan…
Nama:Daffa Harits
Kelas:XII IPS 1
Absen:13

Manakah kalimat berikut yang termasuk ke dalam kalimat fakta …
a. Tingginya air yang menggenangi ruas jalan di Bekasi memang tak seberapa.
b. Aksi blokir di jalan tol Pondok Aren Jakarta kembali terjadi.
c. Warga berharap pembangunan tol Semarang – Solo supaya bisa dipercepat
d. Berdasarkan informasi dar BMKG kelas I Juanda, kondisi langit berawan hingga hujan masih akan mewarnai langit daerah Surabaya.
e. Masyarakat terpaksa mengungsi lantaran terjadi banjir yang cukup tinggi.

Jawaban : b. Aksi blokir di jalan tol Pondok Aren Jakarta kembali terjadi.
Tiara Ramandani mengatakan…
Nama : Tiara Ramandani
Kelas : XII IPS 1

No Absen: 40. Jelaskan struktur teks artikel!
jawaban : Struktur artikel terdiri dari sejumlah komponen, seperti dilansir dari Modul Bahasa Indonesia Kelas XII oleh Indri Anatya Permatasari sebagai berikut:

1. Pengenalan Isu
Pengenalan isu berisi permasalahan, fenomena, atau peristiwa aktual. Bagian ini sama dengan teks editorial atau teks berisi pandangan redaksi dalam media massa. Perbedaannya, isu dalam teks editorial dipilih oleh redaksi media itu sendiri, sedangkan isu dalam artikel ditentukan berdasarkan minat penulisnya.
2. Rangkaian Argumentasi
Rangkaian argumentasi berupa pendapat atau opini penulis terkait dengan isi ataupun topik yang dibahas. Bagian ini dilengkapi sejumlah teori, pendukung, dan fakta baik yang diperoleh melalui pengamatan, wawancara, atau sumber-sumber lain. Dalam penulisan artikel opini, teori tidak terlalu ditekankan.
3. Penegasan Kembali
Penegasan kembali berusaha memberikan kesimpulan atas pembahasan sebelumnya. Bagian ini dapat disertai dengan solusi, harapan, ataupun saran-saran.
Unknown mengatakan…
NAMA: MUHAMAD ALIF FADILAH
KELAS: XII IPS 1

Menurut ibu yang didengarnya dari Ayah, sebab terjadi penikaman terhadap Opzichter itu selalu mengganggu istri-istri mereka, dan rupanya kuli-kuli kontrak itu sudah gelap matanya, tidak dapat lagi menahan hati melihat Opzichter itu mengganggu istri-istri mereka. Lalu mereka memutuskan ramai-ramai menyerang si Opzichter.
Kuli Kontrak, Mochtar Lubis

Konflik dalam kutipan tersebut adalah ….
= Konflik dalam sebuah cerita ada dua jenis, yaitu :
a. Konflik lahir yaitu pertentangan seorang dengan tokoh lain, bisa dalam bentuk pertengkaran, perkelahian atau perdebatan.
b. Konflik batin yaitu pertentangan antara perasaan, pikiran seseorang yang disebabkan oleh adanya dua gagasan atau lebih atau keinginan yang bertentangan dengan kenyataan.
konflik dalam novel ini merupakan konflik lahir yaitu Rasa marah (gelap mata) kuli-kuli kontrak terhadap Opzichter. merujuk kepada kalimat "rupanya kuli-kuli kontrak itu sudah gelap matanya, tidak dapat lagi menahan hati melihat Opzichter itu mengganggu istri-istri mereka."
Unknown mengatakan…
Nama : Keisya Hana Faradiba
Kelas : XII IPS 1
Absen : 19


19. Bacalah kutipan teks berikut ini!

Cerpen ini tidak banyak menggunakan kata-kata konotasi. Pengarang dengan gamblang menceritakan setiap kejadiannya, sehingga apa yang ia tuliskan bisa langsung tergambar dikepala pembacanya. Inilah salah satu kelebihan dari cerpen berjudul "Maling" karya Lidya Kartika Dewi ini. Cerpen ini juga sarat akan nilai moral dan sosial yang tersaji secara gamblang bagi para pembaca.
Kutipan di atas termasuk ke dalam struktur yang disebut ...

B. Evaluasi
Anonim mengatakan…
NAMA: Aulia purbaningrum
KELAS:XII IPS I
NO ABSEN:(11)
Indikator soal:Disajikan kutipan artikel, peserta didik
dapat mengevaluasi informasi berupa
fakta dalam kutipan teks berupa alasan

Perhatikan teks berikut ini!
Sepertinya banyak yang menaruh harapan tinggi kepada ganda campuran untuk dapat meraih gelar juara di India Terbuka Super Series. (2) Ganda campuran sangat berambisi untuk bisa meraih gelar ketiga kalinya di India. (3) Pada semi final kemarin, Aprilia harus kandas di tangan unggulan kedua asal Jerman. (4) Penonton mengakui kalau permainannya terlalu monoton dan sering terjadi kesalahan sendiri. (5) Permainan depan juga diduga melakukan banyak kesalahan seperti terburu-buru untuk mematikan bola.

Manakah kalimat yang berisi fakta dari paragraf di atas …
Jawaban : Kalimat 3
Unknown mengatakan…
NAMA:FIRTA RAMADIYAN
KLS:XII IPS

7). Prajurit Demak kian terdesak hebat. [....] Sudah tak terbilang dari prajurit pendukung Pangeran Pengiri itu yang terluka dan menemui ajalnya serta memilih menyerah. Kekuatan mereka pun kian compang-camping. Jatuhnya Pajang seperti tinggal menunggu waktu. Dan, benarlah. Prajurit-prajurit Demak yang tersisa memilih mengangkat tangan dan meletakkan senjata dibanding melawan terus.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan teks cerita sejarah tersebut adalah ...

= Di setiap wilayah peperangan, mereka terus terdesak mundur
Unknown mengatakan…
Nama : muhammad farrek ardan firmansyah
Kelas : XII IPS1
Absen : 24

24. Bacalah kutipan teks berikut!

Meskipun ada beberapa pekerjaan yang bisa kita lakukan sendiri, tetapi pekerjaan itu akan terasa berat dan hasilnya kurang memuaskan.

Kata kerja mental pada kutipan tersebut yaitu...
A. lalukan
B. pekerjaan
C. meskipun
D. memuaskan

Jawaban : D. memuaskan
Kata kerja mental adalah kata kerja yang menunjukkan kegiatan dari hasil pemikiran atau perasaan, dan persepsi terhadap sesuatu. Kata kerja mental biasa digunakan untuk menggambarkan suatu hal yang diketahui, didengar, diingat, dan dirasakan. Berdasarkan penjelasan ini, dapat diketahui bahwa kata kerja mental pada kutipan teks tersebut adalah memuaskan. Memuaskan merupakan kata kerja mental yang digunakan untuk memproyeksikan perasaan seseorang.
Anonim mengatakan…
Nama:Ali Dylan Ramadhan
Kelas: XII IPS 1
Absen:6

Soal no 6.Disajikan kutipan novel, peserta didik
dapat mengaitkan isi cerita dengan
kehidupan sehari-hari.


Jawab:Ketidakmampuan melupakan hal buruk masa lalu antara lain terdapat pada kalimat Semua kesibukan ini, pengalaman baru, tidak pernah mampu mengusir pergi kenangan itu.
Bukti bahwa dalam kehidupan sehari-hari banyak orang yang tidak bisa melupakan masa lalu adalah banyaknya artikel tentang tips melupakan masa lalu

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS CERPEN TUKANG PIJIT KELILING

SOAL UTS 2015-2016

MENENTUKAN ISI PUISI, "TUHAN TELAH MENEGURMU"