XII IPS 1 PM. ASESMEN AKHIR TAHUN KE-2

RABU, 15 FEBRUARI 2023

LINK : PM. AAT. SEMESTER VI

Jawab pertanyaan berikut!

1. Cantu mkan nama dan nomor absen!

2. Lihat kisi-kisi AAT. ada 50 soal !

3. Buatkan  2 soal uraian disertai jawaban dari kisi-kisi!

    (Utuk no. absen ganjil 2 soal no. genap)

    (Untuk no. absen genap 2 soal no. ganjil)

4. Soal uraian itu dengan awal kalimat 5 W + 1 H’

    (Apakah, mengapa, bagaimana, di mana kapan, dan siapa)

4.     Jawaban langsung diposting di kolom komentar!

                                                           

Jakarta,  15  Februari 2023

Drs. Parmono, M.Pd.

Pengampu Bahasa Indonesia


Komentar

Unknown mengatakan…
Nama : Adinda Sanggarwati Suwarno Putri
Kelas: XII IPS 1

3. Radif memeriksa tasnya berulang kali dengan raut wajah kebingungan. Edi pun menanyakan apa yang sedang dicari Radif. Buku gambar Radif tertinggal di rumah. Radif tergesa-gesa berangkat sekolah karena bangun kesiangan. Edi hanya tersenyum mendengarnya karena buku gambarnya juga ketinggalan. Mereka pun segera menghabiskan soto dan es tehnya. Radif dan Edi berencana pergi ke koperasi bersama-sama. Berbagai jenis buku gambar tersedia di koperasi. Namun, bel masuk kelas telah berbunyi. Mereka pun segera bangkit menuju petugas kantin untuk membayar jajanannya. Dalam hati Radif sangat berharap bisa sampai kelas sebelum Bu Ani masuk.

Latar tempat cerita tersebut adalah : kantin "mereka pun segera bangkit menuju petugas kantin untuk membayar jajanannya"


Ardi dan para relawan bergegas menyiapkan barak untuk para pengungsi. Tenda, tikar, dan lampu penerangan segera dia pasang. Tak lupa dapur umum juga dia siapkan. Obat-obatan, selimut, dan pos kesehatan pun telah didirikannya. Lapangan desa yang siang tadi masih lengang kini telah berubah drastis. Hiruk pikuk para relawan bertambah ramai dengan kedatangan para pengungsi. Mereka telah meninggalkan rumah di lereng gunung. Kesehatan jiwa lebih mereka utamakan.

Latar tempat cerita tersebut adalah : lapangan desa "Lapangan desa yang siang tadi masih lengang kini telah berubah drastis"
Abel/12 IPS 1 mengatakan…
Nama: Abel Jackson Revano
Kelas: XII IPS 1
No.absen: 2

3.) Di dekat hutan, tumbuh sebatang pohon mangga di pinggir sungai. Pada dahan pohon mangga itu tumbuh benalu. Benalu sering mengejek tanaman padi. Menurut benalu, padi itu bodoh. Padi hidup di sawah berdasak-desakan, mencari makan sendiri-sendiri, diinjak-injak kerbau, dipotong, lalu dimakan manusia. Mendengar ejekan benalu, padi tidak marah. Ia tetap bersabar.

Latar cerita di atas adalah?
Jawabannya: Di sungai


5.) Amanat apa yang dapat dipetik dari kisah legenda Danau Toba…
Jawabannya: Jika sudah berjanji wajib ditepati
Unknown mengatakan…
Nama : Putri Andian Wahyuningsih
Kelas : XII IPS 1
No Absen : 30

3. Radif memeriksa tasnya berulang kali dengan raut wajah kebingungan. Edi pun menanyakan apa yang sedang dicari Radif. Buku gambar Radif tertinggal di rumah. Radif tergesa-gesa berangkat sekolah karena bangun kesiangan. Edi hanya tersenyum mendengarnya karena buku gambarnya juga ketinggalan. Mereka pun segera menghabiskan soto dan es tehnya. Radif dan Edi berencana pergi ke koperasi bersama-sama. Berbagai jenis buku gambar tersedia di koperasi. Namun, bel masuk kelas telah berbunyi. Mereka pun segera bangkit menuju petugas kantin untuk membayar jajanannya. Dalam hati Radif sangat berharap bisa sampai kelas sebelum Bu Ani masuk.

Latar tempat cerita tersebut adalah : kantin "mereka pun segera bangkit menuju petugas kantin untuk membayar jajanannya"


5. Ardi dan para relawan bergegas menyiapkan barak untuk para pengungsi. Tenda, tikar, dan lampu penerangan segera dia pasang. Tak lupa dapur umum juga dia siapkan. Obat-obatan, selimut, dan pos kesehatan pun telah didirikannya. Lapangan desa yang siang tadi masih lengang kini telah berubah drastis. Hiruk pikuk para relawan bertambah ramai dengan kedatangan para pengungsi. Mereka telah meninggalkan rumah di lereng gunung. Kesehatan jiwa lebih mereka utamakan.

Latar tempat cerita tersebut adalah : lapangan desa "Lapangan desa yang siang tadi masih lengang kini telah berubah drastis"
Unknown mengatakan…
Nama : PUTRI ANDIAN WAHYUNINGSIH
Kelas : XII IPS 1
No Absen : 30

3.) Di dekat hutan, tumbuh sebatang pohon mangga di pinggir sungai. Pada dahan pohon mangga itu tumbuh benalu. Benalu sering mengejek tanaman padi. Menurut benalu, padi itu bodoh. Padi hidup di sawah berdasak-desakan, mencari makan sendiri-sendiri, diinjak-injak kerbau, dipotong, lalu dimakan manusia. Mendengar ejekan benalu, padi tidak marah. Ia tetap bersabar.

Latar cerita di atas adalah?
Jawabannya: Di sungai


5.) Amanat apa yang dapat dipetik dari kisah legenda Danau Toba…
Jawabannya: Jika sudah berjanji wajib ditepati
Naomi Salsabila mengatakan…
Nama : Naomi Salsabila Nasywa Avidah
Kelas : XII IPS 1
Absen : 28
Hari/tanggal : Rabu, 15 Februari 2023

1. Naomi Salsabila (28)

2. Kisi-Kisi No 7
Disajikan kutipan novel dengan
kalimat yang rumpang, peserta didik
dapat memilih ungkapan yang tepat
sesuai isi cerita.
Kisi-Kisi No 9
Disajikan kutipan novel, peserta didik
dapat menganalisis penggunaan verba
mental dalam kutipan tersebut.


3. “Perkebunan Strawbery dan perkebunan apel merupakan kawasan …. yang sangat menarik dikunjungi untuk mengisi liburan sekolah."

Apa Istilah yang tepat untuk melengkapi bagian kalimat yang rumpang?
Jawaban : Agrowisata

Rizky merasa bahwa tindakannya pulang ke rumah tepat waktu setelah bekerja telah sesuai dengan tata tertib perusahaan.

Apa kata kerja mental dari kutipan cerita di atas?
Jawaban : Merasa
Unknown mengatakan…
Nama: Sultan Abdullah
Kls: XII IPS 1
Absen: 38

3. Radif memeriksa tasnya berulang kali dengan raut wajah kebingungan. Edi pun menanyakan apa yang sedang dicari Radif. Buku gambar Radif tertinggal di rumah. Radif tergesa-gesa berangkat sekolah karena bangun kesiangan. Edi hanya tersenyum mendengarnya karena buku gambarnya juga ketinggalan. Mereka pun segera menghabiskan soto dan es tehnya. Radif dan Edi berencana pergi ke koperasi bersama-sama. Berbagai jenis buku gambar tersedia di koperasi. Namun, bel masuk kelas telah berbunyi. Mereka pun segera bangkit menuju petugas kantin untuk membayar jajanannya. Dalam hati Radif sangat berharap bisa sampai kelas sebelum Bu Ani masuk.

Latar tempat cerita tersebut adalah : kantin "mereka pun segera bangkit menuju petugas kantin untuk membayar jajanannya"


Ardi dan para relawan bergegas menyiapkan barak untuk para pengungsi. Tenda, tikar, dan lampu penerangan segera dia pasang. Tak lupa dapur umum juga dia siapkan. Obat-obatan, selimut, dan pos kesehatan pun telah didirikannya. Lapangan desa yang siang tadi masih lengang kini telah berubah drastis. Hiruk pikuk para relawan bertambah ramai dengan kedatangan para pengungsi. Mereka telah meninggalkan rumah di lereng gunung. Kesehatan jiwa lebih mereka utamakan.

Latar tempat cerita tersebut adalah : lapangan desa "Lapangan desa yang siang tadi masih lengang kini telah berubah drastis"
Regita Fitri Enjeline mengatakan…
Nama : Regita Fitri Enjeline
Kelas : XII-IPS 1
NO : 32

Indikator soal :
(29) Disajikan kutipan cerita, peserta didik dapat menyusun esai dengan baik dan benar.

Cermatilah kutipan berikut!
Aku harus ke Bali. Malam ini juga. BOM! Aku harus memastikan keselamatan mereka. Tidak pakai menunggu telepon. Harus melihat langsung. Aku mengusap wajah. Lihatlah, wajahku terlihat tegang sekali. Tidak pernah aku secemas ini. Pria berumur tiga puluh lima tahun yang selama ini matang menyikapi banyak masalah, mapan dalam karier, berkelimpahan materi, tidak terbayangkan mendesah berkali-kali memandangi wajah sendiri di cermin lift.

Apa kalimat esai yang sesuai dengan isi kutipan di atas?
Jawaban : Penulis berhasil menggambarkan ketegangan yang dialami tokoh.


Indikator soal :
(33) Disajikan kutipan buku nonfiksi, peserta didik dapat menentukan nilai dari kutipan tersebut.

Hari yang indah dengan harapan yang kudambakan kini ada di hadapan. Doaku yang selama ini terpanjat ternyata memang didengarkan oleh Yang Maha Esa. Sabar dan ikhlas ku menerima semua cobaan ini dan terbayar dengan kesembuhan. Kini, Aku telah bisa melakukan apapun untuk hidupku yang telah hilang entah kemana. Aku ingin menjadikan sedih menjadi keceriaan. (Surat Kecil untuk Tuhan – Ages D)
Menurut pendapatmu apa nilai yang tersirat dalam kutipan buku fiksi di atas adalah…
Jawaban :
Nilai yang dapat diambil dari kutipan buku fiksi diatas adalah nilai religius
alvin prnm mengatakan…
Nama : Alvin Adam Purnomo (7)
Kelas : 12 IPS 1

Kisi-kisi No.6
Disajikan kutipan novel, peserta didik
dapat mengaitkan isi cerita dengan
kehidupan sehari-hari.
Kisi-kisi No.8
Disajikan kutipan novel, peserta didik
dapat menganalisis penggunaan majas dalam kutipan cerita.

6. Laki-laki romantis adalah laki-laki yang bisa membuat perempuan tertawa. Ratih teringat kalimat di sebuah buku: menikahlah dengan laki-laki pertama yang membuatmu tertawa. Ia lupa judulnya. Yang tak ia lupa ialah ketika Eka datang ke rumahnya pertama kali pada malam Jumat. Tidak membawa bunga, tapi martabak. "Pertama, mesti kutegaskan," katanya. Aku sengaja datang malam Jumat, karna tahu, malam Minggu kamu sudah milik orang lain. Aku tak berhak mengganggunya. Seseorang yang bahagia adalah seseorang yang diberi kesempatan memilih dalam hidup. Maka aku memberimu kesempatan agar kamu bisa memilih sendiri­ kebahagiaanmu. Tak peduli, apakah bagimu nantinya aku pilihan kedua atau pertama."

"Jadi, kamu tahu aku sudah punya pacar?"

"Kalau perempuan semanis kamu tidak punya pacar, pasti ada yang salah pada selera semua laki-laki di dunia ini."

Ratih tertawa.

"Dan kedua, soal martabak ini. Sebagai anak kost, aku mesti yakin bahwa aku tidak membelikanmu sesuatu yang akan sia-sia. ltu sebabnya aku membawakanmu martabak."

"Kenapa?"

"Karena bila kamu tak suka, aku bisa memakannya sendiri."

Keterkaitan isi kutipan cerpen tersebut dengan kehidupan sehari-hari adalah ...
= Perempuan yang cenderung mencari pasangan yang dapat membuatnya bahagia.


8. Hati saya pun terasa lega selega angkasa, sekaligus merasa beruntung dapat ketemu seseorang yang santun di tengah lingkungan yang sudah cemas dengan akuisme dan nafsu-nafsu pribadi.

Majas yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut yaitu ....
= hiperbola
Unknown mengatakan…
NAMA:FIRTA RAMADIYAN
KLS:XII IPS 1
Indikator soal :
(29) Disajikan kutipan cerita, peserta didik dapat menyusun esai dengan baik dan benar.

Cermatilah kutipan berikut!
Aku harus ke Bali. Malam ini juga. BOM! Aku harus memastikan keselamatan mereka. Tidak pakai menunggu telepon. Harus melihat langsung. Aku mengusap wajah. Lihatlah, wajahku terlihat tegang sekali. Tidak pernah aku secemas ini. Pria berumur tiga puluh lima tahun yang selama ini matang menyikapi banyak masalah, mapan dalam karier, berkelimpahan materi, tidak terbayangkan mendesah berkali-kali memandangi wajah sendiri di cermin lift.

Apa kalimat esai yang sesuai dengan isi kutipan di atas?
Jawaban : Penulis berhasil menggambarkan ketegangan yang dialami tokoh.


Indikator soal :
(33) Disajikan kutipan buku nonfiksi, peserta didik dapat menentukan nilai dari kutipan tersebut.

Hari yang indah dengan harapan yang kudambakan kini ada di hadapan. Doaku yang selama ini terpanjat ternyata memang didengarkan oleh Yang Maha Esa. Sabar dan ikhlas ku menerima semua cobaan ini dan terbayar dengan kesembuhan. Kini, Aku telah bisa melakukan apapun untuk hidupku yang telah hilang entah kemana. Aku ingin menjadikan sedih menjadi keceriaan. (Surat Kecil untuk Tuhan – Ages D)
Menurut pendapatmu apa nilai yang tersirat dalam kutipan buku fiksi di atas adalah…
Jawaban :
Nilai yang dapat diambil dari kutipan buku fiksi diatas adalah nilai religius
Unknown mengatakan…
Nama:Alwi azis
Kls:XII IPS1
No absen:8
3.) Di dekat hutan, tumbuh sebatang pohon mangga di pinggir sungai. Pada dahan pohon mangga itu tumbuh benalu. Benalu sering mengejek tanaman padi. Menurut benalu, padi itu bodoh. Padi hidup di sawah berdasak-desakan, mencari makan sendiri-sendiri, diinjak-injak kerbau, dipotong, lalu dimakan manusia. Mendengar ejekan benalu, padi tidak marah. Ia tetap bersabar.

Latar cerita di atas adalah?
Jawabannya: Di sungai


5.) Amanat apa yang dapat dipetik dari kisah legenda Danau Toba…
Jawabannya: Jika sudah berjanji wajib ditepati
Unknown mengatakan…
Nama:Abdillah Nur hakim
Kls:XII IPS1
No absen:1
3.) Di dekat hutan, tumbuh sebatang pohon mangga di pinggir sungai. Pada dahan pohon mangga itu tumbuh benalu. Benalu sering mengejek tanaman padi. Menurut benalu, padi itu bodoh. Padi hidup di sawah berdasak-desakan, mencari makan sendiri-sendiri, diinjak-injak kerbau, dipotong, lalu dimakan manusia. Mendengar ejekan benalu, padi tidak marah. Ia tetap bersabar.

Latar cerita di atas adalah?
Jawabannya: Di sungai


5.) Amanat apa yang dapat dipetik dari kisah legenda Danau Toba…
Jawabannya: Jika sudah berjanji wajib ditepati
Siap pak dosen parmono😍
Anonim mengatakan…
NAMA = AKMAL YUSNIZAR
KELAS = 12 IPS1
NO ABSEN = 4

Cermatilah kutipan berikut!
Aku harus ke Bali. Malam ini juga. BOM! Aku harus memastikan keselamatan mereka. Tidak pakai menunggu telepon. Harus melihat langsung. Aku mengusap wajah. Lihatlah, wajahku terlihat tegang sekali. Tidak pernah aku secemas ini. Pria berumur tiga puluh lima tahun yang selama ini matang menyikapi banyak masalah, mapan dalam karier, berkelimpahan materi, tidak terbayangkan mendesah berkali-kali memandangi wajah sendiri di cermin lift.

Apa kalimat esai yang sesuai dengan isi kutipan di atas?
Jawaban : Penulis berhasil menggambarkan ketegangan yang dialami tokoh.


Indikator soal :
(33) Disajikan kutipan buku nonfiksi, peserta didik dapat menentukan nilai dari kutipan tersebut.

Hari yang indah dengan harapan yang kudambakan kini ada di hadapan. Doaku yang selama ini terpanjat ternyata memang didengarkan oleh Yang Maha Esa. Sabar dan ikhlas ku menerima semua cobaan ini dan terbayar dengan kesembuhan. Kini, Aku telah bisa melakukan apapun untuk hidupku yang telah hilang entah kemana. Aku ingin menjadikan sedih menjadi keceriaan. (Surat Kecil untuk Tuhan – Ages D)
Menurut pendapatmu apa nilai yang tersirat dalam kutipan buku fiksi di atas adalah…
Jawaban :
Nilai yang dapat diambil dari kutipan buku fiksi diatas adalah nilai religius
Unknown mengatakan…
NAMA: MUHAMAD ALIF FADILAH
KLS: XII IPS 1
NO ABSEN: 23
Indikator soal :
(29) Disajikan kutipan cerita, peserta didik dapat menyusun esai dengan baik dan benar.

Cermatilah kutipan berikut!
Aku harus ke Bali. Malam ini juga. BOM! Aku harus memastikan keselamatan mereka. Tidak pakai menunggu telepon. Harus melihat langsung. Aku mengusap wajah. Lihatlah, wajahku terlihat tegang sekali. Tidak pernah aku secemas ini. Pria berumur tiga puluh lima tahun yang selama ini matang menyikapi banyak masalah, mapan dalam karier, berkelimpahan materi, tidak terbayangkan mendesah berkali-kali memandangi wajah sendiri di cermin lift.

Apa kalimat esai yang sesuai dengan isi kutipan di atas?
Jawaban : Penulis berhasil menggambarkan ketegangan yang dialami tokoh.


Indikator soal :
(33) Disajikan kutipan buku nonfiksi, peserta didik dapat menentukan nilai dari kutipan tersebut.

Hari yang indah dengan harapan yang kudambakan kini ada di hadapan. Doaku yang selama ini terpanjat ternyata memang didengarkan oleh Yang Maha Esa. Sabar dan ikhlas ku menerima semua cobaan ini dan terbayar dengan kesembuhan. Kini, Aku telah bisa melakukan apapun untuk hidupku yang telah hilang entah kemana. Aku ingin menjadikan sedih menjadi keceriaan. (Surat Kecil untuk Tuhan – Ages D)
Menurut pendapatmu apa nilai yang tersirat dalam kutipan buku fiksi di atas adalah…
Jawaban :
Nilai yang dapat diambil dari kutipan buku fiksi diatas adalah nilai religius
Nama: Lukni Maulana Ihan
Kelas: XII IPS 1
Absen: 21

1. Apa simpulan esai yang tepat dan sesuai dengan cuplikan esai berrikut ini!

Pada periode awal kepenyairannya, Taufiq Ismail cenderung menekankan citraan visual dalam menggabarkan pengalaman estetik yang dibentuk oleh pengamatannya yang tajam terhadap momen-momen penting peristiwa sejarah. Ia mendayagunakan kekuatan bahasa figurative (majas), puisi yang efektif untuk membangun imajinatif pembaca. Sejak tahun 1970-an hingga periode mutakhir kepenyairannya, sajak-sajak Taufiq cenderung “prosaik naratif”. Ia menggunakan bahasa diskursif yang diselingi dengan permainan kata yang indah dan memikat.
Jawaban: Dengan demikian, jelaslah bahwa bahasa yang digunakan Taufiq Ismail sangat membantu pembaca memahami puisinya sehingga karyanya tergolong komunikatif

2. Apa saja yang termasuk prinsip-prinsip penulisan sebuah kritik sastra?
Jawaban: a) Kritik bersifat membangun ( Konstruktif).

b) Merupaka kupasan, pembahasan, ulasan suatu karya.

c) Kritik tidak bertujuan untuk menjatuhkan atau mendiskritkan sebuah kaya atau penulis.

d) Tujuan kritik adalah untuk memperkaya khazanah sastra.

e) Yang dikritik adalah karya orang lain.

f) Menggunakan bahasa yang lugas yang tidak menimbulkan penafsiran ganda
Unknown mengatakan…
Nama :FITO ADIANSYAH
Kelas : XII IPS 1
No Absen :16

3.) Di dekat hutan, tumbuh sebatang pohon mangga di pinggir sungai. Pada dahan pohon mangga itu tumbuh benalu. Benalu sering mengejek tanaman padi. Menurut benalu, padi itu bodoh. Padi hidup di sawah berdasak-desakan, mencari makan sendiri-sendiri, diinjak-injak kerbau, dipotong, lalu dimakan manusia. Mendengar ejekan benalu, padi tidak marah. Ia tetap bersabar.

Latar cerita di atas adalah?
Jawabannya: Di sungai


5.) Amanat apa yang dapat dipetik dari kisah legenda Danau Toba…
Jawabannya: Jika sudah berjanji wajib ditepati
NAMA: ARYA SATRIA WASESA NURSYAIFULLAH
KELAS: XII IPS 1
ABSEN:10

3. Radif memeriksa tasnya berulang kali dengan raut wajah kebingungan. Edi pun menanyakan apa yang sedang dicari Radif. Buku gambar Radif tertinggal di rumah. Radif tergesa-gesa berangkat sekolah karena bangun kesiangan. Edi hanya tersenyum mendengarnya karena buku gambarnya juga ketinggalan. Mereka pun segera menghabiskan soto dan es tehnya. Radif dan Edi berencana pergi ke koperasi bersama-sama. Berbagai jenis buku gambar tersedia di koperasi. Namun, bel masuk kelas telah berbunyi. Mereka pun segera bangkit menuju petugas kantin untuk membayar jajanannya. Dalam hati Radif sangat berharap bisa sampai kelas sebelum Bu Ani masuk.

Latar tempat cerita tersebut adalah : kantin "mereka pun segera bangkit menuju petugas kantin untuk membayar jajanannya"


Ardi dan para relawan bergegas menyiapkan barak untuk para pengungsi. Tenda, tikar, dan lampu penerangan segera dia pasang. Tak lupa dapur umum juga dia siapkan. Obat-obatan, selimut, dan pos kesehatan pun telah didirikannya. Lapangan desa yang siang tadi masih lengang kini telah berubah drastis. Hiruk pikuk para relawan bertambah ramai dengan kedatangan para pengungsi. Mereka telah meninggalkan rumah di lereng gunung. Kesehatan jiwa lebih mereka utamakan.

Latar tempat cerita tersebut adalah : lapangan desa "Lapangan desa yang siang tadi masih lengang kini telah berubah drastis"
rifqah astiawati azmi mengatakan…
NAMA : RIFQAH ASTIAWATI AZMI
KELAS : 12 IPS 1
ABSEN : 34

1. Disajikan kutipan novel, peserta didik dapat
menganalisis cara pengarang menempatkan
dirinya dalam cerita

Pertanyaan = Bagaimana cara pengarang menempatkan dirinya dalam cerita?
Jawaban = Cara pengarang menempatkan dirinya dalam cerita yaitu dengan sudut pandang

3. Disajikan kutipan novel minimal lima
kalimat, peserta didik dapat menganalisis
kalimat yang menggambarkan latar dalam
cerita

Pagi itu di serambi depan rumahnya, Pak Burhan merencanakan kegiatan wisata keluarga. Beliau mengajak anak-anak bermusyawarah.

“Ke pantai saja. Di sana kita bisa naik perahu, bermain pasir, dan menangkap ikan,” kata Umar.

“Jangan! Ke museum saja. Di sana banyak hal dapat kita pelajari,” sahut Linda.

“Keduanya sama-sama baik. Kita akan mengunjungi keduanya tetapi tidak bisa dalam waktu bersamaan,” sela ibu mereka.

“Ya, kali ini kita ke pantai, berikutnya kita akan ke museum,” kata ayah memutuskan.

Pertanyaan = Di mana latar tempat pada teks tersebut?
Jawaban = Di serambi depan rumah
NATHANIA ZAHRANI mengatakan…
Nama : Nathania zahrani
Kelas : XII IPS 1
Absen : 29

Soal

29. Hal apa yang coba disampaikan oleh penggalan esai berikut ini?

Akhir-akhir ini kesenjangan ekonomi di Indonesia meningkat. Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya perubahan yang terjadi.

Adanya peningkatan kesenjangan empunya lahan di bidang pertanian, adanya kesenjangan untuk dapat akses berkumpul dalam kegiatan ekonomi; contohnya adalah petani yang kesulitan mendapatkan kredit pertanian.

Ada juga kesenjangan mendapat layanan masyarakat seperti pelayanan pendidikan dan kesehatan.

Jawaban:...
Kesenjangan sosial adalah sebuah isu ekonomi beberapa tahun ini.
Unknown mengatakan…
Nama: Muhammad Tsaqib Adzhini
Kelas: 12 IPS 1
Absen:26

Cermatilah kutipan berikut!
Aku harus ke Bali. Malam ini juga. BOM! Aku harus memastikan keselamatan mereka. Tidak pakai menunggu telepon. Harus melihat langsung. Aku mengusap wajah. Lihatlah, wajahku terlihat tegang sekali. Tidak pernah aku secemas ini. Pria berumur tiga puluh lima tahun yang selama ini matang menyikapi banyak masalah, mapan dalam karier, berkelimpahan materi, tidak terbayangkan mendesah berkali-kali memandangi wajah sendiri di cermin lift.

Apa kalimat esai yang sesuai dengan isi kutipan di atas?
Jawaban : Penulis berhasil menggambarkan ketegangan yang dialami tokoh.


Indikator soal :
(33) Disajikan kutipan buku nonfiksi, peserta didik dapat menentukan nilai dari kutipan tersebut.

Hari yang indah dengan harapan yang kudambakan kini ada di hadapan. Doaku yang selama ini terpanjat ternyata memang didengarkan oleh Yang Maha Esa. Sabar dan ikhlas ku menerima semua cobaan ini dan terbayar dengan kesembuhan. Kini, Aku telah bisa melakukan apapun untuk hidupku yang telah hilang entah kemana. Aku ingin menjadikan sedih menjadi keceriaan. (Surat Kecil untuk Tuhan – Ages D)
Menurut pendapatmu apa nilai yang tersirat dalam kutipan buku fiksi di atas adalah…
Jawaban :
Nilai yang dapat diambil dari kutipan buku fiksi diatas adalah nilai religius
Thierry Ezra mengatakan…
Nama: Thierry Ezra Adrinaro
Kelas: XII IPS 1
No. Absen: 39

Korupsi merupakan salah satu masalah yang sulit diselesaikan di tiap negara. Mulai dari masalah institusi seperti kepolisian dan pengadilan, penyuapan, permainan proyek, manipulasi anggaran, memeras sampai penyalahgunaan wewenang sehingga berdampak pada ketimpangan sosial dan ketidakadilan. Dari temuan umum tren penindakan pada tahun 2021 ada 553 kasus dengan 1.173 tersangka yang berpotensi menyebabkan kerugian negara sebesar Rp 29,438 triliun menurut Koordinator Divisi Hukum dan Monitoring Peradilan ICW Lalola Easter dalam Peluncuran Laporan Tren Penindakan Korupsi 2021. Sementara, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tercatat telah menangani 1.194 kasus tindak pidana korupsi sejak 2004 hingga 2021. Jenis perkara tindak pidana korupsi yang terbanyak adalah penyuapan yakni sebanyak 775 kasus.

10. Apa saja fakta yang terdapat dalam kutipan artikel tersebut?
Jawab:
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tercatat telah menangani 1.194 kasus tindak pidana korupsi sejak 2004 hingga 2021. Jenis perkara tindak pidana korupsi yang terbanyak adalah penyuapan yakni sebanyak 775 kasus.

12. Apa saja opini yang terdapat dalam kutipan artikel tersebut?
Jawab:
Korupsi merupakan salah satu masalah yang sulit diselesaikan di tiap negara. Mulai dari masalah institusi seperti kepolisian dan pengadilan, penyuapan, permainan proyek, manipulasi anggaran, memeras sampai penyalahgunaan wewenang sehingga berdampak pada ketimpangan sosial dan ketidakadilan.
Silvi Olivia mengatakan…
Silvi Olivia Rissa
XII IPS 1
36

A.
Menurut ibu yang didengarnya dari Ayah, sebab terjadi penikaman terhadap Opzichter itu selalu mengganggu istri-istri mereka, dan rupanya kuli-kuli kontrak itu sudah gelap matanya, tidak dapat lagi menahan hati melihat Opzichter itu mengganggu istri-istri mereka. Lalu mereka memutuskan ramai-ramai menyerang si Opzichter.
Kuli Kontrak, Mochtar Lubis

Apakah kalimat yang menunjukkan konflik dalam kutipan tersebut ...
= konflik dalam novel ini merupakan konflik lahir yaitu Rasa marah (gelap mata) kuli-kuli kontrak terhadap Opzichter. merujuk kepada kalimat "rupanya kuli-kuli kontrak itu sudah gelap matanya, tidak dapat lagi menahan hati melihat Opzichter itu mengganggu istri-istri mereka."

B.
“Hai Gemblong!” sapa teman-teman Daryati dengan nada penuh candaan. Memang, ia sering mendapatkan sapaan seperti itu di kelasnya, bahkan juga dari teman kelas lain. Tubuh Daryati tidak gemuk. Sapaan itu diberikan karena ibunya memang seorang bakul gemblong, makanan dari ketela pohon yang dikukus lalu ditumbuk halus. Namun untaian candaan itu tak pernah dipedulikannya meski secara jujur Daryati merasa tak nyaman. Ia merasa mendapat tempat untuk berlatih sabar.

Bagaimanakah penyebab konflik yang dialami tokoh tersebut ...
= Sering dipanggil dengan nada ejekan. Konflik pada cerita tersebut adalah rasa tidak nyaman dalam hati tokoh Daryati. Penyebab Daryati merasa tidak nyaman adalah sering dipanggil dengan nada ejekan, yaitu dipanggil dengan Gemblong.
Anonim mengatakan…
NAMA : FATHIAH JUNITA ZAHRA
KELAS : 12 IPS 1
ABSEN : 14

5. Pak Balia selalu tampil prima karena ia mencintai profesinya, menyenangi ilmu, dan lebih dari itu, amat menghargai murid-muridnya. Setiap representasi dirinya ia perhitungkan dengan teliti sebab ia juga paham di depan kelas ia adalah center of universe dan karena yang diajarkan adalah sastra, muara segala keindahan. (Sang Pemimpi. Andrea Hirata)
Apa amanat penggalan novel tersebut?
Jwb. Jadilah guru yang profesional dan dapat menghargai orang lain.

7. Adikku mempunyai seorang teman, ia bernama Anton. Anton orang anak kaya. Orang tuanya sangat memanjakannya, apapun keinginannya selalu dituruti. Akibatnya, Anton memiliki sifat … dan suka membanggakan kedua orang tuanya.
Apa ungkapan yang tepat untuk kata rumpang diatas?
Jwb. tinggi hati

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS CERPEN TUKANG PIJIT KELILING

SOAL UTS 2015-2016

MENENTUKAN ISI PUISI, "TUHAN TELAH MENEGURMU"