KARTU SOAL PRAKTIK 2013-2014
KARTU SOAL UJIAN PRAKTIK
TAHUN PELAJARAN 2013 – 2014
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu : 90 Menit
Alokasi Waktu : 90 Menit
Program :
IPA – IPS
Bentuk Soal : Praktik
Bentuk Soal : Praktik
NOMOR SOAL
|
RUMUSAN SOAL
|
|||
(1)
|
Dengarkan dengan baik sebuah cerita rakyat yang akan
disampaikan melalui rekaman! Kemudian kerjakan soal di bawah ini!
1.
Tuliskan judul
cerita rakyat yang telah Anda dengar!
2.
Sebutkan tema
cerita rakyat tersebut!
3.
Sebutkan
tokoh-tokoh yang terdapat dalam cerita rakyat tersebut beserta wataknya!
4.
Tuliskan pokok-pokok urutan peristiwa dalam cerita
rakyat tersebut!
5.
Jelaskan lima
amanat yang terkandung dalam cerita rakyat tersebut!
6.
Rangkumlah isi cerita rakyat yang telah didengar ke
dalam tiga paragraf dengan
memperhatikan keruntutan alur, struktur kalimat, dan EYD yang tepat!
|
|||
Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
Mendengarkan
Siswa mampu mendengarkan, memahami, dan menanggapi, secara kritis wacana
lisan dalam kegiatan penyampaian berita, laporan, pidato, wawancara, diskusi,
seminar, dan pembacaan karya sastra berbentuk puisi, cerita rakyat, drama,
cerpen, dan novel.
|
||||
Uraian
Kompetensi
·
Mendengarkan dan
memahami berbagai ragam wacana lisan nonsastra dan sastra dari nara sumber,
radio, rekaman, pembacaan puisi, cerpen, dan pementasan drama mencakup:
-
Isi berita
-
Simpulan isi
informasi pembicaraan dan isi drama
-
Isi puisi yang
didengar
-
Unsur-unsur
intrinsik karya sastra (cerita rakyat, cerpen, novel, dan drama)
-
Rangkuman hasil
wawancara dari isi pembicaraan dalam diskusi
-
Nilai-nilai dalam
karya sastra
-
Falta dan opini
dari berbagai laporan lisan
-
Tanggapan
terhadap informasi yang didengar
|
||||
Indikator Soal
Diperdengarkan
rekaman cerita rakyat dari daerah tertentu, siswa dapat
menjelaskan:
1. Judul cerita rakyat
2. Tema
3. Penokohan (tokoh dan watak)
4. Pokok-pokok urutan peritiwa
5. Lima amanat yang terkandung di dalam cerita rakyat
6. Menuliskan
kembali isi cerita rakyat yang telah didengar ke dalam tiga paragraf dengan memperhatikan struktur
kalimat dan EYD yang tepat
|
||||
Pedoman penskoran
|
||||
persiapan
|
Pelaksanaan
|
Hasil
|
||
-
|
-
|
Hal Yang dinilai
|
Skor
|
|
1.
Ketepatan judul
2.
Ketepatan tema
3.
Penokohan (tokoh
dan watak)
4.
Pokok-pokok
urutan peritiwa
5.
Lima amanat yang
terkandung di dalam cerita rakyat
6.
Rangkuman isi cerita rakyat
-
Keruntutan
mengungkapkan isi cerita
-
Ketepatan struktur kalimat dan EYD
|
0 – 5
0 – 5
0 – 5
0 – 5
0 – 5
0 – 10
0 – 5
0 – 5
|
|||
TAHUN PELAJARAN 2013 – 2014
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu : 90 Menit
Alokasi Waktu : 90 Menit
Program :
IPA – IPS
Bentuk Soal : Praktik
Bentuk Soal : Praktik
NOMOR SOAL
|
RUMUSAN SOAL
|
|||
(2)
|
Silakan Anda pilihlah salah satu kartu kecil berikut yang berisi topik dan ilustrasi membawakan acara Bawakan Acara
tersebut sesuai topik yang dipilih dengan memperhatikan mata acara yang sesuai dengan topik
dan ilustrasi, serta kelancaran
berbicara, lafal (intonasi dan nada), ekspresi
dan gerak-gerik, diksi (pilihan kata), sikap, dan kenyaringan
suara!
1. Topik: Pentas Seni
Ilustrasi:
Sekolah Anda mengadakan pentas seni, yang
hadir adalah Kepala Dinas
Dikmenti DKI Jakarta, Komite sekolah,kepala
sekolah,
guru-guru,
pengurus Osis
SMA tetangga.
2. Topik: Perpisahan kelas XII
Ilustrasi
Sekolah Anda mengadakan perpisahan kelas
XII, yang hadir adalah
Kepala Dinas Dikmenti DKI Jakarta,
Kepala Sudin
Dikmenti Jakarta
Barat, Komite
sekolah,kepala sekolah,
guru-guru,
pengurus Osis
SMA tetangga.
3.
Topik: Pelantikan Pengurus OSIS
Ilustrasi
Sekolah Anda mengadakan
pelantikan pengurus OSIS yang baru. Yang hadir, kepala sekolah, wakil kepala
sekolah bidang kesiswaan, pembina OSIS, guru-guru, pegawai dan ketua-ketua
kelas
4.
Topik : Perpisahan Kepala Sekolah
Ilustrasi
Sekolah
Anda mengadakan perpisahan kepala sekolah. Yang hadir, kepala sekolah, ,
guru-guru, pegawai, komite sekolah, pengurus OSIS dan ketua-ketua kelas.
|
|||
Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
Berbicara
Siswa mampu menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan gagasan,
pikiran, perasaan, dan informasi dalam kegiatan berkenalan, berceramah,
pidato, diskusi, bercerita, presentasi hasil penelitian serta mengomentari
pembacaan puisi dan pementasan drama
|
||||
Uraian
Kompetensi
·
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan tanggapan dalam berbagai bentuk wacana lisan nonsastra
dan sastra mencakup:
-
Membawakan acara
-
Berdiskusi
tentang berbagai masalah dari berbagai sumber (berita, artikel, dan buku)
-
Bercerita tentang
pengalaman
-
Berdiskusi
tentang puisi dan cerpen (pesan, isi, hal yang menarik, nilai-nilai, tema,
dan latar)
-
Bermain drama
dengan memperhatikan gerak-gerik dan mimik
-
Berpidato tampa
teks
-
Presentasi
program kegiatan/proposal, hasil percobaan dan hasil penelitian
Tanggapan terhadap pembacaan puisi
|
||||
Indikator
Soal
Disediakan
topik dan ilustrasi suatu kegiatan, misalnya kegiatan pentas seni, siswa
dapat membawakan acara dengan tepat, dengan memperhatikan:
1.
Kelancaran
berbicara
2.
Lafal (Intonasi
dan nada)
3.
Ekspresi dan
gerak-gerik
4.
Diksi (pilihan
kata)
5.
Sikap
6.
Kenyaringan suara
|
||||
Pedoman penskoran
|
||||
persiapan
|
Pelaksanaan
|
Hasil
|
||
-
|
-
|
Hal Yang dinilai
|
Skor
|
|
1.
Kelancaran
berbicara
2.
Lafal (Intonasi
dan nada)
3.
Ekspresi dan
gerak-gerik
4.
Diksi (pilihan
kata)
5.
Sikap
6.
Kenyaringan suara
|
0 – 5
0 – 5
0 – 5
0 – 5
0 – 5
0 – 5
|
|||
Komentar