KISI-KISI UJIAN PRAKTIK 2013-2014
KISI-KISI PENULISAN SOAL 2013-2014
Jenis
Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Program : IPA - IPS
Hari/Tanggal : Senin, 10 Maret 2014
Jam : Pukul 07.00 - 09.00 WIB
No.
Urut
|
Standar Kompetensi Lulusan
|
Kelas
|
Materi
|
Indikator Soal
|
No.
Soal
|
1.
|
Siswa mampu
menulis, menyunting, dan menggunakan berbagai jenis wacana tulis untuk
mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, perasaan, dan informasi dalam
bentuk teks narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi....
|
X
|
Paragraf,
narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, atau persuasi
|
Disajikan lima
macam gambar, grafik, atau tabel, siswa dapat menulis lima paragraf dalam bentuk narasi, deskripsi, eksposisi,
argumentasi, atau persuasi sesuai dengan gambar, grafik, atau tabel tersebut
dengan memperhatikan isi karangan, organisasi karangan, struktur kalimat,
diksi, dan mekanik.
|
1
|
Contoh Soal
Praktik
Petunjuk:
1. Tulislah
identitas Anda di sudut kanan atas lembar jawaban!
2. Pilihlah
salah satu tema karangan di bawah ini, kemudian kembangkan menjadi sebuah
karanga!
3. Gunakan
pulpen bertinta hitam!
Tema : Perdagangan
UDANG YANG DIIMPOR JEPANG (2013 – 2014 )
Negara Asal
|
2001
|
2002
|
2003
|
2004
|
Indonesia
|
55. 617
|
53. 608
|
52..367
|
16. 669
|
Vietnam
|
35. 664.
|
41. 516
|
47. 626
|
13. 568
|
India
|
42..991
|
34.795
|
28. 191
|
9.707
|
China
|
14. 926
|
19..598
|
20. 494
|
5.629
|
Thailand
|
20..574
|
18..987
|
16. 806
|
4.771
|
Negara lain
|
75. 276
|
80. 338
|
167.763
|
19. 611
|
Jumlah
|
245.048
|
248.842
|
233.251
|
69..955
|
Dalam satuan ton
Buatlah karangan eksposisi sepanjang lima paragraf berdasarkan
data pada tabel tersebut,
dengan memperhatikan hal-hal berikut:
1. isi
karangan 2. organisasi karangan
3. struktur kalimat
4. diksi
5. mekanik: judul karangan dan ejaan
Pedoman Penskoran :
No.
|
Nama
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Nilai
|
||||
Isi karangan
|
Organisasi karangan
|
Struktur kalimat
|
Diksi
|
Mekanik
(Judul dan Ejaan)
|
||||
1.
|
Akhmad
|
3
|
4
|
2
|
3
|
4
|
16
|
80
|
2.
|
Bardi
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
20
|
100
|
3.
|
Desy
|
|||||||
4.
|
Emiaty
|
|||||||
5.
|
Keterangan:
1.
tidak
tepat
2.
kurang
tepat
3.
tepat
4.
sangat
tepat
Skor maksimum = 20
Nilai siswa:
Skor perolehan siswa x 100
= N
Skor maksimum
Pedoman
Penskoran:
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
Nilai
|
1.
|
Isi karangan
|
4
4
3
2
1
|
|
2.
|
Organisasi karangan
|
4
4
3
2
1
|
|
3.
|
Struktur kalimat
|
4
4
3
2
1
|
|
4.
|
Diksi
|
4
4
3
2
1
|
|
5.
|
Mekanik
(Judul dan Ejaan)
|
4
4
3
2
1
|
|
Jumlah
|
20
|
Nilai = Skor
perolehan siswa x 100 Nilai = x 100
skor maksimum
20
Komentar