KISI-KISI UAS, TO, DAN UN 2013-2014
KISI-KISI TRY
OUT UJIAN NASIONAL 2013-2014
Jenis Sekolah : SMA
...
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Program : IPA/ IPS
Kurikulum : 2006
Alokasi Waktu : 120
Menit
Jumlah Soal : 50
Bentuk Soal :
Pilihan Ganda
NO.
URUT
|
NO.
(SKL)
|
INDIKATOR SKL
|
KLS.
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
NO.
SOAL
|
1
|
1
|
Menentukan
unsur-unsur paragraf, ide pokok, kalimat utama, kalimat penjelas.
|
X,
XI, XII
|
·
ide pokok
·
jawaban pertanyaan
|
Disajikan
kutipan paragraf, siswa dapat menentukan:
·
ide pokok paragraf
·
jawaban pertanyaan/ kalimat pertanyaan yang sesuai dengan isi
paragraph
|
1
2
|
·
kalimat penjelas
·
tujuan penulis
|
Disajikan
kutipan paragraf, siswa dapat menentukan:
·
kalimat
penjelas yang tidak padu dalam paragraf tersebut
·
tujuan penulis dengan tepat
|
3
4
|
||||
·
kalimat utama
·
kalimat fakta
|
Disajikan
kutipan paragraf, siswa dapat menentukan:
·
kalimat utama
·
kalimat fakta dengan tepat
|
5
6
|
||||
2
|
1
|
Menentukan
isi paragraf: fakta, opini, pernyataan/jawaban pertanyaan sesuai isi, tujuan
penulis, arti kata/istilah, isi biografi.
|
X,
XI, XII
|
·
kalimat opini
·
arti kata
|
Disajikan
kutipan paragraf, siswa dapat menentukan:
·
kalimat opini
·
arti istilah dalam paragraf tersebut
|
7
8
|
XI
|
·
keteladanan/kemenarkan tokoh
|
Disajikan kutipan
biografi sastrawan, siswa dapat menentukan
·
keteladanan/kemenarikan/ keistimewaan/
konflik/masalah yang dihadapi tokoh
|
9
|
|||
3
|
1
|
Menentukan
isi dan simpulan grafik, diagram atau tabel.
|
XI
|
·
pernyataan yang sesuai isi
·
simpulan isi
|
Disajikan grafik/ tablel, siswa dapat
menentukan:
·
pernyataan
yang sesuai dengan isi grafik/tabel
·
simpulan
isi grafik/table
|
10
11
|
4
|
1
|
Menentukan
opini penulis dan pihak yang dituju dalam tajuk rencana/editorial.
|
X
|
·
opini penulis
·
pihak yang dituju
|
Disajikan
kutipan tajuk rencana, siswa dapat menentukan:
·
opini penulis tajuk rencana
·
pihak yang dituju/ keberpihakan penulis dalam tajuk rencana
|
12
13
|
5
|
1
|
Menentukan
unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik sastra Melayu klasik/hikayat.
|
XI,XI
|
·
kemustahilan
|
Disajikan
kutipan hikayat/ naskah
Melayu
klasik, siswa dapat menentukan:
·
kalimat yang menunjukkan karakteristik sastra Melayu klasik/ kemustahilan
·
nilai-nilai (moral, social, budaya) yang tedapat dalam naskah
tersebut/ amanat, watak tokoh
|
14
15
|
6
|
1
|
Menentukan
unsur-unsur intrinsik/ekstrinsik novel/cerpen/drama.
|
X,XI,XII
|
·
Jawaban isi
·
Pendeskripsian watak
·
amanat
|
Disajikan
kutipan novel/cerpen,
siswa dapat menentukan:
·
watak/
·
pendeskripsian watak tokoh
·
kalimat pembuktian latar
|
16
17
18
|
·
latar
·
keterkaitan nilai
|
Disajikan
kutipan novel/cerpen, siswa dapat menentukan:
·
konflik
·
keterkaitan watak dengan kehidupan masa kini
|
19
20
|
||||
Disajikan
kutipan drama, siswa dapat menentukan:
·
watak tokoh
·
konflik
|
21
22
|
|||||
7
|
I
|
Menentukan
unsur-unsur intrinsik puisi.
|
X,
XI,
XII
|
·
makna kata berlambang
·
suasana
|
Disajikan
puisi pendek, siswa dapat menentukan:
·
makna kata berlambang
·
suasana dalam puisi tersebut
·
maksud isi puisi tersebut
|
23
24
25
|
8
|
I
|
Menentukan
isi puisi lama, pantun, gurindam.
|
X,
XII
|
isi
pantun
|
Disajikan
pantun, siswa dapat menentukan maksud
isi pantun./ melengkapi pantun
yang rumpang
|
26
|
XII
|
gurindam
|
Disajikan
gurindam, siswa dapat menentukan maksud isi gurindam tersebut
|
27
|
|||
9
|
2
|
Menulis
paragraf padu.
|
X,
XI, XII
|
paragraf
padu
|
Disajikan
beberapa kalimat yang diacak, siswa dapat menentukan urutan yang tepat
sehingga menjadi paragraf yang padu
|
28
|
10
|
2
|
Melengkapi berbagai bentuk dan jenis
paragraf
dengan
kalimat yang padu.
|
XII
XII
|
simpulan
analogi/generalisasi
|
Disajikan
paragraf analogi / generalisasi yang
simpulannya dirumpangkan, siswa dapat
melengkapinya dengan kalimat simpulan yang tepat
|
29
|
X,XII
|
paragragraf
sebab akibat/argumentasi/ deskripsi
|
Disajikan
paragraf sebab / paragraf argumentasi
/deskripsi/narasi yang rumpang, siswa dapat melengkapinya
dengan kalimat yang tepat
|
30
|
|||
XII
|
Entimem, silogisme
|
Disajikan
silogisme yang lengkap,
siswa dapat menentukan kalimat entimem
yang tepat sesuai silogisme tersebut/ melengkapi silogisme yang tidak lengkap
|
31
|
|||
11
|
2
|
Melengkapi
teks pidato.
|
X,XII
|
kalimat
persuasif dalam pidato
|
Disajikan
teks pidato yang kalimat
persuasifnya
dirumpangkan, siswa
dapat
melengkapinya dengan kalimat persuasif yang tepat
|
32
|
12
|
2
|
Melengkapi paragraf dengan kata baku, kata
serapan,
kata
berimbuhan, kata ulang, ungkapan, peribahasa.
|
X.XI,XII
|
kata
baku/ kata serapan
|
Disajikan
paragraf rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan kata baku yang tepat.
|
33
|
kata
serapan
|
Disajikan
paragraf rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan kata serapan yang tepat.
|
|||||
kata
berimbuhan
|
Disajikan
paragraf rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan kata berimbuhan yang
tepat.
|
34
|
||||
kata
ulang
|
Disajikan
paragraf rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan kata ulang yang tepat.
|
35
|
||||
Ungkapan/
|
Disajikan
paragraf rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan ungkapan yang tepat.
|
36
|
||||
pribahasa
|
Disajikan
paragraf rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan peribahasa yang tepat. / menentukan peribahasa yang sesuai dengan
ilustrasi
|
37
|
||||
13
|
2
|
Menyunting penggunaan kalimat/frasa/ kata
penghubung/istilah dalam paragraf.
|
X,
XI, XII
|
frasa ajektiva
|
Disajikan
paragraf rumpang,
siswa dapat menentukan frasa (ajektiva/nomina/verba) yang tepat untuk melengkapinya
|
38
|
kata
penghubung
|
Disajikan
paragraf yang rumpang, siswa
dapat menentukan kata penghubung yang tepat untuk melengkapinya
|
39
|
||||
istilah
|
Disajikan
paragraf yang menggunakan 2/3 istilah yang salah , siswa dapat
menentukan istilah yang tepat untuk
memperbaikinya
|
40
|
||||
14
|
2
|
Menulis
surat resmi.
|
XII
|
surat
lamaran pekerjaan
|
Disajikan iklan lowongan pekerjaan, siswa dapat
menentukan kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan sesuai dengan iklan
tersebut./ berdasarkan inisiatif.
|
41
|
15
|
2
|
Menyunting
kalimat dalam surat resmi.
|
XII
|
Penulisan pemerian surat undangan
|
Disajikan
ilustrasi suatu
kegiatan yang berisi waktu, tempat, acara,dll, siswa dapat menentukan penulisan pemerian dalam surat undangan resmi/ perbaikan penutup surat
|
42
|
16
|
2
|
Menulis
judul sesuai EYD.
|
XI,
XII
|
judul
karya ilmiah
|
Disajikan
judul karya tulis dengan huruf kecil semua dalam kalimat, siswa dapat menentukan penulisan judul
karya tulis yang tepat sesuai dengan EYD
|
43
|
17
|
2
|
Menulis karya ilmiah (latar belakang dan
rumusan
masalah).
|
XI,
XII
|
latar
belakang karya ilmiah
|
Disajikan
sebuah topik karya tulis
ilmiah,
siswa dapat menentukan
latar
belakang sesuai dengan topik
tersebut
|
44
|
rumusan
masalah karya tulis ilmiah
|
Disajikan
sebuah topik karya tulis
ilmiah,
siswa dapat menentukan
rumusan
masalah sesuai dengan topik
tersebut
|
45
|
||||
18
|
2
|
Melengkapi larik puisi lama/baru (dengan
kata
kias/berlambang/berima/bermajas).
|
X,
XI, XII
|
majas
|
Disajikan
puisi rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan majas yang tepat.
|
46
|
19
|
2
|
Melengkapi
dialog drama.
|
XI
|
dialog
drama
|
Disajikan
kutipan naskah drama yang rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan kalimat
yang tepat.
|
47
|
20
|
2
|
Menentukan
kalimat resensi.
|
XI,
XII
|
kalimat
resensi
|
Disajikan
ilustrasi sebuah buku,
siswa dapat menentukan kalimat resensi berdasarkan kutipan tersebut dengan
tepat
|
48
|
21
|
2
|
Menentukan
kalimat kritik.
|
XII
|
kalimat
kritik
|
Disajikan
kutipan karya sastra, siswa dapat menentukan kalimat kritik berdasarkan kutipan
tersebut dengan tepat
|
49
|
22
|
2
|
Menentukan
kalimat esai.
|
XI,
XII
|
kalimat
esai
|
Disajikan
kutipan karya sastra, siswa dapat menentukan kalimat esai berdasarkan kutipan
tersebut dengan tepat
|
50
|
Komentar