NASKAH PRA PAS 100 SOAL 2016

PEMERINTAH PROPINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA
DINAS PENDIDIKAN
SMA NEGERI 57 JAKARTA
Jalan Kedoya Raya Kebon Jeruk Jakarta Barat
Telepon / Fax. 5801665
Website :www.sma 57. sich.id – E-mail : sma57.jkt@cbn.net.id.


NASKAH SOAL PRA PENILAIAN AKHIR SEMESTER  GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2016-2017

Mata Pelajaran                                      :  Bahasa  Indonesia
Satuan Pendidikan                               :  SMA Negeri 57 Jakarta
Kelas/Program                                      :  X MIA dan IPS
Hari/Tanggal                                         :  Senin, 28  November 2016
Waktu                                                    :  07.30 s.d. 09.30

PETUNJUK UMUM
1. Isikan nomor ujian, nama peserta dan tanggal lahir, Program Studi diisi mata pelajaran, kode paket, kelas dan tanda tangan peserta pada Lembar Jawaban Ujian Komputer (LJUK), sesuai petunjuk di LJUK.
2. Hitamkan bulatan di depan nama mata ujian pada LJUK
3. Tersedia waktu 120 menit untuk mengerjakan paket tes tersebut.
4. Jumlah soal sebanyak 50 butir soal pilihan ganda (PG)
5. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawab.
6. Laporkan kepada pengawas ujian apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak, atau tidak lengkap.
7. Tidak diizinkan menggunakan kalkulator, Hp, kamus, tabel matematika atau alat bantu hitung lainnya.
8. Periksalah dahulu pekerjaan kamu sebelum diserahkan kepada pengawas Ujian.

PETUNJUK KHUSUS
1. Pilihlah satu jawaban yang paling tepat dengan menghitamkan secara penuh bulatan jawaban Anda, dengan menggunakan pensil 2B.
2. Apabila Anda ingin memperbaiki / mengganti jawaban, bersihkan jawaban semula dengan karet penghapus hingga bersih, kemudian bulatkan pilihan jawaban yang Anda anggap benar.
 
SELAMAT  BEKERJA


LANGKAH-LANGKAH PENUILISAN TEKS ANEKDOT

1.        Berikut ini adalah amanat yang sesuai dengan unsur lucu: ‘UUD yang diplesetkan menjadi ujung-ujungnya duit’ dalam teks anekdot adalah.…
A. Sebagai warga Negara Indonesia, kita harus menghormati UUD.
B. Demi kenyamanan, peraturan harus dilaksanakan bersama-sama.
C. Peraturan harus ditegakkan, tidak boleh kalah dengan uang.
D. Semua peraturan yang ada harus berdasarkan UUD.
E. Penegak keadilan harus menguasai UUD.

2.        Perhatikan kalimat-kalimat berikut ini!
1. Mahasiswa menjawab Mau Perjuangkan nasib Rakyat
2. Perkuliahan dimulai
3. Pak Dosen menggelengkan kepala
4. Pak dosen bertanya pada mahsiswa lain
5. Mahasiswa lain menjawab “Majelis Permusyawaratan Rakyat”
6. Pak guru bertanya kepada salah satu mahasiswa, kepanjangan MPR
7. Suasana kelas tenang
8. Kuliah berakhir.

Kalimat di atas jika disusun menjadi teks anekdot adalah ….
A. 2,7,4, 5,3,6,8,1
B. 2, 4,5, 7,3,6,1,8
C. 5,2,7,6,4,3,1,8
D. 2,7,4,6,1,3,5, 8
E. 2,7, 6, 1, 3, 4,5,8

KARAKTERISTIK TEKS ANEKDOT

3.        Bacalah teks di bawah ini!

Teks 1

Dono
                     : Besok pagi coblosan, kamu pilih nomor berapa?
Wati                      : Bagiku semua nomor bagus, saya akan memilih wakil rakyat yang bisa
                          membawa Indonesia ke kancah internasional.
Dono                     : Nomor satu atau dua?
Wati                      : Rahasia, dong!

Teks 2

Di gubuk pinggir sawah, ada seorang anak kecil dan bapaknya sedang menunggu padi dari serangan burung.
Anak                     : Pak, kenapa burung tidak boleh makan padi kita?
Bapak                   : Kalau dimakan burung, nanti kita tidak bisa makan.
Anak                     : Kalau tidak boleh makan padi, nanti burung makan apa?Makan batu,
                           Pak?

Hal yang membedakan kedua teks di atas adalah .…
A. bahasa
B. pesan moral
C. unsur lucu/konyol/jengkel
D. tidak menggunakan konjungsi
E. tidak menggunakan perumpamaan

4.        Bacalah teks di bawah ini!
Sebagian besar orang mengatakan bahwa sayang sekali apabila program akselerasi ditutup karena program ini sudah banyak membuat siswa berhasil menyelesaikan studi dengan cepat sampai jenjang perguruan tinggi. Mereka mengatakan bahwa siswa-siswa dari program akselerasi juga dapat menyesuaikan diri dengan siswa-siswa dari program reguler.

Berikut ini adalah alasan teks di atas bukan termasuk teks anekdot, kecuali….
A. tidak lucu/konyol
B. tidak memiliki pesan moral
C. tidak memiliki konjungsi sebab-akibat
D. tidak menggunakan konjungsi temporal
E. tidak memiliki struktur abstraksi-orientasi-krisis-reaksi-koda



5.        Bacalah teks berikut ini!

Sebelum memilih jurusan, setiap siswa diwawancarai untuk menjaring data. wanwancara berlangsung selama 10 menit.
Petugas                 : Aini!
Aini                       : ya, Pak
Petugas                 : silakan duduk. Bapakmu buruh, ya?
Aini                       : kok tahu, Pak
Petugas                 : pipimu tidak berstempel springbed tapi tikar
Aini                       : Maksud Bapak apa, ya?
Petugas                 : bercanda, Mbak…
Aini masih bersungut-sungut tapi ia harus menjawab pertanyaan petugas selanjutnya.

Teks di atas termasuk teks anekdot karena, kecuali ….
A. memiliki pesan/ajaran moral
B. memiliki struktur
C. lucu/konyol
D. menyindir
E. menggurui

6.        Amati teks berikut ini!

Teks 1
Seekor kutu tinggal padatanduk banteng. Setelah ada di sana sekian lama dan merasa ingin pindah, dia kemudian bertanya pada banteng apakah sang banteng memang ingin pindah.
“Aku tak tahu kapan kau datang, jawab si banteng, “kurasa aku pun tak perlu memberi peringatan saat kau pergi.”

Teks 2
Sejak bertemu dengan dia, hidupku menjadi lebih berarti. Setiap hari aku mendapatkan wejangan-wajangan darinya. Salah satunya adalah wejangan bagaimana cara menikmati hidup agar tidak tamak dan selalu bersyukur. “Seandainya bisa, manusia pasti akan menggenggam dunia,” katanya suatu saat.

Teks 3
Saudara-saudara yang saya hormati, beberapa hari yang lalu, masyarakat sedang merayakan pesta demokrasi—memilih presiden dan wakil presiden secara langsung. Saya berharap, siapapun yang menjadi presiden dan wakil presiden, kita harus berlapang dada untuk menerima segala kebijakannya.

Yang termasuk teks anekdot adalah….
A. Teks 1
B. Teks 2
C. Teks 3
D. Teks 1 dan 2
E. Teks 2 dan 3


EVALUASI TEKS ANEKDOT

7.        Bacalah teks di bawah ini!
Anton berkunjung ke rumah kepala dusun untuk menyelesikan sengketa tanah keluarga.
Anto
                      : Selamat siang, Pak.
Pak Dukuh            : Selamat siang. Mari masuk, tunggu dulu ya, saya mau takziyah dulu.
Anto                      : Maaf, Pak saya mau minta tanda tangan.
Pak Dukuh            : Maaf, saya takziyah dulu ya. Ini urusannya yang terakhir, setelah di
                          dimakamkan dia tidak akan minta tanda tanganku lagi. Kamu juga
                           ingin minta tanda tanganku terakhir?
Anto                      : Tidak, Pak (wajahnya bersungut-sungut)
Pak Dukuh pergi takziyah meninggalkan Anto di rumahnya.

Partisipan yang terlibat dalam teks di atas adalah….
A.   Anto dan masyarakat
B.   Masyarakat dan pak Dukuh
C.   pak Dukuh dan jenazah
D.   Anto dan jenazah
E.    Anto dan pak Dukuh

8.        Bacalah teks di bawah ini!

KUHP DALAM ANEKDOT

1)      Seorang dosen fakultas hukum suatu universitas sedang memberikan kuliah hokum
      pidana. Suasana kelas biasa-biasa saja.
2)   Saat sesi tanya-jawab tiba, Ali bertanya kepada pak dosen. “Apa kepanjangan
      KUHP, Pak?” Pak dosen tidak menjawab sendiri, melainkan melemparkannya
      kepada Ahmad.
      “Saudara Ahmad, coba dijawab pertanyaan saudara Ali tadi,” pinta pak dosen.
      Dengan tegas Ahmad menjawab, “Kasih Uang Habis Perkara, Pak …!”
3)   Mahasiswa lain tentu tertawa, sedangkan pak dosen hanya menggeleng-gelengkan
      kepala seraya menambahkan pertanyaan kepada Ahmad, “Saudara Ahmad, dari
       mana saudara tahu jawaban itu?” Dasar Ahmad, pertanyaan pak dosen dijawabnya   
      dengan tegas, “Peribahasa Inggris mengatakan pengalaman adalah guru yang
      terbaik, Pak…!” Semua mahasiswa di kelas itu tercengang. Mereka berpandang-
     pandangan. Lalu, mereka tertawa terbahak-bahak.

Teks di atas menyindir….
A.   aparatur kepolisian
B.   aparatur keamanan
C.   aparatur hukum
D.   mahasiswa
E.    dosen

9.        Bacalah teks di bawah ini!
Bu guru sedang memberikan pidato upacara bendera. Semua siswa memperhatikannya.
Bu guru
     : Orang yang sederhana pasti nanti akan menjadi orang yang sukses.  
                Ketika sukses pun, dia tidak akan sombong.
                Semua siswa bertepuk tangan.
                Bu guru mengakhiri pidato dengan salam.

Teks di atas tidak memiliki….
A. abstraksi
B. orientasi
C. krisis
D. koda
E. amanat

10.    Bacalah teks di bawah ini!
Di kamar pasien saat kunjungan dokter.
Pasien                   : Dok apa penyakit saya?
Dokter                  : Ini, baru diobservasi.
Pasien                   : Berapa lama, Dok?
Dokter                  : Ya tunggu saja.

Satu minggu berlalu, dokter mengunjungi pasien.
Pasien                   : Bagaimana Dok, hasil observasi?
Dokter                  : Belum diketahui, Bu... sementara kita observasi dulu lagi.
Pasien                   : Sampai saya meninggal dan di dalam tanah dokter mau observasi
                              saya? Saya ke sini butuh pertolongan dan obat bukan diobservasi kalau
                              masalah observasi anak saya pinter. Anak saya juara penelitian tingkat
                          nasional.
Dokter                  : ???
Dokter      diam dan pergi meninggalkan pasien.

Topik teks di atas adalah ....
A. Observasi penyakit
B. Olimpiade penelitian
C. penanganan pasien yang lambat
D. pasien yang dikunjungi dokter
E. diskusi antara pasien dan dokter

11.    Bacalah teks di bawah ini!
Di tengah pertokoan, Mami bertemu dengan seseorang. Seseorang itu memeluk dan menciumi Mami tapi Mami tidak tahu siapa dia.
Mami                    : Maaf Anda siapa, ya?
Seseorang             : Kamu melupakanku, ya? Aku sahabatmu dulu di langit.
Mami                    : Saya tidak pernah ke langit.
Seseorang             : Saya masih ingat wajah dan senyummu.
Mami                    : Maaf, saya tidak kenal kau? Saya tidak punya sahabat yang dekil
                          sepertimu?
Seseorang : Dasar! Pantas saja Tuhan mengembalikanmu ke bumi agar kau bertaubat.
Mami                    : Apa?
                          Selama diperjalanan Mami berusaha mengingat siapa orang tadi.
Sopir                     : Ibu tidak boleh melamun... Ibu kan baru sadar dari koma.
Mami                    : ???

Unsur lucu/jengkel/konyol dalam teks anekdot di atas adalah.…
A. Orang yang pernah koma
B. Orang yang melupakan sahabatnya
C. Orang sombong
D. Orang yang mengingat kehidupan sebelumnya
E. Orang mati hidup lagi

12.    Bacalah teks di bawah ini!
Seorang kerabat si tukang pedati mengadukan seorang pembuat jembatan kepada Yang Mulia Hakim karena jembatan yang dibuatnya runtuh yang menyebabkan si tukang pedati terjatuh ke sungai dan kehilangan pedati beserta barang dagangannya. Si pembuat jembatan disalahkan karena kayu untuk bahan jembatan itu tidak kuat dan menyebabkan jembatan runtuh.

Hal yang tidak dimiliki oleh teks di atas adalah….
A. krisis,reaksi,koda
B. orientasi, krisis, reaksi, koda
C. abstraksi, orientasi,krisis,reaksi
D. abstraksi,orientasi, reaksi, koda
E. abstraksi, orientasi, krisis, koda

13.    Bacalah teks di bawah ini!
Kepala Negeri Air mengadakan sidak ke masyarakat untuk mengetahui seberapa besar rakyat mencintai dan menghormatinya. Beliau sidak pada malam hari.
Beliau mengelilingi pulau-pulau dan keluar masuk kampung.
Beliau hanya menemukan 10% rumah yang memajang gambarnya. Selebihnya adalah gambar Ronaldo, Valentino Rossi, dan Ghonzales.
Beliau menanyakan alasan mengapa setiap rumah memilih memasang gambar bintang lapangan daripada gambar kepala negara. Mereka menjawab bahwa masyarakat lebih suka orang lapangan daripada orang politik. Orang lapangan pasti mengetahui kedaan lapangan. Kepala negara langsung marah.
Kelemahan teks anekdot!
1. Tidak memiliki koda
2. Tidak ada judul
3. Menggunakan bahasa anekdot
4. Memiliki amanat
5. Memiliki unsur konyol/jengkel/lucu

Kelemahan teks anekdot di atas terdapat pada unsur nomor….
A. 1,2
B. 3,4
C. 4,5
D. 1,5
E. 2,3

14.    Bacalah teks di bawah ini!
Waktu liburan telah tiba. Untuk mengisi waktu liburan, organisasi pecinta alam mengadakan kegiatan naik gunung Sindoro. Gunung tersebut dipilih karena memiliki panorama yang sangat indah.
Sebelum berangkat, semua peserta dikumpulkan dulu. Mereka mendapatkan pengarahan, apa yang harus mereka bawa.
Sebelum berangkat, mereka mengecek semua barang yang mereka bawa. Setelah semua beres, mereka diberangkatkan menuju ke gunung Sindoro.
Mereka berdoa bersama, kemudian mulai mendaki bersama-sama.
Di tengah perjalanan, tiba-tiba perut Amad sakit. “Aduh, mules,” sambil mengelus perutnya.
“Sakit perut, Mad? Punya maag?” kata kakak kelas?
“Gak, Kak. Tidak tahu kok ini tiba-tiba sakit. Saya boleh turun dulu, Kak?"
“Coba, saya obati dan istirahat dulu di sini!”
“Sebelum berangkat kamu izin dulu sama orangtua tidak?”
“Tidak, Kak!”
“Pantas saja perut kamu sakit!”
Perhatikan unsur kelemahan teks di atas berikut ini.
1. Tidak memiliki unsur lucu/jengkel/konyol
2. Tidak memiliki struktur abstraksi-orientasi-krisis-reaksi-koda
3. Tidak memiliki amanat
4. Berupa cerita


Berdasarkan unsur di atas, kelemahan teks anekdot tersebut terdapat pada unsur nomor….
A. 1, 2
B. 1, 3
C. 2, 3
D. 3, 4
E. 2, 4

KALIMAT SINDIRAN DALAM TEKS ANEKDOT

15.    Perhatikan teks anekdot di bawah ini!
Penemuan terbaru! Tubuh gemuk kini dapat dideteksi oleh mesin selain dapat dilihat secara kasat mata. Suatu hari, Edy, seorang pria bertubuh gemuk menghipnotis dirinya bahwa ia terlihat langsing. Setiap kali berkaca, ia merasa dirinya sangat langsing, tetapi ketika hendak menimbang badan, mesin penimbang tersebut berkali-kali berkata, “Dilarang naik berdua, dilarang naik berdua, dilaaaraaa...ng na...ik berrrr...duuuaaa....” hingga rusak dan tak terdengar lagi suara. Pikiran mungkin dapat saja dikelabui, tetapi mesin timbangan tidak.

Analisis kalimat sindiran dari teks anekdot di atas adalah ....
A.    Teks anekdot tersebut dibentuk dari kalimat sindiran antonim: kasat mata – mesin
      timbangan.
B.   Teks anekdot tersebut dibentuk dari kalimat sindiran antonim: gemuk – kurus.
C.   Teks anekdot tersebut dibentuk dari kalimat sindiran perbandingan tubuh gemuk
      dengan mesin timbangan.
D.   Teks anekdot tersebut dibentuk dari kalimat sindiran halus berupa rusaknya mesin
      timbangan.
E.    Teks anekdot tersebut dibentuk dari kalimat sindiran pengandaian antara mesin dan    
      kasat mata.

16.    Perhatikan paragraf berikut !
Pada suatu hari yang cerah, seorang anak bertanya pada ibunya. “Bu, pernahkah sekali saja Ibu berbohong?”. Sang ibu seketika terlihat kikuk. Jika ia mengatakan bahwa ia pernah berbohong, itu akan berdampak buruk pada anaknya. Sebaliknya, jika tidak mengatakan sejujurnya, berarti ia telah berbohong. Akhirnya, inilah yang dikatakan sang Ibu, “Sayang, inilah pertama kalinya ibu berbohong. Ibu tidak pernah berbohong.”

Berdasarkan struktur kalimat sindiran, teks di atas dibangun dari kalimat sindiran berupa ....
A.   antonim: ibu – anak
B.   antonim: jujur – bohong
C.   antonim: benar – salah
D.   antonim: dewasa – anak-anak
E.    antonim: tanya – jawab

17.    Perhatikan kalimat sindiran di bawah ini!
Seorang reporter berita mendapat teguran dari anggota DPR karena menayangkan peristiwa tawuran (1). Reporter tersebut dianggap kurang peka terhadap berita yang disampaikannya karena dianggap menayangkan kekerasan (2). Seorang reporter lain kemudian bertanya kepadanya, “Memangnya kamu melaporkan tawuran di mana?” “Di gedung DPR saat rapat anggota dewan.” (3).

Kalimat sindiran berstruktur pengandaian berikut yang dapat melengkapi teks anekdot di atas adalah ....
A.   “Ooh, kalau anggota dewan tidak pernah tawuran?” (diletakkan setelah kalimat 1)
B.   “Ooh, jadi tawuran yang dimaksud adalah perkelahian antaranggota dewan?”  
    (diletakkan sebelum kalimat 2)
C.   “Ooh, seandainya perkelahian itu terjadi di jalanan, barulah tawuran. Kalau di gedung
    terhormat itu bukan tawuran?” (diletakkan setelah kalimat 3)
D.   “Ooh, memangnya preman tawuran?” (diletakkan sebelum kalimat 1)
E.    “Ooh, jadi tawuran yang dimaksud adalah perkelahian antaranggota dewan?”
     (diletakkan sebelum kalimat 3)


PERBANDINGAN STRUKTUR ISI DAN CIRI BAHASA EKSPOSISI

18.    Perhatikan paragraf berikut !
Pedagang sapi di pasar tradisional kini banyak yang mengeluhkan adanya dampak dari pemberitaan tentang daging gelonggongan. Sudah hampir seminggu pedagang-pedagang ini kehilangan konsumen hingga sekitar 70%. Hal ini berbanding terbalik dengan penjualan ayam yang semakin meningkat karena konsumen lebih memilih daging ayam ketimbang daging sapi.

Tujuan penulisan teks eksposisi di atas adalah….
A. Agar konsumen beralih membeli daging ayam
B. Agar pemerintah segera menyelesaikan masalah daging sapi gelonggongan
C. Agar masyarakat tetap membeli daging sapi meskipun gelonggongan
D. Agar konsumen berhati-hati terhadap daging sapi gelonggongan
E. Agar masyarakat dan pemerintah mengetahui kondisi pasar setelah pemberitaan  
    daging sapi gelonggongan.

19.    Perhatikan Paragraf berikut!
Cara untuk menghilangkan racun dalam tubuh yang cukup efektif dan mudah dilakukan adalah dengan meminum air perasan lemon. Siapkan air perasan jeruk lemon dari sebutir lemon, kemudian tambah dengan setengah gelas air hangat. Minum setiap pagi sebelum mengkonsumsi apapun.

Kutipan teks eksposisi di atas termasuk struktur isi bagian….
A. Pernyataan khusus atau isi
B. Pernyataan umum
C. Kesimpulan
D. Informasi
E. Cara membuat

20.    Perhatikan Paragraf berikut!
Fashion baru sedang berkembang saat ini (1). Baju seperti abaya kini semakin digandrungi (2). Meskipun begitu, maxi-maxi dress yang dikombinasikan dengan cardigan pun masih banyak diminati (3). Selain dengan cardigan, maxi dress ini juga bisa dikombinasikan dengan bolero atau jaket jeans (4). Rok-rok juga sering dikombinasikan dengan bolero atau cardigan dengan inner berupa kaos manset.

Kalimat yang kurang tepat dan tidak padu adalah kalimat no….
A. satu
B. dua
C. tiga
D. empat
E. lima

21.    Perhatikan paragraf berikut !
Pabrik mobil Mazda memang sangat mengerti dengan kebutuhan konsumennya. Hal ini terbukti dengan dikeluarkannya varian baru dari Mazda yaitu All New Mazda2. Dalam varian baru Mazda2 ini terdapat sebuah teknologi yang disebut MZD Connect. Dengan adanya teknologi ini, pengendara bisa tetap eksis di media sosial. Menurut saya, inilah yang menjadi daya tarik konsumen untuk memiliki mobil yang satu ini.

Kutipan di atas akan menjadi teks eksposisi jika kita menghilangkan kalimat no.…
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. keempat
E. kelima

22.    Paerhatikan paragraf berikut !
Sinar matahari dapat menguapkan air yang berasal dari permukaan laut dan tumbuhan. Setelah air menguap terjadi penggumpalan uap air menjadi awan. Setelah kandungan uap air di awan cukup banyak, air diturunkan dengan bantuan angin. Air yang turun meresap ke pori-pori tanah, sebagian menjadi cadangan dalam tanah dan sebagian lagi menuju permukaan laut. Kondisi ini terjadi berulang-ulang dengan cara yang sama.

Isi teks tersebut adalah siklus ....
A. terjadinya laut
B. terjadinya hujan
C. penyinaran matahari
D. penggumpalan awan
E.  peresapan air

23.    Perhatikan paragraf berikut!
Permusuhan antara keluarga kadang berawal dari masalah sepele. Biasanya yang menjadi pemicu adalah masalah anak-anak. Misalnya saja, anak si A dengan tidak sengaja memukul anak si B sehingga membuatnya menangis. Si B merasa kurang senang sehingga memarahi anak si A. Si A yang mendengar informasi bahwa anaknya dimarahi jadi naik pitam. Akhirnya terjadilah pertengkaran kedua belah pihak dan kadang berujung kekerasan fisik.

Inti permasalahan tersebut adalah ...
A. Masalah sepele sebagai pemicu pertengkaran dalam keluarga
B. Kekerasan fisik dalam keluarga harus dihindarkan.
C. Permusuhan dalam keluarga banyak disebabkan oleh anak.
D. Pemukulan anak menjadi pemicu pertengkaran.
E. Solusi masalah dapat ditemukan dengan musyawarah.

24.    Perhatikan kutipan paragraf berikut !
Setiap orang memiliki perbedaan dalam pemilihan bahan untuk dibaca. Perbedaan itu muncul karena adanya perbedaan umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan, atau profesi yang berbeda. Selain itu, dapat pula disebabkan oleh tujuan membaca yang berbeda.

Hal yang dibicarakan dalam teks tersebut adalah ...
A. Perbedaan setiap orang dalam memilih tempat membaca.
B. Alasan orang untuk membaca bermacam-macam buku
C. Penyebab orang membaca bermacam-macam buku.
D. Perbedaan usia menyebabkan perbedaan memilih bacaan.
E. Perbedaan setiap orang dalam memilih bacaan.

25.    Cermatilah paragraf acak berikut!
Tata cara makan di restoran:
1) Makan dengan santai
2) Meminta struk pembayaran kepada pelayan
3) Duduk pada tempat yang diinginkan
4) Pesan menu favorit
5) Menuju meja kasir untuk melakukan pembayaran
6) Membayar makanan
7) Ke luar restoran

Urutan yang tepat sehingga menjadi paragraf yang padu adalah ...
A. 1, 2, 4, 5, 3, 6, 7
B. 2, 5, 6, 4, 1, 6, 7
C. 3, 4, 1, 2, 5, 6, 7
D. 3, 1, 2, 5, 4, 6, 7
E. 5, 3, 4, 1, 2, 6, 7

26.    Perhatikan paragraf berikut!
Kentang sangat baik dikonsumsi oleh orang yang sedang melaksanakan program diet. Namun, jenis kentang sangatlah bervariasi di pasaran. Oeh karena itu, kita harus pintar memilih mana kentang yang bermutu dan kentang yang kurang baik. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah warna kulit kentang. .... jangan memilih kentang yang berwarna kuning kehijauan. Kemudian usahakan membeli kentang yang tidak banyak lubang pada permukaan kulitnya. Karena kentang yang tidak banyak lubangnya atau licin lebih bagus daripada kentang yang banyak lubangnya.

Kalimat yang sesuai untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah ...
A. Pilihlah kentang yang berukuran besar.
B. Belilah kentang di swalayan, jangan di pasar tradisional.
C. Kerupuk kentang sangat digemari anak-anak.
D. Warna kentang sangat menarik dan bervariasi
E. Pilihlah kentang yang warnanya kuning kecoklatan.

EVALUASI STRUKTUR ISI DAN BAHASA TEKS EKSPOSISI

27.    Perhatikan paragraf berikut!
Film kartun merupakan film favorit anak-anak. Bahkan bukan hanya anak-anak, orang dewasa pun banyak yang suka film kartun. Sama halnya dengan film-film lain, meski film kartun ini diperbolehkan untuk anak-anak, bukan berarti anak-anak boleh menontonnya secara terus menerus. …. Salah satunya adalah dampak buruk terhadap perkembangan anak seperti perkembangan sosio-emosi, problem solving, dan sebagainya.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah…
A. Film kartun memang menjadi hiburan tersendiri bagi anak-anak.
B. Film kartun nyatanya juga memberikan dampak yang buruk.
C. Namun, film kartun juga bisa memberikan dampak yang baik dan buruk untuk
    anak-anak.
D. Film kartun sangat bagus untuk anak-anak
E. Crayon Sinchan merupakan film yang tidak baik untuk anak.

28.    Perhatikan kutipan paragaraf berikut!
Tekhnik Informatika adalah salah satu jurusan yang hingga kini masih menjadi primadona. Bagaimana tidak? Banyaknya lapangan pekerjaan yang dapat menyerap tenaga kerja lulusan jurusan Tekhnik Informatika ini membuat siapapun berminat memilihnya. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda juga berminat memilih jurusan ini?

Apa yang salah dari segi kebahasaan dalam teks eksposisi di atas?
A. Tidak adanya struktur isi teks eksposisi.
B. Struktur kalimat yang tidak lengkap.
C. Adanya kalimat yang ambigu.
D. Terlalu banyak kalimat tanya.
E. Penggunan kata tekhnik yang seharusnya teknik.

29.    Perhatikan paragraf berikut !
Saya tidak setuju jika harga BBM dinaikkan sekarang. Seharusnya pemerintah bisa lebih bijak lagi menghadapi permasalahan ekonomi seperti ini. Menaikkan harga BBM hanyalah akan membuat masyarakat menjadi semakin menderita. Oleh karena itu, sebagai warga negara seharusnya kita meminta pemerintah untuk menunda kenaikan harga BBM.

Apa kekurangan dari paragraf di atas?
A. Teks tersebut bersifat mempengaruhi pembaca.
B. Teks tersebut terlalu frontal.
C. Penulis terlalu menekan pemerintah.
D. Argumen yang disampaikan tidak bersifat dua sisi.
E. Teks tersebut bukan bagian struktur isi teks eksposisi.

30.    Contoh kalimat efektif diantaranya… kecuali…
A. Pemerintah harusnya tidak antirakyat.
B. Kenaikan harga sembako membuat rakyat menjerit.
C. Cara untuk merawat kulit adalah sangatlah mudah.
D. Menjaga kesehatan tidaklah semudah yang dikira.
E. Merawat kecantikan bukan hanya harus dilakukan dari luar tapi juga dari dalam.

31.    Perhatikan paragraf berikut!
Pertanian merupakan salah satu sektor utama di negeri ini. Akan tetapi, kita ternyata masih sering mengimpor beras dari negara lain. Pada masa ini, kita semua dituntut untuk lebih kreatif lagi, terutama dalam masalah meningkatkan kualitas dan kuantitas ketersediaan bahan pangan seperti beras.

Paragraf tersebut termasuk ke dalam ....
A. penegasan ulang
B. argumentasi
C. persuasi
D. tesis
E. narasi

32.    Perhatikan paragraf berikut!
Bantuan yang disalurkan oleh pemerintah daerah masih belum merata. Ada beberapa wilayah di daerah tersebut yang sama sekali belum tersentuh bantuan. Seharusnya pemerintah daerah lebih mengutamakan wilayah paling terpencil dan sulit dijangkau. Hal tersebut karena wilayah terpencil tersebut sangat membutuhkan bantuan.

Persamaan kata “mengutamakan” dari bagian teks eksposisi di atas adalah ....
A. memajukan
B. mengusulkan
C. membiarkan
D. mengharuskan
E. mendahulukan

33.    Perhatikan paragraf berikut!
Permasalahan utama yang tengah dihadapi adalah bagaimana tumpukan sampah di sungai tersebut dibersihkan dalam waktu singkat. Ada dua pilihan yang bisa diambil oleh pihak terkait. Menyewa peralatan berat yang canggih ... membersihkan secara manual tetapi dengan konsekuensi akan selesai dalam waktu yang lama.

Kata penghubung yang tepat untuk paragraf teks eksposisi di atas adalah ....
A. jika
B. dengan
C. dan
D. atau
E. tetapi

34.    Perhatikan paragraf berikut!  
“Jadi pendidikan itu sangat penting, bukan? Saya saja yang memang hanya berasal dari keluarga biasa, bisa mengerti benar seperti apa pentingnya itu pendidikan. Coba bayangkan, kalau saja pendidikan di negara kita ini terus berkembang dan maju, maka negara ini juga akan ikut maju, toh? (Pak tua itu kemudian berdiri dan mengambil sebuah buku dari meja di sampingnya) Baca, baca, baca! Salah satu hal penting dari pendidikan itu ya membaca.”

Potongan teks monolog di atas berasal dari konversi teks eksposisi. Judul teks eksposisi yang tepat untuk konversi menjadi teks monolog di atas adalah ....
A. Pendidikan di Desa Terpencil
B. Maraknya Penyimpangan di Dunia Pendidikan
C. Pentingnya Pendidikan untuk Anak Bangsa
D. Pendidikan di Luar Negeri
E. Biaya Pendidikan Negeri Ini.

35.    Perhatikan kutipan paragraf berikut!
Salah satu usaha peningkatan ekonomi masyarakat di desa tersebut adalah dengan memberikan modal yang cukup untuk usaha kacang kedelai. Desa X memang terkenal dengan produk kacang kedelainya. Hanya saja masalah modal kembali menggerayangi para petani serta pengusaha kecil olahan kacang kedelai. Oleh karena itu, bantuan modal untuk para petani dan pengolah kacang kedelai di desa tersebut bisa meningkatkan produksi dan juga penghasilan masyarakat setempat.

Teks monolog yang tepat untuk teks eksposisi di atas adalah ....
A.  Lalu, mengapa sampai saat ini kita tidak pernah mendapatkan bantuan berupa peralatan?
B.   Mari, mari datang ke desa kami. Ada berbagai produk olahan kacang kedelai di desa kami ini. Ada tahu, tempe, dan susu kedelai.
C.  Aku hanya bisa memandangi hamparan kebun kedelai. Ya, kedelai memang kaya manfaat.
D.  Perlu Anda tahu. (Sang Pria berjalan ke belakang kemudian kembali lagi). Cara membuat tahu yang benar adalah seperti yang tertulis di dalam buku ini.
E.   Kabar pemberian modal untuk kami petani dan pengusaha kacang kedelai, tentunya sangat kami apresiasi, (menunduk sebentar, kemudian menatap ke depan kembali), ya ya kami bisa menghasilkan produk lebih banyak dan lebih berkualitas. Akhirnya, tambahan modal turun juga ha ha ha.

ANALISIS ISI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI

36.    Perhatikan paragraf berikut!
Pembagian sedekah yang dilakukan pengusaha kaya berakhir ricuh. Ratusan masyarakat kurang mampu yang telah menunggu sejak pagi menjadi tidak sabar karena hingga siang hari belum ada tanda-tanda sedekah akan dibagikan. Padahal pada poster pengumuman tertulis bahwa pembagian sedekah akan dimulai pukul 08.00. Antrean yang semula rapi mendadak kacau karena orang-orang saling dorong. Petugas keamanan yang berjumlah empat orang tampak kewalahan menghadapinya.

Tanggapan yang kurang sesuai dengan situasi di atas adalah …
A.  Sebaiknya, sejak awal seharusnya ada pengumuman tertulis tentang jadwal dan tata cara pembagian sedekah.
B.   Hal ini sangat memprihatinkan. Seharusnya jadwal yang sudah diumumkan ditepati sehingga masyarakat tidak gelisah.
C.  Menurut saya, pengusaha itu sebaiknya langsung membagikan sedekahnya pada masyarakat kurang mampu, tidak perlu membuat pengumuman dan membuat masyarakat mengantre.
D.  Sebaiknya, jumlah petugas keamanan ditambah karena untuk acara yang melibatkan ratusan orang tidak cukup dihadapi oleh empat orang petugas.
E.   Sayang sekali mereka yang awalnya tertib berubah menjadi ricuh karena ketidaksabaran mereka.

37.    Perhatikan kutipan paragraf berikut!
Temanmu menulis sebuah simpulan dalam laporannya bahwa perpisahan kelas tidak perlu dilakukan karena merupakan pemborosan. Kamu tidak sependapat dengannya. Kalimat tanggapan yang baik adalah …
A.  Pendapat Saudara ada benarnya, tetapi masih banyak orang tua yang mampu membayar biaya perpisahan.
B.   Pendapat Saudara kurang sesuai situasi karena teman-teman menginginan adanya acara tersebut.
C.  Pendapat Saudara tidak akan jadi penghalang terselenggaranya acara perpisahan kelas ini.
D.  Pendapat Saudara baik, tetapi saya yakin acara perpisahan kelas itu nanti akan menjadi kenangan tersendiri.
E.   Pendapat Saudara mencerminkan sikap hemat yang berlebihan.Menurut saya, perpisahan kelas tetap harus diadakan.

38.    Perhatikan kutipan paragraf berikut!
Di dalam laporan yang saya baca itu jelas sekali bahwa penyebab banjir itu adalah sampah yang menyumbat aliran air di selokan. Menurut saya, tindak lanjut yang harus dilakukan masyarakat setempat adalah membersihkan selokan segera agar banjir teratasi. Selain itu, kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan perlu ditingkatkan.

Tanggapan di atas lebih tepat disebut berupa …
A. persetujuan
B. sanggahan
C. saran
D. kritik
E. kemarahan

39.    Perhatikan kutipan paragraf berikut!
Laporan yang saya baca tadi diragukan kebenarannya karena ada bagian yang bertolak belakang dengan bagian sebelumnya. Pada grafik terlihat penurunan jumlah pengunjung perpustakaan pada hari Rabu. Namun, Saudara menyimpulkan bahwa jumlah pengunjung perpustakaan senantiasa menunjukkan peningkatan.

Tanggapan di atas menilai aspek
A. struktur laporan
B. koherensi laporan
C. gaya bahasa laporan
D. akurasi data
E. ejaan yang digunakan

40.    Perhatikan kutipan paragraf berikut!
Formalin tidak boleh digunakan sebagai bahan pengawet pada makanan. Akibatnya, jika digunakan pada makanan dan dikonsumsi oleh manusia akan menyebabkan beberapa gejala, di antaranya tenggorokan terasa panas dan kanker yang dapat mempengaruhi organ tubuh lain dan gejala lainnya.

Kesalahan berbahasa yang terdapat pada uraian laporan di atas adalah …
A. penulisan kata depan di yang tidak tepat.
B. penulisan kata berimbuhan di- yang tidak tepat.
C. penggunaan kata yang berlebihan dan pemaparan yang tidak jelas.
D. penggunaan tanda baca yang tidak tepat.
E. penggunaan huruf kapital yang tidak tepat.

41.    Perhatikan kutipan paragraf berikut!
Tahapan pembuatan tahu ialah mula-mula merendam kedelai, kemudian kedelai tersebut dimasukan ke mesin penggiling. Kedelai digiling hingga halus lalu dimasak dengan bantuan mesin uap. Setelah matang, kedelai diangkat dan dimasukan ke dalam cetakan hingga bisa dipotong-potong.

Kesalahan berbahasa yang terdapat pada uraian laporan di atas adalah …
A. penulisan kata depan ke yang tidak tepat.
B. penulisan kata berimbuhan di- yang tidak tepat.
C. penggunaan kata yang berlebihan dan pemaparan yang tidak jelas.
D. penggunaan tanda baca yang tidak tepat.
E. penulisan kata berimbuhan di-kan yang tidak tepat.

42.    Perhatikan kutipan paragraf berikut!
Laporan ini terkesan berbelit belit. Sebagai contoh, uraian tentang proses membuat tape tidak dijelaskan secara berurutan. Pada beberapa bagian terdapat kata: sebelumnya. Hal ini membuat kami cukup bingung karena kegiatannya tampak bolak-balik, tidak berurutan.

Isi tanggapan di atas menyoroti
A. struktur isi laporan secara keseluruhan
B. struktur isi pemaparan objek
C. gaya bahasa penulis yang berlebihan
D. kejelasan pemaparan
E. ejaan yang salah

43.    Perhatikan kutipan paragraf berikut!
Kucing adalah salah satu jenis mamalia karnivora yang paling banyak dipelihara oleh manusia. Tak heran bila kucing banyak dikawinsilangkan untuk mendapat spesies baru yang lebih bagus dan lucu. Apalagi bila kita amati dengan jeli, kucing memiliki kebiasaan mengeong, menjilati tubuhnya, dan mengubur kotoran mereka sendiri.

Bila kita baca dengan teliti judul yang paling tepat untuk cuplikan paragraf di atas ialah ....
A. Kucing
B. Sifat dan Kegemaran Kucing
C. Contoh Mamalia Karnivora
D. Kucing Banyak Dipelihara Manusia
E. Kebiasaan Kucing

44.    Perhatikan kutipan paragraf berikut!
Organisasi bangsa-bangsa di Asia Tenggara atau yang terkenal dengan sebutan ASEAN (Association of the South East Asia Nation) kini telah memasuki usia ke-47 tahun. Berdirinya organisasi ini diprakarsai oleh 5 negara yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Filipina. Berawal dari kesamaan nasib dan budaya yaitu sama-sama pernah dijajah oleh bangsa lain, kecuali Thailand, letak geografis yang saling berdekatan, dan letak kawasan Asia Tenggara yang sangat strategis sebagai jalur lalu lintas dunia, maka pada tanggal 8 Agustus 1967 ASEAN resmi didirikan. Peresmian itu dihadiri oleh perwakilan masing-masing negara. Indonesia diwakili oleh Adam Malik, Filipina diwakili oleh Narciso R. Ramos, Malaysia diwakili oleh Tun Abdul Razak, Singapura diwakili oleh S. Rajaratman, dan Thailan diwakili oleh Thanat Khoman. Dengan bekal prinsip saling menghormati kini ASEAN mampu menjadi wadah pemersatu bangsa-bangsa di Asia Tenggara.

Paragraf di atas terdiri atas pernyataan khusus atau aspek yang mendukung pernyataan umum, kecuali ....
A. Berdirinya Organisasi ASEAN diprakarsai 5 negara.
B. ASEAN memasuki usia ke-47 tahun.
C. Faktor terbentuknya ASEAN.
D. Perwakilan negara yang menghadiri terbentuknya ASEAN.
E. Saling menghormati adalah prinsip ASEAN.

45.    Perhatikan kutipan paragraf berikut!
“Bank Sampah” sedang menjadi topik perbincangan hangat di kalangan ibu-ibu PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga). Meskipun sibuk mengurus rumah tangga, mereka tetap menyempatkan diri mengurus lingkungan di sekitar mereka yaitu memilah-milah sampah kering dan sampah basah. Sampah kering yang ada di sekitar kita misalkan kertas, daun kering, kayu, ranting, plastik, dan segala macam barang yang tidak bisa terurai oleh jasad renik. Sedangkan sampah basah dapat kita temui lewat limbah rumah tangga semisal kulit buah-buahan, batang sayuran, sisa makanan, dan berbagai macam barang yang dapat terurai oleh jasad renik. Walaupun sampah kering sulit terurai, tetapi bisa dihancurkan dengan mesin untuk didaur ulang. Semisal kertas dapat diolah menjadi bubur kertas, plastik dapat diolah menjadi bijih plastik, dan sebagainya. Semoga Peran Pahlawan Lingkungan ini dapat mengasrikan lingkungan dan menjaga sumber daya alam kita agar masih dapat dinikmati oleh anak cucu kita kelak.

Pahlawan Lingkungan memisahkan sampah menjadi ....
A. organik dan nonorganik
B. plastik dan sisa sampah dapur
C. diuraikan oleh tanah dan tidak dapat diuraikan oleh tanah
D. diuraikan oleh jasad renik dan tidak dapat diuraikan oleh jasad renik
E. kering dan basah

46.    Perhatikan kutipan paragraf berikut!
Masyarakat Jawa Timur tentu tidak akan asing dengan kota Malang. Kota yang memiliki sejuta pesona ditambah dengan iklim yang sejuk dan asri membuat kota Malang ramai dikunjungi turis baik dari dalam maupun luar negeri. Mulai dari penginapan, kuliner, objek wisata. penginapan banyak kita jumpai mulai dari home stay, motel, vila, dan hotel. Kuliner mulai dari masakan sampai hasil alam berupa buah-buahan, dan objek wisata yang tak kalah serunya mulai dari candi, air terjun, tempat wisata air, pantai, tempat wisata agro, dan wisata pendidikan.

Klasifikasi objek wisata kota Malang adalah ....
A. hotel
B. kuliner
C. air terjun
D. buah-buahan
E. masjid

47.    Perhatikan kutipan paragraf berikut!
Sebutan bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu sekaligus bahasa Nasional kita agaknya harus kita jaga kelestariannya. Globalisasi dan perkembangan IT lambat laun mulai menggerus ketertarikan generasai muda untuk mempelajari dan melestarikannya. Mereka lebih bangga bila mereka memakai bahasa Inggris, Korea, Cina, Arab, gaul, dan sebagainya. Kalau kita amati dengan jeli bahasa Indonesia yang sedikit demi sedikit kita geser kedudukannya justru di belahan dunia lain banyak dipelajari dan dijadikan bahasa kedua dan diajarkan di negara mereka. Sebut saja Vietnam, Australia, Kanada, bahkan Amerika.

Penggunanan nomina pada paragraf di atas terdapat pada kalimat ke .....
A. 5
B. 4
C. 3
D. 2
E. 1

48.    Perhatikan kutipan paragraf berikut!
Kesusastraan Indonesia terbagi atas prosa dan puisi. Prosa terbagi atas Angkatan Balai Pustaka (20-an), Angkatan Pujangga baru (30-an), Angkatan 45, Angkatan 70-an, Angkatan 90-an, dan Angkatan 2000. Sedangkan puisi terbagi lagi atas puisi lama dan puisi baru. Puisi lama meliputi gurindam, hikayat, karmina, dan pantun. Sedangkan puisi baru terdiri atas balada, distikon, elegi, himne, quartain, ode, oktav, quinted, religi, romansa, satire, sektet, septime, soneta, dan terzina.

Klasifikasi umum pada pernyataan di atas terdapat pada kalimat ke ....
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 4 dan 5
E. tidak ada

49.    Perhatikan kutipan paragraf berikut!
Kerajaan Majapahit adalah kerajaan tertua dan terbesar di Jawa yang mayoritas penduduknya memeluk agama Hindhu-Budha. Kerajaan ini memiliki 5 raja yang terkenal selain Patih Gajah Mada. Raja yang pernah memerintah di Majapahit antara lain Jayawardhana, Jayanegara, Tribuwana Tunggadewi, Hayam Wuruk, dan Wikramawardhana. Peninggalan Kerajaan Majapahit yang masih bisa kita lihat berupa candi-candi yang tersebar di Jawa.

Klasifikasi umum pada paragraf di atas adalah ....
A.  Peninggalan Kerajaan Majahapit
B.   Kerajaan Majapahit adalah kerajaan tertua dan terbesar di Jawa yang mayoritas penduduknya beragama Hindhu-Budha.
C.  Kerajaaan Majapahit memiliki lima raja yang terkenal.
D.  Penduduk Kerajaan Majapahit memeluk agama Hindu-Budha.
E.   Gajah Mada adalah patih Kerajaan majapahit yang terkenal.

50.    Perhatikan kutipan paragraf berikut!
Jembatan terpanjang di Indonesia yang menghubungkan antara kota Surabaya dan Pulau Madura adalah Jembatan Suramadu. Jembatan ini memiliki jalur untuk roda empat dan roda dua secara terpisah. Maka, bila kekuatan angin telah melebihi batas yang ditentukan biasanya jalur untuk kendaraan roda dua akan ditutup untuk sementara waktu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Begitupun bila kekuatan angin sudah sangat kencang , jembatan ini pun tertutup bagi kendaraan roda empat. Hal ini terjadi karena posisi jembatan berdiri di atas Selat Madura, meskipun demikian, banyak masyarakat yang memilih memakai jalur ini untuk pergi ke Pulau madura daripada menyeberang di Pelabuhan Kamal.

Adjectiva pada paragraf di atas terdapat pada kalimat ....
A. 1 dan 3
B. 2 dan 4
C. 1 dan 4
D. 2 dan 5
E. 3 dan 5


51.    Perhatikan kutipan paragraf berikut!
Kebiasaan membaca yang salah dapat menyebabkan berbagai macam gangguan pada mata. Sebut saja miopi atau rabun jauh, hipermetropi atau rabun dekat, kelainan garis, presbiopi atau mata tua dan katarak. Gangguan mata miopi bisa dibantu dengan kaca mata lensa cekung atau kacamata negatif, hipermetropi dengan kacamata lensa cekung atau positif, kelainan garis dengan kacamata silindris, presbiopi dengan kacamata negatif dan positif, sedangkan katarak dengan operasi kecil untuk menghilangkan selaput yang menutupi retina.

Pernyataan umum teks tersebut adalah….
A.  Macam-macam gangguan mata
B.   Kebiasaan membaca yang salah dapat menyebabkan berbagai macam gangguan pada mata.
C.  Miopi
D.  Solusi untuk setiap gangguan mata.
E.   Operasi kecil untuk menghilangkan katarak

52.    Perhatikan kutipan paragraf berikut!
Makanan pokok masyarakat Indonesia adalah karbohidrat yang banyak kita temukan pada nasi, kentang, ketela, dan umbi-umbian lainnya. Berangkat dari ide kreatif masyarakat Indonesia, maka makanan karbohidrat tidak hanya bisa kita nikmati dengan cara dikukus, tetapi bisa juga digoreng atau dipanggang. Tentunya dengan menambahkan beberapa bahan lain pada bahan makanan pokok agar rasanya sedap dan nikmat. Makanan karbohidrat yang digoreng contohnya nasi goreng, kentang goreng, ketela goreng, dan sebaginya. Adapun makanan karbohidrat yang dipanggang contohnya nasi bakar, kentang tutup, dan sebagainya.

Kata kunci per kalimat pada pargraf di atas ialah....
A.   makanan karbohidrat
B.   makanan pokok
C.   masyarakat Indonesia
D.   makanan
E.    makanan pokok masyarakat Indonesia

53.    Perhatikan kutipan paragraf berikut!
Renang adalah salah satu cabang olahraga yang banyak disukai masyarakat di seluruh dunia. Olahraga ini tergolong eksotik karena kita dapat mengeluarkan seluruh energi kita dan menyatu dengan air. Macam-macam gaya renang dapat kita pelajari adalah gaya dada, gaya kupu-kupu, gaya punggung, dan gaya bebas. Inti dari semua gaya adalah penyatuan kita dengan air secara sempurna dan rileks. Tak heran bila olahraga ini juga dipakai sebagai terapi penyakit jantung, rematik, dan hiperaktif.

Kalimat yang berisi klasifikasi terdapat pada kalimat ke....
A.   1
B.   2
C.   3
D.   4
E.    5

54.    Perhatikan kutipan paragraf berikut!
Potensi alam di Indonesia ada yang mengkhawatirkan dan ada yang menyenangkan. Salah satu potensi alam yang mengkhawatirkan adalah masih ada beberapa gunung berapi yang aktif di Indonesia. Sebut saja gunung Merapi, gunung Slamet, gunung Kelud, gunung Bromo, gunung Anak Krakatau, gunung Kerinci, dan sebagainya. Adapun potensi alam yang menyenangkan dapat kita temukan pada pantai, air terjun, dan pegunungan.

Bila di buat skema, kata kunci per paragraf di atas ialah....
A.  Potensi alam: gunung, pantai, pegunungan, danair terjun
B.   Potensi alam: menyenangkan (air terjun, pegunungan, pantai), mengkhawatirkan : (gunung berapai aktif)
C.  Potensi alam: menyenangkan dan mengkhawatirkan
D.  Indonesia: Potensi alam: menyenangkan dan mengkhawatirkan
E.   Potensi alam: Indonesia: menyenangkan (air terjun, pegunungan, pantai) • mengkhawatirkan: gunung berapai aktif

55.    Perhatikan kutipan paragraf berikut!
Kelinci adalah salah satu hewan peliharaan yang banyak diminati. Selain lucu dan menggemaskan, makanan kelinci mudah kita dapatkan. Untuk mengetahui apakah kelinci itu sehat atau tidak, maka dapat kita lihat dari bentuk telinga, bulu, mata,hidung, ekor, kuku, dan anusnya. Selain sebagai hewan peliharaan, kelinci juga dapat dijadikan hewan potong untuk dikonsumsi oleh manusia. Daging kelinci dapat dibuat sate dan diolah menjadi olahan lainnya.

Isi pernyataan umum di atas ialah....
A.   kelinci banyak diminati
B.   sehat dan tidak sehat
C.   lucu dan menggemaskan
D.   disate dan digoreng
E.    menggemaskan dan lucu

56.    Perhatikan kutipan paragraf berikut!
Bila kita ingin membuat paragraf teks laporan hasil observasi tentang olahraga atletik, kita dapat membuat paragraf dengan memakai kata kunci perparagraf.

Susunan penulisan kata kunci secara urut yang tepat ialah.…
A.   macam-macam olahraga: atletik
B.   atletik: definisi, macam-macam, dan contoh
C.   olahraga atletik: macam-macam
D.   macam-macam dan contoh atletik
E.    atletik: definisi

57.    Perhatikan kutipan paragraf berikut!
(1) Pemeriksaan golongan darah manusia berdasarkan sistem I OAB sering dipakai sebagai salah satu alternatif pemeriksaan golongan darah manusia. (2) Sistem pemeriksaan ini sangat sederhana dan mudah. (3) Kita hanya membutuhkan alkohol, kapas, jarum, fiber glass, dan serum. (4) Beberapa menit kemudian kita akan mengetahui golongan darah kita. (5) Ibu-ibu tidak perlu takut bila melihatnya. (6) Percobaan pemeriksaan golongan darah seperti ini banyak dilakukan di beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Indonesia.

Isi teks laporan hasil observasi yang tidak padu terletak pada kalimat.…
A. (2)
B. (3)
C. (4)
D. (5)
E. (6)

58.    Perhatikan kutipan paragraf berikut!
Permainan anak yang mulai ditinggalkan zaman sekarang justru permainan anak yang banyak menuntaskan perkembangan motorik. Sebut saja lompat tali, gobak sodor, bermain masak-masakan, dan sebagainya. Permainan ini pelan tapi pasti mulai terkikis karena perkembangan industri IT di Indonesia. Untuk mengatasi hal ini, permainan outdoor merupakan salah satu materi pelajaran di sekolah taman kanak-kanak.

Isi pernyataan umumnya adalah....
A. klinik fisioteraphi
B. permainan lompat tali
C. perkembangan motorik
D. permainan anak yang mulai ditinggalkan
E. industri IT

59.    Perhatikan kutipan paragraf berikut!
Teh mengandung dua jenis senyawa, yaitu antioksidan katekin dan kafein. Kadar katekin di dalam kandungan daun teh segar dapat mencapai 30 %. Pada teh hijau dan teh putih, katekin-nya cukup tinggi, sedangkan pada teh hitam, katekin-nya lebih sedikit karena senyawa ini hilang pada saat oksidasi.

Pernyataan yang tepat untuk teks di atas adalah…
A.  Teks observasi telah dilengkapi struktur pernyataan umum dan aspek yang digolongkan
B.   Teks hanya mengandung struktur aspek yang digolongkan dengan deskripsi yang belum lengkap.
C.  Teks hanya berisi pernyataan umum dan belum memiliki aspek yang digolongkan.
D.  Teks hanya mengandung aspek yang digolongkan, tetapi deskripsi telah lengkap.
E.   Teks di atas bukan teks observasi.

60.    Perhatikan kutipan paragraf berikut!
Teh mengandung dua jenis senyawa, yaitu antioksidan katekin dan kafein. Kadar katekin di dalam kandungan daun teh segar dapat mencapai 30 %. Pada teh hijau dan teh putih, katekin-nya cukup tinggi, sedangkan pada teh hitam, katekin-nya lebih sedikit karena senyawa ini hilang pada saat oksidasi.

Pernyataan yang tepat untuk teks di atas adalah…
A.  Teks observasi telah dilengkapi struktur pernyataan umum dan aspek yang digolongkan
B.   Teks hanya mengandung struktur aspek yang digolongkan dengan deskripsi yang belum lengkap.
C.  Teks hanya berisi pernyataan umum dan belum memiliki aspek yang digolongkan.
D.  Teks hanya mengandung aspek yang digolongkan, tetapi deskripsi telah lengkap.
E.   Teks di atas bukan teks observasi.

61.    Perhatikan kutipan paragraf berikut!
Minuman adalah segala sesuatu yang dapat dikonsumsi dan dapat menghilangkan haus.Mudah bagi kita untuk menemukan jenis minuman di sekitar. Salah satunya dapat dikelompokkan ke dalam jenis kemasan. Ada yang menggunakan plastik, kertas, dan berbentuk botol.
Kemasan berbahan plastik adalah kemasan yang kurang baik karena menimbulkan banyak kerugian dan sulit diuraikan alam. Kemasan kertas pun banyak ditemukan seperti minuman berkarakter susu, kopi, atau teh sering dikemas dengan cara seperti ini. Kemasan berbentuk botol juga digunakan untuk minuman berkarakter karbonasi dan teh.
Banyaknya ragam kemasan minuman terkadang menimbulkan kekhawatiran tersendiri. Jika tidak bijak, penggunaan kemasan plastik yang berlebihan, misalnya, dapat menimbulkan penumpukan sampah dan mengotori alam karena sulit terurai. Sudah selayaknya kita mengurangi penggunaan plastik.

Kekurangan pada teks observasi di atas adalah…
A.Kalimat deskripsi yang kurang
B. Kalimat definisi yang tidak ada.
C.Struktur yang kurang lengkap.
D.Tidak objektif
E.Tidak cermat dan sistematis

62.    Perhatikan kutipan paragraf berikut!
Ada banyak macam jenis batik. Beberapa di antaranya adalah pringgondani, sekar jagad, dan sida luhur.
Batik pringgondani adalah batik yang melambangkan gatotkaca. Batik ini memiliki corak gelap seperti biru indigo atau cokelat dengan sulur-sulur kecil yang dihiasi naga.
Batik sekar jagad melambangkan kecantikan dan keindahan yang akan membuat orang kagum. Namun, berdasarkan kata pembentuknya, sekar jagad juga dapat melambangkan bentuk keragaman yang ada di dunia.
Secara asal bahasa, batik sida luhur dapat bermakna. “sida” yaitu ‘jadi/terwujud’. Dan luhur yang berarti ‘tinggi’. Dengan kata lain, arti keseluruhan dari kata sida luhur adalah melambangkan harapan untuk dapat mencapai kedudukan yang tinggi.

Kekurangan pada teks observasi di atas adalah…
A. Kalimat deskripsi yang kurang
B. Kalimat definisi yang tidak ada
C. Struktur yang kurang lengkap
D. Tidak objektif
E. Tidak cermat dan sistematis

Mengidentifikasikan Isi Pokok Cerita Rakyat dengan Bahasa Sendiri

63.    Teks berikut untuk soal nomor 63 dan 64. Bacalah dengan cermat!
Pada hari pertama akan terbang, dia merasa bangga sekali. Dengan pakaian resmi sebagai pilot, dia menunggu jemputan dari kantor. Dia tahu, beberapa hari sebelum terbang dia pasti sudah diberi tahu jadwal penerbangannya, tapi hari itu dia tidak tahu akan terbang ke mana. Melalui berbagai peraturan dia juga tahu, paling lambat satu jam sebelum pesawat mulai terbang, pilot sudah harus tahu keadaan pesawat dengan jelas.
Demikianlah, sejak pagi sekali dia sudah menunggu di rumah, dan akhirnya, memang jemputan datang. Sopir ngebut lebih cepat daripada ambulans, menyalip sekian banyak kendaraan di sana dan di sini, karena, katanya, sangat tergesa-gesa. Dia baru tahu dari bos, bahwa hari itu sekonyong-konyong dia harus menjemput Pilot Bejo.                                                                                                                                                                   
                                                                             Kisah Pilot Bejo cerpen, Budi Darma
Watak Pilot Bejo dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....
A.    semangat                                         
B.    optimis                                             
C. pesimis
D. inovasi
E. berjiwa besar

64.    Pendeskripsian watak tokoh berdasarkan kutipan novel tersebut adalah ....
A.    jalan pikiran pelaku 
B.    reaksi pelaku terhadap kejadian
C.    dialog antartokoh
D.   penjelasan pengarang 
E.    perbincangan tokoh lain

65.    Teks berikut untuk soal nomor 65 dan 66. Bacalah dengan saksama!
Begitu tiba di kantor Sontholoyo di bandara, Pilot Bejo dengan mendadak diberi tahu untuk terbang ke Makassar. (2) Sebagai seorang pilot yang ingin bertanggung jawab, dia bertanya data-data terakhir mengenai pesawat. (3) Dengan nada serampangan bos berkata: "Gitu saja kok ditanyakan. Kan sudah ada yang ngurus. Terbang ya terbang."
Demikianlah, dengan tangan gemetar dan doa-doa pendek, Pilot Bejo mulai menerbangkan pesawatnya. (5) Sebelum masuk pesawat, dia sempat melihat sepintas semua ban pesawat sudah gundul, cat di badan pesawat sudah banyak mengelupas, dan setelah penumpang masuk, dia sempat pula mendengar seorang penumpang memaki-maki karena setiap kali bersandar, kursinya selalu rebah ke belakang.
                                                                            Kisah Pilot Bejo cerpen, Budi Darma

Konflik dalam kutipan cerpen tersebut adalah ...
A.    Pilot Bejo dimarahi atasannya karena bertanya tentang tugasnya.
B.    Bos Pilot Bejo membentak Pilot Bejo karena dia banyak bertanya.
C.    Penumpang pesawat memaki-maki karena kursi pesawat rusak.
D.   Pilot Bejo merasa ragu-ragu untuk menerbangkan pesawatnya.
E.    Pilot Bejo merasa ketakutan karena pesawat tidak layak terbang.

66.    Bukti latar tempat terdapat pada kalimat nomor ... .
A.    (1)
B.    (2)
C.    (3)
D.   (4)
E.    (5)

67.    Perhatikan kutipan novel berikut !
 (1) Di sini Open tertawa. (2) Lalu, ia berkata sendiri dengan dirinya, (3) “Orang-orang jahat, biarpun bentuk badan manusianya tetap seperti otang lain, tapi menurut isi kalbunya mereka sebenarnya telah berubah jadi binatang buas. (4) Demikian Open saban malam sampai kepada sesuatu kesimpulan dan ia percaya dan yakin, bahwa semua kesimpulan itu  pada suatu waktu akan mendekatkan ia kepada terus terang yang sebenarnya. (5) Tidak terus terang seperti yang diamalkannya, waktu ia jadi guru sekolah rakyat dulu. (6) Dan lama kelamaan bersamaan dengan bertambahnya lowongan dalam kalbunya bertambah terasa kepadanya, bahwa kehendak menyendiri seperti dulu, egoisme dulu, bertamabah lama bertambah jauh dari padanya.
                                                                      Dari Ave Maria Jalan Lain ke Roma, Idrus

Sudut pandang pengarang dalam cerpen tersebut adalah … .
A.   orang pertama sebagai pencerita
B.   orang ketiga serba tahu
C.   orang ketiga terarah
D.   orang pertama tokoh utama
E.    orang pertama sebagai pengamat

68.    Kutipan cerpen berikut untuk soal nomor 6870. Bacalah dengan cermat
”Sukri! Jaga mulutmu. Kau ini apa-apaan. Pemuda tanpa modal. Jangan kau permainkan  anakku. Apa yang telah kau beri kepadanya sebagai rasa kasih dan cintamu? Datang hampir tiap malam dengan janji-janji. Jangan kau memberi harapan-harapan yang tidak pasti kepada kami. Pergi kau! Biarkan anakku mencari jodoh yang lebih sempurna daripada kau.”
“Orang tua terkutuk! Mata duitan. Apa bedanya kau dengan orangtua lain kalau kau berpikir seperti itu? Anakmu akan kau jual belikan?”
“Sukri! Sumarni adalah anakku. Berhak memilih yang terbaik untuknya.”
“Apakah kau telah menganggap pemuda itu cukup baik?”
“Dia punya skuter. Dia punya modal untuk anakku, dan kau? Hanya janji-janji yang tidak terbukti.”
“Kalau begitu, kau adalah orangtua yang memandang benda-benda.”
“Semua orang tua akan bersikap begitu untuk kebahagiaan anak gadisnya.”
“Tidak semua.”
“Kalau begitu, aku tidak termasuk orangtua yang kamu harapkan.”
“Ya!” kata Sukri. Dia mencabut pisau belati dari pinggangnya. Dia terkam orangtua itu. Dia tusuk berulang-ulang dada dan perut ayah Sumarni. Kemudian dengan pisau yang telah menjadi merah, Sukri berpaling kepada Sumarni dan pemuda pengendara skuter itu.” 
                                      
                                       Sukri Membawa Pisau Belati karya Hamsad Rangkuti

Konflik yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut adalah...
A.          Penolakan cinta seorang pemuda terhadap seorang gadis yang dicintainya.
B.          Penolakan orangtua terhadap lamaran pemuda bernama Sukri
C.          Sikap orangtua yang ingin membahagiakan anaknya dengan orang kaya.
D.         Perasaan marah Sukri kepada orang tua Sumani karena dirinya dihina.
E.          Pengharapan orangtua terhadap seorang pemuda kekasih anaknya.

69.    Penyebab konflik dalam kutipan cerpen tersebut adalah... .
A.    Sukri membunuh sumarni dan ayahnya.
B.    Sukri menusuk dada pengendara skuter.
C.    Sukri dihina orang tua Sumarni.
D.   Sukri menusuk perut orangtua sumarni.
E.    Orangtua materialistis demi anaknya.

70.    Akibat konflik dalam kutipan cerpen tersebut adalah...
A.    Sukri membunuh sumarni dan ayahnya
B.    Sukri menusuk dada pengendara skuter
C.    Sukri menusuk dada dan perut orangtua sumarni
D.   Sukri berpaling kepada pemuda berskuter
E.    Orangtua materialistis demi kebahagiaan anaknya

71.    Perhatikan kutipan cerpen berikut !
Cerpen Hamzah Rangkuti “Ketupat Bat Paku dan Nyak Bedah” yang terdapat dalam buku kumpulan cerpen “Bibir dalam Pispot” banyak menggunakan bahasa daerah yang tidak dimengerti oleh pembaca dan penggunaa alur campuran banyak digunakan dalam cerpen-cerpennya.

 Kalimat resensi yang mengungkapkan kelemahan cerpen, sesuai dengan ilustrasi   tersebut adalah ...
A.  Alur campuran yang dipakai dalam cerpen tersebut membuat para pembaca sulit untuk mengikutinya.
B.   Alur campuran yang dipakai dalam “Ketupat Bak Paku dan Nyak Bedah” sangat membosankan bagi pembaca.
C.  Buku kumpulan cerpen “ Bibir dalam Pispot” banyak menggunakan bahasa daerah dan alur campuran.
D.  Penggunaan bahasa daerah dalam cerpen “Ketupat Bak Paku dan Nyak Bedah” menimbulkan kesulitan bagi pembacanya.
E.  Para pembaca akan mengalami kesulitan dalam membaca buku kumpulan cerepn “Bibir dalam Pispot”

72.    Bacalah penjelasan buku berikut dengan cermat!
Hamsad Rangkuti dalam kumpulan cerpennya Bibir dalam Pispot menyajikan cerita dengan bahasa yang puitis dan mampu membawa pembaca ke dalam imajinasi pengarang. Walaupun alur campuran  yang digunakan sering membuat buyar konsentrasi pembaca. Cerpen ini sangat baik pula dibaca para remaja.

Kalimat  resensi yang menyatakan keunggulan sesuai isi kutipan tersebut adalah…
A.  Cerpen karya Hamsad Rangkuti ini sangat baik karena menceritakan kisah  para remaja dengan berbagai kehidupan.
B.   Alur yang disajikan adalah alur gabungan sehingga menjadikan karya ini  baik dan menarik minat pembaca
C.  Bahasanya ibarat sebuah puisi yang indah dengan kata-kata yang memikat dan penuh imajinasi pembaca.
D.  Tema dan alurnya sangat padu dan membuat pembaca berimajinasi seperti pengarang.
E.  Cerpen ini disajikan  dengan bahasa puitis dan mampu membawa pembaca ke dalam imajinasi pengarang

73.    Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama!
Setelah dari toko itu aku segera pulang ke rumah. Di rumah, ayah dan ibu menyambut kedatanganku dengan bahagia. Ayah segera memelukku dan mengatakan kalau ia bahagia akan nilai rapotku. … .
“Maafkan aku, Yah. Aku hanya bisa mendapat rangking kedua. Janice-lah yang mendapat rangking pertama.” kataku dengan nada kecewa pada ayah.
“Tapi semua nilaimu bagus, Stella. Nilaimu juga tidak terpaut jauh dengan nilai Janice, kan?” kata ayah.
                                                               “Kotak Ajaib”, Cerpen karya Bernadetha

Kalimat yang tepat untuk melengkapi cerpen tersebut adalah …
A.    Aku tersenyum bahagia karena ayah dan ibu menyambutku dengan hangat.
B.    Tapi , lagi-lagi aku hanya membalas pelukan ayah dengan senyuman kecut.
C.    Sebelum tidur, aku membuka dulu kotak musik yang diberikan nenek.
D.   Setelah itu aku masuk ke kamar dan berganti pakaian.
E.    Kemudian ibu menyuruhku makan siang dengan lauk kesukaanku.   

74.    Cermati kutipan novel untuk menjawab soal nomor 28 dan 29.
Sering aku menepuk pinggang sersan komandannya yang semua kami kenal. Ia hanya melirik saja, mulut agak memulur tersenyum tak kentara. Disiplin dong! Tentara Kerajaan dikira apa. Tentu saja Mami sama sekali tak suka dengan kekolonganku. Maklumlah, anak letnan Kerajaan yang bersekolah di Sekolah Dasar Kaum Eropa, masih ningrat Keraton bahkan Surakarta segala, kok telanjang di selokan kebak tai; tanpa sepatu keluyuran dengan anak-anak kolong kampungan. Sampai hitam Dayak aku ini (Mami tidak tahu, orang Dayak kulitnya kuning seperti Mami) malu ah! Dan setiap aku pulang, terlambat tentu saja, aku dihukum Mami. Tidak boleh makan poding panili lezat sesudah makan. Tetapi kalau sore hari aku merengek minta poding jatahku itu, toh Mami memberinya juga. Jadi tak mempan juga ilmu pendidikan Mamiku itu. Memang Mami jelas tak punya sistem pendidikan yang berdisiplin. Nah, itu bukti kedua. Mami bukan totok. Bukti ketiga: Mami suka pada segala hal pedukunan dan takhayul atau mistik.
Burung-Burung Manyar, karya YB Mangunwijaya

Konflik pada kutipan novel tersebut adalah ...
A.   ketidaksukaan tokoh Mami terhadap sikap „kekolongan“ tokoh aku
B.   keisengan  tokoh aku pada komandan dan prajurit kerajaan
C.   sistem pendidikan tokoh Mami kepada tokoh aku yang tidak benar
D.   karakter tokoh aku yang suka bergaul dengan anak kolong
E.    karakter tokoh Mami yang suka pada pedukunan dan takhayul

75.    Peristiwa logis yang yang dilakukan oleh tokoh aku pada kutipan tersebut adalah ...
A.   suka mengganggu orang-orang tua yang dikenalnya
B.   tidak suka pada sikap orang tua, terutama Maminya
C.   suka melakukan hal-hal konyol dan menyenangkan
D.   tidak peduli pada pendapat orang tuanya
E.    senang pada sesuatu yang kampungan

76.    Cermati kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 76 dan 77.
Petang yang agak lindap kali ini,  kuhabiskan bersama Taufan di pantai yang tak berapa jauh dari rumah kami. Ini selalu kulakukan apabila terkenang pada mendiang suamiku atau aku sedang didera persoalan yang berat. Taufan selalu memperhatikan gerak bola mataku yang begitu tunak menatap buih-buih yang terapung di tengah kepungan ombak. Kadangkala buih-buih itu menari-nari dalam tingkahan ombak yang tak berirama. Di lain waktu, buih-buih itu berkecai-kecai hingga tak mungkin dipertautkan lagi. Sering airmataku beruntaian jatuh di pipi hingga menitik di rambut Taufan yang belum banyak mengerti apa yang sedang kualami.
Buih, Ombak, dan Sepenggal Tanya karya Fakhrunnas Ma Jabbar
Kegiatan apa yang dilakukan oleh tokoh aku saat didera persoalan yang berat?

Kegiatan yang dilakukan oleh tokoh aku saat didera persoalan berat adalah ....
A.   berdiri tak bergeming di tepi pantai
B.   menatap buih-buih air di tepi pantai
C.   menatap ombak yang berkejaran
D.   buih di tengah kepungan ombak
E.    menangis diam-diam di tepi pantai

77.    Latar tempat tokoh aku melakukan kegiatan dalam kutipan tersebut adalah ....
A.   depan rumah
B.   dekat rumah
C.   tepi pantai
D.   tengah buih
E.    kepungan ombak

78.    Cermati kutipan hikayat berikut untuk menjawab soal no 78 sampai dengan 81 !
          (1) Kata Bayan, “Adalah konon seorang perempuan terlalu baik parasnya. (2) Maka ia nikah dengan perempuan terlalu baik parasnya. (3) Maka ia nikah dengan laki-laki terlalu amat cemburuan; selama ia duduk dengan istrinya itu, jangankan ia berniaga, berjalan jauh pun ia tidak pernah. (4) Hatta beberapa lamanya maka segala harta yang dibawanya pun habislah. (5) Maka kata perempuan itu, “Hai Tuan Hamba! Betapa hal kita ini? (6) Tiada lagi yang dimakan, baiklah Tuan pergi berlayar mencari makanan! (7) Apakah kesudahannya ini?
          (8) Maka sahut suaminya, “Tiada aku mau bercerai dengan Tuan dan tiada aku percaya akan dikau; kalau-kalau peninggalanku ini dikau berbuat jahat.

Hal yang dapat diteladani dari kutipan tersebut adalah ...
A.   Sifat suami yang pencemburup terhadap istri.
B.   Suami yang akan menceraikan istrinya yang tercinta.
C.   Kesetiaan suami kepada istrinya yang berlebihan.
D.   Suami melarang istrinya untuk mencari nafkah yang jauh.
E.    Suami yang selalu mencururigai istrinya kemana pun pergi.

79.    Bukti watak bahwa seorang (suami) pencemburu terdapat pada kalimat ,....
A.   (3) dan (4)
B.   (3) dan (5)
C.   (3) dan (6)
D.   (3) dan (7)
E.    (3) dan (8)

80.    Nilai moral yang terkandung dalam kutipan tersebut adalah …
A.  Istri yang berperilaku pura-pura memperhatikan suaminya dan selalu setia mendampingi suaminya
B.   Suami yang bertingkah laku berlebihan menuntut istrinya agar selalu patuh dan setia mendampinginya
C.  Perilaku seorang suami yang tidak percaya akan kesetiaan istrinya karena kecemburuan yang berlebihan
D.  Perbuatan suami yang semena-mena mengekang istrinya karena menyesali perkawinan yang telah mereka lakukan
E.   Seorang istri yang selalu setia mendampingi suaminya dan rela hidup dalam kesederhanaan asal berdekatan selalu.

81.    Amanat yang terkandung dalam kutipan tersebut adalah …
A.  Seorang suami janganlah menyesal setelah menikahi seorang perempuan terlalu baik parasnya karena itulah jodohnya.
B.   Selalu rukunlah hidup bersuami istri dan janganlah warnai percekcokan agar kehidupan menemui kebahagiaan.
C.  Suami tidak boleh malas mencari nafkah untuk istri karena seorang suamilah yang bertanggung jawab mencari nafkah.
D.  Seorang suami janganlah cemburu terhadap istri karena akan menimbulkan ketidakpercayaan terhadap istri.
E.   Istri yang selalu setia mendampingi suaminya akan mendapatkan kebahagiaan sekali pun hidup dalam kesederhanaan.

Menjelaskan Nilai dalam Hikayat dengan Kehidupan Saat ini dalam Teks Eksposisi

82.    Cermatilah kutipan naskah Melayu Klasik berikut untuk soal nomor 82 s.d.84. 
Hatta berapa lamanya, kepada suatu hari, maka saudagar itu pun tiada di rumahnya, pergi ke kedai. Setelah dilihat oleh istrinya, suaminya sudah keluar berjalan, maka ia pun segera pergi kepada sangkar bayan itu, ditangkapnya bayan itu, dicabut bulunya pada segala tubuh bayan itu seraya katanya, “Unggas celaka inilah memberi tahu suamiku, maka aku digusarnya sehari-hari.” Setelah habislah segala bulu bayan itu dicabut oleh istri saudagar itu, baharulah dilepaskannya.Maka bayan itu pun larilah masuk bersembunyi ke dalam saluran tempat orang membuangkan air pembasuh beras senantiasa hari. Maka bayan itu pun diamlah di sana; pada sangka istri saudagar, telah matilah sudah bayan itu. Maka istri saudagar itu, telah matilah sudah bayan itu.Maka istri saudagar itu pun kembali ke tempatnya itu.Telah  didengarnya suaminya datang, maka ia pun pura-pura berteriak menangis seraya katanya, “Aduh!” Sayangnya bayanku ini mati ditangkap kucing.”
Setelah didengar oleh saudagar itu secara istrinya berteriak itu, maka ia pun segeralah naik ke rumahnya. Maka dilihatnya bulu bayan itu bertimbun-timbun di tanah, bangkainya tiada. Maka saudagar itu pun marahlah, katanya, “Tiadalah bayanku itu dimakan kucing, melainkan engkau juga yang membunuh dia. Jika demikian, sungguhlah juga ada perbuatanmu yang jahat itu, maka bayanku ini engkau bunuh;  tiada siapa orang  lain, melainkan engkau juga membunuhnya. Hai perempuan bedebah celaka! Nyahlah engkau daripada rumahku ini! Tiada aku mau memandang muka orang durjana bedebah malang ini.”

Karakteristik sastra Melayu Klasik yang menonjol sesuai kutipan tersebut adalah ... .
A.   istana sentris
B.   alur ceritanya statis
C.   berisi kemustahilan
D.   bahasanya melayu lama 
E.    Tokoh utamanya seekor binatang


83.    Nilai moral dalam kutipan naskah Melayu Klasik tersebut adalah…
A.   Suami marah kepada istri tanpa alasan.
B.   Istri saudagar membunuh bayan yang tidak berdosa.
C.   Istri yang selalu mencurigai perbuatan suaminya.
D.   Seorang suami yang kurang bertanggung jawab.
E.    Seekor burung, bayan, yang sangat setia terhadap majikannya.


84.    Isi kutipan naskah Melayu Klasik tersebut adalah ...
A.  Seorang istri yang berpura-pura baik terhadap suaminya, padahal ia berbuat jahat pada bayan
B.   Seorang istri yang diusir suaminya karena telah membunuh bayan, burung kesayangan suaminya itu.
C.  Istri saudagar membunuh bayan karena bayan memberitahu saudagar bahwa istrinya berbuat sesuatu.
D.  Seorang saudagar yang setiap harinya pergi ke kedai untuk berdagang, tanpa memerhatikan bayan.
E.   Bayan, seekor burung kesayangan saudagar mati karena ditangkap kucing, tapi bangkainya tidak ada.

85.           Kutipan cerpen  untuk soal  no. 85 s,d 86
 (1) ”Maaf’ Pak, saya tidak mampu melakukannya.” (2) Aku meletakkan pantatku di kursi depan mejanya tanpa ragu. (3) Sempat kulihat mata itu membesar sekilas dan kudengar pula suaranya agak serak karena menahan marah. (4) ”Apa maksud Pak Karta?” (5) Ia masih berusaha bersopan santun. ” (6) Jelas Pak, saya tidak bisa melakukan apa yang Bapak perintahkan.” (7) Aku berkata dengan tenang.
 (8) ”Kalau begitu saya minta Bapak ke luar dari sekolah ini!  (9) Sekarang juga. Terpaksa saya berhentikan Bapak secara tidak terhormat.” (10) Lelaki itu mengangkat telepon, lalu sibuk berbicara dengan seseorang mengenai pemecatanku. (11) ”Bapak tidak perlu repot-repot,” kataku segera, begitu ia meletakkan gagang telepon. (12) ”Saya bisa pergi sendiri.”
            Aku, seorang guru, Adilla Anggraeni     

Bukti tokoh aku memiliki sifat tegas terdapat pada kalimat nomor ....
A.       (1), (3),  dan  (6)                              
B.         (1), (7),  dan  (11)
C.       (1), (6),  dan  (11)
D.   (1), (11), dan (12)
E.    (6), (8),  dan  (11)

86.           Pendeskripsian watak  Karta dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....
A.       dialog antartokoh
B.        pikiran-pikiran tokoh
C.       Penjelasan dan ucapan tokoh
D.       Perbincangan tokoh lain
E.         Situasi di sekitar tokoh

87.    Bacalah kutipan cerpen berikut ini dengan saksama!
”Kalau Bung ke mana?” ”Saya ke Semarang saja. Saya dengar di sana kurang orang, mungkin tenaga dan pikiran saya bisa membantu kaum republiken di sana. ” Aku membuka telingaku dengan jari. Aku tidak salah dengar, nih? Masak dari tadi bicara kemerdekaan melulu, sih? Aku membuka mataku lebar-lebar. Perlahan, aku melihat bus yang sama, tetapi dengan orang-orang yang berbeda. Ada satu keluarga yang tengah duduk bersama. Ada tentara berseragam dan bersenjata lengkap. Aku mengucek-ucek mataku. Tidak salah lihat, nih? Aryati. Engkaulah bunga di tamanku. Aryati…. . Aku memalingkah pandangan ke sekeliling.

Beberapa orang menyapa dengan ramah. ”Merdeka!” ”Merdeka!” ”Merdeka, Bung!” ”Merdeka juga!” jawabku dengan lantang. Aku berusaha meyakinkan diri sendiri kalau aku tidak bermimpi. ”Dari tadi Bung tertidur. Maaf, kalau obrolan kami membangunkan, Bung. ” Aku menggeleng. ”Bung, mau ke Yogyakarta juga?” Aku bingung tapi aku mengangguk saja. ”Bung sepertinya bukan tentara atau pengungsi? Apa pekerjaan Bung? Oh, maaf, nama Bung siapa?” ”Saya Pratama. Saya penulis infotainment. ” ”Wah, Bung ini seorang penulis? Wartawan?
Kawan-kawan, di bus ini ada kawan seperjuangan seorang wartawan!” ”Wartawan?” ”Wartawan?” ”Kawan dari Rosihan Anwar atau Mochtar Lubis?” ”Bukan, saya penulis biasa, ” kilahku merendah. ”Jangan begitu, Bung. Dalam perjuangan tidak ada yang biasa atau luar biasa. Semuanya berjasa kepada negara. Bung merasa diri sebagai penulis biasa, tetapi di mata kami, Bung adalah penyebar berita perjuangan bagi bangsa dan negara. Perjuangan kami akan bung tulis, lantas dimuat di surat kabar, kemudian rakyat tahu bagaimana kami berjuang. Bangsa ini akan semakin bersemangat memperjuangkan kemerdekaannya.
“Aryati” karya Dodiek Adittya Dwiwanto

Sudut pandang yang digunakan dalam penggalan cerpen “Aryati” tersebut adalah ....
A.   orang pertama pelaku sampingan
B.   orang pertama sebagai pencerita
C.   orang ketiga terarah
D.   orang ketiga serbatahu
E.    orang pertama pelaku utama

88.    Perhatikan paragraf berikut ini !
Dari hasil pengamatan kami pada suatu hari pada musim libur panjang, di jalan protokol itu, Jalan Malioboro, banyak kendaraan yang di parkir di trotoar. Setelah kami hitung, tercatat hanya ada 34, 38% kendaraan bernomor polisi AB, dari propinsi kami. Selebihnya, 29, 26% dari Jakarta, 15, 57% dari Bandung, 11, 65% dari Surabaya, 5, 80% dari Semarang, 2, 92% dari Bogor. Sisanya dari Banten, Rembang, Jepara, Pekalongan, Kedu, bahkan ada mobil yang bernomor Aceh, Flores, dan Bali. Dari hasil pengamatan itu, ternyata persentase kendaraan dari luar Yogyakarta jauh lebih banyak.

Isi laporan di atas disusun berdasarkan hasil ......
A.   wawancara
B.   percobaan
C.   angket
D.   observasi lapangan
E.    studi pustaka

89.    Laporan Pengamatan Daerah Pemukiman Transmigrasi.
Transbangdep, sungkatan dari Transmigrasi Swakarsa Pengembangan Desa Potensial, merupakan upaya penataan dan pengembangan desa di daerah transmigrasi yang masih memiliki potensi sumber alam untuk dikembangkan.
Lokasi pemukiman Transbangdep yang dikembangkan tahun 1992/ 1993 adalah Desa Sumber Baru dan Sumber Harapan di Kecamatan Sungai Pinang, Kabupaten Banyar, Propinsi Kalimantan Selatan dengan rencana penempatan 250 KK. Desa Sumber Baru dan Sumber Harapan merupakan desa berdampingan yang pertumbuhannya relatif lambat akibat kurangnya penduduk yang memiliki keterampilan untuk mengolah dan mengembangkan potensi sumber daya alam yang tersedia. Untuk memnuhi penduduk sesuai dengan keterampilan dan jenis usaha yang dibutuhkan bagi pembangunan desa-desa tersebut masyarakat  mengharapkan dikembangkannya program transmigrasi Swakarsa.
Lokasi Desa Sumber Baru dan Sumber Harapan dapoat dicapai dengan kendaraan anagkutan umum serta ojek. Fasilitas yang tersedia di desa ini adalah 2 unit SD Negeri, 1 unit Puskesmas pembantu, 2 unit Masjid dan 3 Surau.

Penggalan laporan di atas lebih tepat apabila ditempatkan dalam .....
A.   kata pengantar
B.   latar belakang masalah
C.   landasan teoritis
D.   metode penelitian
E.    pembahasan data

90.    Cerita Rakyat dan Sastra Melayu
Beribu tahun yang lalu hidup seekor naga raksasa yang berwarna merah. Dia sudah bosan hidup di bumi. Dukumpulkannya biatang-binatang lain untuk diajak hidup di balik awan. Ada sebuah tempat yang aman dan indah. Semua binatang yang ikut disuruhnya naik ke punggunngnya. Ternyata yang ikut cukup banyak dan baru terasa bahwa tak mungkin menganngkat seluruh binatang yang ikut.
Naga Merah menggeliat, mengendus, mengeram dan akhirnya terbang. Sampai setinggi pohon, dia baru mengetahui bebannya terlalu berat. Dia sendiri akan terjerembab jika yang menunggangi tidak dijatuhkan.

Cerita di atas termasuk dalam jenis .....
A.   legenda
B.   mitos
C.   sage
D.   fabel
E.    parabel

Mengidentifikasikan Karakteristik Bahasa Hikayat

91.    Perhatikan kutipan berikut !
Seorang anak miskin, Malin Kundang pergi merantau. Kemudian ia menjadi kaya. Pada suatu hari ia kembali ke kampungnya sebagai nahkoda sebuah kapal besar yang besar dan indah. Isinya bermacam-macam barang dagangan yang mahal-mahal.
Mendengar Malin Kundang datang, ibunya yang sudah renta dan uzur ingin bertemu dengan anaknya karena sudah lama ia pergi merantau. Tetapi, Malin Kundang tidak mau mengetahui perempuan tua itu sebagai ibunya. Dia malu.
Ibunya menngutuk Malin Kundang. Ketika Malin Kundang berlayar lagi kapalnya dihantam ombak dan badai. Lalu, karam. Malin Kundang mati dan konon kabarnya, ada sebuah batu besar di tepi pantai berbentuk orang itulah si Malin Kundang.

Cerita tersebut merupakan cerita rakyat ..... 
A.  Sunda
B.   Jawa
C.  Melayu
D.  Bali
E.   Dayak

92.    Perhatikan kutipan berikut !
Kalau beberapa tahun yang lalu Tuan datang ke kota kelahiranku dengan menumpng bis, tuan akan berhenti di dekat pasar. Melangkahlah menyusuri jalan raya arah ke barat, maka kira-kira sekilo meter dari pasar akan sampailah Tuan di jalan kampungku. Pada simpang kecil ke kanan, simpang yang kelima, dan diujung jalan itu nanti akan Tuan temukan sebuah surau tua. Didepannya ada kolam ikan, yag airnya mengalir melalui empat buah pancuran mandi.
Dan dipelataran kiri surau itu akan Tuan temukan seorang tua yang biasanya duduk disana dengan segala tingkah ketuannya dan ketaatannya beribadat. Sudah bertahun-tahun ia sebagai garin, penjaga surau itu. Orang-orang memanggilnya kakek.
                                                     (Robohnya Surau Kami, A. A. Navis)


Unsur instrinsik yang dominan dalam penggalan cerita di atas adalah .....
A.   tema
B.   penokohan
C.   latar
D.   alur
E.    amanat

93.    Perhatikan paragragf berikut !
Prabawati beberapa hari tinggal bersedih karena kepergian suaminya untuk mencari nafkah. Tetapi, sahabat-sahabatnya membujuknya dengan menyuruhnya mencari seorang kekasih. Prabawati menetapkan untuk mencoba berbuat demikian lalu berhasilah ia. Burung bayan betina mencoba mencegah perbuatan itu dengan memperlihatkan betaapa salahnya kelakuan demikian dan dengan menempelkanny. Tetapi, hasilnya ia hampir dipatahkan lehernya oleh prabawati. Untunglah ia dapat lari menghindarkannya.


Pesan  moral yang tersirat dari penggalan cerita di atas adalah .....
A.   Sayangilah binatang piaraan anda
B.   Jangan turuti bujukan menyesatkan
C.   Jangan menyakiti pihak yang mau memperingatkan kesalahan anda
D.   Jadilah seorang suami yang mau bekerja keras
E.    Bersabarlah dengan siapapun.

94.           Kutipan cerpen  untuk soal  no. 94 s,d 95
(1) ”Maaf’ Pak, saya tidak mampu melakukannya.” (2) Aku meletakkan pantatku di kursi depan mejanya tanpa ragu. (3) Sempat kulihat mata itu membesar sekilas dan kudengar pula suaranya agak serak karena menahan marah. (4) ”Apa maksud Pak Karta?” (5) Ia masih berusaha bersopan santun. ” (6) Jelas Pak, saya tidak bisa melakukan apa yang Bapak perintahkan.” (7) Aku berkata dengan tenang.
(8) ”Kalau begitu saya minta Bapak ke luar dari sekolah ini!  (9) Sekarang juga. Terpaksa saya berhentikan Bapak secara tidak terhormat.” (10) Lelaki itu mengangkat telepon, lalu sibuk berbicara dengan seseorang mengenai pemecatanku. (11) ”Bapak tidak perlu repot-repot,” kataku segera, begitu ia meletakkan gagang telepon. (12) ”Saya bisa pergi sendiri.”
            Aku, seorang guru, Adilla Anggraeni
    
Bukti tokoh aku memiliki sifat tegas terdapat pada kalimat nomor ....
A.       (1), (3),  dan  (6)                              
B.         (1), (7),  dan  (11)
C.       (1), (6),  dan  (11)
D.   (1), (11), dan (12)
E.    (6), (8),  dan  (11)

95.           Pendeskripsian watak  Karta dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....
A.       dialog antartokoh
B.         pikiran-pikiran tokoh
C.       Penjelasan dan ucapan tokoh
D.       Perbincangan tokoh lain
E.         Situasi di sekitar tokoh

96.    Bacalah kutipan cerpen berikut ini dengan saksama!
”Kalau Bung ke mana?” ”Saya ke Semarang saja. Saya dengar di sana kurang orang, mungkin tenaga dan pikiran saya bisa membantu kaum republiken di sana. ” Aku membuka telingaku dengan jari. Aku tidak salah dengar, nih? Masak dari tadi bicara kemerdekaan melulu, sih? Aku membuka mataku lebar-lebar. Perlahan, aku melihat bus yang sama, tetapi dengan orang-orang yang berbeda. Ada satu keluarga yang tengah duduk bersama. Ada tentara berseragam dan bersenjata lengkap. Aku mengucek-ucek mataku. Tidak salah lihat, nih? Aryati. Engkaulah bunga di tamanku. Aryati…. . Aku memalingkah pandangan ke sekeliling.
Beberapa orang menyapa dengan ramah. ”Merdeka!” ”Merdeka!” ”Merdeka, Bung!” ”Merdeka juga!” jawabku dengan lantang. Aku berusaha meyakinkan diri sendiri kalau aku tidak bermimpi. ”Dari tadi Bung tertidur. Maaf, kalau obrolan kami membangunkan, Bung. ” Aku menggeleng. ”Bung, mau ke Yogyakarta juga?” Aku bingung tapi aku mengangguk saja. ”Bung sepertinya bukan tentara atau pengungsi? Apa pekerjaan Bung? Oh, maaf, nama Bung siapa?” ”Saya Pratama. Saya penulis infotainment. ” ”Wah, Bung ini seorang penulis? Wartawan?
Kawan-kawan, di bus ini ada kawan seperjuangan seorang wartawan!” ”Wartawan?” ”Wartawan?” ”Kawan dari Rosihan Anwar atau Mochtar Lubis?” ”Bukan, saya penulis biasa, ” kilahku merendah. ”Jangan begitu, Bung. Dalam perjuangan tidak ada yang biasa atau luar biasa. Semuanya berjasa kepada negara. Bung merasa diri sebagai penulis biasa, tetapi di mata kami, Bung adalah penyebar berita perjuangan bagi bangsa dan negara. Perjuangan kami akan bung tulis, lantas dimuat di surat kabar, kemudian rakyat tahu bagaimana kami berjuang. Bangsa ini akan semakin bersemangat memperjuangkan kemerdekaannya.

“Aryati” karya Dodiek Adittya Dwiwanto

Sudut pandang yang digunakan dalam penggalan cerpen “Aryati” tersebut adalah ....
A.   orang pertama pelaku sampingan
B.   orang pertama sebagai pencerita
C.   orang ketiga terarah
D.   orang ketiga serbatahu
E.    orang pertama pelaku utama

97.    Teks ini untuk soal nomor :  97 s.d  98
Bacalah kutipan cerpen berikut ini dengan saksama !
(1) Sukri meraba pisau belati dipinggangnya. (2) Dia menanti bis melintas di halte. (3) Kemudian tidak lama setelah itu sebuah bis berhenti. (4) Dia melompat naik ke dalam bis. (5) Dia duduk di pinggir dekat jendela. (6) Darahnya masih tetap mendidih. (7) Dia raba pisau belatinya. (8) Dia lihat dari balik kaca bis, skuter menyelip bis yang ditumpanginya. (9) Dia marah melihat skuter itu. (10) Dia raba pisau belati di pinggangnya. (11) Dia buka pintu pagar rumah Sumarni. (12) Dia lihat skuter diparkir di pekarangan. (13) Sumarni duduk berdua dengan pengendara skuter itu. (14) Dia menyelinap di balik belukar mawar.
                                        Sukri Membawa Pisau Balati, Hamsad Rangkuti   

Kalimat yang menunjukkan latar waktu adalah  nomor....
A.   (1 )
B.   (3 )
C.   (7 )
D.   (10)
E.    (13)

98.    Keterkaitan sikap Sukri dalam kutipan cerpen tersebut dengan kehidupan sehari-hari adalah perasaan ... .
A.   marah terhadap teman
B.   curiga terhadap kekasih
C.   cemburu terhadap kekasih
D.   cemburu terhadap teman
E.    kecewa terhadap kekasih


99.    Perhatikan kutipan berikut !
Dalam cerita yang lain pula, Bayan bercerita mengenai pengorbanan seorang istri. Seorang puteri raja yang kejam telah membunuh 39 orang suaminya. Suaminya yang keempat puluh telah berjaya menginsafkannya dengan sebuah cerita mengenai seekor rusa betina yang sanggup menggantikan pasangannya, rusa jantan, untuk disembelih.

Kutipan berbingkai hikayat diatas.....
A. kutipan sebuah alur
B. kutipan sebuah watak tokoh.
C. kutipan sebuah amanat.
D. kutipan sebuah gaya bahasa
E. kutipan sebuyah sudut pandang

100. Perhatikan kutipan
       “Pilih mana,” katanya,”tiga, empat, atau tujuh ?”
       “Empat.”
       Ia tersenyum penuh kemenangan.
       “Selama lima belas tahun saya bekerja di sini, katanya, ”Anda orang pertama yang tidak memilih tujuh.”
       Ia menulis nomor kursi yang diboarding pass-ku dan mengembalikannya bersama dokumen-dokumenku, lalumemandangku untuk kali pertama dengan matanya yang berwarna anggur, sebuah hiburan sampai aku bisa melihat si Cantik lagi. Kemudian ia memberi tahu bahwa bandara baru saja ditutup dan semua penerbangan ditunda.

Dikutip dari: http://icanjambi.blogspot.co.id

Majas yang digunakan dalam kutipan cerpen di atas...
A. metonimia
B. antonomasia
C. hiperbola
D. personifikasi
E. simile


ccc Selamat Mengerjakan  ddd



Komentar

zalinah aruf mengatakan…
ini kisah nyata saya . . . .

perkenalkan nama saya zalinah aruf, saya berasal dari kota Bandung saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hampir kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.

Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai usaha atau toko sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud

saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang kyai dari sana saya coba menghubungi beliau, awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI YG LAIN, TANPA PERLU RITUAL, PUASA DLL. lewat sebuah bantuan penarikan dana ghoib oleh seorang kyai pimpinan pondok pesantren shohibul Qur’an. dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksut yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan beliau.kini sy buka usaha distro di bandung.
Sekali lagi Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada K.h. Moh. Rasheed atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini. Untuk penjelsan lebis jelasnya silahkan >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<<
Anda tak perlu ragu atau tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat. Amin..

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS CERPEN TUKANG PIJIT KELILING

SOAL UTS 2015-2016

MENENTUKAN ISI PUISI, "TUHAN TELAH MENEGURMU"