PREDIKSI PENILAIAN TENGAH SEMESTER KELAS X 2016-2017
PEMERINTAH PROPINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA
DINAS PENDIDIKAN
SMA NEGERI 57 JAKARTA
Jalan Kedoya Raya Kebon Jeruk Jakarta Barat
Telepon / Fax. 5801665
Website :www.sma 57. sich.id – E-mail : sma57.jkt@cbn.net.id.
PREDIKSI PENILAIAN TENGAH SEMESTER GENAP
TAHUN
PELAJARAN 2016-2017
Mata
Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Satuan
Pendidikan : SMA Negeri 57 Jakarta
Kelas/Program : X MIA dan IPS
Hari/Tanggal : 3 Maret 2017
Waktu : 4 X
45 menit
EVALUASI TEKS NEGOSIASI
1. Berikut yang tidak termasuk ke dalam ciri kebahasaan teks
negosiasi adalah….
A. persuasif
B. interogatif
C. deklaratif
D. kesantunan
E. ekslamatif
2.
Negosiasi
yang muncul akibat tawar-menawar dalam jual beli memiliki struktur berikut,
kecuali….
A. orientasi
B. permintaan
C. penawaran
D. pembuka
E. persetujuan
3. Saya sepakat dengan pendapat Anda, asalkan ada beberapa
syarat yang perlu dipenuhi…
Bentuk kalimat di atas termasuk ke dalam ciri kebahasaan teks negosiasi, yaitu….
Bentuk kalimat di atas termasuk ke dalam ciri kebahasaan teks negosiasi, yaitu….
A. Kalimat
deklaratif yang tidak bertele-tele
B. Kalimat
argumentasi yang tidak bertele-tele
C. Kalimat
imperatif yang disertai orientasi
D. Kalimat
argumentasi yang disertai kesantunan
E. Kalimat
eksplanasi yang disertai alasan logis
4. Ciri umum dari teks negosiasi adalah.…
A. argumentatif
B. interogatif
C. persuasif
D. deklaratif
E. imperative
5. Harganya kemahalan, Pak. Turunin ya, Pak! Kalau tidak
bisa, terima kasih, Pak. Saya coba cari di tempat lain saja.
Bentuk di atas termasuk ke dalam ciri kebahasaan.…
A. persuasif
B. deklaratif
C. argumentatif
D. interogatif
E. eksplanatif
6. Ciri kebahasaan yang berupa penyampaian informasi kepada
pihak lain disebut.…
A. eksposisi
B. eksklamasi
C. argumentasi
D. eksemplum
E. deklarasi
7. Harga ini tidak kemahalan, Mas. Justru murah karena framenya
sudah full suspension. Remnya juga hidrolik.
Ciri kebahasaan yang muncul pada teks di atas adalah….
Ciri kebahasaan yang muncul pada teks di atas adalah….
A. persuasif
B. argumentatif
C. deklaratif
D. interogatif
E. eksklamatif
8.
Perhatikan
penggalan teks negosiasi berikut!
Pembeli : Mahal ya, Pak. Masih bisa turun? (1)
Penjual : Masih. Mas maunya berapa? (2)
Pembeli : 3, 8 bisa Pak? (3)
Penjual : Gak bisa Mas kalau segitu. Ini framenya fulsus. Belum bisa di bawah 4. (4)
Pembeli : Ya udah, 4 juta ya Pak! Nanti saya sekalian beli aksesorisnya nih..sekalian mau
Penjual : Masih. Mas maunya berapa? (2)
Pembeli : 3, 8 bisa Pak? (3)
Penjual : Gak bisa Mas kalau segitu. Ini framenya fulsus. Belum bisa di bawah 4. (4)
Pembeli : Ya udah, 4 juta ya Pak! Nanti saya sekalian beli aksesorisnya nih..sekalian mau
beli helm sama jerseynya. Boleh ya? (5)
Penjual : Hmmmm…ya sudah deh boleh tapi jangan lupa belanja banyak sama kasih tau
temen yang lain beli di sini saja harga nyaman. (6)
Penjual : Hmmmm…ya sudah deh boleh tapi jangan lupa belanja banyak sama kasih tau
temen yang lain beli di sini saja harga nyaman. (6)
Pernyataan yang tepat berdasarkan penggalan teks negosiasi di atas adalah….
A. Terdiri
atas dua jenis kalimat, persuasif (No. 1, 3, dan 4, ) dan argumentatif (No. 1
dan 2)
B. Terdiri atas tiga jenis kalimat: Interogatif (No. 1, 2, dan
3), argumentatif (No. 4), dan persuasif (No. 5 dan 6)
C. Terdiri atas dua jenis kalimat: interogatif (No. 1, 2, dan
3) dan argumentatif (No. 4, 5, dan 6)
D. Terdiri atas tiga jenis kalimat: Interogatif (No. 1, 2, dan
3), deklaratif (No. 4), dan
argumentatif (No. 5 dan 6)
E. Terdiri atas tiga jenis kalimat: interogatif (No. 1, 2, dan
3), eksklamatif (No. 4), dan
persuasif (No. 5 dan 6).
9.
Perhatikan
penggalan teks negosiasi di bawah ini!
Pembeli : Pak, ada sepeda gunung adrenaline agent TR 2? (1)
Penjual : Ada, Mas. Stok masih ada tiga.(2)
Pembeli : Berapa harganya, Pak?(3)
Penjual : ini harganya 4 juta tiga ratus.(4)
Pembeli : Pak, ada sepeda gunung adrenaline agent TR 2? (1)
Penjual : Ada, Mas. Stok masih ada tiga.(2)
Pembeli : Berapa harganya, Pak?(3)
Penjual : ini harganya 4 juta tiga ratus.(4)
Pernyataan yang tepat berdasarkan penggalan teks di atas adalah.…
A. Teks
di atas terdiri atas orientasipermintaanpemenuhanpenawaran
B. Teks
di atas terdiri atas penawaranpersetujuan
C. Teks
di atas terdiri atas permintaanpemenuhan
D. Teks
di atas terdiri atas permintaanpemenuhanpenawaran
E. Teks
di atas terdiri atas pemenuhanpenawaranpersetujuan
10. Berikut adalah cara membentuk kesantunan dalam berbahasa,
kecuali….
A. Memerhatikan
penggunaan pronomina persona.
B. Menggunakan kalimat pengandaian yang ditunjukkan oleh
penggunaan konjungsi pengandaian.
C. Menggunakan
pilihan kata yang bernada positif (ameliorasi).
D. Menggunakan
kalimat yang singkat dan padat.
E. Mengapresiasi
pernyataan pihak lain sebelum melakukan kalimat penyanggahan.
MENYUNTING ISI
SESUAI DENGAN STRUKTUR TEKS NEGOSIASI
11.
Perhatikan
contoh penggalan teks di bawah ini:
1) Perkenalkan, saya editor naskah
di Penerbit Buku Indonesia. Saya datang ke sini bermaksud mengajak Saudara
untuk menulis buku tentang Kebudayaan Indonesia. Saya menyukai gaya penulisan
Anda. Karena itu, saya berani bayar tinggi untuk naskah tema ini. Saya yakin,
akan banyak pembaca yang berminat membeli buku Anda nanti.
2) Saya sangat bangga menjadi bagian
dari warga desa ini. Meskipun lokasinya sangat terpencil dan sulit dijangkau,
tetapi desa ini memiliki banyak potensi alam. Misalnya, daun lontar, pelepah
pisang, daun eceng gondok, dan lainnya. Dari sumber alam tersebut, hampir semua
warga memanfaatkannya menjadi kerajinan rumah tangga yang bernilai jual tinggi.
.
3) Cecep
:
“Apalagi dengan bapak saya, lebih hebat dari pada bapak kalian, tiap hari
bapakku dikerumunin para wanita”.
Yandi : “Wow keren. Memangnya bapakmu kerja di mana?”
Cecep : “Jualan sayur di Tanah Abang.”
Sartono
dan kawan-kawannya tertawa keheranan mendengar penjelasan Cecep
sambil
berjalan menuju ke ruang kelas. Teks di atas yang termasuk teks
negosiasi
adalah ....
A. Teks 1
B. Teks 2
C. Teks 3
D. Teks 1 dan 2
E. Tidak 2 dan 3
12. Pada teks negosiasi berikut ini, kalimat yang merupakan isi
adalah....
A. Kalau begitu, bisa saya lihat sepeda Anda yang mau dijual
itu sekarang?
B. Baiklah. Saya menginginkan sepeda ini dan kondisinya masih
bagus. Jadi deal harganya
Rp2.000.000.
C. Untuk masalah harga, setelah saya cari informasi dari
berbagai sumber mengenai harga
sepeda
ini, saya mematok harga Rp2.500.000.
D. Sepakat. Saya deal dengan harga tersebut. Semoga sepeda ini
bermanfaat.
E. Semua jawaban benar.
13. Pada teks negosiasi berikut, teks yang berstruktur lengkap
mengandung pembuka, isi, dan penutup adalah....
A. Anto : Hai Di, saya sedang butuh uang nih. Saya mau jual
smartphone second,
harganya Rp2 juta, kondisinya masih bagus. Mau nggak Di? //
Andi : Hai To,
Kebetulan
nih saya lagi perlu handphone yang pakai Android. Tapi harganya
jangan segitu lah. Gimana kalau Rp1,5 juta? //
B. Anto : Okelah, karena saya lagi butuh, bolehlah harganya Rp1,5
juta.
C. Penjual : Rp300.000 ribu, Neng. // Pembeli : Mahal amat Bu! Apa
boleh kurang
harganya?
D.Dery :
Okelah, karena saya lagi butuh, bolehlah harga laptop itu Rp3 juta.// Dondi :
Baiklah, nanti uangnya saya bayarkan saat pulang kantor. Saya ambil dulu
uang
di ATM.
E. Pembeli : Pak saya mau membeli televisi flat itu, berapa harganya?// Penjual : Rp3 juta,
Mas.
14.
Perhatikan
contoh penggalan teks di bawah ini:
1) Salam, nama saya Indra. Saya
pemilik warnet Medio. Kebetulan, saya lagi perlu tenaga untuk menunggu warnet
yang mengerti komputer dan teknologi informasi. Jadi saya bermaksud menganjak
Anda bekerja di tempat saya. Saya berani bayar tinggi untuk Anda, agar bekerja
di sini.
2) Cara membuat kentang balado sangat
mudah. Bahan-bahannya pun mudah didapat.
Pertama,
kupas kentang dan cuci hingga bersih. Lalu rendam di air kapur sirih selama 30
menit. Kemudian, kentang dipotong-potong berbentuk bulat baru kemudian digoreng
di minyak panas. Setelah tiris, bumbui kentang dengan bumbu balado.
3) Asep : Ibu saya mah keren, setiap
hari selalu berbunga-bunga dan suka menyerahkan bunga ke orang-orang.
Bayu
: Wah hebat. Memangnya ibumu kerja apa?
Asep
: Jualan bunga.
Teks di atas yang bukan termasuk
teks negosiasi adalah ....
A. Teks 1
B. Teks 2
C. Teks 3
D. Teks 1 dan 3
E. Teks 2 dan 3
15. Berdasarkan kaidah teks negosiasi, kalimat berikut yang
memenuhi kaidah tersebut adalah....
A.
Alex berniat menjual sepeda kepada
Komang. Ia menawarkan harga tinggi, tetapi Komang menawar harga hingga
setengahnya. Karena kebutuhan mendesak, Alex akhirnya menyetujui harga yang
ditawar Komang
B.
Suatu hari ada pembeli yang menawar
harga dagangan Bu Parti. Karena sudah mematok harga keuntungan, akhirnya Bu
Parti bersedia memenuhi permintaan harga si pembeli. Meski ditawar, ia tetap
mendapat keuntungan. Akhirnya kesepakatan pun terjadi. Pembeli senang, pedagang
untung.
C.
Seorang ibu sedang berdiskusi
bersama kedua anaknya yang remaja tentang rencana kejutan untuk ayah. Kedua
anaknya mengusulkan membuat foto karikatur, tetapi ibu tidak setuju. Ia lebih
suka mengajak makan di restoran. Akhirnya, mereka sepakat kedua rencana
tersebut dilakukan bersamaan, yaitu memberi hadiah berupa foto karikatur dan
makan malam special bersama keluarga.
D.
Dua orang sahabat sedang berdiskusi
tentang rencana reuni sekolah. Satu orang mengusulkan agar acara diadakan di
sekolah atau almamater. Lainnya mengusulkan di rumahnya. Mereka berdebat saling
mengemukakan pendapat. Beruntung datang seorang teman mengusulkan tempat yang
representatif. Mereka akhirnya sepakat reuni diadakan di sebuah restoran.
E. Semua jawaban benar
16. Perhatikan teks negosiasi berikut ini. Isi teks negosiasi
yang merupakan pemenuhan adalah....
A.
Boleh saya lihat kondisi barangnya?
B.
Baiklah. Karena saya perlu barang
ini serta kondisinya masih bagus. Jadi berani bila harganya Rp800.000.
C.
Untuk masalah harga, mabil ini saya
jual Rp40.000.000.
D.
Saya sepakat dengan harga tersebut.
E.
Semua jawaban benar.
17. Perhatikan teks negosiasi berikut ini. Isi teks negosiasi
yang merupakan permintaan adalah....
A. Kalau begitu, coba saya lihat kondisi barangnya seperti apa.
B. Baiklah, saya setuju harganya Rp4.000.000.
C. Di pasaran harga sepeda ini sekitar Rp2.500.000.
D. Sepakat. Saya deal dengan harga tersebut.
E. Semua jawaban benar.
18. Perhatikan teks negosiasi berikut ini. Isi teks negosiasi
yang merupakan penawaran adalah....
A.
Coba, bisa saya lihat laptop Anda
yang mau dijual itu?
B.
Saya cocok dengan kereta dorong
anak-anak ini dan kondisinya masih bagus. Jadi deal harganya Rp900.000.
C.
Setelah saya cari informasi dari
berbagai sumber mengenai harga sepeda ini, saya memasang harga Rp500.000.
D.
Oke sepakat. Saya setuju dengan
harga itu.
E.
Harganya sangat mahal sekali.
Bagaimana kalau saya menawar Rp1.800.000?
19. Perhatikan teks negosiasi berikut ini. Isi teks negosiasi
yang merupakan persetujuan adalah....
A.
Coba Pak, ambilkan lampu belajar
yang warna ungu itu! Saya mau lihat dulu kondisinya.
B.
Baiklah. Jadi harganya kita sepakati
Rp2.000.000.
C.
Harga
lampu dekorasi ruang keluarga ini dipatok dengan harga Rp500.000.
D.
Sepakat. Setuju saya dengan harga
tersebut.
E. Harganya terlalu mahal. Bagaimana kalau saya menawar
Rp800.000?
20. Cara yang paling tepat untuk bisa meyakinkan pihak lain saat
bernegosiasi adalah ....
A.
Menggunakan ancaman
B.
Menghina pendapat orang lain
C.
Tidak peduli dengan pendapat orang
lain
D.
Mengedepankan emosi
E.
Menyampaikan pendapat dengan bijak
Makna kata, istilah, ungkapan dalam teks negosiasi
21.
Percakapan
terjadi di toko buku.
Ghea : Mbak apa ada ensiklopedia remaja yang membahas tentang
pubertas?
Pegawai toko : Ada Mbak, ini.
Ghea : Terima kasih. Saya ambil satu ya.
Pegawai toko : Wah sayang kalau cuma ambil satu Mbak. Mumpung lagi promo harga
Pegawai toko : Ada Mbak, ini.
Ghea : Terima kasih. Saya ambil satu ya.
Pegawai toko : Wah sayang kalau cuma ambil satu Mbak. Mumpung lagi promo harga
satuannya Rp25.000. Tapi, kalau beli satu paket cuma
Rp100.000 isi 6.
Ghea : Iya juga sih. Tapi, uang saya tidak cukup Mbak.
Pegawai toko : Toko kami menerima pembelian dengan kartu kredit atau debit juga kok
Ghea : Iya juga sih. Tapi, uang saya tidak cukup Mbak.
Pegawai toko : Toko kami menerima pembelian dengan kartu kredit atau debit juga kok
Mbak.
Ghea : Baiklah kalau begitu. Saya ambil satu paket ya Mbak.
Ghea : Baiklah kalau begitu. Saya ambil satu paket ya Mbak.
Ungkapan yang nampak pada teks
negosiasi di atas ialah ....
A. Terima kasih. Saya ambil satu ya.
B. ensiklopedia
remaja
C. Wah
sayang kalau cuma ambil satu Mbak. Mumpung lagi promo harga satuannya Rp25.000.
Tapi, kalau beli satu paket cuma Rp100.000 isi 6.
D. Baiklah
kalau begitu. Saya ambil satu paket ya Mbak.
E. Toko
kami menerima pembelian dengan kartu kredit atau debit juga kok Mbak.
22.
Percakapan
terjadi di dalam mobil ketika akan berangkat ke sekolah pada hari Kamis.
Anak : Yah, nanti sore aku tidak usah dijemput ya! Aku mau mengerjakan tugas di
Anak : Yah, nanti sore aku tidak usah dijemput ya! Aku mau mengerjakan tugas di
rumah Kaka.
Ayah : Lho, kenapa tidak mengerjakan hari Sabtu atau Minggu saja?
Anak : Hari Sabtu dan Minggu kan ada PERSAMI di sekolah.
Ayah : Bagaimana kalau besok saja mengerjakannya karena nanti sore Ayah tidak bisa
Ayah : Lho, kenapa tidak mengerjakan hari Sabtu atau Minggu saja?
Anak : Hari Sabtu dan Minggu kan ada PERSAMI di sekolah.
Ayah : Bagaimana kalau besok saja mengerjakannya karena nanti sore Ayah tidak bisa
jemput.
Anak : Kalau begitu biar aku minta tolong Kaka nanti mengantar ke rumah, Yah.
Ayah : Baiklah kalau begitu. Langsung pulang ya jangan mampir kemana-mana!
Anak : Beres, Yah. Berangkat dulu ya, Yah.
Anak turun dari mobil sambil mencium tangan ayahnya.
Anak : Kalau begitu biar aku minta tolong Kaka nanti mengantar ke rumah, Yah.
Ayah : Baiklah kalau begitu. Langsung pulang ya jangan mampir kemana-mana!
Anak : Beres, Yah. Berangkat dulu ya, Yah.
Anak turun dari mobil sambil mencium tangan ayahnya.
Kalimat perbandingan yang menandakan ciri bahasa negosiasi
ialah ....
A. Lho,
kenapa tidak mengerjakan hari Sabtu atau Minggu saja?
B. Bagaimana
kalau besok saja mengerjakannya karena nanti sore Ayah tidak bisa jemput.
C. Kalau
begitu biar aku minta tolong Kaka nanti mengantar ke rumah Yah.
D. Baiklah
kalau begitu. Langsung pulang ya jangan mampir kemana-mana!
E. Yah, nanti sore aku tidak usah dijemput ya! Aku mau mengerjakan
tugas di rumah Kaka.... Hari Sabtu dan Minggu kan ada PERSAMI di sekolah.
23.
Percakapan
terjadi di dalam kelas X IPS 1
Ramdhan : Mir kamu bawa flashdisk tidak? Boleh aku pinjam sebentar untuk
Ramdhan : Mir kamu bawa flashdisk tidak? Boleh aku pinjam sebentar untuk
mengumpulkan tugas Desain
Grafis?
Amira : Bukannya tidak boleh sih ,Dhan. Tapi kan kamu tahu sendiri komputer di
Amira : Bukannya tidak boleh sih ,Dhan. Tapi kan kamu tahu sendiri komputer di
sekolah kita banyak
virusnya. Flashdisk-ku ini masih baru nanti kalau kena virus
bagaimana?
Ramdhan : Ok aku beli aja sekalian deh. Susahnya punya teman pelit begini.
Amira : Bagus la itu nih silakan dinikmati flashdisk-nya (hihihi Amira tertawa senang)
Ramdhan : Ok aku beli aja sekalian deh. Susahnya punya teman pelit begini.
Amira : Bagus la itu nih silakan dinikmati flashdisk-nya (hihihi Amira tertawa senang)
lain kali kalau butuh hubungi aku lagi ya! Terima kasih
Ramdhan.
Ramdhan : Iya deh sama-sama.
Ramdhan : Iya deh sama-sama.
Istilah yang nampak pada teks negosisai di atas ialah ....
A. flashdisk
B. tugas
desain grafis
C. virus
D. terima
kasih
E. computer
24.
Ibu guru :
“Pagi anak-anak! besok jangan lupa membawa tugas menggambarnya ya! ingat
yang tidak membawa nilainya dikurangi 10.”
Rita : Bu, berarti yang membawa hari ini diberi tambahan nilai ya, Bu?
Rita : Bu, berarti yang membawa hari ini diberi tambahan nilai ya, Bu?
Ibu guru : Coba berapa anak yang hari ini membawa tugas menggambar?
(Sepuluh orang anak mengangkat tangan)
Ibu guru : Baiklah kalau begitu yang mengumpulkan tugas hari ini Ibu beri tambahan nilai
5.
Rita : Setuju Bu. Terima kasih Bu.
Anak-anak yang lain bertepuk tangan tanda senang dan mengucapkan terima kasih bersamaan.
Rita : Setuju Bu. Terima kasih Bu.
Anak-anak yang lain bertepuk tangan tanda senang dan mengucapkan terima kasih bersamaan.
Berdasarkan ilustrasi di atas kesepakatan terjadi ketika
....
A. Ibu
guru mengingatkan untuk membawa tugas besok.
B. Beberapa
anak membawa tugas menggambar hari ini.
C. Siswa
yang tidak membawa tugas menggambar nilai dikurangi 10.
D. Ibu
guru menyetujui memberi tambahan nilai bagi yang mengumpulkan tugas hari ini.
E. Sepuluh
anak mengangkat tangan ketika ditanya oleh Ibu guru.
25. Percakapan terjadi di pasar tradisional
Bu Nia : Beli tepung 2 kilo, berapa harganya?
Penjual : Rp10.000, Bu.
Bu Nia : Boleh kurang tidak harganya?
Penjual : Boleh, Ibu mau tawar berapa?
Bu Nia : Kalau begitu Rp8.000 saja.
Penjual : Gini deh Bu saya kasih Rp9.000 ya pas sudah tidak bisa ditawar.
Bu Nia : Baiklah, saya ambil dua kilo deh.
Bu Nia : Beli tepung 2 kilo, berapa harganya?
Penjual : Rp10.000, Bu.
Bu Nia : Boleh kurang tidak harganya?
Penjual : Boleh, Ibu mau tawar berapa?
Bu Nia : Kalau begitu Rp8.000 saja.
Penjual : Gini deh Bu saya kasih Rp9.000 ya pas sudah tidak bisa ditawar.
Bu Nia : Baiklah, saya ambil dua kilo deh.
Istilah yang dibandingkan pada dialog di atas adalah ....
A. tepung
1 kg dengan tepung 2 kg.
B. tepung
Rp10.000 dengan Rp8.000
C. tepung
Rp10.000 dengan Rp9.000
D. tepung
Rp8.000 dengan Rp9.000
E. tepung
harga pas dan harga penawaran
26. Dialog terjadi di toko baju
Ibu : Dil, baju ini bagus ya? Kamu mau?
Dilla : Jangan yang itu Bu, model dan gambarnya terlalu kekanak-kanakan.
Ibu : Tapi dapat diskon, Dil.
Dilla : Kita cari saja model yang lebih remaja Bu dan dapat diskon gimana?
Ibu : Benar juga. Ayo kita cari.
Merekapun segera menuju lorong baju remaja.
Ibu : Dil, baju ini bagus ya? Kamu mau?
Dilla : Jangan yang itu Bu, model dan gambarnya terlalu kekanak-kanakan.
Ibu : Tapi dapat diskon, Dil.
Dilla : Kita cari saja model yang lebih remaja Bu dan dapat diskon gimana?
Ibu : Benar juga. Ayo kita cari.
Merekapun segera menuju lorong baju remaja.
Berdasarkan ilustrasi di atas ungkapan negosiasi diucapkan
pada bagian ....
A. Dil
baju ini bagus ya? Kamu mau?
B. Jangan
yang itu Bu, model dan gambarnya terlalu kekanak-kanakan.
C. Tapi
dapat diskon Dil.
D. Kita
cari saja model yang lebih remaja Bu dan dapat diskon gimana?
E. Benar
juga. Ayo kita cari.
27.
Dua orang
siswa tengah berbincang-bincang di kantin sekolah.
Sheila : Cha tahun ini kamu mengambil ekstrakurikuler apa?
Icha : Aku ambil pembinaan olimpiade matematika, Shel. Kalau kamu?
Sheila : Aku ikut jurnalistik.
Icha : Kamu kan pintar matematika kenapa gak ikut olimpiade saja bareng aku.
Sheila : Seharian sudah belajar Cha masak ekstra belajar lagi.
Icha : Betul juga alasannya. Kalau begitu aku ikut jurnalistik juga ah. Terima kasih ya,
Sheila : Cha tahun ini kamu mengambil ekstrakurikuler apa?
Icha : Aku ambil pembinaan olimpiade matematika, Shel. Kalau kamu?
Sheila : Aku ikut jurnalistik.
Icha : Kamu kan pintar matematika kenapa gak ikut olimpiade saja bareng aku.
Sheila : Seharian sudah belajar Cha masak ekstra belajar lagi.
Icha : Betul juga alasannya. Kalau begitu aku ikut jurnalistik juga ah. Terima kasih ya,
Shel.
Berdasarkan kutipan teks di atas, kata apa yang dijadikan
istilah oleh kedua siswa ....
A. jurnalistik
B. pembinaan
olimpiade matematika
C. matematika
D. ekstrakurikuler
E. pintar
matematika
28.
Dialog
terjadi di toko kelontong.
Bang Jali : Silakan, mau beli apa?
Bu Ina : Ada plastik 1 kg Pak?
Bang Jali : Ada. Yang tebal Rp 8.000, yang tipis Rp 6.000 selisih Rp 2.000 mending yang
Bang Jali : Silakan, mau beli apa?
Bu Ina : Ada plastik 1 kg Pak?
Bang Jali : Ada. Yang tebal Rp 8.000, yang tipis Rp 6.000 selisih Rp 2.000 mending yang
tebal, Bu.
Bu Ina : Kasih potongan yang tebal Rp 7.000 ya, Bang?
Bang jali : Iya deh, Bu, silakan ambil.
Bu Ina : Makasih ya, Bang.
Bu Ina : Kasih potongan yang tebal Rp 7.000 ya, Bang?
Bang jali : Iya deh, Bu, silakan ambil.
Bu Ina : Makasih ya, Bang.
Ungkapan ,“Makasih ya, Bang” muncul
ketika terjadi negosiasi pada peristiwa ....
A. Bu Ina menanyakan apakah ada plastik
1 kg kepada Bang Jali.
B. Bang
Jali menawarkan plastik 1 kg yang tebal dan yang tipis.
C. Bu
Ina menawar harga plastik tebal Rp7.000 dan Bang Jali menyetujui.
D. Bu
Ina senang karena diberi potongan harga oleh Bang Jali.
E. Bang
Jali memberi harga plastik tebal Rp8.000 sedangkan yang tipis Rp6.000.
29.
Percakapan
antara seorang Ibu dengan anak gadisnya.
Ibu : Far, kok belajarnya sambil dengerin musik? Apa bisa masuk pelajarannya?
Farah : Bisa Bu, justru kalau saya tidak mendengarkan musik serasa sepi tidak ada
Ibu : Far, kok belajarnya sambil dengerin musik? Apa bisa masuk pelajarannya?
Farah : Bisa Bu, justru kalau saya tidak mendengarkan musik serasa sepi tidak ada
penyemangat.
Ibu : Ya tapi ibu tidak yakin ucapanmu benar.
Farah : Nih buktinya Bu, ulangan Farah bagus-bagus kan Bu tidak ada yang remidi.
Ibu mengamati ulangan Farah dengan teliti.
Farah : Musik juga terbukti meningkatkan konsentrasi belajar, Bu. Sekarang Ibu percaya
Ibu : Ya tapi ibu tidak yakin ucapanmu benar.
Farah : Nih buktinya Bu, ulangan Farah bagus-bagus kan Bu tidak ada yang remidi.
Ibu mengamati ulangan Farah dengan teliti.
Farah : Musik juga terbukti meningkatkan konsentrasi belajar, Bu. Sekarang Ibu percaya
kan?
Ibu : .....
Ibu : .....
Ungkapan yang tepat untuk melengkapi
teks negosiasi di atas yang tepat ialah ....
A. “Iya
deh percaya.”
B. “Ibu
minta bukti hasil ulangan yang lain dong?”
C. “Yaa
Ibu pikirkan dulu.”
D. ”Ini
pasti kebetulan.”
E. “Mau
gimana lagi semua sudah terjadi .”
30. Anto : Haduuh panas sekali ... enaknya minum es hmmm.
Bisma : Enaknya sesaat setelah itu merana.
Anto : Ya merana kalau aku belikan kamu tetapi kalau aku dibelikan pasti lebih nikmat.
Bisma : Jangan bercanda terus! Ingat minggu depan kita UTS jaga kesehatan.
Anto : Benar juga katamu. Ya sudah deh minum air putih saja.
Bisma : Nah itu lebih sehat dan hemat hehehe.
Bisma : Enaknya sesaat setelah itu merana.
Anto : Ya merana kalau aku belikan kamu tetapi kalau aku dibelikan pasti lebih nikmat.
Bisma : Jangan bercanda terus! Ingat minggu depan kita UTS jaga kesehatan.
Anto : Benar juga katamu. Ya sudah deh minum air putih saja.
Bisma : Nah itu lebih sehat dan hemat hehehe.
Bila kita amati kutipan dialog di atas istilah yang dipakai
ialah ....
A. UTS
B. minum
es
C. minum
air putih
D. sehat
E. merana
Analisis bahasa teks negosiasi
31.
Baca
dengan cermat teks berikut!
Ida : Wit, ayoo, ikut aku!
Wita : ....
Ida : Nengok Wati, ke rumah sakit
Wati : Tapi, pekerjaanku belum selesai.
Ida : Ayolah.
Wati : Pekerjaanku bagaimana?
Ida : Ditinggal dulu. Nanti kita
kembali ke kantor.
Wati : Oke. Kamu yang tanggung jawab kalau
aku dipanggil bos, nanti.
Kalimat yang
tepat untuk melengkapi dialog tersebut adalah....
A. Ke mana?
B. Di mana?
C. Dari mana?
D. Kenapa?
E. Kesana?
32. Kalimat yang menggunakan gaya imperatif persuasif adalah....
A. Peganglah gelas ini erat-erat!
B. Pukullah kuat- kuat bedug itu !
C. Ambilkan buku dalam tas itu!
D. Tolong antarkan kue ini kepada nenek!
E. Hanya kamu yang bisa membantuku, tolonglah!
33. Kata nonbaku terdapat pada....
A. Silakan masuk
B. Acara akan segera dimulai
C. Kenapa kamu tidak ikut rapat?
D. Siapakah yang menggantikan tugas saya
E. Mereka akan segera menuju ke tempat perkemahan.
34. Pernyataan yang memuat penolakan adalah....
A. Peraturan itu harus disosialisasikan terlebih dulu.
B. Tidak banyak orang yang memahami masalah tersebut.
C. Silakan berunding sebaik- baiknya , saya tunggu diluar.
D. Kapanpun, di mana pun ingatlah pesanku itu.
E. Pengobatan herbal memang banyak yang tidak sesuai medis
tetapi banyak orang sehat berkat terapi herbal.
35.
Cermati
teks berikut!
Titi
:
Ingat apa yang aku katakan kemarin, Na. Jangan sekali-kali kamu melapor para guru jika kamu ingin kita tetap berteman.
Dina
:
Ya. Tapi jangan kamu ulangi lagi. Saya tidak akan diam saja. Lihat saja.
Strategi negosiasi yang dilakukan Titi dalam dialog tersebut
adalah....
A. merayu
B. mengancam
C. mengingatkan
D. melaporkan
E. menginterogasi
36. Kalimat yang menggunakan gaya persuasif adalah....
A. Silakan, diminum kopinya.
B. Percayalah, kamu pasti bisa.
C. Ayo, bangun. Mumpung masih pagi.
D. Tunggulah sebentar lagi, dia pasti datang.
E. Jangan senang- senang dulu. Tunggu kabar berikutnya.
37.
Cermati
teks berikut!
(1)Guru : Mengapa nilai ulanganmu
akhir-akhir ini jeblok, Nak?
(2)Murid : Maaf,Bu. Saya tidak
bisa konsentrasi belajar.
(3)Guru
: Ada masalah di rumah? Apa yang terjadi?
(4)Murid
: Kedua orangtuaku akan berpisah.
(5)Guru
: Maafkan, Ibu.
Kata
nonbaku terdapat dalam kalimat....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
38. Perhatikan kalimat-kalimat berikut ini.
(1) Isu tentang komoditi mahal sudah lama terdengar.
(2)Ijazah itu harus segera dilegalisasi untuk
mendaftar di perguruan tinggi.
(3) Pendidikan merupakan salah satu hak asasi manusia
yang harus dipenuhi.
(4) Lakukan hipotesis yang tepat untuk mengatasi
masalah itu.
(5) Adiknya mengidap penyakit rematik sejak kecil.
Penulisan kata serapan tak baku terdapat dalam kalimat....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
39. Para pecinta lingkungan selalu berusaha mengajak para
pengunjung pantai untuk menjaga kebersihan pantai dengan cara menyediakan
tempat sampah di berbagai tempat. Memasang petunjuk arah ke tempat–tempat lain.
Di berbagai tempat strategis juga terdapat papan himbauan untuk mencintai
lingkungan.
Kata yang tepat untuk menggambarkan tindakan para pecinta
lingkungan itu adalah....
A. persepsi
B. persuasi
C. proaksi
D. prediksi
E. provokasi
40. Pemanfaatan tehnologi lanjut harus meningkatkan efektifitas
dan efisiensi sumber energi.
Perbaikan yang benar atas kata serapan tersebut adalah....
A. teknologi, efektivitas, efisiensi
B. teknologi, efektif , efisien
C. tehnologi, efektivitas, efisien
D. teknologi, efektivitas, efisien
E. teknologi, efektive , efisiensi
Analisis isi negosiasi
41. Kalimat yang menyatakan tujuan adalah....
A. Nanti
malam aku akan kerumahmu, mengambil bukuku.
B. Silakan
duduk. Dokter sedang dalam perjalanan dari bangsal.
C. Iya,
makanan apa yang kau sukai akan kami sediakan.
D. Kamu
pilih tempe, tahu, ayam goreng, atau kerupuk saja?
E. Jangan
kamu dengar omongan anak itu, dia pandai membual.
42.
Cermati
kutipan berikut!
Dimas : Kita jadi mengadakan pertemuan dengan pengurus OSIS dan Bapak Ibu guru
Dimas : Kita jadi mengadakan pertemuan dengan pengurus OSIS dan Bapak Ibu guru
minggu ini?
Doni : Jadi, kan sudah ada dalam program kerja mingguan.
Dimas : Tapi ,besok siang Bapak Ibu guru ternyata ada rapat . Acara pertemuan dengan
Doni : Jadi, kan sudah ada dalam program kerja mingguan.
Dimas : Tapi ,besok siang Bapak Ibu guru ternyata ada rapat . Acara pertemuan dengan
OSIS
terlalu siang.
Doni : Lalu bagaimana baiknya?
Dimas : Pertemuan OSIS kita undur ke hari Kamis saja.
Doni : Lalu bagaimana baiknya?
Dimas : Pertemuan OSIS kita undur ke hari Kamis saja.
Permasalahan yang ada dalam kutipan tersebut adalah....
A. Rencana
pertemuan OSIS yang gagal.
B. Rapat
Bapak Ibu Guru yang diadakan mendadak.
C. Kesepakatan
pengunduran pertemuan OSIS.
D. Pelaksanaan
program kerja mingguan OSIS
E. Waktu
yang bersamaan antara pertemuan OSIS dan rapat guru.
43. Kalimat yang menyatakan sanggahan adalah....
A. Persiapkan
ulangan umum minggu depan ini sebaik-baiknya.
B. Gagasanmu
itu bagus tetapi sulit untuk dilaksanakannya.
C. Buatlah
ide yang sederhana sehingga mudah dilaksanakan .
D. Aku
sendiri yang harus membersihkan motor sebanyak ini?
E. Kami
akan bersepeda saja, biar sehat dan bebas polusi.
44. Pernyataan yang menyatakan alasan adalah ….
A. Pekerjaan
ini harus saya bawa pulang, Bu.
B. Ibu
berpesan, pulang kerja besok kamu harus segera ke rumahnya.
C. Besok
Ayah yang menjemput Nita sebab aku ada rapat.
D. Bawalah
bekal ini di perjalanan untuk sarapanmu dan teman-temanmu.
E. Sebaiknya
lembur di kantor saja, banyak teman yang bisa membantu.
45. Sudah lama saya tahu bahwa kamu sering mencuri uang Ibu.
Meskipun Ibu memaafkan, sebaiknya jangan kamu ulangi lagi. Sekali lagi kamu
mencuri, apa pun alasanmu, aku akan segera lapor polisi.
Pernyataan bermaksud menghentikan pencurian di atas menggunakan cara….
A. memaksa
B. mengancam
C. menakut-nakuti
D. mengingatkan
E. melaporkan
ke polisi
46.
“Oke, aku
setuju dengan permintaanmu. Namun, bulan depan ganti kamu yang mentraktirku. Di
tempat yang sama.”
Pernyataan tersebut berisi....
A. kesepakatan
– dengan syarat
B. kesepakatan
– tanpa syarat
C. penawaran
– dengan syarat
D. penawaran
– tanpa syarat
E. alasan
-- tanpa syarat
47. Cermati kutipan berikut!
(1)Guru : Ini, jam pelajaran apa , kok kalian di perpustakaan?
(2)Murrid : Bahasa asing, Bu. Disuruh mencari artikel di majalah .
(3)Guru : Mengapa tidak di kelas saja?
(4)Murid : Majalahnya di perpustakaan dan tidak boleh dibaca di luar perpustakaan.
(5)Guru :O, begitu.
Kalimat yang berisi tujuan adalah kalimat….
(1)Guru : Ini, jam pelajaran apa , kok kalian di perpustakaan?
(2)Murrid : Bahasa asing, Bu. Disuruh mencari artikel di majalah .
(3)Guru : Mengapa tidak di kelas saja?
(4)Murid : Majalahnya di perpustakaan dan tidak boleh dibaca di luar perpustakaan.
(5)Guru :O, begitu.
Kalimat yang berisi tujuan adalah kalimat….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
48. Kalimat yang berisi ketidakpercayaan adalah….
A. Apa
alasanmu terlambat pagi ini, Nak?
B. Tadi
,mengantar adik ke SD , Bu. Pagi ini ibuku sakit maka tidak dapat mengantar
adik.
C. Benar
begitu? Jangan- jangan kamu malas bangun pagi, Nak. Lalu cari alasan yang
manis.
D. Tidak
masuk sekolah, boleh. Asal kamu benar-benar punya alasan dan bukti yang bisa
kamu pertanggungjawabkan.
E. Izinmu
sudah terlalu banyak. Jadi, tidak ada lagi kesempatan kamu untuk meninggalkan
kelas, Nak.
49. Apa hubungan masuknya orang asing sebagai turis dengan
musibah tanah longsor? Tidak masuk akal.
Kalimat tersebut menyatakan....
A. ancaman
B. peringatan
C. pertanyaan
D. pemberitahuan
E. penyangkalan
50. Hidup ini pilihan maka pilihlah yang baik dan bermanfaat
bagi orang lain. Bukan yang merugikan orang lain. Seperti sekuntum bunga, indah
untuk dirinya sendiri dan indah serta menyenangkan bagi orang lain yang
memandanginya
Pernyataan makna dalam kalimat tersebut disampaikan dengan cara....
A. mengajak
B. mengharapkan
C. menghimbau
D. membandingkan
E. menegaskan
Kalimat Kritik atau Dukungan yang Santun dalam Diskusi / Seminar
51. Kalimat kritik yang tepat adalah….
A. Saya tidak setuju dengan pendapat Anda.
B. Kamu tidak seharusnya menggunakan alat ini.
C. Saya setuju dengan pendapat Anda. Acara ini memang sangat bermanfaat.
D. Saya kurang sependapat dengan Anda. Cara seperti itu hanya akan membuat
masyarakat panik.
E. Menurut saya, kebijakan pemerintah itu akan membuat masyarakat semakin
terhimpit.
52. Kalimat yang merupakan kalimat dukungan yang tepat, adalah….
A. Saya sangat
setuju dengan pendapat Anda.
B. Saya setuju
dengan pendapat Saudara. Selain bisa membuka lapangan kerja, usaha ini juga dapat
mengurangi limbah plastik.
C. Saya setuju
dengan Anda apapun keputusannya.
D. Saya kurang
setuju. Menurut saya semua itu sulit untuk dilakukan.
E. Mengapa
hanya hal itu yang Anda bahas?
53. Pernyataan : Program untuk mengisi masa liburan semester ini, sekolah akan
mengadakan program pesantren kilat selama 5 hari.
Kalimat
dukungan yang sesuai dengan pernyataan di atas
adalah.…
A. Saya sangat
setuju dengan acara tersebut.
B. Saya setuju
jika program ini dilakukan selama satu minggu penuh.
C. Saya setuju
asalkan kegiatan ini tidak membosankan.
D. Saya setuju
dengan program ini, tapi apakah orang tua juga akan setuju?
E. Saya setuju
dengan kegiatan tersebut. Kegiatan ini sangat bernilai positif untuk para siswa.
54. Pernyataan : Siswa yang kesiangan akan diberi hukuman memungut sampah
di halaman depan sekolah.
Kalimat
dukungan yang sesuai dengan pernyataan tersebut
yaitu….
A. Saya setuju.
Selain bisa memberikan efek jera, siswa juga akan belajar tentang kebersihan.
B. Saya tidak
setuju karena tidak ada kaitannya antara kedisiplinan dengan kebersihan.
C. Saya tidak
setuju karena hal tersebut kurang memberikan efek jera.
D. Saya setuju.
Dengan hukuman itu, halaman akan menjadi bersih.
E. Saya kurang
setuju. Siswa seharusnya tidak diperlakukan seperti itu.
55. Pernyataan : Pihak dari Klinik Sehat Waluya akan mengadakan
sosialisasi tentang perlunya kebersihan dan kesehatan di sekolah kita.
Kalimat
dukungan berdasarkan pernyataan di atas yang tepat adalah….
A. Saya setuju
dengan Anda.
B. Saya
sependapat dengan pendapat Anda.
C. Saya setuju
dengan Anda terkait kegiatan tersebut. Kegiatan ini akan membuat siswa menjaga
kebersihan serta kesehatan di manapun.
D. Mengapa
klinik tersebut ingin mensosialisasikannya di sekolah kita?
E. Apa
pentingnya sosialisasi itu?
56. Rika : Rina, aku diminta sekolah untuk mengikuti olimpiade matematika.
Rina : Wah, bagus itu… kamu ikut?
Rika : Maunya begitu. Tapi…
Rina : …
Rina : Wah, bagus itu… kamu ikut?
Rika : Maunya begitu. Tapi…
Rina : …
Kalimat
dukungan yang sesuai untuk mengisi bagian kosong di atas adalah….
A. Kamu tidak
usah ikut saja. Toh belum tentu menang.
B. Tapi kenapa?
Sudah ikut saja. Kamu kan punya bakat dan kemampuan di bidang
matematika. Sayang kalau dilewatkan.
C. Ya sudah,
kalau kamu tidak mau ikut, ya tidah usah ikut.
D. Kamu ragu?
Jangan ragu begitu, Ka.
E. Kamu tidak
mau ikut?
57. Ketua RW : Program Siskamling di RW kita ini harus kembali
diaktifkan.
Pak Rino : Saya sependapat. Sekarang banyak maling berkeliaran.
Pak Rino : Saya sependapat. Sekarang banyak maling berkeliaran.
Pak Yanto :
Untuk apa ada Siskamling? Paling yang ronda orang yang itu-itu saja.
Kalau begitu,
apa bedanya dengan tidak ada Siskamling?
Pernyataan Pak
Yanto termasuk….
A. komentar
B. sanggahan
C. kritikan
D. persetujuan
E. dukungan
58. Pernyataan : Harga BBM akan disesuaikan dengan naik turunnya harga
minyak dunia.
Kalimat
kritikan untuk pernyataan di atas adalah….
A. Saya kurang
setuju. Jika harga BBM naik turun, lalu bagaimana dengan harga kebutuhan pokok?
Selama ini, setiap kali harga BBM naik harga kebutuhan pokok juga naik.
B. Saya setuju.
Dengan begitu masyarakat tidak akan mendapatkan harga BBM yang naik terus.
C. Saya kurang
setuju. Itu hanya akal-akalan pemerintah saja.
D. Saya tidak
setuju. Rakyat pasti akan dirugikan.
E. Saya setuju
saja.
59. Kalimat kritikan yang tidak sesuai adalah….
A. Saya kurang
setuju dengan pendapat Anda karena bagaimana pun siswa merupakan
tanggung jawab guru.
B. Saya tidak
setuju jika jalan tersebut ditutup karena dengan penutupan jalan itu, beberapa
kampung akan terisolasi.
C. Saya tidak
setuju dengan kebijakan pemerintah. Sebaiknya pemerintah memberikan solusi yang jelas.
D. Saya tidak
setuju. Tapi mau bagaimana lagi? Saya ikut saja.
E. Saya sangat
tidak setuju dengan pendapat Saudara. Hukuman tersebut terlalu keras.
60. Kalimat dukungan yang paling tepat adalah….
A. Saya setuju
saja dengan Anda.
B. Saya setuju
dengan keputusan Anda.
C. Saya rasa
hal tersebut memang baik untuk kita semua.
D. Saya setuju
dengan Saudara. Permasalahan ini harus segera dicari jalan keluarnya.
E. Kami
sependapat dengan pemikiran Anda.
Memberi Komentar Disertai Alasan dalam Diskusi / Seminar / Debat
61.
Komentar yang dilengkapi dengan
penjelasan terdapat pada ....
A. Saya tidak menolak pendapat yang disampaikan
pemakalah.
B. Saya kurang sependapat dengan aturan-aturan baku
yang Saudara sampaikan.
C. Gagasan Saudara cukup realistis, maksudnya
gagasan itu bisa dilaksanakan.
D. Gagasan Saudara untuk mengembangkan kreativitas
remaja bisa digunakan acuan.
E. Sebagaimana gagasan pembicara sebelumnya gagasan
ini bisa dikatakan sejalan.
62.
Saya sependapat dengan Anda. Siswa yang melanggar hukum memang harus
diberikan sanksi yang tegas.
Alasan yang
tepat untuk ditambahkan pada komentar di atas adalah
A. Pemberian sanksi yang tegas dapat membuat anak jera dan diharapkan
membuat anak tidak
melanggar hukum lagi.
B. Pemberian
sanksi yang tegas dapat membuat anak paham kesalahannya.
C. Agar anak
menjadi kapok dan tidak mengulanginya lagi.
D. Sanksi yang
tegas menunjukkan sekolah memiliki sikap yang tegas.
E. Agar bisa
bertindak lebih tegas.
63.
Maaf, saya tidak setuju dengan
pendapat Saudara. Menurut hemat saya, cara seperti itu hanya akan membuat anak
menjadi seorang penakut.
Komentar di
atas termasuk….
A. sanggahan
B. persetujuan
C. penolakan
D. kritikan
E. pertanyaan
64.
Komentar yang disampaikan dengan
alasan yang logis terdapat pada ....
A. Ke depan kebutuhan orang akan air yang sehat dikonsumsi semakin mendesak
memang benar. Tanpaknya dari tahun ke tahun tingkat pencemaran air di perkotaan
selalu bertambah.
B. Ke depan kebutuhan orang akan air yang sehat dikonsumsi semakin mendesak
memang benar. Bumi di daerah kita ini masih cukup air untuk memenuhi kebutuhan
manusia.
C. Ke depan kebutuhan orang akan air yang sehat dikonsumsi semakin mendesak
memang benar. Hal itu telah dibahas pada pada acara temu karya beberapa bulan
lalu.
D. Kita tidak perlu khawatir akan ketersediaan air bersih di masa
mendatang. Apakah kandungan air bersih di bum ini mengalami penurunan?
E. Tidak berlebihan jika masyarakat mengkhawatirkan ketersediaan air bersih
di masa mendatang. Bukankah air merupakan kebutuhan hidup yang bersifat primer?
65.
Komentar : Salah satu penyebab
terjadinya unjuk rasa adalah adanya ketidakpercayaan terhadap pelaksanaan
berbagai aturan.
Berikut ini
bentuk penjelasan yang tepat untuk ditambahkan pada komentar tersebut, kecuali ….
A. kapan
terjadinya unjuk rasa
B. alasan
melakukan unjuk rasa
C. pelaku yang
berunjuk rasa
D. di mana
dilakukan unjuk rasa
E. apa yang
dilakukan dalam unjuk rasa
66.
Komentar yang sesuai dengan
ketentuan atau cara menyampaikan komentar yang baik adalah….
A. Menurut saya, tenaga kerja di Indonesia belum bisa bersaing secara
global karena kualitas tenaga kerjanya sendiri masih ada di bawah tenaga kerja
negara lain.
B. Saya
sependapat dengan Saudara. Kita sebaiknya memang mundur dari tender ini.
C. Mana bisa
begitu? Itu namanya menginjak-injak harga diri kita.
D. Apa yang
diutarakan Saudara pembicara memang ada benarnya. Saya setuju.
E. Saya kurang
setuju dengan usulan Saudara Arif.
67.
Menurut saya, kesehatan ragawi
harus seimbang dengan kesehatan rohani.
Komentar
persetujuan berdasarkan pernyataan di atas yang tepat adalah.…
A. Saya setuju.
B. Saya setuju
dengan pendapat Anda.
C. Saya menyetujui pendapat Saudara. Kesehatan ragawi dan rohani memang
harus seimbang agar hidup bisa berjalan dengan baik.
D. Saya setuju.
Akan tetapi kesehatan rohani jauh lebih penting dibanding kesehatan ragawi.
E. Saya tidak
setuju.
68.
Komentar penolakan untuk
menunjukkan ketidaksetujuan terhadap pernyataan pemateri dalam sebuah diskusi
yang sesuai yaitu….
A. Saya tidak
setuju dengan pendapat Anda.
B. Agar masalah ini tidak berlarut-larut sebaiknya kedua belah pihak bicara
dengan kepala dingin.
C. Saya kurang sependapat dengan Anda. Porseni merupakan kegiatan yang
positif dan bermanfaat untuk mengisi jam sekolah yang kosong setelah selesai
ujian. Mengapa harus dihapuskan?
D. Saya kurang sependapat dengan Anda. Menurut saya, masalah ini hanya
kesalahpahaman saja.
E. Saya menolak
pendapat Anda.
69.
Bahaya narkoba sudah merajalela
dan mengancam kehidupan generasi muda. Apa yang harus dilakukan para pemuda
untuk terhindar dari narkoba?
Komentar yang
sesuai dengan pernyataan di atas adalah….
A. Menurut
saya, pemuda harus selalu berhati-hati terhadap jeratan narkoba.
B. Pemuda harus
selalu sigap menolak ajakan untuk menggunakan narkoba.
C. Menurut saya, untuk menjauhkan diri dari narkoba, para pemuda harus
meningkatkan ketakwaannya, lebih dekat dengan keluarga, dan menggunakan waktu
luang untuk kegiatan positif.
D. Menurut
saya, para pemuda harus berani menolak ajakan untuk menggunakan narkoba.
E. Para pemuda harus tahu bahaya
narkoba sehingga mereka tidaka kan terjerumus ke dalam jeratan narkoba.
70.
Menurut saya, kegiatan bakti
sosial ini sangat bermafaat untuk menumbuhkan rasa sosial di kalangan siswa.
Hal inilah yang menjadi alasan mengapa kami mengajukan proposal kegiatan
tersebut.
Komentar yang menunjukkan persetujuan dan sesuai dengan kutipan di atas yaitu.…
A. Saya setuju
dengan pernyataan Saudara. Kegiatan ini bisa dijadikan pengisi waktu luang.
B. Saya sangat setuju dengan pernyataan Saudara. Kegiatan Bakti Sosial juga
bisa membuat siswa bersyukur atas karunia yang diberikan Tuhan.
C. Saya setuju.
Bagaimana jika kegiatan ini menjadi kegiatan rutin?
D. Saya setuju
jika kegiatan bakti Sosial ini dilakukan secara berkala.
E. Saya setuju,
asalkan kegiatan ini tidak banyak mengeluarkan dana.
Merangkum Isi Pembicaraan dalam Suatu Diskusi atau Seminar
71.
Hal yang harus dilakukan
seseorang ketika akan merangkum isi diskusi atau seminar antara lain, kecuali….
A. Mendengarkan
isi pembicaraan diskusi/seminar.
B. Mencatat isi
pokok pembicaraan dalam diskusi.
C. Mencermati
poin penting dalam diskusi.
D. Merangkai
kalimat berdasarkan poin penting isi pembicaraan dalam diskusi.
E. Memberikan
tanggapan dalam diskusi tersebut.
72.
Tujuan formal dari penulisan
rangkuman isi pembicaraan dalam diskusi/seminar adalah….
A. untuk mencatat kegiatan diskusi
B. untuk keperluan laporan kegiatan diskusi
C. untuk mengetahui jalannya diskusi
D. agar dapat menyimpulkan hasil diskusi
E. agar lebih memahami.
73.
Poin isi pembicaraan dalam diskusi :
a. Siswa harus menaati peraturan sekolah
b. Peraturan sekolah dibuat untuk membuat siswa disiplin.
a. Siswa harus menaati peraturan sekolah
b. Peraturan sekolah dibuat untuk membuat siswa disiplin.
Kalimat yang sesuai berdasarkan poin-poin isi
pembicaraan diskusi di atas yaitu….
A. Semua siswa harus menaati peraturan sekolah.
B. Peraturan sekolah dibuat untuk ditaati siswa.
C. Tujuan pembuatan peraturan sekolah adalah agar siswa bisa disiplin. Oleh
karena itu, seluruh siswa harus menaati setiap peraturan sekolah.
D. Tujuan pembuatan peraturan sekolah agar ditaati
oleh siswa.
E. Siswa harus menaati peraturan sekolah agar
disiplin.
74.
Poin isi Pembicaraan dalam
diskusi:
a. Olahraga untuk menjaga kesehatan.
b. Kesehatan sangat diperlukan untuk melakukan akivitas sehari-hari.
c. Nutrisi yang seimbang dibutuhkan untuk kesehatan.
a. Olahraga untuk menjaga kesehatan.
b. Kesehatan sangat diperlukan untuk melakukan akivitas sehari-hari.
c. Nutrisi yang seimbang dibutuhkan untuk kesehatan.
Kalimat rangkuman isi pembicaraan dalam diskusi
berdasarkan poin-poin di atas yang
sesuai yaitu….
A.Olahraga serta nutrisi yang seimbang sangat diperlukan untuk menjaga
kesehatan. Dengan kesehatan yang senantiasa terjaga, aktivitas sehari-hari
dapat dilakukan tanpa hambatan.
B. Olahraga harus dilakukan untuk menjaga kesehatan. Nutrisi yang seimbang
pun diperlukan untuk kesehatan. Dengan badan sehat, aktivitas bisa dilakukan.
C. Olahraga sangat diperlukan agar aktivitas
sehari-hari bisa dilakukan.
D. Olahraga dan nutrisi sangat penting untuk
kesehatan.
E. Nutrisi yang seimbang dan olahraga yang rutin
bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan.
75.
Hal-hal berikut harus ada dalam
sebuah rangkuman isi pembicaraan dalam diskusi, kecuali….
A. tanggapan pemateri dan peserta
B. pertanyaan peserta
C. gagasan pokok
D. simpulan
E. jadwal kegiatan diskusi
76.
Nurhadi : “menurut saya, tema
dalam drama tersebut lebih pada kemanusiaan, bukan budaya.”
Poin isi pembicaraan di atas termasuk….
A. tanggapan
B. kritikan
C. sanggahan
D. persetujuan
E. penolakan
77.
Cermati isi pembicaraan berikut!
Seno(pemakalah) : Dilihat dari segi nilai ekonomis maupun praktis, minyak
bumi masih
merupakan sumber energi utama di samping gas bumi maupun batu bara. Sampai sekarang, minyak bumi masih tetap merupakan energi yang utama.
merupakan sumber energi utama di samping gas bumi maupun batu bara. Sampai sekarang, minyak bumi masih tetap merupakan energi yang utama.
Tulus : Secara
realita, memang demikian kenyataannya. Mobil-mobil
bertenaga listrik yang telah diproduksi di Eropa belum banyak diminati konsumen. Mereka merasa ribet tidak praktis dalam mengisi ulang sumber energi yang diperlukan. Lagi pula tenaga dan kecepatan maksimal dari mobil-mobil itu belum sebanding dengan mobil-mobil bertenaga bensin atau solar.
bertenaga listrik yang telah diproduksi di Eropa belum banyak diminati konsumen. Mereka merasa ribet tidak praktis dalam mengisi ulang sumber energi yang diperlukan. Lagi pula tenaga dan kecepatan maksimal dari mobil-mobil itu belum sebanding dengan mobil-mobil bertenaga bensin atau solar.
Legowo : Saudara moderator, pernyataan
yang disampaikan Saudara Seno
dan Tulus memang tidak bisa kita pungkiri. Namun perlu diingat, apabila semua oarang tetap memilih energi minyak bumi untuk kendaraannya dalam waktu tidak lama lagi minyak bumi yang ada di bumi Indonesia ini akan habis. Saran saya usulkan, bagaimana pun pemerintah harus segera dapat mencari jalan keluar mengatasi keterbatasan sumber energi ini. Sekian.
dan Tulus memang tidak bisa kita pungkiri. Namun perlu diingat, apabila semua oarang tetap memilih energi minyak bumi untuk kendaraannya dalam waktu tidak lama lagi minyak bumi yang ada di bumi Indonesia ini akan habis. Saran saya usulkan, bagaimana pun pemerintah harus segera dapat mencari jalan keluar mengatasi keterbatasan sumber energi ini. Sekian.
Rangkuman yang sesuai dengan isi ketiga pembicaraan
tersebut adalah ….
A. Dari segi ekonomis maupun praktis minyak bumi tetap menjadi energi
utama. Mobil listrik yang diharapkan dapat menggantikan energi minyak bumi
dipandang tidak praktis oleh konsumen. Ketersediaan minyak bumi semakin
terbatas. Karena itu, pemerintah segera mencari solusinya .
B. Mobil listrik yang diharapkan dapat menggantikan energi minyak bumi
dipandang tidak praktis oleh konsumen.Dari segi ekonomis maupun praktis minyak
bumi tetap menjadi energi utama. Minyak bumi tidak begitu melimpah. Karena itu,
pemerintah segera mencari solusinya menambah minyak bumi.
C. Dari segi ekonomis maupun praktis minyak bumi tetap menjadi energi
utama, tenaga dan kecepatan mobil-mobil listrik belum sebanding dengan
mobil-mobil bertenaga bensin atau solar. Ketersediaan minyak bumi semakin
terbatas. Karena itu, pemerintah segera mencari solusinya menambah minyak bumi.
D. Secara ekonomis minyak bumi memang lebih praktis dibandingkan energi
lain. Mobil listrik yang diharapkan dapat menggantikan energi minyak bumi
dipandang tidak praktis oleh konsumen.Ketersediaan minyak bumi semakin
terbatas. Karena itu, pemerintah segera mencari solusinya.
E. Minyak bumi memang lebih ekonomis dan praktis. Karena itu, pemerintah
segera mencari solusinya. Mobil listrik diharapkan dapat menggantikan energi
minyak bumi yang semakin terbatas.
78.
Pokok-pokok isi pembicaraan :
1) Kesehatan menjadi kebutuhan hidup yang utama di samping pangan, sandang, dan papan.
2) Perilaku hidup sehat perlu diupayakan.
1) Kesehatan menjadi kebutuhan hidup yang utama di samping pangan, sandang, dan papan.
2) Perilaku hidup sehat perlu diupayakan.
Rangkuman dari dua pokok pembicaraan tersebut
adalah ….
A. Kebutuhan hidup manusia yang utama di samping pangan, sandang, dan papan
adalah kesehatan. Perilaku hidup sehat perlu diupayakan.
B. Kesehatan menjadi kebutuhan hidup yang utama di samping pangan, sandang,
dan papan. Oleh karena itu, perilaku hidup sehat perlu diupayakan.
C. Sehat adalah kebutuhan hidup manusia yang setara dengan kebutuhan
pangan, sandang, dan papan. Dan perilaku itu harus diupayakan.
D. Mengupayakan perilaku hidup sehat setara dengan
kebutuhan pangan, sandang, dan papan.
E. Bila mana kebutuhan pangan, sandang , dan papan tercukupi, kebutuhan
sehat pun akan tercapai. Dan perilaku hidup sehat perlu diupayakan.
79.
Catatan tentang berbagai hal yang
berkaitan dengan kegiatan diskusi atau seminar yang dibuat oleh seorang notulis
adalah….
A. rangkuman
B. kesimpulan
C. notulen
D. notula
E. laporan
80.
Poin isi pembicaraan :
a. Novel berjudul Di Bawah Lindungan Ka’bah karya Hamka sangat menarik.
b. Novel Di Bawah Lindungan Ka’bah dibuat film.
c. Banyak orang yang tertarik untuk menonton film tersebut.
a. Novel berjudul Di Bawah Lindungan Ka’bah karya Hamka sangat menarik.
b. Novel Di Bawah Lindungan Ka’bah dibuat film.
c. Banyak orang yang tertarik untuk menonton film tersebut.
Kalimat rangkuman yang sesuai dengan poin-poin isi
diskusi di atas yaitu….
A. Novel Di Bawah Lindungan Ka’bah karya
Hamka sangat menarik.
B. Cerita Novel Di Bawah Lindungan Ka’bah dibuat
film sehingga menjadi sangat menarik.
C. Cerita novel Di Bawah Lindungan Ka’bah sangat menarik
sehingga menggugah salah seorang sutradara untuk membuat filmnya. Film itupun
banyak menarik minta pengunjung untuk menontonnya.
D. Novel Di Bawah Lindungan Ka’bah”adalah karya Hamka yang
paling menarik. Ceritanya dibuat film.
E. Film Di Bawah Lindungan Ka’bah dibuat berdasarkan novel
dengan judul yang sama karya Hamka.
Pokok-Pokok Pembicaraan dalam Diskusi / Seminar / Debat
81.
Cermati pembicaraan berikut !
Sekar : Sebagaimana telah disampaikan pembicara pertama, setiap manusia
pada dasarnya mendambakan hidup sehat. Tetapi, mengapa masih banyak orang yang
berperilaku tidak mendukung keinginannya itu? Sekian mohon penjelasan. Terima
kasih.
Pokok pembicaraan yang disampaikan dalam pertanyataan Sekar adalah ....
A. Setiap manusia pada dasarnya mendambakan hidup sehat.
B. Manusia pada dasarnya mendambakan hidup sehat.
C. Mengapa manusia mendambakan hidup sehat.
D. Banyak orang yang berperilaku tidak mendukung hidup sehat.
E. Keinginan orang untuk hidup sehat masih dipertanyakan.
82. Cermati pembicaraan berikut !
Bapak, Ibu, Saudara yang saya hormati,
Bagi Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya, padi menempati
urutan paling atas dalam kelompok tanaman pangan. Karena itu, tidaklah
mengherankan kalau sebagian besar dana dan daya yang ada dikerahkan untuk
pengembangannya, baik melalui program intensifikasi maupun perluasan areal. Di
bidang intensifikasi pertanian selain dilakukan penerapan teknologi pertanian
modern, juga dikembangkan secara terus menerus berbagai jenis bibit unggul.
Hal yang menjadi pokok pembicaraan pada kutipan tersebut adalah ....
A. Sebagian besar dana yang ada dikerahkan untuk pengembangan pertanian.
B. Pengembangan pertanian adalah program intensifikasi dan perluasan
areal.notulis
C. Intensifikasi pertanian dilakukan dengan penerapan teknologi pertanian
modern.
D. Kelompok tanaman pangan menjadi urutan paling atas di Indonesia dan
Asia.
E. Padi menempati urutan paling atas dalam kelompok tanaman pangan.
83.
Langkah-langkah yang bisa
dilakukan dalam mencatat pokok-pokok pembicaraan dalam diskusi antara lain…
kecuali.…
A. Menyimak penjelasan dari pemateri.
B. Mencatat isi diskusi.
C. Menggunakan bahasa yang baik, jelas dan benar.
D. Memberikan tanggapan.
E. Membuat simpulan.
84.
Judul diskusi : Peran Keluarga
Terhadap Prestasi Siswa
Kalimat yang termasuk pokok pembicaraan dalam sebuah diskusi yang sesuai
dengan judul diskusi di atas yaitu….
A. Anak yang berprestasi selalu diberi nutrisi yang cukup oleh orang
tuanya.
B. Prestasi akademik siswa sangat ditentukan oleh peran orang tua.
C. Siswa yang berasal dari keluarga harmonis akan memiliki prestasi
akademis yang bagus.
D. Prestasi siswa tidak ada hubungannya dengan keharmonisan keluarga.
E. Orang tua harus memberikan perhatian yang lebih untuk anak-anaknya.
85.
Cermati pembicaraan berikut !
Masalah kelautan yang dihadapi dewasa ini adalah tidak adanya dana untuk
melindungi ketam kenari, kima, atau tiram mutiara sebagaimana halnya
perlidungan terhadap panda dan harimau dari kelompok penghuni darat. Jenis
makhluk laut tertentu tiba-tiba punah sebelum manusia sempat melindunginya.
Tiram raksasa di kawasan Indonesia bagian barat kebanyakan sudah punah. Sangat
sukar menemukan tiram hidup dewasa ini. Padahal, rumah tiram yang sudah mati
mudah ditemukan. Demikian juga dengan kepiting kelapa dan kepiiting bagal. Dari
mana dana dapat diperoleh untuk melindungi semua itu?
Mari kita simak pembicaran dua nara sumber yang telah ada di hadapan
Saudara kali ini.
Pokok
pembicaraan yang disampaikan pemandu kegiatan seminar tersebut adalah ….
A. Masalah kelautan didasarkan pada tidak adanya dana untuk pemeliharaan.
B. Pemeliharaan laut dan hewannya membutuhkan dana yang cukup besar.
C. Hewan-hewan laut banyak yang punah sebelum manusia melindunginya.
D. Beberapa hewan laut perlu dilindungi dengan menyediakan dana yang besar.
E. Tidak adanya dana untuk melindungi hewan laut menjadi masalah kelautan.
86.
Cermati pembicaraan berikut !
Panji : Orang tua membiayai anaknya sekolah sampai tingkat tinggi, bahkan
kalau
mampu, hingga S2 atau S3. Tujuannya agar dapat bekerja dan mencari nafkah. Anehnya masih ada saja sarjana yang tidak bekerja alias menganggur. Ini kan menjadi pertanyaan. Terus terang saya kurang sependapat dengan tanggapan Saudara Ani bahwa setiap perguruan tinggi negeri mampu mencetak tenaga siap kerja.
mampu, hingga S2 atau S3. Tujuannya agar dapat bekerja dan mencari nafkah. Anehnya masih ada saja sarjana yang tidak bekerja alias menganggur. Ini kan menjadi pertanyaan. Terus terang saya kurang sependapat dengan tanggapan Saudara Ani bahwa setiap perguruan tinggi negeri mampu mencetak tenaga siap kerja.
Pokok-pokok sanggahan yang disampaikan Panji adalah ....
A. Masih ada sarjana yang tidak bekerja.
B. Banyak gelar sarjana yang menganggur.
C. Tujuan sekolah agar dapat bekeja dan mencari nafkah.
D. Cita-cita orang tua menyekolahkan anak sampai perguruan tinggi.
E. Setiap perguruan tinggi negeri mampu mencetak tenaga siap kerja.
87.
Gaya mengajar seorang guru tentu
harus disesuaikan dengan gaya belajar siswanya. Jika gaya belajar siswa adalah
visual, tentu guru tersebut harus sering-sering membuat catatan dengan
menggunakan spidol-spidol berwarna. Hal ini akan lebih efektif ketimbang dengan
menjelaskan materi.
Pokok pembicaraan dari bagian isi sebuah diskusi di atas yaitu….
A. Gaya mengajar guru harus sesuai dengan gaya belajar murid.
B. Gaya belajar murid harus sesuai gaya mengajar guru.
C. Cara belajar murid harus disesuaikan cara mengajar guru.
D. Cara mengajar murid selalu visual.
E. Guru harus menggunakan spidol berwarna saat mengajar.
88.
Cermati pembicaraan berikut !
Rida : Memang benar, dalam perkembangan selanjutnya baik dan buruknya
seorang anak bergantung pada bagaimana cara orang tua mendidiknya dan bagaimana pengaruh orang-orang terdekat. Saya pikir ada hal lain yang ikut menentukan dan perlu dipertimbangkan lagi yaitu faktor lingkungan.
seorang anak bergantung pada bagaimana cara orang tua mendidiknya dan bagaimana pengaruh orang-orang terdekat. Saya pikir ada hal lain yang ikut menentukan dan perlu dipertimbangkan lagi yaitu faktor lingkungan.
Pokok-pokok
pembicaraan Rida yang mendukung pendapat pembicara sebelum adalah
....
A. Baik dan buruknya seorang anak bergantung pada bagaimana cara orang tua
mendidiknya.
B. Faktor lingkungan ikut menentukan perkembangan anak menjadi baik atau
buruk.
C. Baik dan buruknya seorang anak bergantung bagaimana pengaruh orang-orang
terdekat.
D. Kehidupan anak selau terpengaruh oleh tiga hal yang tidak dapat dipisahkan.
E. Tiga faktor utama yang mempengaruhi perkembangan seorang anak menjadi
dewasa.
89.
Judul diskusi : Nutrisi untuk
Kesehatan Anak
Pokok pembicaraan yang sesuai dengan judul diskusi di atas adalah,
kecuali.…
A. Anak membutuhkan nutrisi yang lengkap dan cukup.
B. Nutrisi dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan anak.
C. Orang tua harus memperhatikan asupan nutrisi anak.
D. Nutrisi berkaitan dengan karakter anak.
E. Vitamin dan mineral termasuk nutrisi anak.
90.
Cermati pembicaraan berikut !
Muhanam : Saudara-saudara, kebutuhan hidup sehari-hari bagi setiap
keluarga
dalam masyarakat tidaklah sama. Hal ini sangat bergantung pada besar kecilnya penghasilan setiap keluarga. Keluarga yang penghasilannya sangat rendah, kebutuhan pokok sehari-hari akan sulit terpenuhi. Lain halnya dengan keluarga yang memiliki penghasilan tinggi, mereka tidak hanya dapat mencukupi kebutuhan primernya, kebutuhan-kebutuhah yang bersifat sekunder pun dapat dijangkaunya. Misalnya, dengan penghasilannya mereka mampu membeli sepeda, sepeda motor, bahkan mobil.
dalam masyarakat tidaklah sama. Hal ini sangat bergantung pada besar kecilnya penghasilan setiap keluarga. Keluarga yang penghasilannya sangat rendah, kebutuhan pokok sehari-hari akan sulit terpenuhi. Lain halnya dengan keluarga yang memiliki penghasilan tinggi, mereka tidak hanya dapat mencukupi kebutuhan primernya, kebutuhan-kebutuhah yang bersifat sekunder pun dapat dijangkaunya. Misalnya, dengan penghasilannya mereka mampu membeli sepeda, sepeda motor, bahkan mobil.
Pokok-pokok pembicaraan yang dikemukakan Muhanam adalah ....
A. Kebutuhan hidup setiap keluarga tidak sama.
B. Kebutuhan hidup dalam masyarakat tidak sama.
C. Kebutuhan hidup bergantung pada penghasilannya.
D. Penghasilan orang dalam keluarga tidak sama.
E. Tidak ada persamaan keluarga yang satu dengan yang lain.
Kata Konotasi dan Lambang dalam Puisi
91. Perhatikan penggalan puisi berikut.
Tuhan telah menegurmu dengan
cukup sopan
Lewat perut anak-anak yang kelaparan
Tuhan telah menegurmu dengan cukup
sopan
Lewat semayup suara azan
(Tuhan telah menegurmu karya
Apip Mustofa)
Makna kata konotasi yang diberi garis bawah adalah ....
A.
memberi nikmat
B.
memberi cobaan
C.
memberi sapaan
D.
memberi perintah
E.
memberi berkat
92. Cermati dan hayati petikan puisi berikut.
Dalam kebun di tanah airku
Tumbuh sekuntum bunga teratai;
Tersembunyi kembang indah permai,
Tidak terlihat orang yang lalu.
(Teratai, Kepada Ki Hajar
Dewantara karya Sanusi Pane)
Makna yang dimaksud dengan lambang bunga teratai adalah ....
A.
orang/tokoh
B.
bebungaan
C.
penyair
D.
ide
E.
pemikiran
93. Bacalah penggalan puisi berikut.
Aku ini binatang jalang
Dari kumpulannya terbuang
(Aku karya Chairil
Anwar)
Makna kata konotasi yang digaris bawah adalah ....
A.
brutal
B.
liar
C.
bebas
D.
buas
E.
luka
94. Gerimis mempercepat
kelam. Ada juga kelepak elang
menyinggung muram, desir hari lari berenang
menemu bujuk pangkal akanan. Tidak bergerak
dan kini, tanah air tidur, hilang ombak.
menyinggung muram, desir hari lari berenang
menemu bujuk pangkal akanan. Tidak bergerak
dan kini, tanah air tidur, hilang ombak.
(Senja di Pelabuhan Kecil karya Chairil Anwar)
Jenis lambang yang digunakan dalam puisi tersebut adalah
....
A.
lambang benda
B.
lambang warna
C.
lambang suasana
D.
lambang orang
95. Dalam kebun di tanah airku
Tumbuh sekuntum bunga teratai;
Tersembunyi kembang indah permai,
Tidak terlihat orang yang lalu.
Tumbuh sekuntum bunga teratai;
Tersembunyi kembang indah permai,
Tidak terlihat orang yang lalu.
(Teratai Kepada Ki Hajar Dewantara karya Sanusi
Pane)
Jenis lambang yang digunakan dalam puisi tersebut adalah
....
A.
lambang bunyi
B.
lambang warna
C.
lambang suasana
D.
lambang orang
E.
lambang benda
96. ...
jangan tangisi, jangan hindari kenyataan ini
kerna fajar pagi akan membuka langit sedihnya
menyediakan tanya untuk kita tidak saling bicara
Di mendung gerimis Agustus ini
Simpanlah risalah lama melanting ke kedalaman
...
(Agustus karya Mansur
Samin)
Makna kata-kata yang digarisbawahi adalah ....
A.
kesedihan
B.
pengorbanan
C.
kedukaan
D.
tangisan
E.
kegelapan
97. Takjubku kala mendaki puncak tonggak alam
Hijau lestari memagar sunyi
Kukuh palu para pengukir kayu jati
Menoreh seni dengan laksa makna
Hijau lestari memagar sunyi
Kukuh palu para pengukir kayu jati
Menoreh seni dengan laksa makna
(Jepara Surga Mataku karya Ahmad Khoirus Salim)
Makna kata hijau dalam puisi tersebut adalah ....
A.
kedukaan
B.
kenestapaan
C.
kegembiraan
D.
kesuburan
E.
kesunyian
98. Takjubku kala mendaki puncak tonggak alam
Hijau lestari memagar sunyi
Kukuh palu para pengukir kayu jati
Menoreh seni dengan laksa makna
Gadis-Gadis penenun Troso
Bibi-Bibi pemutar tembikar
Hijau lestari memagar sunyi
Kukuh palu para pengukir kayu jati
Menoreh seni dengan laksa makna
Gadis-Gadis penenun Troso
Bibi-Bibi pemutar tembikar
(Jepara Surga Mataku karya Ahmad Khoirus Salim)
Baris puisi yang mengandung lambang warna adalah ....
A.
Bibi-Bibi pemutar tembikar
B.
Gadis-gadis penenun Troso
C.
Menoreh seni dengan laksa makna
D.
Kukuh palu para pengukir kayu jati
E.
Hijau lestari memagar sunyi
99. Kalimat yang menandung makna konotasi di antara pilihan
berikut adalah ....
A.
Bersama kita nikmati laut biru.
B.
Sony terjerembab di dunia hitam.
C.
Kami duduk di atas rumput hijau.
D. Adik membeli pita hitam di warung.
E. Kalian besok harus membawa bendera kuning.
100.Baris berikut ini yang tidak mengandung lambang/simbol
maupun konotasi adalah ....
A.
Pergi ke laut lepas, anakku sayang
B.
Jalan bertahun sudah kutempuh
C.
Hari ini nelayan tidak melaut
D. Kaulah kandil gemerlap, pelita jendela di
malam gelap
E. Hatiku terang menerima katamu, bagai bintang
memasang lilinnya
ccc Selamat
Mengerjakan ddd
Komentar