SOAL UTS 2015-2016



PEMERINTAH PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA
 DINAS PENDIDIKAN
           SMA NEGERI 57 JAKARTA
   Jln. Kedoya Raya Kebon Jeruk - Jakarta Barat, 11520  Telp/Fax: 5801665
             Website : www.sman57jkt.com – E-mail : sma57jkt@yahoo.com    
                            
 

UJIAN TENGAH SEMESTER GENJIL 
 TAHUN PELAIARAN 2015-2016

Mata Pelajaran               :  Bahasa  Indonesia 
Satuan Pendidikan          :  SMA Negeri 57 Jakarta 
Kelas/Program               :  XII  MIA - IIS 
Kurikulum                      :  2013 
Jumlah Soal                    :  50 Soal
Bentuk Soal                   :  Pilihan Ganda 
Hari/Tanggal                   :  Senin, 19 Oktober 2015 
Alokasi Waktu               :  120 menit (09.30-11.30)

1.      Bacalah paragraf berikut untuk menjawab soal dengan sempurna !

Berita kekalahan Jepang dalam perang pasifik telah diketahui oleh Sutan Syahrir sehingga para golongan muda mendesak golongan tua untuk segera melaksanakan kemerdekaan. Hal itu dilakukan agar kita tidak memiliki hutang budi terhadap Jepang. Kemerdekaan Indonesia bukanlah hadiah dari Jepang melainkan karena perjuangan rakyat Indonesia. 

Penggalan teks di atas menggunakan struktur teks cerita sejarah yaitu ....
A.    orientasi
B.     kesimpulan/koda
C.     reorientasi
D.    penutup
E.     pembuka

2.       Bacalah teks 1 dan teks 2  paragraf berikut untuk menjawab soal dengan sempurna !

Teks 1
Yang Liwei adalah astronaut Tiongkok pertama yang berhasil meluncur dengan roket. Roket Long March 2F yang membawa kapsul Shenzhou V merupakan roket pertama yang diluncurkan dari pusat antaraiksa Tiongkok di Jiauquan, Provinsi Gansu. Yang Liwei kembali ke bumi dengan selamat keesokan harinya setelah menjalani 16 kali orbit dalam misi yang menghabiskan waktu 21 jam tersebut. Roket Long March 2F merupakan roket konvensional hasil pengembangan para ilmuan Tiongkok. Adapun kapsul Shenzhou merupakan modifikasi dari kapsul Soyuz yang dikembangkan oleh Rusia. Kapsul tersebut merupakan kapsul tercanggih pada masanya sehingga Rusia sering mendapatkan kepercayaan untuk meluncurkan muatan berat ke orbit. Setelah itu, Tiongkok terus berupaya mengembangkan teknologi roketnya dengan terus mengirimkan misi-misi lanjutan. Di antaranya adalah menempatkan stasiun ruang angkasanya sendiri dan mengirim misi berawak ke bulan.

Teks 2
Berbicara mengenai teknologi keantariksaan, Indonesia termasuk negara yang cukup diperhitungkan. Hal tersebut tidak terlepas dari kesuksesan peluncuran Satelit Palapa A1 sebagai satelit pertama yang diluncurkan oleh Indonesia. Peluncuran satelit ini dilakukan pada 9 Juli 1976. Hal tersebut membuat Indonesia menjadi negara ketiga setelah Amerika Serikat dan Kanada yang menggunakan satelit komunikasi domestik sendiri. Tidak hanya itu, Indonesia juga tercatat sebagai negara kedua setelah Jepang yang berhasil meluncurkan roketnya sendiri di Asia. Roket tersebut adalah roket Kartika 1 yang diluncurkan pada 14 Agustus 1964. Peluncuran tersebut dibantu secara teknis oleh Rusia. Sayangnya, setelah peluncuran tersebut, Indonesia gagal melakukan alih-teknologi sehingga hanya mampu bertindak sebagai konsumen selama lebih dari 25 tahun. Padahal, Indonesia memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan teknologi antariksanya. Indonesia memiliki garis katulistiwa terpanjang di dunia sehingga sangat ideal untuk menjadi lokasi peluncuran roket pengangkut satelit.

Persamaan Indonesia dan Tiongkok dalam teknologi keantariksaan adalah ....
A.    berhasil menempatkan manusia di luar angkasa
B.     mendapatkan bantuan Rusia saat peluncuran roket
C.     tidak mampu mengambil alih teknologi peroketan
D.    melakukan penelitian teknologi roket sendiri
E.     memiliki satelit domestik untuk keperluan komunikasi

3.       Bacalah teks 1 dan teks paragraf berikut untuk menjawab soal dengan sempurna !

(1) Siasat Teuku Umar untuk menghancurkan Belanda dengan menyerahkan diri bersama 250 orang pasukannya. (2) Dengan dibantu istrinya Cut Nyak Dien, dia melawan Belanda. (3) Akibatnya, dia dianggap pengkhianat negara oleh rakyat Aceh. (3) Padahal, siasat ini dipakai untuk mengetahui taktik dan kekuatan Belanda. (4) Dengan cara ini, Teuku Umar dapat menekan Belanda.

Kalimat tidak padu pada teks cerita sejarah di atas ialah ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

4.      Perhatikan teks berikut ini.

Pengangkatan pahlawan nasional hendaknya disesuaikan dengan semangat zaman. Pengangkatan Iwan Fals yang banyak mengarang lagu perjuangan sudah tepat karena pahlawan nasional tidak harus pejuang bersenjata. Karena bangsa ini sedang giat-giatnya memberantas korupsi dan menegakkan hukum, Jaksa Agung Suprapto (1950-1959) yang berani menyeret beberapa menteri ke pengadilan layak diangkat sebagai pahlawan nasional. Ada pula Mayor John Lie yang sesudah proklamasi 1945 berjuang menembus blokade Belanda ke semenanjung Melayu untuk memperoleh senjata bagi pejuang RI. Semoga penataan masalah ini dapat dipercepat dengan merampungkan Rancangan UU pahlawan dan Tanda Jasa yang sudah ada di DPR.

Data yang tidak sesuai dengan kondisi urutan peristiwa yang terjadi dalam teks cerita sejarah di atas adalah ....
A.    Urutan tahun kejadian perekrutan pahlawan.
B.     Rancangan undang-undang kepahlawanan.
C.     Riwayat prestasi tokoh dunia musik tanah air.
D.    Nama jaksa agung yang memimpin pada periode dalam teks.
E.     Perjuangan tokoh etnis Tionghoa pada era penjajahan.

5.     Perhatikan teks berikut ini.

Dimulainya Pemerintahan Orde Baru ditandai dengan penyerahan kekuasan dari Presiden Soekarno kepada Jenderal Soeharto pada 22 Februari 1967. Pada masa awal menjalankan pemerintahan, banyak tantangan yang dihadapi oleh Jenderal Seoharto, terutama dalam mengatasi konflik berkepanjangan yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Maka, kebijakan dalam negeri yang diambil pada masa-masa awal pemerintahan bertujuan untuk menstabilkan berbagai sektor fundamental, seperti pertanian dan perdagangan.
Di sektor pertanian, capaian tertinggi pada awal pemerintahan orde Baru adalah swasembada beras. Swasembada beras adalah merupakan tekad utama pemerintah saat itu untuk mengatasi kondisi Indonesia yang sedang kritis. Langkah yang dilakukan untuk mengatasi masalah pertanian saat itu adalah dibangunnya prasarana pertanian, seperti irigasi, perhubungan, dan teknologi pertanian lainnya. Selain itu, cara-cara bertani yang tepat guna disertai penggunaan teknologi pun terus disampaikan melalui penyuluhan. Langkah tersebut kemudian berhasil membuat Indonesia mengalami swasembada beras.

Interpretasi yang tepat terhadap isi paragraf kedua pada teks cerita sejarah di atas adalah ....
  1. Pemerintah Orde Baru hanya berfokus pada masalah pertanian.
  2. Masalah pertanian merupakan masalah paling pokok yang dihadapi masyarakat.
  3. Swasembada beras mengakibatkan majunya teknologi pertanian Indonesia.
  4. Saat itu dilakukan penyuluhan tentang langkah-langkah menuju swasembada beras.
  5. Dibangunnya irigasi mengantarkan Indonesia swasembada beras pada saat itu.

6.     Perhatikan teks berikut ini.

Penyebab awal perang yang terjadi pada tahun 1803 hingga tahun 1833 ialah pertentangan sekelompok ulama (Kaum Padri) menentang kebiasaan-kebiasaan buruk Kaum Adat. Kebiasaan buruk itu misalnya sabung ayam, madat, dan minuman keras. Perang masalah agama ini akhirnya meluas menjadi perang melawan penjajahan. Perang saudara ini dinamakan Perang Padri.

Peristiwa yang membangun teks cerita sejarah di atas ialah ....
A.       pertentangan masalah agama
B.        pertentangan masalah agama dan pertentangan melawan penjajah
C.        pertentangan melawan penjajah
D.       perang saudara
E.        perang kaum Padri dan kaum Adat

7.    Perhatikan teks berikut ini.

(1)       Lebih dari 100 juta orang di berbagai pasukan militer terlibat dalam perang ini.
(2)       Perang Dunia II merupakan perang terbesar dalam sejarah dunia.
(3)       Korban Perang Dunia II mencapai 50 hingga 70 juta jiwa, termasuk warga sipil.
(4)       Akhir Perang Dunia II ditandai dengan kemenangan blok sekutu atas blok poros.
(5)    Maka, perang ini pun disebut-sebut sebagai konflik yang paling mematikan dalam sejarah umat manusia.
(6)    Perang ini pun disebut sebagai perang paling canggih karena mengerahkan segala kemampuan ekonomi, industri, dan ilmiah dari masing-masing negara.

Susunan kalimat yang benar agar menjadi teks cerita sejarah yang tepat adalah ....
A. (2) – (1) – (4) – (3) – (6) – (5)
B. (2) – (6) – (1) – (3) – (4) – (5)
C. (2) – (3) – (6) – (5) – (1) – (4)
D. (2) – (3) – (6) – (1) – (5) – (4)
E. (2) – (1) – (6) – (3) – (5) – (4)

8.     Perhatikan teks berikut ini.

 (1) Selain penemuan arkeologis, situs Gunung Padang juga memiliki banyak folklor yang berkembang di tengah masyarakat. Di antaranya adalah kepercayaan bahwa situs Gunung Padang sebagai tempat persemayaman Prabu Siliwangi, raja terbesar dalam legenda Sunda. Ada pula anggapan bahwa Gunung Padang memiliki persamaan dengan Jabal Nur yang merupakan tempat Muhammad Saw. memperoleh wahyu di Mekah, Arab Saudi.
(2) Gunung Padang merupakan situs megalitikum berupa batu-batuan besar berbentuk segi lima yang membentuk punden berundak. Gunung Padang terletak di ketinggian 885 meter di atas permukaan laut. Masyarakat setempat percaya bahwa situs Gunung Padang merupakan tempat penyembahan para leluhur pada masa silam. Hal tersebut dibuktikan dengan beberapa bebatuan yang menyerupai ruang-ruang tertentu dengan kekhasannya masing-masing, seperti adanya batu musik dan batu kujang.
(3) Beberapa tahun terakhir, Indonesia seolah dikejutkan dengan penemuan arkeologis termutakhir. Penemuan tersebut diklaim telah mengubah sejarah Indonesia, terutama berkaitan dengan peradaban manusia nusantara pada masa lampau. Hal tersebut sekaligus menunjukkan pada dunia bahwa manusia yang hidup di bumi nusantara berabad-abad silam telah mengenal peradaban yang maju dan modern di masanya. Penemuan itu bernama situs Gunung Padang.
(4) Dengan demikian, situs Gunung Padang merupakan kekayaan alam Indonesia yang membanggakan. Penemuan arkeologis yang hingga saat ini terus dilakukan dan diperbarui memberikan banyak kegunaan, baik bagi kehidupan masyarakat maupun bagi perkembangan keilmuan. Selain itu, banyaknya folklor yang berkembang di sekitar masyarakat juga dapat memberikan sumbangan besar bagi perkembangan ilmu kesusastraan. Folklor tersebut dapat dikumpulkan sehingga memperkaya khazanah kebudayaan dan pendidikan.
(5) Selain itu, ada pula mitos mengenai Nyi Sadeah, yaitu sosok perempuan yang dikabarkan menghilang saat peresmian stasiun Lampegan, stasiun kereta terdekat dengan situs megalitikum tersebut. Namun demikian, semua dongeng yang belum terbukti kebenarannya tersebut harus dianggap sebagai kearifan lokal belaka yang memiliki dampak positif bagi kehidupan.

Susunan paragraf paling tepat agar menjadi teks cerita sejarah dengan struktur yang benar adalah ....
A. (3) – (2) – (1) – (4) – (5)
B. (3) – (2) – (1) – (5) – (4)
C. (3) – (2) – (4) – (5) – (1)
D. (2) – (3) – (1) – (5) – (4)
E. (2) – (3) – (5) – (1) – (4)

9.      Perhatikan data di bawah ini!

Perang Dunia II terjadi karena sebab-sebab berikut:
1. Kekalahan Jerman dalam Perang Dunia I.
2. Jepang ingin memperluas daerah kekuasannya.
3. Revolusi Industri.
4. Kegagalan Liga bangsa-bangsa menciptakan perdamaian dunia.

Data yang dimiliki semua nomor ketika menulis teks cerita sejarah ialah ....
A.    tempat dan peristiwa
B.     peristiwa dan waktu
C.     tempat
D.    waktu
E.     peristiwa

10.   Perhatikan data di bawah ini!
Sisingamaraja XII

Pada tahun 1845-1907 aku adalah seorang raja di negeri Toba menggantikan ayahku, Sisingamaraja XI, bersamaan dengan diberlakukannya open door policy, yaitu kebijakan Belanda yang berusaha mengamankan modal asing yang masuk Hindia-Belanda pada saat itu (1). Kebijakan tersebut menyebabkan monopoli Belanda atas semua perdagangan yang terjadi (2). Kami, rakyat Toba, menolak kebijakan yang kami anggap menguntungkan sebelah pihak (3). Pada masa itu pula, Kerajaan Toba menjalin hubungan perdagangan dengan beberapa negara Eropa (4). Penolakan tersebut memicu terjadinya Perang Tapanuli (5).

Kalimat yang mendukung teks sehingga dapat disebut teks monolog adalah ....
A.    1
B.     2
C.     3
D.    4
E.     5

11.   Perhatikan data di bawah ini!

Pada 11 Maret 1966, empat jendral TNI, yaitu Maraden Panggabean, M. Jusuf, Amir Machmud, dan Basuki Rahmat mendatangi Soekarno di Istana Bogor sekitar pukul 01.00 dini hari. Mereka meminta Bung Karno membubuhkan sebuah tanda tangan pada sebuah dokumen mandat yang saat ini dikenal dengan Supersemar. Bung Karno bersedia menandatangani mandat tersebut dengan syarat jika masyarakat sudah aman, mandat pun harus di kemalikan ke tangan Soekarno. Keempat jendral menyetujui syarat tersebut.

Teks di atas dapat dikonversi ke dalam bentuk drama menjadi ....
A.     Para Jendral : Kami harap Bapak mau menandatangani dokumen penting ini demi keamanan bersama.
      Soekarno     : Baiklah, mandat ini akan kutandatangani. Jalankanlah mandat ini dengan baik.
      Para Jendral : Baik.
B.     Para Jendral :  Kami harap Bapak menandatangani dokumen penting ini demi kejayaan bangsa.
     Soekarno      : Baiklah, mandat ini akan kutandatangani. Tapi, kalau ketertiban dan keamanan rakyat  
                            sudah kembali, kembalikan juga mandat ini padaku.
      Para Jendral  : Kami tidak bisa janji.
C.    Para Jendral  : Kami harap Bapak mau menandatangani dokumen penting ini demi pimpinan kami.
     Soekarno      : Baiklah, mandat ini akan kutandatangani. Tapi, kalau ketertiban dan keamanan rakyat 
                            sudah kembali, kembalikan juga mandat ini padaku.
D.   Para Jendral   : Kami harap Bapak mau menandatangani dokumen penting ini demi keamanan bersama.
     Soekarno        : Baiklah, mandat ini akan kutandatangani. Tapi, kalau ketertiban dan keamanan 
                              rakyat sudah kembali, kembalikan juga mandat ini padaku.
     Para Jendral   : Baik.
E.   Para Jendral   : Kami harap Bapak mau menandatangani dokumen penting ini demi pimpinan kami.
     Soekarno      : Baiklah, mandat ini akan kutandatangani. Tapi, kalau ketertiban dan keamanan 
                             rakyat sudah kembali, kembalikan juga mandat ini padaku.
     Para Jendral    : Akan kami pertimbangkan.

12.   Perhatikan data di bawah ini!

(1) Sekolah menjadi tempat untuk penanaman semangat kebangsaan dan pemahaman tentang kebhinekaan yang saat ini harus semakin digiatkan oleh para pendidik. (2) Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti, anak-anak Indonesia yang melaksanakan wajib belajar 12 tahun diharapkan memiliki mental nasionalisme yang kuat. (3) Peraturan tersebut juga sebagai pedoman dalam menerapkan pendidikan yang komprehensif dalam menumbuhkan karakter berbangsa yang baik. (4) Saat ini, memang sudah banyak sekolah di Indonesia yang memiliki semangat kebangsaan yang baik dan akan lebih baik jika hal itu dimasukkan ke dalam sistem pendidikan nasional. (5) Selain itu, penerapan sistem tersebut dapat disesuaikan dengan kecintaan kita kepada masyarakat Barat yang hidup modern dan maju.

Kalimat yang tidak sesuai dalam penggalan berita tersebut adalah ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

13.   Perhatikan data di bawah ini!

”Kami berterima kasih kepada kepolisian dan buruh karena May Day kemarin hampir tidak ada kerusakan. Walaupun ada tanaman yang patah karena diinjak-injak itu wajar karena orang terlalu banyak, ramai berdesak-desakan. Jadi betul-betul tertib demo itu,” ujar Ahok di SMAN 80 Sunter, Jakarta Utara, Senin (4/5/2015). Sebagai gubernur, Ahok menilai bahwa unjuk rasa saat May Day atau Hari Buruh Internasional tersebut merupakan suatu kemajuan dalam menciptakan demonstrasi yang tertib.

Inti berita tersebut adalah ....
A. Ahok berterima kasih kepada buruh dan pihak kepolisian.
B.  Demonstrasi menjadi langkah untuk maju.
C.  Demonstrasi pada saat May Day dilakukan dengan tertib.
D. May Day adalah Hari Buruh Internasional yang diperingati pada 1 Mei.
E.  Tanaman patah karena diinjak-injak oleh demonstran.

14.     Perhatikan teks acak berikut.

(1)   Deretan Pahlawan Nasional itu bagai album perjuangan.
(2)   Ia adalah pejuang dari Tanah Toraja yang berperang melawan Belanda tahun 1905-1907.
(3)   Masing-masing daerah berusaha memasukkan “foto”-nya ke album bersama ini.
(4)   Pada tahun 2002, Pong Tiku masuk jajaran tokoh pahlawan nasional.
(5)   Pada akhir pemerintahan Soeharto, dirasa tidak cukup bila provinsi diwakili seorang tokoh, sampai-sampai ada kabupaten yang ingin memperjuangkan pahwalan dari wilayah mereka.

Urutan yang baik dari paragraf tersebut terdapat adalah ….

A.    (1), (2), (4), (3), (5)
B.     (2), (1), (3), (5), (4)
C.     (4), (1), (3), (5), (1)
D.    (4), (2), (1), (3), (5)
E.     (4), (3), (1), (2), (5)

15.     Perhatikan data di bawah ini!

Teks A

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah memberikan hampir semua wewenang kehutanan dari pemerintah kabupaten/kota kepada pemerintah provinsi. Hal tersebut membuat pengelolaan hutan sulit diperbaiki, terutama jika kapasitas Sumber Daya Alam tidak diperbaiki. Demikian pendapat Guru Besar Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor Hariadi Kartodihardjo, Rabu (11/3), di Jakarta. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan diharapkan dapat memberi solusi masalah kehutanan. Menurut Rochimah Nugrahini dari Direktorat Perhutanan Sosial Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, contoh solusi untuk memperbaiki masalah tersebut adalah tidak dihanguskannya wewenang menteri untuk menetapkan area kerja hutan desa dan hutan kemasyarakatan. Dengan demikian, tidak diperlukan izin kepala daerah untuk melakukan mekanisme tersebut. Maka, pengelolaan hutan dapat dilakukan secara lebih efektif.

Teks B
Penebangan hutan di Indonesia masih dilakukan secara masif. Hal tersebut dilakukan karena adanya anggapan hutan sebagai sumber kayu. Padahal, dengan menjaga kelestarian hutan, manfaat ekonomi sekaligus ekologi dapat diperoleh. Hal tersebut yang dibuktikan oleh Konsorsium Riset Pengelolaan Hutan Berkelanjutan di Kalimantan Selatan. Menurut Ketua KRPHB, Prof. Dr. Yudi Firmanul Arifin, Indonesia dikenal sebagai negeri berhutan tropis terluas. Hal itu membuat Indonesia memiliki keragaman hayati terkaya kedua setelah Brasil. Maka, keberadaan hutan Indonesia sangat penting bagi warga dunia karena berfungsi sebagai paru-paru Bumi. Hutan Indonesia berguna sebagai penyerap gas karbon dan pelepas oksigen ke udara. Namun, menurut analisis Forest Watch Indonesia, sejak 2009, hutan Indonesia terus mengalami penyusutan area hingga 4,6 juta hektar atau seluas 7 kali luas Provinsi DKI Jakarta.

Informasi yang tidak tepat berdasarkan kedua teks berita di atas adalah ....
A. Hutan Indonesia memiliki keragaman hayati terbesar di dunia
B.  Pengelolaan hutan sulit diperbaiki jika hampir semua wewenang diberikan kepada pemerintah provinsi
C.  Penyusutan hutan Indonesia seluas tujuh kali lipat provinsi DKI Jakarta
D. Penetapan area kerja hutan desa dan hutan kemasyarakatan ditentukan menteri
E.  Pemanfaatan ekonomi berbasis hutan masih belum dilakukan secara optimal di Indonesia

16.   Perhatikan data di bawah ini!

Teks A

Lembaga keuangan Komisi Eropa menyetujui dana bantuan sebesar 2,4 miliar euro atau setara dengan Rp35,6 triliun untuk menangani gelombang migran, Senin (10/8/2015). Negara yang menerima porsi terbesar adalah Italia dan Yunani. Di Brussels, Belgia, juru bicara Komisi Eropa, Natasha Bertaud, mengatakan, dana tersebut diberikan selama enam tahun. Yunani yang kini dilanda krisis ekonomi terus dibanjiri migran sehingga memperoleh porsi terbesar, yakni 560 juta euro. Adapun Italia menerima 473 juta euro. Sebagian dari dana 2,4 miliar euro tersebut, menurut Bertaud, segera dicairkan untuk membantu penanganan migran yang mulai membanjiri Inggris dari Pelabuhan Calais, Perancis.

Teks B
Pemerintah Yunani dapat bernapas lega setelah parlemen Jerman menyetujui perpanjangan pembayaran utangnya selama empat bulan. Dengan begitu, Yunani dinyatakan selamat dari kebangkrutan, Jumat lalu (27/2/2015). Sebelumnya, Bank Sentral Eropa, Komisi Eropa, dan Dana Moneter Internasional (IMF) menyetujui perpanjangan waktu pembayaran utang bagi Yunani. Setelah persetujuan tiga lembaga besar tersebut, negara anggota harus meminta persetujuan parlemen, di antaranya Jerman. Persetujuan para kreditor tersebut meningkatkan kepercayaan warga Yunani terhadap kredibilitas pemerintah. Menteri Keuangan Yunani, Yanis Varoufakis, optimistis bahwa dana 700 juta euro yang didepositokan oleh warga setelah berita tersebut tersebar, merupakan awal perbaikan ekonomi Yunani yang telah lama dilanda krisis. Namun demikian, jumlah deposito tersebut belum sebanding dengan penarikan uang oleh masyarakat yang mencapai 20 miliar euro.

Persamaan informasi dalam kedua teks berita di atas adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. melibatkan lembaga keuangan Eropa
B.  membicarakan kondisi ekonomi Yunani
C.  membahas masalah keuangan
D. membantu para migran di negara-negara Eropa
E.  membicarakan bantuan terhadap Yunani.

17.    Perhatikan data di bawah ini!

(1) Sekelompok masyarakat melakukan aksi anarkistis terhadap kelompok lain di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (12/8/2015). (2) Sejumlah massa yang tidak dikenal melempari batu ke arah rumah warga sekitar pukul 16.00 WITA. (3) Sebagian warga laki-laki berusaha menghalau dan melawan. (4) Massa baru menghentikan aksinya setelah anggota kepolisian mengamankan kejadian tersebut. (5) Dilaporkan, kerugian akibat kejadian tersebut mencapai ratusan juta rupiah.

Kalimat ambigu pada teks berita di atas adalah ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

18.    Perhatikan data di bawah ini!

Psikolog anak Vera Itabiliana Hadiwidjojo menyebutkan, orang tua perlu mengawasi kegiatan anak saat bermedia sosial. Hal tersebut merupakan upaya untuk menghindari dampak negatif media sosial untuk anak. “Pertama, yang perlu dipertanyakan adalah apakah anak perlu memiliki media sosial? Apakah usianya sudah tepat? Batasan umur yang diterapkan pengembang media sosial tentu memiliki alasan,” kata Vera dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (12/8/2015).
Jika memiliki media sosial, Vera menekankan orang tua perlu mendampingi anaknya, di antaranya orang tua harus mengetahui kata sandi akun media sosial anak, selain berteman dengan anaknya di media sosial. “Kalau sudah berteman, orang tua juga perlu menjaga perilaku. Kalau ada masalah, jangan langsung ikut berkomentar di media sosial, tetapi bicarakan langsung baik-baik di dunia nyata,” tuturnya. Menurut Vera, orang tua juga perlu memberi pemahaman kepada anak bahwa internet adalah ruang publik. Dengan begitu, anak harus bisa menjaga segala hal yang akan diunggah atau dibagikan di internet. Hal tersebut juga mencegah anak dari bullying.

Pernyataan yang bukan informasi pada teks berita di atas adalah ....
A. Aktivitas anak dalam berinternet harus diawasi.
B.  Orang tua jangan menyelesaikan masalah di media sosial.
C.  Internet adalah ruang publik yang harus diwaspadai.
D. Komunikasi di dunia nyata lebih baik daripada di media sosial.
E.  Kata sandi media sosial anak sebaiknya diketahui orang tua.

19.     Perhatikan data di bawah ini!

(1) Pagi ini masyarakat berbondong-bondong melihat pertunjukan Reog Ponorogo di lapangan kodam V Brawijaya Surabaya. (2) Pertunjukan ini digelar untuk memperingati hari armada. (3) Seusai melihat pertunjukan reog, masyarakat dimanjakan dengan bazar murah sembako. (4) Harga yang dibandrol 25% lebih murah dari harga di pasaran. (5) Ketua panitia Rusli Shahab mengatakan kegiatan ini merupakan wujud kepedulian TNI terhadap masyarakat Surabaya.

Kalimat yang tidak memenuhi kaidah dalam bahasa Indonesia ialah kalimat ke ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

20.   Bacalah teks berita berikut dengan saksama.

Angka putus sekolah siswa sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di Nusa Tenggara Timur mencapai 6.800 orang per tahun. Angka tersebut diperoleh dari total jumlah peserta ujian akhir nasional (sekolah) tingkat SD dan SMP yang masuk ke jenjang pendidikan berikutnya. Hal ini menunjukkan bahwa program wajib belajar 9 tahun dan 12 tahun belum terealisasikan dengan baik.
Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT Alo Min di Kupang, Minggu (7/6) mengatakan sebelum program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di NTT tahun 2005 siswa yang putus sekolah di NTT mencapai 250.000 setiap tahun untuk SD, SMP, dan SMA atau sederajat. Jumlah siswa yang putus sekolah dapat ditekan sampai titik nol jika BOS tetap berlaku.

Berikut hasil interpretasi yang sesuai berdasarkan cuplikan berita tersebut adalah ....
A.  Setiap tahun siswa yang putus sekolah di NTT menurun dengan drastis.
B.   Pemerintah perlu meningkatkan biaya pembayaran gedung sekolah bagi para siswa.
C.   BOS menjadi penghambat untuk peningkatan siswa yang putus sekolah.
D.    Pemerintah perlu lebih memperhatikan program belajar selama 9 dan 12 tahun yang belum terealisasi 
      dengan baik di NTT.
E.     Jika setiap tahun angka putus sekolah naik, maka beban untuk biaya kesehatan pun naik beberapa 
      persen.

21.      Bacalah teks berikut ini dengan saksama.

Ketangguhan mental bagi petenis selalu menjadi penentu dalam final turnamen kelas Grand Slam. Petenis berusia 33 tahun ini berpengalaman 19 kali juara Grand Slam sebelum bertanding di final Prancis Terbuka, Sabtu (6/6). Serena meraih kemenangan dengan ketangguhan mentalnya yang mampu mengalahkan Lucie Safarova setelah sakit selama dua hari menjelang final.
”Setelah pertandingan semifinal, saya hanya berbaring di ruang ganti. Lalu, kemudian saya pulang, membersihkan badan, lalu tidur. Saat Jumat itu, saya tidur hingga pukul 16.00 atau pukul 17.00. Sungguh (sakit itu) merupakan mimpi buruk selama 48 jam,” jelas Serena.

Pertanyaan yang sesuai dengan cuplikan berita tersebut adalah ....
A.  Bagaimana Serena dapat sembuh dari sakitnya selama 48 jam tersebut?
B.   Apa yang dilakukan Serena setelah pertandingan final di Prancis Terbuka?
C.   Di mana Serena beristirahat selama pertandingan final?
D.  Siapa pemenang dalam pertandingan final Prancis Terbuka?
E.   Kapan Lucie Safarova memenangkan pertandingannya?

22.     Perhatikan data di bawah ini!

Peristiwa              : hiburan
Waktu kejadian   : Rabu (12/8/2015)

Teks berita yang dapat diinformasikan berdasarkan data di atas adalah ....
A.     Hujan deras yang terus mengguyur sepekan ini membuat beberapa daerah di Jawa Barat kebanjiran.
B.      Lebih dari 500 rumah di Kabupaten Bandung Barat terendam air. Sementara di Indramayu, ketinggian 
       banjir yang mencapai 1,5 meter membuat beberapa rumah warga tenggelam dan menjadi penyebab 
        kemacetan di jalur utama pantura.
C.      Tendangan jarak jauh Carlos Teves ditepis oleh Danijel Subasic.
D.     Para siswa di Tangerang, Banten, terpaksa mengambil air kotor untuk kebutuhan kebersihan dan 
       berwudhu. Mereka berharap, pemerintah setempat menyediakan sarana air bersih.
E.      Grup musik asal Bandung, The Cruel, menggelar aksi panggung pada hari Minggu (16 Agustus 2015) di 
       Lapangan Gasibu, Bandung.

23.     Cermati kalimat-kalimat di bawah ini!

(1)   Pelaku secara tiba-tiba turun dari mobilnya kemudian menganiaya Firman dengan kunci roda hingga 
      babak belur.
(2)   Firman langsung dilarikan ke Rumah Sakit Fatmawati karena harus menjalani perawatan intensif.
(3)   Firman, seorang pengemudi Nojek dianiaya orang tak dikenal.
(4)   Sampai saat ini polisi belum mengetahui motif penganiayaan yang dilakukan pelaku terhadap korban
(5)   Penganiayaan terhadap pengemudi Nojek terjadi Kamis (13 Agustus) malam di wilayah Petamburan, 
      Jakarta Pusat.

Urutan yang tepat agar kalimat-kalimat di atas menjadi bagian pengantar dalam teks berita adalah ....
A. (3), (5), (1), (4), (2)
B. (3), (1), (5), (2), (4)
C. (5), (3), (1), (4), (2)
D. (5), (3), (2), (4), (1)
E. (5), (3), (1), (2), (4)

24.   Perhatikan teks berita berikut ini!

Hujan deras yang terus mengguyur sepekan ini membuat beberapa daerah di Jawa Barat kebanjiran. Lebih dari 500 rumah di Kabupaten Bandung Barat terendam air. Sementara di Indramayu, ketinggian banjir yang mencapai 1,5 meter membuat beberapa rumah warga tenggelam dan menjadi penyebab kemacetan di jalur utama pantura. Di kecamatan Rancaecek Kabupaten Bandung, sekitar 500 rumah dan akses jalan di wilayah desa Linggar dan Sukamulya terendam air sehingga mengganggu aktivitas warga. Hujan deras sepanjang Minggu malam tanggal 15 Maret tersebut menyebabkan sungai Cimande meluap. Kawasan ini diprediksi akan terus tergenang air hingga beberapa hari ke depan karena intensitas curah hujan yang masih tinggi.
(Sumber : Liputan 6 SCTV 16 Maret 2015, dengan pengubahan)

Analisis peristiwa yang dapat diambil dari berita di atas adalah ....
A. 500 lebih rumah warga luluh lantak terendam banjir. Pemerintah segera turun tangan dengan mengirimkan perahu karet.
B.  Warga masyarakat antusias dengan turunnya hujan semalam, terutama para petani. Ratusan hektar sawah yang sudah ditanami pasti akan tumbuh subur.
C.  Peristiwa banjir merupakan anugerah bagi warga yang tinggal di bantaran kali.
D. Peristiwa alam seperti banjir sering menyisakan kerusakan pada rumah warga.
E.  Hujan deras di mana pun tidak pernah menimbulkan kebanjiran.

25.    Perhatikan teks berita berikut ini!

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Surabaya menggelar Bursa Kerja Terbuka (Job Market Fair) di Balai Pemuda Kota Surabaya, Rabu (5/8/2015). Sebanyak 6.020 pencari kerja mendatangi bursa kerja tersebut. Kepala Disnaker Kota Surabaya, Dwi Purnomo menyebutkan, pihaknya melakukan penjaringan rencana kerja melalui pengambilan tiket masuk di kantor Disnaker Kota Surabaya. “Ada 6.020 tiket masuk yang sudah diambil, bahkan mungkin lebih," ujarnya. Menurut mantan camat Sawahan ini, agenda Job Market Fair ini menjadi perantara bagi para pencari kerja untuk mendapatkan peluang kerja. Bila biasanya mereka mencari satu per satu perusahaan untuk melamar kerja, kini mereka bisa bertemu dalam satu lokasi secara bersamaan dan serempak.

Puisi yang memiliki topik yang sama dengan teks berita di atas adalah ....
A.  Denting-denting kehidupan ini
bagaikan not balok yang beterbangan
tampak indah memamerkan melodi
tapi ia hanya terdiam membisu
menjadikan mereka senang,
menari dengan entakan kaki berpola
tapi aku hanya ikut tertawa
tanpa tau mereka berlagu apa.

B.   Saat fajar mulai tiba
Kulangkahkan kaki penuh rasa
Lewati lika-liku jalanku yang terjal
Ditemani dendang burung pelipur lara
Begitulah hari-hariku
Menyambut pagi, sekolah kutuju
Untuk menuntut ilmu pada guru-guruku

C.   Apalah artinya hidup
Jika segan kau dengarkan nasihat
Semua mulut kau tutup rapat
Saat melihat semua tipu muslihat
Semua mata kau tutup lekat
Saat saksikan semua yang bejat


D.  Dengan bambu-bambu runcing di tangan
Bergerak perlahan menuju medan
Langkah senyap, perlahan
Dan seketika,
Merdeka! Merdeka!
Semua bersorak-sorai melihat penjajah tak berdaya

E.      Peluh ini tak ada artinya, Bapak
Kecuali untuk membuatmu bahagia
Dari satu pintu ke pintu
Menghadap aneka meja yang berkuasa
Menentukan nasib seolah Tuhan
Mempertaruhkan selembar ijazah
Dengan setumpuk impianmu, Pak
Yang telah menghamburkan biaya tinggi
Untuk menjadikanku pencari-cari

26.      Perhatikan data di bawah ini!

Dalam tujuan pembuatan iklan, hal yang diinginkan untuk dapat diubah dalam masyarakat adalah, kecuali ….  
A. pola pikir
B.  sikap
C.  keyakinan beragama
D. kebiasaan
E.  pola hidup

27.     Perhatikan data di bawah ini!

Perhatikan dua iklan di bawah ini!

Perbedaan teks iklan di atas yang nampak ialah ....
A. kalimat pujian
B.  kata sifat
C.  kalimat ajakan
D. penggunaan kata baku
E.  struktur isi iklan

28.    Perhatikan teks iklan berikut ini.

                  DIJUAL
                  KIOS DI PASAR BARU BANDUNG
                  Jalan Otto Iskandar Dinata Nomor 70
                  Lantai 5 dengan luas 14 m2
                  Harga 490 jt Bisa Nego Tanpa Perantara!

Informasi penting yang belum dicantumkan dalam teks iklan tersebut adalah ....
A. lokasi kios
B.  luas kios
C.  harga kios
D. info penjual
E.  alamat kios

29.     Perhatikan data di bawah ini!

Pemerintah Kota Surabaya akan mengadakan acara rutin tahunan memperingati hari pahlawan dengan lomba gerak jalan Suroboyo-Mojokerto. Meski masih beberapa bulan dilaksanakan, puluhan warga telah mendaftar untuk menjadi peserta. Panitia memprediksi peserta lomba akan melebihi target. Alasan utama tentu hadiah berupa satu buah mobil. Semoga acara ini dapat menyenangkan hati masyarakat ungkap ketua panitia Dahlia Manap.

Kalimat yang berisi pernyataan yang mengandung fakta ialah ....
A. Pemerintah Kota Surabaya akan mengadakan acara rutin tahunan memperingati hari pahlawan dengan 
     lomba gerak jalan Suroboyo-Mojokerto.
B.  Meski masih beberapa bulan dilaksanakan, puluhan warga telah mendaftar untuk menjadi peserta.
C.  Panitia memprediksi peserta lomba akan melebihi target.
D. Alasan utama tentu hadiah berupa satu buah mobil.
E.  Semoga acara ini dapat menyenangkan hati masyarakat ungkap ketua panitia Dahlia Manap.

30.     Perhatikan data di bawah ini!
                  
Lampu Shinoku F1
                  Semakin Terang dan Hemat Listik

Shinoku F1 menjadi lampu berukuran besar yang dapat menerangi ruangan luas dan lapangan olahraga. Lampu ini mampu menghemat listrik hingga 80% karena didukung dengan teknologi yang modern dan mampu menggantikan lampu merkuri besar. Lampu ini pun memiliki sertifikat SNI dan bergaransi 1 tahun.

Judul pada iklan tersebut diambil dari ....
A. nama produk yang diiklankan
B.  kualitas produk yang diiklankan
C.  pihak yang mengiklankan
D. keunggulan produk yang diiklankan
E.  jenis iklan

31.     Perhatikan teks iklan berikut.

1) Tabungan “PENDIDIKAN” memahami keinginan Anda.
2) Masa depan pendidikan putra-putri Anda akan lebih cerah.
3) Pengalaman kami selama 27 tahun menemani pendidikan putra-putri Indonesia.
4) Bergabunglah bersama kami.

Penjelasan isi kalimat nomor (2) adalah ....
A. Program tabungan “PENDIDIKAN” adalah program tabungan khusus untuk dana pendidikan anak.
B.  Dengan pendidikan, masa depan anak-anak menjadi lebih cerah.
C.  Tanpa tabungan “PENDIDIKAN”, anak-anak tidak bisa mendapat pendidikan
D. Tabungan “PENDIDIKAN” sudah berpengalaman selama 27 tahun
E.  Ajakan untuk bergabung dengan tabungan “PENDIDIKAN”.

32.     Perhatikan data di bawah ini!

Unsur yang tidak perlu dipromosikan saat memasang iklan cat serbaguna adalah ....
A. pilihan warna
B.  bahan dasar cat
C.  tempat penjualan cat
D. ketahanan cat terhadap cuaca
E.  sejarah perusahaan cat

33.    Perhatikan iklan berikut ini!

Kesalahan ejaan yang muncul dalam teks iklan di atas adalah ....
A. Huruf “d” di awal kata, seharusnya kapital
B.  Kata antisipasi seharusnya anti saja
C.  Penulisan “3” seharusnya Tiga
D. Mengurutkan langkah seharusnya ditulis angka 1, 2, dan 3
E.  Kata langkah seharusnya langkah-langkah

34.    Bacalah teks iklan berikut ini.

Kini, Shine Microwave tipe Q-57A1 hadir dengan teknologi yang mutakhir. Microwave ini dapat menghangatkan makanan dengan cepat dan dilengkapi dengan sensor yang mampu mendeteksi kadar air pada makanan. Tidak usah repot-repot dalam mengatur waktu untuk menghangatkan makanan karena semuanya sudah dilakukan secara otomatis oleh microwave pintar ini. Sajian makanan pun cepat walaupun microwave ini tidak hemat energi.

Pernyataan yang sebaiknya tidak dicantumkan dalam teks iklan tersebut adalah ....
A. Shine Microwave tipe Q-57A1 hadir dengan teknologi mutakhir.
B.  Microwave dapat menghangatkan makanan dengan cepat.
C.  Microwave dilengkapi dengan sensor pendeteksi kadar air pada makanan.
D. Microwave ini tidak hemat energi.
E.  Tidak sudah repot-repot mengatur waktu saat menghangatkan makanan.

35.    Perhatikan cuplikan teks cerita berikut!

Seorang wanita paruh baya datang menghampiri Prajata. “Saya ditinggal mati suami saya saat saya sedang mengandung anak keempat, sementara saat itu ketiga anak saya sedang menginjak usia masuk tingkat sekolah baru. Otomatis saya langsung kebingungan dan hampir stres karena daftar ke sekolah baru sangat membutuhkan uang yang banyak. Untunglah ada JIWARAGA, peninggalan suami saya selama bekerja. Sejak itu, saya menjadi nasabah baru JIWARAGA demi masa depan saya dan anak-anak saya. Premi bulanannya ringan tapi hasilnya memuaskan,” ujar ibu itu.

Produk yang dijadikan iklan dalam teks cerita di atas adalah ....
A. asuransi
B.  tabungan perbankan
C.  pegadaian
D. devisa
E.  pinjaman nonbank

36.     Perhatikan gambar berikut!



Cuplikan teks cerita yang sesuai dengan teks iklan di atas adalah ...
A.     Kak Zain pergi ke warung bersama Raisa. Tiba-tiba Raisa menunjuk sesuatu. Dia ingin susu kental 
       manis rasa stroberi. “Itu, Kak. Susu yang gambarnya sapi,” pintanya.
B.      Siang itu Raisa menelepon ibu. “Bu, pulang nanti bawakan susu Murni ya, Bu. Yang itu loh, yang 
       gambarnya sapi. Rasa vanila ya, Bu,” pinta Raisa pada ibunya. “Baiklah, Nak,” jawab ibu.
C.      Saat jam istirahat, Raisa dan Nayla pergi ke taman sekolah sambil membawa bekal makannya. “Kamu 
       suka minum susu enggak, Nayla?” tanya Raisa. “Suka dong. Susu ABC rasa stroberi,” jawab Nayla.
D.     Raisa menangis tersedu-sedu. Ketika Kak Zain bertanya, Raisa malah menggeleng. Setelah menunggu 
       selama sepuluh menit, akhirnya Kak Zain tahu bahwa Raisa ingin susu UHT rasa stroberi yang dibeli 
       temannya. “Raisa mau susu Murni, Kak. Yang rasa stroberi,” ujarnya.
E.      Pelajaran pertama di sekolah dibuka dengan pertanyaan Bu Guru, “Anak-anak, siapa yang suka minum 
       susu?” Nayla mengangkat tangan, “Saya, Bu Guru. Saya suka susu yang gambarnya sapi itu loh, Bu. 
        Hmmmm... susu ABCD namanya. Rasa stroberinya enak banget.”

37.    Perhatikan data di bawah ini!


Berikut ini adalah pernyataan yang sesuai terkait abstraksi iklan di atas, yaitu ….
A.      Dunia pendidikan Indonesia akan selalu carut marut dengan munculnya berbagai macam kebijakan.
B.       Apa pun kebijakan yang diberlakukan dalam sistem pendidikan Indonesia harus dapat bermanfaat bagi 
        bangsa.
C.       Jangan sampai siswa menjadi korban dalam setiap kebijakan yang diberlakukan dalam dunia 
        pendidikan kita.
D.      Kebingungan yang melanda siswa atas kondisi pendidikan.
E.       Sistem pendidikan Indonesia belum berpihak kepada rakyat kecil.

   38.  Bacalah teks berikut dengan cermat.

Deklarasi Hari Kebudayaan Nasional tingkat Kabupaten Cianjur dicanangkan di Kampung Gombong, Desa Limbangan Sari, Kecamatan/Kabupaten Cianjur, pada Minggu (7/11). Acara dimulai dengan pencanangan yang berlangsung di Rumah Seni Adam Jabbar dengan prosesi mapag. Selanjutnya, ada beberapa acara, seperti orasi kebudayaan, pertunjukan seni cianjuran, pameran lukisan, dan pembacaan puisi.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cianjur Himam Haris menjelaskan bahwa berdasarkan hasil pendataan di Kabupaten Cianjur terdapat hampir 328 budayawan dan seniman yang memiliki kemampuan yang sangat baik. Mereka dinilai sebagai aset daerah sehingga perlu dikonsolidasikan lebih lanjut.

Interpretasi dari penggalan teks berita tersebut adalah ....
A.       Kebudayaan sudah menjadi hal yang asing untuk generasi muda saat ini.
B.        Tidak semua orang mampu membudayakan kebudayaan daerahnya dengan baik.
C.       Kebudayaan daerah dapat menjadi aset yang tak ternilai dan membantu pembangunan daerah lebih 
        komprehensif.
D.       Kebudayaan di daerah hanya mencakup beberapa hal, seperti pameran lukisan dan pembacaan puisi.
E.        Kebudayaan nasional lebih dicintai oleh masyarakat daripada kebudayaan daerah.

39.     Perhatikan teks berita berikut ini!

Antusiasme Pameran Produk Indonesia

Pameran tersebut akan berlangsung sejak 2-20 Agustus 2015 (1). Dengan mengusung tema Cinta Budaya Indoenesia, panitia penyelenggara berharap acara akan berlangsung lancar dan sukses (2). “Kami berharap akan ada banyak calon investor yang semakin tertarik berbisnis di Indonesia (3). Dengan adanya event ini, Indonesia akan semakin dikenal dunia,” sahutnya (4).

Berdasarkan struktur teks berita, teks kalimat berikut yang dapat melengkapi berita tersebut adalah ....
A.      Seluruh peserta pameran mendapat booth yang menarik dan bernuansa etnik Indonesia (diletakkan 
        sebelum kalimat 1).
B.       Pameran produk ini diharapkan dapat meningkatkan devisa negara. (diletakkan sebelum kalimat 4)
C.       Seluruh panitia bekerja keras untuk pameran ini. (diletakkan sebelum kalimat 2)
D.      Booth-booth yang digunakan berasal dari daerah-daerah yang ada di Indonesia. (diletakkan sebelum 
        kalimat 3)
E.       Pameran produk budaya Indonesia mendapat sambutan hangat dari negara-negara peserta (diletakkan 
        sebelum kalimat 1).


40.    Perhatikan kalimat acak di bawah ini!

(1)    Bus sekolah mengangkut 25 orang siswa SD dan SMP yang hendak pulang menuju rumah masing-
       masing.
(2)    Bambang, supir bus, mengaku panik ketika menyadari rem blong sehingga dengan terpaksa dia harus 
       menabrakkan bus pada benda yang ada di hadapannya agar bus dapat berhenti.
(3)   Sebuah bus sekolah menabrak sebuah sepeda motor di Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan pada Senin, 4 
       Agustus 2014, petang.
(4)    Kejadian ini dianggap tuntas tanpa melibatkan pihak kepolisian karena pihak sekolah pemilik bus 
       bersedia mengganti kerugian yang dialami pengendara motor.
(5)    Tabrakan disebabkan rem bus tiba-tiba blong dan tidak dapat dikendalikan.
(6)      Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Urutan yang tepat agar menjadi teks berita adalah ....
A. (3), (2), (6), (4), (1), (5)
B. (3), (5), (2), (1), (6), (4)
C. (3), (1), (5), (2), (6), (4)
D. (3), (5), (1), (4), (2), (6)
E. (3), (1), (5), (6), (2), (4)

    41.  Perhatikan teks berita berikut ini!

Antusiasme Pameran Produk Indonesia

Pameran tersebut akan berlangsung sejak 2-20 Agustus 2015. Dengan mengusung tema Cinta Budaya Indoenesia, panitia penyelenggara berharap acara akan berlangsung lancar dan sukses. “Kami berharap akan ada banyak calon investor yang semakin tertarik berbisnis di Indonesia. Dengan adanya event ini, Indonesia akan semakin dikenal dunia,” sahutnya.

Berdasarkan struktur berita, bagian yang hilang dalam berita di atas adalah ....
A.       lead
B.        badan
C.        ekor
D.       orang yang terlibat
E.        proses peristiwa

    42.  Perhatikan data di bawah ini!

Hujan kini mulai mereda
Setelah menggenang semua penjuru kota
Menghayutkan semua yang ada
Merendam atap-atap rumah warga
Hujan kemarin menggila
Meluapkan seluruh sungai dari delta
Hasil panen hanyalah sia-sia
Berharap terhenti banjir yang melanda

Teks berita yang sesuai dengan puisi di atas adalah ....
A.     Tanah longsor dan banjir adalah bencana alam paling mematikan di Indonesia sepanjang dua tahun terakhir. Terakhir, longsor terjadi di Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (5/5/2015). Bencana tersebut menewaskan 4 orang dan 6 orang masih tertimbun. Hingga Rabu, pencarian terhadap korban longsor di lereng Gunung Bedil, Pangalengan. Longsoran itu juga menimpa pipa saluran geotermal milik Star Energy Geothermal. “Saat longsor terjadi, pipa seperti digunting dan langsung mengeluarkan material uap panas dalam jumlah besar sehingga terdengar seperti bunyi ledakan,” kata Presiden Direktur Star Energy Geothermal Rudy Suparman.

B.   Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang, Banten, mencatat sebanyak 81 rumah rusak akibat puting beliung di Tunjungteja dan Pamarayan, Kamis (30/7/2015). Puting beliung juga disertai hujan deras dan kilat. Tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut, namun 81 bangunan rusak karena angin tersebut mengakibatkan genteng berjatuhan dan pagar roboh. Waseh (45), warga Desa Bojongcantang, mengatakan, puting beliung merusak rumah-rumah di lingkungannya secara merata. Angin berlangsung sekitar 30 menit hingga sekitar pukul 14.30. Kerusakan terutama terlihat pada atap rumah. Genteng-genteng pada tidak lagi utuh sehingga kerangka atap terlihat karena tidak ditutupi genteng.

C.      Aktivitas warga di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat, berangsur pulih setelah dilanda banjir beberapa hari lalu. Namun, hujan masih berpotensi besar turun kembali sehingga membuat masyarakat khawatir banjir susulan akan terjadi. Hujan lebat sepanjang Selasa sore (11/8/2015) membuat Sungai Batang Timbalun meluap. Luapan tersebut merendam permukiman warga di Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Selain merendam rumah warga, banjir juga membuat sawah seluas 15 hektar di Bungus Barat terancam gagal panen. Selain itu, terjadi pergeseran tanah menyebabkan dua rumah warga ambruk dan merusak sebuah jembatan.

D.      Gempa berkekuatan 6,3 skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Malang, Minggu (26/7/2015) sekitar pukul 14.05. Warga sekitar Kabupaten Malang, Kota Malang, dan Kota Batu pun panik. Karena getaran yang keras, warga berhamburan keluar dari tempat tinggalnya. Menurut situs resmi BMKG, gempa berlokasi di 9,57 Lintang Selatan dan 113,64 Bujur Timur atau 150 kilometer barat daya Kabupaten Malang, Jawa Timur, dengan kedalaman 10 kilometer di bawah Samudra Hindia.

E.       Jalan di sepanjang pantai utara yang menghubungkan Surabaya dan Banyuwangi ambrol dihantam ombak besar, Senin (10/8/2015) dini hari. Ambrolnya jalan paling parah terjadi di Watu Dodol, Banyuwangi. Penyebab ambrolnya jalan tersebut adalah abrasi yang terus-menerus. Jalur yang seharusnya dapat dipakai empat lajur tersebut, hingga Selasa (11/8/2015), terpaksa difungsikan hanya dua lajur. Menurut Wisesa (34), pemilik warung makan di Watu Dodol, saat jalan ambrol, kondisi lalu lintas sedang sepi. Biasanya jalur tersebut ramai dilewati truk berbobot lebih dari 20 ton. Ombak besar juga mengakibatkan longsoran di beberapa titik bahu jalan sepanjang 15 meter.

43.  Perhatikan data di bawah ini!

Struktur teks iklan yang nampak pada gambar di atas ialah ....
A.       argumen dan ajakan
B.        tesis dan argumen
C.        tesis dan ajakan
D.       tesis, argumen, dan ajakan
E.        argument

   44.  Perhatikan teks iklan berikut ini.

                  Poly Hair Dryer R-S35

Poly Hair Dryer R-S35 hadir dengan warna emas, merah muda, dan putih. Ketiga warna yang sungguh menawan. Hair dryer ini memiliki fitur berupa slot yang dapat diisi dengan pewangi atau vitamin rambut yang membuat rambut sehat. Hal ini menjadi unggulan baru yang dapat dinikmati oleh konsumen. Selain itu, hair dryer ini memiliki tombol yang berfungsi untuk mengatur suhu dan tekanan angin. Tombol tersebut cukup diatur sesuai keinginan konsumen.

Jika teks tersebut dianalisis dengan melihat struktur teks iklan, bagian struktur yang tidak ada adalah ....
A.       judul
B.        justifikasi
C.        isi
D.       komersial
E.        bahasa komunikatif

45.     Perhatikan data di bawah ini!

Lampu Shinoku F1
                  Semakin Terang dan Hemat Listik

Shinoku F1 menjadi lampu berukuran besar yang dapat menerangi ruangan luas dan lapangan olahraga. Lampu ini mampu menghemat listrik hingga 80% karena didukung dengan teknologi yang modern dan mampu menggantikan lampu merkuri besar. Lampu ini pun memiliki sertifikat SNI dan bergaransi 1 tahun.

Orientasi pada iklan tersebut berasal dari ....
A.       nama produk yang diiklankan
B.        tema dan jenis iklan
C.        keunggulan produk yang diiklankan
D.       kelebihan konsumen yang akan membeli
E.        pihak pembuat iklan

46.  Perhatikan iklan berikut.
Maksud kalimat “Aromanya sedahsyat rasanya” dalam iklan di atas adalah ....
A.     Aroma kopi tersebut tidak seenak rasa kopinya.
B.      Aromanya sama dengan rasanya.
C.    Rasa kopi di kedai kopi ARABIKA tersebut bisa dipastikan enak dan lezat karena sudah bisa tercium 
       dari aromanya.
D.     Kedai kopi tersebut buka selama 24 jam dan menyajikan kopi beraroma.
E.      Kopi bisa dinikmati di kedai kopi ARABIKA di Jalan Tanah Patah Bengkulu.

47.  Perhatikan iklan berikut.

Kalimat yang menunjukkan keunggulan produk yang ditawarkan adalah ....
A.        Rumah yang ditawarkan memiliki lebar tanah 300 m dan lebar bangunan 200 m.
B.         Rumah berada di Jalan Buah Batu km 187.
C.         Kesempatan untuk mendapatkan hunian nyaman di Bandung.
D.       Rumah berada di wilayah bebas banjir, aman, strategis, dekat dengan tempat kuliner, dan   mudah   
         dalam    akses transportasi.
E.         Bagi yang berminat dapat menghubungi 080-756-657

48.    Perhatikan iklan baris berikut!

Dijual rmh siap huni 1 lantai, lt-lb 150/160. Strategis. Dkt swalayan dan jln raya. Bbs banjir. 400jt nego. Hub. Emma 0266345677.

Pernyataan tidak logis yang terdapat dalam iklan tersebut adalah ....
A.        Rumah tersebut bebas banjir.
B.         Rumah yang ditawarkan luas tanah dan bangunan 150/160.
C.         Letak rumah yang akan dijual strategis.
D.        Penawaran diawali dengan angka 400 juta.
E.         Rumah yang ditawarkan tidak jauh dengan pasar modern.

49.    Perhatikan data di bawah ini!

Iklan itu perlu memiliki kriteria berupa attention atau perhatian yang dilakukan oleh pembuat iklan dengan cara ....
A.        menawarkan produk dengan meyakinkan konsumen
B.         menjual produk sesuai dengan minat konsumen
C.      menggunakan warna menarik, ukuran yang tepat, dan tata letak yang rapi dalam pembuatan iklan
D.        membujuk konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan
E.         menentukan sasaran calon konsumen

 50.  Bacalah teks berikut ini dengan saksama.

Pemilik rumah siap pakai akan menjual rumahnya tersebut di Jalan Kuningan 5 Antapani. Rumah tersebut memiliki luas tanah 90 m2 dan luas bangunan 70 m2. Jika berminat silakan hubungi 0800-010-560.

Penulisan iklan baris yang sesuai dengan keterangan tersebut adalah ....
A.       Jual Rumah Siap Pakai Jalan Kuningan 5 Antapani Hubungi 0800-010-560
B.        Jual Rumah Siap Pakai Jl. Kuningan 5 Antapani LT/LB: 70/90 m2
C.        Jual Rumah Siap Pakai Jl. Kuningan 5 Antapani LB/LT: 90/70m2 0800-010-560
D.       Jual Rumah Siap Pakai Jl. Kuningan 5 Antapani LT/LB: 90/70m2 Tlp0800-010-560
E.        Jual Rumah Siap Pakai LT/LB: 90/70m2 0800-010-560






































Komentar

Unknown mengatakan…
Assalamualaikum, mohon izi shere blognya Pak Pramono, semoga Bapak sehat sll bersama keluarga, Barakallahufikum
Unknown mengatakan…
Kunci jawabannya dong
Radita mengatakan…
Kasih soal kok gak ada jawabannya gimana mau belajar coba kalau jawabannya tidak ada

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS CERPEN TUKANG PIJIT KELILING

MENENTUKAN ISI PUISI, "TUHAN TELAH MENEGURMU"