JADI AKU SEBENTAR SAJA

ANALISIS  SEBUAH LAGU
JADI AKU SEBENTAR SAJA
Karya               : Drajat
Dipopulerkan    : Judika
JADI AKU SEBENTAR SAJA
Oleh : Rifka Putri H.

Telah lama kau tinggalkan ku
Sempat sia - siakan aku
Pergi jauh titipkan perih
Tak sedikit pun perduli

* Seandainya kamu merasakan
Jadi aku sebentar saja
Takkan sanggup hatimu terima
Sakit ini begitu parah

Pergi jauh titipkan perih
Tak sedikit pun perduli
Oowh ...
Reff
Seandainya kamu merasakan
Jadi aku sebentar saja
Takkan sanggup hatimu terima
Sakit ini begitu parah

Kembali ke * (2)
1.     Judul
            Lagu ini berjudul jadi aku sebentar saja . Lagu yang diciptakan langsung dari penggemar Judika sendiri ini memiliki dua arti dari berbeda pihak . Dari penciptanya sendiri memiliki makna tersendiri untuk menunjukkan perasaan si pencipta kepada kekasihnya, yang dibuat khusus untuk Judika . Sedangkan dilihat dari segi pendidikannya tersendiri yang berarti untuk menunjukkan seseorang agar tidak sok tau pada kehidupan seseorang . Biasanya lagu ini di dengarkan sebagai simbol kesedihan akan percintaan remaja .

2.     Konotasi
            Pergi jauh titipkan perih merupakan salah satu kata konotasi yang dimiliki dalam lagu ini . Maksud dari konotasi sendiri ialah kata yang bukan makna sebenarnya . Perih jauh titipkan perih bermakna konotasi bahwa keperdulian tidak ada sebagai pasangan . Berdasarkan makna konotasi tersebut terlihat dalam sebuah  hubungan tidak memiliki sikap keperdulian .

3.     Denotasi
            Lagu jadi aku sebentar saja terdapat kata doniman atau kata yang sering diulang - ulang . Kata dominan atau kata yang sering muncul di lagu jadi aku sebentar saja adalah kata "begitu parah". Kata begitu parah artinya status perasaan terluka, dimana dalam sebuah hubungan memiliki status perasaan akibat luka yang diterima itulah arti kata parah dalam lagu jadi aku sebentar saja .

4.     Baris
            Baris pertama yang berbunyi "Telah lama kau tinggalkan aku" dan baris kedua yang berbunyi "Sempat sia - siakan aku," memiliki hubungan yang sangat jelas . Kalimat curahan hati yang diperjelas dengan sudah diberikan kepercayaan namun disia - siakan dan pergi begitu saja .

5.     Bait
            Pada bait pertama yang memiliki makna kalimat curahan hati yang terdengar sebuah amarah apabila kepercayaan yang diberikan dihancurkan dan pergi begitu saja yang menyisakan  luka di hati . Adapun bait kedua jelas yang menunjukkan kesedihan dibalik amarah apabila dia merasakan apa yang ia rasakan bila disakiti orang yang dipercayaan atau dicintai .

6.     Kata Ganti
            Kata ganti kau yang diperankan oleh penyanyi itu sendiri, Judika . Yang menggambarkan sebagai seorang lelaki yang telah disia - siakan dan ditinggalkan begitu saja oleh kekasihnya . Kata ganti yang lain adalah aku . Dimana judika merasakan kesedihan yang mendalam, siapa pun akan meerasakan apa yang judika rasakan jika di kecewakan dan tak akan sanggup kamu yang berarti perempuan yang dicinta judika merasakan apa yang dirasakan judika saat itu .

7.     Parafrase
            Dalam bait ke 3 Judika megutarakan tentang perasaan seih . Kesedihan yang dimaksud Judika itu adalah sebuah luka yang ditinggalkan sang kekasih kepada nya . Tak sedikit pun perduli disini yang berarti si kekasih tidak memiliki rasa perduli sedikit pun kepada Judika . Kata perih dan luka memiliki makna yang berbeda, dimana perih sama sekali tidak memiliki rasa kemanusiaan sama sekali .

8.     Corak Lagu
            Berdasarkan syair lagu, dan tinggi-rendah vokal, corak lagu ini adalah modern. Jenis syair lagu yang berirama rockestra namun bernada sendu .


                                                                                                   Jakarta, 31 September 2016
        Rifka Putri H.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS CERPEN TUKANG PIJIT KELILING

SOAL UTS 2015-2016

MENENTUKAN ISI PUISI, "TUHAN TELAH MENEGURMU"