ANALISIS SEBUAH LAGU

ANALISIS SEBUAH LAGU
SECANGKIR KOPI

Karya               : Ferri Aw
Diorbitkan        : Joni Iskandar

SECANGKIR KOPI
Oleh : Drs. Parmono, M.Pd.

I.  Bagaimana aku kan betah di rumah
                Setiap pulang kerja engkau tiada
                Jangankan menyambutku
                Dengan senyum manismu
                              Secangkir kopi pun tak tersedia

            II. Suami yang mana yang tak akan marah
                 Tiap makan dan tidur
                 Selalu sendiri
                 Jangankan menemani
                 Dengan senyum kemesraan
                 Bicara saja seakan tak mau
                 O O O O .........

                 Ref. Kupalang malam karena tak tahan
                        Mencari hiburan diluar rumah
                        Salahkah aku dosakah aku
                        Bila diriku tak lagi setia
                        Semua kulakukan untuk pelarian
                        Agar engkau sadar
                        Istriku sayang

                        Kembali ke I dan II.

1.  Judul
Lagu ini berjudul secangkir kopi. Lagu secangkir kopi di ciptakan oleh Ferri Aw. Secangkir kopi memiliki makna satu gelas kecil yang diambil dari bahasa jawa yang disebut cangkir berisi air kopi.Secangkir kopi biasa dinikmati orang tua dalam rumah tang setiap pagi dan sore, menjelang berangkat kerja dan menjelang sore sepulang kerja.

2. Konotasi
Dalam lagu ini terdapat kata konotasi. Kata konotasi ialah yang bukan makna sebenarnya. Kata dengan senyum kemesraan bermakna konotasi bahwa keakraban sebagai suami istri tidak dimiliki. Berdasarkan makna konotasi tersebut terasa dalam rumah tangga tidak ada keakraban.

3. Denotasi
Lagu secangkir kopi terdapat kata yang sangat dominan atau kata yang di ulang. Kata yang dominan adalah kata,”Dengan senyum”. Kata yang diulang yaitu kata dengan senyum artinya kebahagiaa, kesejukan rumah tangga adalah dalam suasana ceria wajah tidak menampak permusuhan itulah senyum.
Bagaimana seorang suami akan merasa betah di rumah ? Suami betah dirumah setiap pulang kerja istri selalu ada di rumah. Apabila pulang kerja tidak ada di rumah maka merupakan sebuah bencana.  Suami pulang kerja letih, lelah disambut dan disediakan minuman dalam bentuk kopi satu cangkir atu segelas kecil cukup untuk menghilangkan lelah, letih sepulang kerja.
Dapat dikatakan suami di mana saja akan marah setiap pulang kerja istri tidak di rumah, makan sendiri, tidur sendiri. Apalagi pulang kerja istri tidak ada semua selalu sendiri. Bahkan senyum saja tidak ada. Bagaimana ada kemesraan, keharmonisan membina keluarga sakinah mawadah warohmah.

4. Baris
Baris pertama yang berbunyi,” Bagaimana aku kan betah dirumah. Kalimat kedua setiap pulang kerja engkau tiada,” memiliki korelasi yang sangat jelas. Kalimat tanya tentang dengan jawaban tidak akan betah pulang kerja isti tidak di rumah.

5. Bait
Pada  pertama memiliki makna pertanyaan kemarahan apabila pulang kerja istri tidak di rumah. Adapun bait kedua jelas mengulang bait pertama sebagai penegas akan marah apabila sendiri kegiatan dan aktifitas saat di rumah.

6. Kata Ganti
Kata aku yang kebetulan penyanyi yaitu Joni Iskandar. Joni Iskandar memberikan gambaran sebagai suami  seandainya di rumah istri tidak ada. Joni Iskandar merasa tidak akan betah. Kata ganti yang lain adalah kata suami. Sebagai suami di mana saja dan siapa saja pasti akan marah. Setiap makan, tidur selalu sendiri, senyum saja tidak ada apalagi penghormatan terhadap suami dalam bentuk lain seperti, berkomunikasi, minuman pelepas lelah. Maka jelas karena tidak tahan kata ganti diriku, yang berarti Joni Iskandar pulang kerja malam, pergi ke tempat hiburan malam, suami mulai tidak setia. Semua itu dilakukan oleh Joni Iskandar sebagai pelarian agar istri Joni Iskandar itu sadar.

7. Parafrase
Dalam akhir lagu secangkir kopi Joni Iskandar mengutarakan semua dilakukan dengan sadar. Kesadaran yang dilakukan oleh Joni Iskandar itu sebagai pelarian. Agar engkau dalam hal ini Istri Joni benar mengerti, dengan frase istriku sayang. Sayang ! dan Sayang ? memiliki makna yang sangat berbeda. Sayang jelas ada kelembutan dan kasih yang dimiliki seorang suami.
Dalam akhir lagu secangkir kopi Joni Iskandar mengutarakan semua dilakukan dengan sadar. Kesadaran yang dilakukan oleh Joni Iskandar itu sebagai pelarian. Agar engkau dalam hal ini Istri Joni benar mengerti, dengan frase istriku sayang. Sayang ! dan Sayang ? memiliki makna yang sangat berbeda. Sayang jelas ada kelembutan dan kasih yang dimiliki seorang suami.

8. Corak Lagu
Berdasarkan syair lagu, dan tinggi rendahnya vokal, corak lagu ini adalah modern. Jenis syair lagu ini berirama melayu mendekati musik dangdut karena di kuasai suara gendang.


Jakarta, 30 September 2016

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS CERPEN TUKANG PIJIT KELILING

SOAL UTS 2015-2016

MENENTUKAN ISI PUISI, "TUHAN TELAH MENEGURMU"