SOAL TUGAS PANELIS



                PEMERINTAH PROPINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA
  DINAS PENDIDIKAN
  SMA NEGERI 57 JAKARTA
Jalan Kedoya Raya Kebon Jeruk Jakarta Barat
Telepon / Fax. 5801665
Website :www.sma 57. sich.id – E-mail : sma57.jkt@cbn.net.id.


TUGAS PANELIS ULANGAN  HARIAN  SEMESTER  GENAP
TAHUN PELAJARAN 2015-2016
  PAKET G
 

Mata Pelajaran                                    :  Bahasa  Indonesia
Satuan Pendidikan                              :  SMA Negeri 57 Jakarta
Kelas/Program                                     :  XII  MIA dan IIS
Hari/Tanggal                                        :  Selasa, Rabu, 28 September 2015
Waktu                                                    :  4 X 45 menit
Guru Mata Pelajaran                          : Drs. Parmono, M.Pd.


ABSTRAKSI TEKS EDITORIAL/OPINI


Tujuan pembelajaran:
Siswa dapat mengabstraksi teks editorial/opini dengan baik.


                                             

Pada topik kali ini, kita akan belajar tentang mengabstraksi teks editorial atau opini. Abstrak dapat dipahami sebagai ringkasan. Jadi, kita perlu meringkas teks editorial dengan tetap memperhatikan hal-hal penting yang dibahas dalam teks tersebut. Ringkasan dilakukan dengan menyingkat isi tulisan dengan tetap mempertahankan keaslian pikiran pokok dan sistematika penulisan yang dilakukan penulis dari tiap paragraf tanpa ada perubahan sedikit pun.
Dengan membuat ringkasan, kita akan lebih mudah untuk memahami gagasan utama dan tujuan penulis dengan cepat dan singkat. Ringkasan ditulis dengan memangkas dan memilih bagian pokok dan membuang bagian yang tidak penting dalam tulisan. Bagian pokok dalam tulisan dapat ditemukan pada gagasan setiap paragraf dalam tulisan tersebut.

Langkah-Langkah dalam Meringkas Teks
1.      Membaca seluruh isi teks atau tulisan dengan cermat
Bacalah keseluruhan isi tulisan. Jika perlu, tulisan dapat dibaca berulang kali agar kita dapat mengetahui kesan umum tentang tulisan tersebut. Selain itu, temukan pula maksud dan sudut pandang penulis.
2.      Menentukan gagasan utama
Jika sudah mendapatkan kesan umum atau sudut pandang dalam teks tersebut, maka kita perlu menemukan hal yang lebih dalam dan konkrit. Hal tersebut ditemukan dengan membaca kembali setiap alinea dan mencatat semua gagasan yang pnting dalam alinea tersebut. Gagasan yang penting itu menjadi bagian pokok untuk menyusun ringkasan.
3.      Menyusun kembali gagasan utama
Gagasan atau bagian pokok yang telah dicatat dapat disusun dengan penyusunan baru tetapi masih menggambarkan keseluruhan isi tulisan aslinya.

Di samping itu ada peraturan tambahan dalam membuat ringkasan yaitu sebagai berikut.
1.      Pergunakanlah kalimat tunggal pada kalimat majemuk saat membuat kalimat ringkasan.
2.      Singkatlah setiap kalimat dalam tulisan menjadi frasa dan frasa menjadi kata.
3.      Tidak perlu memasukkan kalimat atau bagian tulisan yang tidak penting untuk dijadikan ide pokok.
4.      Pertahankan struktur, sudut pandang, dan gagasan pada tulisan asli. Hal ini wajib dilakukan dan tidak boleh memasukkan pendapat pribadi dalam ringkasan.
5.      Jika ringkasan diambil dari teks ceramah atau teks pidato, maka sudut pandang yang digunakan perlu diubah. Pengubahan itu terjadi untuk penyebutan sudut pandang orang pertama tunggal menjadi sudut pandang orang ketiga.
6.      Panjang ringkasan dapat ditetapkan oleh keinginan penulis ringkasan. Hal yang penting adalah seluruh isi tulisan asli dapat diringkas dengan baik dan panjang ringsakan pun dapat disesuaikan dengan permintaan.

Perhatikan contoh.
Mafia narkoba sangat rapi dalam melaksanakan kegiatan bisnisnya. Aparat BNN mengalami kesulitan untuk mengungkap mafia besar dalam pengedaran narkoba. Namun, hal ini dapat terungkap jika pemerintah terutama BNN yakin untuk memberantas narkoba sampai ke akar-akarnya termasuk berani tegas terhadap aparat yang diduga turut terlibat dalam peredaran narkoba ini.
Salah satu wilayah yang memudahkan para pengedar narkoba untuk masuk ke Indonesia adalah melalui wilayah Provinsi Riau. Perairan Riau atau lebih tepatnya daerah perairan Rupat menjadi jalan masuknya narkoba dari negara tetangga terutama Malaysia ke Indonesia. Kawasan perairan tersebut tidak diawasi oleh pihak bea dan cukai serta polisi air sehingga kapal bebas untuk datang ke perairan tersebut.
Setelah membaca teks tersebut, coba buatlah abstrak atau ringkasannya. Perhatikanlah gagasan pokok dalam tulisan tersebut yang dimulai dengan memahami gagasan pokok setiap paragraf.

Hasil Abstraksi

Aparat BNN mengalami kesulitan untuk mengungkap mafia besar dalam pengedaran narkoba karena kegiatan bisnis mafia tersebut yang sangat rapi. Narkoba yang beredar di Indonesia ternyata masuk dari wilayah perairan Riau tepatnya perairan Rupat. Perairan ini tidak diawasi sehingga kapal bebas untuk datang dan pergi dari perairan ini.
Abstrak atau ringkasan membuat teks yang panjang menjadi pendek karena ada penyingkatan dalam penyampaian informasi. Informasi yang dipilih hanya berdasarkan pada gagasan pokok yang ada dalam paragraf atau tulisan tersebut. Dengan mengesampingkan hal yang tidak penting, ringkasan menjadi lebih jelas dan mampu memberikan informasi yang akurat.

Poin Penting
1.      Langkah-langkah dalam mengabstraksi teks atau meringkas teks adalah membaca seluruh isi teks atau tulisan dengan cermat, menentukan gagasan utama, dan menyusun kembali gagasan utama.
2.      Peraturan tambahan dalam membuat ringkasan yaitu sebagai berikut. a. Pergunakanlah kalimat tunggal pada kalimat majemuk saat membuat kalimat ringkasan. b. Singkatlah setiap kalimat dalam tulisan menjadi frasa dan frasa menjadi kata. c. Tidak perlu memasukkan kalimat atau bagian tulisan yang tidak penting. d. Pertahankan struktur, sudut pandang, dan gagasan pada tulisan asli. e. Jika ringkasan diambil dari teks ceramah atau teks pidato, maka sudut pandang yang digunakan perlu diubah. f. Panjang ringkasan dapat ditetapkan oleh keinginan penulis ringkasan.


Soal 1

Setelah pembangunan yang tertunda sangat lama, Waduk Jatigede pun berair. Peristiwa ini disaksikan langsung oleh orang nomor satu di negeri ini yaitu Presiden Joko Widodo. Namun, presiden tidak dapat hadir pada penggenangan waduk yang berlokasi di Sumedang, Jawa Barat tersebut. Padahal, hal ini menjadi berita besar karena Waduk Jatigede merupakan waduk terbesar kedua di Indonesia yang dilengkapi pembangkit listrik tenaga air berkapasitas 2 x 55 megawatt.
Pembangungan waduk menjadi salah satu perhatian penting dalam pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Jika tidak didukung dengan waduk yang memadai, maka pemerintah tidak akan mampu mengejar target swasembada pangan yang dicanangkan pada 2018. Oleh karena itu, pemerintah menargetkan sebanyak 11 waduk dari total 24 waduk baru akan dibuat dalam lima tahun ke depan.
Janji kepada masyarakat untuk mewujudkan swasembada pangan dalam masa tiga tahun pemerintahan harus dipenuhi oleh Presiden Jokowi. Langkah strategis pun sudah dilakukan dengan membentuk tim khusus dari Kementerian Pertanian untuk terus meningkatkan produksi padi, jagung, dan kedelai.

Abstraksi yang tepat untuk teks editorial tersebut adalah ....
A.       Presiden Jokowi akan memenuhi janjinya kepada masyarakat untuk mewujudkan swasembada pangan. Salah satu langkah untuk mewujudkannya adalah dengan membuat tim khusus dari Kementerian Pertanian untuk meningkatkan hasil pangan di Indonesia.

B.        Pembangunan Waduk Jatigede sudah selesai dan waduk tersebut sudah berair. Presiden datang untuk melihat penggenangan waduk tersebut yang berada di Sumedang, Jawa Barat. Pembangunan waduk menjadi perhatian penting untuk pemerintahan Jokowi dan Jusuf Kalla.

C.        Presiden berhalangan untuk datang pada acara penggenangan Waduk Jatigede di Sumedang, Jawa Barat. Pembangunan waduk memang menjadi perhatian penting dalam pemerintahan Jokowi dan Jusuf Kalla untuk mewujudkan swasembada pangan pada 2018. Perwujudan ini sebagai pemenuhan janji Jokowi kepada masyarakat untuk masa tiga tahun pemerintahannya nanti.

D.       Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla ingin mewujudkan swasembada pangan dalam waktu tiga tahun. Hal ini dapat terwujud jika didukung dengan pembangunan waduk yang memadai. Presiden Jokowi harus menepati janjinya kepada masyarakat.

E.        Janji Presiden Jokowi untuk mewujudkan swasembada pangan akan ditunggu rakyat dalam waktu tiga tahun ke depan. Perwujudan ini perlu didukung oleh semua pihak terutama dalam pembangunan Waduk Jatigede di Sumedang yang menjadi waduk terbesar kedua di Indonesia.


Soal 2

Peristiwa kabut asap sudah sangat lama mendera Riau. Masalah kabut asap ini terus muncul tak kunjung selesai. Berbagai upaya sudah dilakukan seperti menangkap para pelaku pembakar lahan dan menjatuhkan sanksi untuk mereka. Lalu, sosialisasi program-program yang memberikan kesadaran agar masyarakat peduli dengan hutan sudah dilakukan. Selain itu, anggaran yang cukup besar sudah dikeluarkan untuk pencegahan dan pemadaman kebakaran hutan dan lahan. Namun, masalah kabut asap ini terus terulang setiap tahun seolah-olah tidak diatasi sama sekali. Masalah kabut asap ini perlu diselesaikan dengan rembukan antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, pihak-pihak swasta, dan penegak hukum untuk memikirkan cara mengatasi masalah ini sampai benar-benar tidak akan terus terulang kembali.

Kesimpulan dari penggalan teks editorial tersebut adalah ....
A.    Kabut asap menjadi masalah serius yang mendera Riau.
B.     Pencegahan sudah dilakukan untuk mengantisipasi kabut asap.
C.     Para pelaku pembakar lahan sudah ditangkap dan diadili.
D.    Walaupun sudah diatasi dengan berbagai cara, kabut asap menjadi masalah yang masih sulit untuk diselesaikan.
E.     Kabut asap tidak hanya mengganggu kesehatan tetapi juga merusak keadaan alam.


Soal 3

Apakah kita masih mencintai tanah air ini? Apa wujud dari cinta tersebut?

Kedua pertanyaan itu dapat diajukan saat memperingati Hari Ulang Tahun ke-70 Republik Indonesia. Kita lahir di negeri ini dan tidak menutup kemungkinan bahwa kita tidak memiliki rasa cinta dan rasa memiliki serta tidak pernah berbuat sesuatu untuk bangsa ini. Seseorang mengungkapkan bahwa cinta tanah air adalah sebagian dari iman. Hal itu menunjukkan bahwa memiliki rasa cinta untuk tanah air adalah hal yang penting.

Isu dalam teks editorial tersebut adalah ....
A.    cinta tanah air dan iman
B.     cinta tanah air
C.     hari ulang tahun ke-70 RI
D.    rasa memiliki bangsa
E.     ungkapan untuk cinta tanah air


Soal 4

Data Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru menyatakan bahwa jumlah masyarakat yang terkena ISPA meningkat. Ada 7.417 orang yang menderita ISPA pada Mei 2015 dan pada Juni lalu meningkat menjadi 7.513 orang. ISPA dikenal sebagai infeksi saluran pernapasan atas. Infeksi ini dapat terjadi karena ketidakseimbangan daya tahan tubuh, adanya bakteri atau virus penyebab penyakit, dan keadaan lingkungan yang buruk.
Kabut asap benar-benar sangat menganggu kesehatan. Kabut asap pun dapat memperburuk seseorang yang memiliki penyakit asma dan penyakit paru-paru kornis. Sistem kerja paru-paru akan terganggu karena adanya kabut asap dan seseorang akan lebih mudah lelah dan sulit bernapas.

Fakta yang ada dalam teks editorial tersebut adalah ....
A.    ISPA dikenal sebagai infeksi saluran pernapasan atas yang perlu segera diatasi karena dapat membahayakan tubuh.
B.     Ada 7.417 orang yang menderita ISPA pada Mei 2015 dan pada Juni lalu meningkat menjadi 7.513 orang.
C.     Kabut asap akan membuat seseorang cepat merasa lelah dan kesulitan bernapas.
D.    Jangan dekati kabut asap untuk orang-orang yang memiliki penyakit asma dan paru-paru yang kronis.
E.     Kabut asap menjadi masalah yang dapat menganggu kesehatan


Soal 5

Pendaftaran calon bupati atau wali kota dan calon wakil bupati atau wakil wali kota se-Riau sudah dimulai sejak Minggu (26/7) dan akan berakhir pada Selasa (28/7) pukul 00.00 WIB. Ada 20 pasang calon yang sudah siap dan sudah banyak yang mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum di daerah masing-masing.
Calon-calon tersebut akan bersaing pada pemilihan kepala daerah secara serentak pada 9 Desember 2015 mendatang. Semua calon dan para pendukungnya tampak bersemangat walaupun baru tahapan pendaftaran calon ke KPU. Para pendukung ramai berdatangan untuk melihat calon yang diusungnya. Hal penting yang perlu diingat adalah pendaftaran calon ke KPU baru satu tahapan dari banyak tahapan lainnya dan pilkada serentak ini menjadi proses demokrasi yang harus dilakukan untuk mencari sosok pemimpin atau kepala daerah pilihan rakyat yang mampu memegang amanat dan bertanggung jawab.

Abstraksi yang sesuai dengan penggalan teks editorial tersebut adalah ....
A.    Pilkada akan diadakan pada 9 Desember 2015. Calon-calon yang ingin menjadi pemimpin sudah mengikuti berbagai persyaratan dan mendaftarkan diri sejak Minggu (26/7). Calon pemimpin tersebut disertai oleh para pendukung yang banyak.
B.     Para calon dan pendukungnya tampak bersemangat untuk mengikuti Pilkada. Mereka berharap acara tersebut dapat lancar dan memberikan hasil yang memuaskan. Pendaftaran calon sudah dimulai sejak Minggu (26/7) dan sudah hampir semua calon sudah mendaftarkan diri.
C.     Pilkada yang dilaksanakan pada 9 Desember 2015 nanti menjadi proses demokrasi untuk pemilihan pemimpin rakyat di daerah. Pemimpin yang dipilih nanti diharapkan mampu mengemban tugas dengan baik dan para pendukungnya tetap setia membela.
D.    Calon dan para pendukung harus turut serta dalam pilkada tanggal 9 Desember 2015 nanti. Para pendukung pun harus selalu tenang agar tidak terjadi masalah dengan para pendukung dari calon pemimpin lain. Tidak lupa juga, para calon diharapkan mendaftarkan diri ke KPU pada Minggu (26/7).
E.     Pendaftaran calon bupati atau walikota dan calon wakil bupati atau calon wakil wali kota se-Riau sudah dimulai sejak Minggu (26/7) sampai Selasa (28/7) pukul 00.00 WIB. Calon-calon tersebut akan bersaing pada pilkada tanggal 9 Desember 2015. Pilkada menjadi proses demokrasi yang dilakukan untuk mencari sosok pemimpin pilihan rakyat yang mampu memegang amanat dan bertanggung jawab.


Soal 6

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat abstrak yang benar, kecuali ....
A.    membaca isi teks atau tulisan secara keseluruhan
B.     mencatat dan menentukan gagasan utama
C.     menyusun kembali gagasan utama
D.    mempertahankan pikiran pokok dan sistematika penulis
E.     mencatat gagasan yang tidak penting


Soal 7
Bacalah teks berikut dengan saksama.

Harus ada langkah yang lebih konkret dalam memberikan efek jera kepada pelaku. Tindakan tegas harus dibuat dan hukum harus ditegakkan. Dengan demikian, situasi dapat terkendali dengan aman termasuk peredaran gas subsidi 3 kg. Jika ditindak tegas, maka tidak akan ada penjual yang tidak memiliki izin dan kelangkaan tidak terjadi terutama harga bisa diatasi. Semoga tidak ada lagi penimbunan yang merugikan.

Isu yang diangkat dalam penggalan teks editorial tersebut adalah ....
A.       kenaikan harga gas 3 kg
B.        kelangkaan gas 3 kg
C.        penurunan harga gas 3 kg
D.       stok gas 3 kg
E.        biaya pemasaran gas 3 kg

Soal 8
** Bacalah teks berikut dengan cermat.**

(1) Menjaga lingkungan menjadi suatu kewajiban (2) Keadaan lingkungan yang semakin rusak harus segera diperbaiki (3) Beberapa cara memperbaikinya adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan dari sampah, menanam banyak pohon, mengurangi polusi udara, dan menjaga keindahan ruang terbuka (4) Jika lingkungan asri, maka kita akan nyaman untuk tinggal (5) Sebaliknya, jika lingkungan sudah rusak, maka tidak akan ada kenyamanan dan banyak terjadi bencana.

Pernyataan yang berisi tentang solusi dalam teks editorial ditunjukkan pada nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)


Soal 9

Ada laporan yang menyebutkan bahwa narkoba sangat mudah masuk melalui perairan Riau, yakni perairan Rupat. Di kawasan daerah ini tidak ada petugas bea dan cukai apalagi polisi air yang ditugaskan untuk mengawasi kedatangan kapal bongkar muat kapal. Keadaan seperti ini dimanfaatkan unuk penyebaran narkoba dari negeri tetangga terutama Malaysia. Dari Rupat narkoba dapat masuk dan dikirim ke Dumai. Lalu, narkoba didistribusikan ke selulurh daerah Indonesia termasuk ke ibukota Jakarta.
Kondisi ini sangat mengkhawatirkan dan harus segera ditindak cepat oleh semua pihak. Jika dibiarkan, maka narkoba akan semakin mudah tersebar terutama kawula muda yang dapat dengan mudah untuk mengaksesnya. Jangan sampai generasi bangsa ini terjerat oleh narkoba.

Abstraksi dari penggalan teks editorial tersebut adalah ....
A.       Laporan menyebutkan bahwa narkoba sudah mulai masuk ke Indonesia melalui perairan Riau. Kawasan perairan itu memang tidak dijaga dan tidak akan ada orang yang mengawasi kedatangan kapal. Apalagi perairan ini dekat dengan negara tetangga terutama Malaysia.
B.        Perairan Rupat menjadi perairan yang bebas dari pengawasan keamanan. Narkoba dapat masuk dengan leluasa melalui perairan ini. Narkoba dapat diambil dari negara tetangga seperti Malaysia dan menyebarkannya dengan mudah ke seluruh wilayah di Indonesia.
C.        Narkoba sangat mudah masuk melalui perairan Riau tepatnya di perairan Rupat. Karena tidak ada penjagaan, narkoba dapat masuk dengan mudah ke wilayah Indonesia termasuk ke ibukota Jakarta. Kondisi ini sangat mengkhawatirkan dan harus segera ditindak oleh semua pihak dengan cepat.
D.       Jangan sampai generasi Indonesia hancur karena narkoba karena akses masuknya yang lebih mudah. Melalui perairan Rupat, narkoba dapat menyebar ke Indonesia. Penjagaan dan keamanan yang minim membuat pihak pengedar dapat berlalu lalang masuk ke Indonesia.
E.        Narkoba sangat mudah masuk melalui perairan Riau tepatnya di perairan Rupat. Melalui perairan inilah, narkoba dapat mudah tersebar ke daerah Indonesia termasuk ke ibukota Jakarta. Jangan sampai semua pihak disalahkan jika narkoba sudah menyerang kawula muda.


Soal 10
Bacalah teks berikut ini dengan saksama.

Peraturan Menteri PAN RB Nomor 8 tahun 2005 mengatur soal larangan penggunaan mobil dinas. Namun, banyak mobil dinas yang digunakan untuk kepentingan pribadi salah satunya digunakan untuk mudik Idul Fitri tahun ini. Hal ini mendapat tentangan dari Komisi Pemberantasan Korupsi yang menyatakan bahwa tidak sepakat dengan aturan mobil dinas yang bisa dipakai saat mudik. Kendaraan dinas merupakan aset milik negara bukan milik pribadi. Jadi, aset ini hanya dapat digunakan untuk kepentingan tugas.

Hal yang dipertentangkan dalam penggalan teks editorial tersebut adalah ....
A.       aset negara untuk kepentingan tugas
B.        penggunaan mobil dinas sebagai aset milik negara
C.        aturan tentang aset milik negara
D.       aset negara bukan untuk pribadi
E.        antara aset pribadi dan aset negara



       ccc Selamat Mengerjakan  ddd

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS CERPEN TUKANG PIJIT KELILING

SOAL UTS 2015-2016

MENENTUKAN ISI PUISI, "TUHAN TELAH MENEGURMU"