UTS JURUSAN KEBIDANAN


       KEMENTRIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
       POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES JAKARTA I
                              JURUSAN KEBIDANAN 
       Jalan RS. Fatmawati, Cilandak-Jakarta Selatan
                              Telp/Fax. 021-7656536


SOAL UJIAN TENGAH  SEMESTER

Mata Kuliah                       : BAHASA INDONESIA
Dosen                                 : Drs. Parmono, M.Pd.
Hari/Tanggal                      : Kamis, 9 Oktober 2014
Waktu                                 : 120 Menit
Sifat Ujian                          : BUKA BUKU

Petunjuk umum
Jawablah pertanyaan di bawah ini sesuai petunjuk !

Petunjuk khusus
  I.      PILIHAN GANDA
  Pilih satu jawaban yang paling tepat.

II.      ASOSIASI PILIHAN GANDA
  Untuk soal berikut pilihlah
  a.       Jika (1), (2) dan (3) betul
  b.       Jika (1) dan (3) betul
  c.       Jika (2) dan (4) betul
  d.       Jika hanya (4) yang betul
  e.       Jika semuanya betul

III.    HUBUNGAN ANTARHAL
  Untuk soal berikut pilihlah
  a.       Jika kedua pernyataan benar dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat.
  b.       Jika kedua pernyataan benar, tapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat.
  c.       Jika pernyataan pertama benar dan pernyataan kedua salah.
  d.       Jika pernyataan pertama salah dan pernyataan kedua benar.
  e.       Jika kedua pernyataan itu salah.

IV.      JAWABLAH DENGAN SINGKAT DAN JELAS


PETUNJUK I

1.        Pernyataan tentang fungsi bahasa  daerah dalam hubungan dengan fungsi bahasa
         Indonesia berikut tepat, kecuali ….
a.       Pendukung bahasa Nasional
b.      Bahasa pengantar di SD daerah-daerah pada tingkat permulaan
c.       Pengembangan dan pendukung kebudayaan daerah
d.      Alat komunikasi antarberbagai suku
e.       Pengantar komunikasi di masyarakat.

2.           Bahasa Indonesia resmi menjadi bahasa Nasional pada ….
a.       28 Oktober 1928
b.      18 Agustus 1945
c.       17 Agustus 1945
d.      19 September 1908
e.       17 September 1901

3.          Bahasa Indonesia sebagai alat pengembangan kebudayaan nasional, ilmu pengetahuan
         dan teknologi, sesuai dengan kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa ….
a.       Perhubungan
b.      Nasional
c.       Pengantar
d.      Negara
e.       persatuan

4.     Sebagai bahasa Negara bahasa Indonesia berfungsi seperti tersebut dibawah ini, kecuali sebagai ….
a.       Alat perhubungan antarsuku
b.      Bahasa resmi bahasa negara
c.       Bahasa pengantar di lembaga-lembaga pendidikan
d.      Alat menjalankan roda pemerintahan dan roda pembangunan
e.       Alat pengemban kebudayaan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan

5.            Sebelum 28 Oktober 1928, bahasa Indonesia (bahasa Melayu) masih dianggap bahasa daerah di Semenanjung dan Kepulauan Riau. Sekurang-kurangnya boleh dianggap bahasa Indonesia itu “Lingua Franca” bagi Asia Tenggara. Tetapi setelah adanya Sumpah Pemuda yaitu tanggal 28 Oktober 1928, secara resmi diumumkanlah bahwa bahasa  Indonesia adalah bahasa nasional Indonesia hingga sekarang. Sesudah Indonesia merdeka tanggal 17 Agustus 1945, diresmikan pula bahwa bahasa Indonesia bahasa resmi negara.

Carilah pertanyaan di bawah ini yang tidak sesuai dengan teks di atas!
a.       Bahasa Indonesia itu berasal dari bahasa Melayu (Bahasa Daerah)
b.      Bahasa Indonesia tidak sama dengan bahasa Melayu
c.       Sebelum 28 Oktober 1928, Bahasa Indonesia adalah bahasa daerah.
d.      Sejak 28 Oktober 1928 disahkan pemakaian Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi.
e.       Bahasa Indonesia adalah milik bangsa Indonesia.

PETUNJUK II

6.             Secara umum fungsi bahasa dapat dibedakan antara lain sebagai berikut:
(1)  Untuk tujuan praktis : yaitu untuk membedakan antar hubungan dalam pergaulan sehari-hari;
(2)  Untuk tujuan artistik : manusia mengolah dan mempergunakan bahasa itu dengan cara seindah-indahnya guna pemuasan rasa estetis manusia;
(3)  Menjadi kunci untuk mempelajari ilmu pengetahuan;
(4)  Tujuan filogis : untuk mempelajari naskah-naskah tua, untuk mempelajari latar belakang kebudayaan suatu bangsa, (sejarah, adat-istiadat, dan bahasanya)

7.             Pemakaian bentuk kata dalam kalimat-kalimat berikut salah, kecuali dalam ….
(1)   Intensif kerja mereka sangat mengagumkan
(2)   Nenekku yang buta huruf itu sering menyuruhku menulisi surat kepada anak-anaknya.
(3)   Siapa yang memerlukan kartu tanda penduduk dapat diambil di kelurahan.
(4)   Kepekaan perasaannya dapat menyulitkan dirinya.

8.             Agar diskusi berjalan lancar sebaiknya ….
(1)   Peserta peka terhadap teknik berdiskusi
(2)   Pemimpin mengetahui aturan permainan.
(3)   Setiap pembicaraan tidak perlu bertele-tele
(4)   Segala sesuatu dipersiapkan betul-betul

9.             Pemakaian bahasa mempunyai kemampuan….
(1)   Menentukan secara otomatis apakah suatu rangkaian kata dapat diterima sebagai kalimat yang baik atau tidak.
(2)   Menyampaikan makna dengan pilihan kata dan penggunaan alat kalimat yang sesuai.
(3)   Memilih makna yang benar dengan memperhatikan lingkungan kata atau kalimat.
(4)   Mengenal kemungkinan makna ganda pada rangkaian kata yang sama.

10.         Bahasa Indonesia diperkaya dengan kata-kata serapan dari bahasa arab, seperti yang terdapat dalam kelompok…
(1)   lahir, hadir, selamat.
(2)   alam. salam, kalimat.
(3)   hukum, adab, mati.
(4)   tabib, kadar, tamat.

11.         Dalam suatu diskusi ilmiah orang harus menggunakan kalimat-kalimat ….
(1)   Bergaya
(2)   Efektif
(3)   Santai
(4)   Singkat, lengkap dan tepat

12.         Langkah-langkah yang harus ditempuh dalam merencanakan diskusi ….
(1)   Orientasi, meliputi penetapan  tema, tujuan, batas pembicaraan
(2)   Mengumpulkan fakta/data
(3)   Pertimbangan atas masukan yang berhasil dihimpun
(4)   Menghimpun dana yang diperlukan

13.         Pemimpin diskusi yang baik harus ….
(1)   Memberi kesempatan kepada peserta, menjaga waktu, dan dapat merumuskan kesimpulan
(2)   Dapat mengatasi kesimpangsiuran pembicaraan
(3)   Jujur, sabar, dan tidak berat sebelah
(4)   Selalu memonopoli pembicaraan

14.         Ragam karangan ilmiah sebaiknya…
(1)   Menggunakan bahasa yang denotative.
(2)   Menghindari ungkapan perasaan yang melebih-lebihkan.
(3)   Bersifat objektif.
(4)   Mengandung imajinasi.

15.         Sebagai peserta diskusi sebaiknya kita ….
(1)   Bisa memberi dorongan
(2)   Bisa membuatkan rangkuman dengan baik
(3)   Mengetengahkan semua pendapat dari para peserta
(4)   Menguasai bahan sebaik-baiknya

16.         Karya ilmiah yang baik, biasanya…
(1)   Kata-kata yang dipilih bermakna lugas.
(2)   Diusahakan banyak istilah asing.
(3)   Isi karangan ilmiah bersifat objektif.
(4)   Mengandung pesan dan kesan pengarang.

PETUNJUK  III

17.         Maksud yang dikemukakan dalam bentuk bahasa lisan, lebih jelas dan lebih sempurna daripada dalam bentuk bahasa tulis,
Sebab
Bentuk bahasa lisan dapat diperjelas dengan mimik pembicara, situasi pembicaraan serta intonasi yang tak dapat dinyatakan setepat-tepatnya dalam bentuk tulis.

18.    Bahasa Indonesia banyak menerima penambahan kata-kata baru dari bahasa daerah maupun bahasa asing,
Sebab
Bahasa Indonesia termasuk bahasa nonfleksi.

19.         Bahasa resmi, ialah bahasa yang resmi dipakai di dalam suatu negara,
Sebab
Bahasa resmi digunakan dalam pengaturan administrasi negara, perundang-undangan, pertemuan-pertemuan resmi dan sebagainya

20.         Peserta diskusi yang baik, harus mengetahui pokok masalah yang didiskusikan,
Sebab
Akan dapat memperlancar jalannya diskusi.

21.    Pemimpin diskusi harus mendorong peserta diskusi yang enggan atau malu mengemukakan pendapatnya,
Sebab
Salah satu tugas pemimpin diskusi adalah merumuskan hasil pembicaraan.

22.         Setiap peserta diskusi harus mengetahui dan mentaati santun diskusi,
Sebab
Tanpa berpegang kepada tata cara berdiskusi, diskusi itu tidak akan berhasil baik.

23.    Diskusi panel membahas suatu topik, dipimpin oleh seorang pemimpin dan disaksikan oleh penonton,
Sebab
Dalam diskusi panel penonton hanya sebagai pendengar saja.

24.         Isi karangan ilmiah harus sesuai dengan topik karangan ilmiah.
Sebab
Topik adalah pokok masalah yang harus dikembangkan dalam karangan.

25.    Semua segi yang berhubungan dengan masalah yang akan dibicarakan harus dikemukakan   secara  lengkap dalam karangan ilmiah.
Sebab
Salah satu ciri karangan ilmiah yaitu hasil rekaan atau angan-angan penulis sendiri.

PETUNJUK  IV

1.          Jelaskan pengertian kedudukan dan apakah kedudukan bahasa Indonesia yang Anda ketahui !
  Perhatikan gambar !
       2.   Buatkan judul karya tulis ilmiah yang memenuhi empat      
            unsur  (penyakit, obat, pasien, dan rumah sakit)
       3.   Buatkan latar belakang Anda memilih judul soal no. 2.
       4.   Buatkan lima identifikasi masalah dari judul yang Anda pilih 
            di atas pada soal no. 2 !
       5.    Pilih satu identifikasi masalah no. 2 yang paling menarik 
            menurut  Anda, sebagai rumusan masalah !
      6.     Buatkan sebuah kesimpulan dari gambar minimal 3 
            paragraf !
      7.     Bagaimana saran Anda tentang gambar agar masyarakat 
            mengetahui fungsi nilai yang ada dalam gambar.

SELAMAT MENEMPUH UJIAN TENGAH SEMESTER
INSYA ALLAH ANDA SUKSES

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS CERPEN TUKANG PIJIT KELILING

SOAL UTS 2015-2016

MENENTUKAN ISI PUISI, "TUHAN TELAH MENEGURMU"