Calon Menlu Jerman Tolak Bahasa Inggris




Calon Menlu Jerman Tolak Bahasa Inggris
Oleh : Drs. Parmono, M.Pd.
Guru Bahasa dan Sastra Indonesia
SMA NEGERI 57 JAKARTA




Bahasa Indonesia Terlupakan
Bahasa Indonesia dengan negara Indonesia lebih dahlu lahir bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia adalah saudara tua Negara Indonesia. Kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dimiliki oleh bahasa Indonesia sejak dicetuskan Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928. Kedudukan ini dimungkinkan oleh bahasa Melayu yang mendasari Bahasa Indonesi. Bahasa Melayu telah dipakai sebagai lingua franca selama berabad-abad di seluruh kawasan tanah air. Dalam hal ini bahasa Indonesia sebagai (1) lambang kebanggaan kebangsaan. (2) lambang identitas bangsa. (3) alat pemersatu berbagai suku di Indonesia. (4) alat penghubung antar daerah dan antar budaya.
Bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara. Selain sebagai bahasa Nasioanl, bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara. Sebagai bahasa Negara sesuai dengan ketentuan yang tertera di dalam Undang-Undang Dasar 1945, Bab XV, Pasal 36. dalam kedudukan sebagai bahasa negara, bahasa Indonesia berfungsi sebagai (1) bahasa resmi negara. (2) bahasa pengantar di dalam dunia pendidikan. (3) alat perhubungan pada tingkat nasional untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan nasional serta kepentingan pemerintah. (4) alat pengembangan kebudayaan dan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Seorang pemerhati bahasa Indonesia dalam Redaksi Kompas Sabtu, 28 November 2009 yang bernama Ridwan Arifin mengatakan, “Berselang dua minggu dari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2009, pengguna bahasa Indonesia masih belum memperhatikan kaidah sesuai EYD, terutama pemerintah dan media elektronik, bahkan cenderung menggunakan bahasa asing. Saya menyesalkan beberapa media elektronik, yang menyebut dunia entertain dalam acara infotainmen ketimbang dunia hiburan yang aslinya dunia entertainment.
Selain itu, penulisan gelar untuk dokter medis pada peliputan haji ditulis “Dr”, kadang “DR”. Padahal, Dr adalah gelar doktoral jenjang S-3 dan untuk honoris causa, bukan menuliskan “dr” untuk bidang medis. Pada acara Mister Tukul episode Bali, ada tulisan Holand seharusnya Holland, dan masih banyak lagi.
Setali tiga uang. Ketua Komisi III DPR mengatakan, fact finding ditujukan untuk Tim 8 sebagai pencari fakta yang bahasa Inggrisnya fact finder. Parahnya, pada 15 November 2009 di kawasan Kota Tua berlaku Car Free Day di mana sepeda motor, bajaj, bemo, bus, truk, dan lainnya bisa melewati kawasan ini karena hari bebas mobil. Bahkan, mobil pribadipun bebas melewati kawasan Kota Tua karena hari bebas kendaraan, bukannya hari bebas dari kendaraan. Semoga semua pihak dapat lebih mencintai (lagi) bahasa Indonesia.
Kita sering mendengar ucapan, “Selamat beristirahat bagi Anda yang berada di kawasan timur Indonesia. ” apa yang dimaksud  frasa kawasan timur Indonesia dan apa bedanya dengan kelompok kata kawasan Indonesia Timur ?
Kelompok kata kawasan timur Indonesia berati ’wilayah yang berada di sebelah timur Indonesia’. Jadi, wilayah itu bukan wilayah Indonesia, melainkan wilayah negara lain yang tidak termasuk wilayah negara urutan katanya menjadui kawasan Indonesia timur, kelompok kata itu akan mengalami perubahan Makna. Kelompok kata Kawasan Indonesia Timur memberi kesan seolah-olah ada kawasan Indonesia bagian barat, kawasan Indonesia Tengah, dan kawasan Indonesia Timur, sedangkan negaara Indonesia adalah satu negara kesatuan yang utuh. Oleh karena itu, wilayah yang ada ialah wilayah Indonesia bagian barat, wilayah Indonesia bagian tengah dan wilayah Indonesia bagian timur. Bandingkan hal itu dengan Australia Barat dan Australia Barat dan Australia Timur atau Korea Utara dan Korea Selatan.
Kita mengenal kawasan Jakarta Timur dan Kawasan Timur Jakarta. Kalimat “Pembangunan perumahan di kawaasan timur Jakarta berkembang dengan cepat” bermakna bahwa yang dimaksudkan bukan di wilayah Jakarta, melainkan kawasan di luar Jakarta. Hal itu berbeda dari kelompok kata kawasan Jakarta Timur, yaitu kawasa yang merupakan bagian dari kawasan yang lebih luas, yang disebut Jakarta.
Berdasarkan penjelasan tersebut, ungkapan yang tepat untuk pengertian wilayah yang berada di sebelah timur Indonesia, yang tidak termasuk

Calon Menlu Jerman Tolak Bahasa Inggris
Kita sebagai bangsa Indonesia harus memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia. Pada saat Presiden RI dijabat oleh Jendral Besar Soeharto, Pemerintah berhasil berswasembada pangan, Presiden dipanggil PBB melalui badan khusus FAO (Food and Agriculture Organization), untuk menyampaikan Best Practies dalam bidang swasembada pangan. Presiden Soeharto saat itu berpidato menceritakan pengalaman dalam keberhasilan berswasembada pangan dengan menggunakan bahasa Indonesia. Sebagai bangsa Indonesia merasa bangga bahwa ada negara di planet ini bernama Negara Indonesia dengan bahasa Indonesia. Kebanggaan ini sama bangganya dengan Negara Inggris dengan bahasa Inggris, Jerman dengan bahasa Jerman, Perancis dengan bahasa Perancis. Arabsaudi dengan bahasa Arab. Namun ada negara lain yang tidak memiliki bahasa seperti nama negara yang dimiliki seperti, Malaysia diparlemen bahasa Inggris padahal memiliki bahasa Melayu, Philipina menggunakan bahasa Inggris padahal memiliki bahasa Tagalog. Australia bahasa Inggris padahal memiliki Aborijin.
Maka kita harus bangga memiliki bahasa negara yaitu bahasa Indonesia. Pejabat negara yang tidak menggunakan bahasa Indonesia di mana saja jelas-jelas melanggar UUD 1945 pasal 36. Seorang Menlu Jerman Tolak Bahasa Inggris dalam berita Kamis, 1 November 2009. di Berlin – Giido Westerwelle, yang dijagokan sebagai menteri luar negeri jerman pemerintahan Angela Merkel yang baru, menegur seorang wartawan yang bertanya kepadanya dengan bahasa Inggris.
“Kita sekarang di Jerman,” katanya beralasan. Pimpinan Partai Demokrat Bebas (FDP) itu berhasil memperoleh kursi di pemerintahan Jerman yang baru setelah sukses dalam koalisinya dengan kubu konservatif pimpinan Kanselir  Angela Merkel dalam pemilu Jerman, Ahad (27/9).
Penolakan Westerwelle disampaikan saat melakukan konferensi pers perdana ketika seorang wartawan BBC mengajukan pertanyaan, apakah dia bersedia memberikan jawaban dalam bahasa Inggris. “Sudikah Anda memahami ini konferensi pers di Jerman,” kata Westerwelle dalam bahasa Jerman.
“Di Inggris orang diharapkan menggunakan bahasa Inggris dan demikian halnya dengan di Jerman. Orang diharapkan menggunakan bahasa Jerman,” kata Westerwelle.
Bermodal bantuan jasa seorang penerjemah, wartawan BBC itu akhirnya bertanya soal kebijakan internasional Jerman bila Westerwelle menjadi menteri luar negeri. Mendengar pertanyaan itu Westerwelle tidak memberikan jawaban langsung. Agar lebih jelas, saya senang apabila bisa bertemu Anda sambil minum the setelah konferensi pers dan kita bisa berbicara dalam bahasa Inggris, tapi sekarang kita di Jerman,”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS CERPEN TUKANG PIJIT KELILING

SOAL UTS 2015-2016

MENENTUKAN ISI PUISI, "TUHAN TELAH MENEGURMU"